10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2018)

Air purifier adalah alat untuk menjernihkan udara. Alat tersebut kini juga hadir dengan banyak tipe, termasuk tipe yang dapat digunakan di dalam mobil. Dengan begitu, udara di dalam mobil Anda akan tetap bersih, segar, dan bebas bau tak sedap.

Berbagai produsen seperti Sharp, Panasonic, dan Xiaomi pun meluncurkan produk air purifier untuk mobil sehingga barangkali Anda akan bingung dalam memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi air purifier yang bagus untuk digunakan di dalam mobil Anda.

Daftar isi

Cara memilih air purifier untuk di mobil

Terdapat banyak varian air purifier untuk digunakan di dalam mobil, tetapi mana yang terbaik untuk Anda, ya? Agar lebih jelas, simaklah poin-poin berikut ini supaya Anda tidak salah pilih.

Tipe penghasil ion, membasmi bakteri dan bau tidak sedap

Tipe penghasil ion, membasmi bakteri dan bau tidak sedap

Secara umum, terdapat 2 tipe air purifier untuk di dalam mobil. Tipe pertama adalah air purifier yang menguraikan jamur serta bau tak sedap dengan menggunakan ion untuk membersihkan udara. Sementara itu, tipe kedua adalah air purifier yang menggunakan filter untuk menangkap dan menyingkirkan berbagai polutan di udara.

Di antara kedua tipe tersebut, air purifier penghasil ion lebih efektif untuk menghilangkan bau tak sedap. Bahkan, tidak hanya bau tak sedap, jamur dan bakteri yang terdapat di udara juga bisa ditumpas melalui ion yang dihasilkannya.

Bila Anda membutuhkan air purifier untuk menghilangkan bau tak sedap, jamur, dan bakteri, tipe penghasil ion lebih direkomendasikan. Apalagi, saat ini juga sudah ada air purifier penghasil ion yang dapat menjaga kelembapan alami kulit Anda.

Tipe filter, melindungi Anda dari partikel-partikel di udara

Tipe filter, melindungi Anda dari partikel-partikel di udara

Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat air purifier tipe filter yang menggunakan filter untuk menghilangkan berbagai polutan di udara. Bila Anda ingin melindungi diri dari polutan yang dapat membahayakan kesehatan Anda seperti debu, asap rokok, hidrokarbon, CFC (chlorofluorocarbon). partikel PM 2.5 (particulate matter 2.5) serta berbagai polutan lainnya di udara, tentu air purifier tipe filter adalah pilihan tepat.

Anda bisa memilih produk yang telah dilengkapi filter HEPA (High Efficiency Particulate Air Filter). Filter HEPA mampu melindungi Anda dari 99,97% partikel berukuran 0,0003 mm sehingga sangat efektif untuk melindungi Anda dari berbagai polutan berbahaya yang terdapat di udara.

Ketahui cara pemasangannya

Ketahui cara pemasangannya

Sebelum memutuskan untuk membeli air purifier, Anda juga harus mengetahui cara pemasangan produk tersebut. Kebanyakan produk air purifier dapat Anda pasangkan langsung ke soket rokok atau AC (air conditioner) di mobil Anda. Meski mudah dipasang, kekurangannya adalah Anda tidak bisa memilih tempat lain untuk memasangnya.

Kemudian, ada juga air purifier stasioner yang dapat Anda pasang di lokasi mana pun sesuai kebutuhan Anda. Meski begitu, Anda tetap harus memasangnya secara vertikal atau horizontal sesuai spesifikasi pemasangan masing-masing produk.

Bila Anda menghendaki, Anda juga dapat memilih produk yang bisa diletakkan di dalam cup holder dan dapat dilepas-pasang dengan mudah. Air purifier seperti ini sangat mudah dibawa dan cocok untuk Anda yang ingin menggunakan air purifier tidak hanya di mobil, tetapi juga di kantor atau tempat tinggal Anda.

Ketahui jenis power supply-nya

Ketahui jenis power supply-nya

Saat ini, kebanyakan air purifier untuk di mobil adalah tipe yang power supply-nya berasal dari soket rokok. Namun, bila ternyata soket rokok tersebut rusak atau bermasalah, Anda jadi tidak bisa menggunakan air purifier tersebut. Karena itu, bila di mobil Anda terdapat port micro-USB (universal serial bus), Anda juga bisa memilih produk yang power supply-nya berasal dari port micro USB.

Sebenarnya ada juga air purifier untuk di mobil yang power supply-nya berasal dari solar cell. Meski air purifier tersebut tidak membutuhkan soket rokok dan port micro-USB, alat tersebut sangat tergantung pada cuaca sehingga bisa saja terasa kurang fungsional. Selain itu, air purifier yang power supply-nya berasal dari solar cell juga sangat jarang ditemukan di Indonesia.

10 Rekomendasi air purifier terbaik untuk di mobil

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya Anda telah paham mengenai cara memilih air purifier untuk di mobil. Nah, sekarang kami akan memberikan daftar 10 rekomendasi air purifier terbaik untuk di mobil. Temukanlah produk yang tepat bagi Anda!

10. Car Charger Air Purifier

10. Car Charger Air Purifier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 145.000

Dilengkapi dengan 3 port USB untuk fast charging, lho!

Untuk menggunakan air purifier ini, Anda memerlukan daya listrik yang berasal dari soket rokok mobil Anda. Ketika digunakan, produk ini akan menghasilkan ion negatif yang berfungsi untuk menghilangkan berbagai bau tak sedap di mobil Anda. Dengan begitu, Anda akan semakin nyaman berada di dalam mobil karena udaranya terasa bersih dan segar.

Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan 3 port USB fast charging, lho! Anda kini tidak perlu lagi berebut menggunakan port USB dengan keluarga atau sahabat Anda dalam perjalanan. Bila Anda membutuhkan banyak port USB untuk mengisi daya baterai handphone, powerbank, GPS, dan sebagainya, tidak perlu ragu untuk membeli produk ini.

9. Air Purifier BC20 ABS

9. Air Purifier BC20 ABS

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Produk multifungsi dengan harga bersahabat

Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi menginginkan air purifier yang multifungsi, produk ini adalah salah satu pilihan tepat. Ketika digunakan, produk ini akan membersihkan dan menyegarkan udara di dalam mobil Anda. Tidak hanya itu, produk ini juga akan meningkatkan kelembapan udara di dalam mobil. Udara yang lembap juga membuat kelembapan kulit terjaga.

Lalu, dengan mencampurkan aromaterapi ke dalam tangki penampungnya, Anda juga bisa menggunakannya sebagai aroma difusser. Selain itu, produk ini tidak hanya bisa menggunakan daya listrik dari soket rokok saja, tetapi juga dari port USB di mobil Anda. Kabelnya juga panjang sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk memasangnya di lubang AC.

8. Ionkini Car Air Purifier JO-6281

8. Ionkini Car Air Purifier JO-6281

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 219.900

Sangat ringan dan mudah dipasang

Produk ini akan terasa sangat kecil di tangan Anda karena hanya memiliki ukuran sebesar 3,1 x 10 cm saja. Tidak hanya itu, bobotnya juga luar biasa ringan, hanya 40 gram saja! Dengan ukuran dan bobot seperti itu, produk ini adalah jawaban terbaik bila Anda mencari air purifier yang mudah Anda lepas pasang di soket rokok atau dipindahkan ke mobil lain.

Dengan segala kelebihannya, produk ini sangat ideal untuk menemani setiap perjalanan bisnis atau liburan Anda. Apalagi, air purifier ini juga mampu membersihkan udara serta menyingkirkan bau tak sedap, asap, debu, partikel PM 2.5, virus, dan bakteri sehingga kesehatan Anda tentu akan semakin terjaga, perjalanan dengan mobil pun jadi lebih menyenangkan.

7. Bullsone Air Therapy

7. Bullsone Air Therapy

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 410.000

Aroma parfumnya tahan sampai 45 hari, lho!

Dengan adanya membran phytoncide, produk ini tidak hanya mampu menghasilkan ion negatif untuk membersihkan udara, tetapi juga mengharumkan mobil Anda dengan aroma parfum lembut dan tahan hingga 45 hari! Bila Anda menginginkan air purifier yang tidak hanya menjernihkan udara, tetapi juga mengharumkan dalam jangka waktu lama, produk ini bisa dijadikan pilihan.

Bila aroma parfumnya sudah mulai memudar, Anda tak perlu membeli yang baru karena produk ini juga memiliki kemasan refill. Anda cukup menghubungkannya ke soket rokok saja ketika hendak menggunakan produk ini. Tersedia dalam 2 varian warna, Anda bisa memilih baik warna putih maupun warna hitam yang sama-sama keren.

6. HOCO AP01 Car Air Purifier

6. HOCO AP01 Car Air Purifier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Cocok juga digunakan di berbagai tempat

Bila Anda mencari air purifier yang bisa digunakan di mana pun Anda mau, produk ini adalah pilihan tepat. Menggunakan sumber energi berupa baterai, Anda bisa dengan bebas menggunakannya di mobil, sekolah, kantor, atau tempat tinggal Anda. Toh, baterainya berkapasitas 2.000 mAh sehingga baru akan habis setelah Anda gunakan selama 5 jam.

Dilengkapi dengan filter berukuran mikro, produk ini mampu melindungi Anda dari debu, polusi, bakteri, dan kuman yang terdapat di udara. Diproduksi menggunakan bahan aluminium, desain produk ini pun terlihat semakin elegan. Tidak hanya itu, bahan aluminium tersebut juga membuat produk ini semakin kuat dan tahan karat saat Anda gunakan, lho!

5. Sharp Air Purifier IG-DC2Y

5. Sharp Air Purifier IG-DC2Y

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 799.999

Semakin cepat menghilangkan bau tak sedap dengan Turbo Mode

Anda bisa menggunakan produk ini untuk membersihkan udara di area seluas 3,6 m³, lebih dari cukup untuk sekedar membersihkan udara di mobil Anda, bukan? Dilengkapi dengan high density plasmacluster, air purifier ini mampu menghasilkan 25.000 ion per cm³ sehingga semakin efisien dalam menyingkirkan jamur dan bakteri penyebar penyakit di dalam mobil Anda.

Tidak hanya itu, plasmacluster tersebut juga membuat produk ini sangat ampuh menghilangkan aroma tak sedap. Apalagi, produk ini juga dilengkapi Turbo Mode sehingga mampu menghilangkan bau tak sedap 30% lebih cepat! Bila Anda ingin udara di dalam mobil Anda selalu terasa bersih dan bebas bau tak sedap tanpa perlu menunggu lama, produk ini layak dijadikan pilihan.

4. Xiaomi MiJia Car Air Purifier

4. Xiaomi MiJia Car Air Purifier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.090.976

Sangat praktis! Bisa dikontrol melalui smartphone Anda

Produk berdimensi 380 x 112 x 112 cm ini memang menggunakan daya listrik dari soket rokok mobil Anda. Meski begitu, Anda tidak harus menempatkannya di dashboard mobil karena kabel produk ini juga cukup panjang, yaitu mencapai 4,5 m. Dilengkapi dengan filter berkualitas, produk ini mampu melindungi Anda dari partikel PM 2.5 yang membahayakan kesehatan Anda.

Selain itu, produk ini juga mampu membersihkan udara di dalam mobil Anda hanya dalam waktu 3-7 menit, tergantung kadar polutan dalam udara. Tidak hanya itu, produk ini juga semakin praktis digunakan karena Anda bisa mengontrolnya melalui smartphone Anda! Bila Anda menyukai produk modern dengan sistem pengendalian yang praktis, air purifier ini layak dipertimbangkan.

3. Panasonic Air Purifier F-GMG01A

3. Panasonic Air Purifier F-GMG01A

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 975.000

Semakin mutakhir dengan teknologi nanoe

Bila Anda membutuhkan air purifier mutakhir yang ampuh membersihkan udara, menyehatkan kulit, dan tahan lama saat digunakan, produk dari Panasonic inilah jawabannya. Dilengkapi dengan teknologi nanoe, produk ini sangat efektif membasmi virus, bakteri, alergen, dan bau tak sedap di mobil Anda sekaligus menjaga kelembapan alami kulit Anda.

Tidak hanya itu, air purifier yang menggunakan daya listrik dari soket rokok ini juga efektif menghambat pertumbuhan jamur sehingga udara dalam mobil Anda akan semakin bersih. Apalagi, nanoe-nya sendiri berasal dari kelembapan udara sehingga produk ini menjadi semakin awet dan Anda tidak perlu melakukan penggantian perangkat apapun untuk mendapatkan manfaatnya.

2. FreciousCare FC 301 Car Air Purifier

2. FreciousCare FC 301 Car Air Purifier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.500.000

Bekerja dengan sangat hening! Hanya 40 dB saja

Dilengkapi dengan integrated air quality sensor, Anda bisa mengetahui seberapa bagus kualitas udara di mobil Anda secara real time dengan menggunakan alat ini. Kemudian, penggunaan filter HEVA (HEPA-VOCs Arrestance) memungkinkan produk tipe stasioner ini untuk mengeliminasi formaldehyde dan berbagai polutan berbahaya lain di dalam mobil Anda secara efisien.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyetel produk ini ke dalam silent mode, lho! Dalam mode tersebut, air purifier ini hanya akan menghasilkan suara sebesar 40 dB saja sehingga Anda tidak akan terganggu oleh suaranya. Bila Anda menginginkan air purifier yang mampu bekerja dengan hening sehingga Anda tidak akan merasa terganggu, produk ini wajib Anda miliki.

1. Honeywell Move Pure Car Air Purifier

1. Honeywell Move Pure Car Air Purifier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.195.000

Polutan, partikulat, dan TVOC? Basmi dengan Filter HEPA + carbon filter!

Bila Anda membutuhkan air purifier yang mampu melindungi Anda secara optimal dari polutan seperti partikel PM 2.5 dan TVOC (total volatile organic compounds), produk ini adalah jawaban terbaik. Dilengkapi dengan filter HEPA berkualitas mumpuni, air purifier ini sangat ampuh membersihkan dan menyegarkan udara di dalam mobil Anda.

Tidak hanya sampai di situ, kombinasi filter HEPA dengan double layer activated carbon filter juga membuat produk ini efektif membasmi bakteri, bau tak sedap, bahkan TVOC di mobil Anda. Selain itu, produk bertenaga listrik dari soket rokok ini juga dilengkapi dengan indikator penggantian filter sehingga Anda tidak perlu repot lagi mengingat jadwal penggantian filternya.

Kesimpulan

Anda bisa membeli air purifier untuk menghilangkan bau tak sedap, jamur, dan bakteri di dalam mobil Anda bila memang diperlukan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih produk yang telah dilengkapi filter HEPA agar Anda semakin terlindungi dari berbagai polutan seperti debu, asap, partikel PM 2.5, TVOC, dan berbagai polutan berbahaya lainnya.

Sebelum membeli, jangan lupa untuk memilih air purifier berdasarkan cara pemasangan dan power supply sesuai kebutuhan Anda. Semoga Anda mendapatkan air purifier yang ideal bagi Anda setelah menyimak informasi ini!