1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Saat ini, ada banyak merek tenda camping yang bagus tersedia di pasaran, seperti Eiger, SPEEDS, Consina, dan lainnya. Tenda camping ini memiliki kapasitas yang bervariasi. Ada tenda camping untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang, dan ada juga tenda berkapasitas besar untuk camping keluarga.


Harga tenda camping juga beragam, ada yang mahal, ada juga yang ekonomis. Hal ini tergantung dari kapasitas, material, hingga fitur yang tersedia. Untuk Anda yang mencari rekomendasi tenda camping terbaik, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!


Diperbaharui 01-31-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih tenda camping

Untuk mendapatkan tenda camping yang sesuai dengan kebutuhan, Anda harus memahami beberapa hal. Mari simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih jauh.

① Sesuaikan ukuran tenda sesuai jumlah orang

Sesuaikan ukuran tenda sesuai jumlah orang
Sumber: hikenrun.com
Jumlah peserta menjadi pertimbangan penting untuk mengetahui jenis tenda yang harus dibawa. Umumnya, produk mencantumkan kapasitas tenda. Jika tidak tercantum, Anda dapat menentukan kapasitas berdasarkan luas tenda (panjang x lebar) dengan acuan berikut ini.

  • Tenda untuk 1–2 orang: 230 cm x 160 cm
  • Tenda untuk 3–4 orang: 240 cm x 220 cm
  • Tenda untuk 5 orang: 305 cm x 240 cm
  • Tenda untuk 6 orang: 305 cm x 305 cm
  • Tenda untuk 8 orang: 480 cm x 300 cm

Perlu diperhatikan bahwa ukuran memengaruhi berat tenda. Itu berarti makin besar kapasitasnya, bobot tenda juga akan makin berat. Jika Anda camping di tempat yang mengharuskan trekking atau hiking, sebaiknya gunakanlah beberapa tenda yang lebih kecil. Dengan begitu, Anda dapat bergantian membawa tenda dengan rekan perjalanan Anda.

② Pilih tingkat water pressure resistant berdasarkan cuaca dan musim

Pilih tingkat water pressure resistant berdasarkan cuaca dan musim
Bila Anda melakukan camping di musim kemarau, bisa saja Anda mengabaikan hal ini. Water pressure resistant adalah ukuran seberapa kuat terpal tenda dapat menahan tekanan air hujan. Makin tinggi nilainya, maka makin kuat pula kemampuan tenda dalam menahan hujan. Air hujan pun tidak rembes dan masuk ke dalam.

Di sisi lain, ingatlah bahwa makin tinggi nilai ketahanan tenda terhadap air, maka kain terpalnya akan makin tebal. Udara pun akan sulit melewati pori-pori terpal sehingga di dalam tenda terasa lembap dan gerah saat cuaca panas. Selain itu, tenda dengan material yang lebih tebal memiliki harga yang lebih mahal.


Umumnya terpal memiliki water pressure resistant sebesar 1.000–3.000 mm. Namun sebenarnya kain dengan tingkat ketahanan sekitar 1.500 mm dinilai sudah cukup kuat menahan air hujan. Jika curah hujan di tempat Anda camping tidak intens, gunakanlah tenda dengan tingkat ketahanan 1.000–1.500 mm.

③ Ketahui bahan dan warna tenda yang mampu menahan sinar matahari

Tenda camping juga berfungsi sebagai pelindung dari teriknya matahari saat siang hari. Sinar matahari yang menyengat terutama saat cuaca panas terik bisa menyebabkan heat stroke. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu Anda simak mengenai bahan dan warna tenda camping.

Material anti-UV, membantu menjaga kesehatan kulit

Ada jenis material pembuat tenda yang merupakan anti-UV. Biasanya material anti-UV ini berasal kain sintetis dan semi-sintetis. Hal ini karena jenis kain tersebut memiliki kerapatan yang lebih tinggi daripada katun atau linen.


Beberapa jenis kain tenda yang mampu menahan sinar UV, di antaranya adalah nylon, polyester, unbleached cotton, dan solution-dyed acrylic. Jika Anda camping di gunung atau melakukannya ketika musim kemarau, sebaiknya pilih tenda dari material kain tersebut.

Warna tenda, memengaruhi penyerapan panas matahari

Warna tenda, memengaruhi penyerapan panas matahari

Kami menyarankan Anda untuk memilih tenda berwarna pekat seperti hitam. Warna pekat diketahui dapat menyerap panas matahari dengan baik. Dengan demikian, kulit Anda dapat terlindungi dari bahaya paparan sinar UV. Namun, warna gelap akan membuat kondisi di dalam tenda menjadi lebih gerah.


Sementara itu, warna terang, seperti putih, kuning, atau oranye dapat memantulkan cahaya matahari dengan baik. Keadaan di dalam tenda pun terasa lebih sejuk. Namun, warna tersebut tidak mampu memblok sinar UV.


Baik warna pekat maupun warna terang memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Meski begitu, bila Anda bimbang, pilih saja tenda dengan warna biru tua. Warna biru tua tidak terlalu gelap dan juga terlalu cerah. Dengan begitu, tenda mampu menghalau bahaya sinar UV dan Anda akan merasa nyaman saat berada di dalamnya.

④ Utamakan memilih tenda yang mudah dipasang

Utamakan memilih tenda yang mudah dipasang
Bagi yang belum terbiasa, memasang tenda camping membutuhkan usaha dan waktu yang cukup banyak. Umumnya, pemasangan tenda camping membutuhkan dua orang. Karena itu, sebaiknya Anda memilih tenda yang pemasangannya mudah agar tidak merepotkan. Tenda yang mudah dipasang tentu akan mudah dibongkar juga.

Salah satu jenis tenda paling mudah pemasangannya adalah tenda dome. Tenda ini memiliki ciri atap yang melengkung seperti kubah dan dilengkapi tiang-tiang penyangga yang mengikuti konturnya. Tenda dome cukup tangguh untuk dipakai di berbagai medan, baik di gunung maupun di pantai. Sayangnya, untuk kondisi angin kencang atau hujan salju, tenda ini kurang begitu andal.


Sementara itu, bila Anda camping bersama banyak orang, jenis tenda tunnel mungkin akan lebih cocok. Jenis tenda ini berbentuk seperti terowongan sehingga lebih panjang dan dapat menampung lebih banyak orang. Cara pemasangannya memang cenderung lebih rumit, tetapi bila dikerjakan oleh banyak orang akan jadi lebih mudah, bukan?

⑤ Pertimbangkan tenda yang dilengkapi tas agar mudah dibawa

Kebanyakan tenda camping memang bisa dilipat sehingga berukuran ramping saat tidak digunakan. Namun, pastikan kembali ketersediaan tas penyimpanan dari produk yang Anda pilih. Jangan lupa juga untuk melihat ukuran dan beratnya saat dalam keadaan packing. Pilihlah tenda yang compact dan ringan agar mudah dikemas dan dibawa.


Berat dan ukuran tenda berbeda-beda tergantung dari ukuran sheet dan kemampuannya dalam menahan air. Periksalah dengan saksama mengenai hal tersebut sebelum membelinya. Namun, hindari membeli tenda yang terlalu ringan karena akan kurang kuat terhadap angin. Bila tenda dirasa terlalu ringan, Anda bisa melengkapinya dengan pemberat tenda.

⑥ Cek juga ketersediaan jendela tenda yang bisa dibuka-tutup

Untuk kenyamanan Anda, pilihlah tenda camping yang dapat disesuaikan dengan musim dan cuaca saat Anda menggunakannya. Saat musim hujan dan cuaca sedang dingin, Anda membutuhkan tenda yang cukup tebal. Dengan begitu, Anda dapat terlindungi dari angin dan udara dingin.

Sementara itu, saat musim kemarau dan cuaca cenderung panas, Anda membutuhkan tenda dengan bukaan yang cukup. Tujuannya untuk menghindari udara panas terperangkap dalam tenda dan ada udara segar yang masuk ke dalam tenda. Untuk itu, Anda bisa memilih tenda camping yang bagian sisinya bisa dibuka-tutup sesuai keinginan Anda.

10 Rekomendasi tenda camping terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tenda camping terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

SPEEDS

Tenda Camping lipat Kapasitas 2 Orang

SPEEDS Tenda Camping lipat Kapasitas 2 Orang 1枚目

Harga terjangkau dengan beragam kelebihan!

2

Bestway

Pavillo Activeridge Tent

Bestway Pavillo Activeridge Tent 1枚目

Warna tenda hijau tosca yang menenangkan dan alami

3

Arei Outdoor Gear

Tenda

Arei Outdoor Gear Tenda  1枚目

Tenda yang praktis, dapat didirikan oleh satu orang saja

4

Bigadventure

Toba Series

Bigadventure  Toba Series 1枚目

Pole connection, mudahkan para pemula mendirikan tenda!

5

Mountain Inn Sport

Borneo 6

Mountain Inn Sport  Borneo 6 1枚目

Buat camping ceria bersama sahabat jadi makin menyenangkan!

6

CONSINA

MAGNUM 4 TENDA

CONSINA  MAGNUM 4 TENDA 1枚目

Frame di bagian outer, dapat menjadi shelter darurat

7

Naturehike

Cloud Up 2 Tenda Hiking Ultralight

Naturehike  Cloud Up 2 Tenda Hiking Ultralight 1枚目

Bobot ringan sehingga nyaman dibawa para solo hiker

8

Decathlon

Quechua Arpenaz 4.1

Decathlon  Quechua Arpenaz 4.1 1枚目

Tenda keluarga dengan space luas di dalamnya

9

BNIX

Tenda Camping

BNIX  Tenda Camping 1枚目

Tenda berkapasitas besar dengan harga ekonomis

10

Eiger

Guardian 8P Tents

Eiger Guardian 8P Tents 1枚目

Tampung banyak orang, pas untuk kelompok besar

Perincian produk
Close
No.1

SPEEDSTenda Camping lipat Kapasitas 2 Orang018-1

Mulai dari Rp160.000,00

Harga terjangkau dengan beragam kelebihan!

Kelebihan:

  • Harga superekonomis
  • Instalasi mudah
  • Dilengkapi jaring kelambu antinyamuk

Kekurangan:

  • Kurang tahan terhadap angin dan cuaca ekstrem

SPEEDS menyediakan tenda camping dengan harga terjangkau. Produk ini dapat menjadi pilihan bila Anda mencari tenda camping yang tidak menguras kantong. Produk ini termasuk tenda camping yang simpel dan mudah untuk digunakan.


Anda para pemula pasti tidak akan kesulitan saat mendirikannya. Akan tetapi, tenda ini lebih cocok untuk kegiatan camping ceria saja karena kurang tahan terhadap angin dan cuaca ekstrem.

No.2

BestwayPavillo Activeridge Tent68091

Mulai dari Rp750.000,00

Warna tenda hijau tosca yang menenangkan dan alami

Kelebihan:

  • Double layer, cukup andal menahan hujan
  • Desain stylish, memiliki bagian teras
  • Dilengkapi jaring antinyamuk

Kekurangan:

  •  Banyak sambungan dan jahitan, membuatnya rentan bocor

Pavillo Activeridge Tent akan sangat pas untuk Anda yang mencari produk dengan desain stylish. Tenda berwarna hijau tosca ini memberikan kesan menenangkan dan menyatu dengan alam. Ada juga garis berwarna kuning menyala di beberapa sambungan dan atasnya yang mempercantik tampilan tenda.


Tenda ini juga dilengkapi jaring yang berguna sebagai ventilasi sekaligus penghalang serangga. Pemasangan tenda juga diklaim cepat dan mudah, Anda hanya membutuhkan waktu 15 menit. Selain pemasangan, packing tenda juga mudah sehingga praktis untuk disimpan dan dibawa.

No.3

Arei Outdoor GearTenda 02/T005

Mulai dari Rp249.000,00

Tenda yang praktis, dapat didirikan oleh satu orang saja

Kelebihan:
  • Desain simpel
  • Harga cukup terjangkau

Kekurangan:

  • Single layer, kurang tahan air dan angin

Jika Anda adalah tipe orang yang simpel dan tidak mau repot, Arei Tenda 02/T005 bisa menjadi pilihan yang tepat. Tenda ini hanya memiliki satu layer dan tidak ada teras di depannya. Dengan begitu, pemasangan tenda pun jadi lebih praktis. Saking praktisnya, Anda dapat mendirikan tenda ini seorang diri. Keunggulan lainnya, tenda ini terbuat dari bahan anti-UV dan antilembap dengan kerangka yang tidak mudah berkarat.

No.4

Bigadventure Toba Series

Mulai dari Rp1.449.000,00

Pole connection, mudahkan para pemula mendirikan tenda!

Kelebihan:

  • Memiliki pole connection yang membantu tenda berdiri lebih simetris

Kekurangan:

  • Harga agak pricey

Apakah Anda seorang pemula yang sedang menjajaki dunia hiking dan masih kesulitan mendirikan tenda? Kalau begitu, tenda dari Bigadventure ini akan cocok untuk Anda karena ada pole connection di bagian atasnya.


Pole connection membantu agar rangka tenda dapat simetris saat didirikan sehingga Anda tinggal menyesuaikan setiap sisinya. Outer dan inner tenda pun dapat langsung disambungkan pada rangka tersebut. Meskipun demikian, tenda ini tetap harus didirikan oleh beberapa orang, ya.

No.5

Mountain Inn Sport Borneo 6

Mulai dari Rp599.000,00

Buat camping ceria bersama sahabat jadi makin menyenangkan!

Kelebihan:

  • Ukuran cukup besar dan lega
  • Muat untuk 6–8 orang
  • Dilengkapi kompartemen di dalam tenda

Kekurangan:

  • Pemasangan agak sulit, butuh dilakukan oleh beberapa orang

Jika Anda sering berkemah bersama sahabat di pantai atau camping area, kami menyarankan Anda memilih produk ini. Tenda camping Borneo 6 memiliki ruang dan teras yang luas. Anda dan teman-teman pun dapat berbagi momen-momen menyenangkan bersama. Kemudian, di dalam tenda ini tersedia empat kompartemen kecil sehingga barang-barang Anda dapat terorganisasi dengan baik.

No.6

CONSINA MAGNUM 4 TENDA

Mulai dari Rp945.000,00

Frame di bagian outer, dapat menjadi shelter darurat

Kelebihan:

  • Double layer, lebih tahan angin dan hujan
  • Bisa berfungsi sebagai shelter darurat

Kekurangan:

  • Desain tidak biasa, Anda perlu adaptasi untuk bongkar pasang

Umumnya frame dipasang di bagian inner tenda, tetapi frame tenda ini dipasang pada bagian outer. Tujuannya agar tenda ini bisa menjadi shelter. Mode shelter ini bisa digunakan sebagai tempat istirahat sementara.


Mode shelter juga dapat berguna untuk kebutuhan darurat seperti saat harus mendirikan tenda ketika hujan mendadak turun. Untuk Anda yang sering camping di musim hujan atau hiking di rute yang jauh, pilihlah produk ini.

No.7

Naturehike Cloud Up 2 Tenda Hiking Ultralight NH17T001-T/20D

Mulai dari Rp1.785.000,00

Bobot ringan sehingga nyaman dibawa para solo hiker

Kelebihan:

  • Ultralight, sangat ringan
  • Ukuran cukup luas untuk 2 orang

Kekurangan:

  • Harga cukup pricey untuk kapasitas dua orang

Apakah Anda seorang hiker yang sering mendaki dan camping sendiri atau berdua saja? Jika ya, kami menyarankan tenda camping dari Naturehike ini. Kapasitasnya yang kecil dan bobotnya yang ringan membuat tenda ini praktis saat dibawa bepergian.


Di bagian belakang tenda terdapat ventilasi yang berukuran kecil. Ventilasi tersebut berfungsi sebagai saluran sirkulasi udara dan mengurangi adanya embun yang mencair di dalam tenda. Kemudian, bagian alas tenda terbuat dari material yang tahan lembap. Anda pun merasa lebih nyaman saat berada di dalam tenda.

No.8

Decathlon Quechua Arpenaz 4.18378237

Mulai dari Rp2.100.000,00

Tenda keluarga dengan space luas di dalamnya

Kelebihan:

  • Memiliki dua ruang terpisah
  • Kapasitas hingga 4 orang, cocok untuk keluarga

Kekurangan:

  • Bobot sangat berat
  • Bongkar pasang agak rumit

Decathlon Quechua Arpenaz 4.1 didesain untuk memenuhi kebutuhan tenda camping bagi keluarga. Tenda berkapasitas empat orang ini mempunyai dua ruang yang cukup luas. Ruang utama dapat digunakan sebagai ruang berkumpul dan beristirahat. Kemudian, ruang terasnya bisa menjadi tempat untuk makan atau menaruh barang.


Lapisan bagian luar tenda menggunakan bahan anti-UV dengan UPF 30. Selain itu, tenda ini juga sudah teruji dapat berdiri kukuh saat diterpa angin berkecepatan 50 km/jam. Bagian luar tenda memiliki water pressure resistant sebesar 2.000 mm. Anda tidak perlu khawatir tenda akan rembes saat hujan.

No.9

BNIX Tenda Camping BN-021

Mulai dari Rp479.800,00

Tenda berkapasitas besar dengan harga ekonomis

Kelebihan:

  • Kapasitas besar
  • Harga ekonomis

Kekurangan:

  • Desain sederhana, tidak banyak fitur

Biasanya, makin besar kapasitas tenda camping, maka makin mahal juga harganya. Namun, tenda yang satu ini tidak demikian. Produk ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang mencari tenda berkapasitas besar dengan harga yang lebih ekonomis.


Anda cukup menyiapkan bujet di bawah 500 ribu dan bisa mendapatkan tenda double layer yang cukup untuk 6 orang. Berkat tenda ini, camping bersama sahabat pun jadi makin hemat.

No.10

EigerGuardian 8P Tents

Mulai dari Rp3.199.000,00

Tampung banyak orang, pas untuk kelompok besar

Kelebihan:

  • Kapasitas superbesar
  • Memiliki dua pintu masuk dengan jaring antinyamuk
  • Dilengkapi steam taped agar air hujan tidak rembes

Kekurangan:

  • Harga sangat pricey

Untuk Anda yang sering camping dalam kelompok besar, pilihlah Eiger Guardian 8P Tents. Tenda ini memiliki kapasitas besar yang muat untuk 8 orang. Kemudian, ada pintu di kedua sisinya yang memudahkan Anda dan rekan yang lain keluar masuk.


Menariknya lagi, kedua pintu tersebut dilengkapi jala antinyamuk untuk melindungi Anda dari gigitan serangga. Pada sisi lainnya, ada dua jendela besar yang berfungsi sebagai ventilasi udara. Kondisi di dalam tenda pun tidak sumpek sehingga Anda nyaman berada di dalamnya.

Tips berkemah dengan aman dan nyaman

Berkemah memang jadi kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Agar kegiatan ini berlangsung dengan aman dan nyaman, sebaiknya perhatikan beberapa tips dari kami berikut ini.

Temukan tempat mendirikan tenda yang tepat

Temukan tempat mendirikan tenda yang tepat
Saat ingin mendirikan tenda camping, pilihlah tempat yang rata dan stabil. Jika Anda berada di camping ground, tentu Anda tidak perlu terlalu khawatir. Namun, jika bukan di area camping, Anda perlu memilih tempat yang tepat.

Pastikan Anda camping di tempat yang aman. Hindarilah camping di bawah tebing karena ada risiko batu-batu berjatuhan. Jangan pula mendirikan tenda di bawah pohon tunggal yang berisiko tumbang dan terkena sambaran petir. Jauhi juga daerah dekat bantaran sungai untuk menghindari risiko longsor atau banjir bandang.


Kemudian, periksalah arah matahari dan pastikan tenda terlindung dari sinar matahari agar Anda merasa nyaman. Selain itu, pelajari juga cara memasang tenda dan perhatikan ada bagian yang rusak atau tidak. Ada baiknya Anda berlatih memasang tenda terlebih dahulu sebelum berangkat camping.

Hindari menyalakan api di dekat tenda

Hindari menyalakan api di dekat tenda
Saat camping, tidak lengkap rasanya bila tidak ada acara barbeku. Maka dari itu, Anda perlu membawa kompor atau peralatan grill. Namun, perlu diingat bahwa menyalakan api atau kompor di dalam tenda sangat berbahaya. Selain ada risiko kebakaran, ada juga risiko keracunan karbon dioksida hasil proses pembakaran barbeku.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan teras tenda sebagai tempat untuk makan. Untuk kegiatan memasak, Anda bisa melakukannya di luar teras tenda tersebut. Jika Anda khawatir akan hujan saat sedang memanggang, Anda bisa menggunakan recta tarp atau hexa tarp. Dengan begitu, Anda akan terlindungi dari terpaan air hujan saat berada di luar tenda utama.

Baca juga rekomendasi perlengkapan camping lainnya di sini

Saat melakukan camping, banyak perlengkapan yang harus dibawa, seperti sleeping bag, kompor, dan lainnya. Kami pun telah menyiapkan artikel mengenai produk-produk perlengkapan camping. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa membacanya pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan tenda camping terbaik untuk kegiatan outdoor Anda? Setiap tenda tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Camping bersama keluarga dan teman-teman pasti terasa sangat menyenangkan. Lebih menyenangkan lagi apabila tenda yang Anda gunakan nyaman serta mudah dipasang dan dibongkar. Untuk itu, periksalah kembali kepraktisan dan fitur yang ada di tenda camping. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer