• 10 Rekomendasi Shampo Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Shampo Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Shampo Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Shampo Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Shampo Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Shampo Anak Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Anak kucing belum bisa self-grooming atau mengurus dirinya sendiri. Selain itu, anak kucing memiliki bulu yang sangat halus dan kulit sensitif. Karena itu, memilih sampo untuknya perlu perhatian khusus. Tentunya Anda tidak ingin penampilan dan kesehatan anak kucing Anda menjadi taruhannya karena salah memilih sampo, bukan?

Menjaga kebersihan kucing kesayangan adalah hal yang tidak mudah. Untuk itu, penggunaan sampo dari merek tepercaya, seperti Bio-Groom, Furminator, dan lainnya akan sangat membantu. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk terbaik dan memberikan tips agar Anda tidak salah memilih. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 18 Juni 2020
  • 19.772 Views
Daftar isi

Cara memilih sampo anak kucing

Menurut sejarah, 130.000 tahun lalu, kucing berasal dari daerah berpasir di Timur Tengah. Habitat kucing yang kering menjadikan mereka tidak terbiasa dengan air. Karena terbiasa hidup di daerah kering jugalah, kucing memiliki kebiasaan menjilat dirinya sendiri. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan menjaga badannya tetap bersih.

Kebiasaan ini membuat kulit kucing menjadi sangat lembut dan sensitif. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kecocokan antara sampo dengan kulit kucing kesayangan Anda. Apalagi jika kucing Anda masih kecil, pemilihan sampo tentu harus lebih diperhatikan.

Pilih sampo sesuai dengan kondisi kulit anak kucing Anda

Pada umumnya, kucing memiliki kulit yang lembut, terutama kulit anak kucing yang lebih rentan dibandingkan kucing dewasa. Kulit anak kucing juga mudah terjangkit berbagai masalah. Karena itu, ketahuilah kondisi kulit anak kucing Anda sebelum memilih sampo yang tepat.

Sampo tanpa air atau towel shampoo: untuk kulit normal dan sehat

Sampo tanpa air atau towel shampoo: untuk kulit normal dan sehat

Kulit anak kucing sangatlah lembut karena masih dalam tahap pertumbuhan. Karena itu, sebaiknya Anda tidak terlalu sering memandikan anak kucing yang berusia kurang dari 3 bulan. Namun, anak kucing sering tidak sengaja mengotori dirinya sendiri, misalnya saat buang kotoran, sehingga terpaksa harus dimandikan.

Untuk kucing dengan kondisi kulit yang normal, kami merekomendasikan sampo yang tidak membutuhkan air atau yang disebut juga towel shampoo. Jika anak kucing Anda tidak terlalu takut pada air, penggunaan sampo biasa pun tak akan jadi masalah.

Sampo dengan daya pembersih yang tinggi: untuk kulit berminyak dan berketombe besar

Sampo dengan daya pembersih yang tinggi: untuk kulit berminyak dan berketombe besar

Anak kucing yang terlahir sehat tanpa penyakit bawaan, umumnya tidak rentan mengalami masalah kulit. Namun, sekarang banyak anak kucing yang rentan terkena masalah kulit hanya karena sedikit perubahan lingkungan. Periksalah dengan cermat kondisi kulit anak kucing Anda sebelum memilih sampo untuknya. Jika berminyak dan berketombe, kulit anak kucing Anda dapat dibilang cukup kotor.

Untuk kondisi tersebut, kami merekomendasikan sampo obat (medicated shampoo) dengan daya pembersih yang tinggi. Sebisa mungkin pilihlah sampo khusus kucing. Jangan memilih sampo yang bisa digunakan untuk anjing dan kucing. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih sampo tanpa aroma dan hanya mengandung sedikit zat aditif tambahan lainnya.

Sampo rendah bahan iritan: untuk kulit kering dan berketombe kecil

Sampo rendah bahan iritan: untuk kulit kering dan berketombe kecil
Ketika ketombe kecil muncul, kulit anak kucing biasanya dalam kondisi kering. Jika Anda menggunakan sampo obat, kulitnya malah akan menjadi semakin kering dan kasar. Karena itu, kami merekomendasikan sampo yang rendah bahan iritan dan lembut untuk kulitnya.
Lalu, bagaimana jika bulu anak kucing Anda kotor karena sisa makanan, tetapi kulitnya dalam kondisi kering? Tak perlu menggunakan sampo, Anda hanya perlu membilasnya dengan air hangat pelan-pelan.

Sampo antikutu: untuk kulit yang diserang kutu atau tungau

Sampo antikutu: untuk kulit yang diserang kutu atau tungau
Anak kucing bisa Anda dapatkan dari berbagai tempat. Misalnya, membelinya di pet shop atau mengadopsi kucing yang dibuang di jalanan. Terlepas dari tempat asalnya, anak kucing memiliki kemungkinan membawa serta kutu atau tungau di kulit tubuh mereka. Solusinya, Anda dapat menggunakan sampo antikutu dan tungau untuk kucing dewasa. Namun, sebaiknya hindarilah penggunaan sampo ini untuk anak kucing berkulit sensitif.
Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah mengecek kondisi kulit anak kucing Anda. Jika Anda menemukan kutu, tungau, atau luka, tetapi tak tahu cara penanganannya, segeralah membawanya ke dokter hewan. Dengan begitu, anak kucing Anda akan mendapatkan perawatan yang tepat langsung dari ahlinya.

Periksa komposisi bahan pembersih di dalam sampo

Pada dasarnya, komposisi sampo anak kucing dan sampo untuk manusia adalah sama. Keduanya mengandung surfaktan yang berfungsi untuk membersihkan kotoran. Berkat adanya bahan pembersih ini, membersihkan kulit anak kucing kesayangan Anda pun jadi lebih mudah dan efektif. Namun, bahan tersebut dapat menjadi iritan jika anak kucing Anda memiliki kulit sensitif atau kering.
Kebanyakan sampo anak kucing yang dijual di pasaran memang mengandung surfaktan. Untuk itu, Anda harus mengecek dengan teliti bahan pembersih yang terkandung di dalamnya. Berikut ini kami akan menjelaskan jenis surfaktan yang umum digunakan untuk sampo anak kucing.

Soap shampoo, daya pembersih dan tingkat keamanan yang tinggi

Soap shampoo, daya pembersih dan tingkat keamanan yang tinggi

Jika Anda mencari sampo dengan daya pembersih yang tinggi sekaligus aman, sampo berbasis sabun bisa menjadi pilihan. Namun, meskipun sampo ini bersifat basa dan kotoran dapat terangkat dengan cepat, bulu kucing bisa menjadi kusut.

Bahan pembersih sampo jenis sabun juga sering digunakan untuk sampo organik khusus anak kucing. Ada juga yang digunakan untuk sampo bayi manusia. Komponen yang biasa terkandung di dalamnya adalah potassium soap base, lauric acid K, oleic acid K, myricetin K, dan lainnya.

Higher alcohol shampoo, daya bersih tinggi dengan tingkat keamanan sedang

Higher alcohol shampoo, daya bersih tinggi dengan tingkat keamanan sedang
Bahan pembersih berjenis higher alcohol memiliki daya pembersih yang kuat meskipun hanya dalam jumlah sedikit. Karena alasan itu, bahan ini umum digunakan untuk membuat sampo dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, higher alcohol juga membuat sampo menghasilkan lebih banyak busa.
Di sisi lain, karena sifat alkohol yang keras, sampo ini tidak cocok untuk anak kucing yang berkulit kering. Komponen yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah sodium lauryl sulfate, sodium laureth sulfate, serta berbagai zat lainnya.

Amino acid shampoo, minim iritasi dan ramah terhadap bulu kucing

Amino acid shampoo, minim iritasi dan ramah terhadap bulu kucing
Sampo berbasis asam amino adalah jenis yang paling ramah di kulit dan bulu anak kucing. Sampo manusia yang tidak menimbulkan iritasi umumnya pun berbasis asam amino. Sampo ini adalah pilihan tepat untuk anak kucing yang kulitnya cenderung rentan kering.
Namun, Anda harus memastikan sampo terbilas sempurna agar tidak ada zat pelembap yang tertinggal di kulitnya. Komponen yang biasa terkandung di dalamnya adalah TEA lauroyl sarcosine, sodium lauroyl aspartate, cocoyl glutamic acid, dan sodium cocoyl alaninate.

Betaine shampoo, lembut untuk kulit dan bulu kucing

Betaine shampoo, lembut untuk kulit dan bulu kucing
Sama seperti sampo berbasis asam amino, sampo berbahan betaine juga direkomendasikan untuk anak kucing yang kulitnya sensitif. Sampo yang mengandung betaine dikenal memiliki kemampuan melembapkan yang lebih baik dibandingkan sampo asam amino.
Sampo jenis ini sangat cocok untuk anak kucing berbulu panjang yang bulunya rentan kusut. Komponen yang biasa terkandung di dalamnya adalah cocamidopropyl betaine dan lauramidopropyl betaine.

Taurine shampoo, bahan alami dengan daya pembersih tinggi dan busa melimpah

Taurine shampoo, bahan alami dengan daya pembersih tinggi dan busa melimpah
Taurine merupakan zat yang diperoleh dari buah kelapa. Sampo berbasis taurine dikenal memiliki hasil pencucian yang bersih. Jenis ini juga memiliki kemampuan menghasilkan busa dan daya pembersih yang baik. Jadi, Anda dapat menggunakannya untuk anak kucing dengan kulit berminyak.
Selain itu, jika digunakan pada anak kucing berkulit sehat, sampo ini akan membersihkan sekaligus melembapkan kulit. Komponen yang biasa terkandung di dalamnya adalah sodium cocoyl methyl taurate, sodium lauroyl methyl taurate, sodium cocoyl methyl taurate taurine, dan lainnya. Sayangnya, sampo jenis ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Protein shampoo, meningkatkan kehalusan bulu

Protein shampoo, meningkatkan kehalusan bulu
Bahan pembersih yang sering kali digunakan dalam produk sampo kecantikan adalah berbagai jenis protein. Sampo berbasis protein dapat meningkatkan kualitas tekstur bulu agar lebih halus. Di antara protein yang digunakan untuk sampo, silk protein cukup sering ditemukan.
Tambahan silk protein umumnya akan membuat harga sampo menjadi lebih mahal. Namun, daya pembersihnya juga akan meningkat sehingga hasil pencucian lebih memuaskan. Komponen yang biasa terkandung di dalamnya adalah sodium cocoyl hydrolyzed collagen, sodium lauroyl silk amino acid, dan lauroyl silk amino acid K.

Cek kandungan bahan aditif yang terkandung di dalamnya

Cek kandungan bahan aditif yang terkandung di dalamnya
Seperti halnya produk sampo untuk manusia, ada juga sampo anak kucing yang berlabel bebas senyawa aditif. Sampo bebas senyawa aditif ini aman digunakan, bahkan oleh anak kucing yang berkulit sensitif sekalipun. Sebagai contoh, senyawa silikon, paraben, parfum, atau pengawet kimia adalah komponen yang sebaiknya dihindari.
Namun, tanpa tambahan pengawet kimia, masa simpan sampo akan berkurang sehingga harus dihabiskan secepat mungkin. Jadi, perhitungkan frekuensi pemakaian dan perhatikanlah komponen dari sampo anak kucing pilihan Anda.

10 Rekomendasi shampo anak kucing terbaik

Memilih sampo anak kucing dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu kondisi kulit anak kucing, komponen sampo, dan lain-lain. Berikutnya, kami rekomendasikan produk-produk sampo anak kucing terbaik agar Anda tidak salah memilih.

10
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan pembersihTidak disebutkan
Bahan tambahanFresh fragrance
9

Tamasindo Fungizol Anti Fungi Shampoo for Cat and Kitten

Rp 25.000,00

Jenis kulitTerinfeksi jamur
Bahan pembersihTidak disebutkan
Bahan tambahanMiconazol nitrat, chlorhexidine gluconate, lime sulfur, conditioner complex
8

Lala Pet Bio Feline Flea Tick Lice Treatment Shampoo for Cats & Kittens

Rp 39.000,00

Jenis kulitTerserang kutu, tungau, atau serangga
Bahan pembersihTidak disebutkan
Bahan tambahanPermethrin, piperonyl butoxide technical
7
Jenit kulitSemua jenis kulit
Bahan pembersihLauramidopropyl betaine, cocamide MIPA, sodium laureth sulfate, decyl glucoside, cleansers derived from regrowable and 100% biodegradable sources
Bahan tambahanLavender fragrance, Aloe vera
6

Four Paws Magic Coat Waterless Shampoo for Cats & Kittens

Rp 135.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan pembersihCoco-sulfate polysorbate 20
Bahan tambahanFragrance
5
Jenis kulitKulit kering
Bahan pembersihCocamidopropyl betaine (CAB 30), cocamide DEA
Bahan tambahanAsam aroma dan pengikat bau
4
Jenis kulitSemua jenis kulit
Bahan pembersihCoconut and palm kernel oils, sodium coco sulfate, decyl glucoside, lauramidopropyl betaine, cleansers derived from regrowable and 100% biodegradable sources
Bahan tambahanLavendar fragrance, chamomile
3
Jenis kulitSemua jenis kulit termasuk kulit sensitif
Bahan pembersihMild surfactant blend, moisturizing and rinsing agents
Bahan tambahanFragrance (baby powder scent), jojoba oils, keratin
2
Jenis kulitSemua jenis kulit termasuk kulit sensitif
Bahan pembersihNatural surfactants
Bahan tambahanKava extract, Aloe vera
1
JenisSemua jenis kulit termasuk sensitif
Bahan pembersihCoconut based cleansers
Bahan tambahanAloe, panthenol (conditioner), jojoba, vitamins A, D, E, fragrance

Tabel perbandingan produk shampo anak kucing terbaik

Gambar produk
1
Espree  Kitten Shampoo 1

Espree

2
Furminator  My FURst Waterless Kitten Shampoo 1

Furminator

3
Perfect Coat  Tearless Kitten Shampoo 1

Perfect Coat

4
Bio-Groom Klean Kitty No Rinse Shampoo 1

Bio-Groom

5
Mokai  Kitten Shampoo 1

Mokai

6
Four Paws  Magic Coat Waterless Shampoo for Cats & Kittens 1

Four Paws

7
Bio-Groom  Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo 1

Bio-Groom

8
Lala Pet  Bio Feline Flea Tick Lice Treatment Shampoo for Cats & Kittens 1

Lala Pet

9
Tamasindo  Fungizol Anti Fungi Shampoo for Cat and Kitten 1

Tamasindo

10
Dixci  Kitten Formula Shampoo 1

Dixci

Nama produk

Kitten Shampoo

My FURst Waterless Kitten Shampoo

Tearless Kitten Shampoo

Klean Kitty No Rinse Shampoo

Kitten Shampoo

Magic Coat Waterless Shampoo for Cats & Kittens

Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo

Bio Feline Flea Tick Lice Treatment Shampoo for Cats & Kittens

Fungizol Anti Fungi Shampoo for Cat and Kitten

Kitten Formula Shampoo

Keunggulan

Kombinasi ekstrak lidah buaya dan jojoba untuk kenyamanan kulitnya

Sampo berbahan alami sahabat kitten owner pemula

Diperkaya keratin untuk bulu halus bak sutra

Tetap bersih tanpa bilas, kucing pun tidak stres!

Vitamin E dan asam amino, kombinasi terbaik untuk bulu lebih berkilau

Cepat kering tanpa meninggalkan residu, wanginya segar pula!

Formulanya lembut, bulu kucing pun dijamin tampak sehat berkilau

Bantu membasmi dan mencegah kutu datang kembali

Andalan utama untuk atasi jamur membandel

Hasilkan aroma segar yang tahan lebih lama

HargaRp 150.000,00Rp 164.000,00Rp 1.213.200,00Rp 100.000,00Rp 39.125,00Rp 135.000,00Rp 141.900,00Rp 39.000,00Rp 25.000,00Rp 55.000,00
JenisSemua jenis kulit termasuk sensitifSemua jenis kulit termasuk kulit sensitifSemua jenis kulit termasuk kulit sensitifSemua jenis kulitKulit keringSemua jenis kulitSemua jenis kulitTerserang kutu, tungau, atau seranggaTerinfeksi jamurSemua jenis kulit
Bahan pembersihCoconut based cleansersNatural surfactantsMild surfactant blend, moisturizing and rinsing agentsCoconut and palm kernel oils, sodium coco sulfate, decyl glucoside, lauramidopropyl betaine, cleansers derived from regrowable and 100% biodegradable sources Cocamidopropyl betaine (CAB 30), cocamide DEACoco-sulfate polysorbate 20Lauramidopropyl betaine, cocamide MIPA, sodium laureth sulfate, decyl glucoside, cleansers derived from regrowable and 100% biodegradable sourcesTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Bahan tambahanAloe, panthenol (conditioner), jojoba, vitamins A, D, E, fragranceKava extract, Aloe veraFragrance (baby powder scent), jojoba oils, keratinLavendar fragrance, chamomileAsam aroma dan pengikat bauFragranceLavender fragrance, Aloe veraPermethrin, piperonyl butoxide technicalMiconazol nitrat, chlorhexidine gluconate, lime sulfur, conditioner complexFresh fragrance
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan untuk kucing lainnya di sini!

Merawat anak bulu kesayangan memang bukan perkara mudah. Anda masih membutuhkan produk cat grooming lainnya, seperti gunting kuku, sikat gigi, atau sisir. Dengan begitu, si meong akan tetap sehat dan terawat. Simak artikel rekomendasinya di bawah ini dan temukan produk yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda!

Kesimpulan

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih sampo anak kucing, mulai dari komposisi hingga kondisi kulitnya. Anda juga perlu memperhatikan frekuensi dan kuantitas pemakaian sampo untuk mencegah berbagai masalah kulit pada anak kucing kesayangan Anda.
Kulit yang terawat akan membuat anak kucing menjadi lebih sehat dan nyaman. Jika terjadi iritasi atau masalah kulit yang lebih parah, sebaiknya hentikan penggunaan. Segeralah berkonsultasi dengan dokter hewan kepercayaan Anda, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Semenjak itu beraneka ragam makanan kucing atau cat food dari beragam tekstur dan merek banyak bermunculan. Mulai dari yang paling terkenal seperti Whiskas, Meo, dan Friskies, hingga yang paling premium seperti Equilibrio, Royal Canin, Orijen, dan Blackwood. Pernah merasa kebingungan harus pilih yang mana?Kali ini kami akan memberikan tip untuk memilih makanan kucing serta 10 rekomendasi terbaik untuk kucing kesayangan Anda. Adapun kandungan yang perlu dihindari juga harus Anda ingat supaya tidak salah pilih.
    Perawatan hewan
    208.690 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Namun, ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan sebagainya. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin mana yang terbaik?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda di rumah. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, VITA-GEL, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, langsung saja simak ulasan kami di bawah ini!
    Perawatan hewan
    33.752 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Terbaik untuk Kucing (Terbaru Tahun 2020)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang diberikan dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu kucing bernutrisi yang paling direkomendasikan. Pilihlah produk terbaik untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan hewan
    127.967 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan hewan
    103.698 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing terbaik adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Meski pilihannya banyak, Anda tidak perlu bimbang lagi. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Perawatan hewan
    83.489 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Perawatan hewan
    87.395 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mainan Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang memelihara kelinci, tentu Anda akan merasa terhibur dengan berbagai ekspresi wajah dan tingkah lakunya saat bermain dengan mainannya. Namun, banyak sekali jenis mainan kelinci yang dijual di pasaran sehingga membuat Anda bingung dalam memilih, misalnya chewing type, digging type, chase ball type, dan tunnel type.Pada artikel kali ini kami akan membahas tips memilih mainan kelinci berdasarkan karakteristik kelinci Anda dan juga memberikan beberapa rekomendasi mainan kelinci terbaik! Silakan dipilih sesuai dengan tingkah laku dan kesukaan kelinci peliharaan Anda. Bersenang-senanglah dan tingkatkan keakraban Anda dengan kelinci Anda!
    Perawatan hewan
    4.326 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori