10 Rekomendasi Buku TOEIC Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Buku TOEIC Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

TOEIC (Test of English for International Communication) adalah salah satu indikator kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Sertifikat TOEIC seringkali dijadikan syarat untuk mendaftar kuliah di luar negeri dan kerja sehingga sangat penting. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam mengerjakan TOEIC.

Solusi dari masalah tersebut adalah belajar melalui buku TOEIC. Untuk itu, kami akan memperkenalkan berbagai buku TOEIC, seperti Barron, Oxford, dan sebagainya. Buku yang kami rekomendasikan ini diharapkan akan membantu Anda lebih siap dalam menghadapi ujian TOEIC sehingga Anda pun mendapatkan skor yang memuaskan.

Daftar isi

Cara memilih buku TOEIC

Skor pada TOEIC memiliki beberapa tingkatan. Untuk mencapai level Basic Working Proficiency atau fasih berkomunikasi bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, Anda membutuhkan skor di atas 600. Tingkatan ini biasa dijadikan skor minimal untuk mendaftar kuliah di luar negeri.

Lain halnya bila bahasa Inggris hendak digunakan untuk berbisnis atau menjadi pengajar, Anda tentu membutuhkan skor dan tingkatan yang lebih tinggi. Nah, berikut kami akan membantu Anda dalam memilih buku TOEIC agar hasil tes Anda semakin sesuai dengan harapan.

Pilih fokus latihan Anda

TOEIC terdiri atas beberapa sesi. Pada umumnya, setiap orang memiliki kelemahan tersendiri terhadap setiap sesi tersebut. Ada orang yang lemah pada sesi listening, ada pula yang lemah pada sesi reading. Anda pun harus memahami kelemahan Anda agar latihan menjadi lebih efektif.

Jika listening adalah kelemahan Anda, pilihlah buku yang dilengkapi dengan CD

Jika listening adalah kelemahan Anda, pilihlah buku yang dilengkapi dengan CD

Pada sesi listening, terdapat 100 pertanyaan yang terdiri dari 4 bagian. Bagian 1 terdiri dari 6 soal berisikan gambar yang disertai narasi. Bagian 2 terdiri dari 25 soal, bagian 3 terdiri dari 39 soal berdasarkan percakapan, dan bagian 4 terdiri dari 30 soal berdasarkan paragraf cerita. Untuk memperoleh skor minimal 600, Anda harus menjawab setidaknya 60 soal yang benar. Sesi tersulit umumnya jatuh pada listening karena pertanyaan dan jawaban hanya dibacakan sekali. Selain kemahiran berbahasa Inggris, konsentrasi Anda pun diuji pada sesi ini.

Pada sesi listening, mengetahui karakteristik soal adalah metode yang baik untuk meningkatkan skor Anda. Sebagian orang mungkin merasa bingung antara harus membaca soal terlebih dahulu atau mendengarkan semua narasi terlebih dahulu. Namun, hal ini bisa Anda atasi dengan banyak berlatih. Bila Anda tekun, hasil nilai TOEIC tentu dapat sesuai dengan harapan.

Jika listening adalah kelemahan Anda, kami merekomendasikan Anda untuk memahami karakteristik setiap soal dan trik dalam menjawabnya. Untuk hasil terbaik, pilihlah buku yang dilengkapi dengan CD rekaman soal-soal listening. Dengan sering mendengarkan dan menjawab berbagai soal listening, telinga Anda akan terbiasa mendengarkan kalimat berbahasa Inggris. Anda pun akan memahami pola pertanyaannya.

Jika reading adalah kelemahan Anda, pilihlah buku yang membedah berbagai soal

Jika reading adalah kelemahan Anda, pilihlah buku yang membedah berbagai soal

Untuk sesi reading, terdapat 100 soal yang terbagi menjadi 3 bagian. Bagian 1 terdiri dari 30 soal melengkapi kalimat pendek, bagian 2 terdiri dari 16 soal melengkapi kalimat panjang, dan bagian 3 terdiri dari 54 soal berdasarkan teks bacaan. Jika ingin mendapat skor 300 pada sesi reading, Anda harus menjawab minimal 60 soal secara benar. Berusaha teliti itu keharusan, tetapi berhati-hatilah karena pada bagian ini terdapat banyak soal cerita yang pengerjaannya cukup menguras waktu.

Jika Anda tidak dapat memperoleh skor 300 pada sesi reading, ada kemungkinan grammar atau tata bahasa juga menjadi kelemahan Anda. Solusinya, pelajari ulang grammar yang umum diajarkan pada siswa SMP atau SMA. Dengan begini, sesi reading dapat Anda lalui dengan lebih mudah dan dengan hasil yang lebih memuaskan.

Pada sebagian buku TOEIC, terdapat penjelasan detail mengenai grammar. Jika Anda ingin meningkatkan skor sesi reading Anda, kami merekomendasikan buku yang berfokus dalam membedah berbagai pertanyaan yang disajikan. Bukan hanya menghafal, bila Anda juga memahami materi, bahasa Inggris tentu terasa lebih mudah. Memilih buku yang membantu Anda mempelajari kembali berbagai materi bahasa Inggris yang sudah Anda lupakan sejak meninggalkan bangku SMP atau SMA juga ide yang baik.

Jika tak yakin terhadap luasnya pengetahuan vocabulary Anda, pilihlah buku yang membahas berbagai kosakata dalam TOEIC

Jika tak yakin terhadap luasnya pengetahuan vocabulary Anda, pilihlah buku yang membahas berbagai kosakata dalam TOEIC

Salah satu penyebab Anda kesulitan dalam mendapatkan skor TOEIC yang memuaskan adalah pengetahuan vocabulary yang kurang. Jika Anda tidak mengerti maksud dari kalimat soal dan jawaban, Anda tentu akan kesulitan untuk menjawabnya dengan benar. Dengan memiliki pengetahuan vocabulary yang luas, baik sesi listening maupun reading tentu akan lebih mudah dikerjakan.

Kemampuan vocabulary tidak datang dalam satu hari saja, tetapi harus dilatih dengan konsisten. Jika Anda ingin menambah pengetahuan TOEIC Anda, kami merekomendasikan buku yang memberikan daftar vocabulary yang sering digunakan dalam tes TOEIC.

Jika Anda ingin membiasakan diri dengan berbagai model pertanyaan

Jika Anda ingin membiasakan diri dengan berbagai model pertanyaan

Model pertanyaan pada setiap tes TOEIC memang unik. Selain itu, Anda harus mengerjakan 200 soal hanya dalam waktu kurang lebih 2 jam saja. Bagian terlama adalah sesi reading di mana Anda harus menyelesaikan 100 soal hanya dalam waktu 100 menit. Itu artinya, Anda hanya memiliki waktu 45 detik untuk menyelesaikan setiap soal. Tidak jarang nilai bisa jatuh karena Anda kehabisan waktu saat mengerjakan sesi reading ini.

Jika Anda tidak terbiasa mengerjakan TOEIC, Anda mungkin akan kesulitan saat ujian. Selain itu, sejak tahun 2016, TOEIC mengubah format soalnya dengan cukup signifikan. Jadi, pastikan Anda memilih buku dengan format soal terbaru, ya!

Untuk terbiasa dengan soal TOEIC, Anda harus berlatih mengerjakan soal dengan hitungan waktu. Jika Anda tidak terbiasa dengan soal TOEIC, kami merekomendasikan buku berisikan soal berformat mirip ujian sebenarnya sehingga Anda dapat melakukan simulasi ujian.

Sebagai tambahan, acuan waktu pengerjaan dan jenis pertanyaan pada buku soal biasanya sedikit berbeda dengan tes aslinya. Supaya Anda lebih terbiasa dengan kondisi ujian, kami merekomendasikan Anda untuk mencari buku dengan jenis soal yang sudah disesuaikan dengan ujian sebenarnya.

Pilih berdasarkan format kolom penjelasan

Kolom penjelasan adalah bagian terpenting dalam sebuah buku pelajaran, tak terkecuali buku TOEIC. Kolom ini sangat membantu dalam pembelajaran grammar dan vocabulary. Anda yang ingin mengetahui poin penting dalam penyelesaian suatu soal pun akan terbantu dengan adanya kolom ini.

Letak kolom penjelasan di dalam buku TOEIC dapat bervariasi. Berikut ini adalah 3 contoh yang paling sering ditemukan.

Soal ⇒ jawaban ⇒ kolom penjelasan

Soal ⇒ jawaban ⇒ kolom penjelasan

Kolom penjelasan dengan format seperti ini akan melatih Anda untuk menjawab pertanyaan terlebih dahulu dengan kemampuan Anda sendiri. Dengan melihat kolom penjelasan setelah menjawab dengan kemampuan sendiri, Anda akan lebih memahami materi.

Letak kolom penjelasan dengan urutan seperti ini cocok untuk Anda yang sudah cukup mahir grammar dan vocabulary. Anda pun akan semakin terbiasa dengan soal TOEIC yang sebenarnya dan memahami materi lebih dalam.

Kolom penjelasan ⇒ soal ⇒ jawaban

Kolom penjelasan ⇒ soal ⇒ jawaban

Format ini menyajikan penjelasan grammar, vocabulary, dan poin penting dalam mengerjakan soal terlebih dahulu sebelum masuk ke bagian soal. Kolom penjelasan yang terletak di awal akan membantu Anda untuk mempraktikkan secara langsung pelajaran yang baru saja Anda serap. Kami sangat merekomendasikan format seperti ini untuk Anda yang ingin belajar grammar dan vocabulary sekaligus.

Kolom penjelasan + contoh soal ⇒ soal ⇒ jawaban

Kolom penjelasan + contoh soal ⇒ soal ⇒ jawaban

Format ini memberikan penjelasan sembari memberikan contoh soal satu per satu agar Anda lebih tertuntun untuk menjawab soal dengan benar. Buku dengan format ini terlihat lebih kompleks dan lebih detail, jadi kami merekomendasikannya untuk Anda yang ingin mempelajari materi secara lebih jelas.

Namun, jumlah informasi yang diberikan buku dengan format ini lebih sedikit dibandingkan dengan buku dengan format kedua. Semua format memiliki kelebihan masing-masing. Untuk itu, Anda perlu memilih sesuai dengan kemampuan dan gaya belajar Anda.

10 Rekomendasi buku TOEIC terbaik

Dalam latihan TOEIC, mengetahui fokus latihan akan meningkatkan keefektifan pembelajaran Anda. Berikut kami akan memberikan rekomendasi buku TOEIC terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga salah satunya dapat menjati rekan berlatih TOEIC yang tepat untuk Anda!

10. Easy TOEIC

10. Easy TOEIC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 117.300

Materi ideal bahkan untuk pembelajar TOEIC pemula

Begitu membuka buku ini, Anda akan disuguhkan dengan pengetahuan mengenai pentingnya TOEIC untuk masa depan karir Anda. Setelah memahaminya, keraguan Anda untuk belajar TOEIC pun akan hilang, digantikan dengan semangat untuk belajar. Kami sangat merekomendasikan buku ini untuk Anda yang baru pertama kali memulai latihan TOEIC.

Menargetkan pembelajar pemula, buku ini dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami dan disertai dengan penjelasan singkat pada tiap sesi diskusinya. Urutan pembelajarannya pun mirip dengan soal TOEIC yang sebenarnya (listening dan reading) sehingga lebih mudah ditangkap. Begitu Anda menguasai materi, tentu mendapatkan skor 600 pun bukanlah mimpi!

9. Starter TOEIC Third Edition

9. Starter TOEIC Third Edition

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 240.000

Mudah dimengerti, masih pemula pun tak jadi soal!

Buku TOEIC yang satu ini pun ideal untuk Anda yang baru mulai belajar TOEIC dan belum paham dengan apa yang harus dilakukan. Buku ini akan menuntun Anda menyelesaikan permasalahan, terutama bagian reading dengan membahas setiap jenis soal satu per satu. Dengan format “soal⇒ jawaban ⇒ kolom penjelasan”, belajar TOEIC pun akan lebih mudah.

Buku ini juga menyajikan satu set soal lengkap yang mirip dengan soal asli TOEIC, lengkap dengan kunci jawaban tentunya. Selain itu, untuk mempermudah para pemula, grammar yang digunakan pada soal latihan pun dibuat simpel sehingga lebih mudah dipelajari. Penjelasan yang rinci, soal latihan, dan mudah dipelajari, Anda hanya tinggal memupuk ketekunan untuk belajar.

8. Pearson Longman Preparation Series for The TOEIC Test: Advance Couse 4th

8. Pearson Longman Preparation Series for The TOEIC Test: Advance Couse 4th

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Merasa sudah jago? Coba dulu buku ini!

Buku latihan TOEIC ini direkomendasikan untuk Anda yang sudah pernah belajar TOEIC sebelumnya. Jika Anda merasa sudah menguasai dasar TOEIC dengan baik, tidak ada salahnya Anda menguji kemampuan melalui buku ini. Namun, perlu diingat bahwa pembahasan yang diberikan pun sudah disesuaikan untuk tingkat yang lebih tinggi dari pemula.

Apabila Anda sudah menguasai dasar ujian TOEIC dengan baik, menguji diri dengan buku ini akan sangat membantu Anda untuk lebih lihai dalam memahami dan mengerjakan soal. Semakin banyak mengerjakan berbagai jenis soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda, Anda pun akan semakin cepat menyelesaikan berbagai soal TOEIC dengan tepat.

7. Comprehensive English Grammar

7. Comprehensive English Grammar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 134.000

Persiapkan diri untuk ujian TOEIC, IELTS, dan TOEFL hanya dengan 1 buku

Salah satu hal tersulit ketika belajar bahasa Inggris adalah grammar. Padahal, Anda bisa memahami soal dan pertanyaan dengan lebih mudah jika telah menguasai grammar. Buku ini akan membahas berbagai materi mengenai grammar mulai dari tingkatan untuk pemula hingga grammar kompleks yang kerap keluar dalam TOEIC.

Tidak hanya untuk TOEIC, penguasaan grammar ini akan membantu Anda untuk ujian bahasa Inggris sejenis, seperti TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan IELTS (International English Language Testing System). Bagi Anda yang ingin memahami grammar hingga ke seluk beluknya, buku ini dapat menjadi rekan yang pantas diandalkan.

6. Barron’s 600 Essential Words for The TOEIC

6. Barron’s 600 Essential Words for The TOEIC

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.900

Memperluas pengetahuan kosakata TOEIC sekaligus konteksnya

Selain grammar, vocabulary adalah tembok yang juga harus Anda lalui untuk memperoleh skor TOEIC yang memuaskan. Jika kelemahan Anda terletak pada pengetahuan kosakata, buku ini akan sangat membantu Anda. Anda pun akan dapat lebih memahami makna soal pada TOEIC. Melalui pemahaman soal, menjawab soal pun jadi lebih mudah.

Buku ini membahas 600 kosakata bahasa Inggris yang sering muncul dalam TOEIC. Selain itu, Anda juga akan dituntun untuk mengaplikasikan kosakata tersebut dalam kalimat agar lebih memahami penggunaannya. Kosakata yang diberikan juga meliputi berbagai genre, seperti budaya, musik, olahraga, dan seni sehingga Anda siap menghadapi berbagai varian soal.

5. Master Pocket TOEIC

5. Master Pocket TOEIC

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 53.550

Bedah soal TOEIC dengan tuntas, simpel, dan praktis

Belajar grammar sudah, vocabulary juga sudah, apalagi yang kurang? Sekarang saatnya untuk terbiasa mengerjakan soal-soal TOEIC agar Anda dapat menemukan trik mengerjakan soal dengan mudah dan benar. Untuk itu, Anda tentu membutuhkan buku yang memandu Anda dalam mengerjakan soal dengan situasi yang mirip seperti ujian sebenarnya.

Buku ini membahas secara tuntas, simpel, dan praktis berbagai jenis soal yang keluar di TOEIC. Selain soal yang menjadi lebih mudah dicerna, buku ini juga menyajikan tips dan trik yang berguna dalam mengerjakan soal. Untuk Anda yang ingin lebih terbiasa dalam mengerjakan soal TOEIC, kami sangat merekomendasikan buku yang satu ini.

4. Oxford Tactics for TOEIC Listening and Reading Test

4. Oxford Tactics for TOEIC Listening and Reading Test

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 503.000

Lulus lebih pasti dengan strategi ala Oxford

Sebagai universitas terbaik di Inggris yang sudah berdiri sejak abad ke-11, Oxford dikenal dengan metode akademik yang mumpuni. Buku yang diterbitkan oleh Oxford ini akan mengajarkan pada Anda taktik mengerjakan soal TOEIC secara efisien. Berfokus pada sesi listening dan reading, buku ini cocok untuk Anda yang ingin fokus pada 2 bagian tersebut.

Selain berisikan materi lengkap dan soal latihan, di dalam buku ini juga terdapat tips dan trik dalam mengerjakan TOEIC yang telah disesuaikan dengan standar terbaru. Apabila Anda menguasai materi di dalam buku ini, lulus TOEIC dengan skor tinggi bukan perkara sulit. Untuk Anda yang mencari buku panduan bertaraf internasional, buku ini jawabannya.

3. The New TOEIC Official Test Preparation Guide

3. The New TOEIC Official Test Preparation Guide

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Belajar terasa lebih real dengan buku official dari ETS

Tahukah Anda apa itu ETS? ETS (Educational Testing Service) adalah lembaga yang memiliki wewenang untuk menyelenggarakan TOEIC. Dengan buku yang dikeluarkan langsung oleh lembaga tersebut, pembelajaran tentu akan lebih efektif karena materi yang Anda pelajari dijamin akan terpakai pada saat Anda mengikuti TOEIC yang sebenarnya.

Kami sangat merekomendasikan buku ini untuk Anda yang ingin berlatih dengan soal yang mirip dengan soal yang muncul saat ujian nanti. Buku ini berisi 400 soal latihan TOEIC disertai dengan CD audio untuk sesi listening berstandar ETS. Anda yang ingin menguji kesiapan Anda sebelum mengikuti TOEIC yang sebenarnya, gunakan saja buku ini!

2. Solusi Master Bank Soal TOEIC

2. Solusi Master Bank Soal TOEIC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 190.000

Jadilah ahli menjawab soal dengan buku Solusi Master!

Apakah Anda hanya ingin fokus berlatih mengerjakan soal TOEIC? Jika iya, buku ini adalah pilihan yang tepat. Dengan tebal lebih dari 900 halaman, buku ini memiliki 2080 soal yang siap menguji pengetahuan Anda. Tidak lupa, buku ini pun lengkap dengan review pada setiap soal yang akan membantu Anda memahami pola soal dan materi lebih dalam.

Tidak hanya soal, buku ini juga menyediakan aplikasi simulasi soal yang dapat Anda download di app store dengan ponsel pintar Anda. Belajar pun jadi lebih mudah dan kekinian, sisanya hanya tergantung pada konsistensi Anda dalam belajar saja. Seusai menyelesaikan buku ini, tentu Anda akan semakin percaya diri dalam mengikuti TOEIC.

1. Barron’s TOEIC Super Pack

1. Barron’s TOEIC Super Pack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 799.000

Paket belajar TOEIC yang lengkap, untuk persiapan menjadi seorang profesional

Paket buku belajar TOEIC ini dibuat untuk membantu Anda mempelajari materi TOEIC lebih dalam dan kompleks. Paket buku ini sangat sesuai untuk Anda yang menargetkan diri menjadi trainer atau bekerja di perusahaan internasional yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris berlevel tinggi. Nilai TOEIC tentunya tak boleh hanya sekadar pas-pasan.

Paket buku ini terdiri dari 3 buah buku yang masing-masing berfokus pada pembahasan detail mengenai cara mengerjakan soal, soal latihan beserta tips mengerjakannya, dan vocabulary yang kerap diujikan. Dengan total 1264 halaman berpenjelasan detail, mustahil rasanya bila Anda tidak menjadi master setelah menguasai semua materi di dalamnya.

Kesimpulan

Untuk dapat memahami materi dan mengerjakan soal TOEIC dengan baik, Anda membutuhkan latihan yang rutin dan konsisten. Memilih buku untuk belajar TOEIC juga dapat dipertimbangkan melalui tingkat materi yang telah Anda kuasai dan gaya belajar Anda. Dengan buku yang tepat, proses belajar pun menjadi lebih efektif.

Agar lebih terbiasa mengerjakan soal TOEIC, Anda juga bisa belajar melalui lebih dari 1 buku. Selain itu, mengerjakan soal latihan sambil memperhatikan waktu juga penting karena pada kenyataannya, waktu pengerjaan TOEIC juga dibatasi. Semoga informasi ini dapat membantu membuka jalan bagi Anda menuju skor TOEIC idaman!