• 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.

Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 Februari 2021
  • 65.906 Views
Daftar isi

Apakah tanaman pengusir nyamuk dapat bekerja efektif?

Apakah tanaman pengusir nyamuk dapat bekerja efektif?

Banyak yang berpendapat bahwa tanaman pengusir nyamuk bekerja dengan membunuh nyamuk yang mendekatinya. Ternyata hal itu kurang tepat. Kebanyakan tanaman pengusir nyamuk mampu mencegah datangnya nyamuk dengan memproduksi bau yang tidak disukai nyamuk.


Namun, bau ini seringkali terlalu lemah sehingga dibutuhkan pengolahan atau perlakuan tertentu. Misalnya, Anda harus menggosokkan daunnya pada kulit atau mengeringkan daunnya sebelum digunakan. Ada juga yang harus disuling minyak atau ekstraknya untuk digunakan sebagai spray, serta berbagai perlakuan lainnya agar efeknya lebih optimal.


Ada juga tanaman pengusir nyamuk yang langsung efektif hanya dengan menanamnya di sekitar rumah Anda. Jangan lupa memperhitungkan kemampuan serta kemudahan perawatan saat memilih tanaman pengusir nyamuk, ya! 

Cara memilih tanaman pengusir nyamuk

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat memilih tanaman pengusir nyamuk. Berikut pembahasan selengkapnya.

Pilih berdasarkan efek tanaman

Terdapat berbagai tanaman yang dapat mengusir nyamuk serta serangga lain secara efektif. Terkadang, aromanya memiliki efek yang spesifik untuk serangga tertentu saja. Berikut ini akan kita bahas beberapa tanaman yang ampuh menghalau nyamuk serta serangga lainnya dari rumah Anda.

Mosquito plant dan southernwood, efektif untuk mengusir nyamuk

Mosquito plant dan southernwood, efektif untuk mengusir nyamuk

Salah satu tanaman yang terkenal mampu mengusir nyamuk adalah mosquito plant. Menurut laporan penelitian oleh Van Leeni, seorang ahli genetika, mosquito plant mampu menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi CO² (karbondioksida). Dengan kemampuan mendekteksi yang berkurang, nyamuk pun akan kesulitan mengincar kita!


Mosquito plant yang diteliti oleh Van Leeni adalah citronella dan geranium. Kedua tumbuhan ini cukup terkenal, terutama tumbuhan yang termasuk dalam genus geranium, seperti rose geranium dan lemon rose geranium.


Selain itu, ada juga southernwood yang dikenal di Australia sebagai tanaman penangkal nyamuk. Untuk mendapatkan efeknya, Anda harus mengusap daunnya di kulit, bukan hanya sekadar meletakkannya di sekitar rumah.

Pennyroyal mint dan tansy, efektif menghalau kutu serta tungau

Pennyroyal mint dan tansy, efektif menghalau kutu serta tungau
Sesuai namanya, pennyroyal mint memiliki ciri khas berupa aroma mint yang lembut. Berbeda dari kebanyakan tanaman herbal lainnya, tanaman ini tumbuh merambat di atas tanah. Tanaman ini termasuk tangguh karena tak akan mati meskipun terinjak. Karena memiliki efek penghalau kutu dan tungau, tanaman ini cocok untuk menghias area taman atau kebun Anda.

Sementara itu, tansy merupakan tanaman endemik zona kering Eropa yang sejak dahulu dikenal ampuh mengusir serangga. Anda cukup menggantung bagian tanaman yang sudah dikeringkan di berbagai area rumah Anda. Menggantungnya di dalam kandang hewan pun bisa menjadi cara jitu untuk melindungi peliharaan kesayangan Anda dari kutu.


Perlu Anda perhatikan bahwa tansy memiliki efek insektisida yang kuat sehingga berbahaya bila tertelan. Karena itu, pastikan hewan peliharaan Anda tidak memakannya. Lalu, tansy dikenal juga sebagai tanaman yang dibenci oleh kucing. Jadi, jauhkan tanaman ini dari kucing kesayangan Anda, ya!

Neem leaves, efektif menghalau lebih dari 200 jenis serangga

Neem leaves, efektif menghalau lebih dari 200 jenis serangga
Neem adalah tumbuhan dari India yang memiliki kemampuan mengusir lebih dari 200 jenis hama serangga, termasuk nyamuk. Anda cukup menanamnya untuk merasakan manfaatnya. Untuk efek yang lebih optimal, Anda dapat mengekstrak daunnya dengan cara direbus. Ekstrak tersebut dapat digunakan sebagai semprotan nyamuk.

Meskipun dikenal sebagai insektisida alami, tanaman ini hanya mengusir nyamuk dan serangga, tidak membunuhnya. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai bahan masakan. Karena itu, Neem dijamin aman untuk manusia.

Pilih ukuran tanaman yang sesuai dengan pot

Pilih ukuran tanaman yang sesuai dengan pot
Ketika membeli tanaman, biasanya terdapat informasi mengenai ukuran maksimal tumbuhan dewasa. Apalagi, bila tanaman tersebut masih berupa bibit saat dibeli. Informasi ini berguna agar Anda dapat memilih ukuran pot yang tepat bagi tanaman Anda.

Untuk tanaman dengan akar yang menancap dalam, seperti bunga kamboja, Anda membutuhkan pot tinggi dan berdiameter besar. Untuk tanaman dengan akar yang pendek dan menancap dangkal, gunakanlah pot pendek dengan diameter besar. Fungsinya adalah supaya Anda dapat menanam banyak bibit sekaligus. Biasanya, tanaman herbal memiliki jenis akar yang seperti ini.


Tips di atas dapat dijadikan acuan saat memilih tanaman yang sesuai. Namun, Anda tetap harus mencari informasi yang lebih pasti dari internet maupun para penjual tanaman. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rumah Anda!

Perhatikan lokasi saat membeli melalui online shop

Perhatikan lokasi saat membeli melalui online shop
Toko-toko di e-commerce sites biasanya mencantumkan keterangan dan cara perawatan supaya Anda dapat lebih mudah menanamnya. Untuk pemula, sangat disarankan untuk membelinya melalui online shop dan mengikuti panduan yang sudah tersedia.

Namun, jika jarak pengiriman terlalu jauh tentu akan merepotkan, bukan? Misalnya, toko tanaman berada di Surabaya dan Anda ada di Jakarta. Total waktu pengiriman adalah sekitar lima hari. Ketika benih tanaman dikirim dari toko, tentu masih dalam kondisi baik. Akan tetapi, mungkin saja benih sudah sedikit rusak saat tiba di Jakarta. Benih yang sudah rusak tak akan tumbuh menjadi tanaman dewasa yang sehat. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih toko yang jaraknya sedekat mungkin dengan tempat tinggal Anda.

10 Rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik

Kami sudah membahas berbagai tips untuk memilih tanaman pengusir nyamuk. Berikutnya, kami akan perkenalkan sepuluh rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik. Mari disimak!

10
Ukuran tanaman dewasa< 100 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Diseduh dan diekstrak sarinya
9
Ukuran tanaman dewasa70-140 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Digosokkan ke tubuh
8
Ukuran tanaman dewasa< 20 m (tergantung ukuran pot)
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Disuling minyaknya dan dioleskan ke tubuh・Diseduh dan diekstrak sarinya・Dibakar daunnya
7
Ukuran tanaman dewasa80-100 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Diseduh dan diekstrak sarinya
6
Ukuran tanaman dewasa50-80 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan
5

Tanaman Citronella (Mosquito Plant)

Mulai dari Rp 13.500,00

Ukuran tanaman dewasa< 200 cm・60 cm jika di dalam pot
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan
4
Ukuran tanaman dewasa50-70 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Digosokkan ke tubuh
3
Ukuran tanaman dewasa20-80 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan・Dikeringkan dan digantung
2
Ukuran tanaman dewasa20-40 cm
Rekomendasi penggunaanDiiris dan ditaruh di sekitar rumah
1
Ukuran tanaman dewasa20-80 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkan

Tabel perbandingan produk tanaman pengusir nyamuk terbaik

Gambar produk
1
Tanaman Pink Rose Geranium 1

2
Bibit Bawang Putih 1

3
Bibit Bunga Lavender 1

4
Tanaman Zodia 1

5
Tanaman Citronella (Mosquito Plant) 1

6
Bibit Tanaman Selasih 1

7
Pennyroyal Mint 1

8
Tanaman Neem 1

9
Benih Herbal Lemon Balm 1

10
Tanaman Serai Wangi 1

Nama produk

Tanaman Pink Rose Geranium

Bibit Bawang Putih

Bibit Bunga Lavender

Tanaman Zodia

Tanaman Citronella (Mosquito Plant)

Bibit Tanaman Selasih

Pennyroyal Mint

Tanaman Neem

Benih Herbal Lemon Balm

Tanaman Serai Wangi

Keunggulan

Antinyamuk alami yang cantik dan elegan

Pengusir nyamuk yang multifungsi

Wangi lembut dan menenangkan, ampuh mengusir nyamuk

Mengusir sekaligus mengobati bekas gigitan nyamuk

Efektif untuk ditanam di daerah tropis

Perawatan simpel, tidak pakai repot!

Mengusir nyamuk dengan aroma mint yang refreshing

Pestisida alami serbaguna yang dijamin aman

Aroma menyegarkan bagi manusia, tetapi menyebalkan bagi nyamuk!

Mudah tumbuh di berbagai iklim dan jenis tanah

Harga mulai dariRp 30.000,00Rp 5.000,00Rp 4.000,00Rp 25.000,00Rp 13.500,00Rp 25.000,00Rp 19.000,00Rp 35.000,00Rp 5.000,00Rp 5.000,00
Ukuran tanaman dewasa20-80 cm20-40 cm20-80 cm50-70 cm< 200 cm・60 cm jika di dalam pot50-80 cm80-100 cm< 20 m (tergantung ukuran pot)70-140 cm< 100 cm
Rekomendasi penggunaanDitanam di tempat yang diinginkanDiiris dan ditaruh di sekitar rumahDitanam di tempat yang diinginkan・Dikeringkan dan digantungDitanam di tempat yang diinginkan・Digosokkan ke tubuhDitanam di tempat yang diinginkanDitanam di tempat yang diinginkanDitanam di tempat yang diinginkan・Diseduh dan diekstrak sarinyaDitanam di tempat yang diinginkan・Disuling minyaknya dan dioleskan ke tubuh・Diseduh dan diekstrak sarinya・Dibakar daunnyaDitanam di tempat yang diinginkan・Digosokkan ke tubuhDitanam di tempat yang diinginkan・Diseduh dan diekstrak sarinya
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk antinyamuk lainnya di sini!

Kami sudah membahas tips serta rekomendasi tanaman pengusir nyamuk. Apakah Anda tertarik untuk memiliki produk pengusir nyamuk lainnya? Produk yang tepat dapat membantu Anda agar selalu terhindar dari gigitan nyamuk, lho! Silahkan ikuti link di bawah ini untuk membaca artikel selanjutnya.

Kesimpulan

Menemukan tanaman pengusir nyamuk yang cocok memang membutuhkan ketelitian. Anda juga harus memikirkan faktor perawatan dan ukuran tanaman. Tanaman yang tepat akan menjadikan rumah Anda bebas nyamuk sehingga lebih nyaman.

Apakah Anda sudah menemukan tanaman yang sesuai kebutuhan? Kami harap salah satu dari tanaman yang kami rekomendasikan dapat menjadi pilihan Anda. Nikmati hari-hari bebas nyamuk dan serangga menyebalkan lainnya dengan tanaman pengusir nyamuk yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    174.062 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Dewasa ini, mesin potong rumput tersedia dalam berbagai tipe seperti manual dan elektrik. Untuk mata pisaunya juga berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Dengan banyaknya pilihan, Anda pun memiliki lebih banyak opsi dan bisa mencari produk terbaik dari yang terbaik. Silakan mempertimbangkan merek Tasco, Krisbow, dan BOSCH yang sudah terbukti performanya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan harga. Jangan sampai sudah ngebet ingin membeli, tetapi tidak ada bujet lagi! Untuk itu, simaklah artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    16.431 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    29.496 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat (Terbaru Tahun 2021)
    Tanaman hias yang mudah dirawat seperti sikas dan monstera sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
    37.962 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    44.121 Views
  • 10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengeringkan pakaian adalah jepitan jemuran. Dengan menggunakan jepitan jemuran yang tepat, mengeringkan pakaian pun akan menjadi lebih praktis dan menyenangkan.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih jepitan jemuran serta merekomendasikan produk-produk terbaik. Di antaranya adalah keluaran Ikea, Lion Star, dan Maspion. Perhatikan masing-masing keunggulan produk, dan temukan jepitan jemuran yang cocok untuk Anda!
    Kebun & luar ruangan
    2.369 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori