10 Rekomendasi Trampolin Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Trampolin Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Trampolin sangat populer bagi orang dewasa dan juga sebagai peralatan main anak-anak, serta dapat digunakan untuk berolahraga. Konon katanya bergerak di atas trampolin selama 5 menit memiliki efek latihan yang sama seperti melakukan olahraga joging 1 km! Trampolin juga cocok untuk Anda hadiahkan kepada anak ataupun orangtua lanjut usia yang jarang berolahraga.

Namun, ada banyak jenis trampolin yang dijual di pasaran sehingga membingungkan Anda dalam memilih. Oleh karena itu, melalui artikel ini kami akan memberitahukan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk trampolin terbaik, seperti Pure Fun, Reebok, dan Bfit yang dapat digunakan oleh anak dan orang dewasa. Ayo mari kita simak!

Daftar isi

Cara memilih trampolin

Mari kita mulai dengan melihat beberapa hal penting dalam memilih trampolin. Hal yang penting harus diperhatikan ketika ingin menggunakan trampolin di rumah yaitu keamanan dan suaranya ketika digunakan. Jadi, mari kita periksa dengan cermat.

Pilih trampolin yang menggunakan pegas atau karet elastis

Ada dua jenis trampolin, yang satu menggunakan pegas (pegas logam) dan yang satu lagi menggunakan karet elastis (rubber band). Ada kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis trampolin tersebut. Jadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli.

Jenis pegas yang lebih tahan lama

Jenis pegas yang lebih tahan lama

Keuntungan dari trampolin yang menggunakan pegas adalah Anda dapat mengganti pegasnya ketika pegas tersebut rusak secara tiba-tiba. Selain itu, trampolin yang menggunakan pegas akan lebih tahan lama dibandingkan dengan trampolin yang menggunakan rubber band.

Salah satu kerugiannya adalah suara yang ditimbulkan akan mengganggu ketika digunakan. Terkadang Anda harus berhati-hati dengan suara yang ditimbulkan ketika sedang menggunakannya karena khawatir dapat mengganggu tetangga terutama apabila Anda tinggal di apartemen. Bahkan di lingkungan yang tidak masalah dengan suara pun, akan sangat tidak menyenangkan ketika Anda melompat dan mendengar suara berisik yang ditimbulkan dari pegas tersebut.

Beberapa orang juga merasa khawatir akan keselamatannya, seperti ketika melompat, kaki Anda bisa saja terjebak di antara pegas. Namun, untuk pertimbangan keselamatan, baru-baru ini beberapa produsen menutup bagian pegasnya agar aman ketika digunakan saat melompat. Selain itu, beberapa trampolin sekarang ada yang dijual dengan suara yang tidak terlalu mengganggu.

Jenis rubber band minim akan suara yang ditimbulkan

Jenis rubber band minim akan suara yang ditimbulkan

Trampolin yang berjenis ini sangat baik dalam keamanannya. Trampolin ini sering digunakan di sekolah, dan lain-lain. Dengan menggunakan rubber band atau karet elastis, Anda tidak perlu khawatir akan keamanannya akibat pegas yang tidak berfungsi dengan baik. Trampolin jenis ini lebih aman untuk digunakan dan Anda dapat membiarkan anak Anda bermain. Selain itu, suara yang ditimbulkan sangat minim sehingga tidak akan mengganggu.

Kerugiannya adalah daya tahan dari jenis produk ini tidak terlalu bertahan lama dibandingkan dengan trampolin berpegas. Untuk trampolin tipe pegas, jika pegasnya rusak maka dapat diganti. Sementara itu, apabila karet elastis yang rusak, Anda harus membeli yang baru.

Pilihlah trampolin yang sesuai dengan ukuran ruangan

Pilihlah trampolin yang sesuai dengan ukuran ruangan

Memang agak sulit jika Anda hanya membayangkan tanpa benar-benar memasukkannya ke dalam ruangan. Akan tetapi sebagian besar trampolin yang dapat diletakkan di ruangan yang mempunyai ukuran dengan diameter 80 cm dan tinggi 20 cm.

Jika Anda salah ukuran ketika membeli trampolin, tidak akan ada tempat untuk meletakkannya. Jadi, sebaiknya Anda harus benar-benar menghitung luas ruangan sebelum membelinya agar mendapatkan trampolin dengan ukuran yang tepat.

Perhatikan kapasitas beban muatannya

Perhatikan kapasitas beban muatannya

Beban muatan juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Kebanyakan trampolin yang digunakan oleh orang dewasa ditetapkan dengan kapasitas muatan 80 kg atau lebih. Ketika pemakainya memiliki beban yang lebih besar lagi atau jika trampolin digunakan lebih dari satu orang secara bersamaan, akan sangat aman jika memiliki kapasitas muatan sekitar 100 hingga 110 kg.

Jenis trampolin lipat lebih praktis, namun diperlukan sedikit tenaga dalam merakitnya

Jenis trampolin lipat lebih praktis, namun diperlukan sedikit tenaga dalam merakitnya

Ketika akan disimpan, trampolin akan banyak memakan tempat. Dengan demikian, trampolin yang kakinya dapat dilipat dan dilepas tentunya sangat  berguna. Menggunakan trampolin jenis lipat sebaiknya dilakukan oleh dua orang karena dibutuhkan tenaga untuk merakitnya agar pegasnya tidak memantul kembali.

Namun, jika tidak ada yang membantu Anda, kami sarankan untuk mencabut kakinya saja. Bahkan dengan mencabut kakinya saja akan menjadikan trampolin ini cukup compact dan mudah dirakit dalam waktu yang singkat.

Akan lebih aman jika memiliki pegangan

Akan lebih aman jika memiliki pegangan

Ada banyak produk trampolin yang menggunakan pegangan. Ketika anak-anak menggunakannya, akan sangat aman jika trampolin tersebut memiliki pegangan. Jadi, anak dapat melompat sambil berpegangan tanpa terganggu keseimbangannya. Bahkan orang dewasa pun dapat menggunakan pegangan tersebut agar dapat meningkatkan variasi latihan.

10 Rekomendasi trampolin terbaik

Di sini kami akan memberitahukan sepuluh produk trampolin terbaik. Temukan trampolin favorit Anda dengan mengacu pada tips cara memilih di atas. Mari kita simak!

10. Bfit Trampouline 40

10. Bfit Trampouline 40

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 910.000

Anak Anda sangat aktif? Jika iya, ajaklah melompat dengan trampolin ini

Trampolin ini dapat digunakan oleh Anda dan anggota keluarga lainnya. Untuk anak Anda yang sangat aktif pun dapat bermain dengan trampolin ini, tetapi tetap di bawah pengawasan Anda. Sebaliknya, jika anak tidak terlalu aktif, Anda dapat mengajaknya melompat sebentar agar dapat melatih pernapasan dan otot tubuhnya setiap hari.

Trampolin dengan jenis pegas ini menggunakan enam kaki penyangga yang dilapisi karet sehingga sangat kuat dan tidak mudah bergeser jika dilompati. Selain itu, tidak perlu khawatir kaki Anda akan terjebak di antara pegas karena di bagian tersebut ditutupi lapisan biru. Anda jadi dapat selalu waspada ketika melompat.

9. Z Zelus Foldable Mini Trampoline

9. Z Zelus Foldable Mini Trampoline

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.956.000

Anda akan mendapatkan latihan yang maksimal tanpa mengalami kaki pegal sehabis latihan

Untuk Anda yang tidak mempunyai ruang cukup besar di rumah, mungkin produk ini dapat dicoba. Trampolin mini ini dapat dilipat sehingga sangat mudah untuk disimpan dan tidak memakan banyak ruang. Selain itu, Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari sepuluh menit jika ingin memasangnya kembali.

Mat trampolin ini menggunakan bahan polypropylene yang sangat halus di kulit kaki dan memiliki sifat elastisitas yang baik ketika digunakan melompat. Jadi, ketika melompat kaki Anda tidak mudah lelah dan akan tetap kuat. Hasilnya Anda akan mendapatkan latihan maksimal tanpa harus mengalami rasa pegal yang berlebihan.

8. Barbie Trampoline with LED and Speaker

8. Barbie Trampoline with LED and Speaker

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 900.000

Anak Anda semakin semangat melompat dengan lampu LED yang berwarna-warni

Jika Anda sedang mencari kado ulang tahun untuk anak perempuan Anda atau anak kerabat yang sangat aktif, trampolin ini dapat menjadi pilihan. Dengan motif Barbie dan dominasi warna pink membuat trampolin ini terlihat menggemaskan. Trampolin ini juga dilengkapi dengan lampu LED berwarna-warni yang akan membuat anak Anda semakin semangat melompat.

Trampolin ini juga akan memanjakan anak Anda dengan musik yang dapat dihubungkan dengan handphone melalui bluetooth. Kegiatan melompat akan menjadi menyenangkan karena anak dapat berolahraga dance dengan trampolin sambil mendengarkan musik. Selain itu, bantalan pengaman di sekelilingnya akan membantu anak untuk melompat di area yang tepat.

7. Reebok Trampoline

7. Reebok Trampoline

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.563.000

Pencinta aerobik wajib memiliki produk ini

Merek yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda karena produknya memang dikhususkan untuk Anda yang hobi berolahraga. Reebok menawarkan produk trampolin berjenis pegas, sangat cocok untuk Anda yang mempunyai hobi aerobik atau sedang melakukan latihan keseimbangan.

Trampolin ini sangat kokoh dan stabil karena mempunyai enam kaki rangka baja yang aman Anda gunakan. Sekalipun berat Anda 100 kg, trampolin ini masih dapat digunakan karena muatan bebannya hingga 115 kg. Untuk penyimpanan, Anda hanya cukup melepas kakinya dan menyisipkan trampolin ini di sela ruangan.

6. Hexagonal Trampoline

6. Hexagonal Trampoline

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.250.000

Trampolin hexagonal yang unik akan memberi pantulan terbaik untuk Anda

Jika Anda ingin mencari bentuk trampolin yang unik, trampolin ini patut menjadi pertimbangan. Trampolin yang berbentuk hexagonal ini menggunakan karet elastis ini akan memberikan area pantulan terbaik sehingga Anda dapat melompat dengan maksimal.

Pegangan T-nya dapat Anda sesuaikan dengan ketinggian yang diinginkan saat melompat. Jadi Anak dan Anda dapat menggunakannya saat berolahraga ataupun hanya sekadar untuk bermain. Selain itu, pegangannya akan memberi dukungan pada lompatan Anda agar dapat melakukan latihan yang lebih bervariasi.

5. Kettler 48″ Trampoline

5. Kettler 48" Trampoline

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Ayo latihan pilates dan yoga untuk mendapatkan beberapa gerakan menyenangkan dari trampolin ini!

Trampolin ini bukan hanya untuk melompat dan latihan aerobik saja, melainkan untuk berbagai latihan lainnya. Untuk Anda yang mempunyai hobi yoga, pilates, dan senam lantai lainnya maka produk ini wajib dibeli. Anda dapat mengombinasikan trampolin ini dengan olahraga tersebut untuk menghasilkan beberapa gerakan yang menyenangkan.

Trampolin yang berjenis pegas ini terbuat dari rangka besi baja dan mempunyai 32 per pegas yang sangat kuat. Walaupun pegasnya kuat, namun ketika digunakan akan memantul sangat lembut. Jadi, kaki Anda tidak akan terasa sakit ketika melompat dan hal ini dapat mengurangi risiko cedera.

4. Upper Bounce 48″ Mini Foldable Rebounder Fitness Trampoline with Adjustable Handrail

4. Upper Bounce 48" Mini Foldable Rebounder Fitness Trampoline with Adjustable Handrail

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.324.000

Luar biasa! Trampolin ini tahan akan segala cuaca

Trampolin yang tahan akan segala cuaca pasti menjadi impian Anda. Terkadang ketika Anda menggunakan atau menyimpannya di luar ruangan, risiko terkena angin dan hujan sangat tinggi yang dapat merusak trampolin. Namun, Anda tak perlu khawatir karena bahan dari rangka trampolin ini terbuat dari besi baja yang kokoh dan polypropylene yang dibungkus vinil sehingga kuat dan tahan lama.

Trampolin yang berjenis pegas ini dapat dilipat dan memudahkan Anda dalam menyimpannya. Selain itu, bagian pegangannya sangat aman untuk digunakan oleh anak dan Anda. Hal ini dikarenakan trampolin menawarkan lima pengaturan pegangan yang dapat disesuaikan agar dapat melakukan lompatan dengan maksimal.

3. AIBI AIBIGym Jumpsport Fitness Trampoline 350F

3. AIBI AIBIGym Jumpsport Fitness Trampoline 350F

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.205.500

Stabil dan sempurna dengan kaki penyangga yang melengkung

Jika Anda ingin berlatih kebugaran tanpa menimbulkan suara yang mengganggu, pilihlah produk ini. Trampolin ini menggunakan tali karet elastis halus sehingga suara yang ditimbulkan saat melompat sangatlah minim. Namun, Anda tidak perlu khawatir, walaupun talinya halus, trampolin ini sangat kuat dan mampu menahan beban hingga 114 kg.

Kaki penyangga trampolin ini sangat menarik karena bentuknya melengkung. Walaupun bentuknya tidak biasa, namun enam kaki penyangga ini mampu menjaga kestabilan dengan sempurna. Selain itu, jika pemakaiannya lebih dari satu seperti di gym atau sekolah, trampolin ini dapat ditumpuk atau dilipat untuk menghemat ruang penyimpanan.

2. Upper Bounce 36″ Mini Foldable Rebounder Fitness Trampoline

2. Upper Bounce 36" Mini Foldable Rebounder Fitness Trampoline

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.738.000

Mat yang tidak mudah sobek dan stabil setiap saat jelas akan menguntungkan Anda!

Jika Anda hobi melakukan latihan menggunakan trampolin di mana saja, trampolin lipat ini sangat cocok untuk Anda. Trampolin ini dapat dilipat dan tidak memerlukan waktu yang lama dalam melipat serta merakitnya kembali. Selain itu, trampolin ini sangat kokoh karena menggunakan kerangka dan pegas baja. Walaupun terbuat dari baja, trampolin ini sangat ringan untuk dibawa dan dipindahkan.

Trampolin ini menggunakan 32 pegas yang berintegrasi dengan wire ring yang akan memastikan kestabilan dan keamanan Anda ketika digunakan. Bukan itu saja, mat-nya dijahit dengan delapan jahitan sehingga sangat kuat dan tidak mudah robek ketika digunakan. Anda dapat menggunakan produk ini dalam jangka waktu yang lama.

1. PURE FUN® Pure Fitness 40-inch Exercise Trampoline with Handrail

1. PURE FUN® Pure Fitness 40-inch Exercise Trampoline with Handrail

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.729.000

Dapatkan pantulan superior ketika melompat tanpa khawatir cedera

Trampolin yang berasal dari Amerika ini sudah bersertifikat dan aman untuk digunakan sehingga Anda akan terhindar dari risiko cedera. Jangan khawatir akan kekokohan dari trampolin ini karena dilengkapi dengan 36 sistem pegas ganda. Desain mat yang empuk akan membuat Anda melompat dengan nyaman dan mendapatkan hasil lompatan sempurna.

Trampolin ini memang tidak terlalu besar untuk melompat, namun jangan khawatir terjatuh karena trampolin ini dilengkapi dengan pegangan yang dapat membantu Anda. Selain itu, pegangan ini tingginya dapat disesuaikan sehingga Anda dapat menjaga kestabilan ketika berlatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kesimpulan

Kesehatan itu sangat penting, apalagi jika Anda dapat melakukannya di rumah. Salah satu alat olahraga yang berguna adalah trampolin. Jika Anda mempunyai trampolin di rumah, tentunya semua anggota keluarga dapat menggunakannya. Selain itu, Anda dapat memilih akan melakukan latihan di dalam ataupun luar ruangan.

Kami sudah memberikan tips cara memilih dan merekomendasikan produk trampolin terbaik. Apakah Anda sudah menemukan trampolin yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan trampolin terbaik untuk memperoleh gaya hidup sehat setiap harinya.