• 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Pupuk Terbaik untuk Bunga - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)

Kegiatan berkebun, seperti menanam bunga, kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Namun, pupuk jenis apa yang harus dipilih?

Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online, seperti merek GDM, Green World, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Evrina Budiastuti
  • Pembaharuan terakhir: 06 Desember 2021
Daftar isi

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. 


Evrina telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Evrina juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Pahami tiga komponen utama dari pupuk bunga

Pahami tiga komponen utama dari pupuk bunga

Secara umum, pupuk mengandung tiga komponen utama. Kandungan ini terdapat juga pada pupuk bunga. Ketiga komponen tersebut adalah nitrogen (N), fosfat (P) dan kalium (K). Nitrogen berfungsi mendorong pertumbuhan daun dan batang, fosfat untuk pertumbuhan bunga dan buah, serta kalium untuk akar. Kandungan dan efek yang dihasilkan pupuk ditentukan oleh perbandingan ketiga komponen utama tersebut ditambah berbagai zat lainnya.


Besi dan magnesium kadang ditambahkan ke dalam kandungan pupuk. Namun, pada dasarnya tumbuhan sudah bisa bertumbuh dengan ketiga komponen utama ditambah air, sinar matahari, dan udara.


Selain itu, ada juga energizing agent yang fungsinya hanya sebagai suplemen nutrisi atau vitamin bagi tumbuhan. Hal ini dikarenakan produk tersebut hanya mengandung sejumlah kecil NPK sehingga tidak memenuhi ketentuan yang disyaratkan pemerintah. Energizing agent sering kali disalahartikan sebagai pupuk. Jadi, telitilah dengan baik sebelum membeli.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pupuk bunga

Berikut akan dibahas secara rinci poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih pupuk bunga. Pilihlah pupuk yang sesuai dengan kondisi bunga Anda saat ini.

Sesuaikan rasio NPK dengan kondisi bunga

Sesuaikan rasio NPK dengan kondisi bunga

Pupuk NPK adalah pupuk majemuk yang dibuat untuk memudahkan dalam pemberian pupuk bagi tanaman. Sering kali kandungan tiap-tiap unsur dibuat sama dalam satu kemasan. Hal ini berbeda dengan pupuk tunggal yang dosisnya dapat diatur sendiri. Jadi, diperlukan pemilihan rasio kandungan NPK yang sesuai dengan kondisi bunga saat membeli pupuk NPK.


Sebelum memberi pupuk, Anda perlu mengamati keadaan tanaman terlebih dahulu. Perhatikan apakah daun mudah gugur, bunga tidak mekar, atau akarnya lemah.


Jika kondisi daun lemah, gunakan pupuk dengan perbandingan NPK sama banyak. Bagaimana jika masalahnya ada pada bunga yang tidak mekar atau tidak sehat? Pilihlah pupuk dengan kandungan bahan yang dibutuhkan bunga, misalnya mengandung banyak fosfat. Pastikan Anda memeriksa dengan cermat rasio kandungan zat yang tertera pada kemasan pupuk dan pilihlah sesuai kebutuhan.

Pilih antara pupuk organik dan anorganik

Pupuk terbagi menjadi dua, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik (pupuk kimia). Agar bunga tumbuh dengan baik, gunakanlah kedua jenis pupuk tersebut dengan tepat.

Pupuk organik, efektif untuk meningkatkan kualitas tanah

Pupuk organik, efektif untuk meningkatkan kualitas tanah

Istilah organik dalam pupuk organik memiliki arti mengandung karbon. Secara singkat, pupuk organik terbuat dari bahan yang berasal dari hewan, tumbuhan, atau bahan-bahan alami. Pupuk organik membantu menjaga dan mengembalikan sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Pupuk ini penting dalam budi daya sayuran organik serta efektif untuk meningkatkan kualitas tanah dan pertumbuhan bunga. 


Anda kerap menemukan pupuk organik yang baunya menyengat? Ada kemungkinan pupuk organik tersebut belum siap pakai atau belum matang. 


Pupuk organik yang dapat diaplikasikan ke tanah dan tanaman sudah melalui proses penguraian serta rekayasa tertentu. Jadi, pupuk tersebut siap untuk digunakan dan tidak berbau. 


Pupuk organik yang masih berbau belum dapat digunakan karena proses dekomposisi atau penguraiannya belum selesai. Istilah di kalangan petani menyebutkan bahwa pupuk organik yang sudah tidak berbau artinya sudah matang.

Pupuk anorganik, zat kandungan di dalamnya tertulis dengan jelas

Pupuk anorganik, zat kandungan di dalamnya tertulis dengan jelas
Berbeda dari pupuk organik, pupuk anorganik mengandung zat-zat kimia sintetis. Pada pupuk anorganik, jumlah zat yang terkandung sudah tertulis dengan jelas. Anda pun lebih mudah memberi zat yang dibutuhkan dalam jumlah pas. 

Akan tetapi, jangan memberi pupuk secara berlebihan karena terlalu banyak pupuk bisa merusak akar tanaman dan juga tanah. Hal ini terjadi karena kadar nutrisi yang terlalu tinggi atau disebut fertilizer burning. Jadi, berhati-hatilah untuk tidak memberi pupuk secara berlebihan. Sebagai catatan, pupuk anorganik sebaiknya hanya diberikan sebagai tambahan apabila ada kekurangan unsur dari pupuk organik.

Pilih tipe kinerja pupuk sesuai tingkat pertumbuhan bunga

Secara umum, pupuk dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan cara kerjanya. Ketiga jenis tersebut adalah quick-release fertilizer, slow-release fertilizer, dan delayed-release fertilizer. Pilihlah jenis yang sesuai dengan masa pertumbuhan dan waktu mekar tiap-tiap bunga.

Quick-release fertilizer: Cepat menambah nutrisi, terutama ketika bunga mekar

Quick-release fertilizer: Cepat menambah nutrisi, terutama ketika bunga mekar
Pupuk berbentuk cair dan pupuk kimia yang mudah larut dalam air tergolong dalam quick-release fertilizer. Pupuk ini umumnya digunakan sebagai pupuk tambahan untuk menambah nutrisi pada tanaman, terutama pada masa mekarnya bunga. 


Namun, mengingat durasi efeknya yang pendek, pupuk ini perlu diberikan secara berkala sesuai kebutuhan. Pupuk tipe ini juga disarankan untuk digunakan pada tanaman pot yang kurang sehat.


Anda perlu berhati-hati saat mengaplikasikannya. Jangan sampai pupuk yang diberikan malah terbuang. Sebagai contoh, pupuk bisa saja mudah menguap atau tercuci terbawa air akibat sifatnya yang mudah larut dalam air. Jadi, waktu dan cara pengaplikasiannya harus diperhatikan.

Delayed-release fertilizer: Efek tahan lama untuk berbagai fase pertumbuhan

Delayed-release fertilizer: Efek tahan lama untuk berbagai fase pertumbuhan
Jenis pupuk yang banyak digunakan untuk kebutuhan berkebun adalah tipe delayed-release fertilizer. Pupuk ini tidak bekerja secepat quick-release fertilizer. Namun, tipe ini memberikan nutrisi yang memadai pada awal pemakaian dan bisa bertahan untuk waktu yang lama.

Jenis pupuk ini direkomendasikan untuk tanaman dalam pot, baik sebagai pupuk utama maupun pupuk tambahan. Anda juga bisa menaruh pupuk di bagian atas tanah sehingga nutrisi akan sampai ke tanaman setiap kali Anda menyiram. Karena delayed-release fertilizer dapat digunakan untuk berbagai situasi dan mudah digunakan, pupuk jenis ini sangat populer.


Pupuk dengan sifat ini cukup membantu gardener yang memiliki waktu terbatas untuk merawat tanamannya. Namun, meski pupuk ini bersifat delayed release, tetaplah perhatikan kondisi tanamannya. Pasalnya, kondisi lingkungan bersifat dinamis. Jadi, Anda perlu memastikan kondisi tanaman mampu beradaptasi dengan jenis pupuk ini. 

Slow-release fertilizer: Memberikan efek secara perlahan

Slow-release fertilizer: Memberikan efek secara perlahan
Pupuk jenis slow-release fertilizer bekerja dalam jangka waktu satu hingga beberapa bulan. Pupuk ini digunakan sebagai pupuk dasar untuk pembibitan dan penanaman kembali. Sebagian besar pupuk organik seperti sisa makanan, tulang, dan kulit padi termasuk dalam kategori slow-release fertilizer. Pupuk ini cocok diberikan pada tanaman atau bunga di halaman untuk memberikan efek jangka panjang.


