• 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.

Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 21 Mei 2021
Daftar isi

Apakah tanaman pengusir nyamuk dapat bekerja efektif?

Apakah tanaman pengusir nyamuk dapat bekerja efektif?

Banyak yang berpendapat bahwa tanaman pengusir nyamuk bekerja dengan membunuh nyamuk yang mendekatinya. Ternyata hal itu kurang tepat. Kebanyakan tanaman pengusir nyamuk mampu mencegah datangnya nyamuk dengan memproduksi bau yang tidak disukai nyamuk.


Namun, bau ini seringkali terlalu lemah sehingga dibutuhkan pengolahan atau perlakuan tertentu. Misalnya, Anda harus menggosokkan daunnya pada kulit atau mengeringkan daunnya sebelum digunakan. Ada juga yang harus disuling minyak atau ekstraknya untuk digunakan sebagai spray, serta berbagai perlakuan lainnya agar efeknya lebih optimal.


Ada juga tanaman pengusir nyamuk yang langsung efektif hanya dengan menanamnya di sekitar rumah Anda. Jangan lupa memperhitungkan kemampuan serta kemudahan perawatan saat memilih tanaman pengusir nyamuk, ya! 

Cara memilih tanaman pengusir nyamuk

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat memilih tanaman pengusir nyamuk. Berikut pembahasan selengkapnya.

Pilih berdasarkan efek tanaman

Terdapat berbagai tanaman yang dapat mengusir nyamuk serta serangga lain secara efektif. Terkadang, aromanya memiliki efek yang spesifik untuk serangga tertentu saja. Berikut ini akan kita bahas beberapa tanaman yang ampuh menghalau nyamuk serta serangga lainnya dari rumah Anda.

Mosquito plant dan southernwood, efektif untuk mengusir nyamuk

Mosquito plant dan southernwood, efektif untuk mengusir nyamuk

Salah satu tanaman yang terkenal mampu mengusir nyamuk adalah mosquito plant. Menurut laporan penelitian oleh Van Leeni, seorang ahli genetika, mosquito plant mampu menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi CO² (karbondioksida). Dengan kemampuan mendekteksi yang berkurang, nyamuk pun akan kesulitan mengincar kita!


Mosquito plant yang diteliti oleh Van Leeni adalah citronella dan geranium. Kedua tumbuhan ini cukup terkenal, terutama tumbuhan yang termasuk dalam genus geranium, seperti rose geranium dan lemon rose geranium.


Selain itu, ada juga southernwood yang dikenal di Australia sebagai tanaman penangkal nyamuk. Untuk mendapatkan efeknya, Anda harus mengusap daunnya di kulit, bukan hanya sekadar meletakkannya di sekitar rumah.

Pennyroyal mint dan tansy, efektif menghalau kutu serta tungau

Pennyroyal mint dan tansy, efektif menghalau kutu serta tungau
Sesuai namanya, pennyroyal mint memiliki ciri khas berupa aroma mint yang lembut. Berbeda dari kebanyakan tanaman herbal lainnya, tanaman ini tumbuh merambat di atas tanah. Tanaman ini termasuk tangguh karena tak akan mati meskipun terinjak. Karena memiliki efek penghalau kutu dan tungau, tanaman ini cocok untuk menghias area taman atau kebun Anda.

Sementara itu, tansy merupakan tanaman endemik zona kering Eropa yang sejak dahulu dikenal ampuh mengusir serangga. Anda cukup menggantung bagian tanaman yang sudah dikeringkan di berbagai area rumah Anda. Menggantungnya di dalam kandang hewan pun bisa menjadi cara jitu untuk melindungi peliharaan kesayangan Anda dari kutu.


Perlu Anda perhatikan bahwa tansy memiliki efek insektisida yang kuat sehingga berbahaya bila tertelan. Karena itu, pastikan hewan peliharaan Anda tidak memakannya. Lalu, tansy dikenal juga sebagai tanaman yang dibenci oleh kucing. Jadi, jauhkan tanaman ini dari kucing kesayangan Anda, ya!

Neem leaves, efektif menghalau lebih dari 200 jenis serangga

Neem leaves, efektif menghalau lebih dari 200 jenis serangga
Neem adalah tumbuhan dari India yang memiliki kemampuan mengusir lebih dari 200 jenis hama serangga, termasuk nyamuk. Anda cukup menanamnya untuk merasakan manfaatnya. Untuk efek yang lebih optimal, Anda dapat mengekstrak daunnya dengan cara direbus. Ekstrak tersebut dapat digunakan sebagai semprotan nyamuk.

Meskipun dikenal sebagai insektisida alami, tanaman ini hanya mengusir nyamuk dan serangga, tidak membunuhnya. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai bahan masakan. Karena itu, Neem dijamin aman untuk manusia.

Pilih ukuran tanaman yang sesuai dengan pot

Pilih ukuran tanaman yang sesuai dengan pot
Ketika membeli tanaman, biasanya terdapat informasi mengenai ukuran maksimal tumbuhan dewasa. Apalagi, bila tanaman tersebut masih berupa bibit saat dibeli. Informasi ini berguna agar Anda dapat memilih ukuran pot yang tepat bagi tanaman Anda.

Untuk tanaman dengan akar yang menancap dalam, seperti bunga kamboja, Anda membutuhkan pot tinggi dan berdiameter besar. Untuk tanaman dengan akar yang pendek dan menancap dangkal, gunakanlah pot pendek dengan diameter besar. Fungsinya adalah supaya Anda dapat menanam banyak bibit sekaligus. Biasanya, tanaman herbal memiliki jenis akar yang seperti ini.


Tips di atas dapat dijadikan acuan saat memilih tanaman yang sesuai. Namun, Anda tetap harus mencari informasi yang lebih pasti dari internet maupun para penjual tanaman. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rumah Anda!

Perhatikan lokasi saat membeli melalui online shop

Perhatikan lokasi saat membeli melalui online shop
Toko-toko di e-commerce sites biasanya mencantumkan keterangan dan cara perawatan supaya Anda dapat lebih mudah menanamnya. Untuk pemula, sangat disarankan untuk membelinya melalui online shop dan mengikuti panduan yang sudah tersedia.

Namun, jika jarak pengiriman terlalu jauh tentu akan merepotkan, bukan? Misalnya, toko tanaman berada di Surabaya dan Anda ada di Jakarta. Total waktu pengiriman adalah sekitar lima hari. Ketika benih tanaman dikirim dari toko, tentu masih dalam kondisi baik. Akan tetapi, mungkin saja benih sudah sedikit rusak saat tiba di Jakarta. Benih yang sudah rusak tak akan tumbuh menjadi tanaman dewasa yang sehat. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih toko yang jaraknya sedekat mungkin dengan tempat tinggal Anda.

10 Rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik

Kami sudah membahas berbagai tips untuk memilih tanaman pengusir nyamuk. Berikutnya, kami akan perkenalkan sepuluh rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik. Mari disimak!

10
Ukuran tanaman dewasa< 100 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Diseduh dan diekstrak sarinya
9
Ukuran tanaman dewasa70-140 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Digosokkan ke tubuh
8
Ukuran tanaman dewasa< 20 m (tergantung ukuran pot)
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Disuling minyaknya dan dioleskan ke tubuh・Diseduh dan diekstrak sarinya・Dibakar daunnya
7
Ukuran tanaman dewasa80-100 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Diseduh dan diekstrak sarinya
6
Ukuran tanaman dewasa50-80 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan
5

Tanaman Citronella (Mosquito Plant)

Mulai dari Rp 13.500,00

Ukuran tanaman dewasa< 200 cm・60 cm jika di dalam pot
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan
4
Ukuran tanaman dewasa50-70 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Digosokkan ke tubuh
3
Ukuran tanaman dewasa20-80 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Dikeringkan dan digantung
2
Ukuran tanaman dewasa20-40 cm
Rekomendasi penggunaanDiiris dan ditaruh di sekitar rumah
1
Ukuran tanaman dewasa20-80 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan

Tabel perbandingan produk tanaman pengusir nyamuk terbaik

Gambar produk
1
Tanaman Pink Rose Geranium 1

2
Bibit Bawang Putih 1

3
Bibit Bunga Lavender 1

4
Tanaman Zodia 1

5
Tanaman Citronella (Mosquito Plant) 1

6
Bibit Tanaman Selasih 1

7
Pennyroyal Mint 1

8
Tanaman Neem 1

9
Benih Herbal Lemon Balm 1

10
Tanaman Serai Wangi 1

Nama produk

Tanaman Pink Rose Geranium

Bibit Bawang Putih

Bibit Bunga Lavender

Tanaman Zodia

Tanaman Citronella (Mosquito Plant)

Bibit Tanaman Selasih

Pennyroyal Mint

Tanaman Neem

Benih Herbal Lemon Balm

Tanaman Serai Wangi

Keunggulan

Antinyamuk alami yang cantik dan elegan

Pengusir nyamuk yang multifungsi

Wangi lembut dan menenangkan, ampuh mengusir nyamuk

Mengusir sekaligus mengobati bekas gigitan nyamuk

Efektif untuk ditanam di daerah tropis

Perawatan simpel, tidak pakai repot!

Mengusir nyamuk dengan aroma mint yang refreshing

Pestisida alami serbaguna yang dijamin aman

Aroma menyegarkan bagi manusia, tetapi menyebalkan bagi nyamuk!

Mudah tumbuh di berbagai iklim dan jenis tanah

Harga mulai dariRp 30.000,00Rp 5.000,00Rp 4.000,00Rp 25.000,00Rp 13.500,00Rp 25.000,00Rp 19.000,00Rp 35.000,00Rp 5.000,00Rp 5.000,00
Ukuran tanaman dewasa20-80 cm20-40 cm20-80 cm50-70 cm< 200 cm・60 cm jika di dalam pot50-80 cm80-100 cm< 20 m (tergantung ukuran pot)70-140 cm< 100 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkanDiiris dan ditaruh di sekitar rumahDitanam di tempat yang diinginkan・Dikeringkan dan digantungDitanam di tempat yang diinginkan・Digosokkan ke tubuhDitanam di tempat yang diinginkanDitanam di tempat yang diinginkanDitanam di tempat yang diinginkan・Diseduh dan diekstrak sarinyaDitanam di tempat yang diinginkan・Disuling minyaknya dan dioleskan ke tubuh・Diseduh dan diekstrak sarinya・Dibakar daunnyaDitanam di tempat yang diinginkan・Digosokkan ke tubuhDitanam di tempat yang diinginkan・Diseduh dan diekstrak sarinya
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk antinyamuk lainnya di sini!

Kami sudah membahas tips serta rekomendasi tanaman pengusir nyamuk. Apakah Anda tertarik untuk memiliki produk pengusir nyamuk lainnya? Produk yang tepat dapat membantu Anda agar selalu terhindar dari gigitan nyamuk, lho! Silahkan ikuti link di bawah ini untuk membaca artikel selanjutnya.

Kesimpulan

Menemukan tanaman pengusir nyamuk yang cocok memang membutuhkan ketelitian. Anda juga harus memikirkan faktor perawatan dan ukuran tanaman. Tanaman yang tepat akan menjadikan rumah Anda bebas nyamuk sehingga lebih nyaman.

Apakah Anda sudah menemukan tanaman yang sesuai kebutuhan? Kami harap salah satu dari tanaman yang kami rekomendasikan dapat menjadi pilihan Anda. Nikmati hari-hari bebas nyamuk dan serangga menyebalkan lainnya dengan tanaman pengusir nyamuk yang tepat!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gantungan jemuran adalah benda yang pasti selalu tersedia di semua rumah. Gantungan ini digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci. Meskipun produk ini sederhana, Anda bisa saja kebingungan saat memilih karena banyaknya jenis yang tersedia.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih dan memberikan rekomendasi gantungan jemuran terbaik kepada Anda. Semua produk rekomendasi telah kami pilih dengan saksama berdasarkan fitur dan manfaatnya. Produk dari IKEA dan Smart Frog juga tak lupa kami ulas. Silakan simak artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan pot tanaman gantung akan membuat bunga dan tanaman hias Anda terkesan lebih rapi dan stylish. Selain itu, suasana di ruangan pun bisa terasa menjadi makin cozy. Penggunaan pot tanaman gantung juga akan membantu Anda memajang bermacam-macam bunga dan tanaman.Saat ini, macam-macam pot gantung yang unik dan cantik sudah banyak tersedia di pasaran. Guna membantu Anda memilih pot tanaman gantung yang pas untuk rumah Anda, simaklah artikel berikut ini sampai tuntas. Kami juga akan merekomendasikan pot tanaman gantung yang bagus, salah satunya dari merek IKEA. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Sprayer Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sprayer Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, sekarang banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang bagus. Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Artikel ini ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan! 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek, jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk mengganti obat tersebut dengan ekstrak tanaman herbal yang lebih alami. Tanaman herbal adalah tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna untuk pengobatan.Kali ini, kami akan memberitahu tips memilih tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Ulasan mengenai rekomendasi tanaman herbal terbaik, seperti jahe, jeruk nipis, dan lidah buaya juga akan kami bagikan. Jangan lewatkan artikel berikut, ya.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Berbagai jenis gunting tanaman dijual di pasaran, dari yang kecil hingga yang besar.Jika Anda merasa bingung, simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus. Kami juga akan menghadirkan sepuluh produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merek terkenal lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana. Simak sampai akhir, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara memperindah rumah adalah menghiasinya dengan tanaman. Anda bisa memulai dengan merawat tanaman hias gantung, tanaman hias daun, keladi, atau bunga. Merawat tanaman tidak hanya membuat rumah asri, tetapi juga bisa sebagai pelepas stres.Kami akan mengulas bibit tanaman hias yang bagus untuk ditanam di rumah, baik untuk indoor maupun outdoor. Tanaman tersebut di antaranya adalah Monstera, janda bolong, atau sirih gading. Sebelum membaca lebih lanjut, bacalah dahulu tips memilih merek tanaman hias yang cocok ditanam di rumah Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masa pandemi membuat banyak orang mencoba hobi baru, salah satunya adalah merawat bonsai. Meskipun namanya diambil dari bahasa Jepang, bonsai sebenarnya ditemukan pertama kali di Tiongkok. Teknik merawat pohon yang sebenarnya berukuran besar dibuat menjadi kerdil ini memiliki kerumitan tersendiri.Namun, di situlah seni merawat bonsai sehingga tak heran harganya bisa sangat mahal. Nah, di artikel ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan beberapa bonsai yang bagus. Beberapa jenis bonsai yang menarik seperti bonsai beringin, kemboja, atau serut ada di dalam rekomendasi kami. Simak selengkapnya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mendekor kebun, Anda perlu memikirkan bentuk dan ukuran pot yang Anda butuhkan. Pot bunga memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pot simpel dengan harga murah dan ada juga pot artistik dengan harga tinggi. Bahan pot juga beragam, mulai dari plastik, kayu, hingga keramik. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih pot bunga yang menarik. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk yang bagus, seperti dari merek IKEA dan Mendekor. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Simak selengkapnya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Kangkung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Kangkung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kangkung adalah sayuran berwarna hijau yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan C, zat besi, hingga fosfor. Kini, Anda bisa membudidayakan kangkung dengan membeli benihnya di toko online. Anda bisa menanam sayuran hijau ini di darat, air, ataupun menggunakan metode hidroponik.Guna memperoleh hasil panen yang melimpah dan berkualitas unggul, Anda perlu teliti saat memilih benih kangkung. Kali ini, kami telah menyiapkan cara memilih dan menanam benih kangkung untuk Anda. Lalu, tersedia juga rekomendasi merek benih kangkung yang bagus, seperti Cap Panah Merah, Infarm, dan Cap Kapal Terbang.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Sayur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Sayur Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Isu tentang ketahanan pangan bukan hanya menjadi tugas petani. Untuk mendukung Gerakan Ketahanan Pangan (GKP) oleh Kementerian Pertanian RI, Anda bisa mulai turut serta menanam sayur di rumah. Agar mendapatkan panen melimpah di lahan terbatas, Anda membutuhkan benih yang berkualitas.Nah, di artikel ini kami akan membahas tentang benih sayur yang bagus dari berbagai merek. Anda akan menemukan benih sayur dari Cap Panah Merah, Know You Seed, Benihpedia, dan lainnya. Sebelum mengecek rekomendasi produk dari kami, Anda sebaiknya mengetahui tips memilih benih sayur yang baik berikut ini. 
    Kebun & luar ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menyodorkan ke hadapan Anda cara memilih dan rekomendasi benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Informasi lebih jelas silakan Anda baca artikel ini sampai tuntas dan dapatkan benih jagung terbaik.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indonesia meraih peringkat ketiga penghasil padi terbanyak di dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varietas padi berkualitas. Benih padi unggul ini diharapkan dapat memberikan peningkatan hasil panen yang signifikan. Namun, banyaknya varietas benih padi di pasaran mungkin dapat membuat Anda bingung menentukan merek benih yang bagus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan benih padi terbaik, seperti jenis INPARA, INPARI, HIPA, dan lainnya. Simak sampai habis, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips cara memilih media tanam yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selang air menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah Anda. Perannya cukup penting untuk membersihkan halaman rumah dari debu atau menyiram tanaman untuk berkebun. Jenis selang air bermacam-macam. Selain selang taman, ada juga selang untuk mengalirkan air panas. Fitur selang pun beragam, misalnya selang antitekuk, selang dengan penggulung otomatis, hingga selang yang dilengkapi fitur semprotan. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih selang air di artikel ini. Beberapa merek yang bagus dan terkenal, seperti Krisbow, Kenmaster, dan Westpex juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikelnya sampai selesai!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori