10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tidak hanya digunakan untuk kamera digital atau video camera saja, SD Card juga bisa digunakan untuk ponsel karena dapat menyimpan musik atau data multimedia. Ada berbagai macam merek terkenal, seperti Toshiba, SanDisk, Transcend, dan sebagainya yang menawarkan berbagai macam pilihan SD Card. Mungkin Anda akan merasa bingung untuk menentukan mana yang paling pas untuk Anda.

Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih SD Card, serta memperkenalkan sepuluh SD Card terbaik untuk Anda. Mulai dari yang seimbang antara kapasitas dan harganya, sampai model high-grade berkecepatan tinggi. Selamat memilih!

Daftar isi

Cara memilih SD Card

Kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih SD Card. Kebanyakan SD Card dipakai untuk kamera digital dan camcorder. Apabila Anda mencari SD Card untuk smartphone, pilihlah kartu memori berjenis Micro SD.

Pilihlah kapasitas SD Card yang sesuai dengan perangkat Anda

SD Card memiliki tiga macam jenis, yaitu SD Card, SDHC, dan SDXC. Tidak semua jenis bisa digunakan pada semua gadget, jadi pastikan dulu tipe SD Card yang bisa digunakan pada perangkat Anda. Biasanya akan ada tulisan “SD” atau yang lainnya pada slot kartu memori gadget Anda.

Setiap jenis SD Card memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Pilihlah kapasitas kartu berdasarkan besarnya data yang ingin Anda simpan. SD Card berkapasitas 4 GB mampu menyimpan 500-1000 gambar, bisa juga untuk menyimpan video Full HD berdurasi 30 menit. Kami akan memperkenalkan keunggulan yang dimiliki setiap macam SD Card dengan kapasitasnya yang berbeda-beda.

SD Card: sampai dengan 2 GB, cocok untuk menyimpan foto-foto di perangkat lama

SD Card: sampai dengan 2 GB, cocok untuk menyimpan foto-foto di perangkat lama

Ukuran ini adalah standar terkecil yang direkomendasikan bagi memory card. Kartu ini cocok untuk menyimpan foto-foto, digunakan untuk berbagai macam keperluan, dan bisa digunakan untuk perangkat lama. Selain itu, karena harganya murah, Anda bisa menjadikannya sebagai sarana menyimpan album foto atau sebagai persiapan sebelum membeli kartu yang baru.

SDHC: antara 4 GB sampai 32 GB, Anda dapat menyimpan lebih banyak foto dan video Full HD

SDHC: antara 4 GB sampai 32 GB, Anda dapat menyimpan lebih banyak foto dan video Full HD

Kapasitas memory card kelas menengah. Kartu ini memiliki kapasitas yang lebih besar dari SD Card. Sangat cocok untuk menyimpan foto dalam jumlah yang banyak, misalnya saat Anda sedang berlibur. Selain itu, Anda bisa merekam video Full HD dengan durasi yang lebih lama daripada SD Card. Kami sangat merekomendasikan kartu ini sebagai pilihan Anda.

SDXC: lebih besar dari 64 GB, gunakan untuk menyimpan foto berkualitas tinggi dan video berdurasi panjang

SDXC: lebih besar dari 64 GB, gunakan untuk menyimpan foto berkualitas tinggi dan video berdurasi panjang

Kartu ini memiliki kapasitas paling besar di dalam kelas memory card. Kartu ini cocok digunakan untuk pengambilan video berdurasi panjang atau pengambilan gambar dengan kualitas tinggi. Apabila Anda menginginkan kartu memori untuk pemakaian sehari-hari, sebaiknya Anda tidak memilih kartu tipe ini karena harganya mahal dan pemakaiannya ditujukan untuk para profesional.

Pilihlah yang kecepatan transfernya sesuai dengan kebutuhan Anda

Kecepatan transfer data merupakan salah satu faktor terpenting apabila Anda melakukan perekaman video atau pemotretan beruntun. Proses perekaman video membutuhkan kecepatan transfer data yang stabil dalam penulisan data ke kartu. Apabila kecepatan transfernya lambat, proses penulisan data akan terganggu, terhenti di tengah jalan, dan menyebabkan eror.

Kartu dengan kecepatan penulisan data yang lambat juga akan mengurangi jumlah pemotretan beruntun yang bisa dilakukan oleh kamera digital. Jumlah foto yang blank akan bertambah. Selain itu, kecepatan transfer data juga memengaruhi kecepatan pemindahan data ke komputer. Semakin besar kecepatan transfernya, semakin cepat pula proses pemindahan data Anda.

Class 10 adalah kecepatan yang paling tinggi

Class 10 adalah kecepatan yang paling tinggi

Kemampuan SD Card biasanya tertulis dalam logo berbentuk huruf C besar yang menyerupai lingkaran dengan angka 2, 4, 6, atau 10 di dalamnya. Logo dan angka ini adalah penanda kecepatan transfer atau disebut juga dengan speed class. Semakin besar angkanya, semakin cepat pula kecepatan transfer datanya.

Untuk pemotretan beruntun atau merekam video, sebaiknya Anda memakai Class 10 dengan kecepatan membaca atau menulis data sebesar 10 MB per detik. Periksalah kembali berapa kelas minimal yang diperlukan oleh perangkat Anda. Apabila Anda bingung, Anda bisa memakai Class 10.

Ingin lebih cepat lagi? Gunakan UHS Speed Class 3

Ingin lebih cepat lagi? Gunakan UHS Speed Class 3

UHS speed class dikembangkan untuk kartu SDHC dan SDXC. Apabila gadget Anda compatible dengan UHS interface, kecepatan membaca dan menulis data akan meningkat, Anda pun bisa melakukan pemotretan atau pengambilan video seperti seorang profesional.

Ada dua macam jenis UHS speed class, yaitu UHS-I dan UHS-II. UHS-II lebih cepat daripada UHS-I. Anda bisa melihat kecepatan minimalnya melalui angka di dalam logo yang berbentuk seperti huruf U.

Di dalam huruf U, biasanya tertulis angka 1 atau 3. Ini adalah parameter kecepatan minimal saat digunakan pada perangkat yang cocok dengan UHS-I. Angka 1 berarti 10 MB. Jika angkanya 3, kecepatan minimalnya adalah 30 MB per detik.

Pastikan Anda memilih sesuai dengan interface perangkat Anda. Apabila gadget Anda tidak cocok dengan UHS, sebaiknya yang akan Anda gunakan adalah speed class-nya.

Anda juga bisa memilih kartu memori yang dapat terhubung dengan Wi-Fi

Anda juga bisa memilih kartu memori yang dapat terhubung dengan Wi-Fi

Telah hadir SD Card dengan teknologi yang bisa membuatnya terhubung dengan Wi-Fi seperti Eye-Fi atau FlashAir. Anda bisa langsung mengunggah foto atau video Anda dari kamera digital ke album online atau situs media online. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengirimkannya ke komputer Anda terlebih dahulu.

Karena bisa langsung dihubungkan dengan perangkat seperti iPad, iPhone, atau Android, Anda juga bisa langsung membagikan foto yang Anda ambil pada saat itu juga. Namun, ketika dilihat dari perbandingan kapasitas, spesifikasi, dan harga kartu ini, kami tidak merekomendasikannya untuk Anda kali ini.

10 Rekomendasi SD Card Terbaik

Berikut ini adalah sepuluh SD Card terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pilihan SD Card sesuai keinginan Anda dengan pertimbangan poin-poin yang telah kami beritahukan sebelumnya. Pilihlah SD Card yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. V-Gen Transflash/Micro SD (with CPRM License) 2 GB

10. V-Gen Transflash/Micro SD (with CPRM License) 2 GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 62.500

Kapasitas kecil, pas untuk koleksi album mini Anda

Bagi Anda yang ingin menjadikan kartu memori Anda sebagai album foto-foto, Anda bisa mencoba V-Gen Transflash/Micro SD (with CPRM License) dengan kapasitas 2 GB ini. Kapasitas ini cukup untuk menyimpan foto-foto dalam satu acara kecil Anda bersama teman atau keluarga. Anda juga dapat membeli beberapa buah untuk berbagai macam kebutuhan Anda karena harganya yang sangat murah.

Kartu memori ini memiliki kecepatan membaca data sebesar 9,2 MB/detik dan kecepatan menulis data sebesar 6,4 MB/detik. Kecepatan ini cukup untuk mengambil foto melalui smartphone Anda. Sayangnya, kartu memori ini tidak dilengkapi dengan adapter sehingga hanya bisa digunakan untuk perangkat yang meng-support Micro SD Card saja, seperti smartphone, MP3 Player, PDA, kamera digital, dan Blackberry.

9. Toshiba FlashAir W-03 16 GB

9. Toshiba FlashAir W-03 16 GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 415.000

Langsung bisa transfer data lewat Wi-Fi!

Memory card dengan teknologi wireless? Toshiba FlashAir dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi yang memudahkan Anda untuk mengakses, membuka, dan membagikan data di dalamnya tanpa perlu menggunakan card reader. Anda bisa menghemat banyak waktu saat memindahkan data Anda dengan kemudahan teknologi Wi-Fi ini.

Kartu memori berkapasitas 16 GB ini didukung dengan kecepatan transfer Class 10 yang juga akan mempercepat proses pemindahan data Anda. Dengan kata lain, selain kecepatan transfernya yang cepat, Anda juga tidak perlu repot mengeluarkan kartu memori ini dari perangkat Anda. Namun, sayangnya harganya termasuk mahal jika dibandingkan dengan kartu memori lain dengan kapasitas dan kecepatan yang sama.

8. SanDisk Ultra SDHC/SDXC UHS-I Memory Card 64 GB

8. SanDisk Ultra SDHC/SDXC UHS-I Memory Card 64 GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 284.500

Kapasitas besar dengan hasil foto dan video yang jernih, kartu ini siap memenuhi kebutuhan harian Anda!

Cobalah SanDisk Ultra SDHC/SDXC UHS-I 64 GB untuk mendapatkan hasil foto dan video yang jernih. Meskipun belum mendukung video 4K, Anda bisa merekam video sampai resolusi 1080p dengan lancar. Kapasitasnya yang besar cukup untuk menyimpan semua foto high-resolution dan video Full HD Anda sebelum Anda memindahkannya.

Selain itu, didukung dengan kecepatan membaca data hingga 48 MB/detik, Anda bisa memindahkan foto dan video Anda ke komputer dengan lebih cepat! Meskipun telah banyak kartu dengan kecepatan yang lebih tinggi, kartu ini cocok bagi Anda yang menginginkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk kebutuhan harian Anda.

7. SanDisk Extreme SDHC/SDXC UHS-I Memory Card 32 GB

7. SanDisk Extreme SDHC/SDXC UHS-I Memory Card 32 GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 230.000

Kini Anda bisa merekam video 4K Ultra HD dengan harga terjangkau!

Ingin merekam video 4K, tetapi budget terbatas? SanDisk Extreme SDHC/SDXC UHS-I yang sudah support untuk video 4K dapat membantu Anda mewujudkannya. Kartu memori ini memiliki kecepatan membaca data hingga 90 MB/detik dan kecepatan menulis data sampai dengan 40 MB/detik yang mampu mendukung pengambilan foto beruntun maupun video beresolusi tinggi Anda.

Selain mendapatkan spesifikasi yang tinggi dengan harga yang terjangkau, SanDisk juga menawarkan garansi lifetime untuk produk ini. Dilengkapi dengan fitur tahan getaran, suhu tinggi, air, dan radiasi sinar X, Anda tidak perlu khawatir untuk membawa kartu memori ke tempat-tempat yang ekstrem.

6. Transcend SDXC UHS-I U3 64 GB

6. Transcend SDXC UHS-I U3 64 GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 599.000

Hasil lebih mulus untuk kesempurnaan rekaman video Full HD Anda!

Transcend SDXC UHS-I U3 mampu merekam video dengan kecepatan minimal sebesar 30 MB/detik. Untuk memenuhi kebutuhan perekaman video Full HD, 3D, dan 4D dengan mulus, kartu memori ini juga menawarkan kecepatan baca maksimal sebesar 95 MB/detik dan kecepatan tulis maksimal 60 MB/detik. Untuk hasil video Full HD, 3D, atau video 4K yang halus, Anda bisa memercayakan pilihan Anda pada kartu memori ini.

Tak perlu takut lagi kehabisan space! Kapasitasnya yang besar memungkinkan Anda untuk mengambil video berdefinisi tinggi dengan durasi yang lama. Apabila kapasitas 64 GB masih kurang bagi Anda, tersedia juga pilihan kapasitas sampai 256 GB. Namun, sebaiknya Anda memeriksa kembali perangkat Anda karena tidak semua perangkat meng-support hingga kapasitas 256 GB.

5. Samsung MicroSDHC PRO+ Memory Card w/ Adapter 32 GB

5. Samsung MicroSDHC PRO+ Memory Card w/ Adapter 32 GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 410.000

Kartu mungil dengan adapter yang bisa dibongkar pasang, bisa masuk ke kamera ataupun smartphone Anda!

Meskipun mungil, kartu memori ini memiliki spesifikasi yang sangat tinggi. Kecepatan membacanya hingga 95 MB/detik dan kecepatan menulis datanya hingga 90 MB/detik. Performa perangkat Anda akan meningkat tajam dengan kecepatan tinggi yang ditawarkan kartu ini. Kartu memori ini dirancang untuk smartphone yang memiliki slot Micro SD Card.

Namun, tidak hanya untuk smartphone saja. Dengan memasang adapter yang telah disediakan, kartu memori ini juga bisa digunakan di perangkat lain, seperti kamera digital, DSLR, ataupun camcorder. Selain itu, kartu ini juga dilengkapi dengan fitur tahan air. Jadi, Anda bisa mencobanya untuk berfoto di bawah air!

4. SanDisk Extreme Pro SDHC/SDXC UHS-I Memory Card 64 GB

4. SanDisk Extreme Pro SDHC/SDXC UHS-I Memory Card 64 GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 500.000

Berfoto dan video sepuasnya dengan kecepatan ekstrem hingga 95 MB/detik!

Bagi Anda yang membutuhkan kecepatan tinggi, cobalah SanDisk Extreme Pro SDHC/SDXC UHS-I. Kecepatan membaca hingga 95 MB/detik dan juga kecepatan menulis hingga 90 MB/detik akan memberikan hasil yang memuaskan. Tidak akan ada lagi foto blank di dalam deretan foto beruntun Anda!

Tidak hanya untuk pemakaian sehari-hari, kartu memori ini juga dirancang bagi fotografer dan videografer profesional. Kecepatannya yang tinggi memungkinkan Anda mengambil foto beresolusi tinggi atau merekam video Full HD dari objek yang bergerak cepat tanpa gangguan sedikit pun. Kapasitasnya yang besar juga memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak hasil tangkapan sebelum memindahkannya.

3. Lexar Professional 1066x CompactFlash Card 64 GB

3. Lexar Professional 1066x CompactFlash Card 64 GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.850.000

Mampu merekam dan transfer data dengan kecepatan tinggi, para profesional wajib punya!

Apakah Anda seorang fotografer atau videografer profesional? Atau hanya seorang penggemar fotografi atau videografi yang tidak ingin kehilangan momen penting? Bisa jadi kartu memori Lexar Professional Compact Flash 64GB 1066x ini adalah yang Anda cari-cari selama ini! Dengan kecepatannya yang tinggi dan kapasitasnya yang besar, Anda dapat mengabadikan semua kegiatan tanpa ada satu detik pun yang terlewatkan.

Kartu memori berkecepatan 1066x ini memiliki kecepatan membaca hingga 160 MB/detik dan kecepatan menulis sebesar 155 MB/detik. Pengambilan foto dan video berkualitas tinggi tentu tidak jadi masalah dengan kartu memori ini. Selain itu, bagi Anda yang tidak ingin terlalu lama menunggu proses transfer data, kartu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

2. SanDisk Extreme PRO SD UHS-II Card 64 GB

2. SanDisk Extreme PRO SD UHS-II Card 64 GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 2.231.200

Tak ada momen yang terlewatkan dengan kartu memori tercepat di dunia!

Apabila Anda merasa kecepatan 1066x masih kurang, Anda bisa mencoba kartu memori dengan kecepatan 2000x ini. SanDisk Extreme PRO SD UHS-II 64 GB berkecepatan membaca data sampai 300 MB/detik dan kecepatan menulis data sampai 260 MB/detik. Dengan demikian, tidak akan ada lagi momen berharga Anda yang akan terlewatkan. Hasilnya? Dijamin mulus!

Memory card tercepat di dunia ini memang dirancang untuk fotografer dan videografer profesional. Meskipun dirancang untuk bisa bekerja melebihi standar kerja perangkat yang digunakan, tetapi Anda harus memastikan kembali apakah perangkat yang digunakan compatible dengan kartu memori ini. Tak akan ada gangguan selama proses perekaman baik video Full HD maupun video 4K berkualitas.

1. Transcend SDXC/SDHC Class 10 UHS-I 600x (Ultimate) 32 GB

1. Transcend SDXC/SDHC Class 10 UHS-I 600x (Ultimate) 32 GB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 284.000

Harga tidak terlalu mahal, tetapi berspesifikasi tinggi? Pilihan yang cerdas!

Produk ini memiliki performa yang hampir sama jika dibandingkan dengan kartu memori tingkat menengah ke atas lainnya. Meskipun unggul dalam hal kecepatan membaca yang mencapai 90 MB/detik, tetapi tidak ada keterangan mengenai seberapa besar kecepatan menulis datanya. Walaupun begitu, harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal dan sesuai dengan spesifikasi yang Anda dapatkan.

Kartu ini pas bagi Anda yang sedang mencari kartu memori untuk kebutuhan berfoto atau video sehari-hari. Di dalamnya juga telah dilengkapi dengan Error Correcting Code (ECC) yang bisa mendeteksi dan memperbaiki eror dalam proses transfer data. Anda juga akan mendapatkan software eksklusif RecoveRx untuk recovery foto Anda.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan SD Card

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan SD Card yang mungil ini.

SD Card mudah rusak! Jangan dibawa tanpa pengaman

SD Card mudah rusak! Jangan dibawa tanpa pengaman

SD Card dibuat dengan plastik yang tipis sehingga mudah patah atau pecah. Jangan meletakkannya di dalam kantong begitu saja. Simpanlah kartu memori Anda di dalam case yang telah disediakan untuk mencegah kartu dari kerusakan.

Eror atau malafungsi bisa menyebabkan data Anda hilang

Eror atau malafungsi bisa menyebabkan data Anda hilang

Data yang disimpan di dalam SD Card tidak ditujukan untuk penyimpanan jangka panjang. Data dibuat dengan mengalirkan listrik ke dalam molekul semikonduktor. Apabila Anda tidak menggunakannya dalam waktu yang lama, ada kemungkinan data Anda akan hilang.

Selain itu, apabila komputer Anda tidak bisa membaca SD Card tersebut, Anda harus memformatnya. Karena SD Card memiliki banyak risiko seperti ini, simpanlah data-data Anda yang penting secara berkala. Anda dapat mengirimkan data-data tersebut ke komputer Anda atau menyimpannya di tempat penyimpanan yang lain.

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh rekomendasi SD Card terbaik tahun ini. Bagaimana menurut Anda? Sudah menemukan spesifikasi kartu memori yang sesuai dengan keinginan Anda? Jangan ragu untuk menggunakan tips dari kami sebagai panduan dalam memilih SD Card yang sesuai dengan Anda.

Ada banyak poin yang harus diperhatikan dalam memilih SD Card yang baik. Tidak hanya kapasitas dan harga saja, tetapi juga stabilitas, kecepatan baca/tulis data, dan lain sebagainya. Pilihlah spesifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai salah pilih ya!