• 10 Panci Presto Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Panci Presto Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Panci Presto Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Panci Presto Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Panci Presto Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Panci Presto Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)

Setiap peralatan masak pasti memiliki keunggulan tersendiri untuk membantu Anda di dapur, termasuk panci presto. Panci presto adalah alat yang wajib Anda miliki di rumah, apalagi jika Anda senang memasak daging. Meskipun begitu, memilih panci presto tidaklah semudah yang dibayangkan. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih panci presto. Kami akan membantu menjelaskannya serta memberi rekomendasi produk panci presto yang bagus. Ada banyak merek yang bisa Anda pilih, seperti Oxone, Happy Call, atau Vicenza. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Mariska Tracy
  • Pembaharuan terakhir: 19 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Home cook influencer, Mariska Tracy

Profil pakar: Home cook influencer, Mariska Tracy
Mariska Tracy
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara.


Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur. 

Apa itu panci presto?

Apa itu panci presto?

Memasak makanan bertekstur keras seperti daging terkadang membutuhkan waktu lama agar bisa menjadi empuk. Memasaknya pun cukup merepotkan. Anda harus sering mengecek masakan dan terus-menerus menambah air rebusan agar tidak habis sebelum makanan menjadi empuk. Belum lagi, vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan dapat hilang karena proses pemanasan yang terlalu lama.


Semua kerepotan ini dapat Anda kurangi dengan menggunakan panci presto. Panci presto atau pressure cooker merupakan alat masak bertekanan tinggi yang bisa membuat masakan lebih cepat matang dan lunak. Waktu masak Anda pun jadi lebih singkat, hemat energi, serta nutrisi dalam bahan makanan tetap terjaga. 


Di sisi lain, terdapat pula kekurangan dari penggunaan panci presto. Karena proses memasak yang singkat, daging sudah lunak tetapi bumbu belum meresap sempurna hingga ke dalam. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih panci presto

Nah, sekarang saatnya kami menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih panci presto. Bagi Anda yang baru pertama membeli panci presto, jangan lewatkan tips dari kami berikut ini, ya! 

Pilih berdasarkan material pembuatnya

Umumnya, panci presto yang dijual di pasaran berbahan aluminium atau stainless steel. Meski dari segi fisik tidak terlihat banyak perbedaan, nyatanya kedua bahan ini punya keunggulan dan kekurangan tersendiri. Jadi, pilihlah bahan panci presto sesuai kebutuhan Anda. 

Aluminium, ringan dan mempercepat proses memasak

Aluminium,  ringan dan mempercepat proses memasak

Bahan aluminium memiliki karakteristik sebagai penghantar panas yang sangat baik. Panas yang dikeluarkan bisa menyebar secara merata dan membuat masakan jadi lebih cepat matang. 


Harga dari panci presto berbahan aluminium pun tergolong paling terjangkau bila dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu, panci presto berbahan aluminium punya bobot yang ringan sehingga mudah diangkat dan dipindahkan. 


Sayangnya, material ini tidak terlalu awet dan cukup sulit dibersihkan. Penggunaan panci presto dalam jangka panjang biasanya akan meninggalkan bekas hitam atau kerak pada bagian bawah panci. Jadi, meskipun harganya relatif lebih rendah, Anda harus mempertimbangkan kembali keawetannya. 

Stainless steel, lebih awet dan dapat menahan panas lebih lama

Stainless steel, lebih awet dan dapat menahan panas lebih lama
Jika dibandingkan dengan panci aluminium, panci berbahan stainless steel jauh lebih awet dan tidak mudah berkarat. Perawatannya juga lebih mudah dan tidak gampang tergores. Jadi, apabila Anda mencari panci presto untuk penggunaan jangka panjang, bahan inilah yang paling tepat


Panci berbahan stainless steel memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan bahan aluminium. Produk ini juga cocok untuk dipakai pemula yang ingin mencoba panci presto. Meskipun begitu, panci ini juga memiliki kekurangan. 


Bobotnya yang berat membuat Anda harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mengangkatnya, terlebih jika panci terisi penuh. Karena bahannya tebal itulah, stainless steel membutuhkan waktu cukup lama untuk membuat makanan matang. Namun, karena hal itu pula, material ini mampu menahan panas lebih lama sehingga makanan tidak cepat dingin.

Kombinasi material aluminium dan stainless steel yang saling melengkapi

Kombinasi material aluminium dan stainless steel yang saling melengkapi
Karena masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan, sekarang Anda bisa menemukan panci presto dengan kombinasi keduanya. Ada beberapa produsen yang membuat panci berbahan stainless steel dan dilapisi dengan aluminium. Penggunaan kedua bahan ini tentu akan saling menutupi kekurangan masing-masing. 

Lapisan aluminium bisa membuat panci presto lebih cepat panas, sedangkan lapisan stainless steel akan menahan panasnya. Selain itu, karena stainless steel umumnya digunakan untuk lapisan dalam, panci presto jadi lebih mudah dibersihkan dan tidak cepat berkerak. 


Tentunya, Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan panci berkualitas tinggi seperti ini. Meskipun harganya lebih tinggi, Anda bisa berinvestasi di panci presto jenis ini. Anda akan memiliki panci presto yang lebih awet. 

Sesuaikan kapasitas panci presto dengan kebutuhan

Sesuaikan kapasitas panci presto dengan kebutuhan

Saat ini, panci presto dijual dalam berbagai ukuran, seperti 3, 6, 9, 12 liter, atau lebih. Untuk pemakaian rumah tangga sehari-hari dalam jumlah sedikit, Anda cukup memilih panci presto dengan kapasitas 4–6 liter. Misalnya saja, untuk pasangan yang baru menikah, Anda bisa mencoba panci presto berkapasitas kecil terlebih dahulu. 


Di sisi lain, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan jumlah anggota keluarga di rumah. Untuk memasak dalam jumlah besar, Anda bisa memakai panci berkapasitas 8–12 liter. Panci presto dengan kapasitas paling besar cocok untuk digunakan di restoran atau usaha katering. 


Namun, perlu diperhatikan bahwa panci presto tidak boleh diisi sampai penuh. Anda hanya dianjurkan untuk mengisi 2/3 atau 1/3 dari kapasitasnya saja. Jadi, jika Anda memiliki panci presto berkapasitas 3 liter, sebaiknya Anda mengisi panci sebanyak 2 liter saja. Jadi, sesuaikan kapasitasnya dengan kebutuhan Anda. 

Cari produk yang memiliki pengaturan tekanan

Cari produk yang memiliki pengaturan tekanan
Kemampuan panci presto dalam mengatur tekanan berbeda-beda. Tekanan menjadi salah satu faktor penting karena dapat memengaruhi lamanya proses memasak. Makin tinggi tekanan yang dihasilkan panci presto, makin singkat pula waktu memasak. Jadi, apakah panci presto yang baik adalah yang memiliki tekanan tinggi? Jawabannya, belum tentu.

Pemilihan panci harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk proses memasak yang tidak rumit, Anda dapat memilih panci presto bertekanan rendah. Namun, bila Anda tipe yang suka berkreasi dengan resep masakan, pilihlah panci presto yang bisa diatur tekanannya. Hal itu agar Anda dapat menyesuaikan tekanan rendah atau tinggi sesuai kebutuhan proses masak.


Umumnya, tekanan 90 kPa (kilo Pascal) digunakan untuk memasak bahan makanan bertekstur keras. Tekanan rendah, sekitar 50–70 kilo Pascal (kPa), sudah cukup untuk memasak sayuran agar lunak dan cepat matang. Jika Anda ingin memasak lebih lama, misalnya daging agar bumbunya lebih meresap, gunakan panci presto yang tekanannya lebih rendah. 

Sesuaikan dengan jenis kompor Anda

Sesuaikan dengan jenis kompor Anda
Sebelum membeli panci presto, pastikan produk yang Anda pilih kompatibel dengan kompor yang ada di rumah. Pasalnya, beberapa merek panci presto hanya bisa digunakan di kompor gas dan tidak cocok untuk jenis kompor lainnya.

Kami menyarankan agar Anda membeli panci yang kompatibel untuk jenis kompor apa pun. Jadi, Anda tidak perlu membeli panci baru meski Anda mengganti kompor sekalipun. Namun, jika Anda yakin hanya akan memakai salah satu kompor dalam waktu lama, silakan memilih berdasarkan jenisnya. Kini, ada juga panci presto yang tidak menggunakan gas atau kompor, melainkan listrik


Umumnya produk yang biasa disebut electric pressure cooker ini memiliki bentuk menyerupai rice cooker. Fungsinya pun bermacam-macam, mulai dari memasak nasi, membuat kue, hingga menjadi slow cooker. Cara menggunakannya juga lebih mudah dan cocok juga untuk pemula. Namun, harganya relatif lebih tinggi. Silakan baca artikelnya di bawah ini!

10 Rekomendasi panci presto terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk panci presto terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.

10

HappycallIH Vacuum Pot 24cm Low

Mulai dari Rp 1.499.000,00

BahanAluminium, stainless steel
Kapasitas3,1 liter
Jenis komporGas, induksi, elektrik
Diameter24 cm
9
BahanAluminium, keramik, silikon
Kapasitas3 liter
Jenis komporSemua jenis kompor
Diameter20 cm
8
BahanTeflon Xtra, silikon poliester
Kapasitas6 liter
Jenis komporTidak disebutkan
Diameter24
7
BahanAluminium
Kapasitas8 liter
Jenis komporGas, induksi
DiameterTidak disebutkan
6
BahanAluminium
Kapasitas8 liter
Jenis komporTidak disebutkan
Diameter24 cm
5
BahanAluminium, soft anodized
Kapasitas7 liter
Jenis komporTidak disebutkan
Diameter24 cm
4
BahanStainless steel
Kapasitas8 liter
Jenis komporGas
Diameter24 cm
3

SteinWok Platinum Pressure Cooker

Mulai dari Rp 1.099.000,00

BahanGREBLON antilengket, silikon
KapasitasTidak disebutkan
Jenis komporGas, induksi
Diameter32 cm
2

OxoneALUPRESS Aluminium Pressure Cooker

OX-2004

Mulai dari Rp 390.000,00

BahanAluminium
Kapasitas4 liter
Jenis komporGas
Diameter22 cm
1

BOLDë Presto Cooker Granite Series

Mulai dari Rp 409.000,00

BahanAluminium
Kapasitas7 liter
Jenis komporGas, induksi
Diameter24 cm

Tabel perbandingan produk panci presto terbaik

Gambar produk
1
BOLDë  Presto Cooker Granite Series 1

BOLDë

2
Oxone ALUPRESS Aluminium Pressure Cooker  1

Oxone

3
Stein Wok Platinum Pressure Cooker 1

Stein

4
Vicenza Panci Presto 1

Vicenza

5
Maxim Panci Presto 1

Maxim

6
MOEGEN Panci Presto 1

MOEGEN

7
Kirin Pressure Cooker 1

Kirin

8
Maxim Quattro 1

Maxim

9
Kangaroo Semi Presto 1

Kangaroo

10
Happycall IH Vacuum Pot 24cm Low 1

Happycall

Nama produk

Presto Cooker Granite Series

ALUPRESS Aluminium Pressure Cooker

Wok Platinum Pressure Cooker

Panci Presto

Panci Presto

Panci Presto

Pressure Cooker

Quattro

Semi Presto

IH Vacuum Pot 24cm Low

Keunggulan

Tampilannya menawan, bebas kandungan PFOA pula

Bodinya kokoh, desainnya pun modern!

Panci presto multifungsi yang dilengkapi dengan silicone heat detector

Mudah dioperasikan, ideal untuk memasak sehari-hari

Sudah dilengkapi steamer, lebih hemat!

Bahan aluminium berkualitas dengan harga terjangkau

Tutup lebih kencang berkat sistem valve lock-nya

Panci multifungsi untuk segala jenis masakan

Warnanya cantik plus dilengkapi dengan bahan antilengket pula

Teknologi vacuum buat masak jadi makin nyaman dan mudah!

Harga mulai dariRp 409.000,00Rp 390.000,00Rp 1.099.000,00Rp 350.000,00Rp 359.500,00Rp 199.000,00Rp 755.000,00Rp 315.000,00Rp 400.000,00Rp 1.499.000,00
BahanAluminiumAluminiumGREBLON antilengket, silikonStainless steelAluminium, soft anodizedAluminiumAluminiumTeflon Xtra, silikon poliesterAluminium, keramik, silikonAluminium, stainless steel
Kapasitas7 liter4 literTidak disebutkan8 liter7 liter8 liter8 liter6 liter3 liter3,1 liter
Jenis komporGas, induksiGasGas, induksiGasTidak disebutkanTidak disebutkanGas, induksiTidak disebutkanSemua jenis komporGas, induksi, elektrik
Diameter24 cm22 cm32 cm24 cm24 cm24 cmTidak disebutkan2420 cm24 cm
Tautan produk

Cara menggunakan panci presto

Cara menggunakan panci presto
Penggunaan panci presto yang tidak tepat dapat berbahaya. Tekanan yang berlebih bisa mengakibatkan panci presto meledak. Maka dari itu, kami akan memberitahu beberapa hal mendasar yang perlu Anda ketahui tentang cara tepat menggunakan panci presto.

  • Baca buku manual terlebih dahulu

Setiap panci presto memiliki fitur yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda wajib membaca buku manual terlebih dahulu agar paham cara mengoperasikannya. Di dalam buku manual juga biasanya terdapat penjelasan tentang fitur keselamatan yang lengkap. Jadi, pastikan Anda membacanya baik-baik, ya!


  • Periksa kondisi panci presto sebelum dipakai

Sebelum digunakan, pastikanlah terlebih dahulu panci presto dalam kondisi baik. Pastikan katup pengaman bersih dan tidak tersumbat supaya tidak menghambat proses memasak. Setelah memasukkan bahan makanan, pastikan Anda menutup tutup panci presto dengan rapat dan katup sudah berada di posisi yang benar.


  • Perhatikan bahan-bahan yang dimasukkan

Karena panci presto tidak bisa diisi terlalu penuh, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan yang dimasukkan. Sejumlah bahan, seperti beras atau kacang-kacangan, dapat mengembang dari ukuran sebelumnya. Jadi, Anda perlu memastikan panci tidak terlalu penuh saat bahan-bahan di dalamnya mengembang sekalipun. 


  • Bumbui sebelum ditutup

Sebelum Anda memulai proses presto, Anda bisa memanaskan panci terlebih dahulu dan memasak seperti biasa tanpa ditutup. Setelah masakan dibumbui, barulah Anda bisa mengatur timer sesuai dengan lama proses memasak yang diperlukan. Jika timer sudah berbunyi, Anda bisa mengecilkan api dan menunggu sekitar 5-10 menit sebelum dimatikan. 


  • Jangan langsung dibuka!

Saat proses memasak sudah selesai, hal yang penting untuk diperhatikan adalah jangan langsung membuka tutup panci presto! Tekanan yang tinggi bisa menyebabkan panci meledak dan membahayakan Anda. Jadi, tunggu sampai tekanan turun dan uap keluar semua. Anda bisa membuka katup uap terlebih dahulu, baru membuka tutup pancinya. 

Baca juga rekomendasi panci lainnya di sini

Untuk melengkapi peralatan memasak Anda, kami memiliki rekomendasi tentang panci lainnya di sini. Ada panci penggorengan, panci kukus, dan panci satu tangan. Untuk lebih lengkapnya, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda makin tertarik untuk membeli panci presto? Di atas kami sudah menjabarkan cara memilih panci presto serta memberikan rekomendasi produknya. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera Anda.


Pastikan juga Anda membaca buku manual sebelum menggunakan panci presto dan ikuti instruksi pemakaiannya agar lebih aman. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan panci presto yang tepat, ya. Selamat memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya yang lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti Maxim, Yoshikawa, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang bagus. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pisau Set Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk menghasilkan potongan yang optimal, sebaiknya gunakan pisau sesuai jenis dan fungsinya. Daripada membeli tiap jenis secara terpisah, membeli pisau set adalah solusi terbaik. Jenis pisau yang Anda butuhkan tersedia dalam satu set dan makin menunjang kegiatan memasak Anda di dapur.Apabila Anda tengah mencari pisau set yang bagus, sebaiknya ikutilah tips-tips memilih dalam artikel ini. Tidak lupa, rekomendasi pisau set terbaik untuk memotong daging, ikan, mencincang bumbu, sayur, dan sebagainya akan kami berikan untuk Anda. Pisau set merek BOLDë, Oxone, atau Stein Cookware ada dalam rekomendasi kami. Yuk, disimak!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wajan penggorengan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Wajan terbuat dari bahan yang beragam, ada wajan antilengket maupun wajan tanpa lapisan antilengket. Wajan antilengket memiliki coating bermacam-macam, seperti coating granit, keramik, hingga titanium. Sementara itu, stainless steel, carbon steel, dan cast iron merupakan contoh wajan tanpa lapisan antilengket.Pada artikel ini, kami akan me-review keunggulan tiap-tiap cookware tersebut. Kami juga akan mengulas merek wajan yang bagus untuk kesehatan, seperti Zebra, Bima, IKEA, GreenPan, dan Skitchen. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui tips memilih wajan yang bagus.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kompor gas merupakan peralatan dapur yang sangat penting digunakan untuk mendukung kebutuhan rumah tangga. Dengan kompor gas, Anda dapat memasak secara lebih cepat, mudah, dan hemat. Salah satu merek kompor gas yang populer adalah Rinnai. Perusahaan asal Jepang ini dikenal sebagai produsen kompor gas yang bagus dan berkualitas. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk kompor gas Rinnai terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi kompor gas Rinnai 1 tungku, 2 tungku, hingga 5 tungku yang dapat Anda pilih. Untuk itu, baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Wajan Teflon Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wajan Teflon Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Wajan adalah jenis alat masak yang wajib dimiliki siapa saja, terutama bagi Anda yang gemar memasak. Wajan antilengket yang berkualitas dapat menjadi rahasia hasil masakan yang lezat. Ada beragam jenis wajan antilengket di pasaran, salah satunya wajan teflon.  Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih wajan teflon yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk wajan teflon terbaik. Merek wajan teflon ternama seperti Maxim, Kirin, dan Oxone dapat Anda temukan dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Jadi, baca artikelnya sampai habis, ya. 
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Electrolux Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Electrolux Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada beragam merk kompor di pasaran, salah satunya Electrolux. Merk ini memproduksi kompor gas serta kompor induksi, tetapi di artikel ini kami hanya akan membahas kompor gasnya. Produk kompor Gas Electrolux terdiri dari model tanam dan free standing dengan jumlah tungku yang berbeda-beda. Beberapa kompor gas Electrolux, seperti EHG7230BE dan EHG7330BE, hanya dilengkapi dua atau tiga tungku. Namun, ada juga kompor gas Electrolux yang dilengkapi empat hingga lima tungku, misalnya EKM9682X dan EKG9686X. Untuk membantu Anda menemukan kompor gas Electrolux yang bagus, kami menyiapkan pembahasan di bawah ini. Silakan disimak!
    Peralatan masak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori