10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat  melakukan kegiatan luar ruangan seperti berkemah bersama keluarga, tentu Anda menginginkan akomodasi yang nyaman dan aman. Tenda yang kuat, ruangan yang cukup, perlindungan dari panas, serta proteksi dari serangga merupakan beberapa pertimbangan saat mencari tenda camping yang sesuai.

Produsen peralatan outdoor yang sudah terkenal seperti Coleman, Quechua, Eiger, dan sebagainya telah menyediakan tenda camping berukuran besar dengan berbagai desain, kelebihan, dan harga untuk menunjang kegiatan berkemah Anda. Lantas bagaimana cara memilih dan tenda seperti apa yang kami rekomendasikan? Yuk, simak!

Daftar isi

Cara memilih tenda camping

Untuk mendapatkan tenda camping yang sesuai dengan kegiatan Anda, tentu Anda harus tahu apa saja yang perlu dipertimbangkan. Tidak sulit untuk memilih tenda camping ini, Anda hanya perlu mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Pilih ukuran tenda sesuai jumlah orang

Pilih ukuran tenda sesuai jumlah orang

Agar kegiatan berkemah Anda nyaman, pastikan Anda tahu berapa orang yang akan mengikuti kegiatan tersebut. Jumlah peserta akan berkorelasi dengan ukuran tenda. Beberapa merek tenda akan mencantumkan kapasitas tenda, tetapi jika tidak, tentukanlah berdasarkan luas tenda.

Tenda untuk 1–2 orang biasanya memiliki besar 300 x 300 cm. Jika diasumsikan, setiap penambahan satu orang akan membutuhkan tambahan ruang sepanjang 30 cm sehingga tidak sulit untuk menentukan besar tenda yang dibutuhkan. Gunakanlah tenda berukuran 330 x 330 cm untuk 3–4 orang, 360 x 360 cm untuk 5–6 orang, dan 400 x 400 cm jika terdapat lebih dari 7 orang. Pilihlah tenda yang sesuai sehingga membuat Anda nyaman.

Pilih ketahanannya terhadap tekanan air dan sesuaikan dengan musim

Pilih ketahanannya terhadap tekanan air dan sesuaikan dengan musim

Ketahanan terhadap tekanan air adalah ukuran seberapa kuat terpal tenda menahan tekanan air hujan yang mungkin dihadapi di alam. Semakin tinggi ketahanannya, semakin kuat pula kemampuan tenda menahan hujan. Pada umumnya terpal memiliki ketahanan air hujan sebesar 1000–3000 mm, tetapi ketahanan antara 1000–2000 mm sebetulnya sudah cukup kuat untuk tenda camping.

Anda harus ingat bahwa semakin tinggi ketahanan tenda terhadap air, semakin tebal juga kain terpalnya. Dengan begitu, otomatis udara akan sulit melewati pori-pori terpal. Ini berarti tenda Anda akan terasa lembap dan gerah di cuaca panas. Selain itu, harga tenda yang tebal juga akan lebih mahal. Jika Anda tidak akan menggunakan tenda di tempat yang memiliki curah hujan intens, tenda dengan ketahanan air sebesar 1000–1500 mm sudah memadai.

Pilih bahan dan warna tenda yang mampu menahan sinar matahari

Pilih bahan dan warna tenda yang mampu menahan sinar matahari

Tenda camping juga berfungsi sebagai pelindung dari teriknya matahari saat berkemah. Sinar matahari yang kuat di luar ruangan terutama saat cuaca panas terik, bisa menyebabkan heat stroke yang berbahaya. Pilih tenda dengan bahan yang cukup tebal atau warna yang pekat untuk menahan panas matahari. Tenda dengan sifat anti UV juga merupakan pilihan yang baik untuk kegiatan Anda.

Pilih yang mudah dipasang

Pilih yang mudah dipasang

Pemasangan tenda camping membutuhkan usaha dan waktu yang cukup banyak sehingga membutuhkan setidaknya dua orang untuk memasangnya. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah tenda camping yang mudah pemasangannya sehingga tidak merepotkan.

Tenda yang mudah dipasang tentu akan mudah dibongkar juga. Jika Anda bukan orang yang terbiasa melakukan kegiatan berkemah dan memasang tenda, pilihlah tenda yang praktis, mudah dipasang, dan disertai petunjuk pemasangan. Hal ini juga akan menyingkat waktu yang dibutuhkan untuk memasang tenda.

Perhatikan juga fungsi-fungsi lainnya

Selain poin-poin yang telah dijelaskan di atas, periksa juga hal-hal lainnya yang dapat menunjang kenyamanan Anda saat menggunakan tenda camping.

Mudah dibawa dan dilengkapi tas

Mudah dibawa dan dilengkapi tas

Saat tidak digunakan, tenda camping memang bisa dilipat. Namun, merupakan nilai plus apabila tenda camping yang Anda pilih memiliki tas penyimpanan, tidak terlalu berat, serta berukuran compact saat dilipat. Keberadaan tas penyimpanan akan sangat membantu saat Anda sedang membawa atau menyimpan tenda.

Berat dan ukuran tenda berbeda-beda tergantung dari kemampuan sheet dalam menahan air serta ukuran sheet-nya. Periksalah dengan seksama mengenai hal tersebut sebelum membelinya. Namun, jangan juga membeli tenda yang terlalu ringan karena tenda yang terlalu ringan akan kurang kuat terhadap angin. Untuk keamanan, sebaiknya pilihlah tenda camping dengan berat antara 10–14 kg.

Kain pada sisi tenda yang bisa dibuka-tutup sesuai kondisi cuaca

Kain pada sisi tenda yang bisa dibuka-tutup sesuai kondisi cuaca

Untuk kenyamanan Anda, pilihlah tenda camping yang dapat disesuaikan dengan musim dan cuaca saat Anda menggunakannya. Di musim hujan dan cuaca sedang dingin, Anda membutuhkan tenda yang cukup tebal untuk melindungi dari angin dan udara dingin. Namun, saat musim kemarau dan cuaca cenderung panas, Anda membutuhkan tenda dengan bukaan yang cukup untuk menghindari udara panas terperangkap dalam tenda. Untuk itu, Anda bisa memilih tenda camping yang sisi-sisinya bisa dibuka-tutup sesuai keinginan Anda.

Tenda dengan ruangan penghubung

Tenda dengan ruangan penghubung

Jika Anda memiliki tenda camping dan tenda outdoor dengan merek yang sama, Anda bisa menghubungkan kedua tenda ini menjadi satu. Dengan menghubungkannnya, Anda bisa membuat ruang keluarga dan ruang tidur seperti layaknya di rumah. Anda pun tidak perlu repot-repot pindah ke tenda lain jika ingin tidur. Dalam kondisi hujan, Anda juga akan tetap aman, serta tak perlu khawatir dengan barang-barang Anda lainnya karena semuanya sudah menyatu dalam satu tenda.

Ada pula jenis tenda yang bagian terasnya dapat disambungkan dengan teras tenda lainnya sehingga bisa membentuk area teras yang lebih luas. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan jika Anda akan pergi camping dengan jumlah anggota yang cukup banyak.

10 Rekomendasi tenda camping terbaik

Setelah membaca tips cara memilih tenda camping di atas, apakah Anda siap untuk memilih tenda camping terbaik milik Anda? Kami menghadirkan 10 rekomendasi tenda camping terbaik di bawah ini. Selamat memilih!

10. Consina Breakout 10DLX

10. Consina Breakout 10DLX

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.350.000

Makin seru kumpul bersama teman dengan ruang tengah besarnya

Tenda buatan asli Indonesia ini memiliki kapasitas yang cukup besar, bisa memuat 9–13 orang. Selain 3 ruang tidur, tenda ini memiliki 1 ruang besar di tengah untuk berkumpul. Karena itu, tenda ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari tenda dengan ruang kumpul berukuran besar sekaligus dapat menampung banyak orang.

Tenda yang terbuat dari bahan polyester ini telah dilapisi oleh PU (Polyurethane) coatings sehingga memiliki ketahanan terhadap air hujan sebesar 1500 mm. Warnanya yang kuning cerah juga tidak akan menyerap sinar matahari sehingga udara di dalam tenda tidak terasa panas saat siang hari yang terik.

9. Eiger Guardian 8P Tent

9. Eiger Guardian 8P Tent

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.200.000

Ringkas, tetapi muat hingga 8 orang, lho!

Jika Anda mencari tenda camping yang bisa memuat hingga 8 orang, tetapi tidak terlalu besar dan terlihat ringkas, produk ini bisa salah satu pilihan. Terdapat dua ruangan dan sekat, tenda ini juga memiliki dua pintu sehingga tidak sulit untuk keluar-masuk tenda dari kedua ruang tersebut.

Tenda ini bisa menahan angin dan hujan karena jahitan pada bagian pinggirannya sudah dijahit sedemikian rupa sehingga air hujan tidak merembes. Selain itu, tenda ini sudah disertai tas penyimpanan untuk memudahkan Anda saat menyimpan dan membawanya ke tempat berkemah.

8. SAMCAMEL Two Room Tent

8. SAMCAMEL Two Room Tent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 7.645.500

Lebih sejuk berkat atap yang bisa dibongkar-pasang

Tenda ini terdiri dari dua ruang tidur dan satu ruang berkumpul. Dengan daya tampung mencapai 12 orang, tenda besar ini akan nyaman untuk digunakan berkemah baik di cuaca hujan maupun cuaca panas. Ketahanan terhadap curah hujannya pun cukup tinggi, yakni mencapai 2000 mm.

Tenda ini dilengkapi dengan pintu dan jendela lebar dari jala yang berfungsi sebagai penghalang nyamuk dan ventilasi udara. Bagian penutup luar pada tenda ini pun bisa dilepas, menyisakan atap jala agar udara tidak pengap sehingga cocok untuk Anda gunakan pada cuaca apa pun.

7. Coleman Round Screen 2 Room House

7. Coleman Round Screen 2 Room House

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.800.000

Berkemah dengan keluarga akan lebih menyenangkan dengan tenda ini

Tenda camping ini memiliki dua ruangan yang bisa digunakan saat berkemah. Memang sekilas terlihat agak kecil, tetapi saat digunakan tidak akan terasa sempit. Hal itu disebabkan ketiga sisi tenda dapat dibuka lebar, memberikan ruang semi-outdoor dan sirkulasi udara yang baik.

Tenda ini sangat cocok untuk Anda yang suka berkemah dengan keluarga karena dapat memuat hingga 5 orang termasuk anak-anak. Terbuat dari bahan poliester yang cukup tebal, tenda ini bisa menahan hujan hingga 2000 mm. Keluarga Anda akan tetap kering dan nyaman saat hujan lebat.

6. Bestway Pavillo Campbase X6 Tent

6. Bestway Pavillo Campbase X6 Tent

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.875.000

Berukuran besar, tetapi harganya ekonomis!

Bestway yang terkenal sebagai merek peralatan olahraga air ternyata juga menyediakan produk tenda camping berukuran besar. Tenda ini memiliki tiga ruangan, yaitu dua ruang tidur dan satu ruang berkumpul di bagian tengah tenda, serta teras tambahan di bagian depan tenda.

Terbuat dari warna orange pekat yang cerah plus adanya pelindung luar, saat cuaca panas Anda tidak perlu khawatir lagi akan risiko heat stroke. Harganya pun tergolong ekonomis untuk sebuah tenda camping berukuran besar, karena itu tenda ini cocok untuk Anda yang ber-budget ketat.

5. Naturehike Wormhole 8-10 Man Airpole Tent

5. Naturehike Wormhole 8-10 Man Airpole Tent

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.000.000

Rangka yang terbuat dari tabung plastik menjadikannya lebih ringan!

Berbeda dengan tenda lainnya, rangka tenda ini tidak terbuat dari logam, tetapi dari tabung plastik yang bisa diisi udara. Dengan begitu, pemasangan tenda ini akan lebih mudah dan bobot tenda pun menjadi lebih ringan. Jika Anda mencari tenda ukuran besar yang tidak begitu berat, produk ini sesuai untuk Anda.

Pada bagian pintu dan jendelanya terdapat lapisan jala yang bisa melindungi Anda dari nyamuk sekaligus menjaga sirkulasi udara agar tetap baik. Anda juga tak perlu khawatir saat menggunakan tenda ini pada cuaca panas terik sebab bahannya terbuat dari poliester yang cukup tebal.

4. Coleman Cortes Octagon 8 Orange

4. Coleman Cortes Octagon 8 Orange 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.640.000

Tas beroda dan Easy Set Up system, kombinasi praktis yang menyenangkan!

Hal yang unik dari tenda ini adalah pintunya yang berengsel, bukan lagi seperti pintu tenda pada umumnya. Kemudian, tenda ini dapat memuat 8 orang serta dilengkapi dengan tirai untuk membagi tenda menjadi 2 ruangan besar. Jika tidak ingin memakainya, Anda bisa melepas tirainya dengan mudah.

Coleman menyebutkan bahwa tenda ini terbuat dari kain yang anti-UV, bahkan tahan sampai SPF 50. Disertai tas penyimpanan yang beroda dan Easy Set Up system, Anda akan semakin mudah untuk membawa dan memasang tenda ini. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang menyukai hal-hal praktis.

3. Tarptent Hogback

3. Tarptent Hogback

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.000.000

Dengan alas tenda yang jauh dari tanah, tidur Anda akan semakin nyaman

Tenda camping ini memiliki bentuk unik yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan orang-orang yang tidur di dalamnya. Alas tenda berjarak 13 cm dari permukaan tanah sehingga tenda ini cocok untuk Anda yang tidak ingin tidur dengan rasa bebatuan yang mengganjal di punggung.

Meski demikian, nyatanya tenda ini kuat untuk menopang empat orang dewasa. Bahkan, tenda ini memiliki empat ruang di dekat pintu masuk yang cukup untuk menyimpan tas carrier Anda. Tenda ini dilengkapi dengan kain jala pada setiap sudut juga di bagian atasnya untuk sirkulasi udara.

2. Quechua Arpenaz Family 5.2

2. Quechua Arpenaz Family 5.2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.999.900

Tidak hanya kuat menahan air, tetapi kekuatannya menahan angin juga hebat!

Sesuai namanya, tenda camping ini dirancang untuk digunakan oleh keluarga. Terdiri dari tiga ruangan, yaitu dua ruangan tidur dan satu ruang untuk berkumpul. Untuk pemasangannya pun mudah karena Anda akan terbantu dengan adanya kode warna yang diberikan pada pole tenda.

Kemudian, tenda berkapasitas 5 orang ini memiliki ketahanan air mencapai 2000 mm. Anda bisa dengan percaya diri membawanya ke berbagai lokasi berkemah, bahkan ke daerah yang sering terjadi hujan lebat. Malahan, tenda ini mampu menahan angin hingga kecepatan 50km/jam. Luar biasa!

1. Ozark Trail Cabin Tent

1. Ozark Trail Cabin Tent

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.953.447

Hanya perlu dua menit saja untuk mendirikan tenda besar ini!

Tenda kabin ini dapat memuat hingga dua kasur tiup berukuran queen size. Bukaan jendelanya banyak dan pintunya besar sehingga di siang hari pun tenda ini tidak akan terasa pengap. Seluruh jendela dan pintunya dilengkapi dengan kain jala untuk menghalangi dari nyamuk dan serangga lain.

Di samping itu, tenda ini dilengkapi dengan lampu built-in sehingga Anda bisa bercengkerama dengan nyaman saat malam hari tanpa lampu tambahan. Jika Anda mencari tenda yang mudah didirikan dalam waktu singkat, tenda ini sangat cocok sebab diklaim hanya butuh 2 menit saja untuk mendirikannya.

Perhatikan keamanan saat menyalakan api dekat tenda

Perhatikan keamanan saat menyalakan api dekat tenda

Saat berkemah, tentu tidak lengkap rasanya bila tidak ada acara barbeque. Untuk itu, tentunya Anda perlu membawa kompor atau peralatan grill. Namun, perlu diingat bahwa menyalakan api atau kompor di dalam tenda sangat berbahaya. Selain ada risiko kebakaran, ada juga risiko keracunan karbon dioksida hasil pembakaran barbeque tadi. Hindarilah menggunakan kompor di dalam tenda.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan teras tenda sebagai tempat untuk makan, sedangkan untuk kegiatan memasak Anda bisa melakukannya di luar teras tenda tersebut. Jika Anda khawatir akan hujan saat sedang memanggang, Anda bisa menggunakan recta tarp atau hexa tarp untuk melindungi dari terpaan air hujan di luar tenda utama.

Tips saat mendirikan tenda

Tips saat mendirikan tenda

Saat ingin mendirikan tenda camping, pilihlah tempat yang rata dan stabil. Jika Anda berada di camping ground tentu tidak perlu terlalu khawatir, tetapi jika bukan di area berkemah, Anda perlu memilih tempat yang tepat.

Pastikan Anda berkemah di tempat yang aman. Hindari berkemah di bawah tebing karena ada risiko batu-batu berjatuhan atau di bawah pohon tunggal yang berisiko tumbang dan terkena sambaran petir. Jauhi juga daerah dekat bantaran sungai untuk menghindari risiko longsor atau banjir bandang. Setelah menentukan tempat, periksa arah matahari dan pastikan tenda terlindung dari sinar matahari agar Anda merasa nyaman. Selain itu, pelajari cara memasang tenda dan perhatikan apakah ada bagian yang rusak. Ada baiknya Anda berlatih memasang tenda terlebih dahulu di taman sebelum berangkat berkemah.

Kesimpulan

Bagaimana, sudahkah Anda menemukan tenda camping terbaik untuk kegiatan outdoor Anda? Setiap tenda tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Berkemah dengan keluarga dan teman-teman pasti akan menyenangkan, lebih menyenangkan lagi apabila tenda yang digunakan sesuai dan berukuran pas. Jangan lupa untuk tetap stay safe saat berkemah, ya!