• 10 Keju Parmesan Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)        			 1
  • 10 Keju Parmesan Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)        			 2
  • 10 Keju Parmesan Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)        			 3
  • 10 Keju Parmesan Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)        			 4
  • 10 Keju Parmesan Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)        			 5

10 Keju Parmesan Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)

Keju parmesan biasanya disantap sebagai teman minum anggur dan menjadi andalan para chef. Makanan pasta yang ditaburi keju parmesan bubuk juga akan terasa dua kali lebih lezat. Namun, tahukah Anda bedanya keju parmesan biasa dengan keju Parmigiano-Reggiano asal Italia?


Di artikel ini kami akan membagi pengetahuan tentang segala yang perlu Anda ketahui mengenai keju parmesan. Lebih dari itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Anda dapat menemukan rekomendasi keju yang bagus dari merek ternama, seperti Anchor, Galbani, Green Valley, dan Kraft di sini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tata Violeta
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Professional baker, Tata Violeta

Profil pakar: Professional baker, Tata Violeta
Tata Violeta
Professional baker
Tata Violeta

Tata adalah seorang home baker sekaligus founder dari tatabakes (online cakery) yang berdiri sejak 2018. Tata menyelesaikan pendidikan jurusan Culinary Arts selama dua tahun di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2018.

Wanita yang senang berinteraksi dengan customer lewat Instagram-nya ini memanfaatkan hasil pengalamannya untuk membuka online cakery sampai saat ini. Selain itu, Tata juga pernah mengajar di salah satu kampus di kota tempat tinggalnya.

Apa itu keju parmesan?

Apa itu keju parmesan?

Anda pasti sering menemukan keju parmesan pada masakan khas Italia, seperti pasta atau piza. Keju parmesan umumnya diparut dan ditabur di atas makanan sebagai topping yang lezat. Lalu, apa bedanya keju parmesan dengan keju lainnya? 


Dilansir dari US Code of Federal Regulations, keju parmesan adalah keju khas Italia. Keju parmesan terbuat dari susu sapi dan memiliki ciri tekstur agak keras serta berpasir (granular). Harga keju parmesan memang lebih mahal dibanding dengan keju mozarella, cheddar, atau keju lainnya. Hal ini karena keju parmesan dibuat dengan proses khusus dan menggunakan banyak bahan baku susu.


Keju parmesan dibuat melalui proses koagulasi rennet. Rennet adalah enzim hewani yang berfungsi untuk memadatkan keju. Hasilnya, keju parmesan memiliki bentuk padat dengan warna kuning keemasan. Rasanya pun manis gurih dengan aroma yang cukup menyengat. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keju parmesan

Masakan serbakeju memang sangat cocok di lidah orang Indonesia. Tidak heran keju parmesan menjadi produk yang sering dijumpai di dapur kuliner negara ini. Ingin mencobanya? Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih keju parmesan. 

Gunakan keju parmesan bubuk (grated parmesan) untuk finishing makanan

Keju parmesan dalam bentuk bubuk adalah yang paling mudah digunakan sebagai bahan memasak atau untuk finishing makanan. Keju parmesan bubuk ini rupanya terbagi lagi menjadi dua jenis. Ketahui perbedaannya terlebih dahulu sebelum membeli.

Keju parmesan bubuk Parmigiano-Reggiano: Keju autentik asli Italia yang sangat berkualitas

Jika keaslian aroma dan rasa keju terbaik adalah apa yang Anda cari, pilihlah keju parmesan bubuk Parmigiano-Reggiano. Keju Parmigiano adalah keju asli yang saking populernya sampai mendapat julukan raja keju dari Italia. 

Tentu saja orang-orang sering keliru menyebut keju parmesan biasa dengan keju Parmigiano-Reggiano yang asli. Faktanya, keju Parmigiano-Reggiano asli hanya diproduksi di bagian timur laut negara Italia. Usia minimalnya pun 12 bulan atau lebih. Selain itu, keju Parmigiano asli biasanya mendapatkan cap segel dari badan sertifikasi mutu di Italia berupa Protected Designation of Origin (DOP).


Selain bentuk batangan, keju Parmigiano hadir dalam bentuk bubuk sehingga mudah digunakan untuk bumbu topping dan bahan memasak. Taburi saja di atas hidangan pasta dan Anda akan merasakan sajian khas Italia dengan cita rasa tinggi serta autentik. Penggemar keju sejati pasti tidak ingin melewatkannya!

Keju parmesan bubuk biasa: Tetap lezat dan diolah menyerupai Parmigiano-Reggiano yang asli

Keju parmesan bubuk biasa: Tetap lezat dan diolah menyerupai Parmigiano-Reggiano yang asli
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mendapatkan titel dan cap segel keju Parmigiano, produsen harus memenuhi persyaratan yang sangat tinggi. Sebagian besar keju parmesan di Amerika Serikat, Jepang, bahkan Indonesia adalah bubuk keju alami yang sebenarnya bukan keju Parmigiano. Produk yang beredar juga tidak semuanya 100% keju alami. Ada yang dicampur dengan zat aditif antigumpal.

Meskipun bukan keju Parmigiano yang asli, beberapa keju parmesan bubuk dibuat dengan proses dan kualitas yang mendekati aslinya. Beberapa produk bahkan tidak menggunakan zat aditif sehingga aman untuk dikonsumsi oleh keluarga dan anak-anak. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan keju Parmigiano yang asli. Rasa dan kualitas keju parmesan bubuk biasa pun sudah cukup memuaskan.


Keju parmesan bubuk sering digunakan untuk topping piza dan salad atau sebagai campuran makanan. Beberapa makanan yang sering diberi campuran keju parmesan, misalnya pasta, risotto, dan soup.

Pilih keju parmesan batangan (ungrated cheese) untuk cita rasa keju asli

Pilih keju parmesan batangan (ungrated cheese) untuk cita rasa keju asli
Apabila ingin menikmati sensasi rasa keju Parmigiano-Reggiano seutuhnya, pilihlah keju batangan atau ungrated cheese. Keju padat ini paling cocok disajikan bersama minuman anggur. Anda dapat memotongnya dengan ukuran yang dibutuhkan, lalu memakannya secara langsung atau bersama hidangan lain seperti buah-buahan.

Keju parmesan bongkahan juga dapat diparut untuk dijadikan parmesan bubuk atau grated cheese Anda sendiri. Parutan keju akan lebih tebal dan kasar serta kaya rasa dibandingkan parmesan bubuk biasa. Apabila ditaburkan di atas salad, Anda akan merasakan rasa keju yang lebih pekat. Hidangan salad pun terasa lebih lezat meski tanpa tambahan dressing.


Ketika memilih keju parmesan berbentuk bongkahan besar, Anda perlu memperhatikan tingkat kematangannya. Pilihlah keju parmesan yang berusia 24 bulan karena usia tersebut adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsinya


Keju parmesan membutuhkan waktu minimal 12 bulan sampai akhirnya siap dikonsumsi. Namun, memang keju parmesan yang umurnya lebih tua lebih nikmat untuk dikonsumsi. Karena itu, jika Anda mencari rasa yang lebih kuat, pilihlah keju batangan yang usianya lebih tua.


Sebagai tambahan informasi, DOP telah mengklasifikasikan keju batangan menjadi tiga kelas, yaitu emas, perak, dan aragosta (merah). Keju dengan klasifikasi aragosta telah mengalami periode penuaan selama 18 bulan, perak 22 bulan, dan emas 30 bulan. Anda dapat menjadikannya panduan saat memilih keju parmesan batangan.

Pertimbangkan keju olahan sebagai alternatif pengganti keju parmesan

Pertimbangkan keju olahan sebagai alternatif pengganti keju parmesan
Hingga pada poin ini, kami telah membagi pengetahuan tentang keju parmesan yang menggunakan keju alami. Namun, di pasaran ada juga produk keju yang merupakan olahan. Keju olahan adalah produk yang dibuat dengan cara memproses beberapa macam keju alami

Karena terdiri dari beberapa macam keju, jenis keju ini sebenarnya tidak dapat disebut sebagai keju parmesan. Namun, apabila Anda ingin menggunakannya untuk sekadar membumbui masakan seperti gratin dan pasta, produk keju olahan bisa dijadikan pilihan.


Produk keju olahan lebih mudah digunakan karena memiliki tekstur halus. Hal ini membuatnya cocok sebagai penguat rasa hidangan. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa rasa dan teksturnya cukup jauh dibandingkan keju alami.


Untuk membedakan keju olahan dengan keju alami, Anda dapat memeriksa kemasannya terlebih dahulu. Keju parmesan alami atau yang olahan biasanya akan dicantumkan di kemasan produk. Anda dapat menggunakannya sebagai acuan.

10 Rekomendasi keju parmesan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keju parmesan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tata Violeta.

10
Isi123 gram
TipeBubuk
Jenis kejuKeju vegan
Asal bahan bakuIndonesia
KomposisiKacang mete organik, nutritional yeast, garam himalaya, bubuk garlic
9
Isi85 gram, 226 gram
TipeBubuk
Jenis kejuReal grated parmesan
Asal bahan bakuAmerika Serikat
KomposisiSusu skim pasteurisasi, cheese culture, garam, enzymes, cellulose powder, potassium sorbate
8
Isi100 gram
TipeBatangan
Jenis kejuKeju DOP usia 9–24 bulan
Asal bahan bakuItalia
KomposisiSusu murni (unpasteurised milk), garam, rennet, egg lysozyme
7
Isi80 gram
TipeBubuk
Jenis kejuKeju alami dari susu sapi murni asli Italia hasil kombinasi hard cheeses
Asal bahan bakuItalia
KomposisiSusu murni (unpasteurised milk), susu pasteurisasi, garam, rennet, egg lysosyme
6

AmbrosiParmigiano Reggiano DOP

Mulai dari Rp 174.000,00

Isi200 gram
TipeBatangan
Jenis kejuKeju Parmigiano-Reggiano DOP
Asal bahan bakuItalia
KomposisiSusu sapi, garam, rennet
5

Muhatama Dairy SukabumiIndocheese Grated Parmesan Cheese Regular

Mulai dari Rp 129.500,00

Isi300 gram
TipeBubuk
Jenis kejuKeju lokal hasil fermentasi susu sapi murni
Asal bahan bakuIndonesia
KomposisiSusu sapi segar, rennet, starter bakteri, garam
4
Isi100 gram
TipeBubuk
Jenis kejuKeju alami dari susu sapi murni
Asal bahan bakuAustralia
KomposisiSusu pasteurisasi, garam, kultur starter, non-animal rennet
3
Isi800 gram
TipeBatangan
Jenis kejuKeju alami dari susu sapi murni
Asal bahan bakuNew Zealand
KomposisiSusu pasteurisasi, garam, kultur starter, enzim lipose, rennet
2

Pacific Lacto JayaGreen Valley Grated Parmesan Cheese

Mulai dari Rp 57.200,00

Isi80 gram
TipeBubuk
Jenis kejuTidak ada keterangan
Asal bahan bakuAmerika Serikat
KomposisiTidak ada keterangan
1
Isi100 gram, 200 gram, 1 kg, 2 kg
TipeBubuk
Jenis kejuKeju organik khas Mediterania dari susu sapi murni
Asal bahan bakuAustralia
KomposisiSusu pasteurisasi, kultur, garam, rennet

Tabel perbandingan produk keju parmesan terbaik

Gambar produk
1
Lemnos Grated Parmesan 1

Lemnos

2
Pacific Lacto Jaya Green Valley Grated Parmesan Cheese 1

Pacific Lacto Jaya

3
Fonterra Anchor Parmesan Cheese Block 1

Fonterra

4
Happy Valley  Dairy's Grated Parmesan Cheese 1

Happy Valley

5
Muhatama Dairy Sukabumi Indocheese Grated Parmesan Cheese Regular 1

Muhatama Dairy Sukabumi

6
Ambrosi Parmigiano Reggiano DOP 1

Ambrosi

7
Galbani  Paesano Grated Dehydrated Cheeses 1

Galbani

8
Galbani  Grana Padano DOP 1

Galbani

9
Kraft  Grated Parmesan Cheese 1

Kraft

10
Madree The Real Vegan Cheese Parmesano 1

Madree

Nama produk

Grated Parmesan

Green Valley Grated Parmesan Cheese

Anchor Parmesan Cheese Block

Dairy's Grated Parmesan Cheese

Indocheese Grated Parmesan Cheese Regular

Parmigiano Reggiano DOP

Paesano Grated Dehydrated Cheeses

Grana Padano DOP

Grated Parmesan Cheese

The Real Vegan Cheese Parmesano

Keunggulan

Keju parmesan ala Mediterania serbaguna, cocok untuk kue kering

Praktis, nikmati kelezatan pasta di mana pun dan kapan pun

Keju dengan cita rasa autentik yang laris di pasaran

Hasilkan warna taburan keju di atas pasta yang lebih menggugah selera

Buatan Indonesia, cita rasa Italia!

Raja keju dunia bisa Anda nikmati dengan mudah sekarang!

Untuk cita rasa restoran bintang lima

Parmesan batangan berkualitas tinggi dengan aging process hingga 24 bulan

Yuk, berkreasi dengan banyak menu masakan!

Keju parmesan spesial untuk para vegan

Harga mulai dariRp 27.000,00Rp 57.200,00Rp 216.000,00Rp 32.000,00Rp 129.500,00Rp 174.000,00Rp 75.000,00Rp 85.900,00Rp 88.400,00Rp 80.900,00
Isi100 gram, 200 gram, 1 kg, 2 kg80 gram800 gram100 gram300 gram200 gram80 gram100 gram85 gram, 226 gram123 gram
TipeBubukBubukBatangan BubukBubukBatangan BubukBatangan BubukBubuk
Jenis kejuKeju organik khas Mediterania dari susu sapi murniTidak ada keteranganKeju alami dari susu sapi murniKeju alami dari susu sapi murniKeju lokal hasil fermentasi susu sapi murniKeju Parmigiano-Reggiano DOPKeju alami dari susu sapi murni asli Italia hasil kombinasi hard cheesesKeju DOP usia 9–24 bulanReal grated parmesanKeju vegan
Asal bahan bakuAustraliaAmerika SerikatNew ZealandAustraliaIndonesiaItaliaItaliaItaliaAmerika SerikatIndonesia
KomposisiSusu pasteurisasi, kultur, garam, rennetTidak ada keteranganSusu pasteurisasi, garam, kultur starter, enzim lipose, rennetSusu pasteurisasi, garam, kultur starter, non-animal rennetSusu sapi segar, rennet, starter bakteri, garamSusu sapi, garam, rennetSusu murni (unpasteurised milk), susu pasteurisasi, garam, rennet, egg lysosymeSusu murni (unpasteurised milk), garam, rennet, egg lysozymeSusu skim pasteurisasi, cheese culture, garam, enzymes, cellulose powder, potassium sorbateKacang mete organik, nutritional yeast, garam himalaya, bubuk garlic
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar keju parmesan

Pertanyaan umum seputar keju parmesan

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar keju parmesan. Jika Anda masih penasaran, silakan simak jawabannya di bawah ini!

Apa kesulitan dalam pemaikan keju parmesan?

Keju parmesan memiliki rasa yang strong dan asin sehingga Anda harus berhati hati saat menggunakannya sebagai topping.

Apa manfaat mengonsumsi keju parmesan?

Selain lezat, keju parmesan mengandung banyak kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Resep membuat hidangan lezat dan mudah dengan keju parmesan

Resep membuat hidangan lezat dan mudah dengan keju parmesan
Keju parmesan dapat menjadi tambahan bumbu yang akan membuat rasa masakan menjadi lebih lezat daripada yang biasanya. Selain hidangan seperti salad dan pasta, Anda juga dapat menaburkan keju parmesan di atas sup untuk sensasi rasa yang lebih kaya dan lezat.

Di samping itu, keju parmesan juga cocok untuk melengkapi rasa dari hidangan camilan. Misalnya, Anda dapat menaburkan keju parmesan di atas kulit pangsit yang telah dilapisi dengan sedikit mayones. Gulung pangsit tersebut, kemudian goreng atau panggang di dalam oven hingga matang sempurna. Camilan modis ini sangat cocok disajikan bersama minuman anggur!


Tak ketinggalan, keju parmesan akan sempurna untuk melengkapi makanan penutup Anda! Coba taburkan di atas es krim vanila untuk menjadikannya dessert yang manis dan gurih. Meski Anda menaburkannya di atas es krim yang berharga murah sekalipun, hidangan tersebut akan terasa lebih mewah dan kaya rasa berkat taburan keju parmesan.

Cara menyimpan keju alami yang terus bertambah usia

Cara menyimpan keju alami yang terus bertambah usia
Berbeda dengan keju olahan, keju alami akan terus mengalami kematangan atau pertambahan usia. Meskipun tanggal best before-nya sudah tercantum di kemasan, keju alami tetap akan menua. Jadi, Anda bisa memakannya tanpa terlalu memikirkan tenggat kedaluwarsa.

Namun, hindari tempat penyimpanan yang panas dan lembap untuk tipe bubuk dan batangan agar rasanya tidak hilang. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya di dalam kulkas. Terlebih jika Anda membeli dalam jumlah banyak, simpanlah keju bubuk di dalam freezer. Dengan begitu, Anda akan tetap dapat merasakan keju dengan tekstur yang lembut dan halus.


Untuk keju batangan, sebaiknya Anda menyegel atau membungkusnya dengan rapat. Hal ini perlu dilakukan agar kualitas rasanya tetap terjaga. Akan lebih baik jika Anda membungkus keju tersebut secara rapat dengan plastik wrap dan kemasan ziplock. Simpanlah di bagian tempat penyimpanan sayuran di dalam kulkas. Jadi, Anda bisa menikmati aroma dan rasanya yang kaya dalam waktu lama.

Baca juga rekomendasi produk keju lainnya di sini

Di artikel ini kami membahas dan merekomendasikan produk keju parmesan terbaik. Selanjutnya, mungkin Anda ingin membeli keju cheddar, mozzarella, atau cream cheese untuk menghidangkan masakan rumahan. Jika Anda tertarik ingin berbelanja produk keju lainnya, silakan baca artikel berikut ini!

Kesimpulan

Apakah Anda telah menemukan produk keju parmesan yang cocok di hati? Keju parmesan bubuk akan meningkatkan rasa hidangan di rumah dan restoran Anda. Sementara itu, keju parmesan dalam bentuk bongkahan padat sangatlah nikmat disajikan bersama buah-buahan atau segelas anggur.

Sesekali Anda pun berhak memanjakan lidah dengan keju kelas dunia, Parmigiano-Reggiano. Selamat memilih produk keju parmesan terbaik dan berkreasi dengan berbagai resep masakan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Salah satu cara yang dilakukan agar dapat menaikkan berat badan anak adalah memberikan susu penggemuk badan anak. Ada banyak merek susu untuk penambah berat badan anak yang beredar, seperti Dancow, PediaComplete, atau Curcuma Plus.Kali ini kami akan membagikan tips memilih susu penambah berat badan untuk anak. Kami juga akan merekomendasikan susu anak tinggi kalori yang bagus dan sesuai dengan usia anak. Selain itu, terdapat juga komentar dari ahli gizi, Leona Victoria untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Produk susu
  • 10 Whipped Cream Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whipped Cream Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan krim kocok atau whipped cream. Whipped cream memiliki rasa dan tekstur yang lembut serta creamy. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream sering dipakai untuk menghias milkshake atau frappuccino. Di antara banyaknya merek whipped cream, manakah yang sebaiknya Anda pilih?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipping cream yang bagus. Terdapat pula rekomendasi whipped cream dari berbagai merek, seperti Anchor, Elle & Vire, dan Greenfields. Sebagai informasi, artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Baca artikelnya, yuk!
    Produk susu
  • 10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Susu adalah minuman bergizi yang harus diberikan pada anak sejak usianya masih batita hingga sekolah. Salah satu susu anak yang populer sejak lama adalah Dancow. Dancow sudah bertahun-tahun menutrisi anak-anak Indonesia. Jadi, tidak ada keraguan lagi untuk Anda pun turut memberikan susu Dancow kepada buah hati.Dancow memiliki banyak varian susu, mulai dari Dancow full cream, Dancow FortiGro, Dancow Nutritods, dan sebagainya. Jika Anda sedang mencari susu Dancow untuk buah hati, inilah artikel yang tepat. Kami akan membantu Anda memilih susu Dancow dan memberikan rekomendasi susu Dancow terbaik. Selamat membaca!
    Produk susu
  • 10 Yoghurt Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Yoghurt Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Yoghurt memiliki berbagai manfaat seperti memberi nutrisi dan melancarkan pencernaan (sembelit). Yoghurt ada banyak macamnya, mulai dari stirred yoghurt, greek yoghurt, hingga yoghurt drink. Varian rasanya pun beragam, ada plain, rasa buah, hingga yoghurt dengan aneka topping.Kami akan membagi tips memilih yoghurt untuk Anda. Ada yoghurt rendah gula yang bagus untuk diet hingga yoghurt yang cocok dikonsumsi anak-anak dan bumil. Kami juga akan merekomendasikan yoghurt enak dari berbagai merek, seperti Elle & Vire, Heavenly Blush, YUMMY, dan Cimory. Artikel ini telah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. 
    Produk susu
  • 10 Susu UHT yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu UHT yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Susu UHT (ultra-high temperature) merupakan jenis susu yang cukup populer. Susu UHT full cream sering dipakai sebagai campuran MPASI untuk bayi 6 bulan atau diminum oleh anak 1 tahun. Varian rasanya yang beragam membuat susu ini digemari oleh anak-anak dan orang dewasa.Banyaknya susu UHT yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih produk UHT yang paling bagus. Karena itu, kami akan memberikan rekomendasi susu UHT terbaik, seperti merek Cimory, Ultra Mimi, Prenagen, dan Greenfields. Kami juga akan menginformasikan cara memilih susu UHT yang tepat. Selamat membaca!
    Produk susu
  • 10 Yoghurt Plain Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Yoghurt Plain Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Yoghurt memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta dapat digunakan sebagai salah satu perawatan wajah. Yoghurt yang banyak Anda jumpai di pasaran mungkin memiliki berbagai varian rasa. Namun, kali ini kami akan khusus membahas mengenai yoghurt plain. Dari sekian banyak produk yang beredar di pasaran, manakah yang tepat untuk dipilih? Temukan tips praktis untuk memilih yoghurt plain terbaik dalam artikel kali ini. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi merek yoghurt plain yang enak, seperti Greenfields, Cimory, dan Biokul. Ikuti terus informasinya dan segera tentukan produk favorit Anda!
    Produk susu
  • 10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang sangat digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak, yoghurt juga memiliki banyak manfaat bagi pencernaan. Tetapi, yoghurt di pasaran banyak yang memiliki kandungan pengawet di dalamnya. Tidak usah khawatir, membuat yoghurt yang aman itu tidak sulit dan bisa dilakukan di rumah.Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai yoghurt dan cara memilih bibit yoghurt yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk bibit yoghurt merek Biokul, dan Greenfields. Pilihlah bibit terbaik untuk hasil yoghurt yang menyehatkan bagi Anda!
    Produk susu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori