10 Rekomendasi USB Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi USB Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

USB headset merupakan produk yang lazim digunakan oleh para gamer atau pencinta musik karena kemampuannya yang baik dalam mengurangi noise. Namun, dengan banyaknya produk USB headset yang beredar dengan segala kelebihannya, bisa jadi Anda agak bingung menentukan mana yang paling sesuai untuk Anda.

Jika Anda mencari USB headset, Anda membaca artikel yang tepat karena kami akan mengulas cara memilih beserta produk USB headset terbaik dengan membandingkan desain, harga, fitur, kualitas suara, dan sebagainya. Nah, simak terus artikelnya!

Daftar isi

Cara memilih USB headset

USB headset memiliki karakteristik lebih tahan terhadap noise daripada headset yang menggunakan kabel jack serta memiliki kualitas suara yang jernih. Namun, banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Karena itu, mari simak poin-poin cara memilih berikut!

Pilih berdasarkan bentuk headset

Headset memiliki beragam bentuk dan model. Berikut akan kami jelaskan karakteristiknya masing-masing.

Tipe headband, terpasang dengan kokoh di kepala

Tipe headband, terpasang dengan kokoh di kepala

Tipe ini merupakan yang paling sering dijumpai dan mungkin Anda juga telah memilikinya di rumah. Selain nyaman digunakan karena dapat terpasang dengan kokoh di kepala, tipe headband juga tidak akan membuat Anda cepat lelah saat memakainya. Kedua telinga Anda dapat mendengarkan suara dengan jelas jika menggunakan model ini.

Tipe earhook, ringan dan praktis

Tipe earhook, ringan dan praktis

Tipe ini disukai karena ringan, mudah dipakai, dan tidak membebani telinga. Anda cukup mengaitkannya langsung di telinga Anda.

Tipe neckband, dikalungkan di leher dan tidak merusak tatanan rambut

Tipe neckband, dikalungkan di leher dan tidak merusak tatanan rambut

Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang tetap ingin nyaman mendengarkan suara dengan kedua telinga, tetapi tidak ingin gaya rambut Anda rusak. Berhubung cara pemakaiannya dikalungkan di bagian belakang leher, Anda dapat menjaga gaya rambut Anda tetap terjaga sepanjang hari.

Tipe earphone, ringan dan sudah terdapat mic

Tipe earphone, ringan dan sudah terdapat mic

Bentuknya sama seperti earphone pada umumnya, hanya diberi tambahan mic. Bobotnya pun ringan sehingga model ini cocok untuk Anda yang tidak suka mengenakan headset di kepala atau leher.

Pilih berdasarkan tipe headset

Tipe dan bentuk setiap headset akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan dan kenyamanannya saat dikenakan dalam waktu lama. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Tipe open-back, menghasilkan suara yang bagus dan jernih

Tipe open-back, menghasilkan suara yang bagus dan jernih

Meskipun tipe ini membuat suara dapat tembus, tetapi kualitas suara yang dihasilkan sangat jernih dan jelas. Anda juga tidak akan merasa cepat lelah saat memakai headset tipe ini dalam waktu lama dibanding saat Anda memakai headset tipe closed-back. Beberapa model headset high-end terbaru yang harganya mahal biasanya sudah menerapkan tipe open-back ini. Sayangnya, tipe ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Tipe closed-back, memberikan peredaman agar suara tidak mudah tembus

Tipe closed-back, memberikan peredaman agar suara tidak mudah tembus

Strukturnya yang tertutup membuat suara tidak akan tembus dan mencegah suara dari luar ikut terdengar oleh Anda sehingga tipe ini cocok digunakan di tempat ramai sekalipun. Namun, strukturnya yang tertutup ini juga menyebabkan telinga lebih cepat gerah dan pada sebagian orang terasa lebih melelahkan bila memakainya dalam waktu lama.

Pilih berdasarkan kenyamanan pemakaiannya

Pilih berdasarkan kenyamanan pemakaiannya

Saat bermain online game, Anda dapat mengenakan headset selama berjam-jam. Pernahkah Anda merasakan nyeri atau sakit di telinga karenanya?

Untuk itu, kenyamanan merupakan salah satu faktor penting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli USB headset. Sebisa mungkin, pastikan Anda mencobanya terlebih dahulu di toko agar Anda bisa mengetahui kenyamanannya saat dikenakan. Namun, jika cara tersebut tidak memungkinkan, kami sarankan Anda melihat dan membandingkan review tentang produk bersangkutan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pilih berdasarkan kualitas suara yang dihasilkan

Pilih berdasarkan kualitas suara yang dihasilkan

Seperti yang telah kami ulas sebelumnya, kualitas suara akan sangat dipengaruhi oleh tipe headset. Jika Anda menginginkan suara jernih, meskipun dengan sedikit noise dari luar, pilihlah open-back headset. Sebaliknya, jika Anda menyukai dentuman bass besar dan menginginkan blocking yang baik terhadap suara dari luar, pilihlah closed-back headset.

Pada dasarnya preferensi kesukaan setiap orang terhadap kualitas suara pun berbeda-beda. Tentu akan sulit menyimpulkan kualitas suara yang Anda sukai hanya berdasarkan keterangan spesifikasi produk saja. Oleh karena itu, perbanyaklah melihat review yang diberikan para penggunanya di internet atau Anda bisa mencoba langsung saat produsen headset tersebut mengadakan pameran produk.

Pilih berdasarkan kualitas mic

Pilih berdasarkan kualitas mic

Kemampuan mic setiap headset pun berbeda-beda satu sama lain. Untuk itu, kualitas mic pada headset harus dipertimbangkan sebelum Anda membelinya.

Tentu sulit menentukan kualitas dari mic hanya dari deskripsi produk. Jadi, pastikan selalu membaca spesifikasinya dengan teliti di website resmi serta membaca atau melihat video review para penggunanya. Lalu apa saja yang harus Anda cek dari sebuah mic ? Berikut poin-poinnya.

Cek jenis arah suara pada mic

Arah suara pada mic digunakan untuk mengukur seberapa jauh suara dapat ditangkap. Pada dasarnya, arah suara pada mic ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu unidirectional dan omnidirectional.

Mic unidirectional mendeteksi suara dari arah dan sudut tertentu saja, misalnya dari arah depan mic. Mic ini cocok untuk Anda yang tidak ingin ada suara lain ikut terdengar selain suara Anda saja. Jadi, pada kondisi bising pun suara Anda bisa terdengar dengan jelas oleh lawan bicara. Namun, ada juga kondisi saat suara Anda tidak bisa terdengar dengan jelas karena kemampuannya yang hanya dapat menangkap suara dari arah tertentu tadi. Jika sudah begitu, Anda perlu mendekatkan mic ke bibir agar suara Anda terdengar lebih jelas.

Di sisi lain, mic tipe omnidirectional dapat menangkap suara dari sudut 360°. Dengan demikian, Anda tidak perlu memikirkan soal arah suara lagi. Akan tetapi, bila Anda merupakan orang yang tidak suka suara orang lain atau suara sekeliling Anda ikut terdengar, kami tidak merekomendasikan tipe ini untuk Anda.

Cek sensitivitas mic

Selain memeriksa arah suara pada mic, Anda sebaiknya juga memeriksa tingkat sensitivitas mic terhadap input suara. Biasanya kepekaan mic dinyatakan dalam bentuk angka negatif, seperti “-45 db” dan seterusnya. Semakin besar nilai angka negatif yang tertera, semakin sensitif pula mic tersebut terhadap suara. Jika suara Anda lembut dan pelan, pilihlah mic dengan sensitivitas tinggi. Namun, jika suara Anda tergolong besar atau Anda tidak suka banyak noise yang mengganggu, pilihlah mic dengan sensitivitas yang lebih rendah.

Hati-hati dengan review palsu

Hati-hati dengan review palsu

Pernahkah Anda tertarik untuk membeli produk secara online hanya karena melihat review bintang 5 yang tertera? Bisa juga Anda gagal memperbarui software dari produk yang Anda beli secara online karena ternyata produk tersebut palsu?

Untuk mencegah hal-hal di atas, sebaiknya Anda lebih teliti dan tidak mudah percaya kepada review bintang 5 yang tertera pada produk. Sering kali ada reviewer palsu yang memberikan review bagus termasuk untuk barang-barang tiruan. Nama reviewer yang sama mungkin akan Anda temui memberikan review bagus juga untuk barang-barang lainnya. Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk selalu memeriksa website resmi dari produk yang Anda beli dan mencari review dalam bentuk video. Ingatlah untuk selalu berhati-hati agar Anda tidak tertipu.

10 Rekomendasi USB headset terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi produk USB headset yang telah kami rangkum dalam bentuk peringkat khusus untuk Anda.

10. LESHP USB Type-C Digital Earphone

10. LESHP USB Type-C Digital Earphone

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 53.000

Yuk, olahraga sambil menggunakan earphone nyaman ini agar makin semangat!

Anda pasti setuju bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan mood Anda. Kali ini, LESHP menghadirkan earphone dengan konektor USB tipe-C yang dapat Anda sambungkan ke berbagai smartphone dengan port USB yang sesuai. Tipe USB headset ini sangat pas untuk Anda yang gemar berolahraga sembari mendengarkan musik untuk menambah semangat.

Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda dapat mendengarkan musik dengan dentuman bass yang cukup jelas. Selain itu, produk ini dilengkapi mic dan pengatur volume yang dijadikan satu untuk menambah kenyamanan Anda. Jadi, selain mendengarkan musik, Anda juga dapat mengobrol via telepon dengan headset ini. 

9. QNSTAR Comfortable USB Headphone

9. QNSTAR Comfortable USB Headphone

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 157.000

Teman Anda bermain game hingga berjam-jam!

Jika Anda suka bermain game PlayStation, headset ini sangat cocok untuk Anda. Didesain agar nyaman dipakai selama berjam-jam, QNSTAR bahkan mengklaim bahwa Anda tidak akan merasa sedang memakai headset karena desain ergonomisnya yang nyaman dipakai ini.

Selain itu, produk ini juga didukung oleh kualitas suara stereo yang jernih dengan teknologi noise-cancelling dan mic omnidirectional. Jadi, Anda tetap dapat bermain game dan melakukan live chat dengan rekan gaming Anda tanpa perlu khawatir terganggu oleh suara latar di sekitar Anda. 

8. Rexus Thundervox HX2

8. Rexus Thundervox HX2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 329.000

Gaming lebih seru dengan desain futuristisnya

Produk ini memiliki desain futuristis yang dilengkapi surround sound 7.1 untuk membuat pengalaman gaming Anda lebih seru. Untuk bermain game online yang mengutamakan FPS (Frame Per Second) seperti Point Blank, headset ini cocok untuk Anda karena dapat memperdengarkan suara pelan lebih jelas berkat sensitivitas speaker hingga 120 db miliknya.

Headset ini juga dilengkapi dengan mic fleksibel yang mudah ditekuk sehingga tidak mudah rusak dan memudahkan Anda untuk menyimpannya. Headset bertipe closed-back ini mungkin akan terasa gerah jika Anda pakai dalam waktu lama, tetapi kualitas suara yang dihasilkan pasti akan memuaskan Anda.

7. Sades Locust Gaming Headset 704

7. Sades Locust Gaming Headset 704

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 436.000

Suara super dari earpads yang breathable

Headset dengan peredam berbahan kulit atau kulit imitasi seringkali membuat telinga gerah dan cepat lelah. Untuk itu, kami merekomendasikan produk headset dari Sades yang melapisi earpads-nya dengan bahan yang breathable sehingga telinga Anda tidak akan cepat merasa gerah.

Headset ini menggunakan sound channel 7.1, mic omnidirectional yang fleksibel, dan headband nyaman yang dapat disesuaikan. Jika Anda mengikuti kompetisi game yang suasananya ramai, headset ini cocok Anda pakai karena teknologi noise-blocking yang baik sehingga mampu menjaga kejernihan suara dari game yang Anda mainkan.

6. Logitech H370 USB Computer Headset

6. Logitech H370 USB Computer Headset

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 315.000

Kompatibilitas tinggi untuk menghubungkannya pada banyak perangkat

Jika Anda merasa repot dengan tipe USB headset yang mengharuskan Anda untuk menginstal software terlebih dahulu, sebaiknya Anda memilih headset ini. Cukup Anda sambungkan ke port USB, headset ringan ini langsung dapat digunakan di berbagai OS dan digunakan di mana saja.

Logitech menggunakan digital sound dan mikrofon dengan noisecancelling yang tentunya akan mendukung segala aktivitas Anda seperti mendengarkan musik dan bermain game favorit Anda. Ditambah harganya yang masih terjangkau, USB headset ini layak untuk masuk dalam pertimbangan Anda.

5. Etekcity Scroll Gaming H7PX+

5. Etekcity Scroll Gaming H7PX+

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.025.000

Semakin praktis dengan satu tombol multifungsi!

Menonton film action, bermain game peperangan, atau mendengarkan musik favorit tentunya akan lebih menyenangkan jika didukung efek suara mumpuni. Anda akan merasa masuk ke dalam game karena suara yang dihasilkan begitu nyata dengan teknologi virtual surround sound yang dimilikinya.

Nikmati pula kualitas suara jernih untuk live chat dengan fitur noise-cancelling yang andal dari mic omnidirectional di headset ini. Kemudian, Anda dapat mengatur volume, mic, dan getaran bass hanya dengan menggunakan tombol multifungsi yang terpasang di kabelnya. Sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin repot dengan banyak tombol!

4. Sades Camouflage Gaming Headset SA918

4. Sades Camouflage Gaming Headset SA918

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 868.000

Sound luar biasa dengan tampilan yang keren

Memburu musuh di belantara atau menyelesaikan misi perang dalam game akan terasa lebih nyata dengan headset ini. Selain memiliki tampilan yang keren, saat ini Sades SA918 Camouflage merupakan satu-satunya headset dengan tombol pengatur pada kabelnya yang berfungsi sebagai equalizer dengan 4 pilihan, yaitu standar, super bass, jazz, dan vocal.

Dengan speaker tipe closed-back, suara dari dalam game Anda tidak akan terganggu oleh noise dari luar sehingga kegiatan gaming Anda akan terasa lebih seru. Jadi, untuk Anda yang mencari headset dengan tampilan unik ala tentara dan memiliki tombol pengaturan multifungsi, produk ini layak untuk masuk dalam wish list Anda.

3. ROCCAT Kulo Stereo

3. ROCCAT Kulo Stereo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 980.000

Bobot ringannya bikin Anda betah main game sampai berjam-jam!

Rasa pusing setelah bermain game berdurasi lama bisa muncul akibat bobot headset yang dipakai terlalu berat. Untuk itu, Anda perlu mencoba Roccat Kulo Stereo yang merupakan headset super ringan dengan bobot hanya 178 gram ini. Memiliki headband yang terbuat dari logam berlapis bantalan nyaman, headset ini dapat melekat dengan kokoh di kepala Anda.  

Dengan harga di bawah 1 juta, Anda akan mendapatkan headset yang memberikan kenyamanan sekaligus kualitas suara yang luar biasa dengan channel sound 7.1 dan ultra bass. Jika telinga Anda mulai terasa gerah, Anda dapat mengganti earpads-nya dengan ear-cushion berbentuk donat yang lebih lembut. Anda tertarik membelinya? 

2. Corsair Void RGB USB Dolby 7.1 Gaming Headset

2. Corsair Void RGB USB Dolby 7.1 Gaming Headset

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.445.000

Kolaborasi sempurna antara performa dan kenyamanan

Untuk Anda yang sering merasakan nyeri pada telinga setelah bermain game berjam-jam, Corsair Void hadir untuk mengakhiri derita yang dirasakan oleh telinga Anda. Desain ergonomis pada earpad  yang mengikuti bentuk alami telinga serta lapisan microfiber memory foam-nya akan mencegah telinga Anda terasa nyeri.

Kualitas suara dari headset ini didukung oleh Dolby Digital yang tentunya akan membuat kegiatan bermain game Anda semakin seru. Selain itu, terdapat fitur canggih berupa lampu LED di dekat mikrofon yang memberi tahu Anda tentang berbagai status pada headset sehingga Anda akan dengan mudah mengetahui jika daya baterai headset melemah.

1. Jabra Biz 2400 USB Mono MS

1. Jabra Biz 2400 USB Mono MS

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.900.000

Ubah sendiri modelnya dan pasangkan dengan smartphone Anda!

Di balik tampilannya yang simple, Jabra memberikan produk USB headset dengan segudang kelebihan. Bantalan telinganya dapat Anda lepas kemudian Anda pasangkan pada earhook atau neckband bawaannya. Dengan begitu, Anda dapat mengubahnya dari model headband ke model yang lain dengan mudah.

Selain itu, Anda pun dapat memasangkannya dengan smartphone Anda melalui sambungan bluetooth. Untuk menjamin kualitas suara, Jabra menggunakan mic omnidirectional dengan teknologi noise-cancelling yang canggih. Jika Anda menginginkan headset multifungsi dengan kualitas terbaik, produk ini sangat pas untuk Anda.

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips memilih sekaligus rekomendasi produk USB headset dengan spesifikasi dan harga yang beragam untuk Anda. Produk mana pun yang akan Anda beli, perhatikan apakah Anda perlu menginstal software-nya terlebih dahulu atau tidak. Pastikan juga OS yang Anda miliki sesuai dengan yang disarankan oleh produsen headset agar Anda dapat menggunakannya dengan lancar dan nyaman. Jadi, USB headset mana yang Anda pilih?