• 10 Rekomendasi Pressure Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Pressure Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Pressure Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Pressure Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Pressure Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Pressure Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Pressure cooker atau panci presto merupakan alat masak yang menggunakan tekanan untuk menaikkan suhu dan mematangkan makanan lebih cepat. Waktu masak pun jauh lebih singkat, hemat energi, pemanasan bisa lebih merata, dan nutrisi dalam bahan makanan lebih terjaga.

Karena keunggulannya, pressure cooker menjadi salah satu peralatan masak yang wajib ada di dapur. Saat ini, berbagai merek, seperti Oxone, Kangaroo, Maxim, dan Fissler juga meluncurkan produk pressure cooker-nya. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih pressure cooker dan 10 rekomendasi produknya.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 214 Views
Daftar isi

Cara memilih pressure cooker

Dari tampilannya pressure cooker terlihat sama saja. Namun, ternyata setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda tergantung dengan gaya memasak penggunanya. Apa saja sih, yang perlu diperhatikan agar tidak salah pilih pressure cooker? Ikuti terus informasi dari kami!

Pilih tipe dengan weighted atau spring pressure regulator

Fungsi pressure regulator pada pressure cooker adalah untuk mengatur dan menjaga tekanan di dalam panci. Berdasarkan pressure regulator-nya, ada 2 tipe pressure cooker, yaitu pressure cooker dengan katup tipe weight atau spring/pegas.

Katup tipe weight yang memudahkan penggunaan

Katup tipe weight yang memudahkan penggunaan
Cara kerja pressure regulator adalah dengan mengukur tekanan di dalam panci. Tekanan uap yang mulai naik akan mengangkat katup perlahan. Untuk mengontrol tekanan yang berada di dalam pressure cooker, katup akan bergetar dan mengeluarkan uap untuk mengurangi tekanan. Saat itulah katup juga akan mengeluarkan bunyi mendesing yang kencang. Bunyi kencang ini merupakan karakteristik yang menguntungkan dari pressure cooker dengan weighted pressure regulator.
Pressure cooker tipe ini sangatlah cocok untuk Anda yang belum berpengalaman dalam menggunakan pressure cooker. Bunyi yang kencang ini dapat menjadi indikator yang baik di mana katup terbuka untuk menurunkan tekanan berlebih. Saat itulah, Anda perlu mengecilkan api agar tekanan berlebih di dalam panci turun. Dengan begini, Anda pun dapat mengetahui proses pemasakan dan mengontrol keamanannya. Selain itu, bila Anda adalah tipe yang sibuk dan membutuhkan multitasking, tipe ini menjadi pilihan tepat. Anda tidak perlu setiap saat berada di dapur untuk mengecek pressure cooker. Tinggal tunggu bunyi desingannya saja!
Selain menjadi nilai plus, bunyi kencang ini juga sekaligus menjadi kekurangan pressure cooker dengan katup tipe weight. Jika Anda memiliki bayi atau anak kecil di dalam rumah, bunyi bising ini mungkin dapat menakuti atau mengganggu bayi dan anak Anda.

Katup tipe spring yang lebih fleksibel untuk berbagai resep masakan

Katup tipe spring yang lebih fleksibel untuk berbagai resep masakan
Penggunaan katup tipe spring memudahkan pengaturan tekanan pada pressure cooker sehingga dapat digunakan untuk memasak berbagai macam resep masakan. Cocok sekali untuk digunakan oleh koki di rumah makan atau untuk Anda yang senang mencoba berbagai resep masakan.
Berbeda dengan tipe weight, pressure cooker tipe ini tidak menimbulkan bunyi bising sehingga Anda tidak perlu khawatir anak atau bayi Anda takut dan terganggu. Biasanya, pressure cooker tipe ini dilengkapi dengan tombol indikator yang akan terangkat bersamaan dengan naiknya tekanan.
Meski begitu, pressure cooker tipe spring ini tidak mengeluarkan bunyi sehingga akan lebih sulit mengecek proses memasak. Anda perlu mengawasi tombol indikator setiap saat. Hal ini juga yang menyebabkan pressure cooker ini kurang bersahabat untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan pressure cooker atau Anda yang terbiasa multitasking.

Pilih materialnya agar fungsi pressure cooker sesuai kebutuhan

Kemudahan penggunaan pressure cooker dan juga lamanya waktu memasak sangat dipengaruhi dari material pressure cooker. Oleh karenanya, pastikanlah jenis materialnya sebelum membeli.

Material aluminium yang ringan dan mempercepat proses memasak

Material aluminium yang ringan dan mempercepat proses memasak
Material aluminium memiliki karakteristik sebagai penghantar panas yang sangat baik sehingga waktu memasak dapat menjadi lebih singkat. Di sisi lain, bahannya yang baik dalam menghantarkan panas juga membuat material aluminium cepat kehilangan panas sehingga tidak dapat menahan panas untuk waktu lama.
Keuntungan bahan aluminium dibandingkan dengan material lainnya adalah bobotnya yang ringan sehingga mudah untuk diangkat dan dipindahkan. Sayangnya, pressure cooker dengan material aluminium lemah terhadap asam dan basa sehingga dapat berkerak atau berjelaga. Kalau sudah begini, Anda perlu usaha lebih untuk membersihkannya. Solusi yang dapat membantu mengatasi permasalahan ini adalah menghindari penggunaan cuka saat memasak dengan pressure cooker berbahan aluminium.
Bagi Anda yang menginginkan pressure cooker untuk penggunaan jangka panjang, material ini perlu dipertimbangkan kembali.

Material stainless steel yang awet dan menahan panas lebih lama

Material stainless steel yang awet dan menahan panas lebih lama
Walaupun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memanaskannya hingga merata, material stainless steel cenderung menahan panas lebih baik daripada material aluminium. Karena itu, pressure cooker ini cocok sekali untuk memasak makanan yang perlu direbus dalam waktu lama, seperti rendang daging.
Kekurangan dari material ini adalah beratnya. Anda harus menyediakan tenaga lebih untuk mengangkatnya, terutama saat pressure cooker terisi penuh. Namun, material ini lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan aluminium. Umumnya, material stainless steel memiliki karakteristik antigores dan mudah dibersihkan. Material ini juga tidak cepat berjelaga dan berkerak sehingga lebih cocok untuk penggunaan jangka panjang.

Kombinasi material aluminium dan stainless steel yang saling melengkapi

Kombinasi material aluminium dan stainless steel yang saling melengkapi
Karena masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan, sekarang ini sudah ada pressure cooker dengan material kombinasi keduanya, yaitu stainless steel yang dilapisi dengan aluminium. Penggunaan kedua bahan tentunya akan saling menutupi kekurangan masing-masing. Lapisan aluminium akan mengakibatkan pressure cooker lebih cepat panas sedangkan lapisan stainless steel akan menahan panasnya.
Selain itu, karena stainless steel umumnya digunakan untuk lapisan dalam, pressure cooker akan lebih mudah dibersihkan dan tidak cepat berkerak. Tentunya, kualitas tinggi dan kemudahan penggunaan ini harus dibayar dengan harganya yang tinggi pula.

Pilihlah produk dengan pengaturan tekanan yang sesuai kebutuhan

Pilihlah produk dengan pengaturan tekanan yang sesuai kebutuhan
Kemampuan pressure cooker dalam mengatur tekanan berbeda-beda. Tekanan menjadi salah satu faktor penting karena dapat mempengaruhi lamanya proses memasak. Semakin tinggi tekanan yang dapat dihasilkan pressure cooker semakin singkat pula waktu memasak. Jadi, apakah pressure cooker yang baik adalah yang memiliki tekanan tinggi? Jawabannya, belum tentu.
Tekanan yang tinggi dipakai untuk memasak bahan makanan yang bertekstur lebih keras dan padat, seperti daging dan umbi-umbian. Umumnya, tekanan 90 kPa (kilo Pascal) digunakan untuk memasak bahan makanan bertekstur keras. Lain halnya dengan sayuran yang bertekstur lunak. Tekanan rendah sekitar 50-70 kilo Pascal (kPa) sudah cukup untuk memasak sayuran agar lunak dan cepat matang.
Pemilihan pressure cooker pun harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk proses memasak yang tidak rumit, Anda dapat memilih pressure cooker yang bertekanan rendah. Namun, bila Anda adalah tipe yang suka berkreasi dengan resep masakan, pilihlah pressure cooker dengan rentang tekanan yang cukup luas agar Anda dapat menyesuaikan tekanan rendah maupun tinggi sesuai dengan kebutuhan proses masak.

Pilih kapasitas pressure cooker sesuai dengan kebutuhan

Pilih kapasitas pressure cooker sesuai dengan kebutuhan
Saat ini, pressure cooker sudah dijual dalam berbagai ukuran, seperti 3, 6, 9, 12 liter bahkan ukuran yang lebih besar lagi. Namun, pressure cooker hanya bisa diisi tidak melebihi 2/3 dari kapasitasnya, bahkan ada yang hanya bisa diisikan 1/3 bagian saja. Misalnya, untuk pressure cooker dengan kapasitas 3 liter, Anda hanya bisa mengisinya dengan bahan-bahan makanan sampai 2 liter saja.
Untuk memudahkan Anda menentukan kapasitas pressure cooker yang tepat, Anda bisa menghitungnya dengan menambahkan 1 liter dengan jumlah anggota keluarga Anda. Contohnya, jika keluarga Anda berjumlah 2 orang, maka pilihlah pressure cooker berkapasitas 3 liter.

Apakah pressure cooker dapat digunakan di semua jenis kompor?

Apakah pressure cooker dapat digunakan di semua jenis kompor?
Sebelum membeli pressure cooker, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu jenis kompor yang digunakan di rumah Anda dan apakah pressure cooker dapat digunakan untuk jenis kompor tersebut. Ada beberapa pressure cooker yang hanya dapat digunakan di kompor gas sehingga tidak cocok untuk jenis kompor lainnya, seperti kompor induksi dan elektrik.
Walaupun produk yang Anda pilih sudah sesuai, kami lebih menyarankan kepada Anda untuk memilih pressure cooker yang dapat digunakan di berbagai jenis kompor. Dengan begini, bila Anda mengganti kompor Anda dengan jenis yang lain, Anda tidak harus membeli pressure cooker yang baru. Jadi, Anda pun bisa lebih berhemat.

10 Rekomendasi pressure cooker terbaik

Selanjutnya, kami akan menunjukkan kepada Anda 10 produk pressure cooker rekomendasi kami yang telah kami pilih dengan seksama. Jangan sampai salah pilih, ya!

10. Kangaroo 2in1 Presto KG165S

Rp315.000,00

9. Trisonic Pressure Cooker 24 cm/8 liter

Rp179.000,00

8. Vicenza Pressure Cooker V-332

Rp665.000,00

7. Oxone Alupress Aluminium Pressure Cooker 4 liter OX-2004

Rp185.000,00

6. Nonnina Pressure Cooker

Rp1.699.000,00

4. Oxone Motif Pressure Cooker OX-1050

Rp1.025.000,00

3. Oxone Master Double Presto OX-1061

Rp1.200.000,00

2. Oxone 5in1 Pressure Cooker OX-1060F

Rp1.145.000,00

1. Fissler Vitavit Comf P/C 6Lt/22cm w/ins

Rp3.500.000,00

Cara menggunakan pressure cooker

Cara menggunakan pressure cooker
Penggunaan pressure cooker yang tidak tepat dapat berbahaya, lho! Tekanan yang berlebih dapat mengakibatkan pressure cooker meledak. Karena itu, sangat disarankan untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan pressure cooker meskipun produk disertai dengan fitur yang memudahkan penggunaan. Selanjutnya, kami akan memberikan petunjuk mengenai cara menggunakan pressure cooker yang tepat.
Sebelum digunakan, pastikanlah terlebih dahulu pressure cooker masih dalam kondisi baik. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek bagian-bagian pressure cooker, seperti memastikan katup pengaman yang bersih dan tidak tersumbat. Selanjutnya, Anda bisa mulai memasukkan bahan-bahan makanan ke dalam pressure cooker. Tentunya, pastikan jumlahnya tidak melebihi 2/3 dari kapasitas pressure cooker. Setelah itu, pastikan Anda menutup tutup pressure cooker dengan rapat dan juga katup pengaman berada di posisi yang benar. Panaskan pressure cooker dalam suhu tinggi atau api besar. Ketika katup pengaman sudah mulai mengeluarkan uap, Anda bisa menurunkan suhu dengan memperkecil api dan mulai mengatur timer sesuai dengan lama proses memasak yang diperlukan. Setelah timer berbunyi, Anda bisa mematikan kompornya.
Saat proses memasak sudah selesai, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan langsung membuka tutup pressure cooker! Anda harus menunggu sampai tekanan sudah turun. Selain untuk keamanan, hal ini juga untuk memudahkan Anda membuka tutup pressure cooker. Kalau pressure cooker masih sulit dibuka, jangan dipaksakan, ya! Tunggu beberapa saat untuk memastikan tekanan di dalam pressure cooker sudah benar-benar normal.
Karena setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda, pastikan juga untuk membaca buku petunjuk dari pressure cooker sebelum Anda menggunakan produk. Jangan lupa juga untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dalam keadaan darurat. Anda juga bisa mengecek dahulu bahan-bahan makanan yang bisa dimasak dengan pressure cooker.

Kesimpulan

Pressure cooker dapat membuat aktivitas memasak Anda lebih efisien dan menyenangkan. Anda bisa mengeksplorasi berbagai macam resep dan memasak lebih cepat. Setelah membaca artikel kami, apakah Anda semakin tertarik untuk memiliki produk ini?
Kesepuluh produk rekomendasi kami memiliki kelebihannya masing-masing. Semoga Anda menemukan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    2.153 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Berbicara mengenai kompor gas, Anda tentu memiliki kriteria pemilihan yang berbeda sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Kriteria tersebut antara lain tampilan kompor yang modis, panggangan tanpa air, dan kemudahan saat dibersihkan. Belakangan, produsen kompor gas juga semakin berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan fitur yang semakin canggih.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara menyeluruh kriteria apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas. Selain cara memilihnya, kami akan memilihkan sepuluh produk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Beberapa merek terkenal seperti Modena, Hitachi, dan Rinnai siap untuk Anda pilih. Selamat menyimak!
    Peralatan dapur
    1.784 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    1.264 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dispenser lumrah kita temui di rumah, kosan maupun perkantoran. Dispenser sangat memudahkan kita dalam menyediakan air minum untuk masak maupun konsumsi. Saat ini sudah tersedia berbagai macam merek dispenser , seperti Unilever, Maspion Uchida dan Polytron yang tidak kalah dengan dispenser merek luar negeri.Bagaimana cara memilih dispenser serta apa yang perlu diperhatikan saat memilih dispenser? Mari ikuti artikel menarik ini yang mengulas tentang cara memilih dispenser serta 10 rekomendasi dispenser terbaik. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda sekeluarga dalam memilih dispenser ya!
    Peralatan dapur
    1.824 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Rice cooker mini menjadi produk yang banyak dicari oleh keluarga kecil maupun orang yang tinggal sendiri. Kini berbagai merek seperti Cosmos, Miyako, atau Sanken mulai mengembangkan rice cooker yang tidak hanya dapat menanak nasi, tetapi juga dapat digunakan untuk menggoreng, merebus telur, hingga membuat kue.Kali ini, kami akan berbagi tentang rekomendasi rice cooker mini terbaik yang dapat Anda pilih berdasarkan fungsi, kapasitas, dan harga. Sebelumnya, kami juga akan menjelaskan beberapa poin tentang bagaimana cara memilih rice cooker mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    1.593 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Slow juicer merupakan peranti elektronik populer pada orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat. Slow juicer digunakan untuk membuat jus tanpa campuran air sehingga kandungan gizinya lebih terjaga. Beberapa produsen terkenal seperti Sharp dan Toshiba juga mengeluarkan produk slow juicer. Namun, banyak yang tidak mengetahui produk mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.Kami akan merekomendasikan produk slow juicer yang bisa Anda pilih berdasarkan perbandingan harga, review pengguna, dan tentu saja kualitas. Fungsinya bisa jadi sama, akan tetapi Anda harus cermat yang mana saja produk yang populer dan mudah digunakan. Simak yuk!
    Peralatan dapur
    1.483 Views
  • 10 Rekomendasi Cetakan Muffin Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Cetakan Muffin Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Jika ingin membuat muffin, Anda memerlukan cetakan muffin. Dilihat dari bahannya dan bentuknya, ada banyak jenis cetakan muffin yang dijual di pasaran. Mulai dari cetakan berbahan logam yang awet, bahan silikon yang lembut, serta bahan keramik yang mudah digunakan.Bila Anda masih bingung untuk memutuskan cetakan muffin yang harus dibeli, kami akan menjelaskan cara memilih dan memperkenalkan cetakan muffin rekomendasi yang telah disusun dalam bentuk peringkat. Ayo, buat muffin lezat dengan bentuk yang cantik untuk mengisi waktu luang Anda!
    Peralatan dapur
    72 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori