mybest
Foundation

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2024)

Tidak sedikit orang dengan tipe kulit kombinasi yang kesulitan memilih foundation yang bagus. Jika memilih foundation berdaya coverage tinggi, wajah cenderung menjadi kering. Sementara itu, sebagian foundation juga dapat membuat daerah T-zone makin berminyak. Rasanya jadi serbasalah, ya!


Agar Anda tidak kesulitan mencari foundation, kali ini kami akan membagikan tips memilih foundation terbaik untuk kulit kombinasi. Baca juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Anda juga akan menemukan rekomendasi merek yang bagus, seperti Wardah, PIXY, Make Over, Maybelline, dan lainnya. Ayo simak artikelnya sampai selesai!

Diperbaharui 14/07/2023
dr. Dessy Esa S.
Pakar
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan. Berbekal pengetahuan di bidang beauty, dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Profil dr. Dessy Esa S.
Lanjut membaca
Reni Suhapsari
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Reni Suhapsari

Reni Suhapsari adalah lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan ilmu komunikasi. Semasa kuliah, Reni pernah bekerja paruh waktu sebagai research assistant di fakultasnya. Ia juga magang sebagai reporter di radio dan televisi. Setelah lulus, penyuka fotografi ini bekerja sebagai video journalist dan news anchor di sebuah televisi lokal. Setelah memutuskan resign karena harus pindah ke Jepang bersama suaminya, kini Reni fokus dengan hal-hal baru. Reni yang memang hobi menulis saat ini menjadi content writer di mybest Indonesia. Fashion and skincare enthusiast ini suka menulis tentang produk perawatan tubuh dan kecantikan. Baru-baru ini, ia juga terlibat dalam pembuatan konten Youtube mybest Indonesia.

Profil Reni Suhapsari
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Kulit kombinasi itu seperti apa?

Kulit kombinasi itu seperti apa?

Kulit kombinasi merupakan kondisi antara kulit kering dan kulit berminyak. 

  • Di beberapa bagian wajah, seperti dahi dan hidung (zona T), terdapat kelebihan sebum. 
  • Sebaliknya, kondisi di bagian pipi dan dagu (zona U) cenderung terasa kering.

Akibat minyak yang berlebih, makeup pada zona T Anda mungkin menjadi sering luntur. Sementara itu, pada zona U tampak cracky dan makeup sulit melekat karena kekeringan. Hal ini membuat Anda kesulitan memilih jenis foundation yang bagus. Karena bagian kulit memiliki kondisi yang berbeda, Anda perlu memilih foundation untuk kulit berminyak sekaligus kulit kering.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Tipe kulit dibagi menjadi normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Tipe kombinasi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu normal to dry dan normal to oily


  • Kulit kombinasi normal to dry memiliki jumlah pori yang tidak terlalu banyak dan ukurannya juga tidak besar. Keluhan yang biasa dialami pemilik kulit tipe ini adalah kulit terasa terlalu kering di beberapa area. Umumnya, area yang terasa sangat kering adalah pipi, dahi, ataupun area wajah lainnya.

  • Untuk kulit kombinasi normal to oily, jumlah pori biasanya lebih banyak dan ukurannya cukup besar. Tipe kulit ini biasanya memiliki beberapa area wajah yang berminyak, tetapi sisanya tidak mengalami masalah. Area yang sering berminyak adalah area T-zone (sekitar dahi dan hidung). Di area yang sering berminyak, Anda akan menemukan banyak komedo karena adanya produksi sebum berlebih.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih foundation untuk kulit kombinasi

Jadi, bagaimana cara memilih foundation yang cocok untuk kulit kombinasi? Simak tips-tipsnya di bawah ini!
1

Sesuaikan foundation dengan kondisi kulit Anda

Saat memilih foundation, sesuaikanlah dengan kondisi kulit kombinasi Anda. Beberapa kondisi kulit kombinasi adalah kulit kombinasi yang dominan kering, dominan berminyak, serta cenderung sensitif atau bermasalah.

Kulit kombinasi berminyak, foundation bedak lebih disarankan

Kulit kombinasi berminyak, foundation bedak lebih disarankan
Kami menyarankan Anda untuk mengaplikasikan foundation di daerah dahi dan hidung, terutama di bagian zona T dan zona U. Foundation berbentuk bedak dapat menekan kelebihan minyak dan mencegah kulit terasa lengket akibat kelebihan sebum.

Terdapat dua macam foundation jenis bedak. Pertama, tipe yang dipadatkan atau disebut dengan compact powder. Kedua, bedak tabur atau loose powder yang bertekstur seringan bedak bayi. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.


  • Tipe bedak padat cocok untuk Anda yang menginginkan daya coverage ekstra. 
  • Tipe bedak tabur disarankan untuk Anda yang menginginkan kenyamanan dan finishing natural. 
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Memilih foundation untuk kulit berminyak adalah hal yang cukup menantang. Hal ini karena orang dengan tipe kulit berminyak sering mengeluhkan foundation yang gampang pudar. Foundation juga sering tampak tidak menyatu dengan kulit atau tidak bisa di-blend dengan sempurna.


Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih foundation yang memberikan hasil matte finish sehingga kulit tidak tampak terlalu glossyFoundation yang memberikan efek matte finish kini sudah sangat mudah ditemukan di pasaran.


Namun, bagi Anda yang perlu memakai foundation setiap hari, tipe foundation ini mungkin sedikit merepotkan. Hal ini karena foundation dengan matte finish kadang terasa berat untuk kulit wajah. Sementara itu, foundation berbentuk bedak terbilang cukup ringan untuk kulit. Karena itu, foundation bedak, baik compact powder maupun bedak tabur sangat disarankan untuk penggunaan harian.

Kulit kombinasi cenderung kering, foundation cair atau krim bisa dipertimbangkan

Kulit kombinasi cenderung kering, foundation cair atau krim bisa dipertimbangkan
Foundation cair atau krim dengan kandungan minyak dapat diaplikasikan di daerah pipi dan mata yang kering. Tipe ini lebih mudah dibaurkan dan lebih cepat meresap di kulit sehingga dapat mencakup seluruh area wajah yang kering.

  • Kini, ada juga foundation cair yang dikemas dalam bentuk cushion yang populer. Tipe ini dapat bertahan lama dan tidak mudah luntur. 
  • Foundation dalam bentuk krim memiliki daya coverage yang tinggi. Apabila Anda ingin menutupi bekas jerawat atau noda kemerahan di pipi, pilih yang berbentuk krim.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Banyak orang yang mengeluhkan masalah foundation atau alas bedak yang mudah crack dan susah menyatu dengan kulit. Bisa jadi, hal ini terjadi karena kulit Anda yang kering! Orang dengan tipe kulit kering sangat disarankan menggunakan foundation yang water-based (foundation cair). Dengan foundation seperti ini, Anda dapat tampil cantik dengan dewy finish look. 


Anda dengan tipe kulit kering juga disarankan memakai skincare untuk melembapkan kulit sebelum menggunakan foundation. Usahakan juga untuk menggunakan primer wajah agar hasil makeup tampak lebih awet.

Kulit kombinasi yang sensitif dan bermasalah, mineral foundation lebih cocok dipilih

Kulit kombinasi yang sensitif dan bermasalah, mineral foundation lebih cocok dipilih
Orang dengan kulit kombinasi cenderung kesulitan dalam mengatasi kondisi kulit yang tidak merata di setiap bagiannya. Misalnya, dahi Anda berminyak dan berjerawat, tetapi bagian pipi malah sangat kering dan gatal. 

Jika Anda menggunakan terlalu banyak kosmetik yang mencetus iritasi, hal ini dapat memperburuk masalah kulit kombinasi. Supaya aman, Anda dapat memilih mineral foundationMineral foundation terbuat dari bahan mineral sehingga tidak hanya lembut untuk kulit, tetapi juga membuat wajah mudah dibersihkan


Anda tidak perlu menggosok kulit dengan makeup remover yang keras atau dengan larutan pembersih berbahan kimia kuat. Beberapa merek juga sudah memproduksi mineral foundation dengan daya coverage yang baik. Anda dapat mencoba sample size-nya sebelum membeli ukuran penuh.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Jika kulit kombinasi merupakan salah satu tipe kulit, kulit sensitif merupakan suatu keadaan kulit. Kulit sensitif akan mudah menjadi merah atau iritasi apabila terkena produk yang mengandung bahan sintetis dan iritatif.


Tidak seperti foundation pada umumnya, mineral foundation mengandung kandungan natural yang bukan bahan sintetis atau buatan. Adapun bahan sintetis yang dimaksud adalah talc, mineral oil, alkohol, pengawet, dan pewangi. Bahan-bahan ini dapat membuat kulit yang sensitif mengalami masalah kulit, seperti iritasi, kemerahan, gatal, dermatitis kontak, atau bahkan jerawat.

2

Pilih foundation yang tahan minyak untuk atasi masalah wajah lengket dan mengilap

Pilih foundation yang tahan minyak untuk atasi masalah wajah lengket dan mengilap
Bagian-bagian wajah yang memiliki kelebihan produksi sebum dapat membuat makeup Anda luntur. Jika Anda memiliki kulit kombinasi yang berminyak di bagian zona T dan U, pilihlah foundation yang tahan minyak.

Foundation bedak mampu menyerap sebum, sedangkan foundation cair dapat mengontrol minyak, mencegah kulit lengket, dan meminimalkan kilap. Dengan demikian, Anda tidak perlu sering-sering melakukan retouch.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Orang dengan tipe kulit berminyak memiliki wajah yang sering kali terlihat mengilap dan lengket. Akibat hal ini, wajah terkadang jadi mudah terlihat kusam dan kotor. Produksi minyak di wajah secara berlebih dapat menyebabkan foundation yang digunakan menjadi tidak awet dan gampang pudar.


Karena itu, sebaiknya Anda memilih foundation yang dapat memberikan efek matte finish dan waterproof. Foundation seperti itu bisa membantu Anda mendapatkan efek makeup yang lebih rapi, tahan lama, dan tanpa kilap seharian.

3

Pertimbangkan foundation yang mengandung pelembap

Pertimbangkan foundation yang mengandung pelembap
Mengoleskan pelembap sebenarnya merupakan suatu kebutuhan meskipun kulit Anda tidak kering. Kulit berminyak bisa jadi disebabkan oleh bagian dalam kulit yang kering akibat kurang kelembapan. Jika bagian dalam kulit Anda kering, kulit akan memproduksi sebum secara berlebih untuk mengimbanginya. Oleh karena itu, penting untuk memilih foundation yang mengandung pelembap.

Foundation cair dan krim umumnya kaya akan minyak sehingga memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi. Namun, foundation bedak memiliki kemampuan menyerap minyak yang umumnya dapat menyebabkan kulit kering. Pastikan Anda memilih foundation bedak dengan kandungan pelembap yang tinggi.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Saat ini sudah banyak tersedia kosmetik yang juga mengandung skincare. Tidak hanya sebagai riasan saja, produk-produk ini juga berfungsi untuk merawat kulit wajah. Saat ini beberapa foundation di pasaran juga mengandung banyak zat aktif untuk melembapkan kulit. 


Di antaranya, Anda bisa mencoba foundation dengan kandungan collagen, hyaluronic acid, dan juga oil. Untuk Anda yang tidak ingin repot menggunakan banyak produk, pilihlah foundation dengan kandungan pelembap.

4

Utamakan foundation yang memiliki perlindungan terhadap sinar UV

Utamakan foundation yang memiliki perlindungan terhadap sinar UV
Bagian wajah seperti dahi yang mudah berjerawat dan tulang hidung yang menonjol sangat rentan terhadap sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet dapat merusak lapisan pelindung kulit. Selain itu, sinar ultraviolet menjadi salah satu faktor penyebab kulit kering dan memicu produksi sebum berlebih. Jadi, pilihlah foundation yang mampu melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV pada siang hari.

Ketika Anda menggunakan foundation biasa, kulit tetap dapat terlindungi, tetapi sampai batas tertentu saja. Karena itu, sebaiknya utamakan memilih foundation dengan kandungan penolak UV yang tinggi.

  • Pilih foundation dengan formula SPF 10 hingga SPF 20 jika Anda bepergian dalam waktu yang tak terlalu lama. 
  • Gunakan foundation dengan kandungan SPF 30 untuk pergi dalam waktu lama.
  • Saat pergi ke tempat dengan paparan sinar matahari yang kuat, sebaiknya Anda memilih foundation dengan PA tinggi.
dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Banyak orang yang belum sepenuhnya familier dengan bahayanya paparan sinar ultraviolet (UV). Sinar matahari memang memiliki banyak manfaat, tetapi di satu sisi juga bisa merusak kulit.


Sinar UV terbagi menjadi UVA, UVB, dan UVC. Namun, hanya UVC yang tidak masuk ke dalam bumi karena terhalang oleh lapisan atmosfer di bumi. UVA dan UVB inilah yang bisa memberikan efek negatif photo-damage terhadap kulit.


Paparan sinar UVA akan memengaruhi kemunculan kerutan di wajah dan tanda penuaan lainnya. Selain itu, paparan sinar UVB akan memengaruhi warna kulit. Kulit bisa menjadi tampak lebih gelap dan bahkan terbakar atau sunburn. Untuk melindungi diri dari UVA dan UVB, Anda harus rutin menggunakan skincare dengan kandungan sun protection factor (SPF)

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi foundation terbaik untuk kulit kombinasi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk foundation terbaik untuk kulit kombinasi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Maybelline

Fit Me Matte + Poreless Foundation

Maybelline Fit Me Matte + Poreless Foundation 1

Rp165.900

Agak Mahal

Bebaskan area T-zone di wajah Anda dari minyak berlebih!

2

Make Over

Powerstay Matte Powder Foundation

Make Over Powerstay Matte Powder Foundation 1

Rp195.000

Agak Mahal

Alas bedak padat yang ringan dan menyatu dengan kulit

3

Wardah

Lightening Liquid Foundation

Wardah Lightening Liquid Foundation 1

Rp53.000

Agak Murah

Kandungan oil absorber dapat menyerap minyak dengan optimal

4

PIXY

Make It Glow Dewy Cushion

PIXY Make It Glow Dewy Cushion 1

Rp125.000

Menengah

Praktis! Sekali tap untuk tampilan natural glowing finish

5

Purbasari

Alas Bedak Daily Series

Purbasari Alas Bedak Daily Series 1

Rp13.200

Lebih Murah

Alas bedak ringan untuk dipakai harian, harganya pun terjangkau!

6

Jacquelle

Blur Effect Foundation

Jacquelle Blur Effect Foundation 1

Rp179.000

Agak Mahal

Skincare in foundation, menjadikan wajah tampak natural dan flawless

7

Revlon

ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15

Revlon ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15 1

Rp155.000

Agak Mahal

Formula khusus kulit kombinasi yang membuat wajah segar hingga 24 jam!

8

Emina

Bare with Me Mineral Mild Foundation

Emina Bare with Me Mineral Mild Foundation 1

Rp80.500

Menengah

Mineral mild foundation yang cocok untuk kulit remaja

9

Mineral Botanica

Dura-wear Original Loose Foundation

Mineral Botanica Dura-wear Original Loose Foundation 1

Rp71.900

Agak Murah

Aman digunakan untuk kulit kombinasi yang sensitif

10

La Tulipe

Cover Foundation

La Tulipe Cover Foundation 1

Rp43.500

Agak Murah

Riasan lebih sempurna dengan foundation lokal yang waterproof

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

MaybellineFit Me Matte + Poreless Foundation

Fit Me Matte + Poreless Foundation 1
Sumber: maybelline.co.id
Harga referensi
Rp165.900
Agak Mahal
Harga referensi
Rp165.900
Agak Mahal

Bebaskan area T-zone di wajah Anda dari minyak berlebih!

Kelebihan:
  • Formulanya mampu menyeimbangkan tone dan tekstur kulit kombinasi
  • Teruji aman untuk kulit kombinasi yang sensitif atau mudah alergi

Kekurangan:

  • Medium coverage, butuh concealer untuk benar-benar menutupi noda wajah membandel

Foundation dari Maybelline ini menjadi yang terlaris di marketplace! Produk ini disebut perfect foundation fit karena mampu menyeimbangkan tone sekaligus tekstur kulit yang kurang merata. Di samping itu, formula micro-powders-nya menyerap sebum berlebih di bagian wajah yang berminyak. Pilih produk ini jika Anda tidak ingin repot mengusap area T-zone dengan tisu penyerap minyak, ya!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Make OverPowerstay Matte Powder Foundation

Harga referensi
Rp195.000
Agak Mahal

Alas bedak padat yang ringan dan menyatu dengan kulit

Kelebihan:
  • Tekstur ringan dan mudah dibaurkan
  • Dilengkapi dengan aplikator puff
  • Warna kulit lebih merata dengan hasil soft matte, tahan hingga 12 jam


Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan muncul komedo di area hidung setelah pemakaian

Bagi penggemar alas bedak yang ringan dan mudah dibaurkan, pilih saja produk dari Make Over ini. Produk ini memiliki kemasan portabel yang sudah dilengkapi dengan puff. Meskipun bentuknya bedak, tetapi produk ini tidak menyebabkan lapisan tebal setelah digunakan.


Produk ini diformulasikan dengan Microfine Color-Rich Pigment Technology dan Fade-Resistant. Formulanya berfungsi menghasilkan warna yang merata dan menyatu dengan kulit. Tampilan makeup yang dihasilkan pun terlihat soft matte finish dan flawless coverage yang bertahan hingga 12 jam. 
No.3

WardahLightening Liquid Foundation

Harga referensi
Rp53.000
Agak Murah

Kandungan oil absorber dapat menyerap minyak dengan optimal

Kelebihan:
  • Ada kandungan oil absorber, hasilnya matte natural
  • Tidak menyumbat pori karena bersifat noncomedogenic
  • Produk mudah diaplikasikan hanya menggunakan tangan


Kekurangan:

  • Beberapa pengguna yang tidak cocok dengan produk ini mengatakan muncul jerawat setelah pemakaian


Produk ini bisa dipilih bila Anda ingin riasan yang tahan minyak. Pasalnya, produk ini mengandung oil absorber yang membantu menyerap minyak sehingga tampilan makeup terlihat natural dengan finish matte. Selain itu, foundation ini mudah diaplikasikan bahkan dengan tangan. Namun, untuk hasil full coverage Anda bisa menggunakan beauty blender.

No.4

PIXYMake It Glow Dewy Cushion

Harga referensi
Rp125.000
Menengah

Praktis! Sekali tap untuk tampilan natural glowing finish

Kelebihan:

  • Hasil akhirnya glowing natural
  • Tingkat coverage bisa disesuaikan

Kekurangan:

  • Jika digunakan secara berlebihan dapat membuat wajah terasa greasy

Make It Glow Dewy Cushion dari PIXY memberikan tampilan natural glowing finish. Produk ini pun diklaim dapat menyamarkan noda dan meratakan tone kulit kombinasi yang tidak merata. Tingkat coverage-nya bisa disesuaikan dengan hasil yang diinginkan.


Jika Anda menginginkan hasil akhir natural, cukup sekali tap dan ratakan ke seluruh wajah. Namun, jika Anda menginginkan hasil akhir dengan coverage tinggi, lakukan beberapa kali tap dengan puff. Cushion ini cocok bagi pemilik kulit kombinasi yang dominan berminyak karena dapat mengontrol minyak dengan baik.

No.5

PurbasariAlas Bedak Daily Series

Harga referensi
Rp13.200
Lebih Murah

Alas bedak ringan untuk dipakai harian, harganya pun terjangkau!

Kelebihan:
  • Teksturnya ringan, sangat pas dipakai sehari-hari
  • Dilengkapi ekstrak markisa sebagai antioksidan

Kekurangan:

  • Coverage-nya kurang tinggi sehingga noda pada wajah masih dapat terlihat

Brand legendaris ini masih jadi favorit generasi zaman now. Salah satu produknya yang layak Anda coba adalah alas bedak ini. Produk ini menjadi jawaban jika Anda mencari foundation ringan yang bisa dipakai harian. Formulanya yang berbasis air dan diperkaya kandungan ekstrak markisa tentu aman untuk kulit kombinasi Anda. Menariknya lagi, harga produk ini sangat ramah di kantong!

No.6

JacquelleBlur Effect Foundation

Harga referensi
Rp179.000
Agak Mahal

Skincare in foundation, menjadikan wajah tampak natural dan flawless

Kelebihan:
  • Tidak hanya berfungsi sebagai foundation, tetapi juga skincare
  • Tekstur cair dan ringan di kulit
  • Mengandung bahan aktif untuk merawat dan mencerahkan kulit

Kekurangan:

  • Area dry patches makin terlihat saat menggunakan foundation ini
  • Mengandung pewarna

Produk ini merupakan skincare in foundation pertama hasil kolaborasi dari Jacquelle Beaute x Jacquelle Skin. Blur Effect Foundation mengandung 2% niacinamide, allantoin, dan caffeine yang dapat merawat dan mencerahkan kulit.


Produk ini diklaim dapat menyamarkan pori-pori dengan daya tahan premium dan tidak mudah teroksidasi. Hasil makeup Anda akan tampak natural dan flawless. Kami rekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin tampil dengan wajah mulus natural.

No.7

RevlonColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15

Harga referensi
Rp155.000
Agak Mahal

Formula khusus kulit kombinasi yang membuat wajah segar hingga 24 jam!

Kelebihan:
  • Mengontrol penyerapan sebum dengan formula time release technology
  • Diklaim membuat riasan fresh selama 24 jam tanpa retouch
  • Mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Ada reviewer menyebut baunya cukup menyengat

Revlon mengeluarkan produk khusus untuk combination skin. Formula time release technology akan mengontrol penyerapan sebum terutama di bagian wajah yang sering berminyak. Wajah dijamin bebas kilap! Selain itu, teknologi SoftFlex membuat riasan tetap fresh hingga 24 jam tanpa retouch dengan hasil flawless matte. Jadikan produk ini sebagai foundation bila ingin wajah segar sepanjang hari!

No.8

EminaBare with Me Mineral Mild Foundation

Harga referensi
Rp80.500
Menengah

Mineral mild foundation yang cocok untuk kulit remaja

Kelebihan:
  • Tekstur ringan dan memiliki formula nonacnegenic
  • Diklaim tahan hingga 8 jam
  • Dilengkapi dengan perlindungan UVA dan UVB

Kekurangan:

  • Teksturnya sangat cair, harus berhati-hati saat mengeluarkan produk

Jika Anda masih remaja dan sedang mencari foundation untuk kulit kombinasi, produk ini jawabannya! Walaupun termasuk foundation cair, produk ini tetap ringan. Anda bisa menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. Hasil akhir yang diberikan juga natural sehingga cocok digunakan saat pergi ke sekolah. Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi pelembap dan tabir surya.

No.9

Mineral BotanicaDura-wear Original Loose Foundation

Harga referensi
Rp71.900
Agak Murah

Aman digunakan untuk kulit kombinasi yang sensitif

Kelebihan:
  • Berbentuk loose powdedan sangat ringan
  • Dilengkapi bahan aktif untuk melindungi kulit dari radikal bebas
  • Diklaim aman untuk kulit kombinasi yang sensitif

Kekurangan:

  • Proteksi UV pada produk tidak disebutkan

Foundation Mineral Botanica memiliki tekstur sangat ringan, tetapi coverage-nya cukup bagus. Produk ini dapat mengontrol kadar minyak berlebih pada kulit. Hasil akhirnya matte natural seperti tidak memakai foundation. Produk ini juga dilengkapi bahan aktif untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Kandungan bahannya aman dan tidak menyebabkan breakout. Pemilik kulit sensitif bisa memilih produk ini!

No.10

La TulipeCover Foundation

Harga referensi
Rp43.500
Agak Murah

Riasan lebih sempurna dengan foundation lokal yang waterproof

Foundation lokal untuk kulit kombinasi ini mampu menutupi ketidaksempurnaan pada wajah! Cover Foundation dari La Tulipe memiliki coverage tinggi untuk menutupi bekas jerawat, flek hitam, dan kekurangan pada wajah. Selain itu, formulanya waterproof sehingga Anda tidak perlu khawatir jika berkeringat. Tentunya produk ini dapat diandalkan jika menginginkan riasan rapi, tahan lama, dan bebas kilap seharian.

Tips untuk riasan wajah yang lebih awet bagi pemilik kulit kombinasi

Kulit kombinasi memiliki kondisi kulit yang tidak merata di beberapa bagian wajah. Sebagian wajah cenderung berminyak, tetapi bagian lainnya cenderung kering, ataupun sebaliknya. Hasilnya, riasan menjadi tampak belang-belang dan luntur. Simak poin-poin di bawah ini agar foundation Anda tidak mudah rusak!

Jangan terlalu tebal dalam mengaplikasikan foundation

Jangan terlalu tebal dalam mengaplikasikan foundation
Foundation yang terlalu tebal membuat makeup Anda lebih mudah cracky. Kulit kombinasi memiliki bagian zona T yang sangat berminyak sehingga membuat riasan Anda luntur atau cracking lebih cepat. 

Meskipun tujuan Anda untuk menutupi noda dan pori-pori wajah, sebaiknya jangan mengaplikasikan foundation secara berlebihan. Saran kami, oleskan foundation secara tipis-tipis di beberapa bagian wajah dalam jumlah kecil. Cukup tambahkan concealer di area wajah yang ingin ditutupi, lalu oleskan bedak ringan di atasnya.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Jangan sampai Anda salah menggunakan foundation! Pemakaian foundation dalam jumlah berlebih akan menimbulkan beberapa masalah kulit. Hal ini karena foundation tersebut akan menyumbat pori-pori wajah sehingga menyebabkan munculnya banyak komedo dan jerawat.


Pemakaian foundation baiknya diaplikasikan dengan menggunakan tools seperti blender sponge atau brush. Dengan begitu, Anda hanya perlu menggunakan foundation sedikit saja dan hasilnya bisa merata ke seluruh permukaan wajah.

Pastikan Anda sudah menggunakan pelembap sebelum pengaplikasian makeup

Pastikan Anda sudah menggunakan pelembap sebelum pengaplikasian makeup
Zona T dan zona U biasanya merupakan tempat yang paling mudah berminyak. Untuk mencegah foundation Anda luntur, sebaiknya Anda melembapkan wajah sebelum pemakaian makeup. Penggunaan pelembap, essence, dan emulsion dapat membuat kulit Anda lebih kencang. Setelahnya, Anda dapat menerapkan foundation.

Anda juga dapat menggunakan pelembap setelah membersihkan muka. Jika kulit tidak mendapatkan cukup kelembapan, produksi sebum akan meningkat. Jadi, jangan lupa mengaplikasikan pelembap, ya!

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Ada beberapa orang yang harus menggunakan makeup setiap hari karena tuntutan pekerjaan. Untuk Anda yang menggunakan makeup setiap hari, Anda tentunya tidak ingin kulit rusak karena tidak terawat, bukan? 


Oleh sebab itu, perawatan kulit wajah sangatlah penting. Untuk mendapatkan hasil makeup yang sempurna, kulit wajah juga harus sehat. Karena itu, penggunaan pelembap sebelum foundation sangatlah dianjurkan.


  • Untuk tipe kulit normal, Anda bisa menggunakan pelembap jenis apa pun sesuai dengan kebutuhan. 
  • Untuk tipe kulit kering dan kombinasi normal to dry, cobalah menggunakan pelembap oil-based.

Sebagai contoh, Anda bisa mencoba pelembap berbentuk face oil atau face mist yang mengandung oil. Anda juga bisa memilih jenis pelembap berbentuk krim bila kurang nyaman dengan pelembap seperti face oil.


Selain itu, tipe kulit berminyak atau kombinasi normal to oily sangat disarankan memilih pelembap water-based atau berbentuk gel. Tipe ini membuat kulit tetap lembap dan terhindar dari efek greasy berlebihan. Pelembap water-based bertekstur gel ini cepat menyerap ke dalam kulit sehingga nyaman dipakai oleh orang dengan tipe kulit bermiyak.

Baca juga rekomendasi produk skincare lainnya untuk kulit kombinasi di sini

Kami telah merekomendasikan foundation terbaik untuk kulit kombinasi. Apakah Anda membutuhkan rangkaian produk perawatan khusus kulit kombinasi lainnya? Kami telah menghimpun artikel rekomendasi produk terbaik bagi pemilik kulit kombinasi. Selamat membaca!

Kesimpulan

Pada umumnya, pemilik kulit kombinasi sering mengalami kesulitan saat memilih kosmetik sebab memiliki tekstur kulit yang tidak merata. Foundation yang tepat dapat mengatasi permasalahan tersebut sehingga Anda dapat tampil dengan wajah yang flawless sepanjang hari.

Temukan alas bedak yang sempurna untuk kulit Anda dan pergi keluar rumah dengan penampilan terbaik. Semoga artikel dari kami dapat membantu!

5 Rekomendasi Foundation untuk Kulit Kombinasi terbaik

No. 1: MaybellineFit Me Matte + Poreless Foundation

No. 2: Make OverPowerstay Matte Powder Foundation

No. 3: WardahLightening Liquid Foundation

No. 4: PIXYMake It Glow Dewy Cushion

No. 5: PurbasariAlas Bedak Daily Series

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Makeup wajah
  4. 10 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.