10 Rekomendasi Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Keju parmesan disantap sebagai teman minum anggur dan diandalkan para chef. Makanan pasta yang ditaburi keju parmesan bubuk juga akan terasa dua kali lebih lezat. Namun, banyak orang tidak dapat membedakan antara keju parmesan biasa dengan keju Parmigiano Reggiano asal Italia, padahal keduanya berbeda.

Karena itu, kami akan membagi pengetahuan yang perlu ada ketahui tentang keju parmesan. Anda dapat menemukan rekomendasi produk dari produsen ternama seperti Galbani dan Kraft di sini! Ada juga resep masak yang tidak boleh Anda lewatkan pada akhir artikel! Siap membuat masakan lezat dengan keju parmesan?

Daftar isi

Cara memilih keju parmesan

Semenjak menjamurnya masakan serbakeju yang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia, keju parmesan pun terbilang cukup umum dijumpai di dapur kuliner di Indonesia. Namun, ada beberapa bentuk keju parmesan yang beredar di pasaran kita. Apa sajakah bentuknya dan kegunaannya?

Pilih keju parmesan bubuk (grated parmesan) sebagai finishing makanan

Keju parmesan dalam bentuk bubuk adalah yang paling mudah digunakan sebagai bahan memasak atau untuk finishing makanan. Jenis bubuk ini rupanya terbagi menjadi dua jenis. Periksalah perbedaannya terlebih dahulu sebelum membeli.

Pilih produk yang terbuat dari keju Parmigiano asli dari Italia

Pilih produk yang terbuat dari keju Parmigiano asli dari Italia

Jika keaslian aroma dan rasa keju terbaik adalah apa yang Anda cari, pilihlah keju parmesan bubuk Parmigiano Reggiano. Keju parmigiano adalah keju asli yang saking populernya sampai mendapat julukan raja keju dunia dari Italia. Tentu saja, orang-orang sering keliru menyebut keju parmesan biasa dengan keju Parmigiano Reggiano yang asli. Faktanya, keju Parmigiano Reggiano adalah keju yang hanya diproduksi di bagian timur laut negara Italia, tepatnya di dua wilayah Italia bagian utara yang meliputi beberapa provinsi. Keju Parmigiano yang asli minimal berusia 1 tahun atau lebih lama. Semakin lama usianya, cita rasanya semakin kaya. Selain itu, keju Parmigiano Italia yang asli biasanya mendapatkan cap segel dari badan sertifikasi mutu di Italia, yaitu Protected Designation of Origin (DOP).

Keju Parmiginao hadir dalam bentuk bubuk yang mudah digunakan sebagai bumbu topping dan bahan memasak. Taburi saja di atas hidangan pasta dan Anda akan merasakan sajian khas Italia dengan cita rasa tinggi dan autentik. Keju bubuk Parmigiano juga bisa didapatkan dengan cara memarut halus keju batangan Parmigiano. Penggemar sejati keju pasti tidak ingin melewatkannya.

Pilih keju parmesan bubuk yang diolah menyerupai Parmigiano Reggiano yang asli

Pilih keju parmesan bubuk yang diolah menyerupai Parmigiano Reggiano yang asli

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mendapatkan titel dan cap segel keju Parmigiano maka produsen harus memenuhi persyaratan yang sangat tinggi. Sebagian keju parmesan buatan Amerika Serikat, Australia, bahkan Indonesia adalah bubuk keju alami yang sebenarnya bukan keju Parmigiano. Tergantung prosesnya, produk yang beredar pun kebanyakan bukan 100% keju seutuhnya, tetapi telah dicampur dengan zat aditif antigumpal.

Meskipun kita tidak dapat menyebutnya sebagai keju Parmigiano, beberapa keju parmesan bubuk dibuat dengan proses dan kualitas yang mendekati aslinya. Produk ini sering dinamai keju parmesan bubuk dengan rasa khas Italia atau Italian style. Dengan demikian, Anda tetap mendapatkan keju berkualitas tinggi seperti yang diproduksi di Italia. Beberapa produk juga tidak menggunakan zat aditif, cocok untuk dikonsumsi oleh keluarga dan anak-anak. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan keju Parmigiano yang asli. Apabila Anda tidak keberatan dengan hal tersebut, rasa dan kualitas keju parmesan bubuk biasa pun sebenarnya cukup memuaskan.

Jika Anda menyukai keaslian dari rasa keju, belilah keju parmesan batangan (ungrated cheese)

Jika Anda menyukai keaslian dari rasa keju, belilah keju parmesan batangan (ungrated cheese)

Apabila ingin menikmati sensasi rasa keju seutuhnya, baik Palmigiano Reggiano maupun keju parmesan biasa, pilihlah keju batangan atau ungrated cheese. Keju padat ini paling cocok disajikan bersama minuman anggur. Anda dapat memotongnya dengan ukuran yang dibutuhkan, lalu memakannya secara langsung atau bersama hidangan lain seperti buah-buahan. Selain itu, keju batangan ini juga dapat diparut untuk dijadikan parmesan bubuk atau grated cheese Anda sendiri. Hasilnya adalah parutan keju yang lebih tebal dan kasar, serta kaya rasa dibandingkan parmesan bubuk biasa. Apabila ditaburkan di atas selada, Anda akan merasakan bubuk keju yang lebih banyak. Hidangan selada pun terasa lebih lezat meski tanpa tambahan saus.

Ketika memilih keju parmesan berbentuk bongkahan besar ini, tingkat kematangannya perlu Anda perhatikan. Yang paling banyak beredar di pasaran adalah keju parmesan batangan yang berusia 24 bulan atau 1 tahun. Jika Anda menginginkan rasa yang lebih kuat, pilihlah keju batangan yang usianya lebih tua.

Sebagai tambahan informasi, DOP telah mengklasifikasikan keju batangan ini menjadi tiga kelas, yaitu emas, perak, dan aragosta (merah). Keju dengan klasifikasi aragosta telah mengalami periode penuaan selama 18 bulan, perak 22 bulan, dan emas 30 bulan. Anda dapat menjadikannya panduan saat memilih keju parmesan batangan.

Adakah produk lain yang dapat menggantikan keju parmesan?

Adakah produk lain yang dapat menggantikan keju parmesan?

Hingga pada poin ini, kami telah membagi pengetahuan tentang keju parmesan yang menggunakan keju alami. Namun, di pasaran ada juga produk keju yang merupakan olahan. Keju olahan adalah produk yang dibuat dengan cara memproses beberapa jenis keju alami. Beberapa jenis keju ini terdiri dari bahan mentah sehingga tidak dapat disebut keju parmesan utuh. Apabila Anda ingin menggunakannya untuk sekadar membumbui masakan seperti gratin dan pasta, produk keju olahan bisa dijadikan pilihan.

Selain itu, keju bubuk dari bahan keju olahan ini tidak dapat menjadi matang dan tidak akan mengalami perubahan rasa seiring berjalannya waktu. Dengan demikian, produk keju olahan lebih mudah digunakan karena memiliki tekstur halus, cocok sebagai penguat rasa hidangan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa rasa dan teksturnya cukup jauh dibandingkan keju alami.

Bagaimana cara membedakan antara keju olahan dengan keju alami? Anda dapat memeriksa kemasannya terlebih dahulu. Keju parmesan alami atau yang olahan biasanya akan disebutkan pada kemasan. Apabila disebut 100% natural cheese, Anda dapat memastikan bahwa keju parmesan tersebut dibuat dari keju alami.

10 Rekomendasi keju parmesan terbaik

Di bawah ini, kami merekomendasikan sepuluh keju parmesan dari merek yang terbaik dan mudah ditemukan di toko online! Silakan memilih produk keju sesuai dengan kebutuhan dapur, restoran, atau disesuaikan dengan selera Anda dan keluarga.

10. Fonterra Anchor Food Professionals Parmesan Cheese Block

10. Fonterra Anchor Food Professionals Parmesan Cheese Block

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Sajian spageti rumahan yang enak tidak perlu mahal

Apabila Anda mencari keju parmesan batangan di toko online, produk ini adalah salah satu yang menempati peringkat tertinggi pencarian. Parmesan cheese dari Anchor memiliki rasa autentik yang telah beredar di lebih dari lima puluh negara. Di Indonesia, produk ini ada yang dijual dalam kemasan repack yang ekonomis.

Terbuat dari keju alami dari susu sapi murni, Anchor Parmesan Cheese Block hadir dalam bentuk batangan yang siap diparut. Anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan restoran rumahan yang memerlukan bumbu keju parmesan parut dalam jumlah besar.

Asal bahan baku Selandia Baru
Tipe/Klasifikasi Batangan (100% keju alami dari susu sapi murni)
Isi 800 gram
Komposisi Pasteurised Milk, Salt, Cultures, Enzyme

9. Muhatama Dairy Sukabumi Indocheese Grated Parmesan Cheese

9. Muhatama Dairy Sukabumi Indocheese Grated Parmesan Cheese

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 74.000

Yang ini buatan Indonesia, tetapi rasa Italia, lho!

Grated Parmesan Cheese dari Indocheese terbuat dari 100% keju asli lokal yang dihasilkan dari fermentasi susu sapi murni. Rasa kejunya dinilai strong. Saat disajikan untuk hidangan tumisan atau taburan pisang goreng Anda, akan tercium aroma khas parmesan yang lezat. Selain itu, produk ini telah mendapatkan cap dari BPOM.

Asal bahan baku Indonesia
Tipe/Klasifikasi Bubuk/parut (keju lokal hasil fermentasi susu sapi murni dengan rasa Italia)
Isi 300 gram
Komposisi Susu Sapi Segar, Rennet, Starter Bakteri, Garam

8. Green Valley Grated Parmesan Cheese

8. Green Valley Grated Parmesan Cheese

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 49.500

Praktis! Nikmati kelezatan pasta di mana pun dan kapan pun

Kami merekomendasikan Green Valley Grated Parmesan Cheese untuk Anda yang ingin menambah cita rasa masakan buatan sendiri di rumah. Berbeda dengan keju parmesan bubuk lainnya yang dikemas plastik, yang satu ini portabel karena dikemas dalam botol.

Keunggulannya adalah aroma yang dinilai strong dan cocok untuk topping camilan favorit Anda. Selain itu, produk yang di-repack kembali di Indonesia ini memiliki masa shelf life sekitar 9 bulan, cukup untuk Anda gunakan sebagai perasa lezat olahan roti dan omelette rumahan.

Asal bahan baku Amerika Serikat
Tipe/Klasifikasi Bubuk/parut (tidak disebutkan apakah keju alami atau keju olahan)
Isi 80 gram
Komposisi Grated Parmesan Cheese

7. Kraft 100% Grated Parmesan Cheese

7. Kraft 100% Grated Parmesan Cheese

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 61.000

Yuk, berkreatif dengan banyak menu masakan!

Siapa tidak mengenal merek Kraft? Parmesan bubuk dari mereka terbuat dari part-skim milk yang cocok untuk berbagai resep masakan. Anda dapat membuat sup meatball hingga popcorn. Menurut konsumennya, produk ini mampu bertahan dengan kesegaran yang lebih lama dibandingkan brand sejenis.

Akan tetapi, meskipun Kraft menyebut produknya 100% parmesan, masih ada kandungan zat aditif di dalamnya. Oleh sebab itu, produk ini lebih ideal untuk food service di kafe Anda. Rasanya yang gurih juga direkomendasikan untuk melengkapi olahan ayam, ikan, daging, hingga piza!

Asal bahan baku Amerika Serikat
Tipe/Klasifikasi Bubuk/parut (100% Real grated Parmesan)
Isi 85 gram
Komposisi Parmesan Cheese (Pasteurized Part-Skim Milk, Cheese Culture, Salt, Enzymes), Cellulose Powder, Potassium Sorbate

6. Happy Valley Grated Parmesan Cheese

6. Happy Valley Grated Parmesan Cheese

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 64.000

Bukan rasa pasta saja yang lebih gurih, penampilannya pun lebih menggugah selera

Produk dari Happy Valley ini terbuat dari 100% pure parmesan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan rasa keju yang kaya dan aroma yang kuat. Produk ini memiliki kadar kelembapan yang rendah. Anda dapat menyajikan di meja makan tanpa mencemaskan turunnya kualitas.

Teksturnya kering dengan warna yang sangat muda. Jadi, penampilan garnish akan tampak lezat di atas hidangan spageti Anda. Produk ini juga dijual dalam banyak variasi berat kemasan besar hingga 1-2 kg untuk kebutuhan bisnis kuliner dan rumah tangga Anda.

Asal bahan baku Australia
Tipe/Klasifikasi Bubuk/parut (Keju alami berusia 6-8 bulan)
Isi 200 gram
Komposisi Tidak disebutkan

5. Lemnos Grated Parmesan

5. Lemnos Grated Parmesan

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 130.000

Kombinasi keju parmesan organik ala Italia dan ala Mediterania? Menyehatkan!

Sejak tahun 1969, Lemnos mengembangkan produk keju khas Mediterania yang disebut menyehatkan dengan rasa yang khas. Keju bubuknya pun diproses secara berkualitas mengikuti Italian style. Hasilnya adalah produk yang cocok untuk Anda yang memuja cita rasa keju sekaligus ingin menunjang gaya hidup sehat.

Lemnos telah mendapatkan beberapa sertifikat makanan sehat dan aman yaitu, seperti sertifikat organik, SQF, Dairy Safe, HACCP, bahkan halal! Selain kemasan 200 gram, terdapat beberapa ukuran kemasan lain yang dapat Anda pilih untuk mengolah resep masakan sehat Anda di rumah.

Asal bahan baku Australia
Tipe/Klasifikasi Bubuk/parut (Keju organik khas Mediterania yang diproses secara Italian Style)
Isi 200 gram
Komposisi Tidak disebutkan

4. Alba Cheese Matured Cheese Grated Parmesan

4. Alba Cheese Matured Cheese Grated Parmesan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 150.900

Rasakan keharuman alami keju parmesan khas Alba di setiap gigitannya

Bagi Anda yang mencari keju parmesan di luar Italia dan masih memiliki kualitas tertinggi, pilihlah produk ini. Alba Grated Parmesan diproses secara Italian style yang diparut dari blok keju Parmigiano yang asli. Terbuat dari keju segar berusia tua, Anda mendapatkan rasa dan aroma yang khas dan kaya.

Saat Anda menyajikannya sebagai pelengkap hidangan, akan terlihat warna kuning pucat dengan ciri bubuk parmesan yang mengalir bebas, lezat! Di samping itu, produk ini diproduksi dalam beberapa berat kemasan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Asal bahan baku Australia
Tipe/Klasifikasi Bubuk/parut (keju asli Parmigiano)
Isi 100 gram
Komposisi Pasteurized Milk, Salt, Non-Animal Rennet, Starter Culture

3. Galbani Paesano

3. Galbani Paesano

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 42.999

Masakan rumah Anda tak akan kalah dengan restoran nomor satu

Selama 130 tahun terakhir, Galbani telah menjadi salah satu produsen keju terbaik di Italia. Galbani Paesano masuk ke dalam range Galbani Hard Cheese yang diproduksi sejak abad ke-12 di wilayah utara Italia. Setiap produknya mendapatkan sertifikat terakreditasi dari British Retailers Standards dan terjual di lebih dari 50 negara.

Galbani Paesano diolah dari keju keras yang sempurna untuk segala masakan Italia. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari bubuk parmesan terbaik bercita rasa asli Italia. Bruschetta rumahan Anda akan terasa semewah restoran nomor wahid!

Asal bahan baku Italia
Tipe/Klasifikasi Bubuk/parut (keju asli Italia hasil kombinasi hard cheeses)
Isi 85 gram
Komposisi Unpasteurised Milk, Pasteurised Milk, Salt,  Rennet, Preservatives: egglysosyme

2. Galbani Grana Padano DOP

2. Galbani Grana Padano DOP

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 61.000

Parmesan batangan berkualitas tinggi dengan aging process hingga 24 bulan!

Keju parmesan batangan yang spesial ini telah mendapatkan cap dan dilindungi oleh Consorzio per la Tutela del Formaggio Grana Padano. Cap ini menjamin kualitasnya sebagai keju yang menyehatkan dengan kualitas tertinggi baik di luar maupun di negara Italia.

Anda dapat melihat tampilan warna keju yang kuning tua dengan aroma yang sangat harum dan lembut. Tekstur yang dimilikinya sedikit lembap berminyak, amat pas dijadikan sebagai table cheese untuk grating. Tentu saja, produk ini memiliki masa shelf life yang sangat lama.

Asal bahan baku Italia
Tipe/Klasifikasi Batangan (hard cheese DOP 9-24 bulan)
Isi 100 gram
Komposisi Unpasteurised Milk, Salt, Rennet, Preservative: Lysozyme (from egg)

1. Galbani Parmigiano Reggiano DOP

1. Galbani Parmigiano Reggiano DOP

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Sekarang, raja keju dunia bisa Anda nikmati dengan mudah!

Bagi Anda yang menomorsatukan kualitas keju parmesan, kami merekomendasikan Parmigiano Reggiano DOP dari Galbani. Bahan bakunya adalah matured cheese yang telah disimpan dengan minimal usia 16 bulan hingga keju terbentuk dengan warna emas pucat sempurna.

Teksturnya menyerupai bubuk granular bertekstur flaky, plus memiliki sentuhan rasa sedikit asin. Apabila diparut, Anda dapat menjadikannya sebagai taburan risotto dan pelengkap hidangan panggang. Dalam bentuk potongan, produk ini pun sempurna disajikan dengan buah-buahan kecil dan anggur merah.

Asal bahan baku Italia
Tipe/Klasifikasi Batangan (keju Parmigiano Reggiano DOP 16 bulan)
Isi 100 gram
Komposisi Unpasteurised Milk, Salt, Rennet

Simak resep hidangan lezat dan mudah bersama keju parmesan

Simak resep hidangan lezat dan mudah bersama keju parmesan ♪

Keju parmesan dapat menjadi tambahan bumbu yang akan membuat rasa masakan menjadi lebih lezat daripada yang biasanya. Selain hidangan seperti selada dan pasta, Anda juga dapat menaburkan keju parmesan di atas sup untuk sensasi rasa yang lebih kaya dan lezat.

Di samping itu, keju parmesan juga cocok untuk melengkapi rasa dari hidangan camilan. Misalnya, Anda dapat menaburkan keju parmesan di atas kulit pangsit yang telah dilapisi dengan sedikit mayones. Gulung pangsit tersebut, kemudian goreng atau panggang di dalam oven hingga matang sempurna. Camilan modis ini sangat cocok disajikan bersama minuman anggur!

Tentunya, keju parmesan akan sempurna untuk melengkapi makanan penutup Anda! Coba taburkan di atas es krim vanila untuk menjadikannya sebagai stylish dessert yang manis dan gurih. Meski Anda menaburkannya di atas es krim yang berharga murah sekalipun, hidangan tersebut akan terasa lebih mewah berkat taburan keju parmesan. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang menginginkan hidangan yang kaya rasa!

Usia keju parmesan akan terus bertambah! Jadi, bagaimana cara menyimpannya?

Usia keju parmesan akan terus bertambah! Jadi, bagaimana cara menyimpannya?

Berbeda dengan keju parmesan yang terbuat dari keju olahan, keju alami akan terus mengalami kematangan atau pertambahan usia. Meskipun tanggal best-before date-nya sudah tercantum di kemasan, keju alami tetap akan menua. Jadi, Anda bisa memakannya tanpa terlalu memikirkan tenggat waktu kedaluwarsa.

Apa pun yang terjadi, sebaiknya Anda menghindari tempat penyimpanan yang panas dan lembap agar rasa lezatnya tidak hilang. Hal ini berlaku untuk baik keju bubuk maupun keju batangan. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya di dalam kulkas. Terutama jika Anda membeli keju parmesan dalam jumlah banyak, untuk keju bubuk akan lebih baik jika disimpan ke dalam freezer. Dengan begitu Anda akan tetap dapat merasakan keju dengan tekstur yang lembut dan halus.

Untuk keju parmesan yang berbentuk bongkahan besar, sebaiknya Anda menyegel atau membungkusnya dengan rapat. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat menjaga kualitas rasanya. Pertama-tama, akan lebih sempurna jika Anda membungkus keju batangan tersebut secara rapat sampai tidak bercelah, lalu dikunci dengan ritsleting. Simpan di dalam lemari es, di bagian tempat penyimpanan sayuran. Jadi, Anda bisa menikmati aroma dan rasanya yang kaya dalam waktu lama.

Baca juga rekomendasi produk keju terbaik lainnya di sini!

Di artikel ini, kami membahas dan merekomendasikan produk keju parmesan terbaik. Selanjutnya, mungkin Anda ingin membeli produk parutan keju, keju mozzarella, atau keju cream cheese untuk menghidangkan masakan rumahan! Jika Anda tertarik ingin berbelanja produk keju lainnya, simak artikel-artikelnya di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda telah menemukan produk keju parmesan yang cocok di hati? Keju parmesan bubuk akan meningkatkan rasa hidangan di rumah dan restoran Anda. Sementara itu, keju parmesan dalam bentuk potongan padat sangat nikmat disajikan bersama buah-buahan atau segelas anggur.

Sesekali, Anda pun berhak memanjakan lidah dengan keju kelas dunia Parmigiano Reggiano. Selamat memilih produk keju parmesan terbaik dan berkreasi dengan berbagai resep masakan!