1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup wajah
  6. >
  7. 10 Foundation Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Foundation Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像1枚目
  • 10 Foundation Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像2枚目
  • 10 Foundation Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像3枚目
  • 10 Foundation Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像4枚目
  • 10 Foundation Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)のアイキャッチ画像5枚目

10 Foundation Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Memasuki usia 50-an, banyak orang merasa foundation andalannya sudah tidak cocok lagi. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor usia di mana struktur kulit usia 50-an mengalami perubahan yang signifikan. Untuk itu, Anda perlu meninjau kembali koleksi makeup Anda.

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih foundation yang bagus untuk usia 50-an. Beragam rekomendasi merek foundation terbaik, seperti MAKE OVER, SKINTIFIC, dan Wardah ada dalam ulasan kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Yuk simak artikelnya!

12-30-2022更新
監修者
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata juga senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya. Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama sepuluh tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Renata Apriantiのプロフィール
ガイド
Editor mybest Indonesia
Ucha Candra

Ucha Candra, atau akrab dipanggil Ucha, adalah lulusan Universitas Brawijaya jurusan Sastra Jepang. Kecintaannya pada dunia tulis menulis mengantarkannya bergabung dengan mybest Indonesia sejak 2017. Selain menjadi content writer, kini ia juga berkesempatan menjadi editor. Kesempatan ini membawanya untuk meng-explore hobinya lebih jauh, yakni dunia skincare dan fashion. Tak hanya berupa tulisan, beberapa konten review Ucha juga bisa dilihat di akun Instagram miliknya.

Ucha Candraのプロフィール
  • 本コンテンツはmybestが独自に制作しています。メーカー等から商品・サービスの無償提供を受けることや広告を出稿いただくこともありますが、メーカー等はコンテンツの内容やランキングの決定に一切関与していません。
  • 詳しくはmybest制作・運営ポリシーをご覧ください。
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)
ランキングに掲載している商品は、hasil riset di berbagai sumber(13 Januari 2023時点)をもとにして順位付けをしています。

Makeup untuk usia 50-an, wajah terlihat lembap dan glowing

Makeup untuk usia 50-an, wajah terlihat lembap dan glowing

Di usia 50-an, kulit mulai mengalami keriput, pori-pori besar, dan kusam. Pemilihan foundation di usia ini akan berbeda dengan usia sebelumnya.


Anda perlu memilih foundation yang mengandung pelembap dan anti-aging. Anda sebaiknya memilih foundation dengan finish dewy agar wajah terkesan segar, flawless, dan glowing. Namun, dewy foundation yang terlalu mengilap juga berisiko membuat kerutan dan pori-pori tampak jelas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih foundation terbaik untuk usia 50-an

Kulit di usia 50-an mengalami banyak perubahan karena penurunan hormon. Biasanya, kulit jadi keriput, kendur,  muncul bintik hitam, dan pori-pori tampak lebih besar. Untuk menyamarkannya, mari pilih foundation untuk usia 50 tahun yang tepat untuk Anda.

① Pilih berdasarkan tipenya

Foundation terbaik adalah produk yang mampu menyamarkan permasalahan kulit Anda. Ada beberapa tipe foundation bisa Anda pilih. Dengan mengetahui karakteristiknya masing-masing, Anda bisa membuat makeup yang lebih optimal.

Liquid, mudah di-blend dan efektif menyamarkan kerutan

Liquid, mudah di-blend dan efektif menyamarkan kerutan

Di usia ini, kerutan banyak muncul di area mulut, mata, dan beberapa titik lainnya. Pilihlah foundation cair jika Anda ingin menyamarkan kerutan ini. Foundation cair akan meminimalisasi kerutan di sekitar bibir atau mata, bahkan saat Anda banyak menggerakan wajah.


Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi keriput akan terlihat mencolok. Selain itu, foundation cair juga mudah di-blend sehingga bisa digunakan oleh pemula sekalipun.

Cushion, aplikasinya mudah dan praktis

Cushion, aplikasinya mudah dan praktis

Bagi Anda yang suka dengan makeup praktis dan simpel, pilihlah foundation tipe cushion. Cushion foundation merupakan perpaduan powder dan liquid foundation yang dikemas menyerupai compact powder dengan tekstur cair.


Cushion foundation dilengkapi dengan sponge atau puff untuk memudahkan pengaplikasiannya. Anda pun tak perlu teknik khusus saat memakainya karena sangat praktis.

Cream, coveragenya tinggi dan lembap di kulit

Cream, coveragenya tinggi dan lembap di kulit

Untuk menyembunyikan age spots seperti noda dan bintik hitam di wajah, Anda bisa menggunakan concealer. Namun, concealer cenderung tebal sehingga berisiko memperjelas kerutan.


Sebagai gantinya, Anda bisa memilih foundation berbentuk cream. Meskipun hanya diaplikasikan sedikit, cream foundation punya coverage yang bagus hingga mampu menutupi bintik-bintik kecil yang menyebar di kulit wajah.


Umumnya, cream foundation dilengkapi dengan pelembap sehingga cenderung cocok untuk kulit kering. Meski demikian, sebaiknya Anda memilih foundation krim yang memiliki konsistensi dan tekstur ringan saat diaplikasikan. Hal ini untuk menghindari efek terlalu tebalnya foundation ketika digunakan.

Mineral powder, efektif untuk menyamarkan pori-pori yang besar

Mineral powder, efektif untuk menyamarkan pori-pori yang besar

Saat Anda memasuki usia 50-an, kulit yang mengendur membuat tampilan pori-pori makin membesar. Biasanya, pori-pori besar ini terlihat cukup mencolok jika dilihat dari jarak dekat. Untuk itu, pilihlah mineral powder foundation yang efektif untuk menutup pori-pori wajah secara nyaman dan aman.


Dengan foundation ini, riasan Anda tidak akan tampak tebal dan hasilnya pun natural. Sayangnya, tipe foundation ini kurang populer dan sulit ditemukan di Indonesia.

Powder, teksturnya ringan dan pas untuk kulit berminyak

Powder, teksturnya ringan dan pas untuk kulit berminyak

Powder foundation merupakan tipe foundation yang memiliki kandungan minyak lebih sedikit daripada foundation cair. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit cenderung berminyak.


Ada dua tipe powder foundation, yakni pressed powder atau bedak padat, dan loose powder atau bedak bubuk. Hal yang membedakan pressed powder dan loose powder adalah tingkat coverage dan hasil akhir riasan.


  • Foundation bedak padat memiliki coverage yang lebih tinggi dengan hasil akhir flawless
  • Foundation bedak bubuk menghasilkan coverage sedang dengan hasil akhir riasan yang tampak natural

Stick, coverage yang tinggi untuk menyamarkan ketidak sempurnaan kulit

Stick, coverage yang tinggi untuk menyamarkan ketidak sempurnaan kulit

Foundation berbentuk stick dapat mengoreksi warna kulit atau hyperpigmentation secara menyeluruh dibandingkan concealer. Produk ini memiliki kandungan minyak yang paling banyak dibandingkan dengan tipe foundation yang lainnya. Foundation ini memiliki daya coverage tinggi yang mampu menyembunyikan setiap masalah kulit usia 50-an.

② Sesuaikan warna foundation dengan warna kulit wajah dan leher

Sesuaikan warna foundation dengan warna kulit wajah dan leher

Pemilihan warna merupakan poin penting dalam memilih foundation untuk usia 50 tahun. Memilih warna yang cocok dengan warna leher dan kulit akan menghasilkan makeup yang optimal. Pastikan Anda memperhatikan poin-poin di bawah ini agar Anda mendapatkan warna foundation yang sesuai.


  • Cocokkan warna kulit pergelangan tangan dengan warna foundation. Anda dapat mengamati warna kulit di bagian dalam pergelangan tangan Anda. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam menemukan warna foundation yang tepat.

  • Pilih warna foundation yang berfungsi sebagai color corrector untuk kulit yang bermasalah. Misalnya, foundation dengan basis warna pink dapat meng-cover kulit wajah yang kusam supaya lebih memiliki rona. Anda dapat memilih warna foundation yang berseberangan dengan warna kulit yang bermasalah.

  • Bila Anda memiliki warna kulit kekuningan, pilihlah foundation dengan warna komplementer. Sebaiknya, Anda memilih warna foundation yang mendekati warna kulit asli Anda. Anda juga dapat memilih foundation yang berfungsi sebagai color corrector untuk dapat mencakup semua warna kulit.

③ Cegah kulit kering dengan foundation yang tinggi pelembap

Cegah kulit kering dengan foundation yang tinggi pelembap
Untuk kulit kering dengan kerutan halus dan terasa kasar, pilihlah foundation yang mengandung pelembap. Foundation dengan kandungan pelembap membuat wajah Anda tampak glowing dan tidak membuat kulit makin kering. Kandungan pelembap yang umumnya ada di foundation, di antaranya hyaluronic acid, olive extract, shea butter, dan jojoba oil.

Ketika Anda memilih foundation di toko offline, Anda dapat mencoba sampelnya terlebih dahulu. Jika foundation tersebut mudah menyatu secara lembut di kulit, Anda dapat membelinya. Namun, jika Anda membelinya secara online, pastikan foundation yang Anda pilih mengandung pelembap.

④ Periksa nilai SPF dan PA untuk melindungi kulit dari sinar UV

Periksa nilai SPF dan PA untuk melindungi kulit dari sinar UV

Paparan sinar UV dapat menyebabkan berbagai permasalahan kulit, seperti warna kulit tidak merata, kulit kering, munculnya noda hitam dan kerutan. Karena itu, sebaiknya Anda memilih foundation yang mengandung proteksi UV.


Anda bisa memilih foundation yang memiliki nilai SPF/PA sesuai dengan kebutuhan Anda. SPF 15 hingga 25 dengan PA++ sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari. Akan tetapi, ketika Anda berkegiatan outdoor dalam waktu lama, Anda disarankan menggunakan SPF 50+ dengan PA++++.

10 Rekomendasi foundation terbaik untuk usia 50-an

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk foundation terbaik untuk usia 50-an yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.

Tips mengaplikasikan foundation untuk kulit 50-an

Tips mengaplikasikan foundation untuk kulit 50-an
Banyak orang mengeluhkan foundation yang tidak bisa melekat sempurna di kulit yang menua. Kali ini kami akan memberikan tips cara menggunakan foundation dengan hasil yang optimal.

  • Gunakan pelembap. Jika foundation Anda tidak mengandung pelembap, gunakanlah pelembap secara terpisah. Hal ini dilakukan agar kulit Anda tidak kering sehingga foundation dapat tahan lama dan tidak mudah luntur.
  • Aplikasikan primer. Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan sebelum menggunakan foundation adalah mengaplikasikan primer terlebih dahulu. Primer akan membantu foundation menyamarkan berbagai permasalahan kulit usia 50-an.
  • Sesuaikan jenis foundation dengan aktivitas. Jika Anda akan melakukan aktivitas outdoor yang membuat Anda berkeringat, sebaiknya Anda memilih foundation dengan formula waterproof.
  • Gunakan beauty blender, sponge, atau brush. Hal ini juga bertujuan agar foundation yang Anda gunakan dapat menempel sempurna. Setelah memakai brush, ratakan kembali menggunakan sponge agar foundation lebih halus.

Saat mengaplikasikan foundation, pertama-tama, Anda dapat menggunakan jari. Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan kuas makeup khusus foundation yang memiliki permukaan datar (buffing brush). Aplikasikan kuas tersebut dengan gerakan memutar dari dalam ke luar. Tujuannya adalah untuk menutupi pori-pori kulit dan mengurangi kelebihan foundation.


Dengan melakukan tips di atas, foundation yang Anda gunakan akan bertahan lama dan tidak mudah luntur. Hasilnya, kulit wajah tampak alami dan berkilau sehat.

Baca juga rekomendasi produk skincare untuk usia 50-an di sini

Kondisi kulit usia 50-an tentu membutuhkan lebih banyak perawatan. Untuk menjaga kualitas kulit, Anda membutuhkan produk skincare yang sesuai. Berikut ini kami telah menyiapkan artikelnya untuk Anda.

Kesimpulan

Bagaimana? Saat memasuki usia 50-an, berbagai perubahan dan masalah kulit akan muncul. Anda membutuhkan foundation terbaik untuk menutupi segala kekurangan tersebut.

Beberapa foundation telah dilengkapi dengan kandungan terbaik untuk merawat kulit Anda agar tampak lebih kencang dan sehat. Silakan merujuk kepada artikel kami dan temukan foundation yang tepat. Anda pun dapat tampil cantik dan muda, serta tidak terkalahkan oleh usia.

記事で紹介した商品を購入すると、売上の一部がmybestに還元されることがあります。
各商品の紹介文は、メーカー・ECサイト等の内容を参照しております。

関連記事

人気の記事

  • 10 Cream Compact Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Cream Compact Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    Cream compact foundation adalah jenis alas bedak krim atau cair yang dipadatkan. Kaya akan minyak dan bahan pelembap, foundation jenis ini menjadi ...
    Foundation
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2023)
    Memakai makeup pada usia 40-an bisa sangat tricky. Pada usia ini pemakaian makeup memerlukan perhatian ekstra akibat beragam tanda penuaan. Saat in...
    Foundation
  • 10 Foundation Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Foundation Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    Memasuki usia 50-an, banyak orang merasa foundation andalannya sudah tidak cocok lagi. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor usia di mana struktur ku...
    Foundation
  • 10 Foundation Terbaik yang Waterproof - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Foundation Terbaik yang Waterproof - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    Foundation yang waterproof memiliki sifat tahan air, keringat, dan minyak. Produk ini sangat cocok digunakan saat sedang berlibur dan berenang di k...
    Foundation
  • 10 Foundation Terbaik untuk Keperluan Cosplay - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Foundation Terbaik untuk Keperluan Cosplay - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    Foundation merupakan kosmetik terpenting untuk menyempurnakan riasan cosplay. Dari berbagai macam jenis foundation, cosplayer membutuhkan produk ya...
    Foundation
  • 10 Foundation Terbaik dengan Sunscreen - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Foundation Terbaik dengan Sunscreen - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    Penggunaan foundation dengan sunscreen pada makeup sehari-hari bisa membantu melindungi kulit dari sinar UV. Kini banyak merek foundation yang mena...
    Foundation
  • 10 Rekomendasi Foundation Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Foundation Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    Jika selama ini Anda menggunakan foundation dari merek internasional, sekarang mungkin saatnya Anda melirik foundation lokal. Tidak disangka-sangka...
    Foundation
  • 10 Rekomendasi Cushion Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    10 Rekomendasi Cushion Foundation Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
    Cushion foundation merupakan produk kecantikan dengan coverage yang baik dan bisa diaplikasikan tanpa alas makeup lainnya. Karena itu, produk ini c...
    Foundation
  • 10 Cream Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Cream Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    Cream foundation merupakan salah satu base makeup yang memiliki banyak keunggulan. Tekstur krimnya membuatnya mudah diaplikasikan dan mampu memberi...
    Foundation
  • 10 Foundation Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    10 Foundation Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
    Menjamurnya konten kecantikan dan beauty vloggers tanah air memicu keinginan remaja untuk menggunakan makeup. Salah satu kosmetik dasar bagi remaja...
    Foundation
  • 人気のfavlist

    カテゴリから探す