• 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Facial foam merupakan salah satu basic skincare yang wajib Anda punya. Sama seperti rangkaian skincare lain, facial foam juga dibuat sesuai dengan jenis kulit Anda. Facial foam apa yang bagus dan cocok untuk kulit sensitif? Jawabannya ada di bawah ini.

Kami menyajikan cara memilih facial foam terbaik beserta rekomendasi sabun wajah untuk kulit sensitif. Beragam merek facial foam tanpa alkohol, seperti Senka, COSRX, dan Cetaphil ada di sini. Simak juga informasi menarik seputar kulit sensitif dari dr. Dia Febrina, Sp.KK,. So, tunggu apalagi? Simak ulasan kami sampai habis, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dia Febrina
  • Pembaharuan terakhir: 15 Desember 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist dr. Dia Febrina, Sp.KK

Profil pakar: Dermatovenereologist dr. Dia Febrina, Sp.KK

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit dan kelamin, salah satunya melalui akun Instagram-nya.

Apakah penyebab utama kulit menjadi sensitif?

Apakah penyebab utama kulit menjadi sensitif?

Beberapa orang memiliki kondisi kulit sensitif sejak kecil, sedangkan sebagian lagi mengalaminya karena dipicu faktor tertentu. Kenapa kulit tiba-tiba sensitif? Bagaimana cara mengatasi kulit yang sensitif? Berikut penjelasannya.


Ciri-ciri kulit sensitif sering dikenali dengan peradangan. Penyebab kulit sensitif cukup beragam. Beberapa faktor penyebab kulit sensitif adalah:

  • Kulit kering
  • Lapisan kulit terkikis
  • Paparan sinar matahari
  • Terlalu sering mencuci wajah
  • Kurang bersih saat membersihkan wajah atau sisa makeup  
  • Alergi
  • Stres

Hal-hal yang sudah kami sebutkan di atas dapat memicu gejala-gejala, seperti gatal maupun kemerahan. Selain itu, kulit sensitif juga bisa disebabkan oleh skincare atau kosmetik yang kurang cocok. Oleh karena itu, memilih cleanser yang sesuai dengan kulit Anda sangatlah penting.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Kulit sensitif ditandai dengan karakteristik kulit yang sering mengalami inflamasi atau peradangan. Kulit sensitif terbagi atas empat tipe, yaitu: 


  1. Tipe akne atau jerawat: ditandai dengan timbulnya komedo, beruntus merah (papula), beruntus nanah (pustula), nodula, dan kista.
  2. Tipe rosacea: ditandai dengan kulit kemerahan dan adanya sensasi panas pada wajah.
  3. Tipe stinging: ditandai dengan adanya rasa terbakar, tersengat, atau gatal setelah kulit diolesi kosmetik atau obat oles tertentu. Tipe yang satu ini tidak disertai kemerahan.
  4. Tipe alergi: ditandai dengan gejala kemerahan dan gatal akibat alergi terhadap bahan skincare tertentu. 


Sebagai tambahan informasi, setiap individu dapat memiliki lebih dari satu tipe kulit sensitif, misalnya tipe akne dan tipe alergi. 

Apa bedanya facial wash dengan facial foam?

Serupa tapi tak sama. Anda pasti pernah menemukan facial foam dan facial wash, bukan? Siapa sangka, kedua produk ini ternyata berbeda, lho.


  • Facial wash

Facial wash adalah jenis pembersih wajah yang memiliki fungsi utama membersihkan dan menjaga kelembapan kulit. Facial wash banyak hadir dalam tekstur gel dan creamy. Pembersih wajah ini biasanya tidak menghasilkan banyak busa.


  • Facial foam

Seperti namanya, facial foam merupakan pembersih wajah yang dapat menghasilkan busa melimpah. Busa lembut ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan wajah setiap harinya. Fungsi utama facial foam adalah mengangkat minyak dan kotoran karena kemampuan menyerap minyaknya sangat bagus. 


Sekarang Anda sudah tahu perbedaan kedua jenis pembersih wajah ini. Selanjutnya, mari ikuti tips memilih facial foam untuk kulit sensitif di bawah ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih facial foam untuk kulit sensitif

Anda sedang kesulitan menemukan facial foam yang cocok untuk kulit sensitif? Tips singkat berikut ini pasti tak ingin Anda lewatkan. Simak tiga cara memilih facial foam berikut ini, ya.

Cek kandungan dalam facial foam Anda

Cek kandungan dalam facial foam Anda
Saat mencari sabun cuci muka untuk kulit sensitif, Anda sangat disarankan untuk memeriksa komposisinya dengan teliti. Sebisa mungkin, hindarilah facial foam yang mengandung banyak bahan sintetis atau bahan yang bersifat harsh.

Bahan-bahan yang sebaiknya Anda hindari, yaitu alkohol, paraben, SLS, pewangi yang berlebihan, dan kandungan iritan lainnya. Selain itu, hindari facial foam yang mengandung eksfoliator seperti scrub.


Beberapa poin yang kami sarankan saat memilih sabun muka untuk kulit sensitif adalah:

  • Label khusus untuk kulit sensitif, hypoallergenic, atau dermatologically tested
  • Produk dengan minimal ingredients 
  • Produk dengan komposisi air
  • Produk berbahan alami
  • Produk dengan kandungan anti-inflamasi
  • Tingkat pH sabun yang seimbang

Sering mendengar istilah pH wajah? Potential hydrogen (pH) adalah tingkat keasaman kulit yang bertanggung jawab pada fungsi skin barrier Anda. Skala keasaman ditandai dengan angka 0–14. Kulit yang sehat berada dalam tingkat pH yang netral, atau rata-rata 5,0–7,0.


Tingkat pH yang terlalu tinggi atau rendah menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit kering, dan kulit sensitif. Jadi, penting sekali menemukan sabun wajah dengan tingkat pH yang seimbang, ya.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Setiap tipe kulit sensitif memiliki kebutuhan skincare yang unik dan berbeda. Meskipun begitu, keempat tipe kulit sensitif tadi sebaiknya menggunakan skincare dengan kandungan anti-inflamasi.


Kandungan anti-inflamasi yang dimaksud adalah niacinamide, green tea, hamamelis (witch hazel), salicylic acid (BHA), zinc, dan Aloe vera. Selain itu, ada juga chamomile, cucumber, arnica, caffeine, colloidal oatmeal, feverfew, dan licorice extract.


Kulit sensitif bertipe alergi sebaiknya menghindari kandungan parfum atau preservative. Kandungan pada skincare, seperti sorbitan, preservative methylisothiazolinone, dan sodium dehydroacetate juga perlu dihindari. Tidak lupa, cetyl alcohol, bisabolol, dan peppermint merupakan kandungan yang saat ini sering menyebabkan alergi.

Pastikan kandungan pelembap di dalamnya

Pastikan kandungan pelembap di dalamnya

Kemampuan melembapkan merupakan poin yang cukup penting dalam memilih facial foam untuk kulit sensitif. Keberadaan pelembap dapat membantu menenangkan kulit dari risiko iritasi.


Ciri pembersih wajah untuk kulit sensitif yang bagus adalah kulit tidak terasa kaku setelah cuci muka. Namun, jika setelah mencuci muka Anda mendapati sensasi kulit tertarik, kaku, dan kering, Anda perlu berhati-hati. Kemungkinan besar sabun tersebut tidak cocok untuk kulit Anda.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Bagi pemilik kulit sensitif, perhatikanlah skincare Anda sehari-hari, terutama pembersih wajah dan pelembap. Pelembap yang ideal adalah pelembap yang mengandung tiga sifat bahan pelembap yaitu emolien, humektan, dan oklusif. Contoh kandungan pelembap yg bersifat emolien adalah ceramide. Ceramide ini bekerja dengan cara mengisi celah pada lapisan kulit sehingga permukaan kulit menjadi lunak dan halus.


Sementara itu, contoh pelembap dengan tipe humektan adalah hyaluronic acid, heparan sulfate, glycerin, dan propylene glycol. Kandungan pelembap ini bekerja dengan cara menarik air dari atmosfer sehingga kulit menjadi terhidrasi. Pelembap dengan sifat oklusif bekerja seperti tameng yang menghambat penguapan air dari kulit. Contoh pelembap tersebut adalah oil, petrolatum, propylene glycol, dan silicone.

Gunakan facial foam berbusa lembut yang mudah dibersihkan

Gunakan facial foam berbusa lembut yang mudah dibersihkan

Pemilik kulit sensitif disarankan memilih facial foam yang menghasilkan busa lembut melimpah. Keberadaan busa yang melimpah tidak cuma membersihkan wajah secara maksimal, tetapi juga meminimalisasi gesekan langsung antara tangan dengan wajah.


Hal yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan facial foam Anda mudah dibersihkan. Sisa sabun yang tertinggal pada kulit Anda dikhawatirkan akan memicu masalah kulit lain seperti tekstur kulit kasar.

10 Rekomendasi facial foam terbaik untuk kulit sensitif

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk facial foam terbaik untuk kulit sensitif yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dia Febrina, Sp.KK.

10

Beiersdorf Sparkling Bright Whitening Facial Foam

Mulai dari Rp 25.500,00

Kandungan anti-inflamasiLicorice dan lauric acid
Kandungan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate (turunan dari hyaluronic acid), dan palmitic acid
LabelSemua jenis kulit dan dermatologically tested
KlaimBebas alkohol, paraben, dan minyak mineral
Ukuran50 ml dan 100 ml
9

GaldermaCetaphil Bright Healthy Radiance Brightness Reveal Creamy Cleanser

Mulai dari Rp 209.000,00

Kandungan anti-inflamasiNiacinamide dan lauric acid
Kandungan pelembapGlycerin, myristic acid, dan palmitic acid
LabelKhusus kulit sensitif dan hypoallergenic
KlaimBebas pewangi
Ukuran100 gr
8
Kandungan anti-inflamasiD.A.F™ complex
Kandungan pelembapCoco glucoside / glycéryl oléate
LabelKhusus kulit sensitif, hypoallergenic, dan dermatologically tested
KlaimNoncomedogenic dan bebas pewangi
Ukuran45 ml, 100 ml, 200 ml, dan 500 ml
7

HALEFoamwork

Mulai dari Rp 109.000,00

Kandungan anti-inflamasiCalnomix®, green tea, dan polyphenol
Kandungan pelembapGlycerin dan polyglutamic acid
LabelSemua jenis kulit, khususnya sensitif
KlaimLow pH 5,0–6,0 dan bebas SLS/SLES
Ukuran200 g
6

Neogen Real Fresh Foam Cleanser Green Tea

Mulai dari Rp 269.000,00

Kandungan anti-inflamasiGreen tea dan lauric acid
Kandungan pelembapGlycerin dan myristic acid
LabelKhusus kulit sensitif
KlaimNatural ingredients
Ukuran160 g
5

SebamedCLEAR FACE Antibacterial Cleansing Foam

Mulai dari Rp 200.000,00

Kandungan anti-inflamasiPanthenol
Kandungan pelembapPanthenol
LabelKulit sensitif dan berjerawat
KlaimMembersihkan, menghambat pertumbuhan bakteri, dan melembabkan kulit
Ukuran150 ml
4
Kandungan anti-inflamasiLauric Acid
Kandungan pelembapGlycerin dan sodium hyaluronate (turunan hyaluronic acid)
LabelSemua jenis kulit, khususnya kulit sensitif
KlaimMengangkat komedo dan mencerahkan
Ukuran50 g dan 120 g
3
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica dan lauric acid
Kandungan pelembapGlycerin, myristic acid, dan palmitic acid
LabelKhusus kulit sensitif dan hypoallergenic
Klaim91% Natural ingredients dan low pH
Ukuran20 ml, 75 ml, dan 150 ml
2

Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Cream Cleanser

Mulai dari Rp 150.000,00

Kandungan anti-inflamasiAloe vera dan Centella asiatica
Kandungan pelembapGlycerin, shea butter, kakadu plum, dan jojoba oil
LabelKhusus kulit sensitif
Klaim100% Bahan natural, vegan, bebas alkohol, paraben, palm oil, phthalates, dan sulfat. Aman untuk ibu hamil dan menyusui
Ukuran100 ml
1

TRUEVEGentle Foaming Facial Cleanser

Mulai dari Rp 101.000,00

Kandungan anti-inflamasiNiacinamide dan licorice extract
Kandungan pelembapCeramide
LabelDermatologically tested
KlaimMencerahkan, melembapkan, dan meningkatkan kekuatan kulit
Ukuran100 g

Tabel perbandingan produk facial foam terbaik untuk kulit sensitif

Gambar produk
1
TRUEVE Gentle Foaming Facial Cleanser 1

TRUEVE

2
Sensatia Botanicals  Unscented Sensitive Cream Cleanser 1

Sensatia Botanicals

3
COSRX  Pure Fit Cica Creamy Foam Cleanser 1

COSRX

4
Shiseido Senka Perfect White Clay 1

Shiseido

5
Sebamed CLEAR FACE Antibacterial Cleansing Foam 1

Sebamed

6
Neogen   Real Fresh Foam Cleanser Green Tea 1

Neogen

7
HALE Foamwork  1

HALE

8
Bioderma  Sensibio Gel Moussant 1

Bioderma

9
Galderma Cetaphil Bright Healthy Radiance Brightness Reveal Creamy Cleanser 1

Galderma

10
Beiersdorf  Sparkling Bright Whitening Facial Foam 1

Beiersdorf

Nama produk

Gentle Foaming Facial Cleanser

Unscented Sensitive Cream Cleanser

Pure Fit Cica Creamy Foam Cleanser

Senka Perfect White Clay

CLEAR FACE Antibacterial Cleansing Foam

Real Fresh Foam Cleanser Green Tea

Foamwork

Sensibio Gel Moussant

Cetaphil Bright Healthy Radiance Brightness Reveal Creamy Cleanser

Sparkling Bright Whitening Facial Foam

Keunggulan

Menguatkan perlindungan kulit sensitif

Facial foam organik yang kaya antioksidan untuk lawan tanda penuaan

Membersihkan sekaligus memperkuat lapisan kulit

Angkat komedo dan cerahkan kulit

Membunuh bakteri jerawat dalam lima menit!

Hasilkan busa berlimpah dari bahan natural. Dengan daun green tea asli!

Dapatkan busa lembut melimpah dengan sekali tekan

Solusi masalah kulit supersensitif

Sabun cuci muka untuk kulit kusam dan sensitif

Facial foam untuk kulit 10 kali lebih cerah

Harga mulai dariRp 101.000,00Rp 150.000,00Rp 35.000,00Rp 200.000,00Rp 269.000,00Rp 109.000,00Rp 187.000,00Rp 209.000,00Rp 25.500,00
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide dan licorice extractAloe vera dan Centella asiaticaCentella asiatica dan lauric acidLauric AcidPanthenolGreen tea dan lauric acidCalnomix®, green tea, dan polyphenolD.A.F™ complexNiacinamide dan lauric acidLicorice dan lauric acid
Kandungan pelembapCeramideGlycerin, shea butter, kakadu plum, dan jojoba oilGlycerin, myristic acid, dan palmitic acidGlycerin dan sodium hyaluronate (turunan hyaluronic acid)PanthenolGlycerin dan myristic acidGlycerin dan polyglutamic acidCoco glucoside / glycéryl oléateGlycerin, myristic acid, dan palmitic acidGlycerin, sodium hyaluronate (turunan dari hyaluronic acid), dan palmitic acid
LabelDermatologically testedKhusus kulit sensitifKhusus kulit sensitif dan hypoallergenic Semua jenis kulit, khususnya kulit sensitifKulit sensitif dan berjerawatKhusus kulit sensitifSemua jenis kulit, khususnya sensitifKhusus kulit sensitif, hypoallergenic, dan dermatologically testedKhusus kulit sensitif dan hypoallergenicSemua jenis kulit dan dermatologically tested
KlaimMencerahkan, melembapkan, dan meningkatkan kekuatan kulit100% Bahan natural, vegan, bebas alkohol, paraben, palm oil, phthalates, dan sulfat. Aman untuk ibu hamil dan menyusui91% Natural ingredients dan low pHMengangkat komedo dan mencerahkanMembersihkan, menghambat pertumbuhan bakteri, dan melembabkan kulitNatural ingredientsLow pH 5,0–6,0 dan bebas SLS/SLESNoncomedogenic dan bebas pewangiBebas pewangiBebas alkohol, paraben, dan minyak mineral
Ukuran100 g100 ml20 ml, 75 ml, dan 150 ml50 g dan 120 g150 ml160 g200 g45 ml, 100 ml, 200 ml, dan 500 ml100 gr50 ml dan 100 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi skincare untuk kulit sensitif lainnya di sini

Skincare apa yang cocok untuk kulit sensitif? Setelah menemukan rekomendasi sabun wajah untuk kulit sensitif, jangan lewatkan ulasan skincare untuk kulit sensitif lainnya, ya. Silakan klik link berikut ini untuk solusi kulit wajah Anda selanjutnya.

Kesimpulan

Kulit sensitif memang tidak mudah. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kami punya tips mencari pembersih wajah yang bagus untuk kulit sensitif. Untuk menemukan sabun kulit sensitif terbaik, perhatikan kandungan bahan aktif dan pelembap produk Anda.


Pilihlah produk yang tidak cuma membersihkan, tetapi juga mengatasi problem kulit Anda, ya. Temukan beragam rekomendasi produk facial foam kulit sensitif bersama kami. Jangan lupa bagikan ulasan kami pada teman-teman Anda juga. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Skin barrier yang rusak dapat memicu timbulnya beragam masalah kulit. Kali ini kami akan membahas tentang tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.Sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Wardah, Avoskin, dan Somethinc, juga telah disiapkan. Ada produk yang bahan kandungannya ditujukan untuk kulit berminyak, kering, hingga normal. Produk lokal yang bagus serta harganya murah juga ada, lho. Baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika. Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Safi Terbaik untuk Kulit Beminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Safi Terbaik untuk Kulit Beminyak dan Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Safi adalah brand skincare asal Malaysia yang diluncurkan juga di Indonesia pada 2018. Safi menggabungkan bahan-bahan alami dan teknologi modern untuk proses produksi yang halal. Harga produk Safi cenderung terjangkau sehingga tidak heran brand ini sukses mencuri hati para wanita Indonesia.Artikel kali ini akan fokus membahas produk Safi untuk kulit berminyak dan berjerawat. Tips memilih dan rekomendasi produk Safi yang bagus sudah kami siapkan. Beberapa di antaranya adalah White Expert Makeup Remover, Acne Expert Acne Treatment Gel, dan White Natural Anti Acne Cream. Yuk, langsung pada pembahasannya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori