1. TOP
  2. >
  3. Buku
  4. >
  5. Buku akademik
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Buku TOEIC Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Buku TOEIC Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Buku TOEIC Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Buku TOEIC Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Buku TOEIC Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Buku TOEIC Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Buku TOEIC Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Skor TOEIC (Test of English for International Communication) adalah salah satu indikator kecakapan seseorang dalam berbahasa Inggris. Sertifikat TOEIC amatlah penting karena sering dijadikan syarat untuk mendaftar kuliah atau kerja di luar negeri. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam mengerjakan ujian TOEIC.


Buku TOEIC adalah solusi yang diperlukan untuk meningkatkan skor TOEIC Anda. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi buku TOEIC yang bagus keluaran Barron's, Pustaka Widyatama, dan Trans Idea Publishing. Simak juga penjelasan tentang TOEIC dan cara memilih bukunya di bawah, lalu capailah skor setinggi-tingginya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu tes TOEIC?

Apa itu tes TOEIC?
TOEIC pertama kali dikembangkan pada tahun 1979. Kini, tes TOEIC telah menjadi sebuah standar global untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Tes ini telah dijadikan persyaratan oleh lebih dari 14.000 lembaga di 160 negara di dunia. Selain untuk bekerja di luar negeri, skor TOEIC juga sering dijadikan syarat naik jabatan di perusahaan dalam negeri.


Terdapat empat hal yang diujikan dalam TOEIC, yaitu kemampuan reading (membaca), listening (mendengar), writing (menulis), dan speaking (berbicara). Adapun pertanyaan-pertanyaan dalam ujian TOEIC berkaitan dengan lingkungan kerja, misalnya pertemuan, pembuatan janji, bersosialisasi, hingga sales dan marketing. Lebih jelasnya, berikut adalah rincian dari masing-masing tes.


  • TOEIC Listening and Reading
Jenis tes TOEIC ini paling sering dijadikan syarat untuk melamar kerja atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Sesuai namanya, tes TOEIC ini dilakukan untuk mengukur kemampuan Anda dalam mendengar dan membaca teks berbahasa Inggris. 

Tes ini terdiri dari dua sesi, yaitu sesi listening selama 45 menit dan sesi reading selama 75 menit. Pada masing-masing sesi, Anda perlu menjawab sebanyak 100 pertanyaan dengan perolehan skor sekitar 5–495. Dengan demikian, skor maksimal yang bisa Anda dapatkan pada tes ini adalah sebesar 990.


  • TOEIC Writing and Speaking

Jika TOEIC Listening and Reading dilakukan secara tertulis, tes ini dilakukan di tempat tes resmi menggunakan format online. Tes TOEIC ini direkomendasikan untuk Anda yang memperoleh akumulasi skor di atas 600 pada listening dan reading


Tes ini ditujukan untuk mengukur kemampuan Anda dalam menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris. Anda akan dihadapkan pada 20 menit sesi speaking dengan 11 pertanyaan dan 60 menit sesi writing dengan 8 pertanyaan. Skor yang bisa diperoleh pada masing-masing sesi adalah sebesar 0–200.

Cara memilih buku TOEIC

Sekarang, Anda sudah mendapatkan gambar tentang TOEIC dan hal-hal apa saja yang diujikan pada tes ini. Selanjutnya, mari simak lebih lanjut penjelasan kami tentang cara memilih buku TOEIC yang bagus berikut ini.

① Sesuaikan karakteristik buku dengan skill yang ingin dikuasai

Dari empat skill yang diujikan, Anda mungkin memiliki kelemahan pada skill tertentu. Agar skor TOEIC Anda makin tinggi, Anda harus berfokus mempelajari skill yang kurang tersebut. Karenanya, mari pilih buku TOEIC sesuai skill yang ingin dikuasai atau ditingkatkan.

Listening: Cari buku yang dilengkapi CD audio

Listening: Cari buku yang dilengkapi CD audio

Anda harus memiliki konsentrasi yang tinggi untuk dapat mengerjakan sesi listening dengan lancar. Pasalnya, pertanyaan dan pilihan jawaban pada tes ini hanya dibacakan satu kali saja. Jika kemampuan listening dirasa masih kurang, kami merekomendasikan buku TOEIC yang dilengkapi dengan CD audio. Dengan sering mendengarkan dan berlatih menjawab pertanyaannya, skor Anda di sesi listening pasti akan meningkat.

Reading: Gunakan buku yang membahas grammar dan bedah soal

Reading: Gunakan buku yang membahas grammar dan bedah soal

Sesi reading terbagi ke dalam tiga bagian. Bagian pertama terdiri dari 30 soal melengkapi kalimat pendek, sedangkan bagian kedua berisi 16 soal melengkapi kalimat panjang. Sementara itu, bagian terakhir terdiri dari 54 soal pemahaman bacaan. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur waktu dengan baik agar bisa menjawab semua pertanyaan yang tersedia.


Agar dapat mengerjakan sesi ini dengan lancar, pilihlah buku TOEIC yang memiliki penjelasan detail mengenai grammar. Selain itu, buku yang dilengkapi bahasan berbagai tipe pertanyaan dan pembahasannya juga akan sangat membantu. Dengan begitu, Anda dapat mengingat kembali materi bahasa Inggris yang telah dipelajari sebelumnya.

Writing dan speaking: Pilih yang memuat banyak kosakata untuk meningkatkan vocabulary

Writing dan speaking: Pilih yang memuat banyak kosakata untuk meningkatkan vocabulary

Salah satu kunci untuk meraih skor tinggi dalam TOEIC Writing and Speaking adalah meningkatkan perbendaharaan kata (vocabulary). Pada tes ini, Anda akan diminta untuk mendeskripsikan sebuah gambar, menjawab pertanyaan, hingga menyampaikan opini atau pendapat. Dengan vocabulary yang luas, Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara lebih detail.


Namun, kosakata bahasa Inggris ada begitu banyak sehingga mungkin saja Anda sulit untuk mengingatnya terus-menerus. Untuk meningkatkan kemampuan writing dan speaking, kami merekomendasikan buku dengan vocabulary yang sering dimunculkan dalam tes TOEIC. Anda juga bisa melatih kemampuan speaking dengan rajin mempraktikkan berbicara menggunakan bahasa Inggris.

② Pertimbangkan buku yang dilengkapi soal tryout untuk membiasakan diri dengan format ujian

Pertimbangkan buku yang dilengkapi soal tryout untuk membiasakan diri dengan format ujian

Anda mungkin pernah mendengar pepatah "bisa karena terbiasa" atau "practice makes perfect". Hal ini juga berlaku untuk tes TOEIC. Untuk memperoleh skor yang diharapkan, Anda harus terus-menerus latihan mengerjakan soal TOEIC yang pernah diujikan. Karenanya, pilihlah buku yang dilengkapi soal tryout TOEIC supaya Anda terbiasa dengan format ujiannya.


Selain itu, sejak 2016, TOEIC mengubah format soalnya dengan cukup signifikan. Jadi, pastikan Anda memilih buku dengan format soal terbaru, ya! Jangan lupa pula untuk berlatih mengerjakan soal TOEIC sesuai batasan waktu yang ditentukan.

③ Pilih buku TOEIC berdasarkan format kolom penjelasan

Kolom penjelasan adalah salah satu bagian terpenting dalam buku TOEIC. Kolom ini sangat membantu dalam pembelajaran grammar dan vocabulary. Selain itu, kolom ini juga akan membantu Anda memahami poin penting dalam menyelesaikan suatu soal. Letak kolom penjelasan di dalam buku TOEIC dapat bervariasi. Berikut adalah tiga contoh yang paling sering ditemukan.

Soal ⇒ jawaban ⇒ kolom penjelasan: Efektif melatih kemampuan TOEIC

Soal ⇒ jawaban ⇒ kolom penjelasan: Efektif melatih kemampuan TOEIC

Format seperti ini akan melatih Anda untuk menjawab pertanyaan terlebih dahulu dengan kemampuan Anda sendiri. Dengan demikian, Anda akan lebih memahami materi karena Anda dapat melihat penjelasan setelah menjawab soal.


Letak kolom penjelasan seperti ini cocok untuk Anda yang sudah cukup menguasai grammar dan vocabulary. Dengan format ini, Anda akan makin terbiasa dengan soal TOEIC sebenarnya dan dapat memahami materi lebih dalam.

Kolom penjelasan ⇒ soal ⇒ jawaban: Ideal untuk belajar grammar dan vocabulary

Kolom penjelasan ⇒ soal ⇒ jawaban: Ideal untuk belajar grammar dan vocabulary

Format ini menyajikan penjelasan grammar, vocabulary, dan poin penyelesaian terlebih dahulu sebelum masuk ke bagian soal. Kolom penjelasan yang terletak di awal akan membantu Anda untuk mengetes secara langsung materi yang baru saja Anda pelajari. Kami merekomendasikan format ini untuk Anda yang ingin mempelajari grammar dan vocabulary.

Kolom penjelasan + contoh soal ⇒ soal ⇒ jawaban: Pembahasannya lebih menyeluruh

Kolom penjelasan + contoh soal ⇒ soal ⇒ jawaban: Pembahasannya lebih menyeluruh

Dapat dikatakan bahwa format ini merupakan gabungan dari dua format yang telah disebutkan sebelumnya. Format ini memberikan penjelasan sembari menyajikan contoh soal agar Anda mampu menjawab dengan benar. Buku dengan format ini kami rekomendasikan bagi orang yang menginginkan pembahasan secara lebih menyeluruh.


Namun, informasi yang disajikan mengenai grammar dan vocabulary biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan format kedua. Untuk itu, sesuaikanlah pemilihan format buku dengan kemampuan dan gaya belajar Anda.

10 Rekomendasi buku TOEIC terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk buku TOEIC terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Renna Melinda, R. Yuke Hilma, dan Raistiwar

Comprehensive English Grammar For Beginner Plus TOEFL TOEIC IELTS

Renna Melinda, R. Yuke Hilma, dan Raistiwar Comprehensive English Grammar For Beginner Plus TOEFL TOEIC IELTS 1枚目

Siapkan diri hadapi ujian TOEIC, IELTS, dan TOEFL hanya dengan 1 buku

2

Iisrohli Irawati, Yunita Widiyantari, dan Nur Saptaningsih

The Master of TOEIC

Iisrohli Irawati, Yunita Widiyantari, dan Nur Saptaningsih The Master of TOEIC 1枚目

Disertai kamus mini untuk menambah perbendaharaan kata

3

Emirfan T. Mulyati

Supertrik Rebut Skor Tingkat Tinggi TOEIC

Emirfan T. Mulyati Supertrik Rebut Skor Tingkat Tinggi TOEIC 1枚目

Dilengkapi naskah untuk taklukan sesi listening TOEIC

4

Lin Lougheed

Barron’s TOEIC Superpack

Lin Lougheed Barron’s TOEIC Superpack 1枚目

Paket TOEIC superlengkap, persiapan menjadi seorang profesional

5

Henricus W. Ismanthono

Top up Your TOEIC Scores, Test Of English For International Communication

Henricus W. Ismanthono Top up Your TOEIC Scores, Test Of English For International Communication 1枚目

Tingkatkan nilai TOEIC Anda dengan materi yang sering muncul

6

Miftahul Furqon, Haira Rizka, dan Niswatin Nurul Hidayati

Top One Preparation Of TOEIC To Reach The Highest Score

Miftahul Furqon, Haira Rizka, dan Niswatin Nurul Hidayati Top One Preparation Of TOEIC To Reach The Highest Score 1枚目

Rangkuman lengkap materi TOEIC dengan harga yang terjangkau

7

Anne Taylor dan Casey Malarcher

Starter TOEIC Third Edition

Anne Taylor dan Casey Malarcher Starter TOEIC Third Edition 1枚目

Mudah dimengerti, masih pemula pun bisa mengikuti

8

Tim Master Eduka

Solusi Master & Bank Soal TOEIC

Tim Master Eduka Solusi Master & Bank Soal TOEIC 1枚目

Tersedia lebih dari dua puluh ribu soal latihan untuk menguji kemampuan Anda

9

Emirfan T. Mulyati

Super Pocket TOEIC

Emirfan T. Mulyati Super Pocket TOEIC 1枚目

Buku TOEIC ringkas yang membahas soal berstandar ETS (Educational Testing Service)

10

Bright Learning Center

Smart TOEIC Getting High Score in TOEIC Easily

Bright Learning Center Smart TOEIC Getting High Score in TOEIC Easily 1枚目

Simulasi CBT untuk menyiapkan mental Anda menghadapi tes TOEIC yang sesungguhnya

Perincian produk
Close
No.1

Renna Melinda, R. Yuke Hilma, dan RaistiwarComprehensive English Grammar For Beginner Plus TOEFL TOEIC IELTS

Mulai dari Rp134.000,00

Siapkan diri hadapi ujian TOEIC, IELTS, dan TOEFL hanya dengan 1 buku

Salah satu hal tersulit ketika belajar bahasa Inggris adalah grammar. Padahal, Anda bisa memahami soal dan pertanyaan dengan lebih mudah jika telah menguasai grammar. Buku ini membahas tentang grammar, mulai dari tingkatan pemula hingga grammar kompleks yang kerap keluar dalam TOEIC.

Anda juga bisa menggunakannya untuk menyiapkan diri mengikuti tes bahasa Inggris lain, seperti TOEFL dan IELTS. Jika Anda menginginkan buku versatile untuk berbagai tes kecakapan bahasa Inggris, produk inilah solusinya!
No.2

Iisrohli Irawati, Yunita Widiyantari, dan Nur SaptaningsihThe Master of TOEIC

Mulai dari Rp124.000,00

Disertai kamus mini untuk menambah perbendaharaan kata

Anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan TOEIC. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, buku ini menghadirkan bagian FAQ (frequently asked question) seputar TOEIC di dalam pembahasannya. 


Di samping itu, Anda juga akan mendapatkan kamus mini yang dapat membantu memperbanyak perbendaharaan kata (vocabulary). Kamus tersebut berisikan berbagai macam kosakata, mulai dari sinonim, homonim, homofon, homograf, hingga idiom.

No.3

Emirfan T. MulyatiSupertrik Rebut Skor Tingkat Tinggi TOEIC

Mulai dari Rp130.000,00

Dilengkapi naskah untuk taklukan sesi listening TOEIC

Buku ini menyediakan listening script (naskah) yang bisa Anda jadikan panduan saat audionya tidak terdengar jelas. Materi yang disajikan dalam buku TOEIC ini mampu membantu Anda yang kurang percaya diri dengan kemampuan listening.


Menariknya lagi, latihan soalnya juga dibuat berdasarkan tema sehari-hari yang ada di lingkungan kerja internasional. Ditambah pembahasan yang mendalam di tiap soal, Anda akan makin siap mengikuti tes TOEIC untuk keperluan bisnis.

No.4

Lin LougheedBarron’s TOEIC Superpack

Mulai dari Rp787.000,00

Paket TOEIC superlengkap, persiapan menjadi seorang profesional

Paket buku TOEIC ini dibuat untuk membantu Anda mempelajari materi TOEIC lebih dalam dan kompleks. Produk ini sangat sesuai untuk Anda yang menargetkan diri menjadi profesional di perusahaan internasional. Di posisi tersebut, tentunya Anda diwajibkan memiliki kemampuan bahasa Inggris level tinggi.

Produk ini terdiri dari tiga buah buku yang masing-masing membahas setiap materinya dengan detail. Buku TOEIC dengan total 1.264 halaman ini akan menjadikan Anda ahli setelah menguasai semua materi di dalamnya. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa memakai tiap bukunya secara bergantian dengan teman atau kerabat.
No.5

Henricus W. IsmanthonoTop up Your TOEIC Scores, Test Of English For International Communication

Mulai dari Rp89.000,00

Tingkatkan nilai TOEIC Anda dengan materi yang sering muncul

Sesuai dengan judul bukunya, Anda akan disuguhi penjelasan dan latihan soal supaya skor TOEIC Anda meningkat. Di dalam buku ini, Anda juga akan mendapatkan materi grammar dan vocabulary yang sering muncul dalam tes TOEIC. 


Apabila Anda ingin meningkatkan nilai TOEIC, buku ini adalah pilihan yang tepat. Buku ini juga menyajikan penjelasan TOEIC dan sistem penilaiannya agar Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang tes ini.

No.6

Miftahul Furqon, Haira Rizka, dan Niswatin Nurul HidayatiTop One Preparation Of TOEIC To Reach The Highest Score

Mulai dari Rp75.000,00

Rangkuman lengkap materi TOEIC dengan harga yang terjangkau

Dibanding produk lain, buku TOEIC terbitan Pustaka Baru Press ini dijual dengan harga yang terjangkau. Untuk Anda yang memiliki dana terbatas, produk ini layak dijadikan pilihan. Terlebih lagi, isi dari buku ini termasuk lengkap dalam menyajikan materi pembelajaran dan pembahan soal TOEIC. Ikuti juga strategi dan trik mengerjakan soal yang disajikan buku ini untuk mendapat skor TOEIC yang bagus.

No.7

Anne Taylor dan Casey MalarcherStarter TOEIC Third Edition

Mulai dari Rp85.900,00

Mudah dimengerti, masih pemula pun bisa mengikuti

Buku ini ideal untuk Anda yang baru mulai belajar TOEIC dan belum paham dengan apa yang harus dilakukan. Produk ini akan menuntun Anda menyelesaikan permasalahan, terutama bagian reading dengan membahas setiap jenis soal satu per satu.

Buku ini juga menyajikan satu set soal lengkap yang mirip dengan soal asli TOEIC, lengkap dengan kunci jawaban tentunya. Selain itu, grammar yang digunakan pada soal latihan pun dibuat simpel sehingga lebih mudah dipelajari.
No.8

Tim Master EdukaSolusi Master & Bank Soal TOEIC

Mulai dari Rp200.000,00

Tersedia lebih dari dua puluh ribu soal latihan untuk menguji kemampuan Anda

Apakah Anda hanya ingin fokus berlatih mengerjakan soal TOEIC? Jika iya, buku ini adalah pilihan yang tepat. Dengan tebal lebih dari 900 halaman, buku ini memiliki 2.080 soal yang siap menguji pengetahuan Anda. 

Buku ini pun lengkap dengan review pada setiap pertanyaan yang akan membantu Anda memahami pola soal dan materi. Di dalamnya juga disediakan materi khusus untuk Anda yang berniat mengikuti TOEIC Speaking and Writing.

No.9

Emirfan T. MulyatiSuper Pocket TOEIC

Mulai dari Rp80.000,00

Buku TOEIC ringkas yang membahas soal berstandar ETS (Educational Testing Service)

Kebanyakan buku TOEIC berukuran besar dan tebal sehingga cukup merepotkan apabila dibawa bepergian. Tak perlu khawatir lagi, Anda bisa belajar TOEIC di mana saja dan kapan saja dengan produk ini.


Super Pocket TOEIC sangat mudah dibawa karena ukurannya ringkas. Anda pun bisa membawanya saat pergi ke sekolah, kafe, hingga tempat kerja. Kelebihan lainnya, isi buku ini juga membedah soal-soal berstandar ETS, yaitu lembaga yang berwenang menyelenggarakan TOEIC. 

No.10

Bright Learning CenterSmart TOEIC Getting High Score in TOEIC Easily

Mulai dari Rp95.200,00

Simulasi CBT untuk menyiapkan mental Anda menghadapi tes TOEIC yang sesungguhnya

Sering kali orang tidak mendapatkan nilai yang maksimal dalam tes TOEIC karena merasa gugup atau belum siap. Untuk memantapkan mental Anda menjelang ujian TOEIC, buku ini layak dipilih. Produk ini berisi materi lengkap disertai simulasi CBT yang akan membantu Anda menghadapi tes TOEIC. Dengan mengikuti simulasi ini, Anda akan merasa lebih siap menghadapi tes yang sesungguhnya.

Pertanyaan umum seputar buku TOEIC

Pertanyaan umum seputar buku TOEIC

Setelah membahas tips memilih dan merekomendasikan produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar buku TOEIC untuk Anda. Bacalah uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya!

Apa bedanya TOEFL dan TOEIC?

Berdasarkan tujuannya, TOEFL lebih sering digunakan untuk bersekolah di luar negeri, sedangkan TOEIC untuk persyaratan kerja. Lebih lanjut lagi, tes TOEFL mencakup empat sesi sekaligus, yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Sementara itu, TOEIC terbagi menjadi dua kategori, yaitu TOEIC Listening and Reading dan TOEIC Writing and Speaking.

Berapa skor minimal TOEIC?

Pada dasarnya, skor minimal untuk tes TOEIC berbeda-beda tergantung regulasi atau peraturan yang diberikan oleh lembaga. Karenanya, pastikanlah untuk memeriksa persyaratan pendaftaran kuliah atau kerja yang Anda ikuti untuk mengetahui skor minimumnya. 


Sebagai acuan, beberapa perusahaan atau kementrian di Indonesia membutuhkan skor TOEIC minimal 450. Namun, untuk bekerja di perusahaan asing atau luar negeri, sebaiknya miliki skor TOEIC minimal 600.

Baca juga rekomendasi produk untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lainnya di sini

Selain melalui buku TOEIC, Anda juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui kursus, aplikasi, atau buku lainnya. Ingin tahu produk apa saja yang dapat membantu meningkatkan skill bahasa Inggris Anda? Yuk, simak rekomendasinya dengan mengunjungi tautan di bawah!

Kesimpulan

Agar dapat memahami dan mengerjakan soal dengan baik, Anda membutuhkan latihan yang rutin dan konsisten. Untuk itulah Anda membutuhkan buku TOEIC yang sesuai dengan penguasaan materi dan gaya belajar Anda.


Dengan buku yang tepat, proses belajar akan menjadi lebih efektif sehingga Anda bisa memperoleh skor yang tinggi. Semoga tips dan rekomendasi dalam artikel ini bisa membantu Anda memperoleh buku TOEIC yang tepat. Selamat belajar!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer