10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2019)

Tidak sedikit orang dengan tipe kulit kombinasi yang kesulitan memilih foundation. Jika memilih foundation berdaya coverage tinggi, wajah cenderung menjadi kering. Di sisi lain, sebagian foundation dapat membuat daerah T zone semakin berminyak! Rasanya jadi serbasalah.

Di artikel ini, kami membagi tips memilih foundation yang cocok untuk kulit kombinasi. Kami juga merekomendasikan foundation terbaik dari Estée Lauder, BareMinerals, Christian Dior, dan lainnya hanya untuk Anda. Temukan foundation untuk kulit kombinasi yang akan menyempurnakan riasan Anda!

Daftar isi

Bagaimanakah kondisi kulit kombinasi?

Bagaimanakah kondisi kulit kombinasi?

Kulit kombinasi merupakan kondisi antara kulit kering dan kulit berminyak. Beberapa bagian wajah mengalami kelebihan minyak atau sebum dalam jumlah besar, misalnya di bagian dahi dan hidung (zona T). Sebaliknya, kondisi di bagian pipi dan dagu (zona U) cenderung mengalami masalah kulit kering.

Akibat minyak yang berlebih, zona T Anda mungkin sering mengalami kasus makeup yang kelunturan, sedangkan zona U tampak creaky dan makeup sulit melekat karena kekeringan. Tentu saja, hal ini membuat Anda kesulitan memilih jenis foundation. Karena masing-masing bagian kulit memiliki kondisi yang berbeda, Anda mungkin harus memilih foundation dengan fungsi yang sesuai untuk kulit berminyak sekaligus untuk kulit kering.

Cara memilih foundation terbaik untuk kulit kombinasi

Jadi, bagaimana cara memilih foundation yang tepat untuk kulit kombinasi? Simak tips-tipsnya di bawah ini!

Pilih foundation yang sesuai dengan kondisi kulit Anda

Ada dua jenis kulit kombinasi yaitu dengan area wajah yang dominan kering atau yang dominan berminyak. Saat memilih foundation, sesuaikanlah dengan kondisi kulit kombinasi Anda.

Jika Anda memiliki kulit kombinasi berminyak, pilih foundation bedak

Jika Anda memiliki kulit kombinasi berminyak, pilih foundation bedak

Kami menyarankan Anda untuk mengaplikasikan foundation di daerah dahi dan hidung, terutama di bagian zona T dan zona U (sekitar dagu) yang berminyak. Foundation berbentuk bedak dapat menekan kelebihan minyak dan mencegah kulit yang lengket akibat kelebihan sebum.

Terdapat dua macam foundation jenis bedak. Pertama, yang dipadatkan atau disebut dengan compact powder. Kedua, bedak tabur atau loose powder yang bertekstur seringan bedak bayi. Tipe bedak padat cocok untuk Anda yang menginginkan daya coverage ekstra. Sementara itu, tipe bedak tabur disarankan untuk Anda yang menginginkan kenyamanan dan finishing natural. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Untuk kulit kombinasi yang cenderung kering, pilih foundation cair atau krim

Untuk kulit kombinasi yang cenderung kering, pilih foundation cair atau krim

Foundation cair atau krim dengan kandungan minyak dapat diaplikasikan di daerah pipi dan mata yang kering. Tipe ini lebih mudah dibaurkan dan lebih cepat meresap di kulit sehingga dapat mencakup seluruh area wajah yang kering.

Baru-baru ini, ada juga foundation cair yang dikemas dalam bentuk cushion puff yang populer. Tipe ini dapat bertahan lama dan tidak mudah luntur. Sementara itu, foundation dalam bentuk krim memiliki daya coverage yang tinggi. Apabila Anda ingin menutupi bekas jerawat atau noda kemerahan di pipi Anda, pilih yang berbentuk krim.

Untuk mengatasi masalah wajah yang lengket dan berkilap, pilih foundation yang tahan minyak

Untuk mengatasi masalah wajah yang lengket dan berkilap, pilih foundation yang tahan minyak

Bagian-bagian wajah yang memiliki kelebihan produksi sebum dapat membuat makeup Anda luntur. Jika Anda memiliki kulit kombinasi yang berminyak di bagian zona T dan zona U sekaligus, pilih jenis foundation yang tahan minyak.

Foundation bedak mampu menyerap sebum, sedangkan foundation cair dapat mengontrol kadar minyak, mencegah kulit lengket, dan meminimalkan kilap. Dengan demikian, Anda tidak perlu sering-sering melakukan retouch.

Pilihlah yang mengandung daya pelembap

Pilihlah yang mengandung daya pelembap

Mengoleskan pelembap sebenarnya merupakan suatu kebutuhan meskipun kulit Anda tidak kering. Kulit berminyak bisa jadi disebabkan oleh bagian dalam kulit yang kering akibat kurang kelembapan. Jika bagian dalam kulit Anda kering, kulit akan memproduksi sebum secara berlebih untuk mengimbanginya. Oleh karena itu, penting untuk memilih foundation yang mengandung pelembap.

Foundation cair dan krim umumnya kaya akan minyak sehingga memiliki kemampuan pelembap yang tinggi. Namun, foundation bedak memiliki kemampuan menyerap minyak yang umumnya dapat menyebabkan kulit kering. Pastikan Anda memilih foundation bedak dengan kandungan pelembap yang tinggi.

Perlindungan terhadap sinar UV sangatlah penting!

Perlindungan terhadap sinar UV sangatlah penting!

Bagian wajah seperti dahi yang mudah berjerawat dan tulang hidung yang menonjol adalah bagian yang rentan terhadap sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet dapat merusak lapisan pelindung kulit dan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kulit kering dan memicu produksi sebum yang berlebihan. Jadi, pilihlah foundation yang mampu melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV pada siang hari.

Ketika Anda menggunakan foundation yang biasa, kulit tetap dapat terlindungi, tetapi sampai batas tertentu saja. Karena itu, sebaiknya Anda memilih foundation dengan kandungan penolak UV yang tinggi. Pilih foundation dengan formula SPF 10 hingga SPF 20 jika Anda pergi ke luar rumah dalam waktu yang tak terlalu lama. Untuk pergi dalam waktu lama, gunakan foundation dengan kandungan SPF 30. Saat pergi ke suatu tempat dengan paparan sinar matahari yang kuat, sebaiknya Anda memilih foundation dengan nilai PA yang tinggi pula.

Untuk kulit kombinasi yang sensitif dan bermasalah, pilihlah mineral foundation

Untuk kulit kombinasi yang sensitif dan bermasalah, pilihlah mineral foundation

Orang dengan kulit kombinasi cenderung kesulitan dalam mengatasi kondisi kulit yang tidak merata di setiap bagiannya. Misalnya, dahi Anda berminyak dan berjerawat, tetapi bagian pipi malah sangat kering dan gatal. Jika Anda menggunakan terlalu banyak kosmetik yang mencetus iritasi, hal ini dapat memperburuk masalah kulit kombinasi. Supaya aman, Anda dapat memilih mineral foundation.

Mineral foundation terbuat dari bahan mineral sehingga tidak hanya lembut untuk kulit, tetapi membuat wajah Anda lebih mudah dibersihkan. Tidak perlu lagi menggosok kulit dengan makeup remover yang keras atau menggunakan larutan pembersih berbahan kimia kuat. Beberapa merek juga sudah memproduksi mineral foundation dengan daya coverage yang baik. Anda dapat mencoba sample size-nya sebelum membeli ukuran penuh.

10 Rekomendasi foundation terbaik untuk kulit kombinasi

Di bawah ini, kami merekomendasikan sepuluh foundation terbaik untuk kulit kombinasi. Yuk, simak masing-masing ulasannya! Beberapa produk juga dijual dalam kemasan sample atau travel size jika Anda ingin mencobanya terlebih dahulu.

10. Maybelline Fit Me Matte + Poreless Foundation

10. Maybelline Fit Me Matte + Poreless Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 139.100

Dapatkan kulit wajah di daerah Tzone yang bebas minyak!

Maybelline sudah akrab dengan orang Indonesia dan mudah didapatkan baik di toko online maupun di gerai resminya. Yang satu ini disebut perfect foundation fit karena mampu menyeimbangkan tone sekaligus tekstur kulit kombinasi yang umumnya kurang merata.

Di samping itu, formula micro-powders akan menyerap sebum berlebihan di bagian wajah Anda yang berminyak. Tidak perlu lagi mengusap area T-zone dengan tisu penyerap minyak! Produk ini juga sudah teruji aman bagi kulit kombinasi yang mudah alergi.

Jenis Cair
Kemampuan melembapkan Tidak disebutkan
Mengatasi sebum berlebih/kilap Ya
Proteksi UV Tidak ada

9. Kanebo Lunasol Skin Modeling Powder Glow Foundation

9. Kanebo Lunasol Skin Modeling Powder Glow Foundation

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Alas bedak padat yang mampu menampilkan efek tiga dimensi natural

Bagi penggemar alas bedak compact, pilih saja produk dari Kanebo ini. Dikemas portabel dan sudah dilengkapi dengan spons, Anda bisa melakukan touch up cepat untuk meng-cover setiap kelebihan minyak di daerah wajah. Meskipun bentuknya bedak, tetapi produk ini dijamin tidak menyebabkan lapisan tebal setelah digunakan.

Kanebo mengklaim produknya dapat menciptakan efek tiga dimensi yang mampu menonjolkan tulang pipi, hidung, dan area lainnya di wajah Anda. Efek highlighting dapat menjadi salah satu trik untuk menutupi kekurangan kulit kombinasi. Hasilnya adalah kulit mulus bercahaya.

Jenis Bedak padat
Kemampuan melembapkan Tidak disebutkan
Mengatasi sebum berlebih/kilap Ya
Proteksi UV SPF 20 PA++

8. Kanebo Lunasol Skin Modeling Water Cream Foundation

8. Kanebo Lunasol Skin Modeling Water Cream Foundation

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 406.000

Kandungan air sebesar 60% akan melembapkan bagian wajah yang kering

Lunasol Skin Modeling Water Cream Foundation adalah alas bedak berbentuk krim yang disebut memiliki tekstur fenomenal. Terdapat kandungan 60% air di dalamnya sehingga memiliki konsistensi yang ringan dan mudah diratakan. Produk ini dijamin memberikan kelembapan maksimal yang dibutuhkan oleh kulit kombinasi Anda sepanjang hari.

Di pihak lain, efek skin-illuminating membuat wajah Anda tampak lebih bercahaya secara alami. Sebagaimana produk sebelumnya, yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan formula tabir surya. Terapkan foundation ini sebelum beraktivitas di luar rumah atau untuk dipakai di dalam ruang kantor yang ber-AC.

Jenis Krim
Kemampuan melembapkan Ya
Mengatasi sebum berlebih/kilap Tidak disebutkan
Proteksi UV SPF 20 PA++

7. Revlon ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15

7. Revlon ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 145.000

Formula khusus kulit kombinasi yang membuat wajah Anda segar hingga 24 jam!

Mencari foundation yang benar-benar dikhususkan untuk kulit kombinasi memang sulit. Untungnya, Revlon mengeluarkan produk yang dibuat khusus untuk combination skin. Formula time release technology akan mengontrol penyerapan sebum terutama di bagian wajah Anda yang sering berminyak. Wajah pun dijamin bebas kilap!

Selain itu, teknologi SoftFlex akan membuat riasan Anda tetap fresh hingga 24 jam tanpa perlu retouch dengan hasil flawless matte. Dengan harga yang dinilai cukup ekonomis dan ditambah perlindungan UV, jadikan Revlon Colorstay Makeup sebagai foundation harian Anda!

Jenis Cair
Kemampuan melembapkan Tidak disebutkan
Mengatasi sebum berlebih/kilap Ya
Proteksi UV SPF 15

6. Cezanne UV Foundation EX PLUS

6. Cezanne UV Foundation EX PLUS

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 132.000

Kepuasan terjamin. Harga cukup terjangkau, tetapi kualitas sangat unggul

Yang satu ini terkenal di Jepang karena disebut sebagai salah satu foundation berkualitas tinggi. Merek yang pernah mendapatkan Best Cosme Award Japan ini menawarkan beberapa keunggulan, yaitu daya coverage moderat, tahan lama, natural finish supermulus, tinggi pelembap, dan tabir surya yang ideal.

Kandungan super hyaluronic acid mampu mencegah kulit kering sekaligus tidak menyebabkan berminyak, cocok untuk kulit kombinasi! Pilih produk ini jika Anda menginginkan foundation dengan banyak keunggulan, tetapi memiliki harga wajar. Anda dapat menggunakan baik dengan spons basah maupun kering.

Jenis Bedak padat
Kemampuan melembapkan Ya
Mengatasi sebum berlebih/kilap Ya
Proteksi UV SPF 23 dan PA++

5. Estée Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup

5. Estée Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 550.000

Sebal dengan foundation mahal yang membuat kulit cakey? Tidak akan lagi!

Foundation ini disenangi karena kemampuannya untuk menutupi segala kekurangan kulit dengan daya coverage tinggi, tetapi tetap ringan. Dengan formula transfer-resistant, tidak perlu khawatir baju putih Anda menjadi kotor saat tidak sengaja menggesek wajah. Double Wear Stay-in-Place Makeup mampu bertahan hingga 24 jam tanpa cakey!

Formula oil-free dan oil-controlling akan menyelamatkan bagian kulit wajah yang berminyak, tanpa membuat bagian wajah Anda lainnya mengering. Bagi yang memiliki masalah jerawat pun tidak perlu khawatir karena produk ini non-acnegenic dan teruji dermatologi. Wajah mulus natural adalah hasil yang pasti Anda dapatkan!

Jenis Cair
Kemampuan melembapkan Tidak disebutkan
Mengatasi sebum berlebih/kilap Ya
Proteksi UV Tidak ada

4. BareMinerals Loose Powder Matte Foundation SPF 15 Mineral Foundation for Oily Skin

4. BareMinerals Loose Powder Matte Foundation SPF 15 Mineral Foundation for Oily Skin

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 467.600

Saking amannya, pemilik kulit kombinasi yang sensitif pun dapat mengenakannya saat tidur!

Disebut sebagai mineral loose powder foundation nomor satu! Teksturnya sangat ringan, tetapi mampu menutupi segala ketidaksempurnaan kulit dan kelebihan minyak. Hasilnya adalah finishing yang natural seperti Anda tidak mengenakan foundation. Hebatnya lagi, BareMinerals menawarkan tiga puluh shades untuk segala warna kulit.

BareMinerals Loose Powder Matte Foundation telah dilengkapi dengan tabir surya non-chemical yang nyaman bagi kulit kombinasi sensitif. Bahannya sangat aman dan telah teruji dijamin tidak menyebabkan breakouts, bahkan ketika Anda ketiduran setelah menggunakannya.

Jenis Mineral foundation berbentuk bedak tabur
Kemampuan melembapkan Tidak disebutkan
Mengatasi sebum berlebih/kilap Ya
Proteksi UV SPF 15

3. Christian Dior Diorskin Star

3. Christian Dior Diorskin Star

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 890.000

Kulit kombinasi lebih bercahaya sehat berkat foundation ini

Salah satu kosmetik paling banyak adalah liquid highlighter yang membuat tulang pipi atau bagian wajah Anda lebih menonjol. Bagi pemilik kulit kombinasi yang menginginkan kesempurnaan riasan demikian, keunggulan ini bisa diperoleh dari Diorskin Star. Efek long-lasting glow yang cantik akan tampak sempurna untuk kulit kombinasi.

Formulanya menyeimbangkan dan menutupi kekurangan kulit kombinasi di seluruh area wajah agar tampak merata. Produk pemenang penghargaan ini tidak menyebabkan rasa lengket dan berminyak, baik pada siang hari yang terik maupun di daerah beriklim dingin.

Jenis Cair
Kemampuan melembapkan Tidak disebutkan
Mengatasi sebum berlebih/kilap Ya
Proteksi UV SPF 30

2. Yves Saint Laurent Le Cushion Encre De Peau Ink Cushion Foundation

2. Yves Saint Laurent Le Cushion Encre De Peau Ink Cushion Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 525.000

Cushion yang memberikan sensasi dingin dan segar di kulit

Le Cushion Encre De Peau memberikan tampilan natural look yang dapat menyamarkan noda dan meratakan tone kulit kombinasi yang tidak merata. Dengan medium coverage, cushion ini memberikan hasil akhir matte yang cocok bagi Anda pemilik kulit kombinasi yang dominan berminyak.

Uniknya, cushion ini memberikan sensasi dingin dan segar saat diaplikasikan di wajah. Dengan formula yang ringan, produk ini sangat nyaman digunakan sehari-hari. Jangan khawatir makeup Anda luntur karena sebum berlebih, produk ini dapat bertahan hingga seharian!

Jenis Cushion
Kemampuan melembapkan Ya
Mengatasi sebum berlebih/kilap Ya
Proteksi UV SPF 29

1. IT Cosmetics Your Skin But Better CC+ Cream with SPF 50+

1. IT Cosmetics Your Skin But Better CC+ Cream with SPF 50+

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 578.200

Bukan hanya menutupi segala masalah kulit kombinasi, tetapi juga mengatasinya!

Anda mencari foundation ringan, tetapi berdaya coverage tinggi? Checked. Anda mencari serum dengan perlindungan UVA/UVB yang sangat tinggi? Checked. CC cream yang juga berfungsi sebagai full-coverage foundation ini mendapatkan penghargaan produk terbaik karena memiliki fungsi 7-in-1!

Kekurangan kulit kombinasi seperti tekstur kulit tidak merata dapat diatasi dengan fitur concealer sekaligus corrector-nya. Kandungan pelembap tertinggi dan vitamin akan menjaga kesehatan kulit Anda. Selain itu, penuaan dini dapat dicegah dengan kandungan antioksidannya, ideal untuk pemilik kulit kombinasi aging!

Jenis Krim
Kemampuan melembapkan Ya
Mengatasi sebum berlebih/kilap Ya
Proteksi UV SPF 50+

Tips untuk riasan wajah yang lebih awet bagi pemilik kulit kombinasi

Kulit kombinasi memiliki kondisi kulit yang tidak merata di beberapa bagian wajah. Sebagian wajah cenderung berminyak, tetapi bagian lainnya cenderung kering, ataupun sebaliknya. Hasilnya, riasan Anda menjadi tampak belang-belang dan luntur. Simak poin-poin di bawah ini agar foundation Anda tidak mudah rusak!

Jangan terlalu tebal dalam mengaplikasikan foundation

Jangan terlalu tebal dalam mengaplikasikan foundation

Foundation yang diterapkan terlalu tebal membuat makeup Anda lebih mudah creaky. Kulit kombinasi memiliki permasalahan yang mana bagian zona T sangat berminyak dan membuat riasan Anda luntur atau creaking lebih cepat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda hanya mengoleskan foundation secara tipis-tipis.

Meskipun tujuan Anda untuk menutupi noda dan pori-pori wajah, sebaiknya Anda tidak mengaplikasikan foundation secara berlebihan. Saran kami, Anda mengoleskan foundation secara tipis-tipis di beberapa bagian wajah dalam jumlah kecil. Cukup tambahkan concealer ke area wajah yang ingin ditutupi, lalu oleskan bedak ringan di atasnya.

Pastikan Anda sudah menggunakan pelembap sebelum pengaplikasian makeup 

Pastikan Anda sudah menggunakan pelembap sebelum pengaplikasian makeup

Zona T dan zona U biasanya merupakan tempat yang paling mudah berminyak. Untuk mencegah foundation Anda luntur, sebaiknya Anda melembapkan wajah sebelum pemakaian makeup. Penggunaan pelembap, essence, dan emulsion dapat membuat kulit Anda lebih kencang. Setelahnya, Anda dapat menerapkan foundation.

Anda juga dapat menggunakan pelembap setelah membersihkan muka. Jika kulit Anda tidak mendapatkan cukup kelembapan, produksi sebum akan meningkat. Jadi, jangan lupa mengaplikasikan pelembap, ya!

Baca juga rekomendasi produk kosmetik dan skincare yang cocok untuk kulit kombinasi di sini!

Kami telah merekomendasikan foundation terbaik untuk kulit kombinasi. Namun, mungkin Anda membutuhkan rangkaian produk perawatan atau kosmetik khusus kulit kombinasi lainnya? Di bawah ini, kami telah menghimpun artikel rekomendasi produk terbaik bagi pemilik kulit kombinasi. Selamat membaca!

Kesimpulan

Bagaimana? Pada umumnya, pemilik kulit kombinasi sering mengalami kesulitan saat memilih kosmetik sebab memiliki tekstur kulit yang tidak merata. Foundation yang tepat dapat mengatasi permasalahan tersebut sehingga Anda dapat tampil dengan wajah yang flawless sepanjang hari.

Temukan alas bedak yang sempurna untuk kulit Anda dan pergi keluar rumah dengan penampilan terbaik. Semoga artikel dari kami dapat membantu!