• 10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Anak kucing belum bisa self-grooming atau mengurus dirinya sendiri. Kulitnya sensitif, bahkan kadang mengalami masalah karena kutu atau jamur. Karena itu, memilih shampo untuknya membutuhkan perhatian yang khusus. Tentunya Anda tidak ingin penampilan dan kesehatan kitten Anda menjadi taruhannya karena salah memilih shampo, bukan?

Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih shampo anak kucing yang bagus serta rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari shampo 2-in-1 hingga antikutu dari merek terpercaya ada di daftar rekomendasi, seperti Bio-Groom, earthbath, Dixci, dan Bioline. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Bella Fortuna
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Bella Fortuna

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Bella Fortuna
drh. Bella Fortuna
Veterinarian
drh. Bella Fortuna

drh. Bella adalah seorang dokter hewan muda yang telah selesai menempuh profesi dokter hewan di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Ia merupakan founder dokterhewanku.com, situs untuk konsultasi online hewan kesayangan.

drh. Bella berpengalaman dalam telemedicine selama satu tahun lebih dengan ratusan client setiap bulannya. Ia juga menerima konsultasi online melalui aplikasi khusus tentang hewan peliharaan. Selain itu, ia juga seorang dokter praktisi di klinik hewan kecil di Kota Ngawi, Jawa Timur.

Apakah shampo bayi aman untuk kucing?

Apakah shampo bayi aman untuk kucing?

Menurut sejarah, 130.000 tahun lalu, kucing berasal dari daerah berpasir di Timur Tengah. Habitat kucing yang kering menjadikan mereka tidak terbiasa dengan air. Karena terbiasa hidup di daerah kering jugalah kucing memiliki kebiasaan menjilat dirinya sendiri. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan menjaga badannya tetap bersih.


Anak kucing memulai kebiasaan ini dari umur satu bulan. Namun, jika kucing mengotori dirinya setelah bermain di luar, jilatan pun tidak akan cukup untuk membersihkan tubuhnya. Dalam kasus ini, Anda harus memandikannya.


Perlu diingat bahwa anak kucing boleh dimandikan minimal umur 6–8 minggu dan dalam kondisi yang mendesak. Kondisi tersebut misalnya masalah kulit, kotor karena lumpur, atau kotor terkena kotorannya. Pastikan juga anak kucing tersebut masih dalam keadaan sehat. Jika anak kucing sudah menginjak usia 8 minggu ke atas, Anda dapat memandikannya setiap 4–6 minggu sekali.


Kami tidak menyarankan penggunaan sampo bayi untuk kucing Anda. Sampo bayi memiliki kandungan yang keras dan kadar pH terlalu rendah untuk kulit kucing. Produk tersebut hanya aman apabila dipakai dalam kondisi darurat atau untuk jangka pendek. Sampo bayi tanpa pewangi yang memiliki pH sedikit basa merupakan sampo manusia yang cocok untuk kucing.


Gunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk anak kucing. Dengan begitu, anak kucing Anda tidak akan mengalami iritasi kulit dan bulunya pun akan tampil sehat. Anda perlu memerhatikan kandungan bahan dari sampo yang akan Anda pilih karena anak kucing mudah mengalami iritasi dan alergi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih shampo anak kucing

Sampo anak kucing memiliki bentuk, kandungan, dan manfaat yang beragam. Karena itu, simak dulu poin-poin di bawah ini untuk mendapatkan sampo kitten yang tepat.

Kenali tipe shampo yang tersedia

Sampo atau sabun untuk memandikan kucing ada tiga macam, yakni sampo cair, sampo waterless, dan sampo 2-in-1. Untuk mengetahui keunggulan dari tiap macam sampo anak kucing, simaklah penjelasan berikut ini.

Shampo cair untuk menghilangkan kotoran membandel

Shampo cair untuk menghilangkan kotoran membandel

Bagi Anda yang mengadopsi kucing dari jalanan, ada baiknya Anda memandikannya secara teliti dengan sampo cair. Dengan begitu, Anda bisa mencegah penyebaran kutu atau penyakit ke hewan peliharaan lain Anda. Kotoran yang menempel ke bulu anak kucing pun akan mudah hilang dengan sampo ini.


Anak kucing yang tidak terbiasa dengan air akan banyak bergerak ketika Anda coba memandikannya. Karena itu, kami merekomendasikan produk sampo cair yang tidak pedih di mata atau tearless. Dengan begitu, anak kucing tidak akan terluka meskipun sampo masuk ke dalam matanya.

Shampo waterless untuk kucing yang takut air

Shampo waterless untuk kucing yang takut air

Apakah anak kucing Anda sulit diajak mandi? Tak perlu khawatir karena ada waterless shampoo atau sampo tanpa air, tanpa bilas. Secara naluri, kucing adalah hewan yang takut dengan air. Jadi, ketika dimandikan, kucing akan cenderung takut hingga akhirnya stres. Karena itu, sampo tanpa bilasan air adalah pilihan yang tepat.


Bentuk sampo jenis ini seperti busa yang Anda aplikasikan ke tubuh anak kucing. Biarkan samponya sampai kering dan jangan lupa untuk menyisir bulu kitten Anda. Pastikan sampo telah terserap dengan baik untuk mencegah kucing Anda menjilatnya.


Tipe ini pas digunakan untuk menghilangkan bau atau kotoran yang ringan. Jika tubuh anak kucing Anda berlumuran lumpur atau cukup kotor, gunakan sampo cair dan mandikan seperti biasa. Anda juga bisa memakai sampo waterless di sela-sela jadwal mandi utamanya atau saat traveling.

Shampo 2-in-1 untuk menjaga kelembutan bulu kucing

Shampo 2-in-1 untuk menjaga kelembutan bulu kucing

Seperti pada sampo manusia, ada pula shampo anak kucing yang dilengkapi kondisioner. Sampo 2-in-1 membantu Anda menghemat uang dari pembelian produk kondisioner yang berbeda. Selain itu, bulu anak kucing Anda juga akan makin lembut dengan bantuan kondisioner. Sampo ini biasanya berbentuk cair sehingga Anda perlu membilasnya dengan air.

Pilihlah sesuai kondisi kulit anak kucing Anda

Pada umumnya, kucing memiliki kulit yang lembut, terutama kulit anak kucing yang lebih rentan dibandingkan kucing dewasa. Kulit anak kucing juga mudah terjangkit berbagai masalah. Karena itu, ketahuilah kondisi kulit anak kucing Anda sebelum memilih sampo yang tepat.

Shampo obat, mengatasi kulit bermasalah

Shampo obat, mengatasi kulit bermasalah

Anak kucing yang terlahir sehat tanpa penyakit bawaan umumnya tidak rentan mengalami masalah kulit. Namun, sekarang banyak anak kucing yang rentan terkena masalah kulit hanya karena sedikit perubahan lingkungan.


Masalah kulit pada anak kucing yang sering dijumpai adalah jamur, alergi, dan infeksi bakteri. Salah satu terapi yang bisa Anda berikan adalah dengan menggunakan sampo khusus masalah kesehatan kulit (medicated shampoo). Periksalah dengan cermat kondisi kulit anak kucing Anda sebelum memilih sampo untuknya.


Jika berminyak dan berketombe, kulit anak kucing Anda dapat dibilang cukup kotor. Untuk kondisi tersebut, gunakan sampo obat (medicated shampoo) dengan daya pembersih yang tinggi. Sebaiknya Anda memilih sampo tanpa aroma dan minim zat aditif lainnya.

Shampo rendah bahan iritan, solusi kulit kering dan sensitif

Shampo rendah bahan iritan, solusi kulit kering dan sensitif

Ketika ketombe kecil muncul, kulit anak kucing biasanya dalam kondisi kering. Jika Anda menggunakan sampo obat, kulitnya malah akan menjadi makin kering dan gatal. Karena itu, kami menyarankan sampo yang rendah bahan iritan dan lembut untuk kulitnya.


Lalu, bagaimana jika bulu anak kucing Anda kotor karena sisa makanan, tetapi kulitnya dalam kondisi kering? Anda hanya perlu membilasnya dengan air hangat pelan-pelan.

Sampo antikutu, mengobati kutu dan tungau

Sampo antikutu, mengobati kutu dan tungau

Anak kucing bisa Anda dapatkan dari berbagai tempat, seperti toko binatang atau dari jalanan. Terlepas dari tempat asalnya, anak kucing memiliki kemungkinan membawa serta kutu atau tungau di kulit tubuh mereka. Solusinya, Anda dapat menggunakan sampo anak kucing yang antikutu dan tungau.


Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah mengecek kondisi kulit anak kucing Anda. Jika Anda menemukan kutu, tungau, atau luka, tetapi tak tahu cara penanganannya, segeralah membawanya ke dokter hewan. Dengan begitu, anak kucing Anda akan mendapatkan perawatan yang tepat langsung dari ahlinya.


Rangkaian pengobatan pada anak kucing tidak cukup dengan pemberian obat injeksi atau tetes. Namun, Anda bisa mengombinasikan terapi memandikan kucing dengan menggunakan sampo khusus yang diformulasikan untuk membunuh kutu.

Periksa kandungan bahan pembersihnya

Baik sampo anak kucing maupun sampo manusia mengandung surfaktan yang berfungsi untuk membersihkan kotoran. Namun, bahan tersebut dapat menjadi iritan jika anak kucing Anda memiliki kulit sensitif atau kering. Karena itu, cek bahan pembersih yang terkandung dalam produk yang Anda inginkan. Berikut ini, kami akan menjelaskan jenis surfaktan yang umum digunakan untuk sampo anak kucing.

Higher alcohol shampoo, daya bersihnya lebih tinggi

Higher alcohol shampoo, daya bersihnya lebih tinggi
Bahan pembersih berjenis higher alcohol memiliki daya pembersih yang kuat meskipun hanya dalam jumlah sedikit. Karena alasan itu, bahan ini umum digunakan untuk membuat sampo dengan harga yang cukup terjangkau.

Pembersih higher alcohol juga membuat sampo menghasilkan lebih banyak busa. Di sisi lain, sifat alkoholnya yang keras membuatnya kurang pas untuk anak kucing yang rentan iritasi dan sensitif. Contoh pembersih higher alcohol adalah sodium lauryl sulfate, sodium laureth sulfate, serta pembersih berbahan kelapa.

Betaine shampoo, meningkatkan kehalusan bulu

Betaine shampoo, meningkatkan kehalusan bulu

Sampo jenis ini sangat cocok untuk anak kucing berbulu panjang yang bulunya rentan kusut. Betaine dikenal memiliki kemampuan melembapkan yang baik sehingga membuat bulu kucing lebih lembut.


Komponen yang biasa terkandung di dalamnya adalah cocamidopropyl betaine dan lauramidopropyl betaine. Namun, perlu diperhatikan bahwa cocamidopropyl betaine dapat menyebabkan iritasi pada kucing dengan kulit sensitif.

Protein shampoo, menghasilkan bulu yang kuat

Protein shampoo, menghasilkan bulu yang kuat
Bahan pembersih yang sering kali digunakan dalam produk sampo kecantikan adalah berbagai jenis protein. Sampo berbasis protein dapat meningkatkan kualitas tekstur bulu agar lebih halus. Protein penting untuk memperbaiki struktur bulu kucing, menguatkan bulu, dan membuat bulu menjadi tidak mudah rontok.

Pertumbuhan bulu yang lambat juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan protein pada bulu. Untuk itu, selain memperbaiki nutrisi dari dalam, perlu juga perawatan dari luar dengan menggunakan sampo protein.


Di antara protein yang digunakan untuk sampo, silk protein cukup sering ditemukan. Tambahan silk protein umumnya akan membuat harga sampo menjadi lebih mahal. Namun, daya pembersihnya juga akan meningkat sehingga hasil pencucian lebih memuaskan. Komponen yang biasa terkandung di dalamnya adalah sodium cocoyl hydrolyzed collagen dan sodium lauroyl silk amino acid.


Anda juga bisa pertimbangkan produk sampo yang dibekali protein atau keratin terhidrolisis. Protein tersebut membantu meningkatkan kekuatan serta hidrasi bulu anak kucing Anda agar terlihat berkilau.

Cek bahan aditif yang terkandung di dalamnya

Cek bahan aditif yang terkandung di dalamnya

Seperti halnya produk sampo untuk manusia, ada juga sampo anak kucing yang berlabel bebas senyawa aditif. Sampo bebas senyawa aditif ini aman digunakan, bahkan oleh anak kucing yang berkulit sensitif sekalipun. Sebagai contoh, senyawa silikon, paraben, pewarna, parfum, atau pengawet kimia adalah komponen yang sebaiknya dihindari.


Namun, tanpa tambahan pengawet kimia, masa simpan sampo akan berkurang sehingga harus dihabiskan secepat mungkin. Jadi, perhitungkan frekuensi pemakaian dan perhatikanlah komponen dari sampo anak kucing pilihan Anda.

10 Rekomendasi shampo anak kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk shampo anak kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Bella Fortuna.

10
TipeSampo 2-in-1
Bahan pembersihPembersih berbahan tanaman dan kelapa
Jenis kulitKulit normal, kulit sensitif
Bahan lainnyaAir terpurifikasi, jus Aloe vera, kondisioner, minyak jojoba, vitamin A, B5, dan E, garam, EDTA
Isi354 ml
Zat aditifParfum, pewarna, pengawet
9

Earthwhile Endeavorsearthbath Mango Tango® 2-in-1 Conditioning Shampoo

Mulai dari Rp 222.000,00

TipeSampo 2-in-1
Bahan pembersihPembersih terbarukan berbahan tanaman dan kelapa
Jenis kulitKulit normal
Bahan lainnyaAir terpurifikasi, kondisioner lembut, Aloe vera organik, vitamin A, B, D, dan E, gliserin, detangler
Isi472 ml, 3,87 L, 9,46 L
Zat aditifParfum, pengawet
8

Bio-Derm LaboratoriesBio-Groom Kuddly Kitty™ Tearless Kitten Shampoo

Mulai dari Rp 150.000,00

TipeSampo cair
Bahan pembersihPembersih dari jagung yang 100% biodegradable, kelapa, minyak inti sawit, disodium cocoamphodiacetate, decyl glucoside, sodium laureth sulfate, lauramidopropyl betaine
Jenis kulitKulit normal, kulit sensitif
Bahan lainnyaAir terpurifikasi, PEG-71 lanolin, bishydroxyethyl dihydroxypropyl stearammonium chloride, cocomide MIPA, gliserin, lidah buaya, asam sitrat
Isi236 ml
Zat aditifParfum, pewarna
7
TipeSampo antikutu dan antijamur
Bahan pembersihAmmonium laureth sulfosuccinate-30, lauryl glucoside, cocamidopropyl betaine
Jenis kulitKulit terserang kutu, tungau, dan jamur
Bahan lainnyaAir terpurifikasi, pyrocide intermediate, polyquaternium-7, ammonium chloride, methylchloroisothiozolinone
Isi473 ml
Zat aditifParfum, pewarna
6

Bio-Derm LaboratoriesBio-Groom Klean Kitty™ No Rinse Shampoo

Mulai dari Rp 125.000,00

TipeSampo waterless
Bahan pembersihPembersih dari jagung yang 100% biodegradable, kelapa, minyak inti sawit, sodium coco sulfate, decyl glucoside, lauramidopropyl betaine
Jenis kulitSemua jenis kulit, khususnya kulit kering dan sensitif
Bahan lainnyaAir terpurifikasi, PFG-75 lanolin, kamomil, pengemulsi polisorbat 20
Isi236 ml
Zat aditifParfum, pewarna
5

Qingdao Magic Pet ProductsBioline Deshedding Shampoo

Mulai dari Rp 45.900,00

TipeSampo cair
Bahan pembersihSodium laureth sulfate, coconut monoethanolamide, cicamidopropyl betaine
Jenis kulitKulit normal
Bahan lainnyaRadix polygoni multiflori, air deionisasi, polyquatemium-10, ekstrak akar umbi fleeceflower
Isi200 ml
Zat aditifParfum
4
TipeSampo cair
Bahan pembersihAnionic surfactants, non-ionic surfactants
Jenis kulitKulit normal
Bahan lainnyaTidak disebutkan
Isi250 ml
Zat aditifParfum, pewarna, pengawet
3
TipeSampo cair
Bahan pembersihTidak disebutkan
Jenis kulitKulit normal
Bahan lainnyaTidak disebutkan
Isi600 ml
Zat aditifTidak disebutkan
2
TipeSampo cair
Bahan pembersihSodium laureth sulfate
Jenis kulitKulit normal
Bahan lainnyaAir terpurifikasi, ekstrak angelica, ekstrak mentimun
Isi60 ml, 100 ml, 250 ml
Zat aditifTidak disebutkan
1

Tamasindo Fungizol Anti Fungi Shampoo for Cat and Kitten

Mulai dari Rp 16.000,00

TipeSampo obat
Bahan pembersihTidak disebutkan
Jenis kulitKulit terinfeksi jamur
Bahan lainnyaMikonazol nitrat, soicillic acid, sulfur kapur, kompleks kondisioner
Isi125 ml, 250 ml, 500 ml, 600 ml, 1000 ml, 5000 ml
Zat aditifTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk shampo anak kucing terbaik

Gambar produk
1
Tamasindo  Fungizol Anti Fungi Shampoo for Cat and Kitten 1

Tamasindo

2
Olive Care Daily Care Face & Body 1

Olive Care

3
Dixci Kitten Formula Shampoo 1

Dixci

4
Mpets Long Hair Cat Shampoo 1

Mpets

5
Qingdao Magic Pet Products Bioline Deshedding Shampoo 1

Qingdao Magic Pet Products

6
Bio-Derm Laboratories Bio-Groom Klean Kitty™ No Rinse Shampoo 1

Bio-Derm Laboratories

7
Synergy Labs Flea & Tick Shampoo 1

Synergy Labs

8
Bio-Derm Laboratories Bio-Groom Kuddly Kitty™ Tearless Kitten Shampoo 1

Bio-Derm Laboratories

9
Earthwhile Endeavors earthbath Mango Tango® 2-in-1 Conditioning Shampoo 1

Earthwhile Endeavors

10
espree  Kitten Shampoo 1

espree

Nama produk

Fungizol Anti Fungi Shampoo for Cat and Kitten

Daily Care Face & Body

Kitten Formula Shampoo

Long Hair Cat Shampoo

Bioline Deshedding Shampoo

Bio-Groom Klean Kitty™ No Rinse Shampoo

Flea & Tick Shampoo

Bio-Groom Kuddly Kitty™ Tearless Kitten Shampoo

earthbath Mango Tango® 2-in-1 Conditioning Shampoo

Kitten Shampoo

Keunggulan

Andalan utama untuk atasi jamur membandel

Bulu kucing berwarna putih tetap bersih? Bisa!

Aroma tubuhnya tetap segar meskipun aktif bergerak

Memudahkan Anda menyisir kucing berbulu panjang

Selain bebas rontok, bulu kucing akan lembut dan berkilau!

Pembersihnya lembut di kulit, pas untuk kulit sensitif

Cara efekif untuk mengusir kutu dan telurnya

Sampo bebas sabun, memandikan anak kucing pun lebih hemat waktu!

Ada kondisioner dan detangler, bye bye hairball!

Dengan manfaat minyak jojoba untuk bulu yang sehat dan shiny!

Harga mulai dariRp 16.000,00Rp 88.000,00Rp 43.000,00Rp 49.000,00Rp 45.900,00Rp 125.000,00Rp 195.500,00Rp 150.000,00Rp 222.000,00Rp 195.000,00
TipeSampo obatSampo cairSampo cairSampo cairSampo cairSampo waterlessSampo antikutu dan antijamurSampo cairSampo 2-in-1Sampo 2-in-1
Bahan pembersihTidak disebutkanSodium laureth sulfateTidak disebutkanAnionic surfactants, non-ionic surfactantsSodium laureth sulfate, coconut monoethanolamide, cicamidopropyl betainePembersih dari jagung yang 100% biodegradable, kelapa, minyak inti sawit, sodium coco sulfate, decyl glucoside, lauramidopropyl betaineAmmonium laureth sulfosuccinate-30, lauryl glucoside, cocamidopropyl betainePembersih dari jagung yang 100% biodegradable, kelapa, minyak inti sawit, disodium cocoamphodiacetate, decyl glucoside, sodium laureth sulfate, lauramidopropyl betainePembersih terbarukan berbahan tanaman dan kelapaPembersih berbahan tanaman dan kelapa
Jenis kulitKulit terinfeksi jamurKulit normalKulit normalKulit normalKulit normalSemua jenis kulit, khususnya kulit kering dan sensitifKulit terserang kutu, tungau, dan jamurKulit normal, kulit sensitifKulit normalKulit normal, kulit sensitif
Bahan lainnyaMikonazol nitrat, soicillic acid, sulfur kapur, kompleks kondisionerAir terpurifikasi, ekstrak angelica, ekstrak mentimunTidak disebutkanTidak disebutkanRadix polygoni multiflori, air deionisasi, polyquatemium-10, ekstrak akar umbi fleeceflowerAir terpurifikasi, PFG-75 lanolin, kamomil, pengemulsi polisorbat 20Air terpurifikasi, pyrocide intermediate, polyquaternium-7, ammonium chloride, methylchloroisothiozolinoneAir terpurifikasi, PEG-71 lanolin, bishydroxyethyl dihydroxypropyl stearammonium chloride, cocomide MIPA, gliserin, lidah buaya, asam sitratAir terpurifikasi, kondisioner lembut, Aloe vera organik, vitamin A, B, D, dan E, gliserin, detanglerAir terpurifikasi, jus Aloe vera, kondisioner, minyak jojoba, vitamin A, B5, dan E, garam, EDTA
Isi125 ml, 250 ml, 500 ml, 600 ml, 1000 ml, 5000 ml60 ml, 100 ml, 250 ml600 ml 250 ml200 ml236 ml473 ml236 ml472 ml, 3,87 L, 9,46 L354 ml
Zat aditifTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanParfum, pewarna, pengawetParfumParfum, pewarnaParfum, pewarnaParfum, pewarnaParfum, pengawetParfum, pewarna, pengawet
Tautan produk

Tips memandikan anak kucing dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna

Tips memandikan anak kucing dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna
  1. Potong kuku kucing untuk mengantisipasi cedera saat mencakar kita.
  2. Bersihkan telinganya menggunakan baby oil. Caranya, tuangkan pada kapas lalu bersihkan telinganya perlahan secara bergantian.
  3. Bersihkan kotoran mata dan hidung menggunakan tisu yang lembut.
  4. Sisir bulu kucing yang menggumpal.
  5. Tutup telinga kucing dengan kapas saat akan dimandikan. Air yang masuk ke dalam telinga akan menyebabkan otitis pada kucing.
  6. Mulai mandikan kucing dengan membasahi tubuhnya dengan air hangat agar kucing merasa nyaman. Usahakan untuk memandikan kucing di wastafel.
  7. Pegang bagian bawah leher kucing agar mudah di-handle.
  8. Tuangkan sampo khusus untuk kucing secukupnya. Ratakan ke seluruh tubuh menggunakan tangan dengan lembut. Hindari penggunaan sikat karena akan menyebabkan bulu rontok.
  9. Bilas dengan air hangat secara perlahan.
  10. Keringkan dengan lap kanebo untuk mempercepat penyerapan air yang ada pada bulu kucing.
  11. Letakkan kucing di kandang kecil kemudian keringkan menggunakan blower atau hairdryer.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kucing lainnya di sini

Merawat anak bulu kesayangan memang bukan perkara mudah. Anda masih membutuhkan produk cat grooming lainnya seperti pembasmi kutu. Makanan bernutrisi lengkap dan asupan vitamin juga penting untuk kesehatan bulu si meong. Simak artikel di bawah ini dan temukan produk yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan sampo kucing yang bagus untuk kitten kesayangan? Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih sampo untuk anak kucing seperti kondisi kulit dan perilakunya. Perhatikan juga frekuensi dan kuantitas pemakaian sampo untuk mencegah berbagai masalah kulit pada anak kucing Anda.


Kulit yang terawat akan membuat anak kucing menjadi lebih sehat dan nyaman. Jika terjadi iritasi atau masalah kulit, hentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter hewan Anda, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat pawrents dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda perlu menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.Harga dan jenis pasir kucing atau cat litter sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merek pasir kucing juga cukup banyak, seperti Arthacat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan anabul? Bacalah artikel ini untuk mengetahui step by step memilih pasir kucing yang bagus!
    Perawatan kucing
  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair. Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberinya obat diare. Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus seperti Primacat dan Olive Care. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir kucing yang wangi merupakan must have item jika Anda memutuskan memelihara kucing. Pasir jenis ini akan menyerap bau menyengat yang disebabkan oleh kotoran atau kencing kucing. Tidak hanya itu, area sekitar litter box pun akan beraroma lebih segar. Dengan demikian, rumah akan terasa nyaman tak hanya bagi kucing, tetapi juga bagi Anda. Kong Irae, Maxi, Markotops, juga KitCat merupakan contoh merek pasir kucing yang wangi dan bagus di pasaran. Dalam artikel ini, kami telah menyiapkan tips cara memilih pasir kucing wangi. Kami juga sudah mencantumkan rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin sebagian besar dari Anda kerap kali membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di area rumah agar kucing tidak stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai tempat perlindungan. Anda juga bisa menjadikan kandang kucing sebagai tempat bagi kucing untuk tidur.Banyaknya pilihan kandang kucing yang bagus mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kandang kucing terbaik, misalnya dari merek Lucky. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anabul kesayangan Anda.
    Perawatan kucing
  • 10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Selain meningkatkan keamanan, kalung kucing juga membuat peliharaan kesayangan Anda tampil makin lucu. Kini sudah banyak produk yang bagus di pasaran. Ada yang diberi nama, lonceng, bahkan antikutu. Anda juga bisa menambahkan GPS untuk selalu melacak kucing.Kami akan membagikan cara memilih kalung kucing. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi kalung kucing yang bagus dari berbagai merek. Ada produk dari Beaphar, Gentle Pup, dan lainnya. Tiap produknya pun sudah kami ulas, lho. Untuk kucing lokal atau Anggora, semuanya cocok. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori