• 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

SD card digunakan untuk menyimpan data pada perangkat perekam, seperti kamera digital, kamera DSLR, mirrorless, CCTV, dan voice recorder. Biasanya jenis file yang disimpan di SD card adalah foto, video, dan audio.

 
Saat ini Anda bisa menemukan banyak merek SD card yang bagus di pasaran, seperti Sandisk, Lexar, dan Transcend. Kapasitas produknya pun beragam, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 1 TB. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta berbagi rekomendasi SD card. Bacalah artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan SD card terbaik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2022
Daftar isi

Apa perbedaan SD card, microSD, dan miniSD?

Apa perbedaan SD card, microSD, dan miniSD?

Sebelum memilih SD card, Anda perlu memahami perbedaan antara SD card, microSD, dan miniSD. Hal ini karena saat menuliskan "SD card" di kolom pencarian marketplace, produk jenis microSD dan miniSD juga akan muncul. Perlu diketahui, dua produk tersebut memiliki ukuran yang berbeda dari SD card.


SD card adalah kartu memori yang ukurannya paling besar. Produknya berukuran 24 mm x 32 mm x 2,1 mm. Jenis memory card ini biasanya digunakan pada kamera digital, kamera mirrorless, kamera DSLR, drone, dan peralatan elektronik besar lainnya.


Sementara itu, miniSD berukuran 20 mm x 21,5 mm, x 1,4 mm. Jenis kartu memori ini sebelumnya digunakan pada smartphone. Namun, saat ini miniSD untuk smartphone digantikan microSD yang berukuran 11 mm x 15 mm x 1 mm. Berbagai perangkat elektronik lain juga menggunakannya, seperti tablet, kamera digital, dan action cam.


Anda ingin tahu lebih lanjut tentang microSD dan butuh rekomendasi produknya? Simak artikel berikut!

Cara memilih SD card

Kami akan mengulas hal-hal penting yang perlu diketahui sebelum Anda memilih SD card. Jadi, bacalah tiap-tiap poin berikut dengan saksama untuk menemukan SD card yang Anda butuhkan.

Pilih jenis SD card yang sesuai dengan kebutuhan Anda

SD card terdiri dari tiga jenis, yakni SD card, SDHC, dan SDXC. Setiap jenis kartu SD memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, Anda perlu menyesuaikan tujuan penggunaan Anda dengan jenis SD card dan spesifikasi yang ada.

SD card, kapasitas kecil dengan kompatibilitas tinggi

SD card, kapasitas kecil dengan kompatibilitas tinggi

Jenis SD card ini memiliki kapasitas memori yang kecil, maksimal 2 GB. Meski begitu, kartu SD ini memiliki kompatibilitas yang tinggi dan bisa digunakan pada kamera digital lama. Selain itu, harganya lebih terjangkau sehingga Anda tetap bisa berhemat saat membeli kartu baru bila kapasitasnya habis. Jenis memory card ini juga bisa dijadikan sebagai media penyimpan foto koleksi Anda.

SDHC, performa tinggi untuk menjalankan berbagai aplikasi ringan

SDHC, performa tinggi untuk menjalankan berbagai aplikasi ringan

SDHC memiliki kapasitas yang lebih besar dari SD card, yakni antara 4 GB hingga 32 GB. Performa jenis SD card dengan harga terjangkau ini juga lebih baik. SDHC merupakan standar kartu SD yang digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi. Anda dapat memotret banyak foto dan merekam video dengan satu kartu SDHC saja.


Biasanya perekaman video membutuhkan kapasitas memori yang besar sehingga menggunakan SD card saja tidak cukup. Maka dari itu, SDHC cocok untuk Anda yang akan merekam video Full HD yang resolusinya tinggi. Karena memiliki kapasitas terbatas, jangan lupa untuk memindahkan file jenis memory card ini ke PC, ya!

SDXC, nyaman dipakai pada kamera SLR dan perekaman video

SDXC, nyaman dipakai pada kamera SLR dan perekaman video

SDXC memiliki kapasitas yang paling besar, yakni di atas 32 GB. Bahkan, ada SDXC dengan kapasitas 1 TB, lho. Jenis memory card ini biasa digunakan untuk pemotretan foto beresolusi tinggi dan perekaman video dalam waktu yang lama. 


Dari sisi harganya, jenis SD card ini cenderung tinggi sehingga akan lebih cocok digunakan oleh para profesional. Jika hanya digunakan untuk keperluan foto harian, spesifikasi kartu SD ini dirasa terlalu berlebihan.

Periksa hal-hal yang memengaruhi performa SD card

Ada tiga hal yang dapat menunjukkan performa SD card, yakni speed class, writing speed, dan reading speed. Tiga hal ini menunjukkan kemampuan kartu SD di bagian yang berbeda-beda. Mari simak detail pembahasan setiap poinnya di bawah ini!

Speed class, dibutuhkan untuk kebutuhan merekam video

Speed class, dibutuhkan untuk kebutuhan merekam video

Speed class menunjukkan kecepatan transfer minimum pada SD card saat merekam video. Kartu SD dengan speed class yang tinggi membuat proses shooting jadi lancar sehingga menghasilkan kualitas gambar yang baik. Anda pun tidak perlu khawatir akan ada frame yang rusak.


Ada tiga jenis speed class SD card, yakni SD speed class (C), UHS speed class (U), dan video speed class (V). Makin tinggi angkanya, makin tinggi juga kecepatan transfernya sehingga video yang direkam jadi makin halus. Apabila Anda hendak merekam video Full HD ke atas, pilihlah produk dengan SD speed class 10. Spesifikasi video speed class V90 juga bisa dipilih.

Writing speed, perlu diselaraskan dengan kecepatan perangkat

Writing speed, perlu diselaraskan dengan kecepatan perangkat

Jika Anda sering memotret di brust mode, pastikan SD card yang Anda gunakan memiliki nilai writing speed yang tinggi. Shutter kamera mungkin tak bisa dilepaskan bila Anda menggunakan kartu SD dengan writing speed yang lambat. Hal ini dapat menyebabkan hasil foto yang blank. Alhasil, Anda tidak bisa menangkap momen penting dengan burst mode.


Writing speed pada SD card penting untuk Anda yang memotret objek bergerak, seperti pertandingan, anak-anak, atau kereta api. Umumnya writing speed atau kecepatan tulis data pada kartu SD adalah 30 MB/s. Nilai writing speed ini dinilai cukup untuk fotografi. Namun, Anda bisa menggunakan SD card dengan nilai writing speed di atasnya untuk kebutuhan profesional.


Selain itu, periksa kecepatan minimum yang tertera pada manual dan spesifikasi kamera Anda. Pilihlah produk dengan writing speed yang memenuhi kecepatan minimum pada kamera yang Anda miliki. Dengan begitu, konfigurasi antara kamera dan SD card bisa berjalan dengan baik.

Reading speed, menentukan kecepatan membaca dan transfer file

Reading speed, menentukan kecepatan membaca dan transfer file

Nilai reading speed pada SD card memengaruhi kecepatan transfer data dalam jumlah besar. Seperti writing speed, kecepatan membaca data pada kartu SD biasanya adalah 30 MB/s. Jika nilai reading speed pada SD card rendah, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengirim file ke PC. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah kartu SD dengan nilai reading speed yang tinggi agar lebih lancar dalam mengirim data.

Cek fitur yang memengaruhi kemudahan penggunaan

Beberapa SD card dilengkapi beberapa fitur yang dapat memudahkan penggunaannya. Di poin ini, kami akan membahas dua fitur yang ditemukan pada kartu SD.

Wi-Fi, mentransfer file jadi makin praktis dan mudah

Wi-Fi, mentransfer file jadi makin praktis dan mudah

Beberapa SD card mempunyai fitur yang dapat membuatnya terhubung langsung dengan Wi-Fi. Fitur ini memudahkan Anda untuk mentransfer foto dan video tanpa harus terhubung ke komputer terlebih dahulu


Berkat fitur ini, Anda bisa langsung mengunggah hasil jepretan ke album online atau sosial media Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mentransfer langsung file di kartu SD ke beberapa perangkat sekaligus. Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk mengirim file ke banyak perangkat bisa dipersingkat.


Kami juga telah mengulas Wi-Fi SD card secara khusus. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, baca artikel kami di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya!

Daya tahan, melindungi file dari situasi tertentu

Daya tahan, melindungi file dari situasi tertentu

Untuk menjaga file tetap aman, kami menyarankan Anda untuk memilih produk yang kuat dan tahan lama. Pilihlah SD card yang tahan terhadap air, guncangan, perubahan suhu, radiasi, getaran, medan magnet, listrik statis, dan lainnya


Data di dalam kartu SD bisa hilang dan tidak dapat diakses lagi pada saat rusak. Karena itu, beberapa produk diberi tingkat ketahanan yang cukup kuat untuk menjaga data yang tersimpan tetap aman. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa tingkat ketahanan SD card sebelum membeli, ya. 


Perlu diingat, kartu SD terbuat dari plastik yang tipis sehingga mudah retak atau terkelupas. Saat Anda hendak membawanya, sebaiknya gunakan wadah plastik yang berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah terjadinya kerusakan

10 Rekomendasi SD Card Terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk SD card terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis SD cardSDHC
Kapasitas4 GB, 8 GB
Writing speedTidak disebutkan
Reading speedTidak disebutkan
Speed classC6
KetahananTidak disebutkan
9

ADATA Premier Pro SDXC UHS-I U3 Class 10 (V30S)

Mulai dari Rp 640.000,00

Jenis SD cardSDXC
Kapasitas64 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB
Writing speed85 MB/s
Reading speed100 MB/s
Speed classC10, U3, V30
KetahananWaterproof, shockproof, X-ray proof, anti-static, extreme-temperature proof
8
Jenis SD cardSDHC/SDXC
Kapasitas32 GB, 64 GB, 128 GB
Writing speed250 MB/s
Reading speed280 MB/s
Speed classC3, U3
KetahananWaterproof, shockproof, weatherproof, X-ray proof
7
Jenis SD cardSDHC/SDXC
Kapasitas32 GB, 64 GB
Writing speed180 MB/s
Reading speed285 MB/s
Speed classC10, U3, V90
KetahananWaterproof, shockproof, staticproof, X-ray proof, temperature resistant
6

Toshiba FlashAir Wireless SD Card

W-03

Mulai dari Rp 460.600,00

Jenis SD cardSDHC/SDXC
Kapasitas8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB
Writing speed70 MB/s
Reading speed90 MB/s
Speed classC10
KetahananTidak disebutkan
5
Jenis SD cardSDHC/SDXC
Kapasitas16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB
Writing speedTidak disebutkan
Reading speed100 MB/s
Speed classC10, U1
KetahananX-ray proof, temperature proof
4
Jenis SD cardSDXC
Kapasitas64 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB
Writing speed70–90 MB/s
Reading speed170 MB/s
Speed classC10, U3, V30
KetahananTidak disebutkan
3

LexarHigh-Performance 633x SDHC™/SDXC™ UHS-I Cards BLUE Series

Mulai dari Rp 92.000,00

Jenis SD cardSDHC/SDXC
Kapasitas32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB
Writing speed45 MB/s
Reading speed95 MB/s
Speed classC10, U1, V10, V30
KetahananTidak disebutkan
2

SanDiskKartu UHS-I SDHC™ dan SDXC™ Extreme PRO

Mulai dari Rp 297.600,00

Jenis SD cardSDHC/SDXC
Kapasitas32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Writing speed90 MB/s
Reading speed95–170 MB/s
Speed classC10, U3, V30
KetahananWater resistant, shockproof, temperature proof, X-ray proof
1

SanDisk Ultra® SDHC™ UHS-I dan SDXC™ UHS-I

Mulai dari Rp 73.000,00

Jenis SD cardSDHC/SDXC
Kapasitas16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB
Writing speedTidak disebutkan
Reading speed80–120 MB/s
Speed classC10, U1
KetahananWater resistant, shockproof, X-ray proof, temperature proof

Tabel perbandingan produk SD card terbaik

Gambar produk
1
SanDisk  Ultra® SDHC™ UHS-I dan SDXC™ UHS-I 1

SanDisk

2
SanDisk Kartu UHS-I SDHC™ dan SDXC™ Extreme PRO 1

SanDisk

3
Lexar High-Performance 633x SDHC™/SDXC™ UHS-I Cards BLUE Series 1

Lexar

4
Kingston  Canvas Go! SD Plus 1

Kingston

5
KIOXIA  Exceria SD Memory Card 1

KIOXIA

6
Toshiba  FlashAir Wireless SD Card 1

Toshiba

7
Transcend SDXC/SDHC 700S 1

Transcend

8
V-GeN SD Card Hyper EVO 1

V-GeN

9
ADATA  Premier Pro SDXC UHS-I U3 Class 10 (V30S) 1

ADATA

10
Trek Flucard Pro 1

Trek

Nama produk

Ultra® SDHC™ UHS-I dan SDXC™ UHS-I

Kartu UHS-I SDHC™ dan SDXC™ Extreme PRO

High-Performance 633x SDHC™/SDXC™ UHS-I Cards BLUE Series

Canvas Go! SD Plus

Exceria SD Memory Card

FlashAir Wireless SD Card

SDXC/SDHC 700S

SD Card Hyper EVO

Premier Pro SDXC UHS-I U3 Class 10 (V30S)

Flucard Pro

Keunggulan

Budget friendly untuk rekam momen sehari-hari

Kapasitas besar untuk menyimpan banyak file!

Portabilitas tinggi untuk digunakan di beragam gadget

Merekam momen perjalanan dengan mirrorless jadi makin menyenangkan

Praktis, kompatibel dengan banyak kamera digital

Bisa sharing file ke banyak perangkat sekaligus!

Video class tertinggi untuk videografer profesional

Writing speed cepat untuk kebutuhan fotografi

Meminimalkan SD card error dengan fitur canggihnya!

Dapat terhubung dengan online storage untuk penyimpanan tambahan

Harga mulai dariRp 73.000,00Rp 297.600,00Rp 92.000,00Rp 205.000,00Rp 116.780,00Rp 460.600,00Rp 378.000,00Rp 1.070.000,00Rp 640.000,00Rp 200.000,00
Jenis SD cardSDHC/SDXCSDHC/SDXCSDHC/SDXCSDXCSDHC/SDXCSDHC/SDXCSDHC/SDXCSDHC/SDXCSDXCSDHC
Kapasitas16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB64 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB32 GB, 64 GB 32 GB, 64 GB, 128 GB64 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB 4 GB, 8 GB
Writing speedTidak disebutkan90 MB/s45 MB/s70–90 MB/sTidak disebutkan70 MB/s180 MB/s250 MB/s85 MB/sTidak disebutkan
Reading speed80–120 MB/s95–170 MB/s95 MB/s 170 MB/s100 MB/s90 MB/s285 MB/s280 MB/s100 MB/sTidak disebutkan
Speed classC10, U1C10, U3, V30C10, U1, V10, V30C10, U3, V30C10, U1C10C10, U3, V90C3, U3C10, U3, V30C6
KetahananWater resistant, shockproof, X-ray proof, temperature proofWater resistant, shockproof, temperature proof, X-ray proofTidak disebutkanTidak disebutkanX-ray proof, temperature proofTidak disebutkanWaterproof, shockproof, staticproof, X-ray proof, temperature resistantWaterproof, shockproof, weatherproof, X-ray proofWaterproof, shockproof, X-ray proof, anti-static, extreme-temperature proofTidak disebutkan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar SD card

Pertanyaan umum seputar SD card

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar SD card. Jika Anda masih penasaran dengan SD card, simak jawabannya di bawah ini!

Kenapa SD card tidak terbaca?

Anda mungkin pernah mengalami SD card yang error atau tidak terbaca. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan SD card tidak terbaca oleh perangkat Anda. Berikut masalah-masalah yang sering mengakibatkan kartu SD tidak berfungsi semestinya.

  • SD card sering dipindah dan salah cara melepaskannya
Saat digunakan di perangkat yang berbeda, SD card perlu menyesuaikan diri dengan sistem operasi perangkat tersebut. Terlalu sering memindahkan kartu SD ke banyak perangkat membuatnya berpotensi rusak.

Selain itu, cara melepaskan SD card yang salah bisa merusaknya. Sebelum dicabut, pastikan perangkat yang digunakan sudah benar-benar mati.


  • Terpapar kotoran dan minyak

Kotoran dan minyak juga bisa menjadi penyebab SD card tidak terbaca. Maka dari itu, pastikan tangan Anda bersih dari kotoran ataupun minyak sebelum menggunakannya.


  • Terinfeksi Virus

SD card dapat tertular virus jika disambungkan ke PC yang sudah terjangkit virus. Akibatnya, file-file yang ada di dalam SD card bisa rusak atau hilang. Yang paling parah, kartu SD akan rusak dan tidak dapat digunakan kembali. Jadi, pastikan perangkat yang Anda gunakan sudah aman dari virus. Selain itu, unduhlah file dari situs yang aman.


  • Medan magnet

Alat-alat yang mengandung magnet bisa menyebabkan SD card rusak, seperti speaker dan kumparan motor listrik. Hal ini karena cara kerja kartu SD juga menggunakan magnet. Maka dari itu, simpanlah SD card di tempat yang bebas medan magnet.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk menyimpan data di sini

Kami juga telah mengulas produk untuk menyimpan data selain SD card. Anda bisa mempertimbangkan HDD dan SSD untuk kebutuhan lain. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel-artikel berikut. Yuk, dikunjungi semuanya!

Kesimpulan

Setelah membaca cara memilih serta rekomendasi SD card, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat? Memang ada banyak poin yang perlu diperhatikan saat memilih kartu SD. Hal ini mungkin akan membuat Anda kebingungan.


Anda dapat menjadikan artikel kami ini sebagai panduan memilih SD card. Pahamilah dahulu setiap poinnya dengan saksama. Selanjutnya, Anda bisa memilih produk yang sesuai kebutuhan. Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan SD card terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
  • 10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Tripod yang kokoh dan ringan kerap menjadi incaran fotografer. Tripod memiliki varian harga yang luas, mulai dari 100 ribuan hingga 1 jutaan. Ada banyak sekali berbagai jenis tripod, seperti untuk kamera DSLR, mirrorless, atau HP. Anda juga bisa memilih tripod besar atau tripod mini sesuai dengan kebutuhan Anda.Di sini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi tripod terbaik. Beberapa merek tripod kamera dan HP yang bagus, seperti MeFOTO, TAKARA, dan Beike juga ada di sini. Artikel ini juga telah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Baca ulasannya, yuk!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk merekam video agar tidak goyang, Anda harus memiliki stabilizer kamera. Saat ini, ada banyak rekomendasi gimbal kamera terbaik bisa ditemukan di pasaran. Terdapat banyak stabilizer yang bisa dipasangkan ke kamera DSLR, mirrorless, action cam, dan smartphone. Namun, tetaplah memperhatikan kompatibilitasnya.Kami rekomendasikan beberapa merk stabilizer yang bagus, seperti Zhiyun, DJI, Brica, dan lainnya. Dari sisi harga, gimbal kamera memiliki harga bervariasi, mulai harga 300-an, 1 jutaan, hingga 2 jutaan. Jika Anda masih bingung memilih stabilizer kamera yang cocok, bacalah artikel ini hingga akhir. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Umumnya, sebuah kamera sudah dilengkapi microphone built-in di dalamnya. Namun, untuk kelas profesional kualitas audio yang terekam mungkin terdengar kurang memuaskan. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan microphone atau mic kamera. Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai harga microphone kamera yang beragam, baik untuk jenis lavalier maupun shotgun. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic kamera yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan microphone kamera terbaik dari merk RØDE Microphones, Boya, Saramonic, dan lainnya. Mic kamera murah, microphone kamera DSLR, dan beragam mikrofon kamera lainnya akan anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Merek ternama, seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera yang bagus beserta cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula dan juga profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!
    Aksesori kamera
  • 8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wi-Fi SD card adalah alat penyimpanan data yang dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi. Dengan SD card ini, Anda tidak perlu menyambungkan perangkat menggunakan kabel data untuk memindahkan data. Anda dapat menghubungkannya dengan jaringan Wi-Fi dan langsung memindahkan data Anda ke perangkat lainnya.Tidak banyak produsen yang memproduksi Wi-Fi SD card. Akan tetapi, untuk mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan beberapa tips memilih untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan produk rekomendasi untuk Anda pilih. Anda dapat memilih berdasarkan merek, harga, serta fitur lain yang dimiliki. Jadi, ikuti kami, ya!
    Aksesori kamera
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori