1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Perlengkapan cuci piring
  6. >
  7. 10 Sabun Cuci Piring Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sabun Cuci Piring Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sabun Cuci Piring Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sabun Cuci Piring Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sabun Cuci Piring Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sabun Cuci Piring Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sabun Cuci Piring Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Banyak orang bilang mencuci piring adalah pekerjaan rumah yang paling merepotkan. Karena itu, sabun cuci piring yang tidak merusak kulit tangan menjadi produk yang banyak dicari. Merek terkenal, seperti Sunlight, Mama Lemon, dan juga Ekonomi menawarkan sabun cuci piring yang beragam jenisnya.

Pilihan tersebut mungkin membuat Anda kebingungan memilih sabun cuci piring terbaik. Karena itu, kami akan membagikan informasi cara memilih sabun cuci piring yang bagus untuk kulit sensitif, alergi, serta lembut di tangan. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
Diperbaharui 01-30-2023
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih Sabun Cuci Piring

Sebelum masuk ke rekomendasi produk, kami akan membahas tips memilih sabun cuci piring terlebih dahulu. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan, seperti kandungan bahan aktif dan kenyamanan saat digunakan. Karena itu, simak setiap poinnya dengan saksama, ya!

① Perhatikan kandungan bahan aktif dalam sabun cuci piring

Perhatikan kandungan bahan aktif dalam sabun cuci piring

Sabun cuci piring pada umumnya memiliki kandungan bahan aktif dalam komposisinya. Kandungan bahan aktif tersebut memiliki tingkat keasaman (pH) yang terbagi tiga kategori, yaitu basa lemah, netral, dan asam lemah. 


  • Basa lemah

Jika dilihat dari efeknya, sabun cuci piring yang kategorinya basa lemah memiliki daya pembersih paling kuat. Namun, makin kuat daya pembersihnya tidak berarti selalu makin bagus. Sabun cuci piring dengan pH basa lemah bisa merusak atau mengiritasi kulit Anda. Jadi, Anda perlu memakai sarung tangan karet saat menggunakannya.


  • Asam lemah

Bagi Anda pemilik kulit sensitif, sebaiknya memilih yang daya pembersihnya tidak terlalu keras atau dengan pH asam lemah. Sabun ini tidak membuat tangan jadi kasar. Namun, tingkat kebersihannya tidak setinggi sabun dengan basa lemah. Jadi, disarankan untuk mencuci peralatan makan yang tidak terlalu banyak lemak atau kotoran menumpuk.


  • Netral

Jika Anda bingung memilih basa lemah atau asam lemah, pilihlah kategori ini karena tingkat keasamannya seimbang. Anda bisa mengusir lemak dan kotoran yang menempel di piring tanpa membuat tangan jadi teriritasi. Di Indonesia sendiri, sabun cuci piring yang paling banyak dijual di pasaran adalah kategori netral ini.

② Pilih yang dapat menghasilkan banyak busa

Pilih yang dapat menghasilkan banyak busa

Saat mencuci piring, menuangkan sabun berulang kali ke spons menjadi hal yang sangat merepotkan. Solusinya adalah pilih sabun cuci piring yang dapat menghasilkan banyak busa. Khususnya untuk Anda yang memiliki banyak anggota keluarga, mencuci piring pun akan terasa lebih ringan.


Dengan busa yang banyak, Anda tidak harus menuangkan sabun berulang kali saat tengah mencuci. Alhasil, Anda dapat menghemat waktu dan juga tenaga. Jadi, sebelum membeli sabun cuci piring, periksalah apakah sabunnya mampu menghasilkan banyak busa atau tidak. Namun, kebersihan dari spons juga berpengaruh pada proses pencucian piring. Jika sudah kotor dan bau, segera ganti spons Anda agar hasilnya lebih bersih dan maksimal.

③ Cari yang mudah untuk dibilas

Cari yang mudah untuk dibilas

Selanjutnya, pilihlah sabun cuci piring dengan busa yang mudah dibilas. Hal ini mungkin sering terlewatkan saat Anda memilih sabun cuci piring. Namun, hal ini sangat penting untuk efisiensi waktu, terutama jika Anda sibuk. Tentunya, kegiatan rutin cuci piring akan lebih nyaman dan cepat selesai jika menggunakan sabun cuci yang mudah dibilas. Dengan begitu, waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia.


Karena mencuci adalah pekerjaan rumah yang dilakukan setiap hari, sekecil apa pun dampaknya akan menjadi penyebab stres, bukan? Nah, beberapa sabun cuci piring yang dapat ditemukan di toko memiliki keunggulan mudah dibilas. Jika Anda ingin memiliki sabun cuci piring yang nyaman digunakan, pilihlah sabun cuci piring yang mudah dibilas ini.

④ Pertimbangkan sabun cuci piring yang aman dan ramah lingkungan

Pertimbangkan sabun cuci piring yang aman dan ramah lingkungan

Peralatan makan adalah barang yang harus dijaga kebersihannya supaya tidak ada kuman yang mengontaminasi makanan. Dalam hal ini, Anda dapat mencari sabun cuci piring organik yang tidak mengandung fosfat, paraben, atau bahkan pewarna. Anda yang memiliki kulit sensitif juga disarankan memilih sabun dengan formula hypoallergenic.


Tak hanya itu, bagi Anda yang memperhatikan kelangsungan lingkungan hidup bisa juga mencari sabun yang residunya ramah lingkungan. Jadi, sisa-sisa busa sabun yang terbuang pun tidak akan mencemari lingkungan sekitar Anda. Sabun cuci piring yang ramah lingkungan juga bisa dipakai untuk mencuci sayur dan buah, terutama yang masih banyak tanahnya.

10 Rekomendasi sabun cuci piring terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun cuci piring terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

Sahaja Cairan Pencuci Piring

Unilever Sahaja Cairan Pencuci Piring 1枚目

Sabun cuci piring ramah lingkungan

2

Tandi Jaya Perkasa

Prokleen Dishwashing Liquid

Tandi Jaya Perkasa Prokleen Dishwashing Liquid 1枚目

Angkat noda dan lemak membandel di seluruh peralatan dapur Anda

3

Unilever

Sunlight Extra Anti Bau

Unilever Sunlight Extra Anti Bau 1枚目

Efektif menghilangkan lima jenis bau tak sedap

4

Lion Wings

Ekonomi Power Liquid

Lion Wings Ekonomi Power Liquid 1枚目

Formula lebih kental, lima kali lebih cepat hilangkan lemak

5

Lion Wings

Mama Lemon Jeruk Nipis

Lion Wings Mama Lemon Jeruk Nipis 1枚目

Busa lebih banyak dan tiga kali lebih kesat!

6

Kino Corporation

Sleek Baby Bottle Nipple Cleanser

Kino Corporation Sleek Baby Bottle Nipple Cleanser 1枚目

Tak hanya peralatan makan, mainan bayi bisa dicuci dengan sabun ini

7

Barclay

SOS Cairan Pencuci Piring Anti Bacterial – Lime Fresh

Barclay  SOS Cairan Pencuci Piring Anti Bacterial – Lime Fresh 1枚目

Sabun yang lembut di tangan, mencuci piring makin nyaman

8

Cussons Baby

Liquid Cleanser

Cussons Baby Liquid Cleanser 1枚目

Food grade dengan bahan pembersih alami untuk mengusir 99% bakteri

9

Lion Wings

Mama Lime Mineral Salt

Lion Wings Mama Lime Mineral Salt 1枚目

Sisa pestisida hilang, makan buah dan sayur lebih aman

10

Total Chemindo Loka

BuKrim Liquish Jeruk Nipis

Total Chemindo Loka BuKrim Liquish Jeruk Nipis 1枚目

Peralatan makan bersih kesat, bau amis pun hilang!

Perincian produk
Close
No.1

UnileverSahaja Cairan Pencuci Piring

Mulai dari Rp14.100,00

Sabun cuci piring ramah lingkungan

Kelebihan:

  • Tidak mengandung fosfat, paraben, dan pewarna
  • Mengandung surfaktan biodegradable yang aman untuk lingkungan
  • Diproduksi secara halal dan thayyib

Kekurangan:

  • Hanya ada satu varian aroma

Anda mungkin termasuk orang yang memperhatikan kelangsungan lingkungan hidup sekitar. Jika demikian, Anda perlu mencari sabun cuci piring yang tak hanya ramah untuk Anda sendiri, tetapi juga untuk lingkungan. Karena itu, tepat jika Anda menjatuhkan pilihan pada sabun cuci Sahaja.


Sabun ini mengandung surfaktan biodegradable dan parfum yang ramah lingkungan sehingga residu sabun yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan sekitar. Selain itu, kandungannya juga aman karena tanpa paraben dan tanpa pengawet sehingga aman untuk kulit Anda.

No.2

Tandi Jaya PerkasaProkleen Dishwashing Liquid

Mulai dari Rp15.000,00

Angkat noda dan lemak membandel di seluruh peralatan dapur Anda

Kelebihan:

  • Residunya ramah lingkungan
  • Aroma jeruk nipisnya soft dan harum

Kekurangan:

  • Tidak tersedia dalam kemasan saset

Setelah masak atau menyantap makanan bersantan pasti akan meninggalkan sisa kotoran dan lemak yang menempel. Berkat sabun cuci piring yang sudah dilengkapi teknologi Grease Off ini, Anda bisa membersihkan lemak dan noda membandel dengan mudah. Peralatan makan Anda pun akan bersih dan bebas dari bakteri. Tak hanya itu saja, dengan busa yang melimpah, sabun ini diformulasikan memiliki pH seimbang sehingga tidak merusak tangan.

No.3

UnileverSunlight Extra Anti Bau

Mulai dari Rp15.000,00

Efektif menghilangkan lima jenis bau tak sedap

Kelebihan:
  • Bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayur
  • Penggunaannya irit, hanya setengah sendok teh untuk 15 gelas air

Kekurangan:

  • Pilihan variasi kemasan saset refill terbatas hanya ada dua pilihan

Pernahkah Anda mendapati piring plastik yang bau amisnya masih menempel? Jika iya, coba cuci saja dengan Sunlight Extra Anti Bau dengan wangi jeruk nipis dan daun mint. Sabun ini bisa menghilangkan lima macam bau tidak sedap, mulai dari telur, ikan, gulai, gorengan, hingga bau bawang. Bahkan Anda bisa menggunakannya untuk mencuci botol plastik, buah, dan sayur!

No.4

Lion WingsEkonomi Power Liquid

Mulai dari Rp15.000,00

Formula lebih kental, lima kali lebih cepat hilangkan lemak

Kelebihan:

  • Diklaim bisa menghilangkan lemak lima kali lebih cepat
  • Cairan lebih kental dan busanya banyak


Kekurangan:

  • Tidak tersedia kemasan saset ukuran kecil

Ketika cucian menumpuk dan Anda hanya punya waktu sebentar untuk mencucinya, Anda membutuhkan sabun cuci ini. Ekonomi Power Liquid diformulasikan lima kali lebih cepat membersihkan lemak. Konsentrat cairannya lebih kental dan menghasilkan banyak busa. Dengan ekstrak jeruk nipis yang aromanya menyegarkan, piring Anda cepat bersih dan wangi.

No.5

Lion WingsMama Lemon Jeruk Nipis

Mulai dari Rp1.000,00

Busa lebih banyak dan tiga kali lebih kesat!

Kelebihan:

  • Dapat menghilangkan 100 macam lemak dan bau amis
  • Dapat mengusir bau amis pada peralatan makan berbahan plastik sekalipun
  • Lembut di tangan


Kekurangan:

  • Kurang maksimal membersihkan pantat panci yang gosong

Menghilangkan sisa lemak atau noda minyak di wadah plastik memang butuh usaha ekstra. Namun, lain cerita apabila Anda menggunakan produk ini. Diformulasikan dengan teknologi 3x Action, busa yang dihasilkan menjadi tiga kali lebih banyak. Alhasil, membersihkan minyak dan lemak pun lebih efektif. Anda yang memiliki banyak anggota keluarga akan terbantu karena dapat mencuci dalam jumlah banyak dengan waktu singkat.

No.6

Kino CorporationSleek Baby Bottle Nipple Cleanser

Mulai dari Rp12.500,00

Tak hanya peralatan makan, mainan bayi bisa dicuci dengan sabun ini

Kelebihan:

  • Sudah teruji secara dermatologi
  • Bebas paraben
  • Lembut dan tidak menimbulkan iritasi di tangan

Kekurangan:

  • Hanya ada satu varian aroma

Jauh lebih praktis bila Anda memiliki satu sabun yang bisa digunakan untuk mencuci berbagai macam barang. Produk ini merupakan salah satu contohnya. Selain efektif membasmi mikroorganisme yang menempel di peralatan makan bayi, Anda juga bisa menggunakannya untuk mencuci mainan.


Sabun ini diformulasikan dengan Natural Antibacterial dan Stain Removal Formula untuk membunuh bakteri. Bau amis dari botol susu dan peralatan makan bayi bisa dibersihkan. Bakteri yang kerap menempel pada mainannya pun turut menghilang.

