10 Rekomendasi Kursi Outdoor Terbaik yang Berbobot Ringan (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kursi Outdoor Terbaik yang Berbobot Ringan (Terbaru Tahun 2018)

Kursi outdoor banyak digunakan untuk aktivitas di luar rumah seperti berkemah, naik gunung, dan sebagainya. Di antara banyaknya pilihan, kursi outdoor yang berbobot ringan lebih mudah disimpan dan praktis untuk dibawa bepergian. Ada berbagai macam hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli kursi outdoor, seperti tinggi permukaan tempat duduk, kenyamanan kursi, dan sebagainya.

Dewasa ini, mulai banyak kursi yang didesain dengan daya dukung beban yang besar sehingga dapat digunakan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.Di artikel ini kami akan membagi tips cara memilih kursi outdoor yang baik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk ternama seperti Naturehike dan Dhaulagiri. Simak artikel ini dan temukan kursi outdoor favorit Anda!

Daftar isi

Cara memilih kursi outdoor yang berbobot ringan

Selanjutnya, bagaimana cara memilih kursi outdoor yang baik? Beberapa poin di bawah ini secara khusus kami bagikan kepada Anda.

Pilihlah desain kursi outdoor yang sesuai dengan tema acara Anda

Pertama-tama, mari kita memilih kursi berdasarkan acara Anda dengan mempertimbangkan tinggi permukaan kursi dan desain.

Kursi yang pendek dan ringan, umumnya digunakan untuk berkemah

Kursi yang pendek dan ringan, umumnya digunakan untuk berkemah

Permukaan kursi outdoor untuk berkemah terbagi menjadi dua macam, yaitu permukaan kursi yang pendek dan yang panjang. Namun, karena terbatas pada kursi yang berbobot ringan, kursi dengan permukaan yang panjang tidak dapat menjadi pilihan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan kursi outdoor dengan permukaan yang rendah untuk kegiatan berkemah. Standarnya, kursi dengan permukaan rendah memiliki tinggi 3-40 cm. Apabila Anda terlanjur membeli kursi kemah yang permukaannya tinggi, sebaiknya tidak terpaku pada bobotnya, tetapi perhatikanlah kekuatan dan stabilitasnya.

Apabila digunakan untuk kursi indoor, pilihlah yang kompatibel dengan interior ruangan

Apabila digunakan untuk kursi indoor, pilihlah yang kompatibel dengan interior ruangan

Sejatinya, kursi outdoor yang berbobot ringan praktis juga untuk digunakan sebagai kursi indoor. Namun, apabila hanya mementingkan dari segi bobotnya saja, pilihan desain dan bentuknya menjadi sangat terbatas. Oleh karena itu, apabila Anda ingin menekankan pada bobot kursi yang ringan, bentuk dan desain kursi merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Untuk kursi outdoor yang dapat juga dipakai untuk indoor, biasanya memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan kursi yang khusus untuk outdoor saja.

Kursi yang stabil lebih nyaman digunakan

Seberapa pun ringannya kursi, apabila tidak dapat digunakan dengan nyaman, hal itu menjadi tidak berarti. Oleh sebab itu, marilah kita periksa fungsi-fungsi penting seperti bantalan beban dan sandaran kursi.

Kursi berkaki dua untuk bobot yang ringan, kursi berkaki empat untuk duduk dengan leluasa

Kursi berkaki dua untuk bobot yang ringan, kursi berkaki empat untuk duduk dengan leluasa

Kursi outdoor terbagi menjadi dua macam, yaitu yang berkaki dua dan yang berkaki empat. Komponen kursi outdoor yang berkaki dua berjumlah lebih sedikit dibandingkan dengan kursi outdoor yang berkaki empat. Hal tersebut membuat bobot kursi outdoor yang berkaki dua jauh lebih ringan. Namun, kursi outdoor yang berkaki dua agak kurang stabil sehingga Anda harus menopang sebagian beban tubuh Anda dengan kaki. Sebaliknya, dengan kursi outdoor berkaki empat Anda bisa duduk dengan lebih nyaman tanpa perlu menopang berat badan Anda. Akan tetapi, dibandingkan dengan kursi outdoor yang berkaki dua, kursi outdoor yang berkaki empat memiliki bobot yang jauh lebih berat.

Apabila Anda ingin mencari kursi outdoor yang berbobot ringan pilihlah yang berkaki dua. Di sisi lain, apabila Anda ingin mencari kursi outdoor yang stabil dan nyaman pilihlah yang berkaki empat.

Periksalah kapasitas beban untuk memastikan stabilitas kursi outdoor Anda

Periksalah kapasitas beban untuk memastikan stabilitas kursi outdoor Anda

Ketika membeli kursi outdoor yang berbobot ringan, sering kali kita mengabaikan kapasitas beban yang dapat ditanggung oleh kursi tersebut. Pada umumnya, kursi outdoor yang ringan mampu menahan berat antara 80 kg sampai 120 kg. Namun, sebaiknya konfirmasikan terlebih dahulu kapasitas kursi tersebut sebelum membelinya.

Banyak orang berpikir bahwa berat badan mereka adalah berat ideal yang pasti dapat ditopang oleh kursi outdoor. Namun, saat berkemah bersama keluarga, ada kemungkinan Anda melompat dengan gegabah di atas kursi sehingga dapat menyebabkan kursi menjadi tidak stabil dan terjatuh. Hal ini mungkin berlawanan dengan memilih kursi outdoor berbobot ringan, tetapi sedapat mungkin pilihlah kursi outdoor yang dapat menampung banyak kapasitas beban.

Perbedaan tinggi sandaran kursi dapat mempengaruhi kenyamanan duduk Anda

Perbedaan tinggi sandaran kursi dapat mempengaruhi kenyamanan duduk Anda

Tergantung dari jenis produknya, kursi outdoor memiliki tinggi sandaran yang berbeda-beda. Ada yang tinggi sandarannya sampai di kepala dan ada juga yang hanya sampai setinggi punggung. Untuk orang yang berbadan tinggi, akan lebih baik apabila memilih kursi outdoor yang memiliki sandaran tinggi. Namun, terlepas dari tinggi badan, memilih kursi outdoor berdasarkan ukuran dan tingginya merupakan faktor penting yang akan memengaruhi kenyamanan duduk Anda.

Hal ini mungkin juga berlawanan dengan memilih kursi outdoor yang berbobot ringan. Akan tetapi, kenyamanan yang Anda dapatkan juga jauh lebih banyak dengan memilih sandaran kursi yang tinggi. Biasanya, hanya dengan dicoba duduk secara langsung Anda bisa menentukan kenyamanan sebuah kursi. Namun, apabila Anda membelinya di online shop dan merasa kesulitan mencobanya, Anda dapat menilai kenyamanan kursi tersebut berdasarkan ulasan atau review dari pembeli yang lain.

Kursi dengan jaring-jaring angin, untuk digunakan pada musim kemarau yang panas

Kursi dengan jaring-jaring angin, untuk digunakan pada musim kemarau yang panas

Apabila kursi outdoor tidak memiliki jaring-jaring angin yang memadai dapat membuat punggung atau pinggang menjadi pegal dan sakit. Pada umumnya, kursi outdoor menggunakan bahan mesh yang memiliki jenis jaring berbeda-beda tergantung dari pabriknya. Terutama pada saat berkemah pada musim kemarau, kursi outdoor yang memiliki jaring-jaring akan membuat Anda dapat tetap duduk dengan nyaman. Jadi, sebelum membeli, periksalah apakah kursi outdoor tersebut memiliki jaring-jaring angin atau tidak.

Meskipun kenyamanan kursi yang kita beli di online shop hanya bisa dinilai berdasarkan dari review dan ulasan pembeli lain, tetapi jaring-jaring angin ini dapat langsung terlihat pada produknya. Oleh sebab itu, periksalah juga gambar atau foto-foto yang dicantumkan oleh seller di online shop.

Pilihlah produk yang mudah dirakit dan mudah disimpan agar lebih praktis

Untuk kursi outdoor berbobot ringan, penting untuk memilih kursi yang mudah dirakit dan mudah disimpan. Berikut ini penjelasannya.

Agar mudah digunakan, pilihlah kursi outdoor dengan susunan part yang simpel

Agar mudah digunakan, pilihlah kursi outdoor dengan susunan part yang simpel

Karena kursi outdoor biasanya sering dibawa-bawa dan dilipat, sebaiknya pilihlah kursi yang mudah dirakit. Sekalipun kursi tersebut berbobot ringan, akan menjadi tidak praktis apabila terdapat dua atau lebih bagian kursi yang perlu dirakit sebelum digunakan. Hal tersebut akan membuat Anda jadi jarang memakainya, bukan?

Sekilas memang kursi outdoor tampak mudah untuk dirakit. Namun, pada kenyataannya ada beberapa kursi outdoor yang membutuhkan banyak tenaga untuk merakitnya. Karena itu, bacalah juga informasi mengenai cara perakitan kursi tersebut sebelum membelinya.

Pilihlah yang dilengkapi dengan atau tanpa kantong penyimpanan

Pilihlah yang dilengkapi dengan atau tanpa kantong penyimpanan

Seberapa pun ringannya kursi tetap akan menjadi kurang praktis apabila ukurannya tidak sesuai dengan ruang penyimpanan. Oleh karena itu, perhatikanlah ukuran kursi yang akan Anda beli. Anda dapat mengasumsikan ukuran tempat penyimpanan dengan mengukur ruang di dalam mobil atau di rumah ketika kursi sedang tidak terpakai.

Selain itu, beberapa kursi outdoor juga banyak yang dilengkapi dengan kantong penyimpanan. Hal tersebut membuat kursi menjadi sangat praktis untuk disimpan di dalam koper atau dibawa dalam perjalanan tur sepeti mendaki gunung misalnya. Karena itu, periksalah juga apakah kursi outdoor tersebut dilengkapi dengan kantong atau tidak.

10 Rekomendasi kursi outdoor terbaik yang berbobot ringan

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk dalam bentuk peringkat yang dapat Anda beli dengan mudah di online shop. Temukanlah kursi outdoor favorit Anda yang dapat digunakan untuk berbagai acara menarik, seperti berkemah atau BBQ party!

10. Mini Chair Portable

10. Mini Chair Portable

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Kursi lipat unik dengan tiga penopang kaki

Kursi lipat ini terbuat dari bahan plastik ringan yang mudah untuk dibawa bepergian. Selain itu, ukurannya yang mini juga membuat kursi ini tidak memerlukan banyak tempat penyimpanan. Sangat praktis untuk Anda bawa ketika ingin memancing atau piknik di taman dekat rumah, bukan?

Dudukan kain yang menjorok ke dalam terasa sangat pas menempel dengan pantat Anda. Tersedia pula dua pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan kesukaan. Simpel dan praktis, produk ini cocok juga untuk Anda pakai di rumah pada saat ada acara keluarga sebagai kursi tamu tambahan.

9. Naturehike Portable Folding Stool

9. Naturehike Portable Folding Stool

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 255.000

Dengan pilihan warna-warna natural yang cocok dipakai oleh pria dan wanita

Kursi outdoor produksi Naturehike ini terbuat dari bahan kain oxford, yaitu bahan kain dengan tekstur yang sedikit tebal, tetapi tetap lentur. Kain yang banyak dipakai untuk bahan pembuatan baju ini akan membuat kursi tidak lekas panas meskipun diduduki terlalu lama.

Kaki-kaki kursi yang terbuat dari aluminium dengan sedikit gelombang pada bagian bawahnya membuat produk ini dapat berdiri dengan stabil. Didesain dengan dua pilihan warna putih dan hitam yang natural, kursi ini cocok untuk digunakan baik oleh pria maupun wanita.

8. Kursi Lipat Camping Ringan

8. Kursi Lipat Camping Ringan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Aneka pilihan warnanya siap menemani hari-hari Anda!

Pernah merasa lelah berdiri menunggu di halte busway dan tidak mendapat tempat duduk? Kursi ini bisa jadi solusinya. Sandaran punggung yang terdapat pada produk ini dapat membuat Anda dapat duduk dengan nyaman di mana pun dan kapan pun. Dilengkapi dengan kantong, produk ini menjadi lebih ringkas untuk Anda bawa bepergian.

Ditambah lagi, kursi ini ditopang oleh empat kaki sehingga dapat berdiri dengan stabil. Tersedia tiga pilihan warna yaitu hijau, merah, dan biru, produk ini bisa Anda pilih untuk menemani aktivitas harian Anda! Jadi tunggu apalagi? Silakan dibeli!

7. Naturehike Alloy Foldable Chiar

7. Naturehike Alloy Foldable Chiar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 640.000

Sandaran tinggi, tahan air, dan breathable

Kursi ini merupakan inovasi terbaru dari Naturehike yang diciptakan khusus untuk menemani aktivitas outdoor Anda. Desain sandaran yang tinggi membuat Anda dapat bersandar dengan lebih nyaman. Selain itu, jaring-jaring angin di bagian kiri dan kanannya dapat melancarkan sirkulasi udara sehingga kursi tidak mudah berbau apak.

Kursi ini juga terbuat dari bahan yang tahan air sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila kehujanan. Bahannya yang kuat cocok untuk Anda gunakan pada berbagai macam acara outdoor, seperti camping, hiking, piknik, dan lain sebagainya.

6. Chanodug Folding Blue Chair

6. Chanodug Folding Blue Chair

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 590.000

Warna biru yang cerah, memberi kesan yang ceria

Kursi ini didesain dengan rangka besi bercat biru yang mampu memberikan kesan ceria pada ruangan Anda. Kursi lipat ini dirancang pula dengan bahan yang kuat sehingga cocok untuk kegiatan outdoor, seperti golf, camping, atau piknik. Desainnya yang simpel dan warnanya yang soft membuat produk ini cocok untuk digunakan oleh baik pria maupun wanita.

Jaring-jaring angin pada bagian belakangnya mampu menjaga punggung Anda tetap sejuk meskipun digunakan untuk duduk lama. Selain itu, kursi ini dapat dilipat sehingga praktis untuk dimasukkan ke dalam koper dan dibawa bepergian.

5. Dhaulagiri Folding Chair Outdoor Camping

5. Dhaulagiri Folding Chair Outdoor Camping

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 385.000

Lebih stabil dengan empat kaki penyangga dan mudah di bawa ke mana pun!

Kursi lipat produksi Dhaulagiri ini dirancang dengan empat kaki untuk menyangga beban tubuh Anda. Ukuran kursinya yang kecil dan nyaman cocok digunakan untuk anak-anak. Selain untuk anak-anak, bentuknya yang kecil juga pas untuk hewan peliharaan Anda di rumah, seperti anjing atau kucing.

Produk ini dilengkapi dengan tas sehingga dapat dengan mudah dibawa bepergian. Karena dapat dilipat dan praktis dibawa bepergian, kursi ini cocok untuk Anda pakai pada acara kemah atau memancing di danau. Bentuknya yang mungil dan simpel, produk ini juga cocok untuk Anda gunakan untuk menghias interior rumah Anda.

4. Eiger Camp Chair-Black

4. Eiger Camp Chair-Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 519.000

Ingin merasakan sensasi tertidur di kursi dengan nyaman? Kursi ini cocok untuk Anda

Hampir mirip dengan produk sebelumnya, kursi buatan Eiger ini cocok untuk Anda gunakan pada acara outdoor seperti camping, piknik, dan lain sebagainya. Bedanya, kursi ini memiliki ukuran tinggi dan lebar yang lebih besar sehingga nyaman untuk digunakan oleh orang dewasa.

Produk ini terbuat dari bahan nylon yang lembut sehingga membuat Anda dapat duduk dengan nyaman hingga tertidur pulas. Selain itu, kursi ini juga dilengkapi dengan kantong yang memudahkan Anda untuk membawanya bepergian. Karena sandarannya yang lebar dan tinggi, kursi ini juga dapat Anda manfaatkan untuk tidur dengan nyaman pada saat siang hari di rumah.

3. Naturehike Folding Moon Chair

3. Naturehike Folding Moon Chair

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 549.900

Kaki kursi berbahan logam alloy emas atau perak yang memberikan kesan mewah dan elegan

Empat bantalan karet di ujungnya membuat kursi ini dapat berdiri dengan lebih stabil dan tidak mudah oleng. Di sisi lain, kursi outdoor ini juga dilengkapi dengan tas sehingga dapat disimpan dengan rapi ketika tidak digunakan. Dengan kombinasi kain kursi hitam dan abu-abu yang natural, kursi ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu menyukai warna yang mencolok.

Kaki kursinya terbuat dari bahan logam alloy dengan pilihan warna emas atau perak yang mewah. Sandaran yang nyaman cocok untuk Anda pakai ketika pergi ke pantai atau untuk bersantai bersama keluarga. Produk ini cocok juga untuk Anda hadiahkan kepada teman atau kolega Anda yang menyukai kegiatan outdoor.

2. Dhaulagiri Folding Chair Outdoor Camping Etnic

2. Dhaulagiri Folding Chair Outdoor Camping Etnic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 360.000

Kursi berdesain tribal yang siap menemani berbagai macam acara Anda!

Kursi buatan Dhaulagiri ini merupakan kursi outdoor yang memiliki desain yang unik. Bahannya terbuat dari kain nylon yang lembut dan breathable sehingga sangat nyaman digunakan. Kaki kursi berwarna oranye yang senada dengan kainnya memberikan kesan antik dan unik di kursi ini.

Di samping itu, kursi ini juga dilengkapi dengan tas jinjing dengan desain senada untuk memudahkan Anda ketika menyimpannya. Desainnya yang apik dan kualitasnya yang bagus membuat kursi ini dapat digunakan baik sebagai kursi indoor maupun outdoor. Sangat praktis bukan memiliki satu kursi yang dapat dipakai untuk berbagai macam acara Anda?

1. Helinox Tactical Chair/Multicam

1. Helinox Tactical Chair/Multicam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.555.000

Mencari kursi outdoor yang memiliki desain army yang keren? Kursi ini dapat Anda jadikan pilihan

Di peringkat pertama terdapat kursi merek Helinox yang telah memenangkan penghargaan Chair One sebagai kursi camping pertama yang dikemas dengan desain minimalis dan ringan. Kursi outdoor produksi negeri ginseng ini dilengkapi dengan saku kecil pada kedua sisinya yang dapat Anda gunakan untuk meletakkan handphone atau benda kecil lainnya.

Uniknya lagi, di bagian belakang kursi ini terdapat tempat untuk meletakkan lampu velcro sehingga memudahkan Anda untuk melihat di malam hari. Produk ini didesain khusus untuk menemani berbagai macam acara outdoor Anda seperti hiking, camping, piknik, berburu, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah ada produk yang menarik perhatian Anda? Pada artikel kali ini kami telah merekomendasikan beberapa produk kursi outdoor yang berbobot ringan, tetapi tetap kuat dan nyaman. Pasti akan sangat menyenangkan bukan memiliki satu kursi outdoor favorit Anda untuk pergi berkemah atau sekadar melihat pemandangan? Oleh sebab itu, temukanlah produk kesukaan Anda dan cobalah untuk pergi ke tempat-tempat menarik yang menyenangkan.