1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Perlengkapan outdoor
  6. >
  7. 10 Kursi Outdoor Terbaik yang Berbobot Ringan - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kursi Outdoor Terbaik yang Berbobot Ringan - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kursi Outdoor Terbaik yang Berbobot Ringan - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kursi Outdoor Terbaik yang Berbobot Ringan - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kursi Outdoor Terbaik yang Berbobot Ringan - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kursi Outdoor Terbaik yang Berbobot Ringan - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kursi Outdoor Terbaik yang Berbobot Ringan - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Kursi outdoor banyak digunakan untuk aktivitas di luar rumah, seperti camping, mendaki gunung, atau rekreasi. Di antara banyaknya pilihan, kursi outdoor yang berbobot ringan tentu lebih praktis untuk dibawa bepergian. Namun. hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika akan membeli kursi outdoor?

Pada artikel ini kami akan membagi tips cara memilih kursi outdoor yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan beberapa kursi terbaik dari merek ternama, seperti Naturehike, Eiger, dan Dhaulagiri. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Jadi, silakan disimak, ya!

Diperbaharui 10-20-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kursi outdoor yang berbobot ringan

Membawa kursi outdoor yang ringan akan mengurangi beban saat mendaki gunung atau berwisata. Mari perhatikan beberapa poin di bawah ini sebelum memutuskan membelinya.

① Ketahui beberapa tipe kursi outdoor berbobot ringan

Menurut tipenya, kursi outdoor berbobot ringan kami kelompokkan menjadi tiga. Masing-masing tipe tersebut memiliki spesifikasi unggulannya yang berbeda-beda. Ada yang lebih cocok untuk backpacker, ada juga yang lebih cocok untuk camping santai. Silakan Anda pilih yang paling pas sesuai kebutuhan.

Bangku tiga kaki (tripod): Dudukannya sempt, tetapi ringan dan praktis

Jelas seperti namanya, tripod stool memiliki tiga kaki. Saat backpacking, tentu kepraktisan dan ringkasnya bawaan menjadi salah satu faktor penting. Kursi tipe ini ringan dan ringkas dibawa bepergian. Tipe tripod stool ini sangat bandel untuk dibawa dan digunakan dalam segala kegiatan outdoor, terutama backpacking. Dengan membawa tripod stool, perjalanan Anda dijamin tak akan bertambah berat. Kekurangan dari tripod stool adalah dudukannya yang sempit sehingga kapasitas bebannya terlalu besar.

Bangku empat kaki: Dudukan lebih luas dengan penyangga yang kukuh

Jika Anda menginginkan bangku outdoor yang ringan tetapi kurang yakin dengan tipe tripod, Anda bisa memilih tipe empat kaki. Pada umumnya, dudukannya berbentuk persegi atau persegi panjang. Bangku empat kaki ini juga memiliki jenis kaki yang berbeda-beda, lho. Ada yang kakinya berbentuk X seperti pada gambar dan ada juga yang strukturnya lebih rumit. Meski begitu, bangku empat kaki dinilai lebih kukuh dan stabil.


Namun, desain kursi ini akan lebih memakan ruang karena dimensinya. Hal ini akan memengaruhi Anda saat ingin membawanya ke dalam tas atau menggantungnya di tas punggung.

Moon chair: Dilengkapi sandaran dan dudukan yang supernyaman

Tipe satu ini lebih cocok digunakan untuk camping santai dengan medan yang tak terlalu ekstrem. Dapat dilipat seperti tipe lainnya, moon chair (atau scoop chair) memiliki ukuran yang lebih besar. Hal itu karena kursi ini berdudukan lebar dan memiliki sandaran punggung yang luas.


Jika dibentangkan, bentuknya sekilas terlihat seperti bulan sabit karena lengkungan dari sandaran dan dudukannya. Menggunakan kursi ini, Anda akan lebih nyaman berlama-lama duduk di atasnya. Kursi ini cocok dibawa untuk menikmati api unggun dan bersantai sembari melihat sunrise atau sunset. Namun, membawa kursi ini akan membutuhkan bantuan kendaraan karena ukurannya.

② Pilih kursi outdoor yang beratnya kurang dari 1 kg

Pilih kursi outdoor yang beratnya kurang dari 1 kg

Kursi outdoor dengan sandaran punggung dan tangan biasanya memiliki bobot sekitar 2 kg atau lebih. Seiring bertambahnya ukuran, bobotnya juga bisa kian meningkat. Di sisi lain, kebanyakan kursi outdoor berbobot ringan memiliki berat hanya sekitar 1 kg saja. 


Untuk diperhatikan, bobot kursi outdoor juga dipengaruhi oleh ukuran dan struktur kursi. Jadi, jika kursi terlalu ringan, bisa jadi ukurannya terlampau kecil. 


Sebaiknya, pilih kursi yang beratnya 1 kg atau kurang sambil mempertimbangkan ukurannya dalam kondisi dirakit. Pertimbangkan pula untuk memilih kursi dengan rangka aluminium alloy yang kuat, tetapi tetap ringan.

③ Pertimbangkan ada tidaknya sandaran sesuai lokasi penggunaan

Kegiatan yang akan dilakukan mungkin akan memengaruhi kebutuhan Anda soal ada tidaknya sandaran. Jadi, pikirkan lagi tentang kegiatan Anda agar dapat menentukan kursi outdoor yang sesuai.

Kursi dengan sandaran, sangat nyaman untuk duduk bersantai

Kursi dengan sandaran, sangat nyaman untuk duduk bersantai

Tipe kursi outdoor dengan sandaran sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai. Kegiatan seperti festival, memancing, atau rekreasi akan terasa lebih menyenangkan jika menggunakan kursi outdoor jenis ini. Kursi ini biasanya mengombinasikan bahan kain dan rangka sehingga Anda akan dapat duduk dengan bersandar di atasnya.


Tipe kursi dengan sandaran pasti memiliki dimensi dan bobot yang tidak ringan. Jadi, kursi ini lebih cocok untuk kegiatan outdoor yang bisa diakses dengan kendaraan seperti mobil.

Kursi tanpa sandaran, pas untuk durasi duduk yang tak terlalu lama

Kursi tanpa sandaran, pas untuk durasi duduk yang tak terlalu lama

Anda yang hanya ingin duduk sebentar, lebih cocok menggunakan kursi tanpa sandaran. Misalnya saat Anda sedang mengantre di sebuah acara, kursi ini akan lebih mudah digunakan. Hal itu karena jenis kursi ini umumnya tidak memerlukan perakitan dan bisa dilipat dengan mudah sehingga tidak memakan waktu. Di antara kursi outdoor yang ada, kursi jenis ini paling ringkas, ringan, dan portabel.


Kursi ini bisa Anda pertimbangkan untuk dibawa naik gunung atau camping dengan durasi singkat. Bobotnya tidak akan banyak menambah beban bawaan Anda dan mudah dibawa. Terlebih beberapa produk bahkan memiliki berat sekitar 300 g saja.

④ Periksa kapasitas bebannya

Periksa kapasitas bebannya

Tiap kursi outdoor yang ringan biasanya memiliki kapasitas beban antara 50–120 kg. Jadi, sangat penting memeriksa kapasitas produk kursi outdoor yang akan Anda beli agar dapat memadai. Kekuatan kursi tidak hanya terletak pada rangka, tetapi juga pada bahan kursi tersebut. Hal ini terutama pada jahitan dan bagaimana kursi tersebut melekat pada rangka.


Beberapa kursi menggunakan 'mata ikan' sebagai tempat duduk terhadap rangkanya. Jika kualitas 'mata ikan' ini kurang baik, maka kursi bisa sobek. Selain itu, pemakaian kursi outdoor yang sesuai batas maksimal beban juga dapat membuatnya lebih awet. Namun, perlu diingat bahwa makin tinggi kapasitasnya, biasanya makin berat pula bobotnya. Hal ini karena rangka yang digunakan pun cenderung lebih tebal dan berat.

10 Rekomendasi produk kursi outdoor terbaik yang berbobot ringan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kursi outdoor berbobot ringan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pocket Chair

 Pocket Chair 1枚目

Bisa masuk kantong, kursi ini tak akan memberatkan bawaan!

2

TaffSPORT

Kursi Lipat Kotak Army

TaffSPORT  Kursi Lipat Kotak Army 1枚目

Camping makin seru dengan kursi motif loreng tentara

3

Decathlon

Quechua Camping Tripod

Decathlon Quechua Camping Tripod 1枚目

Desainnya simpel, kapasitas bebannya pun tinggi!

4

Mini Travel Portable Chair

 Mini Travel Portable Chair 1枚目

Si kecil bandel, cocok dibawa-bawa saat traveling

5

Dhaulagiri

Folding Chair Outdoor Camping Etnic

Dhaulagiri Folding Chair Outdoor Camping Etnic 1枚目

Ingin tampil beda? Coba pakai corak etnik dari Dhaulagiri ini

6

Eiger

Compact Stool Black

Eiger Compact Stool Black 1枚目

Pernak-pernik aman berkat kantong jaring pada kursi ini

7

Naturehike

Ultralight Foldable Camping Chair

Naturehike Ultralight Foldable Camping Chair 1枚目

Moon chair berbobot ringan? Sangat mungkin!

8

Arei

Lammer Folding Chair

Arei Lammer Folding Chair 1枚目

Ringan dan mudah dipasang, aluminium penyangganya sangat kukuh

9

Dhaulagiri

Folding Chair

Dhaulagiri  Folding Chair  1枚目

Kuat dan antikarat dengan rangka magnesium alloy

10

Artbox

Outdoor Mini Chair

Artbox Outdoor Mini Chair 1枚目

Sangat praktis dan karakter lucunya pasti disukai anak-anak!

Perincian produk
Close
No.1

Bisa masuk kantong, kursi ini tak akan memberatkan bawaan!

Sekilas, kursi ini mungkin terlihat seperti meja setrika. Namun, siapa yang menyangka bahwa kursi ini dapat dilipat kecil hingga cukup masuk ke kantong. Wah, keren sekali, ya? Meski memiliki banyak lipatan, kursi ini dijamin tidak mudah pecah dan patah karena rangkanya terbuat dari besi.


Oleh karena itu, kursi lipat ini sangat cocok untuk Anda yang sangat sering berkemah atau memancing. Selain karena sudah pasti awet, kenyamanan Anda juga terjamin dengan bidang dudukannya yang lebar dan ergonomis.

No.2

TaffSPORT Kursi Lipat Kotak ArmyOMHAOJCO

Mulai dari Rp43.900,00

Camping makin seru dengan kursi motif loreng tentara

Dari sekian banyak kursi outdoor lipat di pasaran, soal portabilitas, kursi ini paling juara. Kursi ini tampil sangat mini dengan dimensi kurang lebih 24 cm x 29 cm saat dibuka. Sementara itu, saat kondisi dilipat pun ukurannya tak terlalu besar.


Dengan ukuran ini, Anda akan sangat mudah membawanya ke mana pun tanpa takut berat dan ribet. Anda juga akan mendapatkan kemudahan dalam menggunakannya sebab hanya perlu membuka ikatan dan mengembangkan dudukan. Bagi Anda penggemar motif loreng tentara, kursi ini wajib Anda miliki!

No.3

DecathlonQuechua Camping Tripod8387460

Mulai dari Rp90.000,00

Desainnya simpel, kapasitas bebannya pun tinggi!

Produk ini adalah salah satu kursi outdoor yang kami rekomendasikan jika Anda membutuhkan kursi berkapasitas beban tinggi. Anda yang memiliki badan sedikit berisi akan merasa lebih aman menggunakannya. Berbahan baja sekitar 70% serta polipropilena sebesar 30%, membuat penyangganya sangat kuat dan kokoh. Untuk dudukan, kursi ini menggunakan bahan 100% poliester yang ringkas saat dilipat.

No.4

Mini Travel Portable Chair

Mulai dari Rp80.000,00

Si kecil bandel, cocok dibawa-bawa saat traveling

Kursi lipat satu ini dapat dibilang berbeda dari kursi lipat outdoor lainnya karena dudukannya bukan berbahan kain. Dudukannya yang tampak terbuat dari plastik tebal tak menghalangi bobotnya untuk tetap ringan. Dengan begitu, kursi lipat ini sangat nyaman Anda bawa bepergian. Selain itu, kursi ini juga gampang disimpan, lho. Hal itu karena bentuk lipatannya yang pipih sehingga mudah menyesuaikan ruang yang kecil sekali pun. 

No.5

DhaulagiriFolding Chair Outdoor Camping Etnic

Mulai dari Rp350.000,00

Ingin tampil beda? Coba pakai corak etnik dari Dhaulagiri ini

Kursi buatan Dhaulagiri ini merupakan kursi outdoor yang memiliki desain sederhana, tetapi tampak unik dan cantik. Corak etnik yang ditonjolkan membuatnya tampak menarik dan berbeda dari kursi serupa kebanyakan. Selain itu, sandarannya juga luas dan terasa nyaman di punggung. Untuk Anda yang menginginkan santai di area outdoor dengan tetap stylish, produk satu ini sangat patut Anda pertimbangkan.
No.6

EigerCompact Stool Black

Mulai dari Rp229.000,00

Pernak-pernik aman berkat kantong jaring pada kursi ini

Sebagai merek penghasil peralatan outdoor berkualitas, tentu kursi lipat tak luput Eiger produksi. Tak tanggung-tanggung, Eiger menghadirkan kursi lipat outdoor yang sangat fungsional. Meski ukurannya terbilang kecil, kursi lipat ini memiliki kantong di bawah dudukannya.


Kantong ini berbahan mesh yang tidak akan memberatkan kursi saat dibawa. Anda pun tak perlu takut pernak-pernik memancing hilang berkat adanya kantong ini. Meski begitu, jangan letakkan barang-barang berharga di kantong ini, ya!

No.7

NaturehikeUltralight Foldable Camping ChairYL08 NH20JJ027

Mulai dari Rp735.000,00

Moon chair berbobot ringan? Sangat mungkin!

Kukuh tak tertandingi, adalah deskripsi yang pas untuk menggambarkan produk ini. Dengan bobotnya yang terhitung ringan, kursi ini sudah menggunakan bahan yang berkualitas. Sebut saja sandaran serta dudukannya yang berbahan kain oxford 600D antisobek serta rangka aluminium alloy 7075 yang kuat dan antikarat.


Beberapa spesifikasi tersebut tentu menjadi indikator utama bahwa produk ini akan panjang umur. Perihal penyimpanannya, Anda juga tak perlu khawatir karena kursi ini sudah disertai dengan tas penyimpanan yang mudah dibawa. Untuk itu, moonchair ini sangat siap untuk menemani aktivitas travelling atau piknik Anda dan kerabat tercinta.

No.8

AreiLammer Folding ChairR14V223

Mulai dari Rp155.000,00

Ringan dan mudah dipasang, aluminium penyangganya sangat kukuh

Meski berukuran kecil dan tanpa sandaran, kursi lipat Lammer dari Arei ini memiliki struktur rangka yang mantap. Rangka aluminiumnya terdiri dari empat kaki dengan tambahan penyangga. Selain itu, terdapat pula bahan antislip yang memperkuat pijakan kursi ini sehingga tak mudah jatuh. Cara memasangnya pun amat mudah dan bobotnya juga ringan. Anda yang doyan bertualang dijamin akan sangat puas dengan produk superpraktis ini!

No.9

Dhaulagiri Folding Chair DH-109

Mulai dari Rp132.000,00

Kuat dan antikarat dengan rangka magnesium alloy

Barangkali Anda kurang yakin dengan ketahanan kursi outdoor ini saat melihat ukurannya. Namun, percayakah Anda jika kursi ini mampu menahan beban hingga 100 kg? Hal itu karena kursi ini menggunakan magnesium alloy sebagai bahan utama pada rangka. Bahan ini sendiri dikenal kuat dan antikarat.


Sementara pada dudukan, kursi ini menggunakan bahan ripstop polyester yang cukup tebal. Bahan ini juga dikenal kuat, ringan, dan tahan air. Jadi, untuk Anda yang mengutamakan bahan kuat dan tahan air, kursi ini salah satu alternatifnya!

No.10

ArtboxOutdoor Mini Chair26017412

Mulai dari Rp220.000,00

Sangat praktis dan karakter lucunya pasti disukai anak-anak!

Berkemah bersama anak sama artinya dengan siap sedia segala keperluannya. Tak hanya keperluan teknis berkemah, Anda juga harus ingat untuk menyiapkan perlengkapan anak, termasuk saat di luar tenda. Salah satu yang dapat Anda bawa untuk mereka adalah kursi lipat dari Artbox ini.


Selain praktis, ukuran kursi ini juga pas untuk dipakai anak Anda. Dudukan kuningnya sangat menarik dengan ilustrasi karakternya yang lucu. Dengan kursi ini, anak Anda dijamin betah berkemah meski raganya lelah.

Perhatikan posisi dudukan untuk tipe kursi yang dirakit

Perhatikan posisi dudukan untuk tipe kursi yang dirakit
Biasanya, kursi outdoor tidak sulit untuk dirakit. Namun, jika tidak terbiasa bisa saja posisi dudukan malah terpasang terbalik antara bagian atas dan bawahnya. Hal ini tidak hanya akan membuat duduk jadi terasa tidak nyaman, tetapi juga memunculkan risiko cedera. Oleh karena itu, sebelum merakit pastikan Anda memperhatikan dengan saksama petunjuk pemasangan dari kursi pilihan Anda.

Baca juga rekomendasi kursi untuk outdoor lainnya di sini

Kursi outdoor berbobot ringan memang lebih mudah dibawa karena tidak terlalu membebani. Namun, untuk Anda yang memiliki berat badan lebih mungkin akan kurang nyaman karena keterbatasan kapasitas beban. Kami masih memiliki rekomendasi kursi outdoor lain di bawah ini. Mungkin Anda bisa menemukan kursi outdoor yang cocok di sana!

Kesimpulan

Bagaimana, adakah produk kursi outdoor yang sudah menarik perhatian Anda? Pasti akan sangat menyenangkan jika memiliki satu kursi outdoor favorit untuk pergi berkemah atau sekadar melihat pemandangan. 

Kami telah merekomendasikan beberapa produk kursi outdoor yang berbobot ringan, tetapi tetap kuat dan nyaman. Semoga satu di antaranya menjadi produk kesukaan Anda. Segera beli dan bawa pergi ke tempat-tempat menarik dan menyenangkan, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer