10 Rekomendasi Kereta Dorong Terbaik untuk Bayi Kembar (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kereta Dorong Terbaik untuk Bayi Kembar (Terbaru Tahun 2018)

Kereta dorong untuk bayi kembar atau twin baby stroller membantu orang tua untuk membawa kedua bayi mereka secara bersamaan tanpa repot. Secara garis besar, produk ini terbagi dalam 2 tipe, yaitu side-by-side dan tandem. Produsen terkenal, seperti MacLaren, Cocolatte, Joie, dan lainnya bahkan menawarkan berbagai fitur di produk mereka.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih kereta dorong untuk bayi kembar dari aspek ukuran, fungsi, dan keamanan. Tidak lupa, kami juga membahas rekomendasi kereta dorong untuk bayi kembar dengan berbagai tipe. Simak terus agar Anda tidak salah pilih, ya!

Daftar isi

Cara memilih kereta dorong untuk bayi kembar

Sekarang, kami akan membahas hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kereta dorong untuk bayi kembar. Apapun pilihan Anda, baik tipe side-by-side maupun tandem, semoga tips ini dapat membantu Anda dalam memilih produk yang terbaik.

Menentukan tipe side-by-side atau tandem

Kereta dorong untuk bayi kembar yang ada di pasaran tersedia dalam dua tipe, yaitu side-by-side dan tandem. Masing-masing tipe tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasannya.

Tipe side-by-side yang mudah digunakan bahkan untuk bayi yang baru lahir

Tipe side-by-side yang mudah digunakan bahkan untuk bayi yang baru lahir

Kereta dorong untuk bayi kembar dengan tipe side-by-side umumnya lebih ringan dibandingkan dengan tipe tandem dan lebih compact ketika dilipat. Kelebihan lain dari tipe side-by-side ini adalah tempat duduknya yang dapat diatur ke berbagai posisi, termasuk posisi berbaring untuk bayi yang baru lahir.

Tipe side-by-side memungkinkan bayi kembar Anda untuk dapat duduk berdampingan. Hal ini tentunya menjadi nilai plus tersendiri karena si kembar dapat saling berinteraksi. Selain itu, karena posisinya berdampingan, si kembar tidak akan memperebutkan posisi duduk di depan atau di belakang.

Sayangnya, tipe ini kurang stabil jika dibandingkan dengan tipe tandem. Kereta dorong akan kehilangan kestabilan kalau tempat duduk yang digunakan hanya sebelah. Selain itu, desain kereta dorong yang lebar juga menjadi kendala ketika berjalan di tempat atau melewati lorong atau pintu yang sempit. Penggunaan kereta dorong ini juga terbatas pada anak sampai usia tertentu karena lebar tempat duduk yang lebih terbatas.

Tipe tandem yang lebih stabil dengan resiko oleng lebih kecil

Tipe tandem yang lebih stabil dengan resiko oleng lebih kecil

Daya tarik tipe tandem dibandingkan dengan tipe side-by-side adalah kestabilan lebih saat digunakan. Ketika salah satu bayi dinaikkan atau diturunkan, tipe tandem beresiko lebih kecil mengalami oleng. Kelebihan lain dari tipe ini adalah ukuran lebarnya tidak berbeda dengan kereta dorong bayi tunggal sehingga tidak menyulitkan ketika berjalan di tempat atau melewati lorong dan pintu yang sempit.

Namun, karena desainnya cenderung memanjang, masalah penggunaan kereta dorong ini ada pada ketika Anda memasuki ruang yang kecil, seperti lift. Bentuknya yang memanjang juga dapat membuat Anda kesulitan melihat kedepan untuk memperkirakan space yang diperlukan agar kereta dorong tidak menabrak. Meski begitu, setelah terbiasa menggunakannya, hal ini pasti akan teratasi dengan sendirinya.

Bila anak Anda masuk pada usia di mana mereka mulai tanggap dengan keadaan sekitar, tipe tandem dengan tempat duduk berurutan juga dapat menimbulkan masalah. Mereka bisa saja berebut untuk duduk di kursi depan karena pandangan mereka tidak akan terhalangi.

Di antara tipe tandem dengan posisi tempat duduk berurutan sejajar, hanya sedikit yang reclining seat-nya cocok digunakan oleh bayi baru lahir. Hal ini karena adanya celah di antara kedua tempat duduk. Sebagai alternatif, kini tipe tandem dengan setting tempat duduk belakang yang sedikit tinggi dari tempat duduk depan mulai banyak digunakan.

Jangan lupa perhatikan ukuran kereta dorong

Ukuran menentukan kemudahan penggunaan kereta dorong untuk bayi kembar. Karena itu, penting untuk memperhatikan ukuran kereta dorong yang Anda pilih. Jangan lupa sesuaikan dengan tipe kereta dorongnya, side-by-side atau tandem.

 Pilihlah produk dengan lebar sekitar 72 cm untuk tipe side-by-side

Pilihlah produk dengan lebar sekitar 72 cm untuk tipe side-by-side

Yang perlu diperhatikan dalam memilih produk dengan tipe side-by-side adalah ukuran lebar dari kereta dorong agar kereta mudah melewati celah sempit, seperti pintu.

Umumnya ukuran standar pintu di Indonesia adalah 85-95 cm untuk pintu antar ruang dan 75-85 cm untuk pintu kamar mandi. Untuk pintu tiket otomatis yang ada di stasiun, umumnya berukuran lebar 55-60 cm dan 90-95 cm untuk pintu lebih lebar yang biasa digunakan para difabel.

Untuk memudahkan Anda membawa kereta dorong, terutama jika Anda sering bepergian dengan transportasi umum, sebaiknya pilihlah kereta dorong dengan ukuran lebar kurang dari 90 cm. Idealnya, ukuran lebar kereta dorong adalah 72 cm agar mobilitas tetap lancar dan bayi Anda masih memiliki cukup ruang untuk kenyamanannya.

Pilihlah produk dengan panjang sekitar 130 cm untuk tipe tandem 

Pilihlah produk dengan panjang sekitar 130 cm untuk tipe tandem 

Kereta dorong untuk bayi kembar yang terlalu panjang akan menyulitkan Anda ketika masuk ke ruangan kecil seperti lift. Selain itu, Anda juga akan kesulitan untuk mengawasi bayi Anda.

Beberapa kereta dorong yang compact memiliki ukuran panjang sekitar 105 cm. Namun, ada juga yang memiliki panjang mendekati 150 cm. Anda bisa saja memilih kereta dorong dengan ukuran panjang tersebut. Namun, apabila Anda tinggal di apartemen, Anda tetap harus mengecek ukuran lift pada apartemen Anda. Bila lebar atau luas lift lebih kecil dari ukuran panjang kereta dorong Anda, tentu Anda akan kesulitan ketika menggunakannya.

Idealnya, ukuran panjang untuk kereta dorong tipe tandem adalah 130 cm atau kurang dari 130 cm. Pastinya, jangan lupa sesuaikan dengan kondisi tempat tinggal dan kebutuhan Anda, ya!

Pilihlah produk dengan berat maksimal 15 kg untuk kemudahan penggunaan

Pilihlah produk dengan berat maksimal 15 kg untuk kemudahan penggunaan

Kereta dorong untuk bayi kembar tentunya lebih berat dibandingkan dengan kereta dorong tunggal. Produk yang paling ringan sekalipun umumnya memiliki berat lebih dari 10 kg.

Meski begitu, untuk memudahkan Anda mengangkut dan membawa kereta dorong, sebaiknya pilihlah kereta dorong dengan berat tidak lebih 15 kg. Kereta dorong bayi tipe side-by-side umumnya lebih ringan dan Anda bisa menemukan produk dengan berat sekitar 10 kg. Karena itu, tipe side-by-side cocok untuk Anda yang menginginkan produk yang ringan.

Pilihlah produk yang stabil untuk keamanan lebih

Dengan menggunakan kereta dorong yang stabil, keamanan bayi akan lebih terjamin. Nah, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kereta dorong yang stabil.

Pastikan kereta dorong tetap stabil saat Anda menurunkan bayi dari kereta dorong

Pastikan kereta dorong tetap stabil saat Anda menurunkan bayi dari kereta dorong

Kereta dorong bayi yang tidak stabil tentunya sangat berbahaya karena dapat oleng, terbalik, dan membuat bayi terluka. Anda perlu mengecek kestabilannya terutama pada kereta dorong tipe side-by-side.

Sebelum memilih, sebaiknya pastikan dahulu kereta dorong tidak terlalu ringan seperti tipe buggy dan stabil sehingga saat Anda menurunkan salah satu bayi, kereta dorong tidak terbalik akibat beban yang tidak seimbang. Dibandingkan dengan tipe side-by-side, kereta dorong untuk bayi kembar tipe tandem lebih stabil.

Jangan lupa cek rodanya

Jangan lupa cek rodanya

Seperti yang sudah dijelaskan, kereta dorong bayi tipe tandem memiliki tingkat kestabilan yang lebih baik dibandingkan dengan tipe side-by-side. Lantas, bagaimana kalau Anda ingin memiliki kereta dorong tipe side-by-side? Anda harus pastikan kalau kereta dorong tipe side-by-side yang Anda pilih memiliki tingkat kestabilan yang cukup baik walaupun dalam keadaan tidak seimbang.

Di samping itu, tingkat kestabilan kereta dorong bayi juga dipengaruhi oleh roda. Idealnya, pilihlah roda yang berdiameter sekitar 15 cm. Selain itu, ada baiknya juga untuk memilih roda yang dilengkapi dengan fitur shock absorbing atau bahkan double shock absorbing agar kereta dorong bayi lebih stabil saat digunakan di jalan yang tidak rata.

Pilihlah produk yang compact dan mudah dilipat untuk kepraktisan penyimpanan

Berbeda dengan kereta dorong bayi tunggal, kereta dorong untuk bayi kembar umumnya lebih besar dan berat. Karena itu, aspek lain yang harus dipertimbangkan adalah ukuran kereta dorong bayi saat dilipat.

Pilihlah kereta dorong berukuran compact 

Pilihlah kereta dorong berukuran compact 

Kereta dorong bayi yang compact akan memudahkan dan hemat space penyimpanan. Fitur ini juga akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sering bepergian dengan mobil karena bisa muat di dalam bagasi mobil Anda.

Saat ini sudah banyak kereta dorong bayi yang dilengkapi dengan fitur yang dapat menjadi pertimbangan, yaitu one touch, dimana kereta dorong dapat dilipat hanya dengan menggunakan satu tangan atau kaki, tanpa repot.

Apabila Anda menginginkan produk yang compact karena keterbatasan tempat penyimpanan, kereta dorong untuk bayi kembar tipe side-by-side merupakan pilihan yang tepat dibandingkan dengan tipe tandem.

Pilihlah produk yang tetap dapat berdiri meskipun dalam keadaan terlipat

Pilihlah produk yang tetap dapat berdiri meskipun dalam keadaan terlipat

Beberapa kereta dorong untuk bayi kembar sudah dilengkapi dengan fitur penahan sehingga tetap dapat didirikan dengan stabil saat terlipat. Fitur tambahan yang fungsional!

Pilihlah kereta dorong untuk bayi kembar yang sesuai dengan usia bayi

Pilihlah kereta dorong untuk bayi kembar yang sesuai dengan usia bayi

Beberapa produk kereta dorong bayi ditujukan untuk kisaran usia tertentu saja. Umumnya, kereta dorong untuk bayi kembar tipe side-by-side dikelompokkan berdasarkan kelompok usia bayi, yaitu untuk bayi yang baru lahir, 3, dan 6 bulan. Pemilihan kereta dorong sebaiknya disesuaikan dengan usia bayi dan seberapa lama kereta dorong bayi akan digunakan.

Kendala yang ditemui pada kereta dorong untuk bayi kembar tipe tandem adalah beberapa produk memiliki desain yang tidak sesuai untuk bayi yang baru lahir. Agar tipe tandem dapat digunakan untuk bayi yang baru lahir, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan baby car seat yang dapat Anda beli secara terpisah sebagai pelengkap kereta dorong.

Baby car seat juga berguna agar Anda tidak perlu membangunkan anak Anda ketika dia tertidur di dalam kereta dorongnya. Anda hanya perlu memindahkannya bersama dengan baby car seat-nya ke dalam kamar. Seat tambahan ini juga mempermudah Anda memindahkan si kecil dari kereta dorong ke dalam mobil atau sebaliknya. Bila memungkinkan, sebaiknya pilih kereta dorong yang kompatibel untuk dipasangi dengan baby car seat.

Pilihlah produk yang sesuai dengan standar keamanan

Pilihlah produk yang sesuai dengan standar keamanan

Standar keamanan tentunya penting untuk menjamin keamanan produk. Sayangnya, belum ada standar resmi yang berlaku di Indonesia untuk produk kereta dorong untuk bayi kembar. Namun, beberapa produk yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan sertifikat yang menunjukkan produk memenuhi standar keamanan Eropa, EN 1888.

Produk tanpa standar keamanan bukan berarti tidak aman untuk digunakan. Akan tetapi, untuk Anda yang mengutamakan keamanan, produk dengan sertifikat keamanan bisa menjadi pilihan utama.

10 Rekomendasi kereta dorong untuk bayi kembar

Nah, setelah Anda memahami hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih kereta dorong untuk bayi kembar, kami akan merekomendasikan 10 produk dengan tipe side-by-side dan tandem.

10. Tinyworld Twin Stroller

10. Tinyworld Twin Stroller

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.800.000

Desain simpel yang tetap dapat memberikan kenyamanan

Desainnya yang simpel cocok untuk Anda yang tidak menyukai sesuatu yang terlalu mencolok. Tinyworld Twin Stroller ini dapat digunakan untuk bayi kembar berusia minimal 6 bulan. Selain itu, tempat duduknya juga dapat diatur untuk menyesuaikan kenyamanan bayi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bayi rewel karena merasa tidak nyaman atau pegal.

Pada bagian tempat duduk ada penutup yang dilengkapi dengan jendela pada bagian atas sehingga Anda bisa mengawasi bayi Anda. Sayangnya, penutup ini tidak didesain terpisah untuk setiap tempat duduk. Namun, kekecewaan Anda akan terobati dengan kelebihan lain dari produk ini, yaitu bagian-bagiannya dapat dilepas dan dicuci. Kebersihan kereta dorong pun tetap terjaga!

9. Seebaby T22 Comfy Fashionable Twins Baby Stroller

9. Seebaby T22 Comfy Fashionable Twins Baby Stroller

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.900.000

Model yang modern dan stylish untuk tampilan yang lebih trendi

Kereta dorong bayi Seebaby T22 ini terbuat dari rangka stainless steel yang membuatnya kokoh. Terlebih lagi, dengan desain roda yang memiliki fitur four-wheel flexible suspension tentunya membuat Anda merasa lebih yakin dengan keamanan dan kenyamanan produk. Fitur roda ini jugalah yang membuat kereta dorong dapat lebih mudah dikendalikan. Mantap, ya!

Desain Seebaby T22 yang modern dan stylish akan menimbulkan kesan “mama trendi” sehingga Anda lebih percaya diri berpergian bersama buah hati. Produk ini cocok untuk Anda yang sering membawa banyak barang berkat adanya 2 built-in pouch yang terletak dibawah seat untuk menyimpan dan memilah barang bawaan Anda. Barang pun lebih rapi dan terorganisir.

8. Cosatto Shuffle Tandem Stroller-Pixelate

8. Cosatto Shuffle Tandem Stroller-Pixelate

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.850.000

Warna-warni dan polanya dapat memikat sang buah hati

Umumnya, kereta dorong bayi berwarna dan berpola monoton sehingga kurang menarik. Namun, Cosatto Shuffle Tandem Stroller ini tampil beda dari produk lainnya. Warna-warni dan polanya yang mencolok akan menarik perhatian. Malah, warna-warninya dapat merangsang indera penglihatannya. Bayi pun tidak bosan serta akan lebih akrab dengan pola dan warna yang beragam.

Dengan panjang 100 cm, Anda akan punya ruang cukup ketika di lift. Untuk keamanannya, Anda tak perlu ragu lagi karena produk ini sudah lulus uji standar keamanan Eropa. Roda bagian depannya juga dilengkapi dengan pengunci sehingga bayi tetap aman di dalam kereta dorong. Nah, tidak ada salahnya memilih produk ini bila bayi Anda tipe yang cepat bosan.

7. Cocolatte KS85ML Alvis Twins

7. Cocolatte KS85ML Alvis Twins

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.950.000

Melipat kereta dorong bayi kini lebih mudah!

Karena kereta dorong untuk bayi kembar lebih kompleks, biasanya kereta dorong butuh lebih banyak waktu untuk dilipat dibandingkan dengan kereta dorong bayi tunggal. Lain halnya dengan produk dari Cocolatte yang satu ini. Anda hanya perlu menekan tuas pengunci dan kereta dorong dapat sudah dilipat. Cocok untuk Anda yang suka dengan sesuatu yang ringkas dan praktis.

Anda bisa menggunakan produk Cocolatte ini untuk bayi berusia 6 hingga 36 bulan dengan berat maksimal 15 kg per bayi. Fitur auto swivel pada rodanya akan memudahkan Anda untuk mengendalikan arah kereta dorong ini. Namun, bukan berarti tingkat kemananannya berkurang karena fitur ini. Adanya fitur pengunci pada roda tentu membuat Anda bisa bernafas lebih lega.

6. Joie Meet Evalite Duo

6. Joie Meet Evalite Duo

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500.000

Ringan dan compact untuk kemudahan penyimpanan serta mobilitas

Produk dari Joie ini adalah solusi bagi Anda yang memiliki space tempat penyimpanan terbatas atau sering beraktivitas di luar ruangan. Keunggulan produk ini adalah fitur ultraweight dengan bobot hanya 11,04 kg saja. Tidak hanya itu, kereta dorong model Evalite Duo ini juga compact ketika dilipat. Anda tidak akan kesulitan untuk menyimpan dan membawa produk ini.

Dilengkapi dengan tempat duduk yang dapat diatur dan berkapasitas hingga 15 kg per seat-nya, Evalite Duo juga dapat digunakan untuk bayi yang baru lahir. Anda juga akan terbantu dengan panjangnya yang hanya 120 cm sehingga memberi ruang cukup ketika berada di ruang sempit. Anda pun tak perlu ragu dengan keamanannya karena produk sudah lulus uji EN1888:2012.

5. Oyster Max Stroller

5. Oyster Max Stroller

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.990.000

Kereta dorong untuk bayi kembar dan tunggal dalam satu produk

Bisa dibayangkan repotnya ketika Anda pergi hanya dengan salah satu bayi kembar Anda tetapi membawa kereta dorong dengan dua tempat duduk? Produk dari Oyster ini sayang untuk dilewatkan, terutama bila Anda ingin kereta dorong yang fleksibel. Berkat desain uniknya, tinggal atur tempat duduknya dan kereta dorong tandem pun berubah menjadi kereta dorong tunggal.

Anda dapat mengganti tempat duduknya dengan cot sehingga produk ini dapat dipakai untuk bayi yang baru lahir. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan fitur penambah kenyamanan bayi, seperti penyangga kaki yang dapat diatur dan pelindung matahari yang dapat diatur terpisah. Walaupun harganya cukup mahal, kalau memang ada budget lebih, mengapa tidak?

4. Graco Ready2Grow Stroller

4. Graco Ready2Grow Stroller

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.450.000

Tempat duduknya dapat diatur untuk 12 posisi!

Dengan desain tempat duduknya yang dapat diatur sebanyak 12 posisi, Anda bisa mengatur tempat duduknya agar si kembar dapat berinteraksi satu sama lain atau berinteraksi dengan Anda. Bahkan, produk ini dapat disesuaikan untuk anak yang lebih besar sehingga bayi dapat berinteraksi juga dengan saudaranya. Cocok untuk Anda yang ingin lebih banyak berkomunikasi dengan anak.

Produk ini memiliki panjang 106 cm dan berat 15 kg yang memudahkan penggunaannya. Selain itu, tempat duduknya berkapasitas 18 kg untuk kursi belakang dan 22 kg untuk kursi depan sehingga Anda dapat menggunakannya sampai bayi cukup besar. Desain rodanya pun akan memudahkan Anda untuk mengendalikan produk ini. Jadi, tidak ada salahnya melirik produk ini, kan?

3. MacLaren Twin Triumph

3. MacLaren Twin Triumph

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.850.000

Pintu dan celah yang sempit? Lewat!

Apakah Anda memiliki segudang aktivitas yang sering membuat Anda harus mobile dengan cepat? MacLaren menawarkan kereta dorong bayi dengan desain yang compact sehingga membuatnya mudah melewati celah sempit dan pintu. Fitur yang pas bila Anda sering melewati lorong sempit, seperti lorong di pasar atau supermarket. Kegiatan belanja bersama anak pun jadi lebih mudah!

Di samping itu, produk ini juga mudah dikendalikan sehingga pergerakan dapat lebih efisien, apalagi ketika sedang melakukan manuver. Sebagai pengimbang, rodanya dilengkapi dengan penyerap guncangan, bayi akan tetap merasa nyaman tanpa terguncang-guncang. Jaminan garansi seumur hidup yang ditawarkan akan semakin memantapkan pilihan Anda pada produk ini.

2. Joie Meet Aire Twin

2. Joie Meet Aire Twin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.850.000

Keamanan lebih dengan produk yang lulus standar kemanan Eropa

Dengan rangka yang terbuat dari bahan alumunium, Joie Meet Aire merupakan kereta dorong untuk bayi kembar yang sangat ringan dengan bobot hanya 11,8 kg. Selain ringan, desainnya pun compact ketika dilipat sehingga memudahkan penyimpanan ketika tidak digunakan. Roda ganda berdiameter besar pada tiap sisinya pun menambah kestabilan produk yang satu ini.

Produk ini dilengkapi berbagai fitur, seperti armbar yang dapat disesuaikan untuk menjaga keamanan bayi saat didudukkan atau diangkat dari kereta dorong. Ada pula sistem pengaman 5-point harness yang dapat diatur dengan 3 level ketinggian untuk menyesuaikan tinggi bayi. Produk yang lulus standar keamanan Eropa ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang peduli keamanan.

1. Cosatto Supa Dupa

1. Cosatto Supa Dupa

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.625.000

Segala kelengkapan fitur dalam satu produk!

Bila Anda ingin kereta dorong dengan fitur yang lengkap, kami merekomendasikan produk dari Cosatto ini. Produk ini bahkan dapat digunakan oleh bayi yang baru lahir. Dilengkapi dengan bantalan kepala dan dada serta kantung yang dapat dilepas, kereta dorong berwarna ceria ini memberikan perlindungan dan kenyamanan maksimal untuk bayi Anda.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi penutup dan raincover yang dapat melindungi bayi Anda dari matahari atau hujan. Apakah bayi Anda cepat bosan dan merengek? Jangan khawatir, adanya kantung untuk gadget serta speaker akan membantu menghilangkan rasa bosannya. Tempat duduknya pun dapat dilepas dan dibersihkan. Harganya pun sepadan dengan fitur yang ditawarkan, bukan?

Kesimpulan

Setelah mengenal lebih dalam tentang kedua tipe kereta dorong untuk bayi kembar, tentunya Anda sudah memiliki gambaran mengenai tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila masih bingung dalam menentukan produk pilihan, Anda bisa menjadikan rekomendasi kami sebagai referensi.

Semoga artikel kami membantu Anda. Jangan lupa pertimbangkan keamanan dan kenyamanan bayi Anda karena faktor ini juga tidak kalah penting. Selamat memilih!