mybest
Sikat gigi

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan gigi & mulut
  4. 10 Sikat Gigi Elektrik Terbaik dengan Harga Murah - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sikat Gigi Elektrik Terbaik dengan Harga Murah - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sikat Gigi Elektrik Terbaik dengan Harga Murah - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sikat Gigi Elektrik Terbaik dengan Harga Murah - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sikat Gigi Elektrik Terbaik dengan Harga Murah - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sikat Gigi Elektrik Terbaik dengan Harga Murah - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sikat Gigi Elektrik Terbaik dengan Harga Murah - Ditinjau oleh Endodontis (Terbaru Tahun 2023)

Saat sedang bepergian, Anda pastinya tetap ingin menjaga kebersihan mulut. Supaya lebih praktis, Anda dapat menggunakan sikat gigi elektrik. Sikat gigi elektrik diyakini dapat membersihkan gigi dan mulut dengan lebih cepat. Namun, sikat gigi elektrik sering dianggap sebagai perlengkapan yang mahal. 

Karena itu, kali ini kami akan membahas tentang sikat gigi elektrik yang bagus, tetapi dijual dengan harga murah. Sepuluh rekomendasi produk terbaik juga telah kami ulas untuk Anda, antara lain merek Xiaomi dan Starco. Artikel ini sudah ditinjau oleh endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG. Mari disimak!

Diperbaharui 04-18-2022
drg. Ceples, Sp.KG
Pakar
Dokter gigi dan endodontis
drg. Ceples, Sp.KG

Endodontis lulusan Universitas Airlangga Surabaya tahun 2014 ini sudah 18 tahun bekerja sebagai PNS. Dokter Ceples juga sudah 7 tahun bergelut di bidang endodontis di RSUD Blambangan dan Genteng Banyuwangi. Bagi beliau, pekerjaan ini merupakan tantangan karena masyarakat belum memahami pentingnya kesehatan gigi secara menyeluruh. Dokter Ceples juga memiliki tempat praktik yang sudah dikelola mulai tahun 2003 sampai sekarang, yang dinamai SC Dental House. Mengusung tagline "Complete Solution Your Teeth", SC Dental House memberikan perawatan dengan solusi yang tepat dan sesuai.

Profil drg. Ceples, Sp.KG
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar dalam artikel ini meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sikat gigi elektrik dengan harga murah

Sebelum memasuki bagian rekomendasi produk, kami akan menjelaskan tentang cara memilih sikat gigi elektrik dengan harga murah. Di sini, kami akan membatasi harga maksimalnya hingga 500 ribu rupiah. Yuk, perhatikan penjelasan kami dengan saksama agar Anda mendapatkan produk yang tepat.

① Carilah produk dengan frekuensi getaran sonik

Carilah produk dengan frekuensi getaran sonik
Secara garis besar, sikat gigi elektrik terbagi menjadi dua tipe yaitu yang memiliki getaran sonik dan ultrasonik. Keduanya menambahkan frekuensi yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia sehingga memungkinkan untuk meningkatkan getaran dalam jumlah besar.

Pada dasarnya, sikat gigi elektrik dengan getaran ultrasonik memiliki jumlah getaran lebih banyak dibandingkan sikat gigi sonik. Namun, akan cukup sulit menemukan produk bergetaran ultrasonik dengan harga di bawah 500 ribu rupiah. Karena itu, Anda bisa memilih sikat gigi elektrik dengan getaran sonik sebagai alternatif.


Getaran sonik memiliki ciri khas suara yang lebih tinggi ketika jumlah getaran bertambah. Gerakan kepala sikat juga meningkat secara perlahan sehingga lebih mudah untuk membersihkan kotoran hingga tartar yang menempel.

② Pastikan bentuk sikat gigi elektrik sesuai dengan penggunanya

Ukuran mulut tentu memengaruhi ukuran kepala sikat yang harus digunakan. Bentuk dan ukuran kepala sikat akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pemakaiannya. Untungnya, sikat gigi elektrik yang harganya murah pun memiliki variasi ukuran yang beragam. Ada produk yang ditujukan untuk anak, ada pula yang untuk orang dewasa.

Untuk anak, pilih yang bulu sikatnya lembut dan ukuran kepalanya kecil

Untuk anak, pilih yang bulu sikatnya lembut dan ukuran kepalanya kecil

Pada umumnya, ukuran mulut anak-anak lebih kecil daripada orang dewasa. Oleh karenanya, pastikan Anda memilih sikat gigi elektrik dengan ukuran kepala yang kecil agar nyaman digunakan anak.


Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan saat memilih sikat gigi elektrik untuk anak adalah kelembutan bulu sikatnya. Bagian gigi dan gusi anak-anak biasanya cenderung lebih sensitif sehingga akan lebih mudah terluka. Untuk menghindari terjadinya luka yang menyebabkan trauma bagi si kecil, pastikan bulu sikat gigi elektriknya lembut, ya.


Pemilihan desain dan warna sikat gigi elektrik untuk anak juga merupakan bahan pertimbangan yang tidak kalah penting. Memilih produk dengan desain dan warna kesukaan si kecil akan membuat mereka lebih bersemangat menyikat gigi. Alhasil, kebiasaan membersihkan gigi pun bisa tumbuh dengan baik.

Untuk orang dewasa, pilih yang sesuai dengan kebutuhan gigi dan gusi

Untuk orang dewasa, pilih yang sesuai dengan kebutuhan gigi dan gusi

Pada orang dewasa, permasalahan di dalam rongga mulut biasanya lebih kompleks. Ada yang memiliki gigi atau gusi sensitif, gigi berlubang, gusi berdarah, hingga keluhan lainnya. Oleh sebab itu, kami sarankan untuk memilih sikat gigi elektrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Sebagai contoh, pemilik gigi atau gusi sensitif bisa memilih sikat gigi elektrik dengan bulu sikat yang lembut. Hal ini bertujuan agar sikat tidak melukai gigi atau gusi Anda. Untuk mengatasi plak membandel, pilihlah sikat gigi elektrik dengan bulu sikat yang meruncing. Sebaliknya, bulu sikat yang permukaannya rata akan memungkinkan Anda menyikat seluruh bagian gigi secara merata.


Selain itu, makin kecil kepala sikat, makin mudah pula untuk menjangkau gigi bagian belakang. Anda pun bisa menyikat bersih kotoran di gigi tanpa harus membuka mulut dengan lebar.


Penting juga untuk memperhatikan apakah sikat gigi tersebut dilengkapi dengan kepala sikat pengganti atau tidak. Dengan adanya kepala sikat pengganti, produk tersebut tentu dapat digunakan dalam waktu lebih lama. Jadi, ada baiknya Anda memeriksa ketersediaan kepala sikat pengganti sebelum membeli sebuah produk.

③ Cek sumber daya yang digunakan

Cek sumber daya yang digunakan

Seperti namanya, sikat gigi elektrik membutuhkan daya agar dapat memutar kepala sikat. Saat ini, ada dua tipe pengisian daya pada sikat gigi elektrik yakni baterai dan isi ulang.


Kelebihan dari tipe baterai adalah kemudahannya saat dibawa ke mana-mana. Anda tidak perlu repot mencari colokan listrik saat berada di luar ruangan. Sayangnya, saat dayanya habis, Anda harus membeli baterai lagi. Dengan demikian, biaya operasionalnya terbilang lebih besar.


Pada tipe isi ulang, Anda tidak akan merasa boros karena tidak perlu mempersiapkan dana untuk membeli baterai baru. Saat dayanya habis, Anda bisa mengisi ulang sikat gigi elektrik Anda melalui colokan listrik. Kelemahannya, saat dibawa bepergian, Anda harus membawa charger-nya.


Setiap tipe memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri. Anda bisa memilih yang paling nyaman sesuai selera.

④ Jika ingin dipakai bepergian, pilihlah fitur quiet function

Jika ingin dipakai bepergian, pilihlah fitur quiet function
Apabila Anda menggunakan sikat gigi elektrik saat bepergian, barangkali Anda khawatir suara yang ditimbulkan akan mengganggu. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memilih sikat gigi elektrik yang memiliki fitur quiet function. Fitur ini dapat meredam getaran suara sehingga Anda bisa menggunakan sikat gigi di kantor atau tempat umum lainnya. Sayangnya, terdapat banyak produk yang tidak menyebutkan mengenai fitur ini.

⑤ Periksa juga apakah ukurannya muat di dalam tas Anda

Periksa juga apakah ukurannya muat di dalam tas Anda

Daya tarik terbesar sikat gigi elektrik adalah kemudahannya untuk dibawa ke mana saja. Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan ukurannya. Pastikan sikat gigi elektrik yang Anda miliki muat dalam tas atau kantong peralatan mandi yang digunakan. Jadi, selain memperhatikan desain, perhatikan juga ukurannya, ya.

10 Rekomendasi sikat gigi elektrik terbaik dengan harga murah

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sikat gigi elektrik terbaik dengan harga murah yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk ini kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Ceples, Sp.KG.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Xiaomi

Mijia Sonic Electric Toothbrush

Xiaomi Mijia Sonic Electric Toothbrush 1枚目

Penggunaan bahan yang ramah bagi gigi dan gusi

2

Starco

Sonic Electric Toothbrush Waterproof IPX7

Starco Sonic Electric Toothbrush Waterproof IPX7 1枚目

Desain handle besar untuk genggaman yang kuat

3

Lucky Star

Massage Toothbrush

Lucky Star Massage Toothbrush 1枚目

Keberadaan tiga ukuran kepala sikat berbeda untuk beragam kebutuhan

4

Remax

Youth Series Electric Toothbrush

Remax Youth Series Electric Toothbrush 1枚目

Paling ringan, paling nyaman dibawa!

5

Han River

Sikat Gigi Elektrik USB Sonic Vibration

Han River Sikat Gigi Elektrik USB Sonic Vibration 1枚目

Berikan perhatian lebih pada gusi Anda

6

Smart Electric Toothbrush Rechargeable

 Smart Electric Toothbrush Rechargeable 1枚目

Bulu sikatnya antirontok, bersertifikat food grade pula!

7

Sikat Gigi Elektrik Portable

 Sikat Gigi Elektrik Portable 1枚目

Atur lamanya menyikat gigi dengan kehadiran fitur pengatur waktu

8

Kemei Tops

Electric Toothbrush

Kemei Tops Electric Toothbrush 1枚目

Lindungi dan cerahkan warna gigi Anda

9

Cnaier

Electric Toothbrush

Cnaier Electric Toothbrush 1枚目

Getaran ringan dan stabil untuk kenyamanan ekstra

10

Sikat Gigi Elektrik Anak

 Sikat Gigi Elektrik Anak 1枚目

Karakter lucu agar anak lebih rajin menyikat gigi

Perincian produk
Close
No.1

XiaomiMijia Sonic Electric ToothbrushT100

Mulai dari Rp90.000,00

Penggunaan bahan yang ramah bagi gigi dan gusi

Bagi Anda yang mengutamakan kualitas suatu produk, Xiaomi Mijia Sonic Electric Toothbrush bisa menjadi solusi. Sikat gigi elektrik ini memanfaatkan bahan plastik yang telah lolos uji keamanan dari lembaga pangan Amerika Serikat. Tak heran jika produk ini aman digunakan oleh semua kalangan, termasuk anak-anak.


Ukuran bulu sikatnya juga sangat kecil atau mikro sehingga superlembut saat menyentuh gigi dan gusi. Ditambah, bentuk kepalanya kecil sehingga sikat gigi elektrik ini dapat menjangkau sela-sela gigi dengan lebih akurat. Cobalah!

No.2

StarcoSonic Electric Toothbrush Waterproof IPX7YL8001

Mulai dari Rp158.000,00

Desain handle besar untuk genggaman yang kuat

Kelebihan:

  • Tersedia 4 pilihan warna
  • Hanya memerlukan satu baterai AA
  • Bulu sikat yang halus dan terbuat dari nylon wire

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mengeluhkan getaran sikatnya kurang kencang


Sikat gigi elektrik dari Starco ini memiliki desain handle yang besar sehingga lebih nyaman saat digenggam. Handle yang besar juga membuat grip Anda lebih kuat sehingga gagang sikat tidak mudah selip.


Produk ini juga telah dilengkapi empat kepala sikat. Anda dapat memakainya selama satu tahun penuh tanpa perlu membeli kepala pengganti. Kami sangat merekomendasikannya bagi Anda yang mencari sikat gigi elektrik yang memiliki banyak kepala sikat.

No.3

Lucky StarMassage ToothbrushLS-01338

Mulai dari Rp16.000,00

Keberadaan tiga ukuran kepala sikat berbeda untuk beragam kebutuhan

Produk ini mempunyai tiga jenis kepala sikat dengan ukuran yang berbeda sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan. Anda bahkan bisa membaginya dengan seluruh anggota keluarga, lho. Sikat gigi yang sangat pas untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran, bukan? Terlebih, harganya juga terbilang ekonomis.

Meski ramah di kantong, produk ini bisa menghasilkan getaran yang membuat gusi terasa seperti dipijat ringan. Oleh karena itu, produk ini sangat efektif membersihkan, serta membantu mengurangi risiko gusi berdarah.

No.4

RemaxYouth Series Electric ToothbrushGH-01

Mulai dari Rp110.000,00

Paling ringan, paling nyaman dibawa!

Kelebihan:

  • Tersedia pilihan warna-warna yang cerah
  • Baterai nya awet hingga 3 bulan
  • Sikatnya halus sehingga tidak melukai gusi

Kekurangan:

  • Cadangan kepala sikatnya hanya ada satu buah



Remax Youth Series Electric Toothbrush memiliki bobot yang sangat ringan, hanya sekitar 24 gram saja. Anda yang harus sering berada di luar rumah wajib membawa sikat gigi elektrik ini dalam tas.


Bentuk bulu sikatnya pun runcing sehingga bisa memaksimalkan proses pembersihan. Dengan begitu, Anda bisa selalu menjaga kebersihan mulut di mana pun Anda berada. Terlebih, baterai yang digunakan bisa bertahan hingga tiga bulan.

No.5

Han RiverSikat Gigi Elektrik USB Sonic Vibration

Mulai dari Rp199.000,00

Berikan perhatian lebih pada gusi Anda

Sikat gigi elektrik ini dilengkapi dengan fitur protection sehingga dapat mencegah terjadinya inflamasi dan penyusutan pada gusi. Tak hanya itu, produk ini juga dapat memberi pijatan yang mampu melancarkan peredaran darah di gusi. Sikat gigi ini memang sangat pas untuk Anda yang mempunyai keluhan terhadap kesehatan gusi.


Gerakan berputar sikat gigi elektrik ini juga cenderung lebih stabil berkat pemakaian bahan metal pada bagian dalam handle-nya. Oleh sebab itu, produk ini akan lebih awet saat digunakan.

No.6

Smart Electric Toothbrush RechargeableSA-86

Mulai dari Rp66.000,00

Bulu sikatnya antirontok, bersertifikat food grade pula!

Bulu sikat yang mudah rontok tentu akan sangat mengganggu proses penyikatan gigi. Hal tersebut makin merepotkan bagi Anda yang memiliki masalah gigi atau gusi sensitif. Untungnya, tidak demikian dengan sikat gigi elektrik yang satu ini. Dengan bahan bulu sikat yang kuat sekaligus bersertifikat food grade, Anda bisa lebih tenang saat memakainya.


Selain itu, sikat gigi elektrik ini dilengkapi fitur jeda sebagai tanda pengingat untuk berganti area pembersihan. Dengan demikian, Anda tak akan melewatkan bagian gigi yang belum disikat. Menarik, bukan?

No.7

Sikat Gigi Elektrik Portable

Mulai dari Rp75.000,00

Atur lamanya menyikat gigi dengan kehadiran fitur pengatur waktu

Sikat gigi elektrik ini memiliki fitur pengatur waktu sehingga akan otomatis mati dalam dua menit. Karena itu, produk ini sangat tepat untuk Anda yang sering terburu-buru saat menyikat gigi, termasuk para remaja. Dengan begitu, Anda akan terlatih menyikat gigi dengan lebih maksimal.


Urusan daya, sikat gigi ini hanya membutuhkan waktu charging maksimal tiga jam. Meski singkat, Anda bisa menggunakannya selama lima belas hari, lho!

No.8

Kemei TopsElectric ToothbrushKM-907

Mulai dari Rp127.000,00

Lindungi dan cerahkan warna gigi Anda

Sikat gigi elektrik dari Kemei Tops ini memiliki desain khusus pada bagian kepala dan bulu sikatnya. Tidak heran bila produk ini mampu memberikan efek pembersihan yang lebih maksimal pada gigi dan gusi.


Produk ini juga dilengkapi dengan fitur pelindung warna gigi sehingga dapat mengembalikan sekaligus mencerahkan gigi Anda. Anda yang gemar mengonsumsi hidangan yang dapat merubah warna gigi, seperti kopi, wajib memiliki produk ini!

No.9

CnaierElectric ToothbrushAE-107

Mulai dari Rp23.900,00

Getaran ringan dan stabil untuk kenyamanan ekstra

Cnaier Electric Toothbrush menghasilkan getaran yang sangat ringan serta stabil sehingga nyaman saat menyentuh gigi dan gusi. Dengan menggunakan sikat gigi elektrik ini, Anda tidak akan mudah kaget saat mesinnya bekerja.


Pengoperasiannya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu menyalakan tombol, lalu ketuk bagian sikat satu kali. Bila Anda baru pertama kali akan mencoba sikat gigi elektrik, produk ini merupakan pilihan yang tepat.

No.10

Sikat Gigi Elektrik Anak

Mulai dari Rp17.000,00

Karakter lucu agar anak lebih rajin menyikat gigi

Saat memasuki usia sekolah, terkadang anak-anak mulai sulit diajak menggosok gigi. Untuk mengatasi masalah tersebut, tak ada salahnya mencoba sikat gigi elektrik khusus untuk anak ini. Perpaduan desain tokoh kartun dengan warna mencolok pasti akan membuat si kecil makin bersemangat menggosok gigi.

Bukan hanya itu, produk ini menggunakan teknologi ultrasound yang dapat menghasilkan sepuluh ribu getaran. Dengan begitu, si kecil tidak akan merasa kaget saat memakainya. Bulu sikatnya pun didesain khusus untuk anak dengan permukaan yang halus dan berbentuk bulat.

Tips dari endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG.

Tips dari endodontis kami, drg. Ceples, Sp.KG.

Kelebihan sikat gigi elektrik antara lain mampu menghilangkan plak dan radang gusi lebih efektif dalam pemakaian 1–3 bulan. Dalam hal ini sikat gigi elektrik lebih unggul dibandingkan dengan sikat gigi manual. Namun, untuk pemakaian jangka panjang, masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 


Sikat gigi elektrik juga memudahkan dalam menyikat gigi untuk penderita penyakit carpal tunnel syndrome, radang sendi, dan disabilitas. Penderita kesemutan pada tangan atau penyakit yang menyerang bagian pergelangan dan jari-jari tangan juga akan lebih dimudahkan. Bila digunakan dengan benar, sikat gigi elektrik menurunkan risiko kerusakan gusi dan dapat meningkatkan kesehatan rongga mulut.


Sementara itu, selain harganya jauh lebih mahal dari sikat gigi manual, ada sejumlah kekurangan sikat gigi elektrik. Jika digunakan saat bepergian, Anda perlu membawa kepala sikat gigi cadangan sehingga kurang praktis. 


Walaupun limbah pembuangannya lebih sedikit karena hanya berupa kepala sikat saja, limbahnya mengandung baterai dan listrik sehingga kurang ramah lingkungan. Selain itu, tidak semua orang nyaman dengan rasa getar yang ditimbulkan.


Agar manfaatnya lebih optimal, Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan sikat gigi elektrik. Pastikan untuk selalu membaca cara penggunaan sikat gigi Anda pada kemasan yang tersedia.

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi lainnya di sini

Selain sikat gigi elektrik, masih ada perlengkapan perawatan gigi lainnya yang harus Anda perhatikan. Sebut saja pasta gigi, dental floss, pembersih lidah, hingga obat kumur. Selengkapnya, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini supaya Anda bisa memberikan perawatan maksimal untuk gigi!

Kesimpulan

Meski dikenal sebagai perlengkapan mandi yang mahal, ternyata ada juga sikat gigi elektrik dengan harga murah, lho. Fiturnya pun bisa dibilang cukup lengkap sehingga Anda dapat tetap maksimal saat menggosok gigi dengan produk ini.


Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga penjelasan kami bermanfaat sebagai referensi untuk Anda yang sedang mencari sikat gigi elektrik dengan harga murah. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Murah terbaik

No. 1XiaomiMijia Sonic Electric ToothbrushT100

No. 2StarcoSonic Electric Toothbrush Waterproof IPX7YL8001

No. 3Lucky StarMassage ToothbrushLS-01338

No. 4RemaxYouth Series Electric ToothbrushGH-01

No. 5Han RiverSikat Gigi Elektrik USB Sonic Vibration

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer