mybest
Panci

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan masak
  4. 10 Rekomendasi Panci Presto Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Home Cook Influencer]
  • 10 Rekomendasi Panci Presto Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Home Cook Influencer] 1
  • 10 Rekomendasi Panci Presto Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Home Cook Influencer] 2
  • 10 Rekomendasi Panci Presto Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Home Cook Influencer] 3
  • 10 Rekomendasi Panci Presto Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Home Cook Influencer] 4
  • 10 Rekomendasi Panci Presto Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Home Cook Influencer] 5

10 Rekomendasi Panci Presto Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Home Cook Influencer]

Setiap peralatan masak pasti memiliki keunggulan tersendiri untuk membantu Anda di dapur, termasuk panci presto. Panci presto wajib Anda miliki di rumah, apalagi jika Anda senang memasak daging. Namun, memilih panci presto tidaklah semudah yang dibayangkan. 

Kami akan membantu menjelaskannya serta memberi rekomendasi produk panci presto yang bagus. Ada banyak merek yang bisa Anda pilih, seperti Oxone, Kirin, dan Vicenza. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
Diperbaharui 15/01/2024
Mariska Tracy
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu panci presto?

Apa itu panci presto?

Memasak makanan bertekstur keras seperti daging terkadang membutuhkan waktu lama agar bisa menjadi empuk. Memasaknya pun cukup merepotkan. Anda harus sering mengecek masakan dan terus-menerus menambah air rebusan agar tidak habis sebelum makanan menjadi empuk. Belum lagi, vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan dapat hilang karena proses pemanasan yang terlalu lama.


Semua kerepotan ini dapat Anda kurangi dengan menggunakan panci presto. Panci presto atau pressure cooker merupakan alat masak bertekanan tinggi yang bisa membuat masakan lebih cepat matang dan lunak. Waktu masak Anda pun jadi lebih singkat, hemat energi, serta nutrisi dalam bahan makanan tetap terjaga. 


Di sisi lain, terdapat pula kekurangan dari penggunaan panci presto. Karena proses memasak yang singkat, daging sudah lunak tetapi bumbu belum meresap sempurna hingga ke dalam. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih panci presto

Nah, sekarang saatnya kami menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih panci presto. Bagi Anda yang baru pertama membeli panci presto, jangan lewatkan tips dari kami berikut ini, ya! 

1

Pilih berdasarkan material pembuatnya

Umumnya, panci presto yang dijual di pasaran berbahan aluminium atau stainless steel. Meski dari segi fisik tidak terlihat banyak perbedaan, nyatanya kedua bahan ini punya keunggulan dan kekurangan tersendiri. Jadi, pilihlah bahan panci presto sesuai kebutuhan Anda. 

Aluminium, ringan dan mempercepat proses memasak

Aluminium,  ringan dan mempercepat proses memasak

Bahan aluminium memiliki karakteristik sebagai penghantar panas yang sangat baik. Panas yang dikeluarkan bisa menyebar secara merata dan membuat masakan jadi lebih cepat matang. 


Harga dari panci presto berbahan aluminium pun tergolong paling terjangkau bila dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu, panci presto berbahan aluminium punya bobot yang ringan sehingga mudah diangkat dan dipindahkan. 


Sayangnya, material ini tidak terlalu awet dan cukup sulit dibersihkan. Penggunaan panci presto dalam jangka panjang biasanya akan meninggalkan bekas hitam atau kerak pada bagian bawah panci. Jadi, meskipun harganya relatif lebih rendah, Anda harus mempertimbangkan kembali keawetannya. 

Stainless steel, lebih awet dan dapat menahan panas lebih lama

Stainless steel, lebih awet dan dapat menahan panas lebih lama
Jika dibandingkan dengan panci aluminium, panci berbahan stainless steel jauh lebih awet dan tidak mudah berkarat. Perawatannya juga lebih mudah dan tidak gampang tergores. Jadi, apabila Anda mencari panci presto untuk penggunaan jangka panjang, bahan inilah yang paling tepat


Panci berbahan stainless steel memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan bahan aluminium. Produk ini juga cocok untuk dipakai pemula yang ingin mencoba panci presto. Meskipun begitu, panci ini juga memiliki kekurangan. 


Bobotnya yang berat membuat Anda harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mengangkatnya, terlebih jika panci terisi penuh. Karena bahannya tebal itulah, stainless steel membutuhkan waktu cukup lama untuk membuat makanan matang. Namun, karena hal itu pula, material ini mampu menahan panas lebih lama sehingga makanan tidak cepat dingin.

Kombinasi material aluminium dan stainless steel yang saling melengkapi

Kombinasi material aluminium dan stainless steel yang saling melengkapi
Karena masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan, sekarang Anda bisa menemukan panci presto dengan kombinasi keduanya. Ada beberapa produsen yang membuat panci berbahan stainless steel dan dilapisi dengan aluminium. Penggunaan kedua bahan ini tentu akan saling menutupi kekurangan masing-masing. 

Lapisan aluminium bisa membuat panci presto lebih cepat panas, sedangkan lapisan stainless steel akan menahan panasnya. Selain itu, karena stainless steel umumnya digunakan untuk lapisan dalam, panci presto jadi lebih mudah dibersihkan dan tidak cepat berkerak. 


Tentunya, Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan panci berkualitas tinggi seperti ini. Meskipun harganya lebih tinggi, Anda bisa berinvestasi di panci presto jenis ini. Anda akan memiliki panci presto yang lebih awet. 

2

Sesuaikan kapasitas panci presto dengan kebutuhan

Sesuaikan kapasitas panci presto dengan kebutuhan

Saat ini, panci presto dijual dalam berbagai ukuran, seperti 3, 6, 9, 12 liter, atau lebih. Untuk pemakaian rumah tangga sehari-hari dalam jumlah sedikit, Anda cukup memilih panci presto dengan kapasitas 4–6 liter. Misalnya saja, untuk pasangan yang baru menikah, Anda bisa mencoba panci presto berkapasitas kecil terlebih dahulu. 


Di sisi lain, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan jumlah anggota keluarga di rumah. Untuk memasak dalam jumlah besar, Anda bisa memakai panci berkapasitas 8–12 liter. Panci presto dengan kapasitas paling besar cocok untuk digunakan di restoran atau usaha katering. 


Namun, perlu diperhatikan bahwa panci presto tidak boleh diisi sampai penuh. Anda hanya dianjurkan untuk mengisi 2/3 atau 1/3 dari kapasitasnya saja. Jadi, jika Anda memiliki panci presto berkapasitas 3 liter, sebaiknya Anda mengisi panci sebanyak 2 liter saja. Jadi, sesuaikan kapasitasnya dengan kebutuhan Anda. 

3

Cari produk yang memiliki pengaturan tekanan

Cari produk yang memiliki pengaturan tekanan
Kemampuan panci presto dalam mengatur tekanan berbeda-beda. Tekanan menjadi salah satu faktor penting karena dapat memengaruhi lamanya proses memasak. Makin tinggi tekanan yang dihasilkan panci presto, makin singkat pula waktu memasak. Jadi, apakah panci presto yang baik adalah yang memiliki tekanan tinggi? Jawabannya, belum tentu.

Pemilihan panci harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk proses memasak yang tidak rumit, Anda dapat memilih panci presto bertekanan rendah. Namun, bila Anda tipe yang suka berkreasi dengan resep masakan, pilihlah panci presto yang bisa diatur tekanannya. Hal itu agar Anda dapat menyesuaikan tekanan rendah atau tinggi sesuai kebutuhan proses masak.


Umumnya, tekanan 90 kPa (kilo Pascal) digunakan untuk memasak bahan makanan bertekstur keras. Tekanan rendah, sekitar 50–70 kilo Pascal (kPa), sudah cukup untuk memasak sayuran agar lunak dan cepat matang. Jika Anda ingin memasak lebih lama, misalnya daging agar bumbunya lebih meresap, gunakan panci presto yang tekanannya lebih rendah. 

4

Sesuaikan dengan jenis kompor Anda

Sesuaikan dengan jenis kompor Anda
Sebelum membeli panci presto, pastikan produk yang Anda pilih kompatibel dengan kompor yang ada di rumah. Pasalnya, beberapa merek panci presto hanya bisa digunakan di kompor gas dan tidak cocok untuk jenis kompor lainnya.

Kami menyarankan agar Anda membeli panci yang kompatibel untuk jenis kompor apa pun. Jadi, Anda tidak perlu membeli panci baru meski Anda mengganti kompor sekalipun. Namun, jika Anda yakin hanya akan memakai salah satu kompor dalam waktu lama, silakan memilih berdasarkan jenisnya. Kini, ada juga panci presto yang tidak menggunakan gas atau kompor, melainkan listrik


Umumnya produk yang biasa disebut electric pressure cooker ini memiliki bentuk menyerupai rice cooker. Fungsinya pun bermacam-macam, mulai dari memasak nasi, membuat kue, hingga menjadi slow cooker. Cara menggunakannya juga lebih mudah dan cocok juga untuk pemula. Namun, harganya relatif lebih tinggi. Silakan baca artikelnya di bawah ini!

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Panci Presto Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Panci Presto terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 08 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Diameter
Kedalaman panci
Bahan
Fitur
Kompor yang kompatibel
Jenis panci
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safe
Kompatibel untuk kompor induksi
Tutup panci
Tipe steamer
1

Oxone

Panci Presto AlupressOX-2004

Oxone Panci Presto Alupress 1

Rp390.000

Menengah

Bodinya kokoh, desainnya pun modern!

21,5 cm

18 cm

Aluminium

Tidak diketahui

Kompor gas

Presto

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Vicenza

Panci Presto 8L V324ES

Vicenza Panci Presto 8L 1

Rp350.000

Agak Murah

Mudah dioperasikan, ideal untuk memasak sehari-hari

24 cm

Tidak diketahui

Aluminium

Tidak diketahui

Kompor gas

Panci presto

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Kirin

Pressure Cooker 6LKPC-060

Kirin Pressure Cooker 6L 1

Rp637.000

Menengah

Tutup lebih kencang berkat sistem valve lock-nya

24 cm

20 cm

Aluminium 3003

Tidak diketahui

Kompor gas, keramik, induksi,

Panci presto

Tidak diketahui

4

Bright Crown

Micro Pressure Cooker Pot 3.5L

Bright Crown Micro Pressure Cooker Pot 3.5L 1

Rp158.000

Lebih Murah

Dilengkapi teknologi micro pressure untuk mempersingkat waktu memasak

24 cm

12 cm

Stainless steel dengan ceramic coating

Tidak diketahui

Kompor gas, elektrik

Panci presto

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Stein

Wok Platinum Pressure Cooker

Stein Wok Platinum Pressure Cooker 1

Rp1.099.000

Agak Mahal

Panci presto multifungsi yang dilengkapi dengan silicone heat detector

32 cm

Tidak diketahui

Wok: marble coating, steamer: stainless steel

Tidak diketahui

Kompor gas, induksi

Panci presto

Tidak diketahui

6

MOEGEN®

Panci Presto 8L

MOEGEN® Panci Presto 8L 1

Rp169.000

Agak Murah

Bahan aluminium berkualitas dengan harga terjangkau

24 cm

16 cm

Aluminium

Tidak diketahui

Kompor gas

Panci presto

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Supra

Panci Presto 8L

Supra Panci Presto 8L 1

Rp364.000

Menengah

Panci presto berwarna pastel untuk si content creator

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Aluminium

Tidak diketahui

Kompor gas

Panci presto

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

Happycall

Vacuum Pot ZIN IH 9L

Happycall Vacuum Pot ZIN IH 9L 1

Rp1.899.000

Lebih Mahal

Teknologi vacuum buat masak jadi makin nyaman dan mudah!

28 cm

Tidak diketahui

Aluminium dengan titanium + diamond coating dan graphene coating

Tidak diketahui

Kompor gas, listrik, keramik, induksi

Panci presto

Tidak diketahui

9

Oxone

Panci Presto 10LOX-1110

Oxone Panci Presto 10L 1

Rp1.490.000

Agak Mahal

Panci presto berbahan stainless steel dengan kapasitas besar

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Stainless steel

Tidak diketahui

Kompor gas

Panci presto

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

TKIS

Panci Presto Labu 7.5L

TKIS Panci Presto Labu 7.5L 1

Rp760.000

Menengah

Bentuknya unik, seperti labu sungguhan!

28 cm

16 cm

Batu medis, aluminium

Tidak diketahui

Kompor gas, listrik, induksi

Panci presto

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

OxonePanci Presto AlupressOX-2004

Panci Presto Alupress 1
Sumber: oxone-indonesia.com
Panci Presto Alupress 2
Sumber: shopee.co.id
Panci Presto Alupress 3
Sumber: shopee.co.id
Panci Presto Alupress 4
Sumber: shopee.co.id
Panci Presto Alupress 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp390.000
Menengah
Harga referensi
Rp390.000
Menengah

Bodinya kokoh, desainnya pun modern!

Ingin punya panci presto yang berdesain keren dan modern? Panci dari Oxone ini adalah jawabannya! Produk ini berdesain elegan dengan gagang dan kenop putar yang terbuat dari kayu. Tidak hanya tampilan yang keren, produk ini juga punya bodi yang kukuh serta antikarat. Jadi, Anda pun bisa menggunakannya untuk waktu yang lama.

Diameter21,5 cm
Kedalaman panci18 cm
BahanAluminium
FiturTidak diketahui
Kompor yang kompatibelKompor gas
Jenis panciPresto
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safeTidak diketahui
Kompatibel untuk kompor induksiTidak diketahui
Tutup panci
Tipe steamer
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

VicenzaPanci Presto 8L V324ES

Harga referensi
Rp350.000
Agak Murah

Mudah dioperasikan, ideal untuk memasak sehari-hari

Punya anggota keluarga yang banyak? Tidak masalah! Anda bisa memakai panci berukuran sedang seperti ini untuk mengakomodasi kebutuhan makanan 5-6 orang. Vicenza mendesain panci presto yang mudah digunakan untuk kebutuhan memasak sehari-hari. 


Pegangannya yang berbentuk ergonomis gampang dibuka dan ditutup, tetapi tetap presisi dan kedap udara saat dipakai memasak. Selain itu, karena handel terbuat dari karet silikon yang tebal, Anda bisa langsung mengangkat panci tanpa takut panas. 

Diameter24 cm
Kedalaman panciTidak diketahui
BahanAluminium
FiturTidak diketahui
Kompor yang kompatibelKompor gas
Jenis panciPanci presto
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safeTidak diketahui
Kompatibel untuk kompor induksiTidak diketahui
Tutup panci
Tipe steamer
View all
No.3

KirinPressure Cooker 6LKPC-060

Harga referensi
Rp637.000
Menengah

Tutup lebih kencang berkat sistem valve lock-nya

Masih takut menggunakan panci presto karena khawatir meledak? Hilangkan ketakutan Anda dengan memilih produk dari Kirin. Alasannya, produk ini sudah dilengkapi teknologi valve lock sehingga panci dapat tertutup lebih kencang. Selain itu, kapasitasnya juga cukup besar untuk memasak menu makanan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga Anda.
Diameter24 cm
Kedalaman panci20 cm
BahanAluminium 3003
FiturTidak diketahui
Kompor yang kompatibelKompor gas, keramik, induksi,
Jenis panciPanci presto
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safeTidak diketahui
Kompatibel untuk kompor induksi
Tutup panci
Tipe steamer
View all
No.4

Bright CrownMicro Pressure Cooker Pot 3.5L

Harga referensi
Rp158.000
Lebih Murah

Dilengkapi teknologi micro pressure untuk mempersingkat waktu memasak

Panci presto dari Bright Crown ini dilengkapi teknologi micro pressure, yakni tekanan sebesar 2-3 kPa. Dengan adanya teknologi ini, tentunya proses memasak jadi bisa lebih cepat. Kapasitasnya memang kecil, tetapi panci presto ini cukup untuk menampung satu ekor ayam. Bagian dalamnya pun sudah dilengkapi lapisan antilengket sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, pilihan warnanya sangat bervariasi, yakni merah, ungu, kuning, dan hijau. 

Diameter24 cm
Kedalaman panci12 cm
BahanStainless steel dengan ceramic coating
FiturTidak diketahui
Kompor yang kompatibelKompor gas, elektrik
Jenis panciPanci presto
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safeTidak diketahui
Kompatibel untuk kompor induksiTidak diketahui
Tutup panci
Tipe steamer
View all
No.5

SteinWok Platinum Pressure Cooker

Harga referensi
Rp1.099.000
Agak Mahal

Panci presto multifungsi yang dilengkapi dengan silicone heat detector

Kini Anda tidak perlu lagi mengecek panci beberapa kali ketika ketika panci dipanaskan. Alasannya karena panci ini dilengkapi dengan silicone heat detector. Selain itu, panci ini juga bisa digunakaan sebagai steamer, lho. Panci keluaran STEIN ini dilapisi dengan coating antilengket terbaik dari Jerman yaitu GREBLON, yang akan mencegahnya dari goresan.

Diameter32 cm
Kedalaman panciTidak diketahui
BahanWok: marble coating, steamer: stainless steel
FiturTidak diketahui
Kompor yang kompatibelKompor gas, induksi
Jenis panciPanci presto
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safeTidak diketahui
Kompatibel untuk kompor induksi
Tutup panci
Tipe steamer
View all
No.6

MOEGEN®Panci Presto 8L

Harga referensi
Rp169.000
Agak Murah

Bahan aluminium berkualitas dengan harga terjangkau

Jika Anda menginginkan panci presto dengan harga terjangkau, Anda bisa mempertimbangkan produk merek MOEGEN ini. Meskipun terjangkau, panci ini menggunakan bahan alumunium high quality yang food grade dan antikarat


Tidak hanya itu, panci ini juga dilengkapi dengan steamer plate dan katup pengaman, lho. Jadi, Anda pun tidak perlu khawatir akan keamanan ketika menggunakan panci presto ini. Anda tertarik memilikinya?

Diameter24 cm
Kedalaman panci16 cm
BahanAluminium
FiturTidak diketahui
Kompor yang kompatibelKompor gas
Jenis panciPanci presto
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safeTidak diketahui
Kompatibel untuk kompor induksiTidak diketahui
Tutup panci
Tipe steamer
View all
No.7

SupraPanci Presto 8L

Harga referensi
Rp364.000
Menengah

Panci presto berwarna pastel untuk si content creator

Apabila Anda merupakan pencinta warna pastel, panci presto dari Supra ini bisa dipertimbangkan. Warna pastel memang hanya pada tutup dan gagangnya. Namun, tidak mengurangi estetika panci tersebut. Anda bisa memakai panci ini untuk membuat konten agar video memasak Anda menjadi lebih cantik. Nah, Anda tertarik untuk membeli panci presto ini?

DiameterTidak diketahui
Kedalaman panciTidak diketahui
BahanAluminium
FiturTidak diketahui
Kompor yang kompatibelKompor gas
Jenis panciPanci presto
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safeTidak diketahui
Kompatibel untuk kompor induksiTidak diketahui
Tutup panci
Tipe steamer
View all
No.8

HappycallVacuum Pot ZIN IH 9L

Harga referensi
Rp1.899.000
Lebih Mahal

Teknologi vacuum buat masak jadi makin nyaman dan mudah!

Bila Anda merasa masih ragu menggunakan panci presto karena penggunaannya yang ribet, Anda harus mencoba produk satu ini! Panci presto dari Happycall ini dibekali teknologi vacuum yang akan mempermudah Anda dalam memasak. Selain masakan jadi lebih cepat matang, rasa dan gizi bahan makanan pun terjaga.

Anda pun tidak perlu memakai banyak air atau minyak untuk memasak. Dengan begitu, Anda bisa membuka tutup panci sewaktu-waktu saat memasak tanpa perlu takut isinya berhamburan keluar. Panci ini juga dilapisi dengan lapisan antilengket berbahan keramik yang mudah dibersihkan sehingga meningkatkan efisiensi kerja di dapur.

Diameter28 cm
Kedalaman panciTidak diketahui
BahanAluminium dengan titanium + diamond coating dan graphene coating
FiturTidak diketahui
Kompor yang kompatibelKompor gas, listrik, keramik, induksi
Jenis panciPanci presto
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safeTidak diketahui
Kompatibel untuk kompor induksi
Tutup panci
Tipe steamer
View all
No.9

OxonePanci Presto 10LOX-1110

Panci Presto 10L 1
Sumber: shopee.co.id
Panci Presto 10L 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.490.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp1.490.000
Agak Mahal

Panci presto berbahan stainless steel dengan kapasitas besar

Bagi Anda yang mencari panci presto berkapasitas besar, Oxone punya salah satu produknya. Oxone OX-1110 ini memiliki kapasitas yang mencapai 10 liter sehingga bisa dipakai memasak dalam jumlah banyak. Bahannya pun terbuat dari stainless steel berkualitas tinggi yang tebal. Dengan begitu, tentunya panci presto ini tidak akan mudah rusak dan bisa bertugas di dapur Anda dalam waktu lama.

DiameterTidak diketahui
Kedalaman panciTidak diketahui
BahanStainless steel
FiturTidak diketahui
Kompor yang kompatibelKompor gas
Jenis panciPanci presto
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safeTidak diketahui
Kompatibel untuk kompor induksiTidak diketahui
Tutup panci
Tipe steamer
View all
No.10

TKISPanci Presto Labu 7.5L

Harga referensi
Rp760.000
Menengah

Bentuknya unik, seperti labu sungguhan!

Anda bosan dengan panci presto yang bentuknya sudah sangat umum? Produk dari TKIS ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Bentuknya seperti labu sungguhan, apalagi warnanya orange. Selain itu, di bagian bawah juga terdapat lekukan-lekukan yang membuatnya mirip dengan labu. Tak hanya bentuknya, panci presto ini juga dibekali tutup kaca. Alhasil, Anda akan lebih mudah untuk memantau masakan yang sedang diproses. 

Diameter28 cm
Kedalaman panci16 cm
BahanBatu medis, aluminium
FiturTidak diketahui
Kompor yang kompatibelKompor gas, listrik, induksi
Jenis panciPanci presto
Seri panci Bima
Microwaveable
Dishwasher safeTidak diketahui
Kompatibel untuk kompor induksi
Tutup panci
Tipe steamer
View all

Cara menggunakan panci presto

Cara menggunakan panci presto
Penggunaan panci presto yang tidak tepat dapat berbahaya. Tekanan yang berlebih bisa mengakibatkan panci presto meledak. Maka dari itu, kami akan memberitahu beberapa hal mendasar yang perlu Anda ketahui tentang cara tepat menggunakan panci presto.

  • Baca buku manual terlebih dahulu

Setiap panci presto memiliki fitur yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda wajib membaca buku manual terlebih dahulu agar paham cara mengoperasikannya. Di dalam buku manual juga biasanya terdapat penjelasan tentang fitur keselamatan yang lengkap. Jadi, pastikan Anda membacanya baik-baik, ya!


  • Periksa kondisi panci presto sebelum dipakai

Sebelum digunakan, pastikanlah terlebih dahulu panci presto dalam kondisi baik. Pastikan katup pengaman bersih dan tidak tersumbat supaya tidak menghambat proses memasak. Setelah memasukkan bahan makanan, pastikan Anda menutup tutup panci presto dengan rapat dan katup sudah berada di posisi yang benar.


  • Perhatikan bahan-bahan yang dimasukkan

Karena panci presto tidak bisa diisi terlalu penuh, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan yang dimasukkan. Sejumlah bahan, seperti beras atau kacang-kacangan, dapat mengembang dari ukuran sebelumnya. Jadi, Anda perlu memastikan panci tidak terlalu penuh saat bahan-bahan di dalamnya mengembang sekalipun. 


  • Bumbui sebelum ditutup

Sebelum Anda memulai proses presto, Anda bisa memanaskan panci terlebih dahulu dan memasak seperti biasa tanpa ditutup. Setelah masakan dibumbui, barulah Anda bisa mengatur timer sesuai dengan lama proses memasak yang diperlukan. Jika timer sudah berbunyi, Anda bisa mengecilkan api dan menunggu sekitar 5-10 menit sebelum dimatikan. 


  • Jangan langsung dibuka!

Saat proses memasak sudah selesai, hal yang penting untuk diperhatikan adalah jangan langsung membuka tutup panci presto! Tekanan yang tinggi bisa menyebabkan panci meledak dan membahayakan Anda. Jadi, tunggu sampai tekanan turun dan uap keluar semua. Anda bisa membuka katup uap terlebih dahulu, baru membuka tutup pancinya. 

Baca juga rekomendasi panci lainnya di sini

Untuk melengkapi peralatan memasak Anda, kami memiliki rekomendasi tentang panci lainnya di sini. Ada panci penggorengan, panci kukus, dan panci satu tangan. Untuk lebih lengkapnya, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda makin tertarik untuk membeli panci presto? Di atas kami sudah menjabarkan cara memilih panci presto serta memberikan rekomendasi produknya. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera Anda.


Pastikan juga Anda membaca buku manual sebelum menggunakan panci presto dan ikuti instruksi pemakaiannya agar lebih aman. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan panci presto yang tepat, ya. Selamat memasak!

5 Rekomendasi Panci Presto terbaik

No. 1: OxonePanci Presto AlupressOX-2004

No. 2: VicenzaPanci Presto 8L V324ES

No. 3: KirinPressure Cooker 6LKPC-060

No. 4: Bright CrownMicro Pressure Cooker Pot 3.5L

No. 5: SteinWok Platinum Pressure Cooker

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan masak
  4. 10 Rekomendasi Panci Presto Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Home Cook Influencer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.