• 10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini, ada begitu banyak produk gel rambut atau minyak rambut pria yang beredar di pasaran. Anda akan menemukan produk yang mampu mempertahankan gaya rambut lebih awet dan bikin rambut tampak basah sepanjang hari. Ada pula gel rambut dengan wangi menyegarkan dan tidak lengket digunakan.

Kali ini, kami akan membahas tips memilih gel rambut yang bagus untuk pria sekaligus memberikan daftar rekomendasi produk terbaiknya. Styling gel keluaran berbagai merek, seperti Gatsby, L’Oreal, Makarizo, dan sebagainya juga kami hadirkan di sini. Selamat membaca dan pilihlah produk yang paling Anda sukai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 September 2022
Daftar isi

Apa perbedaan gel rambut, hair wax, dan pomade?

Apa perbedaan gel rambut, hair wax, dan pomade?
Tatanan rambut merupakan bagian yang penting bagi para pria dalam menunjang penampilan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan minyak rambut guna mendapatkan gaya rambut yang diinginkan. Minyak rambut untuk pria pun tersedia dalam beragam jenis, mulai dari gel rambut, hair wax, hingga pomade. Lantas, apa perbedaan ketiganya? Berikut penjelasan singkatnya.

  • Gel rambut atau styling gel memiliki daya tahan yang kuat dan memberikan efek rambut basah atau wet hair look. Alhasil, rambut pun akan tampak mengilap. Selain itu, ketahanannya membuat gel rambut cocok digunakan saat hari hujan.

  • Hair wax membuat Anda dapat menata ulang rambut kapan pun setelah pengaplikasiannya. Hal tersebut karena kemampuan hold-nya yang tak sekuat gel rambut. Hasilnya pun cukup tahan lama meski terlihat matte atau tidak mengilap.

  • Pomade dapat dikatakan memiliki karakteristik gel rambut dan hair wax. Jenis ini menghasilkan tatanan rambut yang rapi dan kuat, tetapi cukup lentur untuk ditata kembali setelah pengaplikasian. Hasilnya pun terlihat lebih natural daripada hair wax.

Dengan karakteristik yang berbeda-beda tersebut, tak ada salahnya menyediakan semuanya di rumah. Anda bisa menggunakannya berganti sesuai dengan gaya yang diinginkan, kondisi, serta situasi.

Cara memilih gel rambut untuk pria

Tentu sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan gel rambut dengan wax, bukan? Selanjutnya, kami akan membagikan tips cara memilih gel rambut untuk pria.

Pilih berdasarkan daya tahannya

Pilih berdasarkan daya tahannya
Umumnya, gel rambut memang mampu mempertahankan gaya rambut Anda untuk jangka waktu lama. Meski begitu, setiap produk memiliki hold power yang berbeda dalam mempertahankan tatanan rambut. Secara umum, hold power dibagi menjadi tiga tipe, yaitu:

  • Mild atau ringan: Tipe ini sangat memudahkan Anda dalam membentuk dan menambah volume rambut. Karena itu, gel rambut dengan mild hold power cocok dipilih untuk gaya messy hair.

  • Medium: Daya hold tipe ini ideal untuk menambahkan kesan fresh pada penampilan dan shiny pada rambut. Gaya rambut spike atau fringe yang keren dapat Anda ciptakan menggunakan tipe ini.

  • Strong: Hold power ini menghasilkan rambut yang tetap rapi dan stay in place seharian. Inilah pilihan sempurna untuk Anda yang mengidamkan gaya klimis atau formal look sepanjang hari.

Dengan inovasi produsen gel rambut saat ini, hold power umumnya tak berpengaruh pada tingkat kesulitan produk untuk dibersihkan. Untuk mengetahui kemudahannya untuk dibersihkan, Anda cukup membaca keterangan produsen atau ulasan pengguna. Pastikan produk pilihan Anda cukup mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan sampo.

Tentukan berdasarkan look hasil akhirnya

Tentukan berdasarkan look hasil akhirnya

Pada dasarnya, gel rambut menawarkan hasil akhir yang mengilap sehingga menawarkan wet hair look bagi penggunanya. Meski begitu, seiring bertambah banyaknya produk di pasaran, gel rambut pun makin banyak menawarkan pilihan. Terdapat beberapa hasil akhir yang dapat Anda pilih, berikut di antaranya.


  • Hasil akhir glossy atau klimis biasanya menjadi finishing pilihan pengguna styling gel. Finishing seperti ini memberikan kesan segar dan fresh bagai habis mandi sepanjang hari.

  • Hasil akhir natural yang dihasilkan gel rambut umumnya masih memiliki sedikit efek kilau. Finishing ini cocok bagi Anda yang hanya ingin mengatasi bad hair day.

Sesuaikan tipenya dengan kondisi rambut dan tujuan pemakaian

Selanjutnya, Anda dapat memilih minyak rambut yang sesuai dengan kondisi rambut dan keperluan Anda. Berikut penjelasannya lebih jauh.

Tipe non-oil atau water-based, ideal untuk rambut tipis

Tipe non-oil atau water-based, ideal untuk rambut tipis
Jika Anda menggunakan gel rambut yang terlalu padat untuk rambut dengan helaian tipis, volume rambut Anda malah akan makin menipis. Apabila kondisi rambut Anda tergolong tipis, pilihlah gel rambut non-oil atau water-based yang ringan dan tidak lengket di rambut.

Tipe ini juga direkomendasikan karena akan terasa ringan di rambut Anda. Hal tersebut membuatnya cocok untuk gaya rambut kasual atau penggunaan sehari-hari.

Tipe fast drying, cocok untuk Anda yang sering terburu-buru

Tipe fast drying, cocok untuk Anda yang sering terburu-buru
Tergantung pada produknya, ada gel rambut yang bisa kering dengan cepat dan ada pula yang tidak. Jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk menata rambut, pilihlah tipe fast drying atau gel rambut yang cepat kering.

Meski begitu, berhati-hatilah menggunakannya karena bisa saja gel rambutnya kering lebih dahulu sebelum Anda selesai menata rambut. Jika hal tersebut terjadi, Anda akan kesulitan menata rambut sesuai keinginan. Karena itu, tipe ini lebih cocok untuk Anda yang sudah hafal dengan gaya rambut sendiri dan mampu menatanya dengan cepat.

Perhatikan kandungan dalam gel rambut Anda

Perhatikan kandungan dalam gel rambut Anda

Gel rambut dapat digunakan tanpa alat styling. Namun, bila Anda ingin menggunakan alat styling, pertimbangkanlah produk yang mampu melindungi rambut dari suhu panas. Lalu, bila Anda kerap beraktivitas di luar ruangan, Anda dapat mempertimbangkan produk yang mampu melindungi rambut dari sinar UV.


Ada pula produk yang tak hanya membantu Anda mempertahankan gaya rambut, tetapi juga menyehatkan rambut. Bila Anda memiliki kulit kepala sensitif, pilih saja produk yang membantu melembapkan dan menenangkan kulit kepala. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang ditawarkan produk-produk gel rambut, lebih dari sekadar untuk menata rambut.


Meski Anda sudah memilih produk terbaik, tetap hentikan penggunaan apabila kulit kepala Anda mengalami gatal-gatal. Jika keadaan tidak segera membaik, konsultasikanlah dengan dokter.

Pertimbangkan juga aromanya

Pertimbangkan juga aromanya
Hal  yang tidak kalah penting adalah memilih aroma minyak rambut yang sesuai selera Anda. Apabila Anda tidak menyukai aroma parfum, pilihlah produk tanpa pewangi. Selain itu, ada pula gel rambut yang aromanya tidak terlalu kentara saat mengering. Aroma demikian tidak akan mengganggu Anda dan orang-orang di sekitar.

Sayangnya, keterangan mengenai aroma ini biasanya tidak dijelaskan secara detail oleh produsennya. Jadi, Anda bisa membaca review pengguna untuk mendapatkan informasi tambahan.

10 Rekomendasi gel rambut terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gel rambut terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 23 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, L’Oreal Indestructible Extreme Gel menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Mandom Gatsby Water Gloss Hard memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Mandom Gatsby Water Gloss Hard 1

Mandom

2
Rudy Hadisuwarno  Hair Gel Normal 1

Rudy Hadisuwarno

3
DayMan Hair Gel Strong Hold 1

DayMan

4
Anugerah Familindo Utama Cultusia Styling Gel Color 1

Anugerah Familindo Utama

5
Good Personal Care Hair Styling Gel – Elegant 1

Good Personal Care

6
Kriwil Indonesia Kriwil Styling Gel 1

Kriwil Indonesia

7
Makarizo Barber Daily Wet Look Styling Gel 1

Makarizo

8
Kao Salon Division Goldwell Stylesign Ultra Volume Lagoom Jam 1

Kao Salon Division

9
L’Oreal Paris Tecni.Art Fix Max 1

L’Oreal Paris

10
Bad Lab Slick Rick – Styling Hair Water Gel 1

Bad Lab

Nama produk

Gatsby Water Gloss Hard

Hair Gel Normal

Hair Gel Strong Hold

Cultusia Styling Gel Color

Hair Styling Gel – Elegant

Kriwil Styling Gel

Barber Daily Wet Look Styling Gel

Goldwell Stylesign Ultra Volume Lagoom Jam

Tecni.Art Fix Max

Slick Rick – Styling Hair Water Gel

Keunggulan

Ringan di rambut, hold power-nya pun pas!

Rambut makin tebal dengan ekstrak ginseng dan provitamin B5

Dilengkapi pelembap agar kulit kepala tetap sehat dan terhidrasi

Bekerja 2-in-1, menata sekaligus mewarnai rambut Anda

Siap mengubah rambut basah atau kering jadi rapi kembali!

Bergaya dengan nyaman menggunakan styling gel yang bebas gatal dan kerak

Melindungi rambut dari panas berlebih

Tawarkan maximum hold tanpa harus menunggu lama

Rambut stylish, kulit kepala pun bebas iritasi dan bau

Harga mulai dariRp 7.900,00Rp 17.400,00Rp 19.000,00Rp 27.800,00Rp 14.500,00Rp 105.000,00Rp 47.400,00Rp 160.000,00Rp 277.500,00Rp 111.400,00
Varian isi6 g, 30 g, 75 g, 100 g, 150 g75 ml, 150 ml50 ml, 100 ml, 150 ml80 ml150 g, 300 g100 g, 250 g, 1.000 g120 ml, 200 ml, 250 ml150 ml200 ml100 gr, 150 ml
TipeWater-basedWater-basedWater-basedWater-basedWater-basedWater-basedWater-basedFast dryingFast dryingWater-based
Daya tahanMediumMediumStrongTidak disebutkanStrongMediumStrongMildStrongStrong
Hasil akhirNaturalGlossyGlossyNaturalGlossyNaturalGlossyNaturalGlossyGlossy
KandunganTidak disebutkanGinseng, pro-vitamin B5Pentavitin, d-panthenolHydrogenated castor oilTidak disebutkanTidak disebutkanGlyceryn, castor oilBamboo protein, UV filterHydrogenated castor oilFluidiPure™8G
Tautan produk
10

Bad LabSlick Rick – Styling Hair Water Gel

Mulai dari Rp 111.400,00

Varian isi100 gr, 150 ml
TipeWater-based
Daya tahanStrong
Hasil akhirGlossy
KandunganFluidiPure™8G
9
Varian isi200 ml
TipeFast drying
Daya tahanStrong
Hasil akhirGlossy
KandunganHydrogenated castor oil
8

Kao Salon DivisionGoldwell Stylesign Ultra Volume Lagoom Jam

Mulai dari Rp 160.000,00

Varian isi150 ml
TipeFast drying
Daya tahanMild
Hasil akhirNatural
KandunganBamboo protein, UV filter
7

MakarizoBarber Daily Wet Look Styling Gel

Mulai dari Rp 47.400,00

Varian isi120 ml, 200 ml, 250 ml
TipeWater-based
Daya tahanStrong
Hasil akhirGlossy
KandunganGlyceryn, castor oil
6

Kriwil IndonesiaKriwil Styling Gel

Mulai dari Rp 105.000,00

Varian isi100 g, 250 g, 1.000 g
TipeWater-based
Daya tahanMedium
Hasil akhirNatural
KandunganTidak disebutkan
5

Good Personal CareHair Styling Gel – Elegant

Mulai dari Rp 14.500,00

Varian isi150 g, 300 g
TipeWater-based
Daya tahanStrong
Hasil akhirGlossy
KandunganTidak disebutkan
4

Anugerah Familindo UtamaCultusia Styling Gel Color

Mulai dari Rp 27.800,00

Varian isi80 ml
TipeWater-based
Daya tahanTidak disebutkan
Hasil akhirNatural
KandunganHydrogenated castor oil
3
Varian isi50 ml, 100 ml, 150 ml
TipeWater-based
Daya tahanStrong
Hasil akhirGlossy
KandunganPentavitin, d-panthenol
2
Varian isi75 ml, 150 ml
TipeWater-based
Daya tahanMedium
Hasil akhirGlossy
KandunganGinseng, pro-vitamin B5
1
Varian isi6 g, 30 g, 75 g, 100 g, 150 g
TipeWater-based
Daya tahanMedium
Hasil akhirNatural
KandunganTidak disebutkan

Baca juga rekomendasi produk styling rambut lainnya untuk pria di sini

Tidak hanya gel rambut, Anda juga bisa menggunakan wax atau pomade saat hendak menata rambut. Selain itu, setelah seharian menggunakan produk styling rambut, Anda tentu harus membersihkannya. Anda bisa melakukannya menggunakan sampo khusus pria. Yuk, ketahui pembahasannya lebih lanjut lewat artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Ketika memilih gel rambut untuk pria, bukan hanya manfaat yang perlu Anda pertimbangkan, melainkan juga daya tahan dan kemudahan pembersihannya. Tidak kalah penting, sesuaikan juga dengan kondisi rambut dan keperluan styling Anda. 


Jika memang diperlukan, Anda bisa memilih produk yang cepat kering atau memiliki nutrisi tambahan yang dibutuhkan rambut Anda. Agar lebih nyaman digunakan, pastikan aromanya sesuai dengan selera Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hair dryer adalah salah satu item wajib untuk Anda yang suka melakukan styling rambut. Saat ini ada banyak pilihan hair dryer yang bagus dengan fitur perawatan rambut yang inovatif. Anda bisa memilih hair dryer yang dilengkapi pengaturan aliran udara, suhu, dan lainnya. Berbagai merek hair dryer yang bagus pun bisa dengan mudah Anda temukan, seperti Panasonic, Sharp, Dyson, dan Remington.Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih hair dryer untuk Anda. Kami juga akan membagikan dan me-review rekomendasi hair dryer terbaik. Baca artikel ini hingga selesai, ya.
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penampilan kerap kali sangat diperhitungkan pria yang ingin tampil lebih percaya diri. Bukan saja dari pakaian yang dikenakan, melainkan juga pada gaya rambut. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan pomade untuk menata rambutnya agar lebih rapi dan percaya diri.Ada banyak pomade yang bagus yang beredar di pasaran, seperti Gatsby, Murray’s, dan Wak Doyok. Meskipun begitu, ternyata tidak semua merek dan jenis pomade cocok untuk rambut Anda. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih dan membagikan rekomendasi pomade rambut terbaik di sini. Simak, ya!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Alat catok merupakan perangkat penting untuk mendapatkan gaya rambut yang tahan lama. Selain untuk meluruskan rambut, ada juga jenis catokan yang dapat digunakan sebagai hair curler. Saat ini ada banyak merek catokan di pasaran, mulai dari Remington, Glampalm, hingga LivChic. Keunggulan setiap produk pun berbeda-beda, ada yang mengandung negative ion, memiliki pengaturan suhu, dan lainnya.Dengan banyaknya pilihan, manakah catokan yang bagus untuk Anda? Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi catokan yang tidak merusak rambut beserta review singkatnya. Langkah-langkah untuk memilih produk yang bagus pun akan kami jelaskan. Yuk, simak bersama!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut atau hair straightener, diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan bagus. Banyak produsen menawarkan merek catokan rambut yang bagus, seperti Philips, Glampalm, atau BaByliss. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produknya. Ditambah lagi, hair straightener juga memiliki varian ukuran normal dan mini. Nah, berikut ini akan kami bahas cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan merek catok pelurus rambut terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini hair powder banyak digunakan sebagai opsi saat bad hair day. Hair powder bisa membuat rambut tampak bervolume. Bentuknya yang berupa bedak tabur terasa ringan, mudah diaplikasikan, serta tidak lengket. Pada umumnya, hair powder digunakan untuk hair styling, menghilangkan minyak, dan menambah tekstur rambut.Di pasaran kini terdapat banyak merk hair powder yang bagus sehingga mungkin membuat Anda bingung. Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih hair powder terbaik beserta sepuluh rekomendasi produknya. Ada hair powder dari Hairnerds, Smith Men Supply, dan Erha. Selamat membaca!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda sering mewarnai atau mengeriting rambut, tentu rambut lebih rentan rusak. Rambut yang rusak menjadikan tampilan Anda terlihat lebih tua dibanding usia Anda sebenarnya. Untuk itu, diperlukan perawatan ekstra seperti menggunakan hair cream agar rambut tetap sehat ternutrisi. Umumnya, hair cream terbagi menjadi hair styling cream dan hair treatment cream.Banyaknya merek hair cream mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih, seperti Makarizo, Johnny Andrean, dan Cultusia. Jadi, kami akan menjelaskan cara memilih hair cream sekaligus merekomendasikan beberapa produk yang bagus. Mari dapatkan rambut sehat berkilau dengan hair cream!
    Styling rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori