10 Rekomendasi Mesin Cuci Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mesin Cuci Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Mesin cuci mini dapat berupa mesin cuci portabel atau menyerupai mesin cuci pada umumnya, tetapi dengan fitur yang lebih sedikit. Produsen-produsen terkenal seperti Sharp, LG, Daewoo, dan Haier juga telah mengeluarkan produk mesin cuci mini dengan berbagai fitur menarik. Namun, mana yang dapat bermanfaat optimal bagi Anda?

Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin cuci mini terbaik agar Anda semakin mudah menemukan produk yang tepat. Temukanlah mesin cuci mini dengan berbagai varian spesifikasi, fitur, dan ukuran dalam daftar rekomendasi kami!

Daftar isi

Cara memilih mesin cuci mini

Mesin cuci mini memiliki beragam variasi bentuk dan ukuran. Agar Anda lebih memahami sebelum membeli, akan kami jelaskan terlebih dahulu cara memilih mesin cuci mini.

Pilih yang sesuai dengan tujuan penggunaannya

Pilih yang sesuai dengan tujuan penggunaannya

Ketika Anda hendak membeli mesin cuci mini, Anda akan menemukan berbagai jenis produk yang berbeda satu sama lain. Karena itu, Anda harus memilih produk sesuai dengan tujuan penggunaannya. Contohnya, bila Anda hendak memakainya untuk mencuci pakaian dengan noda kuat seperti baju kerja yang terkena oli atau bahkan sepatu kotor, pastikan produk tersebut memiliki daya pembersih memadai dan cukup awet untuk digunakan.

Kemudian, ada juga mesin cuci mini yang memang dirancang khusus untuk membersihkan noda membandel secara parsial, misalnya noda tumpahan makanan pada baju. Untuk itu, ketahui terlebih dahulu karakteristik dan keunggulan masing-masing produk agar Anda bisa memilih mesin cuci mini sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Pilih berdasarkan adanya fitur pengering

Pilih berdasarkan adanya fitur pengering

Tidak semua mesin cuci mini dilengkapi fitur pengering. Bila Anda sudah memiliki mesin cuci biasa dan berencana menggunakan mesin cuci mini sebagai mesin cuci kedua atau tidak menggunakannya setiap hari, adanya pengering pada mesin cuci mini bisa saja menjadi kurang krusial. Anda bisa mengeringkan pakaian menggunakan mesin cuci biasa. Namun, bila Anda akan menggunakan mesin cuci mini setiap hari, tentu adanya fitur pengering menjadi sangat penting.

Selain itu, kebanyakan mesin cuci mini tidak memiliki fitur pengoperasian otomatis. Dengan mempertimbangkan durasi pencucian dan berbagai hal lainnya, pikirkanlah apakah Anda tidak akan masalah bila fitur ini tidak ada sebelum membelinya.

Periksa bobot dan ukurannya

Periksa bobot dan ukurannya

Bila Anda menginginkan mesin cuci mini berukuran compact atau kecil, Anda perlu mengecek ukuran dan bobotnya terlebih dahulu. Bila Anda memilih produk dengan bobot sekitar 10 kg, Anda bahkan bisa menggunakannya layaknya mesin cuci biasa yang berukuran kecil.

Penting untuk diingat, ukuran mesin cuci sangat mempengaruhi kapasitas atau jumlah pakaian yang dapat dicuci secara bersamaan. Pada dasarnya, semakin besar ukuran mesin cuci mini, semakin besar pula kapasitasnya. Akan tetapi, bila Anda memilih mesin cuci mini otomatis, mekanismenya menjadi lebih rumit dan ukuran mesinnya pun menjadi lebih besar. Hal tersebut menyebabkan kapasitasnya tidak berbanding lurus dengan ukurannya. Karena itu, pastikan untuk mengecek bobot dan ukurannya terlebih dahulu.

10 Rekomendasi mesin cuci mini terbaik

Selain hemat tempat, dengan memiliki mesin cuci mini kegiatan mencuci pun akan lebih praktis. Sekarang, kami akan memberikan daftar rekomendasi mesin cuci mini terbaik. Pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhan Anda!

10. Mini Portable Ultrasonic Cleaner

10. Mini Portable Ultrasonic Cleaner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 187.000

Desainnya imut, hemat listrik pula!

Bila Anda menyukai benda berdesain unik, produk ini bisa membuat Anda jatuh hati. Dengan desain berbentuk ikan dan ukuran hanya 13 x 8,5 x 4,3 cm, produk ini hanya seukuran telapak tangan Anda. Kecil-kecil cabai rawit, produk ini pun fungsional karena dapat Anda gunakan untuk mencuci pakaian, buah, bahkan botol minum.

Bila Anda menginginkan produk yang hemat listrik, produk super mini ini juga layak dipertimbangkan. Produk ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 5 watt agar bisa Anda gunakan untuk mencuci pakaian. Cucian beres, tagihan listrik pun tidak membengkak, deh!

Ukuran 13 x 8,5 x 4,3 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kapasitas Tidak ada

9. Kemei KM – 9151 Mini Washing Machine

9. Kemei KM - 9151 Mini Washing Machine

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 104.000

Bersihkan noda dengan cepat, harganya pun ramah di kantong

Anda dapat menggunakan produk ini untuk mengangkat noda secara parsial pada pakaian kapan pun Anda mau. Hanya dalam 30-120 detik, noda bisa lenyap! Harganya pun terjangkau sehingga sangat tepat dimiliki bila Anda tidak mau mengeluarkan banyak dana, tetapi membutuhkan mesin cuci mini yang mampu singkirkan noda dalam waktu cepat.

Ukuran 17,5 x 4,5 cm
Bobot 0,6 kg
Kapasitas Tidak ada

8. Mini Ultrasonic Washing Device Titanium Alloy

8. Mini Ultrasonic Washing Device Titanium Alloy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : 170.000

Semakin awet dengan titanium alloy

Memiliki dimensi 10,2 x 5,5 x 2,1 cm, Anda bisa dengan mudah menyimpan dan membawa produk ini ke mana saja. Membersihkan pakaian dengan gelombang ultrasonik dan dilengkapi dengan fitur automatic power-off protection, produk ini menjadi semakin aman dan praktis digunakan.

Lalu, bila Anda menginginkan mesin cuci mini yang tidak mudah rusak, produk ini layak dipertimbangkan. Dibuat menggunakan titanium alloy, produk ini tidak hanya berbobot ringan, tetapi juga durable. Tidak hanya itu, produk ini juga menjadi tahan korosi sehingga Anda bisa semakin tenang menggunakannya setiap hari.

Ukuran 10,2 x 5,5 x 2,1 cm
Bobot 0,346 kg
Kapasitas Tidak ada

7. Mesin Cuci Mini XPB-45-C

7. Mesin Cuci Mini XPB-45-C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 450.000

Kapasitas besar di dalam bodi yang mini

Bagian badannya dibuat menggunakan bahan plastik sehingga tidak akan berkarat. Bobotnya pun hanya 6,5 kg saja, Anda tidak akan kesulitan untuk memindahkan atau menggesernya sesuai kebutuhan. Toh, dengan ukuran 51 x 35 x 37 cm produk ini juga tidak akan membutuhkan terlalu banyak space penyimpanan.

Dengan kapasitas mencapai 5,5 kg Anda bisa mencuci cukup banyak pakaian menggunakan produk ini. Dilengkapi fitur pengering serta 2 timer untuk mengontrol pencucian dan pengeringan, produk ini pun semakin fungsional. Bila Anda mencari mesin cuci mini berbodi compact dengan kapasitas besar, produk ini layak dipertimbangkan.

Ukuran 51 x 35 x 37 cm
Bobot 6,5 kg
Kapasitas 5,5 kg

6. Haier Codo Mini Washing Machine MXG1C

6. Haier Codo Mini Washing Machine MXG1C

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 314.000

Mencuci 120x dengan 10 ml air, hemat air!

Untuk Anda yang ingin menghilangkan noda pada pakaian tanpa membuang banyak air, produk ini solusinya. Anda bisa menyimpan air sebanyak 10 ml dalam produk ini dan menggunakannya untuk mencuci sebanyak 120 kali, sangat hemat! Apalagi, produk ini dilengkapi micro motor sehingga mampu membersihkan noda lebih dalam.

Ukuran 17,6 x 4,6 x 4,6 cm
Bobot 0,2 kg
Kapasitas Tidak ada

5. AQUA Japan Handy Washer HCW-HW1

5. AQUA Japan Handy Washer HCW-HW1

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 749.000

Lebih praktis dengan optional battery power supply

Dilihat dari tampilannya, produk keluaran merek asli Jepang ini terlihat sama dengan mesin cuci mini portabel lainnya. Namun, performanya tidak perlu diragukan lagi. Dengan berbekal air sebanyak 5 ml dan deterjen, produk yang hadir dalam beragam varian warna ini mampu membersihkan noda parsial membandel pada pakaian Anda.

Mesin cuci berdimensi 17,6 x 4,6 cm ini pun tidak akan membuat Anda pusing soal daya baterainya. Dengan optional battery power supply, Anda dapat menggunakan baterai AAA ketika daya baterai isi ulangnya habis. Bila Anda tak ingin saat mencuci baju terganggung karena kehabisan daya baterai, ini jawabannya!

Ukuran 17,6 x 4,6 cm
Bobot 0,2 kg (tanpa tutup dan baterai)
Kapasitas Tidak ada

4. Sharp Ultrasonic Washer UW-A1Y-S/N/P

4. Sharp Ultrasonic Washer UW-A1Y-S/N/P

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 495.000

Ampuh menghilangkan noda dengan 38.000 getaran/detik

Bila Anda butuh mesin cuci mini yang super ampuh menghilangkan noda secara parsial, produk ini solusinya. Dirancang secara khusus, produk ini sangat efektif mengangkat berbagai noda membandel pada pakaian Anda dengan cara menghasilkan gelombang ultrasonik berfrekuensi 38.000 getaran/detik!

Dengan ukuran hanya 16,8 x 4 x 4 cm, produk keluaran Sharp ini tidak membutuhkan banyak tempat penyimpanan sehingga Anda semakin mudah membawanya. Apalagi, produk ini juga memiliki desain yang elegan sehingga membersihkan pakaian di tempat umum pun tidak terasa memalukan.

Ukuran 16,8 x 4 x 4 cm
Bobot 0,2 kg (tanpa tutup)
Kapasitas Tidak ada

3. Geithainer XPB30-120R

3. Geithainer XPB30-120R

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.999.000

Semakin higienis dengan tabung pengering detachable

Mesin cuci mini berkapasitas 3 kg ini memiliki dimensi 34 x 36 x 48 cm saja sehingga sangat compact dan mudah untuk Anda letakkan di ruangan yang Anda mau. Ditambah dengan durasi pencucian yang berkisar hanya antara 3 – 15 menit, tentu Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mencuci pakaian menggunakan produk ini.

Lalu, Anda juga bisa mengeringkan pakaian menggunakan tabung pengering detachable yang telah disediakan secara terpisah. Dengan begitu, pakaian Anda tidak terpapar debu, kotoran, atau sisa detergen yang masih terdapat di dalam tabung pencucian. Untuk Anda yang mengutamakan higienitas, produk ini wajib dipertimbangkan.

Ukuran 34 x 36 x 48 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kapasitas 3 kg

2. LG T2735NTWV 

2. LG T2735NTWV

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.329.000

Makin fungsional dengan inverter plus berbagai fitur modern

Dilengkapi dengan Slim Inverter DD, mesin cuci mini ini hanya menghasilkan suara maksimal 52 dB saja saat diaktifkan, Anda tidak akan terganggu dengan suara bising. Direct motor pada inverter-nya juga sangat durable dan memiliki garansi bahkan hingga 10 tahun, Anda bisa semakin tenang menggunakannya untuk jangka panjang.

Adanya fitur modern, seperti LED display, full touch control, heaterchild lock, Smart Diagnosis, dan Tub Clean membuat produk ini cocok untuk Anda yang mencari mesin cuci mini kaya fitur. Lalu, bila Anda sudah memiliki mesin cuci LG tipe front loaders, produk ini pun sangat cocok Anda jadikan mesin cuci kedua.

Ukuran 70 x 36 x 77 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kapasitas 3,5 kg

1. Daewoo DWD-M7301WPH

1. Daewoo DWD-M7301WPH

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.995.000

Bisa dipasang ke dinding, sangat hemat tempat!

Bila Anda mencari mesin cuci mini untuk ditempatkan di area yang space-nya sangat terbatas, tidak perlu ragu untuk membeli produk ini. Mesin cuci mini tipe wall mounted yang didesain untuk dipasang di dinding ini telah dilengkapi 6 program pencucian serbaguna terlepas dari ukurannya yang begitu compact.

Dimensinya hanya 55 x 60 x 29,2 cm, tetapi cukup untuk menampung pakaian sebanyak 3 kg dalam sekali cuci. Dengan pengaturan suhu mencapai saat pencucian 95°C, pakaian yang Anda cuci akan semakin bersih, bebas baik debu, kotoran, maupun sisa detergen dan cocok juga digunakan sebagai mesin cuci khusus pakaian si kecil.

Ukuran 55 x 60 x 29,2 cm
Bobot Tidak disebutkan
Kapasitas 3 kg

Baca juga rekomendasi mesin cuci lainnya dan pembersih mesin cuci di sini

Tidak hanya mesin cuci mini, Anda bisa menggunakan mesin cuci biasa, front loading, top loading, atau mesin cuci yang cocok untuk orang yang tinggal sendiri sesuai kebutuhan Anda. Anda juga bisa menggunakan pembersih mesin cuci agar mesin cuci Anda tetap higienis. Yuk, baca lebih detail tentang seluruh produk tersebut di sini!

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan mesin cuci mini tidak hanya untuk mencuci pakaian, tetapi juga noda membandel secara parsial. Tentu akan amat praktis bisa Anda bisa membersihkan dengan lebih mudah. Bila dibutuhkan, Anda bisa mengecek adanya fitur pengering pada produk pilihan Anda.

Kemudian, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu ukuran dan bobotnya. Bila sudah, pilihlah mesin cuci mini dengan spesifikasi yang paling tepat sesuai preferensi Anda!