10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2018)

Sebagai pemilik anjing, pernahkah terpikirkan bahwa anjing Anda dapat melarikan diri dan tersesat? Jika sampai hilang, tentunya anjing tidak dapat berbicara untuk memberitahukan tempat tinggalnya. Untuk menghindari hilangnya anjing Anda, ada baiknya Anda memberikan pet tag pada kalungnya.

Pet tag ini dapat Anda tuliskan informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi bila anjing sampai hilang. Di pasaran pun sudah terdapat pet tag dengan beragam desain, ukuran, warna, atau bentuk yang berfungsi juga sebagai aksesori untuk anjing Anda. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan 10 produk pet tag terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih pet tag untuk anjing

Salah satu aksesori anjing yang ada di pasaran adalah pet tag. Sewaktu memilihnya, perhatikanlah kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya.

Pilih berdasarkan tipenya

Secara umum, cara penggunaan pet tag dapat dibagi menjadi tiga jenis. Setiap jenis memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah yang sesuai untuk anjing peliharaan Anda.

Tipe yang disematkan pada ring kalung anjing

Tipe yang disematkan pada ring kalung anjing

Pet tag yang terdapat lingkaran ring untuk digantungkan pada kalung anjing merupakan jenis yang paling umum ditemui serta tersedia dalam jumlah banyak. Dengan adanya ring ini, Anda dapat memasangnya pada kalung anjing Anda layaknya gantungan kunci. Tergantung jenis pet tag-nya, Anda dapat menuliskan kontak Anda pada kertas yang tersedia atau mencetaknya langsung pada pet tag tersebut.

Tipe pet tag seperti ini sangat mudah dipasang dan memiliki berbagai variasi desain yang menarik. Karena itu, tipe ini dapat Anda pilih jika masih belum mengetahui pet tag seperti apa yang Anda inginkan. Anda dapat memilih desain pet tag berbentuk tulang, pita, atau berbagai bentuk lucu lainnya dengan menyesuaikannya pada anjing Anda.

Yang harus Anda perhatikan, ketika ring gantungannya rusak, mungkin pet tag tersebut akan jatuh dan hilang. Anda juga perlu berhati-hati bila anjing Anda merupakan tipe yang bergerak dengan lincah dan aktif karena dapat menyebabkan pet tag terjatuh juga. Bila sudah jatuh, anjing Anda bisa memainkan pet tag tersebut, bahkan memakannya. Maka, pertimbangkanlah dengan baik sebelum memutuskan memilihnya.

Tipe yang langsung dipasang pada kalung anjing

Tipe yang langsung dipasang pada kalung anjing

Tipe pet tag seperti ini biasanya memiliki lubang pada sisi kiri dan kanannya agar kalung anjing bisa dimasukkan melewati lubang tersebut. Dengan demikian, risiko jatuh atau hilangnya pet tag akan diminimalisir.

Sebaliknya, karena penggunaannya dimasukkan pada kalung, tentu Anda harus mencari pet tag yang ukurannya pas dengan lebar kalung anjing Anda. Dengan demikian, tentu saja variasi desainnya menjadi terbatas, apalagi jika Anda juga ingin menyesuaikan desain pet tag dengan desain kalung anjing Anda. Namun, kami merekomendasikan pet tag tipe ini untuk anjing Anda aktif dan memiliki kebiasaan menggigiti benda asing.

Tipe yang menempel langsung pada kalung anjing

Tipe yang menempel langsung pada kalung anjing

Pet tag yang menempel langsung pada kalung anjing ini sangat praktis. Anda tidak perlu membeli pet tag tersendiri lagi dan tentunya membuat Anda lebih hemat.

Keuntungan menggunakan tipe ini adalah tag-nya tidak akan hilang selama Anda tidak melepaskan kalung anjing Anda. Cara pemakaian dan fungsinya pun tentu sama seperti kalung anjing biasa dan Anda tidak perlu risau lagi pet tag anjing Anda akan hilang.

Akan tetapi, pet tag beserta kalungnya akan semakin usang seiring waktu sehingga Anda harus memperbaruinya secara berkala. Tambahan lagi, harga dari kalung anjing ini pada umumnya lebih mahal daripada kalung anjing jenis lainnya. Meski demikian, untuk Anda yang menginginkan pet tag melekat dengan aman pada kalung anjing, jenis ini sangat direkomendasikan.

Pilihlah ukuran pet tag yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilihlah ukuran pet tag yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Biasanya, yang tertulis pada pet tag adalah nama anjing dan nomor telepon pemiliknya. Oleh karena itu, pet tag pada umumnya memiliki ukuran yang cukup untuk menuliskan informasi tersebut. Selain itu, ada juga pemilik yang ingin menuliskan alamat rumah pemilik serta informasi tambahan lainnya mengenai anjing tersebut. Untuk yang menginginkan penulisan informasi tambahan ini, perhatikanlah ukuran pet tag yang ada.

Ada tipe pet tag yang memiliki ukuran sangat kecil sehingga Anda harus mencetak font dengan jarak spasi yang berdekatan atau menuliskannya sendiri menggunakan pulpen di atas kertas.

Pilihlah bahan pet tag yang kuat dan tahan lama

Pilihlah bahan pet tag yang kuat dan tahan lama

Pet tag yang berisi kontak Anda harus selalu melekat pada anjing Anda. Oleh karena itu, pilihlah yang berkualitas baik sehingga tahan lama dan meminimalisir terjadinya kerusakan akibat usang termakan usia.

Jika Anda memilih pet tag berbahan logam, ada baiknya Anda memilih yang bersifat antikarat, seperti stainless steel, kuningan, nikel, aluminium, dan lain sebagainya. Selain itu, bila Anda memilih pet tag tipe ring, periksalah agar bahan ringnya juga kuat dan tidak mudah rusak.

10 Rekomendasi pet tag terbaik untuk anjing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan 10 pet tag terbaik untuk anjing kesayangan Anda. Pilih dan temukanlah mana yang paling sesuai dengan karakter anjing Anda.

10. Pet Tag Bahan Akrilik

10. Pet Tag Bahan Akrilik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Tag-nya mudah dipindahkan ke kalung mana pun, lho!

Sebagai penyayang anjing, tentu Anda menginginkan anjing Anda terlihat lucu dan menarik. Salah satu cara agar tampilannya menarik adalah menggunakan kalung anjing berbeda pada masing-masing acara. Ketika mengganti satu kalung dengan yang lainnya, jangan ketinggalan untuk memindahkan pet tag-nya juga, ya.

Pet tag satu ini terbuat dari bahan akrilik yang ringan dan kuat serta dilengkapi dengan gantungan agar mudah dipasangkan ke kalung anjing Anda. Anda tidak akan kesulitan lagi memindahkan tag ini setiap kali Anda mengganti kalung anjing Anda. Ukuran sebesar 15 cm² pun masih cukup untuk memuat nama anjing dan nomor telepon Anda.

9. Pet Tag Liontin Bentuk Tulang

9. Pet Tag Liontin Bentuk Tulang

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Jadikan anjing Anda pusat perhatian dengan efek blink-nya!

Tidak hanya Anda yang ingin terlihat mewah, anjing Anda pun bisa menggunakan aksesori yang akan menambah nilai plus pada penampilannya. Liontin berbentuk tulang anjing dengan berlian imitasi di sekelilingnya ini bisa digunakan sebagai pet tag juga. Saat memakai liontin ini, penampilan anjing Anda akan terlihat mewah seketika.

Liontin ini cocok untuk anjing Anda yang berukuran kecil, seperti ras anjing Chihuahua, Dachshund, Shih Tzu, atau Pomeranian. Kenakan kalung anjing ini saat menghadiri acara pertemuan komunitas pencinta anjing dan buat anjing Anda terlihat blink-blink dan elegan. Kemudian, jadilah pusat perhatian di acara tersebut!

8. Pet Tag Bulat Aneka Warna

8. Pet Tag Bulat Aneka Warna

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Praktis dan multifungsi sebagai aksesori serta pemberi informasi pemilik

Untuk Anda yang ingin menambahkan aksesori pada kalung anjing Anda, pet tag ini dapat menjadi pilihan Anda. Anjing Anda dapat terlihat lebih bergaya saat menggunakan pet tag bergambar tulang atau jejak kaki yang tersedia dalam berbagai warna pilihan ini. Bentuk ringnya yang persis gantungan kunci pun akan membuat Anda semakin mudah memasangnya.

Tidak hanya sebagai aksesori, pada pet tag ini sudah terdapat kertas untuk Anda tuliskan informasi mengenai anjing Anda. Nama, nomor telepon, dan alamat pun dapat Anda cantumkan pada tag ini. Multifungsi dan praktis, cocok untuk Anda yang tidak mau repot menunggu proses pembuatan pet tag dengan digrafir atau lainnya.

7. Pet Tag Liontin Custom

7. Pet Tag Liontin Custom

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Semakin personal dengan adanya gambar imut anjing Anda

Pet tag untuk anjing pada umumnya hanya mencantumkan nama anjing dan nomor telepon si pemilik saja. Apabila terdapat gambar jenis anjing Anda, tentunya tag ini akan terlihat lebih personal dan  berwarna karena gantungan ini pun dapat dibuat dengan warna yang Anda inginkan. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan tag dengan tampilan personal bagi anjing Anda.

Tampilan anjing Anda juga akan terlihat makin menggemaskan ketika menggunakannya. Terbuat dari bahan akrilik setebal 3-4 mm dan dua lapis cetakan bolak-balik, informasi pemilik yang tertulis tidak akan mudah rusak atau pudar. Pilihan gambar anjingnya pun cukup banyak dan dapat Anda sesuaikan dengan jenis anjing yang Anda miliki.

6. Pet Tag Stainless Steel & Silicon

6. Pet Tag Stainless Steel & Silicon

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 141.000

Tampil minimalis sekaligus modern dalam satu kalung

Pet tag yang dapat dilingkarkan pada kalung anjing memang tidak terlalu banyak dijumpai di pasaran. Bisa jadi karena tipe ini merupakan model baru dalam menempelkan informasi pemilik pada kalung anjing. Terbuat dari bahan silikon kombinasi stainless steel, tampilan anjing Anda akan terlihat minimalis sekaligus modern.

Tag ini dilengkapi lempengan dari bahan stainless steel yang bisa Anda tuliskan informasi mengenai anjing Anda dengan cara laser engraving. Sebelum membelinya, periksalah terlebih dahulu ukuran kalung yang dikenakan oleh anjing Anda karena diameter lingkaran pada pet tag berbahan silikon ini hanya berukuran 1,2 cm saja.

5. Pet Tag Stainless Steel for Dog and Cat

5. Pet Tag Stainless Steel for Dog and Cat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Bebas tentukan desain dan font sesuka Anda!

Beberapa pet tag yang dijual memang dapat ditulis berdasarkan pesanan Anda. Namun, tidak banyak yang memiliki pilihan jenis font untuk Anda pilih sesuai selera Anda. Pet tag berbahan dasar stainless steel ini dapat digrafir dengan nama beserta keterangan lainnya hingga 4 baris menggunakan jenis font pilihan Anda.

Pet tag ini juga memiliki beberapa pilihan desain dan ukuran yang dapat Anda sesuaikan dengan lebar kalung anjing Anda. Jadi, jangan lupa mengukur lebar kalung anjing Anda agar dapat disesuaikan dengan ukuran lubang pada pet tag ini, ya. Apalagi, ukuran lubang masing-masingnya pun berbeda, mulai dari 3,5 cm x 1 cm hingga paling besar berukuran 3,5 cm x 2,1 cm.

4. Pet Tag Bahan Aluminium

4. Pet Tag Bahan Aluminium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.900

Tulis dan masukkan informasi lengkap anjing Anda dalam kapsul kecil ini!

Untuk Anda yang menginginkan adanya informasi lengkap yang melekat pada anjing Anda, pet tag ini dapat menjadi pilihan tepat. Produk ini memiliki bentuk seperti kapsul yang terbuat dari bahan alumunium dan dapat dibuka dengan mudah. Dengan demikian, informasi penting tentang anjing Anda akan aman berada di dalamnya.

Kertas yang disediakan dapat Anda tuliskan dengan berbagai informasi mengenai anjing Anda. Tidak hanya nama dan nomor telepon saja, Anda bahkan dapat menambahkan alamat lengkap atau informasi lain yang menurut Anda penting untuk dicantumkan pada kertas tersebut. Bagaimana, semakin leluasa untuk menulis informasi, bukan?

3. Kalung Anjing Kulit Asli dengan Liontin Nama

3. Kalung Anjing Kulit Asli dengan Liontin Nama

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 198.800

Tampil klasik dan hangat dengan sentuhan kulit aslinya

Untuk Anda yang menyukai tampilan klasik pada anjing Anda, kalung anjing yang terbuat dari bahan kulit dan memiliki warna coklat alami ini bisa menjadi pilihan Anda. Material gesper yang digunakannya adalah logam berwarna emas yang memiliki kesan usang sehingga membuatnya terlihat lebih klasik dan hangat.

Pet tag yang tergantung memiliki bentuk lingkaran yang terbuat dari bahan kulit juga serta dapat dituliskan nama dan nomor telepon yang dapat dihubungi bila anjing Anda menghilang. Tampilan pet tag ini pun dibuat senada dengan kalungnya, terlihat klasik dan hangat serta tidak akan ketinggalan zaman.

2. Kalung Anjing dengan Tag ID

2. Kalung Anjing dengan Tag ID

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.900

Pet tag sekaligus kalung untuk anjing super aktif Anda

Bila Anda khawatir pet tag akan terjatuh akibat anjing Anda yang super aktif, ada baiknya Anda mempertimbangkan pet tag yang juga merangkap fungsi sebagai kalung anjing ini. Terbuat dari bahan kulit rangkap dua, kalung ini memiliki tekstur yang lembut, nyaman digunakan oleh anjing Anda, dan tidak akan melukai kulitnya.

Tag-nya terbuat dari besi dan berguna untuk Anda tuliskan informasi mengenai nama anjing dan nomor telepon Anda. Lempengan ini dipasang pada kalung menggunakan dua buah kancing rangkap yang membuatnya tidak mudah terlepas. Kancing rangkap ini tumpul sehingga tidak akan menyakiti anjing Anda sewaktu menggunakannya.

1. Kalung Anjing Rantai dengan Tag

1. Kalung Anjing Rantai dengan Tag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Kuat, tahan lama, serta menambah kesan gagah

Terbuat dari bahan stainless steel tentunya menjadikan kalung anjing ini kuat dan tahan lama. Pada bagian tengahnya, terdapat lempengan yang dapat dituliskan nama anjing dan nomor telepon Anda melalui proses grafir. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tulisannya dapat memudar atau hilang.

Kalung anjing yang berupa rantai ini juga akan memberikan kesan lebih gagah dan garang kepada anjing yang menggunakannya. Untuk anjing berukuran besar milik Anda, seperti anjing jenis Boxer, Doberman, German Shepherd, Labrador, Rottweiler, dan sebagainya, kalung ini pasti cocok dikenakan olehnya.

Kesimpulan

Pada dasarnya, pet tag memiliki beragam desain. Ada yang terlihat imut seperti aksesori anjing, ada juga yang merangkap sebagai kalung anjing. Jangan lupa untuk menuliskan nama anjing serta nomor telepon supaya orang yang menemukan anjing Anda dapat langsung menghubungi Anda.

Pilih dan temukanlah pet tag yang sesuai dengan anjing Anda. Dengan begitu, anjing Anda akan terlihat semakin menarik sembari Anda menjaganya. Anjing hilang? Tidak akan terjadi lagi.