Dapat dikatakan kalau pupuk ini cukup sesuai untuk gardener tanaman hias atau hobbies yang tidak mengejar produktivitas suatu tanaman. Pasalnya, pupuk ini bersifat memberikan efek perlahan yang tentu juga menghemat dan mencegah terbuangnya nutrisi pupuk secara tepat.

Sesuaikan bentuk pupuk dengan jenis dan kondisi bunga

Pupuk memiliki dua bentuk, yaitu cair dan padat. Bentuk pupuk yang berbeda memiliki peruntukan yang berbeda pula. Pupuk yang dipakai akan sangat bergantung pada jenis dan kondisi bunga. Oleh karena itu, pelajari cara menanam bunga dengan baik sebelum memberikan pupuk.

Pupuk cair: Digunakan untuk tanaman pot yang tidak sehat

Pupuk cair: Digunakan untuk tanaman pot yang tidak sehat
Sebagian besar pupuk cair masuk dalam kategori quick-release fertilizer. Pada tanaman pot yang tidak sehat, berikan pupuk cair karena bisa bekerja dengan cepat memperbaiki kondisi tanaman. 


Namun, efek pupuk yang tidak bertahan lama membuat Anda perlu sering memupuknya meski kinerjanya tergolong efektif. Selain itu, ingatlah untuk selalu memperhatikan waktu dan cara pengaplikasiannya agar nutrisi pupuk tidak terbuang percuma.


Di pasaran cukup banyak ditemukan pupuk cair yang harus diencerkan dengan air terlebih dahulu sebelum digunakan. Karena itu, pastikan Anda telah membaca instruksi pemakaian yang tertulis pada kemasan sebelum menggunakan, ya!

Pupuk padat: Untuk pembibitan dan penanaman kembali

Pupuk padat: Untuk pembibitan dan penanaman kembali
Pupuk padat memberikan efek perlahan dan termasuk dalam slow-release fertilizer atau delayed-release fertilizer. Karena itu, pupuk ini dapat digunakan pada kondisi pembibitan tanaman dan penanaman kembali. Pasalnya, pada fase ini tanaman memang membutuhkan nutrisi secara bertahap. Nutrisi ini diserap secara perlahan sesuai dengan umur dan pembentukan anatomi tanaman.

Untuk hasil terbaik, letakkan pupuk dekat akar tanaman agar nutrisi bisa diserap perlahan setiap kali dilakukan penyiraman. Opsi lainnya, campurkan pupuk dengan tanah saat melakukan pembibitan atau penanaman kembali. Pupuk padat juga cocok untuk tanaman yang ditanam langsung di tanah tanpa menggunakan pot atau wadah lainnya.

Berikan pupuk khusus untuk bunga mawar dan anggrek

Berikan pupuk khusus untuk bunga mawar dan anggrek

Komoditas bunga mawar dan anggrek merupakan tanaman hias dengan nilai ekonomis tinggi sehingga memerlukan penanganan secara khusus termasuk pemberian nutrisinya. Pupuk khusus dapat diberikan kepada kedua komoditas ini untuk membantu meningkatkan produktivitasnya.

10 Rekomendasi pupuk terbaik untuk bunga

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pupuk terbaik untuk bunga yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.

10
JenisCair organik
Isi1000 ml
9
JenisPadat anorganik
Isi100 gr, 450 gr
8

Purie GardenPupuk Hidroponik AB Mix Bunga

Mulai dari Rp 110.000,00

JenisPadat anorganik
Isi250 gr, 500 gr, 2500 gr
7
JenisCair khusus
Isi250 ml
6
JenisCair anorganik
Isi1000 ml
5
JenisCair organik
Isi1000 ml, 5000 ml
4

GDMPupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias

Mulai dari Rp 65.000,00

JenisCair organik
Isi1000 ml, 2000 ml
3
JenisCair anorganik
Isi30 ml, 80 ml, 250 ml
2
JenisPadat anorganik
Isi100 gr, 454 gr
1

Meroke Tetap JayaMutiara Pupuk NPK 16-16-16

Mulai dari Rp 550.000,00

JenisPadat anorganik
Isi1 kg, 50 kg

Tabel perbandingan produk pupuk terbaik untuk bunga

Gambar produk
1
Meroke Tetap Jaya Mutiara Pupuk NPK 16-16-16 1

Meroke Tetap Jaya

2
Grow More NPK 10-55-10 1

Grow More

3
Deltagro Golstar 250 SC 1

Deltagro

4
GDM Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias 1

GDM

5
Green World Pupuk Organik MAGICgro G8 1

Green World

6
Hydrofarm Nutrisi FlowerMix AB (cair) 1

Hydrofarm

7
Hormon Perangsang Bunga 1

8
Purie Garden Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga 1

Purie Garden

9
Hyponex 20-20-20 1

Hyponex

10
Horti NEOBoost Flowers 3

Horti

Nama produk

Mutiara Pupuk NPK 16-16-16

NPK 10-55-10

Golstar 250 SC

Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias

Pupuk Organik MAGICgro G8

Nutrisi FlowerMix AB (cair)

Hormon Perangsang Bunga

Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga

20-20-20

NEOBoost Flowers

Keunggulan

Kombinasi amonium dan nitrat bikin hasil panen berlimpah!

Tinggi fosfat, bunga pun tumbuh sehat dan cepat

Mempercepat dan meningkatkan pertumbuhan generatif

Pupuk multifungsi untuk berbagai jenis bunga dan tanaman hias

Perisai tanaman dari serangan hama

Aplikasikan Flowermix AB, bunga mawar dan anggrek pun lebih segar

Kemasan spray yang praktis, tinggal semprot saja

Ayo berhidroponik dengan Purie Garden

Kandungan hara yang seimbang di semua fase pertumbuhan

Kandungannya organik, tanah tetap subur, deh!

Harga mulai dariRp 550.000,00Rp 32.000,00Rp 32.000,00Rp 65.000,00Rp 153.000,00Rp 40.000,00Rp 52.500,00Rp 110.000,00Rp 44.200,00Rp 124.000,00
JenisPadat anorganikPadat anorganikCair anorganikCair organikCair organikCair anorganikCair khususPadat anorganikPadat anorganikCair organik
Isi1 kg, 50 kg100 gr, 454 gr30 ml, 80 ml, 250 ml1000 ml, 2000 ml1000 ml, 5000 ml1000 ml250 ml250 gr, 500 gr, 2500 gr100 gr, 450 gr1000 ml
Tautan produk

Tips dari penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP

Tips dari penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP

Dalam memilih jenis pupuk bagi bunga, perhatikanlah hal-hal berikut:

  • Apakah untuk keperluan nilai ekonomis tinggi atau hanya sekadar hobby? Pilih pupuk yang tinggi unsur kandungannya sesuai. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan sifat pupuk, apakah cepat atau lambat diserap?

  • Perhatikan kondisi lingkungan di sekitar. Apakah cuacanya cukup panas atau teduh sehingga memerlukan jenis pupuk tertentu? Pupuk organik umumnya diperlukan untuk menjaga kondisi tanaman di lingkungan cukup panas demi membantu menjaga kelembapan.

  • Lihat juga kondisi tanaman, apakah sehat atau sedang membutuhkan banyak nutrisi? Selain itu, perhatikan fase tanamannya apakah baru tanam atau sudah fase perkembangan?

Baca juga rekomendasi pupuk lainnya di sini

Kini Anda telah makin memahami berbagai hal penting mengenai pupuk untuk bunga. Namun, apakah Anda membutuhkan rekomendasi untuk produk pupuk lainnya? Jangan khawatir! Kami masih mempunyai artikel tentang pupuk lainnya untuk Anda. Langsung saja klik tautan di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Bagi penggemar tanaman hias, menikmati bunga yang mekar dengan indah tentu memberikan kesenangan tersendiri, bukan? Penggunaan pupuk yang tepat tentunya akan meningkatkan kualitas tanah dan kesehatan tanaman. Untuk itu, Anda juga perlu mengetahui kondisi tanaman bunga terlebih dahulu.


Kali ini kami telah membahas cara memilih pupuk untuk bunga serta memberikan rekomendasi produk-produk pilihan. Semoga Anda segera menemukan pupuk yang sesuai untuk bunga yang Anda tanam, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menyodorkan ke hadapan Anda cara memilih dan rekomendasi benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Informasi lebih jelas silakan Anda baca artikel ini sampai tuntas dan dapatkan benih jagung terbaik.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips cara memilih media tanam yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indonesia meraih peringkat ketiga penghasil padi terbanyak di dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varietas padi berkualitas. Benih padi unggul ini diharapkan dapat memberikan peningkatan hasil panen yang signifikan. Namun, banyaknya varietas benih padi di pasaran mungkin dapat membuat Anda bingung menentukan merek benih yang bagus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan benih padi terbaik, seperti jenis INPARA, INPARI, HIPA, dan lainnya. Simak sampai habis, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori