mybest
Keju

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Produk susu
  4. 10 Rekomendasi Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Baker]
  • 10 Rekomendasi Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Baker] 1
  • 10 Rekomendasi Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Baker] 2
  • 10 Rekomendasi Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Baker] 3
  • 10 Rekomendasi Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Baker] 4
  • 10 Rekomendasi Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Baker] 5

10 Rekomendasi Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Baker]

Keju parmesan biasanya disantap sebagai teman minum anggur dan menjadi andalan para chef. Makanan pasta yang ditaburi keju parmesan bubuk juga akan terasa dua kali lebih lezat. Namun, tahukah Anda bedanya keju parmesan biasa dengan keju Parmigiano-Reggiano asal Italia?


Di artikel ini kami akan membagi pengetahuan tentang segala yang perlu Anda ketahui mengenai keju parmesan. Lebih dari itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Anda dapat menemukan rekomendasi keju yang bagus dari merek ternama, seperti Indocheese, Arisha, Green Valley, dan Floridia Cheese!

Diperbaharui 04/01/2024
Tata Violeta
Pakar
Professional baker
Tata Violeta

Tata adalah seorang home baker sekaligus founder dari tatabakes (online cakery) yang berdiri sejak 2018. Tata menyelesaikan pendidikan jurusan Culinary Arts selama dua tahun di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018. Wanita yang senang berinteraksi dengan customer lewat Instagram-nya ini memanfaatkan hasil pengalamannya untuk membuka online cakery sampai saat ini. Selain itu, Tata juga pernah mengajar di salah satu kampus di kota tempat tinggalnya.

Profil Tata Violeta
Lanjut membaca
Dian WN
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu keju parmesan?

Apa itu keju parmesan?

Anda pasti sering menemukan keju parmesan pada masakan khas Italia, seperti pasta atau pizza. Keju parmesan umumnya diparut dan ditabur di atas makanan sebagai topping yang lezat. Lalu, apa bedanya keju parmesan dengan keju lainnya? 


Dilansir dari US Code of Federal Regulations, keju parmesan adalah keju khas Italia. Keju parmesan terbuat dari susu sapi dan memiliki ciri tekstur agak keras serta berpasir (granular). Harga keju parmesan memang lebih mahal dibanding dengan keju mozarella, cheddar, atau keju lainnya. Hal ini karena keju parmesan dibuat dengan proses khusus dan menggunakan banyak bahan baku susu.


Keju parmesan dibuat melalui proses koagulasi rennet. Rennet adalah enzim hewani yang berfungsi untuk memadatkan keju. Hasilnya, keju parmesan memiliki bentuk padat dengan warna kuning keemasan. Rasanya pun manis gurih dengan aroma yang cukup menyengat. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keju parmesan

Masakan serbakeju memang sangat cocok di lidah orang Indonesia. Tidak heran keju parmesan menjadi produk yang sering dijumpai di dapur kuliner negara ini. Ingin mencobanya? Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih keju parmesan. 
1

Gunakan keju parmesan bubuk (grated parmesan) untuk finishing makanan

Keju parmesan dalam bentuk bubuk adalah yang paling mudah digunakan sebagai bahan memasak atau untuk finishing makanan. Keju parmesan bubuk ini rupanya terbagi lagi menjadi dua jenis. Ketahui perbedaannya terlebih dahulu sebelum membeli.

Keju parmesan bubuk Parmigiano-Reggiano: Keju autentik asli Italia yang sangat berkualitas

Keju parmesan bubuk Parmigiano-Reggiano: Keju autentik asli Italia yang sangat berkualitas

Jika keaslian aroma dan rasa keju terbaik adalah apa yang Anda cari, pilihlah keju parmesan bubuk Parmigiano-Reggiano. Keju Parmigiano adalah keju asli yang saking populernya sampai mendapat julukan raja keju dari Italia. 


Tentu saja orang-orang sering keliru menyebut keju parmesan biasa dengan keju Parmigiano-Reggiano yang asli. Faktanya, keju Parmigiano-Reggiano asli hanya diproduksi di bagian timur laut negara Italia. Usia minimalnya pun 12 bulan atau lebih. Selain itu, keju Parmigiano asli biasanya mendapatkan cap segel dari badan sertifikasi mutu di Italia berupa Protected Designation of Origin (DOP).


Selain bentuk batangan, keju Parmigiano hadir dalam bentuk bubuk sehingga mudah digunakan untuk bumbu topping dan bahan memasak. Taburi saja di atas hidangan pasta dan Anda akan merasakan sajian khas Italia dengan cita rasa tinggi serta autentik. Penggemar keju sejati pasti tidak ingin melewatkannya!

Keju parmesan bubuk biasa: Tetap lezat dan diolah menyerupai Parmigiano-Reggiano yang asli

Keju parmesan bubuk biasa: Tetap lezat dan diolah menyerupai Parmigiano-Reggiano yang asli
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mendapatkan titel dan cap segel keju Parmigiano, produsen harus memenuhi persyaratan yang sangat tinggi. Sebagian besar keju parmesan di Amerika Serikat, Jepang, bahkan Indonesia adalah bubuk keju alami yang sebenarnya bukan keju Parmigiano. Produk yang beredar juga tidak semuanya 100% keju alami. Ada yang dicampur dengan zat aditif antigumpal.

Meskipun bukan keju Parmigiano yang asli, beberapa keju parmesan bubuk dibuat dengan proses dan kualitas yang mendekati aslinya. Beberapa produk bahkan tidak menggunakan zat aditif sehingga aman untuk dikonsumsi oleh keluarga dan anak-anak. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan keju Parmigiano yang asli. Rasa dan kualitas keju parmesan bubuk biasa pun sudah cukup memuaskan.


Keju parmesan bubuk sering digunakan untuk topping pizza dan salad atau sebagai campuran makanan. Beberapa makanan yang sering diberi campuran keju parmesan, misalnya pasta, risotto, dan sup.

2

Pilih keju parmesan batangan (ungrated cheese) untuk cita rasa keju asli

Pilih keju parmesan batangan (ungrated cheese) untuk cita rasa keju asli
Apabila ingin menikmati sensasi rasa keju Parmigiano-Reggiano seutuhnya, pilihlah keju batangan atau ungrated cheese. Keju padat ini paling cocok disajikan bersama minuman anggur. Anda dapat memotongnya dengan ukuran yang dibutuhkan, lalu memakannya secara langsung atau bersama hidangan lain seperti buah-buahan.

Keju parmesan bongkahan juga dapat diparut untuk dijadikan parmesan bubuk atau grated cheese Anda sendiri. Parutan keju akan lebih tebal dan kasar serta kaya rasa dibandingkan parmesan bubuk biasa. Apabila ditaburkan di atas salad, Anda akan merasakan rasa keju yang lebih pekat. Hidangan salad pun terasa lebih lezat meski tanpa tambahan dressing.


Ketika memilih keju parmesan berbentuk bongkahan besar, Anda perlu memperhatikan tingkat kematangannya. Pilihlah keju parmesan yang berusia 24 bulan karena usia tersebut adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsinya


Keju parmesan membutuhkan waktu minimal 12 bulan sampai akhirnya siap dikonsumsi. Namun, memang keju parmesan yang umurnya lebih tua lebih nikmat untuk dikonsumsi. Karena itu, jika Anda mencari rasa yang lebih kuat, pilihlah keju batangan yang usianya lebih tua.


Sebagai tambahan informasi, DOP telah mengklasifikasikan keju batangan menjadi tiga kelas, yaitu emas, perak, dan aragosta (merah). Keju dengan klasifikasi aragosta telah mengalami periode penuaan selama 18 bulan, perak 22 bulan, dan emas 30 bulan. Anda dapat menjadikannya panduan saat memilih keju parmesan batangan.

3

Pertimbangkan keju olahan sebagai alternatif pengganti keju parmesan

Pertimbangkan keju olahan sebagai alternatif pengganti keju parmesan
Hingga pada poin ini, kami telah membagi pengetahuan tentang keju parmesan yang menggunakan keju alami. Namun, di pasaran ada juga produk keju yang merupakan olahan. Keju olahan adalah produk yang dibuat dengan cara memproses beberapa macam keju alami

Karena terdiri dari beberapa macam keju, jenis keju ini sebenarnya tidak dapat disebut sebagai keju parmesan. Namun, apabila Anda ingin menggunakannya untuk sekadar membumbui masakan seperti gratin dan pasta, produk keju olahan bisa dijadikan pilihan.


Produk keju olahan lebih mudah digunakan karena memiliki tekstur halus. Hal ini membuatnya cocok sebagai penguat rasa hidangan. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa rasa dan teksturnya cukup jauh dibandingkan keju alami.


Untuk membedakan keju olahan dengan keju alami, Anda dapat memeriksa kemasannya terlebih dahulu. Keju parmesan alami atau yang olahan biasanya akan dicantumkan di kemasan produk. Anda dapat menggunakannya sebagai acuan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Keju Parmesan Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Keju Parmesan terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 04 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Isi
Bentuk keju
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakan
Komposisi
Asal produk
Kandungan lemak
Kalori per saji
Sertifikasi
1

Green Valley

Grated Parmesan Cheese

Green Valley  Grated Parmesan Cheese 1

Rp47.000

Menengah

Praktis, nikmati kelezatan pasta di mana pun dan kapan pun

80 g, 200 g

Keju parut

Parmesan

Parmesan cheese (98%), antikempal selulosa bubuk

Amerika

9 g per 30 g

140 kkal per 30 g

BPOM

2

Lemnos

Grated Parmesan

Lemnos Grated Parmesan 1

Rp22.000

Agak Murah

Keju parmesan ala Mediterania serbaguna, cocok untuk kue kering

100 g, 200 g, 1.000 g, 2.000 g

Keju parut

Parmesan

Pasteurised milk, culture, salt, rennet

Australia

6,4 g per 25 g

92 kkal per 25 g

SQF, HACCP

3

Fonterra

Anchor Parmesan Cheese Block

Fonterra Anchor Parmesan Cheese Block 1

Rp32.000

Menengah

Keju dengan cita rasa autentik yang laris di pasaran

800 g, 20 kg (tersedia kemasan repack)

Keju block

Parmesan

Pasteurised milk, salt, cultures, enzym, rennet

New Zealand

Tidak diketahui

Tidak diketahui

BPOM, Halal MUI

4

Floridia Cheese

Grated Parmesan

Floridia Cheese Grated Parmesan 1

Rp20.000

Agak Murah

Rasa lebih strong dan tekstur lebih kering, perfect sebagai keju tabur

100 g, 250 g, 1.000 g, 2.000 g

Keju parut

Parmesan

Pasteurised milk, culture, enzyme, salt, rennet

Australia

8,1 g per 25 g

110,4 kkal per 25 g

Halal ICCV

5

Arisha

Grated Parmesan Cheese

Arisha Grated Parmesan Cheese 1

Rp65.000

Agak Mahal

Keju parmesan yang cocok dijadikan taburan pasta dan hidangan tumis

300 g

Keju parut

Parmesan

Tidak diketahui

Indonesia

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Halal MUI

6

Indocheese

Grated Parmesan Cheese Regular

Indocheese  Grated Parmesan Cheese Regular 1

Rp65.000

Agak Mahal

Buatan Indonesia, cita rasa Italia!

200 g

Keju parut

Parmesan

Susu sapi, renet, kultur bakteri, garam

Indonesia

2 g per 10 g

35 kkal per 10 g

BPOM, Halal MUI

7

Happy Valley

Grated Parmesan Cheese

Happy Valley  Grated Parmesan Cheese 1

Rp28.000

Menengah

Hasilkan warna taburan keju di atas pasta yang lebih menggugah selera

100 g, 250 g, 2.000 g

Keju parut

Parmesan

Pasteurised milk, salt, starter culture, rennet, enzyme, anticacking agent

Australia

1,7 g per 5 g

24 kkal per 5 g

Tidak diketahui

8

D'Natural

Varmesan Keju Parmesan Vegan Dairy Free

D'Natural  Varmesan Keju Parmesan Vegan Dairy Free 1

Rp123.000

Lebih Mahal

Keju parmesan spesial untuk para vegan, cocok juga untuk MPASI

60 g, 100 g

Keju bubuk

Tidak ada

Nutrional yeast, garam laut, kacang mete organik

Indonesia

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Halal MUI, BPOM

9

Gurih-Ya

Parmesan Cheese

Gurih-Ya  Parmesan Cheese 1

Rp4.800

Lebih Murah

Hadir dalam kemasan 5 g, cocok untuk porsi sekali makan

5 g, 40 g

Keju bubuk

Parmesan

Tidak diketahui

Merek Indonesia dengan keju asli Australia

Tidak diketahui

Tidak diketahui

BPOM, Halal MUI

10

Parmesan Parmigiano Regiano

null Parmesan Parmigiano Regiano 1

Rp59.000

Agak Mahal

Parmesan cheese untuk para pencinta keju asli yang rasanya autentik!

Beragam (kemasan repack)

Keju block

Parmesan

Pasteurised milk, salt, starter culture, rennet

Italia

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Green Valley Grated Parmesan Cheese

Grated Parmesan Cheese 1
Sumber: shopee.co.id
Grated Parmesan Cheese 2
Sumber: shopee.co.id
Grated Parmesan Cheese 3
Sumber: shopee.co.id
Grated Parmesan Cheese 4
Sumber: shopee.co.id
Grated Parmesan Cheese 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp47.000
Menengah
Harga referensi
Rp47.000
Menengah

Praktis, nikmati kelezatan pasta di mana pun dan kapan pun

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin menambah cita rasa masakan kapan pun dan di mana pun. Berbeda dengan keju parmesan bubuk lainnya yang dikemas plastik, produk ini portabel karena dikemas dalam botol. Jadi, produk ini sangat mudah dibawa ke mana-mana.

Keunggulannya adalah aroma yang dinilai strong dan cocok untuk topping camilan favorit Anda. Selain itu, Green Valley Grated Parmesan Cheese bisa Anda gunakan sebagai perasa lezat untuk olahan roti dan omelette rumahan.
Isi80 g, 200 g
Bentuk kejuKeju parut
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakanParmesan
KomposisiParmesan cheese (98%), antikempal selulosa bubuk
Asal produkAmerika
Kandungan lemak9 g per 30 g
Kalori per saji140 kkal per 30 g
SertifikasiBPOM
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

LemnosGrated Parmesan

Harga referensi
Rp22.000
Agak Murah

Keju parmesan ala Mediterania serbaguna, cocok untuk kue kering

Sejak 1969 Lemnos mengembangkan produk keju khas Mediterania yang menyehatkan dengan rasa yang khas. Sebagai salah satu produsen keju terbesar di Australia, Lemnos juga telah mendapatkan beberapa sertifikat, seperti SQF dan HACCP. Anda yang mengutamakan produk organik dapat memilih keju parmesan Lemnos. 


Lemnos Grated Parmesan hadir dengan beberapa ukuran kemasan yang dapat Anda pilih untuk mengolah resep masakan sehat di rumah. Keju parmesan Lemnos ini juga disebut serbaguna. Rasa dan aromanya sangat cocok digunakan untuk baking, terutama untuk kue kering.

Isi100 g, 200 g, 1.000 g, 2.000 g
Bentuk kejuKeju parut
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakanParmesan
KomposisiPasteurised milk, culture, salt, rennet
Asal produkAustralia
Kandungan lemak6,4 g per 25 g
Kalori per saji92 kkal per 25 g
SertifikasiSQF, HACCP
View all
No.3

FonterraAnchor Parmesan Cheese Block

Harga referensi
Rp32.000
Menengah

Keju dengan cita rasa autentik yang laris di pasaran

Apabila Anda mencari keju parmesan batangan di toko online, produk ini adalah salah satu yang menempati peringkat tertinggi pencarian. Parmesan cheese dari Anchor memiliki rasa autentik yang telah beredar di lebih dari 50 negara.

Anchor Parmesan Cheese Block terbuat dari keju alami dari susu sapi murni. Produk ini memiliki bentuk batangan yang siap diparut. Anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan restoran rumahan yang memerlukan bumbu keju parmesan parut. Jika Anda membutuhkan ukuran kecil, produk ini juga banyak dijual dalam kemasan repack yang ekonomis.
Isi800 g, 20 kg (tersedia kemasan repack)
Bentuk kejuKeju block
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakanParmesan
KomposisiPasteurised milk, salt, cultures, enzym, rennet
Asal produkNew Zealand
Kandungan lemakTidak diketahui
Kalori per sajiTidak diketahui
SertifikasiBPOM, Halal MUI
View all
No.4

Floridia CheeseGrated Parmesan

Harga referensi
Rp20.000
Agak Murah

Rasa lebih strong dan tekstur lebih kering, perfect sebagai keju tabur

Merek asal Australia ini sudah terkenal akan produk-produk kejunya. Floridia Parmesan berbahan baku hard cheese dari susu sapi segar pasteurisasi. Kejunya merupakan jenis parmesan matang yang berumur dua tahun sehingga memiliki konsistensi rasa lebih tajam. 


Teksturnya memiliki butiran yang lebih kering dan crumblier sehingga ideal ditaburkan ke hidangan pizza dan pasta. Di sisi lain, produk ini juga cocok dicampurkan ke dalam sup dan risottoAgar rasanya lebih sempurna, sajikan keju parmesan Floridia dalam suhu ruangan, ya. Karakter rasa dan aromanya dijamin lebih strong!

Isi100 g, 250 g, 1.000 g, 2.000 g
Bentuk kejuKeju parut
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakanParmesan
KomposisiPasteurised milk, culture, enzyme, salt, rennet
Asal produkAustralia
Kandungan lemak8,1 g per 25 g
Kalori per saji110,4 kkal per 25 g
SertifikasiHalal ICCV
View all
No.5

ArishaGrated Parmesan Cheese

Harga referensi
Rp65.000
Agak Mahal

Keju parmesan yang cocok dijadikan taburan pasta dan hidangan tumis

Arisha Grated Parmesan Cheese difermentasi dari susu sapi murni sehingga menghasilkan aroma khas keju parmesan yang delicate dan strong. Keju asli Indonesia ini hadir dalam sediaan bubuk sehingga cocok dijadikan taburan pasta. Selain itu, Anda juga menjadikannya sebagai topping untuk hidangan panggang maupun dicampur dalam hidangan tumis. 

Isi300 g
Bentuk kejuKeju parut
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakanParmesan
KomposisiTidak diketahui
Asal produkIndonesia
Kandungan lemakTidak diketahui
Kalori per sajiTidak diketahui
SertifikasiHalal MUI
View all
No.6

Indocheese Grated Parmesan Cheese Regular

Harga referensi
Rp65.000
Agak Mahal

Buatan Indonesia, cita rasa Italia!

Indocheese Grated Parmesan Cheese merupakan produk keju lokal yang dihasilkan dari fermentasi susu sapi murni. Produk ini dikenal karena rasanya yang kuat dan penuh cita rasa. Saat disajikan untuk hidangan tumisan atau taburan makanan, akan tercium aroma khas parmesan yang lezat. Keamanan dan kehalalan produk pun terjamin karena telah terdaftar di BPOM dan MUI.
Isi200 g
Bentuk kejuKeju parut
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakanParmesan
KomposisiSusu sapi, renet, kultur bakteri, garam
Asal produkIndonesia
Kandungan lemak2 g per 10 g
Kalori per saji35 kkal per 10 g
SertifikasiBPOM, Halal MUI
View all
No.7

Happy Valley Grated Parmesan Cheese

Harga referensi
Rp28.000
Menengah

Hasilkan warna taburan keju di atas pasta yang lebih menggugah selera

Parmesan cheese dari Happy Valley terbuat dari 100% pure parmesan. Anda akan mendapatkan rasa keju yang kaya dan aroma yang kuat. Produk ini juga memiliki kadar kelembapan yang rendah. Anda dapat menyajikan di meja makan tanpa mencemaskan turunnya kualitas. Teksturnya kering dengan warna yang sangat muda. Jadi, penampilan garnish akan tampak lezat di atas hidangan spageti Anda.
Isi100 g, 250 g, 2.000 g
Bentuk kejuKeju parut
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakanParmesan
KomposisiPasteurised milk, salt, starter culture, rennet, enzyme, anticacking agent
Asal produkAustralia
Kandungan lemak1,7 g per 5 g
Kalori per saji24 kkal per 5 g
SertifikasiTidak diketahui
View all
No.8

D'Natural Varmesan Keju Parmesan Vegan Dairy Free

Harga referensi
Rp123.000
Lebih Mahal

Keju parmesan spesial untuk para vegan, cocok juga untuk MPASI

Varmesan (singkatan dari vegan parmesan) memang direkomendasikan bagi para sobat vegan. Jika biasanya keju dibuat dari susu sapi, parmesan vegan dibuat dengan bahan dasar nabati. Salah satu produk varmesan yang kami rekomendasikan datang dari D'Natural. Produk ini terbuat dari nutrional yeast, garam laut, dan kacang mete organik yang kaya nutrisi. 


Anda yang alergi susu sapi dapat dengan aman mengonsumsi keju vegan ini. Jangan khawatir soal rasanya karena  D'Natural Varmesan memiliki rasa cheesy dan segurih keju parmesan biasa. Jika anak Anda alergi terhadap susu sapi dan olahannya, D'Natural Varmesan bisa digunakan untuk bumbu MPASI anak Anda.

Isi60 g, 100 g
Bentuk kejuKeju bubuk
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakanTidak ada
KomposisiNutrional yeast, garam laut, kacang mete organik
Asal produkIndonesia
Kandungan lemakTidak diketahui
Kalori per sajiTidak diketahui
SertifikasiHalal MUI, BPOM
View all
No.9

Gurih-Ya Parmesan Cheese

Harga referensi
Rp4.800
Lebih Murah

Hadir dalam kemasan 5 g, cocok untuk porsi sekali makan

Gurih-Ya Parmesan Cheese cocok Anda pilih jika mencari keju parmesan yang harganya terjangkau dan isinya tidak terlalu banyak. Selain dalam kemasan botol plastik, keju ini hadir dalam kemasan saset isi 5 gram yang pas untuk porsi sekali makan. Anda bisa menaburkannya pada camilan atau makanan si buah hati. Keju ini juga bebas dari MSG serta pengawet, lho!

Isi5 g, 40 g
Bentuk kejuKeju bubuk
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakanParmesan
KomposisiTidak diketahui
Asal produkMerek Indonesia dengan keju asli Australia
Kandungan lemakTidak diketahui
Kalori per sajiTidak diketahui
SertifikasiBPOM, Halal MUI
View all
No.10

Parmesan Parmigiano Regiano

Harga referensi
Rp59.000
Agak Mahal

Parmesan cheese untuk para pencinta keju asli yang rasanya autentik!

Parmigiano Regiano merupakan keju asli dan autentik asal Italia, tepatnya berasal dari kota Reggio Emilia, Modena, dan Bologna. Keju ini sangat spesial karena proses fermentasinya dibantu oleh bakteri baik yang hanya dapat ditemui di daerah tersebut. Keju ini mengeluarkan rasa dan aroma yang delicate dan gurih khas keju parmesan asli. Para pencinta keju, silakan coba keju yang satu ini bersama pasta carbonara, pizza, atau salad.

IsiBeragam (kemasan repack)
Bentuk kejuKeju block
Jenis cheddar
Jenis keju yang digunakanParmesan
KomposisiPasteurised milk, salt, starter culture, rennet
Asal produkItalia
Kandungan lemakTidak diketahui
Kalori per sajiTidak diketahui
SertifikasiTidak diketahui
View all

Pertanyaan umum seputar keju parmesan

Pertanyaan umum seputar keju parmesan

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar keju parmesan. Jika Anda masih penasaran, silakan simak jawabannya di bawah ini!

Apa kesulitan dalam pemaikan keju parmesan?

Keju parmesan memiliki rasa yang strong dan asin sehingga Anda harus berhati hati saat menggunakannya sebagai topping.

Apa manfaat mengonsumsi keju parmesan?

Selain lezat, keju parmesan mengandung banyak kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Resep membuat hidangan lezat dan mudah dengan keju parmesan

Resep membuat hidangan lezat dan mudah dengan keju parmesan
Keju parmesan dapat menjadi tambahan bumbu yang akan membuat rasa masakan menjadi lebih lezat daripada yang biasanya. Selain hidangan seperti salad dan pasta, Anda juga dapat menaburkan keju parmesan di atas sup untuk sensasi rasa yang lebih kaya dan lezat.

Di samping itu, keju parmesan juga cocok untuk melengkapi rasa dari hidangan camilan. Misalnya, Anda dapat menaburkan keju parmesan di atas kulit pangsit yang telah dilapisi dengan sedikit mayones. Gulung pangsit tersebut, kemudian goreng atau panggang di dalam oven hingga matang sempurna. Camilan modis ini sangat cocok disajikan bersama minuman anggur!


Tak ketinggalan keju parmesan akan sempurna untuk melengkapi makanan penutup Anda! Coba taburkan di atas es krim vanila untuk menjadikannya dessert yang manis dan gurih. Meski Anda menaburkannya di atas es krim yang berharga murah sekalipun, hidangan tersebut akan terasa lebih mewah dan kaya rasa berkat taburan keju parmesan.

Cara menyimpan keju alami yang terus bertambah usia

Cara menyimpan keju alami yang terus bertambah usia
Berbeda dengan keju olahan, keju alami akan terus mengalami kematangan atau pertambahan usia. Meskipun tanggal best before-nya sudah tercantum di kemasan, keju alami tetap akan menua. Jadi, Anda bisa memakannya tanpa terlalu memikirkan tenggat kedaluwarsa.

Namun, hindari tempat penyimpanan yang panas dan lembap untuk tipe bubuk dan batangan agar rasanya tidak hilang. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya di dalam kulkas. Terlebih jika Anda membeli dalam jumlah banyak, simpanlah keju bubuk di dalam freezer. Dengan begitu, Anda akan tetap dapat merasakan keju dengan tekstur yang lembut dan halus.


Untuk keju batangan, sebaiknya Anda menyegel atau membungkusnya dengan rapat. Hal ini perlu dilakukan agar kualitas rasanya tetap terjaga. Akan lebih baik jika Anda membungkus keju tersebut secara rapat dengan plastik wrap dan kemasan ziplock. Simpanlah di bagian tempat penyimpanan sayuran di dalam kulkas. Jadi, Anda bisa menikmati aroma dan rasanya yang kaya dalam waktu lama.

5 Rekomendasi Keju Parmesan terbaik

No. 1: Green Valley Grated Parmesan Cheese

No. 2: LemnosGrated Parmesan

No. 3: FonterraAnchor Parmesan Cheese Block

No. 4: Floridia CheeseGrated Parmesan

No. 5: ArishaGrated Parmesan Cheese

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Produk susu
  4. 10 Rekomendasi Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Baker]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.