No.7

Barclay SOS Cairan Pencuci Piring Anti Bacterial – Lime Fresh

Mulai dari Rp12.000,00

Sabun yang lembut di tangan, mencuci piring makin nyaman

Kelebihan:

  • Dapat digunakan untuk mencuci sayur, buah, dan peralatan makan bayi
  • Bebas kandungan formalin
  • Aroma lemonnya menyegarkan


Kekurangan:

  • Tidak tersedia kemasan botol sehingga harus menyiapkan botol sendiri

Anda yang sering mencuci piring pasti khawatir dengan kulit tangan yang terasa makin kasar. Karena itu, kami merekomendasikan sabun cuci piring ini. Dengan kandungan ekstrak lidah buaya, mencuci piring akan lebih nyaman karena kulit Anda pun terjaga kelembutannya. Sementara itu, untuk menghilangkan minyak dan bau, kandungan ekstrak lemonnya siap diandalkan!

No.8

Cussons BabyLiquid Cleanser

Mulai dari Rp19.700,00

Food grade dengan bahan pembersih alami untuk mengusir 99% bakteri

Kelebihan:

  • Telah lulus uji tes mikrobiologi
  • Bisa untuk mencuci dan menghilangkan pestisida pada buah dan sayur
  • Lembut di tangan dan tidak memicu alergi

Kekurangan:

  • Hanya ada satu varian aroma

Sisa dan bau susu pada botol susu bayi memang menjengkelkan karena susah dihilangkan. Untungnya Cussons Baby Liquid Cleanser mampu meringankan beban Anda tersebut. Dengan bahan pembersih alami, sabun ini diklaim mampu menghilangkan kotoran dan bakteri hingga 99%! 


Tidak lupa, sisa busanya mudah sekali dibilas sehingga tidak meninggalkan residu yang membahayakan bayi Anda. Bagi Anda yang sedang mencari sabun cuci piring khusus peralatan bayi, produk ini dapat menjadi jawabannya.

No.9

Lion WingsMama Lime Mineral Salt

Mulai dari Rp850,00

Sisa pestisida hilang, makan buah dan sayur lebih aman

Kelebihan:

  • Mengandung antibacteria food grade untuk mencuci piring dan makanan
  • Sudah teruji klinis membunuh bakteri Staphylococcus aereus
  • Hasil cucian jadi kesat dan bersih


Kekurangan:

  • Hanya ada satu varian aroma

Pestisida banyak digunakan dalam dunia pertanian dan tidak jarang sisanya masih menempel di buah atau sayuran. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencuci buah dan sayuran yang akan dikonsumsi dengan produk ini. Formula antibakterinya ampuh menghilangkan bakteri dan sisa pestisida yang membahayakan tubuh. Pilihlah produk ini jika Anda mengutamakan kebersihan dan kesehatan!

No.10

Total Chemindo LokaBuKrim Liquish Jeruk Nipis

Mulai dari Rp10.000,00

Peralatan makan bersih kesat, bau amis pun hilang!

Kelebihan:

  • Wangi jeruk nipisnya menyegarkan dan mampu hilangkan bau amis membandel

Kekurangan:

  • Tidak tersedia kemasan botol sehingga harus menyiapkan botol sendiri

Bau amis membandel yang menempel di peralatan makan terkadang memang membuat kesal. Untuk Anda yang ingin mengatasi masalah tersebut, gantilah sabun cuci piring Anda ke produk ini! Dengan ekstrak jeruk nipis di dalamnya, lemak dan bau pada alat makan Anda akan hilang tak bersisa. Selain itu, kemasan isi ulangnya yang berbentuk corong dapat mencegah cairan tumpah. Praktis dan tidak repot, bukan?

Baca juga rekomendasi produk peralatan cuci piring lainnya di sini

Untuk mencuci piring, tentu Anda membutuhkan peralatan lain seperti spons, sarung tangan, atau sikat yang tepat. Jika Anda sedang mencari produk tersebut, baca juga rekomendasi produk lainnya di bawah ini. Mari temukan produk yang tepat untuk menunjang kenyamanan selama mencuci piring!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan sabun cuci piring yang paling sesuai kebutuhan? Selain untuk menghilangkan bakteri dan kotoran, pilihlah sabun cuci piring yang aman untuk digunakan. Periksalah fungsi lainnya, seperti kandungan surfaktan atau efeknya terhadap kulit Anda. 


Dengan begitu, produk yang Anda gunakan akan lebih berguna dan tak membahayakan tubuh. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih sabun cuci piring terbaik. Selamat memilih dan mencoba!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer