• 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2021)

Air purifier adalah alat untuk menjernihkan udara. Alat tersebut kini juga hadir dengan banyak tipe, termasuk tipe yang dapat digunakan di dalam mobil. Dengan begitu, udara di dalam mobil Anda akan tetap bersih, segar, dan bebas bau tak sedap.

Berbagai produsen seperti Sharp, Panasonic, dan Xiaomi pun meluncurkan produk air purifier untuk di mobil. Banyaknya varian produk barangkali membuat Anda bingung dalam memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi air purifier terbaik untuk digunakan dalam mobil Anda. Mari simak selengkapnya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 Februari 2021
  • 27.789 Views
Daftar isi

Bersihkan udara stagnan dalam mobil dengan air purifier!

Bersihkan udara stagnan dalam mobil dengan air purifier!

Banyak orang yang terbiasa membersihkan ruangan dalam rumah, tetapi jarang membersihkan interior mobil. Area dalam mobil adalah wilayah tertutup dengan sirkulasi udara stagnan. Akibatnya, debu dan kotoran sangat mudah menumpuk dalam mobil. Jika hal ini terus Anda biarkan, area dalam mobil akan penuh dengan udara kotor. 


Nah, Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan membeli air purifier untuk di mobil. Air purifier dapat membasmi debu dan partikel kecil semisal serbuk sari. Tentu sangat pas dimiliki terutama bila Anda jarang membersihkan interior mobil termasuk dashboard. Penggunaan air purifier di mobil akan membuat udara menjadi makin bersih. Untuk Anda yang alergi debu, serbuk, memiliki pernapasan sensitif, dan sebagainya, milikilah produk ini.


Selain itu, ada juga produk yang dapat menyingkirkan bau rokok dan aroma hewan dari dalam mobil, lho! Anda bisa menggunakannya agar mobil kian bersih saat hendak dinaiki tamu. Kebanyakan air purifier tidak makan banyak tempat. Hal tersebut membuatnya makin layak dimiliki agar Anda bisa berkendara dengan udara yang lebih bersih.

Cara memilih air purifier untuk di mobil

Terdapat banyak varian air purifier untuk digunakan di dalam mobil, tetapi mana yang terbaik untuk Anda, ya? Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak poin-poin berikut ini.

Pastikan tipe produk sesuai kebutuhan Anda

Secara umum, ada dua jenis air purifier, yaitu tipe penghasil ion dan filter. Masing-masing memiliki karakteristik berbeda, pilihlah yang paling Anda butuhkan.

Tipe penghasil ion, ampuh membasmi bau tak sedap dan kuman

Tipe penghasil ion, ampuh membasmi bau tak sedap dan kuman
Bagi Anda yang ingin udara bebas kuman atau bau tak sedap, air purifier tipe penghasil ion adalah solusi tepat. Tipe ini dapat menyingkirkan bau tak sedap serta kuman yang melayang misalnya jamur menggunakan ion untuk membersihkan udara. Salah satu keunggulan produk tipe ini adalah kemampuannya menghilangkan bau, misalnya bau rokok. Tentu sangat direkomendasikan terlebih bagi Anda yang terbiasa merokok di dalam mobil.

Tidak hanya membasmi bau tak sedap, tipe ini juga efektif membersihkan udara di dalam mobil. Debu dan kuman dapat disingkirkan ketika Anda memasang produk ini dalam mobil. Anda yang saluran pernapasannya sensitif atau ingin mencegah flu akibat udara kotor bisa memilih produk ini.

Tipe filter, singkirkan berbagai polutan di udara

Tipe filter, singkirkan berbagai polutan di udara
Produk tipe filter wajib dimiliki untuk menyingkirkan berbagai partikel dan polutan di udara. Produk tipe ini dapat mengisap udara termasuk polutan dan menahan polutan tersebut di filternya. Setelah itu, udara bersih bebas polutan kembali dihembuskan air purifier ini.

Ada produk yang dapat membasmi polutan misalnya serbuk sari, partikel PM 2.5 (particulate matter 2.5), bahkan gas knalpot. Penting untuk diingat, kemampuan tipe ini dalam menyingkirkan polutan tergantung pada performa filter yang digunakan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek filter yang digunakan. Agar Anda makin mudah menentukan running cost, cek juga masa pakai dan penggantian filternya. 


Meski jarang ditemukan di Indonesia, ada juga produk yang dilengkapi filter sekaligus dapat mengeluarkan ion. Produk ini seperti ini layak dipertimbangkan jika Anda masih belum terlalu yakin menentukan pilihan.

Perhatikan cara pemasangannya

Perhatikan cara pemasangannya
Lokasi pemasangan air purifier mobil bisa berbeda tergantung pada masing-masing produk. Anda sebaiknya memilih sesuai dengan kondisi interior mobil Anda. Produk yang dapat dipasang langsung ke soket rokok atau AC sangat compact dan tidak makan tempat. Jawaban tepat bagi Anda yang tidak ingin nuansa kabin mobil berubah.

Ada juga produk yang bisa diletakkan di dalam cup holder. Produk seperti ini cocok jika Anda ingin menggunakan air purifier di mobil, kantor, atau tempat tinggal Anda. Toh, produk seperti ini sangat mudah dilepas-pasang dan dibawa ke mana pun.


Sementara itu, untuk Anda yang ingin udara dalam mobil bersih maksimal, air purifier stasioner pilihannya. Ukurannya memang tergolong besar, tetapi banyaknya fitur membuat tipe ini sangat efektif untuk membersihkan udara. Selain itu, pada produk tertentu Anda dapat menempelkannya di headrest atau area lainnya dalam mobil yang berkarpet.

Pilih produk berdasarkan power supply-nya

Pilih produk berdasarkan power supply-nya
Berdasarkan power supply-nya, ada tiga jenis air purifier. Anda akan menemukan produk dengan power supply dari soket rokok, port micro USB, dan solar cell. Tergantung pada masing-masing mobil, bisa saja sumber yang dibutuhkan tidak tersedia, Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu.

Produk dengan power supply dari soket rokok pas dimiliki oleh Anda yang mengutamakan fleksibilitas dan kemudahan penggunaan. Mudah digunakan karena tinggal colok ke soket rokok, Anda pun bisa memasangnya ke mobil lain selama ada soket rokok. Produk dengan solar cell juga menarik karena dapat digunakan tanpa perlu diisi berulang kali daya baterainya. Produk model ini juga biasanya dilengkapi power supply tambahan. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan power supply lain dalam mobil. Sayangnya, air purifier dengan solar cell masih sangat langka di Indonesia.


Sementara itu, produk dengan power supply dari port micro USB sangat versatile digunakan. Anda bisa mencolokkannya ke port USB mobil dan bahkan laptop. Meski begitu, ada juga produk yang tidak dilengkapi port USB. Jika demikian, Anda perlu membawa power bank untuk bisa menggunakannya.

10 Rekomendasi air purifier terbaik untuk di mobil

Sekarang, kami akan memberikan daftar sepuluh rekomendasi air purifier terbaik untuk di mobil. Temukanlah produk yang tepat bagi Anda!
10

Car Charger Air Purifier Fast Charging 3 USB Port

Mulai dari Rp 164.900,00

TipePenghasil ion
PemasanganDi soket rokok
Power supplySoket rokok
9
TipePenghasil ion
PemasanganDi soket rokok, AC, dan cup holder
Power supplySoket rokok dan port USB
8
TipePenghasil ion
PemasanganDi soket rokok
Power supplySoket rokok
7

BullsoneAir Therapy Phytoncide

Mulai dari Rp 435.000,00

TipePenghasil ion
PemasanganDi soket rokok
Power supplySoket rokok
6
TipeFilter
PemasanganDi cup holder
Power supplyBaterai
5

SharpAir Purifier New High Density for Car

IG-DC2Y

Mulai dari Rp 890.000,00

TipePenghasil ion
PemasanganDi cup holder
Power supplySoket rokok
4

XiaomiMi Home (MiJia) Car Air Purifier Black

Mulai dari Rp 1.049.000,00

TipeFilter
PemasanganStasioner
Power supplySoket rokok
3
TipePenghasil ion
PemasanganDi cup holder
Power supplySoket rokok
2
TipeFilter
PemasanganStasioner
Power supplySoket rokok
1

HoneywellMove Pure Car Air Purifier

Mulai dari Rp 1.100.000,00

TipeFilter
PemasanganStasioner
Power supplyTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk air purifier terbaik untuk di mobil

Gambar produk
1
Honeywell Move Pure Car Air Purifier 1

Honeywell

2
Mann Filter FreciousCare 1

Mann Filter

3
Panasonic  Air Purifier  1

Panasonic

4
Xiaomi Mi Home (MiJia) Car Air Purifier Black 1

Xiaomi

5
Sharp Air Purifier New High Density for Car 1

Sharp

6
HOCO Car Air Purifier  1

HOCO

7
Bullsone Air Therapy Phytoncide 1

Bullsone

8
Ionkini Car Air Purifier  1

Ionkini

9
Air Purifier  1

10
Car Charger Air Purifier Fast Charging 3 USB Port 1

Nama produk

Move Pure Car Air Purifier

FreciousCare

Air Purifier

Mi Home (MiJia) Car Air Purifier Black

Air Purifier New High Density for Car

Car Air Purifier

Air Therapy Phytoncide

Car Air Purifier

Air Purifier

Car Charger Air Purifier Fast Charging 3 USB Port

Keunggulan

Basmi VOC dan polutan dengan filter HEPA plus karbon

Bekerja dengan sangat hening, hanya 40 dB!

Mutakhir dengan teknologi nanoe, bersihkan udara plus lembapkan kulit

Bisa dikontrol melalui smartphone Anda, jadi lebih praktis

Turbo mode-nya super cepat atasi bau tak sedap

Versatile! Mudah digunakan di berbagai tempat

Phytoncide-nya harumkan kabin dan atasi bakteri sekaligus

Sangat ringan dan mudah dipasang!

Produk multifungsi dengan harga bersahabat

Makin fungsional dengan tiga port USB fast charging

Harga mulai dariRp 1.100.000,00Rp 1.980.000,00Rp 949.000,00Rp 1.049.000,00Rp 890.000,00Rp 611.500,00Rp 435.000,00Rp 134.900,00Rp 156.999,00Rp 164.900,00
TipeFilterFilterPenghasil ionFilterPenghasil ionFilterPenghasil ionPenghasil ionPenghasil ionPenghasil ion
PemasanganStasionerStasionerDi cup holderStasionerDi cup holderDi cup holderDi soket rokokDi soket rokokDi soket rokok, AC, dan cup holderDi soket rokok
Power supplyTidak disebutkanSoket rokokSoket rokokSoket rokokSoket rokokBateraiSoket rokokSoket rokokSoket rokok dan port USBSoket rokok
Tautan produk

Perhatikan masa pakai filter dan kondisi air purifier

Perhatikan masa pakai filter dan kondisi air purifier

Selayaknya benda pada umumnya, air purifier untuk di mobil pun memiliki masa pakai. Sebagai contoh, ada produk yang masa pakai filternya adalah 350 jam. Filternya perlu diganti dalam enam bulan bila air purifier digunakan dua jam per hari. Jika air purifier-nya dipasang selama empat jam per hari, Anda perlu mengganti filternya dalam tiga bulan ke depan.


Bagaimana bila filternya terus digunakan tanpa diganti dalam waktu lama? Efek pembersihan udaranya tidak optimal Anda rasakan, malah listrik saja yang terbuang sia-sia. Penting untuk diingat bahwa air purifier untuk di mobil memiliki masa pakai. Anda perlu mengganti filter atau bahkan air purifier secara keseluruhan dengan yang baru saat waktunya tiba.


Masa pakai air purifier atau filternya bisa berbeda antara satu produk dengan lainnya. Agar kebersihan udara dalam kabin mobil tetap terjaga, mengecek masa pakai filter dan air purifier adalah langkah cerdas.

Baca juga rekomendasi pengharum mobil dan air purifier lainnya di sini

Tidak hanya di mobil, Anda juga bisa membeli air purifier berukuran compact yang mudah dipindahkan untuk diletakkan di atas meja. Anda juga bisa memilih beragam produk air purifier untuk membersihkan udara dalam ruangan Anda. Ingin tahu lebih detail? Anda bisa membacanya di sini.

Kesimpulan

Anda bisa membeli air purifier untuk menghilangkan bau tak sedap, jamur, dan bakteri di dalam mobil. Tergantung filter yang digunakan, udara bisa dibebaskan dari berbagai polutan seperti debu, asap, partikel PM 2.5, TVOC, dan sebagainya.

Sebelum membeli, jangan lupa untuk memilih air purifier berdasarkan cara pemasangan dan power supply sesuai kebutuhan Anda. Semoga Anda mendapatkan air purifier yang ideal bagi Anda setelah menyimak informasi ini!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Apalagi, sinar matahari pagi dan sore hari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Artikel ini juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik yang kami rekomendasikan bagi Anda. Sebut saja merk ternama seperti 3M, V-Kool, Solar Gard, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
    4.504 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Dengan adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana, pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, Kenwood dan lainnya. Mari temukan speaker mobil yang pas untuk menemani Anda berkendara!
    Aksesori mobil
    41.851 Views
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cover mobil akan melindungi mobil Anda dari paparan air hujan, debu, dan sebagainya yang dapat menggores permukaan cat mobil Anda. Selain itu, cover mobil juga mampu melindungi mobil Anda dari cahaya matahari. Dengan begitu, cat mobil Anda pun akan lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.Untuk memudahkan Anda dalam menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi cover mobil terbaik dalam artikel ini. Anda akan menemukan produk berkualitas keluaran Krisbow, Durable, dan sebagainya. Semoga Anda menemukan cover yang paling tepat untuk mobil Anda, ya.
    Aksesori mobil
    36.488 Views
  • 10 Rekomendasi Wiper Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wiper Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wiper mobil adalah alat yang memiliki peran penting bagi pengendara agar pandangan tetap maksimal kala hujan turun. Di gerai online, Anda dapat menemukan variasi wiper mobil dengan berbagai bentuk dan merk. Akan tetapi, di antara bermacam-macam wiper yang dijual di pasaran, produk manakah yang tepat untuk Anda?Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wiper mobil yang bagus, seperti Bosch, HELLA, dan yang lainnya. Simak informasinya sampai akhir dan selamat membaca!
    Aksesori mobil
    1.027 Views
  • 10 Rekomendasi Smartphone Holder Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Smartphone Holder Terbaik untuk di Mobil (Terbaru Tahun 2021)
    Apabila ingin menggunakan smartphone di dalam mobil, lebih praktis jika Anda memiliki car phone holder. Ada berbagai jenis car phone holder, misalnya tipe suction cup dan klip yang dipasang pada dashboard. Ada juga tipe plug-in untuk dipasang pada ventilasi AC, serta tipe auto hold dan magnet. Produk yang dijepitkan pada drink holder dan sun visor juga cukup populer.Kali ini, kami akan mengulas produk smartphone holder untuk di mobil, seperti Vivan, Ringke, dan AUKEY. Ada juga tips memilih holder HP mobil yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Disimak, ya!
    Aksesori mobil
    20.659 Views
  • 10 Rekomendasi Jump Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jump Starter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda sering road trip, jump starter adalah benda wajib yang harus dibawa. Jump starter dapat Anda andalkan saat aki bermasalah atau mobil tidak mau menyala. Selain sebagai jumper aki, jump starter juga dapat digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya pada ponsel Anda.Ada banyak produk jump starter yang bagus untuk berbagai kendaraan, mulai dari mobil kecil hingga truk. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih jump starter serta merekomendasi produk, seperti Anker, Shell, dan Baseus jump starter. Jika Anda sedang mencari jump starter, silakan baca artikel ini.
    Aksesori mobil
    15.584 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori