• 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)

Banyak orang yang menikmati berkebun dan menanam bunga, baik itu sebagai hobi atau bahkan untuk bisnis. Dalam merawat bunga, penting untuk memilih pupuk yang sesuai dengan jenis bunga yang Anda tanam. Saat ini di pasaran ada banyak jenis pupuk, mulai dari yang bentuknya cair hingga padat, dengan berbagai fungsi yang ditawarkan. Anda mungkin bertanya-tanya pupuk jenis apa yang harus dipilih?

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi bagaimana memilih pupuk yang bagus untuk beragam jenis bunga, seperti mawar, anggrek, dan krisan. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa menjadi pilihan. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dengan baik dan bermekaran dengan indah!
  • Pembaharuan terakhir: 28 Januari 2020
  • 25.019 Views
Daftar isi

Apa saja tiga komponen utama pupuk bunga

Apa saja tiga komponen utama pupuk bunga
Tidak hanya terbatas pada pupuk untuk bunga, secara umum pupuk mengandung tiga komponen utama. Ketiga komponen tersebut adalah nitrogen (N) yang mendorong pertumbuhan daun dan batang, fosfat (P) yang diperlukan untuk pertumbuhan bunga dan buah, serta kalium (K) yang mendorong pertumbuhan akar. Kandungan dan efek yang dihasilkan dari pupuk akan ditentukan oleh rasio gabungan ketiga komponen utama tersebut dengan berbagai zat lainnya.
Ada juga pupuk yang mengandung besi dan magnesium di dalamnya. Akan tetapi, pada dasarnya ketiga komponen utama (NPK), ditambah air, sinar matahari, dan udara, sudah cukup untuk memungkinkan tanaman agar bisa tumbuh.
Selain itu, ada juga obat untuk tanaman yang berfungsi merangsang pertumbuhan bunga. Akan tetapi, produk semacam ini biasanya tidak ditentukan jumlah kandungan nitrogen, fostaf, dan kaliumnya oleh pemerintah. Kandungan tiga komponen utama pupuk biasanya jumlahnya lebih sedikit dan fungsinya lebih seperti suplemen vitamin. Obat perangsang pertumbuhan bunga seperti ini sering disalahartikan sebagai pupuk. Jadi, periksalah juga poin ini sebelum Anda membeli pupuk untuk bunga.

Cara memilih pupuk bunga

Berikut ini, kami akan membahas beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih pupuk bunga. Tentu saja yang paling penting adalah Anda harus memahami dengan baik kondisi tanaman bunga Anda. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi bunga yang akan diberikan pupuk.

Pilih rasio NPK sesuai dengan kondisi bunga

Pilih rasio NPK sesuai dengan kondisi bunga
Sebelum memberi pupuk, adalah hal yang sangat penting untuk mengetahui keadaan bunga terlebih dahulu. Perhatikan apakah daunnya layu, bunganya tidak mekar, atau akarnya tidak kuat.
Jika tanaman bunga Anda lemah secara keseluruhan, atau daunnya tidak kuat, berarti dibutuhkan pupuk dengan proporsi nitrogen, fosfat, dan kalium yang sama banyak. Jika masalahnya terdapat pada bunga yang tidak mekar atau tidak sehat, pilihlah pupuk yang mengandung lebih banyak fosfat.
Memilih pupuk dengan kandungan NPK yang sesuai kebutuhan bunga adalah poin yang sangat penting. Oleh karena itu, periksalah dengan cermat rasio kandungan zat yang tertera pada kemasan pupuk dan pilihlah yang sesuai kebutuhan.

Bedakan penggunaan pupuk organik dan anorganik

Pupuk terbagi menjadi dua, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik (pupuk kimia). Agar bunga tumbuh dengan sehat dan kuat, penting untuk membedakan penggunaan pupuk organik dan anorganik dengan baik.

Pupuk organik, efektif untuk meningkatkan kualitas tanah

Pupuk organik, efektif untuk meningkatkan kualitas tanah
Kata “organik” memiliki arti “mengandung karbon.” Dengan kata lain, pupuk organik terbuat dari bahan dasar yang berasal dari hewan atau tumbuhan, atau bahan-bahan yang bersifat alami. Pupuk tipe ini sangat diperlukan untuk budi daya sayuran organik serta efektif untuk meningkatkan kualitas tanah sehingga akan bermanfaat juga bagi pertumbuhan bunga. Namun, kelemahannya adalah pupuk organik biasanya memiliki bau yang menyengat.

Pupuk anorganik, optimal untuk tanaman pot

Pupuk anorganik, optimal untuk tanaman pot
Di sisi lain, pupuk mengandung zat-zat yang ditambahkan secara kimia tergolong ke dalam pupuk anorganik. Tidak seperti pupuk organik, salah satu ciri pupuk anorganik adalah tidak berbau. Selain itu, karena pupuk anorganik ini juga mudah penanganannya, produk tipe ini sangat cocok digunakan untuk tanaman pot atau budi daya di planter bag di rumah.
Pada pupuk anorganik, biasanya jumlah kandungannya sudah tertulis dengan jelas sehingga Anda bisa dengan mudah memberikan zat yang dibutuhkan dalam jumlah yang tepat. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa jika tanaman diberi telalu banyak pupuk, hal ini bisa mengakibatkan nutrisinya terlalu tinggi sehingga merusak tanaman (fertilizery injury) yang mengakibatkan luka pada akar, atau erosi pada tanah. Jadi, berhati-hatilah untuk tidak memberi pupuk secara berlebihan pada tanaman.

Pilihlah pupuk yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan bunga

Berdasarkan efek yang bisa teramati, pupuk dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu quick-release fertilizer, slow-release fertilizer, dan delayed-release fertilizer. Bedakanlah pemakaiannya sesuai dengan masa pertumbuhan atau waktu mekarnya bunga.

Quick-release fertilizer : cepat menambah nutrisi, terutama ketika bunga mekar

Quick-release fertilizer : cepat menambah nutrisi, terutama ketika bunga mekar
Pupuk jenis quick-acting fertilizer, seperti pupuk cair dan pupuk kimia yang mudah larut dalam air, tergolong cepat memberikan efek pada tanaman. Pupuk jenis ini umumnya digunakan sebagai pupuk tambahan ketika Anda ingin menambah nutrisi pada tanaman, terutama pada masa mekarnya bunga. Namun, mengingat durasi efeknya yang pendek, pupuk ini perlu diberikan secara berkala sesuai kebutuhan. Pupuk tipe ini juga disarankan untuk digunakan pada tanaman pot yang kurang sehat.

Delayed-release fertilizer : efek tahan lama untuk berbagai fase pertumbuhan

Delayed-release fertilizer : efek tahan lama untuk berbagai fase pertumbuhan
Jenis pupuk yang akhir-akhir ini banyak digunakan untuk kebutuhan berkebun adalah tipe delayed-release fertilizer. Meskipun tipe ini tidak bekerja secepat quick-release fertilizer, efeknya dapat dirasakan cukup cepat dan bisa bertahan untuk waktu yang lama.
Jenis pupuk ini direkomendasikan untuk tanaman hijau di dalam pot atau planter bag, baik sebagai pupuk utama maupun pupuk tambahan. Anda juga bisa menaburkan dan membiarkannya di atas tanah di dalam pot sehingga nutrisi akan sampai ke tanaman setiap kali Anda menyiramnya. Karena tipe delayed-release fertilizer dapat digunakan untuk berbagai situasi, pupuk ini menjadi populer dan mudah penggunaannya.

Slow-release fertilizer : pupuk dasar dengan efek yang muncul perlahan

Slow-release fertilizer : pupuk dasar dengan efek yang muncul perlahan
Pupuk jenis slow-release fertilizer membutuhkan waktu beberapa bulan untuk bekerja dan memberikan hasil. Pupuk ini sering digunakan sebagai pupuk dasar, seperti untuk penyemaian padi atau ketika memindahkan tanaman bunga ke medium tanah yang baru. Pupuk organik, seperti tepung minyak, tepung tulang, kulit padi (bekatul), kebanyakan termasuk dalam kategori slow-release fertilizer sehingga cocok diberikan pada tanaman pohon atau bunga di halaman agar efeknya lebih tahan lama.

Pilih pupuk cair dan pupuk padat sesuai jenis dan kondisi bunga

Cara penggunaan pupuk bisa berbeda tergantung pada apakah pupuk tersebut merupakan jenis cair atau padat. Pupuk tipe apa dan bagaimana cara pemberiannya juga bergantung pada jenis dan kondisi bunga. Oleh karena itu, mari cermati dan berikan pupuk pada bunga Anda sesuai kebutuhan.

Pupuk cair: cocok untuk tanaman pot yang tidak sehat

Pupuk cair: cocok untuk tanaman pot yang tidak sehat
Umumnya, pupuk cair masuk dalam kategori quick-release fertilizer. Ketika tanaman pot Anda tidak sehat, pupuk tipe ini akan sangat efektif jika diberikan dalam jumlah banyak pada tanah di dalam pot. Namun, efek yang cepat dari pupuk tipe ini biasanya tidak bertahan lama sehingga harus diberikan secara teratur.
Saat ini di pasaran cukup banyak ditemukan pupuk cair yang harus diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti instruksi pemakaian yang tertulis pada kemasan.

Pupuk padat: cocok untuk penyemaian dan penanaman kembali bibit

Pupuk padat: cocok untuk penyemaian dan penanaman kembali bibit
Di sisi lain, pupuk padat tergolong lambat dalam menghasilkan efek dan termasuk dalam kategori slow-release fertilizer atau delayed-release fertilizer. Untuk hasil terbaik, letakkan pupuk padat dekat akar tanaman di bagian dasar pot agar nutrisinya bisa diserap secara perlahan setiap kali dilakukan penyiraman. Pupuk tipe ini juga bisa dicampurkan dengan tanah ketika melakukan penyemaian atau penanaman kembali bibit. Pupuk padat juga cocok untuk tanaman yang ditanam langsung di hamparan tanah tanpa menggunakan pot atau media lainnya.

Pupuk khusus untuk bunga mawar dan anggrek

Pupuk khusus untuk bunga mawar dan anggrek
Untuk varietas yang membutuhkan penangan tersendiri, seperti bunga mawar dan anggrek, Anda bisa memilih pupuk yang memang dibuat khusus untuk jenis bunga tersebut. Jika Anda bisa menemukan pupuk khusus untuk bunga-bunga itu, lebih dianjurkan untuk menggunakan produk tersebut dibandingkan pupuk yang bisa digunakan untuk bunga secara umum.

10 Rekomendasi pupuk terbaik untuk bunga

Berikut ini kami akan memperkenalkan beberapa pupuk bunga terbaik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk pupuk terbaik untuk bunga

Gambar produk
1
GDM Pupuk Organik Cair (Tanaman Hias) 1

GDM

2
Horti NEOBoost Flowers 1

Horti

3
Green World MAGICgro G0 1

Green World

4
PT. Meroke Tetap Jaya Mutiara Pupuk NPK 16-16-16 1

PT. Meroke Tetap Jaya

5
Hydrofarm Flowermix AB 1

Hydrofarm

6
Golstar 250 SC 1

Golstar

7
Hormon Perangsang Bunga 1

8
Hyponex 20-20-20 1

Hyponex

9
Purie Garden Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga 1

Purie Garden

10
Grow More NPK 10-55-10 1

Grow More

Nama produk

Pupuk Organik Cair (Tanaman Hias)

NEOBoost Flowers

MAGICgro G0

Mutiara Pupuk NPK 16-16-16

Flowermix AB

250 SC

Hormon Perangsang Bunga

20-20-20

Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga

NPK 10-55-10

KeunggulanPupuk multifungsi untuk ber...Kandungan organik untuk men...Menjaga pernafasan daun unt...Unsur hara lengkap dan seim...Nutrisi bunga hidroponik un...Mempercepat dan meningkatka...Kemasan spray yang praktis,...Kandungan hara seimbang unt...Suburkan bunga dan sayur se...Grow your flowers with Grow...
HargaRp 65.000,00Rp 91.000,00Rp 61.000,00Rp 11.000,00Rp 40.000,00Rp 40.000,00Rp 48.000,00Rp 32.000,00Rp 110.000,00Rp 43.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Bagi Anda yang gemar merawat tanaman hias, menikmati bunga yang mekar dengan indah tentu akan memberikan kesenangan tersendiri, bukan? Penggunaan pupuk yang tepat akan membantu meningkatkan kualitas media tanam dan memungkinkan penyerapan nutrisi yang maksimal.
Kali ini kami telah membahas cara memilih pupuk untuk bunga serta merekomendasikan produk-produk pilihan. Semoga Anda bisa menemukan pupuk yang sesuai untuk merawat bunga yang Anda tanam sebaik mungkin!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa aquarium berfungi untuk mengalirkan air dan memastikan suhu aquarium tetap terjaga. Terlebih lagi bila Anda memelihara ikan tropis, keberadaan pompa aquarium sangatlah penting. Ada 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda letakkan di dalam air, di luar aquarium, dan jenis amfibi sehingga Anda mungkin bingung saat hendak membelinya.Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih pompa aquarium dan menyajikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Terdapat berbagai jenis pompa aquarium berkualitas dengan merek Eheim, Resun, atau Hidom dalam daftar rekomendasi ini yang berbeda spesifikasi, ukuran, dan fitur. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Hobi
    29.679 Views
  • 10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kebanyakan orang menjadikan cat air atau cat minyak sebagai alat lukis favoritnya. Namun, sebenarnya saat ini cat akrilik mulai menjadi salah satu alat lukis alternatif. Apakah Anda sudah mengetahui cara memilih cat akrilik dan menemukan produk yang tepat untuk Anda?Di pasaran, banyak beredar cat akrilik berbagai merek, seperti Liquitex, Faber Castell, atau Winsor & Newton. Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai karakteristik cat akrilik. Tentu saja kami pun akan memberikan rekomendasi produk cat akrilik terbaik untuk Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Hobi
    32.562 Views
  • 10 Rekomendasi Cat Air (Watercolor) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Air (Watercolor) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cat air adalah alat gambar yang populer dan telah digunakan oleh banyak orang, baik pemula maupun profesional. Banyak merek produsen cat air terbaik, seperti Holbein, Winsor & Newton, dan Koi yang merupakan favorit pelukis profesional, hingga cat air dengan harga murah meriah seperti Pentel. Harganya tentu sangat bervariasi.Cat air seperti apa yang sebaiknya Anda miliki? Kali ini kami membagi tips cara memilih cat air serta merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya untuk Anda. Mari mulai menggambar dengan cat air terbaik!
    Hobi
    13.841 Views
  • 10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Baitcasting reel adalah penggulung senar pancing yang dirancang untuk teknik casting. Casting dilakukan dengan cara melemparkan dan menarik umpan yang dikaitkan di senar secara berulang hingga dimakan oleh ikan.Kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih baitcasting reel yang tepat. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan beberapa rekomendasi produk baitcasting reel terbaik, seperti Daiwa, Lixada, dan Shimano. Mari mengenal baitcasting reel lebih detail!
    Hobi
    15.703 Views
  • 10 Rekomendasi Drone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Drone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan menggunakan drone, Anda bisa dengan mudah memotret dari udara. Meski dulu drone tergolong barang mahal, sekarang sudah banyak drone dengan harga terjangkau dan memiliki performa sangat baik. Namun, adanya drone berkualitas keluaran DJI, Walkera, Cheerson, dan sebagainya bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih.Karena itu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi drone terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan semakin mudah menemukan produk yang paling tepat untuk Anda. Silakan disimak dan pilih drone yang paling Anda suka, ya!
    Hobi
    11.137 Views
  • 10 Rekomendasi Palet Cat Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Palet Cat Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Palet cat air adalah salah satu alat bantu yang sangat diperlukan ketika melukis. Saat ini terdapat berbagai macam produk yang dijual di pasaran keluaran beragam merek dengan berbagai bahan, seperti aluminium, plastik, dan lainnya. Untuk kemudahan dalam pencampuran cat air, dianjurkan untuk memilih palet terbaik yang bisa digunakan dengan aman dan nyaman.Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan produk palet cat air yang tergolong populer dan menjadi favorit kebanyakan pekerja seni. Untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan cat air maupun Anda yang sudah profesional, silakan pilih palet cat air yang Anda inginkan!
    Hobi
    993 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori