• 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)

Tidak sedikit orang dengan tipe kulit kombinasi yang kesulitan memilih foundation yang bagus. Jika memilih foundation berdaya coverage tinggi, wajah cenderung menjadi kering. Sementara itu, sebagian foundation juga dapat membuat daerah T-zone makin berminyak. Rasanya jadi serbasalah, ya!


Agar Anda tidak kesulitan mencari foundation, kali ini kami akan membagikan tips memilih foundation untuk kulit kombinasi. Baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Anda juga akan menemukan rekomendasi merek yang bagus, seperti Mineral Botanica, Make over, Maybelline, dan lainnya. Ayo simak artikelnya sampai selesai!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
  • Pembaharuan terakhir: 08 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.


Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Kulit kombinasi itu seperti apa?

Kulit kombinasi itu seperti apa?

Kulit kombinasi merupakan kondisi antara kulit kering dan kulit berminyak. Di beberapa bagian wajah, seperti dahi dan hidung (zona T), terdapat kelebihan sebum. Sebaliknya, kondisi di bagian pipi dan dagu (zona U) cenderung terasa kering.

Akibat minyak yang berlebih, makeup pada zona T Anda mungkin menjadi sering luntur. Sementara itu, pada zona U tampak cracky dan makeup sulit melekat karena kekeringan. 


Tentu saja, hal ini membuat Anda kesulitan memilih jenis foundation yang bagus. Karena bagian kulit memiliki kondisi yang berbeda, Anda perlu memilih foundation untuk kulit berminyak sekaligus untuk kulit kering.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Tipe kulit dibagi menjadi normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Tipe kombinasi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu normal to dry dan normal to oily. Kulit kombinasi normal to dry memiliki jumlah pori yang tidak terlalu banyak dan ukurannya juga tidak besar. 


Keluhan yang biasa dialami pemilik kulit tipe ini adalah kulit terasa terlalu kering di beberapa area. Umumnya, area yang terasa sangat kering adalah pipi, dahi, ataupun area wajah lainnya.


Untuk kulit kombinasi normal to oily, jumlah pori biasanya lebih banyak dan ukurannya cukup besar. Tipe kulit ini biasanya memiliki beberapa area wajah yang berminyak, tetapi sisanya tidak mengalami masalah. 


Beberapa area yang sering berminyak adalah area T-zone (sekitar dahi dan hidung). Di area yang sering berminyak tersebut, Anda akan menemukan banyak komedo karena adanya produksi sebum berlebih.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih foundation untuk kulit kombinasi

Jadi, bagaimana cara memilih foundation yang cocok untuk kulit kombinasi? Simak tips-tipsnya di bawah ini!

Pilih foundation yang sesuai dengan kondisi kulit Anda

Ada dua jenis kulit kombinasi yaitu dengan area wajah yang dominan kering atau yang dominan berminyak. Saat memilih foundation, sesuaikanlah dengan kondisi kulit kombinasi Anda.

Jika Anda memiliki kulit kombinasi berminyak, pilih foundation bedak

Jika Anda memiliki kulit kombinasi berminyak, pilih foundation bedak
Kami menyarankan Anda untuk mengaplikasikan foundation di daerah dahi dan hidung. Terutama di bagian zona T dan zona U (sekitar dagu) yang berminyak. Foundation berbentuk bedak dapat menekan kelebihan minyak dan mencegah kulit yang lengket akibat kelebihan sebum.
Terdapat dua macam foundation jenis bedak. Pertama, yang dipadatkan atau disebut dengan compact powder. Kedua, bedak tabur atau loose powder yang bertekstur seringan bedak bayi. 

Tipe bedak padat cocok untuk Anda yang menginginkan daya coverage ekstra. Sementara itu, tipe bedak tabur disarankan untuk Anda yang menginginkan kenyamanan dan finishing natural. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Memilih foundation untuk kulit berminyak adalah hal yang cukup menantang. Hal ini karena orang dengan tipe kulit berminyak sering mengeluhkan foundation yang gampang pudar. Foundation juga sering tampak tidak menyatu dengan kulit atau tidak bisa di-blend dengan sempurna.


Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih foundation yang memberikan hasil matte finish sehingga kulit tidak tampak terlalu glossyFoundation yang memberikan efek matte finish kini sudah sangat mudah ditemukan di pasaran.


Namun, bagi Anda yang perlu memakai foundation setiap hari, tipe foundation ini mungkin sedikit merepotkan. Hal ini karena foundation dengan matte finish kadang terasa berat untuk kulit wajah. Sementara itu, foundation berbentuk bedak terbilang cukup ringan untuk kulit. Karena itu, foundation bedak, baik compact powder maupun bedak tabur sangat disarankan untuk penggunaan harian.

Untuk kulit kombinasi yang cenderung kering, pilih foundation cair atau krim

Untuk kulit kombinasi yang cenderung kering, pilih foundation cair atau krim
Foundation cair atau krim dengan kandungan minyak dapat diaplikasikan di daerah pipi dan mata yang kering. Tipe ini lebih mudah dibaurkan dan lebih cepat meresap di kulit sehingga dapat mencakup seluruh area wajah yang kering.
Baru-baru ini, ada juga foundation cair yang dikemas dalam bentuk cushion puff yang populer. Tipe ini dapat bertahan lama dan tidak mudah luntur. Sementara itu, foundation dalam bentuk krim memiliki daya coverage yang tinggi. Apabila Anda ingin menutupi bekas jerawat atau noda kemerahan di pipi Anda, pilih yang berbentuk krim.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Banyak orang yang mengeluhkan masalah foundation atau alas bedak yang mudah crack dan susah menyatu dengan kulit. Bisa jadi, hal ini terjadi karena kulit Anda yang kering! Orang dengan tipe kulit kering sangat disarankan menggunakan foundation yang water-based (foundation cair). Dengan foundation seperti ini, Anda dapat tampil cantik dengan dewy finish look. 


Anda dengan tipe kulit kering juga disarankan memakai skincare untuk melembapkan kulit sebelum menggunakan foundation. Usahakan juga untuk menggunakan primer wajah agar hasil makeup tampak lebih awet.

Untuk mengatasi masalah wajah yang lengket dan berkilap, pilih foundation yang tahan minyak

Untuk mengatasi masalah wajah yang lengket dan berkilap, pilih foundation yang tahan minyak
Bagian-bagian wajah yang memiliki kelebihan produksi sebum dapat membuat makeup Anda luntur. Jika Anda memiliki kulit kombinasi yang berminyak di bagian zona T dan U, pilihlah foundation yang tahan minyak.
Foundation bedak mampu menyerap sebum, sedangkan foundation cair dapat mengontrol minyak, mencegah kulit lengket, dan meminimalkan kilap. Dengan demikian, Anda tidak perlu sering-sering melakukan retouch.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Orang dengan tipe kulit berminyak memiliki wajah yang sering kali terlihat mengilap dan lengket. Akibat hal ini, wajah terkadang jadi mudah terlihat kusam dan kotor. Produksi minyak di wajah secara berlebih dapat menyebabkan foundation yang digunakan menjadi tidak awet dan gampang pudar.


Karena itu, sebaiknya Anda memilih foundation yang dapat memberikan efek matte finish dan waterproof. Foundation seperti itu bisa membantu Anda mendapatkan efek makeup yang lebih rapi, tahan lama, dan tanpa kilap seharian.

Pilihlah yang mengandung daya pelembap

Pilihlah yang mengandung daya pelembap
Mengoleskan pelembap sebenarnya merupakan suatu kebutuhan meskipun kulit Anda tidak kering. Kulit berminyak bisa jadi disebabkan oleh bagian dalam kulit yang kering akibat kurang kelembapan. Jika bagian dalam kulit Anda kering, kulit akan memproduksi sebum secara berlebih untuk mengimbanginya. Oleh karena itu, penting untuk memilih foundation yang mengandung pelembap.
Foundation cair dan krim umumnya kaya akan minyak sehingga memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi. Namun, foundation bedak memiliki kemampuan menyerap minyak yang umumnya dapat menyebabkan kulit kering. Pastikan Anda memilih foundation bedak dengan kandungan pelembap yang tinggi.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Saat ini sudah banyak tersedia kosmetik yang juga mengandung skincare. Tidak hanya sebagai riasan saja, produk-produk ini juga berfungsi untuk merawat kulit wajah. Saat ini beberapa foundation di pasaran juga mengandung banyak zat aktif untuk melembapkan kulit. 


Di antaranya, Anda bisa mencoba foundation dengan kandungan collagen, hyaluronic acid, dan juga oil. Untuk Anda yang tidak ingin repot menggunakan banyak produk, pilihlah foundation dengan kandungan pelembap.

Perlindungan terhadap sinar UV sangatlah penting

Perlindungan terhadap sinar UV sangatlah penting
Bagian wajah seperti dahi yang mudah berjerawat dan tulang hidung yang menonjol sangat rentan terhadap sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet dapat merusak lapisan pelindung kulit. Selain itu, sinar ultraviolet menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kulit kering dan memicu produksi sebum yang berlebihan. Jadi, pilihlah foundation yang mampu melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV pada siang hari.
Ketika Anda menggunakan foundation yang biasa, kulit tetap dapat terlindungi, tetapi sampai batas tertentu saja. Karena itu, sebaiknya Anda memilih foundation dengan kandungan penolak UV yang tinggi

Pilih foundation dengan formula SPF 10 hingga SPF 20 jika Anda bepergian dalam waktu yang tak terlalu lama. Untuk pergi dalam waktu lama, gunakan foundation dengan kandungan SPF 30. Saat pergi ke suatu tempat dengan paparan sinar matahari yang kuat, sebaiknya Anda memilih foundation dengan PA tinggi.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Banyak orang yang belum sepenuhnya familier dengan bahayanya paparan sinar ultraviolet (UV). Sinar matahari memang memiliki banyak manfaat, tetapi di satu sisi juga bisa merusak kulit.


Sinar UV terbagi menjadi UVA, UVB, dan UVC. Namun, hanya UVC yang tidak masuk ke dalam bumi karena terhalang oleh lapisan atmosfer di bumi. UVA dan UVB inilah yang bisa memberikan efek negatif photo-damage terhadap kulit.


Paparan sinar UVA akan memengaruhi kemunculan kerutan di wajah dan tanda penuaan lainnya. Selain itu, paparan sinar UVB akan memengaruhi warna kulit. Kulit bisa menjadi tampak lebih gelap dan bahkan terbakar atau sunburn. Untuk melindungi diri dari UVA dan UVB, Anda harus rutin menggunakan skincare dengan kandungan sun protection factor (SPF). 

Untuk kulit kombinasi yang sensitif dan bermasalah, pilihlah mineral foundation

Untuk kulit kombinasi yang sensitif dan bermasalah, pilihlah mineral foundation
Orang dengan kulit kombinasi cenderung kesulitan dalam mengatasi kondisi kulit yang tidak merata di setiap bagiannya. Misalnya, dahi Anda berminyak dan berjerawat, tetapi bagian pipi malah sangat kering dan gatal. 

Jika Anda menggunakan terlalu banyak kosmetik yang mencetus iritasi, hal ini dapat memperburuk masalah kulit kombinasi. Supaya aman, Anda dapat memilih mineral foundationMineral foundation terbuat dari bahan mineral sehingga tidak hanya lembut untuk kulit, tetapi membuat wajah Anda mudah dibersihkan. 


Anda tidak perlu menggosok kulit dengan makeup remover yang keras atau dengan larutan pembersih berbahan kimia kuat. Beberapa merek juga sudah memproduksi mineral foundation dengan daya coverage yang baik. Anda dapat mencoba sample size-nya sebelum membeli ukuran penuh.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Jika kulit kombinasi merupakan salah satu tipe kulit, kulit sensitif merupakan suatu keadaan kulit. Kulit sensitif akan mudah menjadi merah atau iritasi apabila terkena produk yang mengandung bahan sintetis dan iritatif.


Tidak seperti foundation pada umumnya, mineral foundation mengandung kandungan natural yang bukan bahan sintetis atau buatan. Adapun bahan sintetis yang dimaksud adalah talc, mineral oil, alkohol, pengawet, dan pewangi. Bahan-bahan ini dapat membuat kulit yang sensitif mengalami masalah kulit, seperti iritasi, kemerahan, gatal, dermatitis kontak, atau bahkan jerawat.

10 Rekomendasi foundation terbaik untuk kulit kombinasi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk foundation terbaik untuk kulit kombinasi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa.

10
JenisBedak padat
Kandungan pelembapHyaluronic acid
Mengatasi sebum berlebih/kilapYa
Proteksi UVSPF 23 dan PA++
Berat/isi11 gram
Pilihan warna4 shades
9

IT CosmeticsYour Skin But Better CC+ Cream with SPF 50+

Mulai dari Rp 560.000,00

JenisKrim
Kandungan pelembapHydrolyzed collagen, peptides, niacin, hyaluronic acid, antioxidants vitamins
Mengatasi sebum berlebih/kilapYa
Proteksi UVSPF 50+
Berat/isi32 ml
Pilihan warna12 shades
8
JenisKrim
Kandungan pelembapAvocado oil, olive oil, beeswax
Mengatasi sebum berlebih/kilapYa
Proteksi UVTidak disebutkan
Berat/isi12,5 gram
Pilihan warna5 shades
7

Mineral BotanicaDura-wear Original Loose Foundation

Mulai dari Rp 71.900,00

JenisBedak tabur (mineral foundation)
Kandungan pelembapSqualane, adansonia digitata extract, rice bran oil
Mengatasi sebum berlebih/kilapYa
Proteksi UVTidak disebutkan
Berat/isi15 gram
Pilihan warna4 shades
6

RevlonColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15

Mulai dari Rp 145.000,00

JenisCair
Kandungan pelembapTidak disebutkan
Mengatasi sebum berlebih/kilapYa
Proteksi UVSPF 15
Berat/isi30 ml
Pilihan warna43 shades
5
JenisCair
Kandungan pelembapAllantoine & caffeine
Mengatasi sebum berlebih/kilapYa
Proteksi UVSPF 25
Berat/isi30 ml
Pilihan warna7 shades
4
JenisCushion
Kandungan pelembapOlive oil, jojoba oil, yuzu
Mengatasi sebum berlebih/kilapYa
Proteksi UVSPF 23 PA++
Berat/isi15 gram
Pilihan warna5 shades
3
JenisBedak padat
Kandungan pelembapEthylhexylglycerin, tocopheryl acetate
Mengatasi sebum berlebih/kilapYa
Proteksi UV SPF 15 PA++
Berat/isi12 gram
Pilihan warna20 shades
2

WardahLightening Liquid Foundation

Mulai dari Rp 49.000,00

JenisKrim
Kandungan pelembap Vitamin E
Mengatasi sebum berlebih/kilapYa
Proteksi UVSPF 30 PA+++
Berat/isi25 ml
Pilihan warna4 shades
1

MaybellineFit Me Matte + Poreless Foundation

Mulai dari Rp 155.000,00

JenisCair
Kandungan pelembapCyclohexasiloxane
Mengatasi sebum berlebih/kilapYa
Proteksi UVSPF 22
Berat/isi30 ml
Pilihan warna16 shades

Tabel perbandingan produk foundation terbaik untuk kulit kombinasi

Gambar produk
1
Maybelline Fit Me Matte + Poreless Foundation 1

Maybelline

2
Wardah Lightening Liquid Foundation 1

Wardah

3
Make Over Powerstay Matte Powder Foundation 1

Make Over

4
PIXY Make It Glow Dewy Cushion 1

PIXY

5
Jacquelle Blur Effect Foundation 1

Jacquelle

6
Revlon ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15 1

Revlon

7
Mineral Botanica Dura-wear Original Loose Foundation 1

Mineral Botanica

8
La Tulipe Cover Foundation 1

La Tulipe

9
IT Cosmetics Your Skin But Better CC+ Cream with SPF 50+ 1

IT Cosmetics

10
Cezanne Cosmetics UV Foundation EX PLUS 1

Cezanne Cosmetics

Nama produk

Fit Me Matte + Poreless Foundation

Lightening Liquid Foundation

Powerstay Matte Powder Foundation

Make It Glow Dewy Cushion

Blur Effect Foundation

ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15

Dura-wear Original Loose Foundation

Cover Foundation

Your Skin But Better CC+ Cream with SPF 50+

UV Foundation EX PLUS

Keunggulan

Bebaskan area T-zone dari minyak berlebih!

Kandungan Oil Absorber dapat menyerap minyak dengan optimal

Alas bedak padat yang ringan dan menyatu dengan kulit

Praktis! Sekali tap untuk tampilan natural glowing finish

Skincare in Foundation, menjadikan wajah tampak natural dan flawless

Formula khusus kulit kombinasi yang membuat wajah Anda segar hingga 24 jam!

Aman digunakan untuk kulit kombinasi yang sensitif

Riasan lebih sempurna dengan foundation waterproof

Bukan hanya menutupi segala masalah kulit kombinasi, tetapi juga mengatasinya!

Kepuasan terjamin dengan segudang manfaat untuk kulit

Harga mulai dariRp 155.000,00Rp 49.000,00Rp 188.000,00Rp 125.000,00Rp 179.000,00Rp 145.000,00Rp 71.900,00Rp 40.000,00Rp 560.000,00Rp 165.000,00
JenisCairKrimBedak padatCushionCairCairBedak tabur (mineral foundation)KrimKrimBedak padat
Kandungan pelembapCyclohexasiloxane Vitamin EEthylhexylglycerin, tocopheryl acetateOlive oil, jojoba oil, yuzu Allantoine & caffeineTidak disebutkanSqualane, adansonia digitata extract, rice bran oilAvocado oil, olive oil, beeswaxHydrolyzed collagen, peptides, niacin, hyaluronic acid, antioxidants vitaminsHyaluronic acid
Mengatasi sebum berlebih/kilapYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Proteksi UVSPF 22SPF 30 PA+++ SPF 15 PA++SPF 23 PA++SPF 25SPF 15Tidak disebutkanTidak disebutkanSPF 50+SPF 23 dan PA++
Berat/isi30 ml25 ml12 gram15 gram30 ml30 ml15 gram12,5 gram32 ml11 gram
Pilihan warna16 shades4 shades20 shades5 shades7 shades43 shades4 shades5 shades12 shades4 shades
Tautan produk

Tips untuk riasan wajah yang lebih awet bagi pemilik kulit kombinasi

Kulit kombinasi memiliki kondisi kulit yang tidak merata di beberapa bagian wajah. Sebagian wajah cenderung berminyak, tetapi bagian lainnya cenderung kering, ataupun sebaliknya. Hasilnya, riasan Anda menjadi tampak belang-belang dan luntur. Simak poin-poin di bawah ini agar foundation Anda tidak mudah rusak!

Jangan terlalu tebal dalam mengaplikasikan foundation

Jangan terlalu tebal dalam mengaplikasikan foundation
Foundation yang diterapkan terlalu tebal membuat makeup Anda lebih mudah cracky. Kulit kombinasi memiliki bagian zona T yang sangat berminyak sehingga membuat riasan Anda luntur atau cracking lebih cepat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda hanya mengoleskan foundation secara tipis-tipis.
Meskipun tujuan Anda untuk menutupi noda dan pori-pori wajah, sebaiknya Anda tidak mengaplikasikan foundation secara berlebihan. Saran kami, Anda mengoleskan foundation secara tipis-tipis di beberapa bagian wajah dalam jumlah kecil. Cukup tambahkan concealer ke area wajah yang ingin ditutupi, lalu oleskan bedak ringan di atasnya.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Jangan sampai Anda salah menggunakan foundation! Pemakaian foundation dalam jumlah berlebih akan menimbulkan beberapa masalah kulit. Hal ini karena foundation tersebut akan menyumbat pori-pori wajah sehingga menyebabkan munculnya banyak komedo dan jerawat.


Pemakaian foundation baiknya diaplikasikan dengan menggunakan tools seperti blender sponge atau brush. Dengan begitu, Anda hanya perlu menggunakan foundation sedikit saja dan hasilnya bisa merata ke seluruh permukaan wajah.

Pastikan Anda sudah menggunakan pelembap sebelum pengaplikasian makeup

Pastikan Anda sudah menggunakan pelembap sebelum pengaplikasian makeup
Zona T dan zona U biasanya merupakan tempat yang paling mudah berminyak. Untuk mencegah foundation Anda luntur, sebaiknya Anda melembapkan wajah sebelum pemakaian makeup. Penggunaan pelembap, essence, dan emulsion dapat membuat kulit Anda lebih kencang. Setelahnya, Anda dapat menerapkan foundation.
Anda juga dapat menggunakan pelembap setelah membersihkan muka. Jika kulit Anda tidak mendapatkan cukup kelembapan, produksi sebum akan meningkat. Jadi, jangan lupa mengaplikasikan pelembap, ya!
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Ada beberapa orang yang harus menggunakan makeup setiap hari karena tuntutan pekerjaan. Untuk Anda yang menggunakan makeup setiap hari, Anda tentunya tidak ingin kulit rusak karena tidak terawat, bukan? 


Oleh sebab itu, perawatan kulit wajah sangatlah penting. Untuk mendapatkan hasil makeup yang sempurna, kulit wajah juga harus sehat. Karena itu, penggunaan pelembap sebelum foundation sangatlah dianjurkan.


Untuk tipe kulit normal, Anda bisa menggunakan pelembap jenis apa pun sesuai dengan kebutuhan. Untuk tipe kulit kering dan kombinasi normal to dry, cobalah menggunakan pelembap oil-based. Sebagai contoh, Anda bisa mencoba pelembap berbentuk face oil atau face mist yang mengandung oil. Anda juga bisa memilih jenis pelembap berbentuk krim bila kurang nyaman dengan pelembap seperti face oil.


Selain itu, tipe kulit berminyak atau kombinasi normal to oily sangat disarankan memilih pelembap water-based atau berbentuk gel. Tipe ini membuat kulit tetap lembap dan terhindar dari efek greasy berlebihan. Pelembap water-based bertekstur gel ini cepat menyerap ke dalam kulit sehingga nyaman dipakai oleh orang dengan tipe kulit bermiyak.

Baca juga rekomendasi produk kosmetik dan skincare lainnya untuk kulit kombinasi di sini

Kami telah merekomendasikan foundation terbaik untuk kulit kombinasi. Namun, mungkin Anda membutuhkan rangkaian produk perawatan atau kosmetik khusus kulit kombinasi lainnya? Di bawah ini, kami telah menghimpun artikel rekomendasi produk terbaik bagi pemilik kulit kombinasi. Selamat membaca!

Kesimpulan

Pada umumnya, pemilik kulit kombinasi sering mengalami kesulitan saat memilih kosmetik sebab memiliki tekstur kulit yang tidak merata. Foundation yang tepat dapat mengatasi permasalahan tersebut sehingga Anda dapat tampil dengan wajah yang flawless sepanjang hari.

Temukan alas bedak yang sempurna untuk kulit Anda dan pergi keluar rumah dengan penampilan terbaik. Semoga artikel dari kami dapat membantu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merk, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, hingga Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2021)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, BB cushion menjadi salah satu produk yang populer di kalangan penggemar makeup. Hasilnya yang natural saat digunakan sangat pas untuk memberikan tampilan cantik alami ala wanita Korea. Selain itu, produk ini banyak dipilih dengan alasan praktis karena sudah dilengkapi aplikator. Meskipun mirip, BB cushion tidaklah sama dengan foundation.Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih BB cushion yang bagus sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa merk BB cushion juga dapat Anda temukan poin rekomendasi produk, seperti Wardah, Bioaqua, Laneige, dan Maybelline. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pemilik kulit berminyak, menemukan foundation dengan hasil yang halus dan tahan lama tentu menjadi idaman. Namun, memilih foundation yang tepat untuk kulit berminyak membutuhkan tips tersendiri. Anda dapat memilih produk yang memiliki beberapa keunggulan, seperti mampu menutup pori-pori, tahan lama, hasil akhirnya smooth, dan lainnya.Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan memberikan informasi cara memilih foundation yang bagus bagi kulit berminyak. Setelahnya, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi foundation terbaik dari merk terkenal, seperti Revlon, Maybelline, Make Over, dan sebagainya. Mari simak ulasan berikut ini sampai akhir!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2021)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Kosmetik Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kosmetik Terbaik yang Aman untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak ibu hamil ingin tampil cantik dengan menggunakan kosmetik terbaik yang aman untuk ibu hamil. Mungkin Anda bertanya-tanya, "memang ada kosmetik yang aman untuk ibu hamil?". Tentu saja ada! Semua akan kami bahas secara singkat di dalam artikel ini.Kami akan membahas beberapa tips untuk memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil. Tidak lupa kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi produk kosmetik yang cocok untuk ibu hamil. Anda dapat menemukan produk dari Mineral Botanica, The Body Shop, dan Wardah pada poin tersebut. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori