10 Rekomendasi Jam Pasir Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Jam Pasir Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jam pasir memiliki fungsi untuk mengukur waktu melalui banyaknya pasir yang jatuh. Keberadaannya yang dulu populer kini mulai terlupakan karena adanya fungsi timer pada smartphone. Namun, jika Anda ingin menikmati momen berjalannya waktu, jam pasir bisa menjadi pilihan yang tepat.

Desain jam pasir saat ini sangat unik dan beragam, termasuk jenis dan warna pasir yang digunakan sehingga hal-hal ini bisa membingungkan Anda. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jam pasir serta merekomendasikan jam pasir terbaik untuk Anda. Baca dan temukanlah jam pasir favorit Anda!

Daftar isi

Cara memilih jam pasir

Pertama, kami akan memberitahukan hal-hal yang harus Anda perhatikan saat memilih jam pasir. Simak dan pilihlah jam pasir favorit Anda.

Pilih berdasarkan tujuan Anda membelinya

Ada beberapa tujuan mengapa seseorang membeli jam pasir, entahkah hendak digunakan sebagai pemanis interior rumah atau akan diberikan kepada orang lain sebagai hadiah. Tentu pemilihan jam pasir yang sesuai akan berbeda sesuai tujuan-tujuan tadi. Karena itu, pilih dan sesuaikanlah model jam yang hendak Anda beli berdasarkan tujuan penggunaannya.

Jika digunakan sebagai hiasan interior, sesuaikanlah dengan nuansa ruangannya

Jika digunakan sebagai hiasan interior, sesuaikanlah dengan nuansa ruangannya

Salah satu poin terpenting bila Anda memilih jam pasir sebagai bagian dari interior rumah adalah Anda harus menyesuaikannya dengan nuansa ruangan yang ingin Anda hias tersebut. Meski Anda menemukan jam pasir dengan desain yang amat Anda sukai, tetapi bila tidak senada dengan suasana ruangan yang Anda miliki, jam pasir tersebut hanya akan disimpan di lemari saja. Sayang sekali, bukan?

Oleh karena itu, kami sarankan untuk memilih jam pasir yang sesuai dengan tema ruangan agar senada dengan interior yang sudah ada. Untuk ruangan modern dan minimalis, Anda bisa memilih jam pasir dengan warna monokrom. Kemudian untuk ruangan bernuansa alam, pilihlah jam pasir dengan desain sederhana. Lain lagi halnya dengan ruangan bergaya Amerika, jam pasir dengan desain vintage dan terkesan retro akan sangat cocok.

Jika digunakan sebagai hadiah, pilihlah yang spesial

Jika digunakan sebagai hadiah, pilihlah yang spesial

Jika Anda membeli jam pasir untuk digunakan sebagai hadiah, pilihlah jam pasir yang memiliki sentuhan personal atau mudah diingat oleh si penerima. Sebagai contoh, Anda dapat memilih jam pasir dengan desain yang unik untuk memberikan kesan lebih spesial pada jam pasir ini.

Anda juga dapat mencari tempat yang menyediakan pembuatan jam pasir dari pasir yang Anda bawa sendiri. Terlebih bila pasir tersebut Anda dapatkan dari sisa liburan Anda, tentunya jam pasir tersebut akan semakin terasa spesial karena penuh akan kenangan mengenai tempat tersebut.

Periksa juga waktu pengukuran jam pasir

Bukan hanya berguna sebagai hiasan, tetapi pengukuran waktu jam pasir juga merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan saat hendak membelinya. Berhubung jam pasir hanya dapat mengukur waktu dalam rentang tertentu saja, pilihlah jam pasir yang dapat mengukur waktu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tentukan ukuran waktu jam yang cocok dengan kebutuhan Anda

Tentukan ukuran waktu jam yang cocok dengan kebutuhan Anda

Salah satu penggunaan jam pasir adalah untuk mengukur waktu memasak mi instan atau penyeduhan teh. Selain penggunaannya di dapur, jam pasir juga dapat digunakan untuk mengukur lamanya waktu menyikat gigi, waktu membaca buku, lamanya sauna, dan lain sebagainya. Terkadang, jam pasir juga digunakan untuk mengukur waktu ketika anak mengerjakan PR atau lamanya waktu saat makan. Jadi, hal penting yang harus Anda perhatikan sewaktu memilih jam pasir adalah lamanya waktu yang dapat diukur oleh jam pasir tersebut.

Ada beberapa rentang waktu yang dapat diukur dengan jam pasir. Salah satu yang paling populer adalah jam pasir dengan pengukuran waktu 3 menit. Selain itu, tersedia juga dengan pengukuran 1 menit, 2 menit, 5 menit, 10 menit, 30 menit, bahkan 60 menit. Berhubung rentang waktu jam bervariasi, pilihlah jam pasir dengan ukuran waktu sesuai kebutuhan Anda.

Perhatikan juga material pasir yang digunakan

Perhatikan juga material pasir yang digunakan

Kini sudah banyak jam pasir menarik dengan isian pasir berwarna-warni di pasaran. Namun, berbagai material lainnya juga turut digunakan untuk mengisi jam pasir. Beberapa jenis pasir yang kerap digunakan sebagai material di dalam jam pasir adalah pasir silika yang dikenal juga dengan sebutan pasir kuarsa, pasir besi yang banyak digunakan pada percobaan sains, pasir buatan, hingga pasir zirkonia.

Jam pasir memang tidak dapat mengukur waktu dengan sangat akurat seperti sebuah jam digital. Akan tetapi, jam pasir yang menggunakan pasir besi dikatakan dapat memberikan ketepatan waktu lebih akurat daripada jam dengan isian lainnya. Pasir besi memiliki berat serta permukaan yang lembut sehingga membuatnya dapat jatuh dengan lancar dan dapat mengukur waktu dengan tepat.

10 Rekomendasi jam pasir terbaik

Berikut ini kami akan memperkenalkan 10 jam pasir terbaik yang dapat Anda pilih. Setelah mengetahui bagaimana cara memilihnya, lihatlah rekomendasi dari kami dan temukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Jam Pasir Warna-warni Set 6 Pcs

10. Jam Pasir Warna-warni Set 6 Pcs

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.700

Bisa mengukur 6 rentang waktu berbeda, lho!

Ketika Anda membeli jam pasir, biasanya Anda hanya mendapatkan satu jenis jam pasir dengan satu rentang pengukuran waktu saja. Berbeda dengan yang ini, Anda justru akan mendapatkan satu set jam pasir dengan enam jenis pengukuran waktu sekaligus yang dapat Anda gunakan untuk mengukur waktu berbagai kegiatan sesuai kebutuhan Anda.

Kini Anda dapat mengukur waktu saat memanggang kue, mengukus makanan, menonton TV, hingga menyikat gigi dengan jam pasir ini. Anda cukup memilih waktu yang tepat dan menggunakannya sesuai kebutuhan Anda. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kemudahan mengukur waktu berbagai kegiatan dalam satu paket pembelian!

9. Sandglass Toothbrush Holder

9. Sandglass Toothbrush Holder

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Si kecil tidak akan terburu-buru lagi sewaktu menyikat gigi

Pernahkah Anda merasa bahwa si kecil selalu terburu-buru sewaktu menyikat giginya? Untuk mengatasinya, berikan saja tempat sikat gigi yang disertai dengan jam pasir di bagian pinggirnya ini untuk mengukur waktu si kecil menyikat gigi. Cukup balikkan jam pasirnya, kemudian pengukur waktu tiga menitnya akan berjalan.

Desain yang menarik pada wadah ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk si kecil. Tersedia pula dalam tiga pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai warna favorit si kecil. Bukan si kecil saja yang dapat menggunakannya, bahkan Anda sekeluarga pun dapat menggunakan wadah tersebut karena tersedia empat lubang untuk menaruh sikat gigi.

8. Jam Pasir 15 Menit Warna-Warni

8. Jam Pasir 15 Menit Warna-Warni

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 141.000

Tidak takut pecah lagi berkat bahan plastik pelindung yang kuat

Kebanyakan jam pasir terbuat dari kaca yang membuat Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya. Namun, jam pasir ini memiliki perlindungan ganda, jam pasirnya terbuat dari bahan kaca, sedangkan bagian luarnya dilapisi oleh bahan plastik yang kuat. Perlindungan ini membuatnya lebih tahan lama dan aman untuk digunakan.

Agar semakin cantik, isiannya menggunakan pasir halus dengan warna-warna menarik. Karena itulah, jam pasir ini cocok untuk Anda hadiahkan kepada anak Anda sebagai penghias meja belajarnya. Dengan begitu, anak Anda dapat menggunakannya untuk mengukur waktu belajar tanpa perlu khawatir akan pecah saat digunakan.

7. Jam Pasir dengan Bingkai Kayu

7. Jam Pasir dengan Bingkai Kayu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 215.000

Desain yang sederhana dan klasik membuatnya dapat diletakkan di mana pun!

Memiliki jam pasir yang dapat digunakan di mana saja tentu akan membuat Anda tidak repot lagi memikirkan kesesuaiannya dengan nuansa ruangan. Agar dapat digunakan pada setiap ruangan, tentunya jam pasir harus memiliki desain sederhana dengan warna-warna yang netral.

Jam pasir dengan bingkai kayu sederhana nan klasik ini tentunya dapat menjadi pilihan Anda yang menginginkan jam pasir yang dapat diletakkan di mana pun. Mulai dari ruangan bernuansa modern hingga minimalis, semuanya akan cocok dengan jam pasir yang memiliki pilihan bingkai berwarna putih atau hitam ini.

6. Jam Pasir dengan Bingkai Kayu

6. Jam Pasir dengan Bingkai Kayu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 142.000

Bingkai kayu untuk memberikan kesan artistik dan hangat

Jam pasir ini memiliki dua buah bingkai untuk memberikan kesan artistik yang berbeda. Bingkai pertama merupakan penyangga jam pasir, sedangkan bingkai kedua berguna sebagai penyangga utama. Untuk menjalankan jam pasir ini, Anda cukup mendorongnya dengan sedikit tenaga saja agar jam ini berputar terbalik.

Selain itu, jam pasir ini memiliki bingkai kayu dengan desain yang klasik sehingga cocok untuk ruangan Anda yang didominasi dengan interior kayu. Desain klasik ini tentu tidak akan ketinggalan zaman sehingga dapat Anda gunakan sebagai hiasan untuk jangka waktu lama. Apalagi, kayu juga selalu memberikan kesan hangat pada ruangan Anda.

5. Jam Pasir Mini

5. Jam Pasir Mini

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Takut jam pasir Anda tercecer? Tenang, jam ini ada dalam satu bingkai, kok!

Anda ingin mengukur tiga jenis waktu dalam waktu yang bersamaan? Tentu bisa. Tiga jam pasir yang berada dalam satu bingkai ini dapat Anda gunakan secara bersamaan dengan sangat mudah, cukup balikkan bingkainya, kemudian ketiga jam pasir tersebut akan memulai menghitung waktunya masing-masing.

Tiga jenis waktu yang disediakan adalah 1 menit, 3 menit, dan 5 menit. Setiap jam pasir memiliki warna pasir yang berbeda untuk membuatnya terlihat semakin menarik. Anda pun tidak perlu khawatir dalam hal penyimpanannya karena jam ini tergabung dalam satu bingkai sehingga tidak akan tercecer.

4. IKEA Tillsyn Jam Pasir

4. IKEA Tillsyn Jam Pasir

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 163.900

Bentuk yang sederhana, tetapi terlihat mewah

Sebagai salah satu penyedia alat rumah tangga asal Swedia, IKEA menyediakan jam pasir dengan desain sederhana, tetapi tetap terlihat mewah. Dengan bahan yang terbuat dari kaca, jam pasir ini akan sangat mudah untuk Anda bersihkan, cukup dilap menggunakan kain lembut untuk menghilangkan debu yang menempel.

Butiran pasirnya memiliki warna coklat keemasan membuatnya terlihat elegan. Anda dapat meletakkan jam pasir ini di ruang tamu sebagai hiasan interior atau di dapur untuk mengukur waktu memasak masakan kesukaan Anda. Ruangan Anda akan terasa lebih berkelas dengan adanya jam pasir ini.

3. Jam Pasir Magnetik

3. Jam Pasir Magnetik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.000

Bosan dengan jam pasir yang biasa? Kenapa tidak memilih jam ini saja?

Keunggulan dari jam pasir ini adalah jenis pasir yang digunakannya, yaitu pasir besi magnetik. Walaupun memiliki warna hitam yang terkesan monoton, jatuhan pasir pada jam ini dapat membentuk beragam bentuk unik karena terdapat kandungan magnet di dalamnya. Dengan begitu, Anda pun tidak akan bosan memandangnya.

Akan menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk melihat bentuk apa yang akan terbentuk selanjutnya, bukan? Apalagi, desain minimalis yang dimiliki jam pasir ini membuatnya dapat dijadikan pajangan pada rumah bernuansa modern, atau bisa juga Anda berikan sebagai hadiah untuk orang yang Anda kasihi.

2. Shinwa Hourglass Metallic 70304

2. Shinwa Hourglass Metallic 70304

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Tampilan modern minimalis untuk menghias dapur Anda

Shinwa adalah salah satu produsen ternama dari Jepang dalam bidang pengukuran yang sudah beroperasi selama lebih dari 40 tahun. Salah satu alat ukur yang dikeluarkannya adalah jam pasir untuk pengukuran waktu selama 3 menit, dan memiliki tingkat keakurasian waktu tidak lebih dari 20 detik.

Jam pasir ini memiliki bingkai yang terbuat dari bahan campuran logam sehingga memiliki daya tahan yang baik. Dengan menggunakan bahan metal ini, tentu saja tampilan jam pasir akan terlihat modern dan menjadikannya cocok untuk Anda letakkan pada dapur Anda yang bernuansa modern minimalis.

1. Jam Pasir Berdesain Cantik

1. Jam Pasir Berdesain Cantik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 732.000

Desain yang unik menjadikannya lebih istimewa!

Ketika mencari hadiah untuk orang terdekat Anda, tentu Anda menginginkan agar hadiah tersebut selalu diingat olehnya. Untuk itu, ada baiknya Anda memberikan hadiah yang memiliki suatu keistimewaan tersendiri. Salah satu contohnya adalah jam pasir yang memiliki desain unik dan tidak biasa seperti ini.

Kemudian, jam ini memiliki pengukuran waktu selama satu jam yang dapat Anda manfaatkan untuk mengukur waktu Anda saat berolahraga. Dengan demikian, kegiatan olahraga Anda akan lebih terukur dan teratur. Namun, berhati-hatilah saat menyimpan atau menggunakannya agar tidak tersenggol dan membuatnya pecah.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai produk-produk jam pasir yang baru saja kami rekomendasikan? Adakah yang Anda rasa sesuai dengan kebutuhan Anda? Jangan lupa mengenai tujuan awal Anda ketika ingin membeli jam pasir tersebut.

Ada berbagai macam jam pasir dengan beragam pilihan waktu, desain, dan warna. Tidak ada salahnya untuk memiliki jam pasir ini sebagai selingan pengukur waktu, selain menggunakan jam digital Anda.