• 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)

Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?

Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
  • Pembaharuan terakhir: 10 Maret 2021
  • 173.600 Views
Daftar isi

Pahami tiga komponen utama dari pupuk bunga

Pahami tiga komponen utama dari pupuk bunga

Secara umum, pupuk mengandung tiga komponen utama. Kandungan ini terdapat juga pada pupuk bunga. Ketiga komponen tersebut adalah nitrogen (N), fosfat (P) dan kalium (K). Nitrogen berfungsi mendorong pertumbuhan daun dan batang, fosfat untuk pertumbuhan bunga dan buah, serta kalium untuk akar. Kandungan dan efek yang dihasilkan pupuk ditentukan oleh perbandingan ketiga komponen utama tersebut ditambah berbagai zat lainnya.


Besi dan magnesium kadang ditambahkan ke dalam kandungan pupuk. Namun, pada dasarnya tumbuhan sudah bisa bertumbuh dengan ketiga komponen utama ditambah air, sinar matahari, dan udara.


Selain itu, ada juga energizing agent yang fungsinya hanya sebagai suplemen nutrisi atau vitamin bagi tumbuhan. Hal ini dikarenakan produk tersebut hanya mengandung sejumlah kecil NPK sehingga tidak memenuhi ketentuan yang disyaratkan pemerintah. Energizing agent sering kali disalahartikan sebagai pupuk. Jadi, telitilah dengan baik sebelum membeli.

Cara memilih pupuk bunga

Berikut akan dibahas secara rinci poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih pupuk bunga. Pilihlah pupuk yang sesuai dengan kondisi bunga Anda saat ini.

Pilih rasio NPK sesuai dengan kondisi bunga

Pilih rasio NPK sesuai dengan kondisi bunga

Sebelum memberi pupuk, Anda perlu mengamati keadaan tanaman terlebih dahulu. Perhatikan apakah daun mudah gugur, bunga tidak mekar, atau akarnya lemah.


Jika kondisi daun lemah, gunakan pupuk dengan perbandingan NPK sama banyak. Bagaimana jika masalahnya ada pada bunga yang tidak mekar atau tidak sehat? Pilihlah pupuk dengan kandungan bahan yang dibutuhkan bunga, misalnya mengandung banyak fosfat. Pastikan Anda memeriksa dengan cermat rasio kandungan zat yang tertera pada kemasan pupuk dan pilihlah sesuai kebutuhan.

Pilih antara pupuk organik dan anorganik

Pupuk terbagi menjadi dua, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik (pupuk kimia). Agar bunga tumbuh dengan baik, gunakanlah kedua jenis pupuk tersebut dengan tepat.

Pupuk organik, efektif untuk meningkatkan kualitas tanah

Pupuk organik, efektif untuk meningkatkan kualitas tanah

Istilah organik dalam pupuk organik memiliki arti mengandung karbon. Secara singkat, pupuk organik terbuat dari bahan yang berasal dari hewan, tumbuhan, atau bahan-bahan alami. Pupuk ini penting dalam budi daya sayuran organik serta efektif untuk meningkatkan kualitas tanah dan pertumbuhan bunga. Akan tetapi, pupuk organik biasanya memiliki bau yang menyengat.

Pupuk anorganik, ideal untuk tanaman dalam pot

Pupuk anorganik, ideal untuk tanaman dalam pot
Berbeda dari pupuk organik, pupuk anorganik mengandung zat-zat kimia sintetis. Salah satu karakteristik sekaligus kelebihan dari pupuk jenis ini adalah tidak berbau. Hal ini menjadikan pupuk anorganik lebih disukai untuk budi daya tanaman pot di rumah.

Pada pupuk anorganik, jumlah zat yang terkandung sudah tertulis dengan jelas. Anda pun lebih mudah memberi zat yang dibutuhkan dalam jumlah pas. Akan tetapi, jangan memberi pupuk secara berlebihan karena terlalu banyak pupuk bisa merusak akar tanaman dan juga tanah. Hal ini terjadi karena kadar nutrisi yang terlalu tinggi atau disebut fertilizer burning. Jadi, berhati-hatilah untuk tidak memberi pupuk secara berlebihan.

Pilih tipe kinerja pupuk sesuai tingkat pertumbuhan bunga

Secara umum, pupuk dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan cara kerjanya. Ketiga jenis tersebut adalah quick-release fertilizer, slow-release fertilizer, dan delayed-release fertilizer. Pilihlah jenis yang sesuai dengan masa pertumbuhan dan waktu mekar tiap-tiap bunga.

Quick-release fertilizer: Cepat menambah nutrisi, terutama ketika bunga mekar

Quick-release fertilizer: Cepat menambah nutrisi, terutama ketika bunga mekar
Pupuk berbentuk cair dan pupuk kimia yang mudah larut dalam air tergolong dalam quick-release fertilizer. Pupuk ini umumnya digunakan sebagai pupuk tambahan untuk menambah nutrisi pada tanaman, terutama pada masa mekarnya bunga. Namun, mengingat durasi efeknya yang pendek, pupuk ini perlu diberikan secara berkala sesuai kebutuhan. Pupuk tipe ini juga disarankan untuk digunakan pada tanaman pot yang kurang sehat.

Delayed-release fertilizer: Efek tahan lama untuk berbagai fase pertumbuhan

Delayed-release fertilizer: Efek tahan lama untuk berbagai fase pertumbuhan
Jenis pupuk yang banyak digunakan untuk kebutuhan berkebun adalah tipe delayed-release fertilizer. Pupuk ini tidak bekerja secepat quick-release fertilizer. Namun, tipe ini memberikan nutrisi yang memadai di awal pemakaian dan bisa bertahan untuk waktu yang lama.

Jenis pupuk ini direkomendasikan untuk tanaman dalam pot, baik sebagai pupuk utama maupun pupuk tambahan. Anda juga bisa menaruh pupuk di bagian atas tanah sehingga nutrisi akan sampai ke tanaman setiap kali Anda menyiram. Karena delayed-release fertilizer dapat digunakan untuk berbagai situasi dan mudah digunakan, pupuk jenis ini sangat populer.

Slow-release fertilizer: Memberikan efek secara perlahan

Slow-release fertilizer: Memberikan efek secara perlahan
Pupuk jenis slow-release fertilizer bekerja dalam jangka waktu satu hingga beberapa bulan. Pupuk ini digunakan sebagai pupuk dasar untuk pembibitan dan penanaman kembali. Sebagian besar pupuk organik seperti sisa makanan, tulang, dan kulit padi termasuk dalam kategori slow-release fertilizer. Pupuk ini cocok diberikan pada tanaman atau bunga di halaman untuk memberikan efek jangka panjang.

Pilih bentuk pupuk sesuai jenis dan kondisi bunga

Pupuk memiliki dua bentuk, yaitu cair dan padat. Bentuk pupuk yang berbeda memiliki peruntukan yang berbeda pula. Pupuk yang dipakai akan sangat bergantung pada jenis dan kondisi bunga. Oleh karena itu, pelajari cara menanam bunga dengan baik sebelum memberikan pupuk.

Pupuk cair: Digunakan untuk tanaman pot yang tidak sehat

Pupuk cair: Digunakan untuk tanaman pot yang tidak sehat
Sebagian besar pupuk cair masuk dalam kategori quick-release fertilizer. Pada tanaman pot yang tidak sehat, berikan pupuk cair karena bisa bekerja dengan cepat memperbaiki kondisi tanaman. Namun, efek pupuk yang tidak bertahan lama membuat Anda perlu sering memupuknya meski kinerjanya tergolong efektif.

Di pasaran cukup banyak ditemukan pupuk cair yang harus diencerkan dengan air terlebih dahulu sebelum digunakan. Karena itu, pastikan Anda telah membaca instruksi pemakaian yang tertulis pada kemasan sebelum menggunakan, ya!

Pupuk padat: Untuk pembibitan dan penanaman kembali

Pupuk padat: Untuk pembibitan dan penanaman kembali
Pupuk padat memberikan efek perlahan dan termasuk dalam slow-release fertilizer atau delayed-release fertilizer. Untuk hasil terbaik, letakkan pupuk dekat akar tanaman agar nutrisi bisa diserap perlahan setiap kali dilakukan penyiraman. Opsi lainnya, campurkan pupuk dengan tanah saat melakukan pembibitan atau penanaman kembali. Pupuk padat juga cocok untuk tanaman yang ditanam langsung di tanah tanpa menggunakan pot atau wadah lainnya.

Berikan pupuk khusus untuk bunga mawar dan anggrek

Berikan pupuk khusus untuk bunga mawar dan anggrek

Untuk varietas bunga yang harganya tinggi, seperti mawar dan anggrek, Anda bisa memberikan pupuk khusus. Jika Anda memiliki pupuk khusus untuk bunga-bunga itu, lebih dianjurkan menggunakan pupuk tersebut dibanding pupuk biasa.

10 Rekomendasi pupuk terbaik untuk bunga

Berikut ini kami akan memperkenalkan beberapa pupuk bunga terbaik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Simak selengkapnya dan temukanlah produk yang pas.

10
JenisPadat anorganik
Isi100 gr, 454 gr
9

Purie GardenPupuk Hidroponik AB Mix Bunga

Mulai dari Rp 110.000,00

JenisPadat anorganik
Isi250 gr, 500 gr, 2500 gr
8
JenisCair organik
Isi1000 ml
7
JenisCair khusus
Isi250 ml
6
JenisCair anorganik
Isi30 ml, 80 ml, 250 ml
5
JenisCair anorganik
Isi1000 ml
4
JenisPadat anorganik
Isi100 gr, 450 gr
3
JenisCair organik
Isi1000 ml, 5000 ml
2

PT. Meroke Tetap JayaMutiara Pupuk NPK 16-16-16

Mulai dari Rp 550.000,00

JenisPadat anorganik
Isi1 kg, 50 kg
1

GDMPupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisCair organik
Isi1000 ml, 2000 ml

Tabel perbandingan produk pupuk terbaik untuk bunga

Gambar produk
1
GDM Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias 1

GDM

2
PT. Meroke Tetap Jaya Mutiara Pupuk NPK 16-16-16 1

PT. Meroke Tetap Jaya

3
Green World Pupuk Organik MAGICgro G8 1

Green World

4
Hyponex 20-20-20 1

Hyponex

5
Hydrofarm Nutrisi FlowerMix AB (cair) 1

Hydrofarm

6
Deltagro Golstar 250 SC 1

Deltagro

7
Hormon Perangsang Bunga 1

8
Horti NEOBoost Flowers 1

Horti

9
Purie Garden Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga 1

Purie Garden

10
Grow More NPK 10-55-10 1

Grow More

Nama produk

Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias

Mutiara Pupuk NPK 16-16-16

Pupuk Organik MAGICgro G8

20-20-20

Nutrisi FlowerMix AB (cair)

Golstar 250 SC

Hormon Perangsang Bunga

NEOBoost Flowers

Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga

NPK 10-55-10

Keunggulan

Pupuk multifungsi untuk berbagai jenis bunga dan tanaman hias

Kombinasi amonium dan nitrat bikin hasil panen berlimpah!

Perisai tanaman dari serangan hama

Kandungan hara yang seimbang di semua fase pertumbuhan

Aplikasikan Flowermix AB, bunga mawar dan anggrek pun lebih segar

Mempercepat dan meningkatkan pertumbuhan generatif

Kemasan spray yang praktis, tinggal semprot saja

Kandungannya organik, tanah tetap subur, deh!

Ayo berhidroponik dengan Purie Garden

Tinggi fosfat, bunga pun tumbuh sehat dan cepat

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 550.000,00Rp 153.000,00Rp 27.000,00Rp 40.000,00Rp 32.000,00Rp 52.500,00Rp 124.000,00Rp 110.000,00Rp 32.000,00
JenisCair organikPadat anorganikCair organikPadat anorganikCair anorganikCair anorganikCair khususCair organikPadat anorganikPadat anorganik
Isi1000 ml, 2000 ml1 kg, 50 kg1000 ml, 5000 ml100 gr, 450 gr1000 ml30 ml, 80 ml, 250 ml250 ml1000 ml250 gr, 500 gr, 2500 gr100 gr, 454 gr
Tautan produk

Kesimpulan

Bagi penggemar tanaman hias, menikmati bunga yang mekar dengan indah tentu memberikan kesenangan tersendiri, bukan? Penggunaan pupuk yang tepat tentunya akan meningkatkan kualitas tanah dan kesehatan tanaman. Untuk itu, Anda juga perlu mengetahui kondisi tanaman bunga terlebih dahulu.


Kali ini kami telah membahas cara memilih pupuk untuk bunga serta memberikan rekomendasi produk-produk pilihan. Semoga Anda segera menemukan pupuk yang sesuai untuk bunga yang Anda tanam, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
    65.752 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    29.351 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2021)
    Tanaman hias yang mudah dirawat seperti sikas dan monstera sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
    37.865 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Dewasa ini, mesin potong rumput tersedia dalam berbagai tipe seperti manual dan elektrik. Untuk mata pisaunya juga berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Dengan banyaknya pilihan, Anda pun memiliki lebih banyak opsi dan bisa mencari produk terbaik dari yang terbaik. Silakan mempertimbangkan merek Tasco, Krisbow, dan BOSCH yang sudah terbukti performanya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan harga. Jangan sampai sudah ngebet ingin membeli, tetapi tidak ada bujet lagi! Untuk itu, simaklah artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    16.320 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    44.031 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk memperindah rumah, Anda tidak hanya membutuhkan perabotan, tetapi juga tanaman. Bunga yang berwarna-warni tentu akan membuat rumah tampak cantik. Dibandingkan bunga imitasi, bagaimana jika menanam bunga asli saja? Selain memperindah, tanaman juga bisa membuat udara di rumah menjadi lebih segar.Di artikel ini kami akan membahas beberapa bibit bunga yang bisa Anda pilih untuk menghias rumah. Anda akan menemukan bibit bunga mawar, lavender, sedap malam, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya satu per satu dan membantu Anda mencari bunga yang cantik. Namun, sebelumnya, ketahui dahulu perbedaan bibit dan benih, ya!
    Kebun & luar ruangan
    112 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori