10 Rekomendasi Tempat Kopi (Coffee Canister) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tempat Kopi (Coffee Canister) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tahukah Anda kalau rasa kopi sangat dipengaruhi oleh kualitas bubuk dan biji kopi? Cara penyimpanan kopi yang tidak tepat dapat membuat kualitas kopi rusak dan rasa kopi pun menjadi tidak enak. Untuk membantu menjaga kualitas dan rasa kopi, umumnya bubuk/biji kopi disimpan di dalam toples kopi atau coffee canister.

Untuk mendapatkan coffee canister yang dapat menjaga kualitas kopi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Kami akan memberikan Anda tips memilih coffee canister dan juga 10 produk yang kami rekomendasikan. Mau tahu apa saja? Ikuti terus informasinya!

Daftar isi

Cara memilih coffee canister

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih coffee canister adalah kemampuan coffee canister untuk melindungi kopi dari cahaya dan udara. Nah, seperti apakah karakteristik coffee canister yang baik?

Pilihlah coffee canister dengan kapasitas penyimpanan 1 bulan

Pilihlah coffee canister dengan kapasitas penyimpanan 1 bulan

Anda pastinya akan bertanya-tanya kenapa harus 1 bulan. Biji kopi sangat mudah rusak. Karena itu, semakin lama biji kopi disimpan, kualitas dan rasanya pun akan semakin menurun. Ketika terkena udara, biji kopi sangat mudah teroksidasi oleh oksigen yang dapat menyebabkan kualitas biji kopi menurun. Oleh karenanya, 1 bulan dianggap sebagai waktu penyimpanan yang ideal di mana rasa dan kualitas kopi masih terjaga.

Pilihlah coffee canister yang kedap udara

Pilihlah coffee canister yang kedap udara

Seperti yang sudah disebutkan, oksigen dapat membuat kualitas kopi menurun. Maka dari itu, pastikan coffee canister yang Anda pilih adalah yang dapat ditutup rapat dan kedap udara, ya! Kalau perlu, pilihlah coffee canister dengan karet seal. Karet seal ini dapat lebih memastikan coffee canister tertutup lebih rapat dan kedap udara.

Pilihlah coffee canister yang dapat melindungi kopi dari cahaya

Pilihlah coffee canister yang dapat melindungi kopi dari cahaya

Selain udara, kualitas kopi juga sangat dipengaruhi oleh cahaya, terutama cahaya matahari. Kopi dapat mudah rusak ketika terpapar langsung sinar matahari atau cahaya dalam jangka waktu lama. Untuk itu, penting sekali untuk menyimpan kopi di tempat yang terlindung dari cahaya. Anda juga bisa memilih coffee canister yang tidak tembus pandang sehingga kopi semakin aman dari kerusahakan akibat paparan cahaya.

Jangan lupa cek materialnya!

Coffee canister dapat terbuat dari berbagai macam material, seperti kaca, metal, enamel, plastik, dan sebagainya. Masing-masing bahan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Material kaca transparan yang memudahkan Anda untuk melihat isinya

Material kaca transparan yang memudahkan Anda untuk melihat isinya

Kelebihan dari material ini adalah kemampuannya untuk menjaga bagian dalam coffee canister untuk tetap kedap udara. Karena material kaca tembus pandang, Anda juga dapat dengan mudah melihat bagian dalam coffee canister. Anda tidak perlu membuka coffee canister untuk mengecek persediaan kopi Anda. Namun, hal ini jugalah yang menyebabkan kopi lebih mudah terpapar cahaya. Jika Anda memilih coffee canister dari kaca, pastikan untuk menyimpan di tempat yang gelap, seperti di dalam lemari.

Material metal untuk melindungi kopi dari paparan cahaya

Material metal untuk melindungi kopi dari paparan cahaya

Karakteristik material metal yang tidak tembus pandang membuat kopi Anda terlindung dari paparan cahaya. Selain itu, banyak coffee canister yang terbuat dari material metal didesain untuk kedap udara. Pastinya kualitas kopi lebih terjaga. Sayangnya, material metal dapat bereaksi dan menyebabkan bau logam pada kopi.

Material plastik yang lebih ringan dan mudah dirawat

Material plastik yang lebih ringan dan mudah dirawat

Coffee canister yang terbuat dari material plastik akan memiliki bobot yang lebih ringan dibanding dengan material lainnya. Hal ini dapat memudahkan Anda mengangkat dan memindahkan coffee canister. Material plastik juga memiliki karakteristik kedap udara yang cukup baik. Selain itu, kelebihan lainnya adalah material plastik yang berkualitas umumnya lebih tahan banting dan tidak pecah ketika terjatuh sehingga dapat lebih awet daripada material kaca.

Sayangnya, coffee canister yang terbuat dari plastik yang tembus pandang akan memudahkan kopi terpapar cahaya. Namun, banyak produk coffee canister dari plastik yang juga sudah dibuat dengan memiliki warna lebih gelap untuk membatasi paparan cahanya.

Material enamel yang awet dan stylish

Material enamel yang awet dan stylish

Material enamel sudah lama digunakan untuk membuat perabot dapur karena keawetannya. Selain antigores, material ini juga tidak mengikat bau sehingga kualitas kopi tetap terjaga. Banyaknya desain coffee canister dari enamel yang stylish akan menambah warna tersendiri pada dapur Anda.

Material tanah liat atau porselen untuk melindungi kopi dari udara dan cahaya

Material tanah liat atau porselen untuk melindungi kopi dari udara dan cahaya

Dengan coffee canister yang terbuat dari material tanah liat, Anda dapat memastikan kualitas kopi Anda tetap terjaga. Material ini memiliki kelebihan untuk menjaga bagian dalam canister tetap kedap udara. Selain itu, material ini juga antigores sehingga lebih awet. Karena material ini tidak tembus pandang, tentunya kopi Anda juga dapat terlindung dari paparan cahaya.

10 Rekomendasi coffee canister terbaik

Apakah Anda sudah mengerti mengenai cara memilih coffee canister yang baik? Selanjutnya, kami akan memaparkan untuk Anda 10 coffee canister rekomendasi kami dengan urutan berdasar harga dan kemampuan menjaga kualitas kopi.

10. Coffee Canister Berbahan Bambu

10. Coffee Canister Berbahan Bambu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 205.000

Hadirkan nuansa alami pada dapur Anda

Coffee canister dengan material bambu tentu terkesan tidak biasa. Coffee canister ini tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, coffee canister ini juga memiliki tampilan unik dengan lukisan yang diukir pada bagian wadah. Produk ini sangat pas bila Anda menyukai produk artistik yang tentunya akan semakin mempercantik dapur Anda.

Terbuat dari material bambu yang tidak tembus pandang, coffee canister ini mampu melindungi kopi dari paparan cahaya. Bukan hanya wadahnya saja, tutup dari canister juga terbuat dari bambu sehingga perlindungan terhadap cahaya lebih optimal. Di samping itu, karena materialnya juga, Anda tidak perlu khawatir canister akan pecah ketika terjatuh. Aman, deh!

9. Ikea Uddig Kaleng dengan Penutup Set Isi 3

9. Ikea Uddig Kaleng dengan Penutup Set Isi 3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 79.900

Jadikan dapur Anda lebih menarik dan berwarna

Dilihat dari tampilannya yang berwarna-warni, produk ini dijamin dapat menambah nuansa ceria di dapur Anda. Terdiri dari 3 macam ukuran dalam setiap setnya, Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan pelengkap kopi favorit Anda, seperti bubuk creamer dan gula. Ukuran setiap produk pun berbeda sehingga Anda bisa menyesuaikan penggunaan sesuai kebutuhan.

Bila Anda memiliki tempat penyimpanan terbatas, kami merekomendasikan produk ini karena produk didesain agar dapat disusun menumpuk sehingga menghemat tempat. Karena terbuat dari material metal, produk ini tentunya juga mampu melindungi kopi dari paparan cahaya. Keceriaan pagi Anda bertambah dengan ditemani segelas kopi dari biji/bubuk yang terjaga kualitasnya!

8. Ikea Korken Jar with Lid

8. Ikea Korken Jar with Lid

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Harga ekonomis, kualitas kopi tetap terjaga

Harga yang ekonomis sering dikaitkan dengan kualitas produk rendah dan kesan murahan. Namun, stereotip tersebut tidak berlaku untuk produk ini. Dengan produk dari Ikea ini, Anda bisa mendapatkan harga yang murah sekaligus kualitas produk yang baik. Korken jar adalah tempat penyimpanan serbaguna yang dapat digunakan juga untuk menyimpan kopi.

Dengan aroma-tight seal, produk ini memastikan bagian dalamnya kedap udara sehingga mampu mempertahankan aroma dan kualitas kopi. Selain itu, kopi Anda bisa lebih segar dan bersih karena produk ini dapat dibersihkan dengan dicuci dan juga disterilkan dengan air panas. Dengan harga yang murah dan kualitas yang oke punya, produk ini tepat sekali untuk Anda yang low-budget.

7. Tiamo Europe Coffee Canister (500 gr)

7. Tiamo Europe Coffee Canister (500 gr)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 485.000

Tampilan produk yang menambah kesan mewah

Untuk Anda yang menginginkan kesan mewah pada dapur Anda, coffee canister dari Tiamo Europe ini sangat sayang dilewatkan. Dengan finishing mengkilap, produk buatan produsen yang khusus bergerak di bidang coffee brewing ini dapat membuat dapur Anda terlihat lebih mewah. Material stainless steel-nya juga dapat melindungi kopi dari paparan cahaya.

Desainnya yang ramping membuat produk ini tidak makan tempat banyak. Selain itu, tingginya pun hanya 45,7 cm sehingga Anda masih dapat menyimpannya di dalam lemari dapur. Tentunya, Anda akan bertambah senang karena coffee canister dilengkapi dengan sendok takar yang dapat Anda gunakan untuk menakar kopi. Simpel tetapi bermanfaat, bukan?

6. Rosh Canister Set

6. Rosh Canister Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Kopi, gula, dan teh tak lagi tertukar!

Masalah yang sering timbul saat Anda menggunakan set canister adalah Anda sulit membedakan isi di dalamnya. Repot ya kalau harus memberi label sendiri. Label akan mudah hilang ketika canister dicuci. Untuk Anda yang memiliki masalah ini, Rosh menyediakan solusi yang top. Set canister dari Rosh ini sudah dilengkapi dengan label untuk kopi, teh, dan gula.

Mendapatkan 3 canister dalam 1 produk, tentu jadi nilai plus tersendiri. Dengan label yang permanen, Anda dapat mencuci tanpa khawatir labelnya hilang. Berkat material stainless steel yang tidak tembus pandang, canister ini dapat menjaga kopi dari paparan cahaya. Materialnya juga membuat canister ini antikarat dan lebih awet untuk pemakaian jangka panjang.

5. Tupperware Shelf Saver (2)

5. Tupperware Shelf Saver (2)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 84.000

Lebih higienis dengan desain tutup dan sendok uniknya

Kebersihan kopi akan berpengaruh juga pada kualitas kopi. Seringkali setelah mengambil kopi, sendok tetap disimpan di dalam coffee canister dan bersentuhan dengan kopi dalam jangka waktu lama. Kopi bisa terkontaminasi karena bersentuhan dengan bagian sendok yang tidak bersih. Bila Anda memiliki kebiasaan seperti itu, Tupperware memiliki solusi yang pas untuk Anda.

Produk dari Tupperware ini dilengkapi dengan sendok yang dapat ditempelkan pada penutup. Karena itulah, sendok tidak akan bersentuhan dengan kopi dalam waktu lama. Selain itu, walaupun terbuat dari plastik, produk ini dapat membatasi masuknya cahaya karena tidak tembus pandang. Kualitas kopi pun semakin terlindungi. Lalu, 1 set produk terdiri dari 2 wadah, jadi lebih hemat!

4. Hario Bona Tea & Coffee Canister 200

4. Hario Bona Tea & Coffee Canister 200

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 520.000

Kombinasi warna putihnya menimbulkan kesan bersih

Coffee canister dari Hario ini terbuat dari material enamel yang kuat dan tahan lama. Selain tampilan warna yang putih bersih, penutupnya yang terbuat dari kayu akasia menambah kesan elegan pada produk. Dengan kapasitas yang hanya 200 gram, ukuran coffee canister ini pas jika Anda tidak ingin menyimpan kopi terlalu lama untuk menjaga kesegarannya.

Coffee canister yang juga cocok bagi Anda yang tidak terlalu sering minum kopi ini juga dapat membatasi masuknya cahaya yang dapat merusak kopi. Nah, untuk Anda yang sibuk, Anda akan sangat terbantu karena coffee canister ini dapat dicuci dengan menggunakan dishwasher. Produk asli Thailand ini juga cocok untuk dijadikan tempat teh agar aroma segarnya tetap terjaga.

3. Hario Coffee Canister M/Black

3. Hario Coffee Canister M/Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Tidak ribet membuka dan menutup canister

Satu lagi produk dari Hario dengan fitur yang menjaga kualitas kopi. Produk ini terbuat dari kaca yang tidak akan bereaksi dengan aroma kopi sehingga dapat menjaga kesegaran kopi. Penutupnya yang berwarna gelap juga dapat membatasi paparan cahaya. Bentuknya yang ramping, membuatnya mudah disimpan di dalam lemari untuk proteksi biji/bubuk kopi lebih optimal.

Penutup produk juga memiliki desain unik, lho. Coffee canister umumnya didesain agar kedap udara sehingga sulit dibuka dan ditutup. Kalau Anda sering menghadapi masalah tersebut, Anda akan sangat terbantu dengan produk ini. Adanya tuas pada penutupnya akan memudahkan Anda membuka dan menutup canister. Tutup mudah dibuka, risiko tumpah pun berkurang!

2. The Planetary Design Airscape

2. The Planetary Design Airscape

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 560.000

Coffee canister yang bahkan mampu mengusir udara keluar

Coffee canister ini memiliki desain penutup unik yang tidak hanya mencegah udara luar masuk, tetapi juga mampu mengeluarkan udara yang terperangkap di dalamnya. Dilengkapi 2 lapis penutup, Anda dapat menggunakan penutup yang pertama untuk menekan udara keluar dari dalam canister dan penutup kedua yang tembus pandang untuk mencegah udara masuk kembali.

Karena fitur penutupnya yang unik, produk ini lebih cocok untuk menyimpan biji kopi meski dapat digunakan juga untuk menyimpan bubuk kopi. Bila Anda penikmat fresh grounded coffee dan lebih sering menyimpan kopi berbentuk biji, produk ini adalah pilihan tepat. Material stainless steel-nya juga membuat produk juga lebih awet dan mudah dibersihkan. Mantap, kan?

1. Diguo Airtight Storage Canister F-2022

1. Diguo Airtight Storage Canister F-2022

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 285.000

Perlindungan maksimal untuk kualitas kopi terbaik

Diguo F-2022 menawarkan fitur lengkap yang Anda butuhkan untuk menjamin kualitas kopi Anda. Produk ini cocok sekali untuk Anda pencinta kopi yang mengedepankan rasa dan aroma kopi. Anda pasti akan puas dengan fitur-fitur coffee canister ini, terlebih fitur time adjustment-nya. Tidak ada lagi kopi terasa kurang mantap karena biji/bubuknya telah disimpan terlalu lama!

Fitur time adjustment berupa angka pada penutup yang menunjukkan tanggal dan bulan sebagai pencatat waktu awal penyimpanan kopi. Fitur ini mencegah Anda menyimpan kopi melewati rentang waktu yang Anda tentukan. Selain itu, fitur one-way vent dan penutupnya menjamin bagian dalam produk kedap udara. Kopi yang Anda nikmati pun akan selalu terkontrol kualitasnya.

Kesimpulan

Bagi Anda pecinta kopi, kualitas kopi tentunya sangat penting karena sangat mempengaruhi rasa ketika kopi diseduh. Pemilihan wadah penyimpanan kopi atau coffee canister yang tepat menjadi faktor yang penting untuk mempertahankan kualitas kopi.

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda sudah memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai cara memilih coffee canister? Kami harap tips dan 10 rekomendasi produk dari kami dapat membantu Anda.