10 Rekomendasi Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20-30 liter (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20-30 liter (Terbaru Tahun 2018)

Backpack adalah salah satu perlengkapan wajib saat naik gunung. Ada berbagai macam jenis backpack atau ransel yang bisa Anda gunakan untuk hiking. Namun, banyaknya merek tas hiking terkenal mungkin membuat Anda kesulitan untuk menentukan mana yang terbaik.

Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih backpack berkapasitas 20-30 liter dari merek terpopuler, seperti Eiger, Cozmeed, Avtech, Consina, atau Vaude. Mulai dari produk yang durable hingga yang waterproof, Anda dapat memilih dan membandingkan sendiri mana yang cocok dengan kepribadian Anda!

Daftar isi

Tas berkapasitas 20-30 liter adalah pilihan tepat untuk pendakian satu malam

Tas berkapasitas 20-30 liter adalah pilihan tepat untuk pendakian satu malam

Backpack tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kapasitas, mulai dari 10 liter sampai 100 liter. Akan tetapi, tas berkapasitas 20-30 liter lebih banyak dipilih oleh para pendaki karena praktis digunakan jika Anda hanya akan mendaki selama satu hari atau menginap satu malam.

Bagi Anda yang baru pertama kali akan naik gunung dan tidak tahu harus memilih tas yang seperti apa, kami merekomendasikan Anda untuk memilih tas yang berkapasitas 20 liter hingga 30 liter.

Cara memilih tas hiking terbaik dengan kapasitas 20-30 liter

Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih backpack berkapasitas 20-30 liter untuk hiking. Gunakanlah penjelasan berikut sebagai referensi untuk mendapatkan tas yang nyaman dibawa pada saat pendakian Anda.

Pilihlah yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda

Salah satu hal yang terpenting dalam memilih tas ransel hiking adalah kecocokannya dengan bentuk tubuh Anda. Pilihlah tas yang fit dengan tubuh Anda. Berikut ini adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tas yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Pilihlah ukuran tas yang sesuai dengan punggung Anda

Pilihlah ukuran tas yang sesuai dengan punggung Anda

Setiap merek backpack menawarkan produk yang akan memberikan sensasi berbeda-beda pada pemakainya. Tiap ukuran tentu akan memberikan sensasi yang berbeda juga tergantung pada pemakainya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda periksa dahulu ukuran tas yang akan Anda pilih.

Panjang punggung dimulai dari leher hingga pinggang. Ukuran panjang akan dibedakan dari XS hingga L. Untuk mengetahui panjang punggung Anda, berdirilah dengan tegak dan menghadaplah ke bawah, lalu ukurlah panjang tulang dari belakang leher hingga pinggul Anda. Ukuran XS adalah 41 cm atau kurang, ukuran S 41 sampai 46 cm, ukuran M 46 sampai 51, dan ukuran L lebih besar dari itu.

Tas ransel berukuran 30 liter cocok untuk Anda yang berukuran tubuh S atau M. Akan tetapi, sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu mana tas yang cocok dengan Anda, jangan hanya berdasarkan perkiraan saja. Merek ransel hiking terkenal biasanya akan menyertakan ukurannya pada deskripsi tas, tetapi ada juga yang tidak ditulis. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengunjungi gerai merek tas tersebut.

Untuk kenyamanan, pilihlah tas hiking dengan fitur waist harness

Untuk kenyamanan, pilihlah tas hiking dengan fitur waist harness

Tas hiking yang bagus dilengkapi dengan waist harness selain shoulder belt. Waist harness atau biasa disebut juga waist belt merupakan salah satu fitur yang penting dalam pemilihan tas hiking.

Backpack berkapasitas 30 liter yang berisi berbagai macam barang tentu akan terasa sangat berat apabila hanya ditahan dengan shouder belt saja. Jarak pendakian yang panjang juga tentu akan membuat Anda lelah. Oleh karena itu, untuk membantu meringankan beban, sebaiknya Anda memilih ransel yang dilengkapi dengan waist belt.

Ada juga tas hiking untuk wanita

Ada juga tas hiking untuk wanita

Selain dirancang untuk pria, tas hiking juga ada yang dirancang untuk wanita. Tas hiking kebanyakan dirancang menyesuaikan bentuk tubuh pria jadi ada banyak yang tidak fit dengan bentuk tubuh wanita. Saat Anda memakainya, pastikan waist belt dan punggung Anda bersentuhan.

Apabila ada tas hiking yang Anda sukai, sebaiknya pastikan dahulu apakah ada model yang tersedia untuk wanita atau tidak. Namun, sayangnya tas hiking khusus wanita masih sulit untuk ditemukan di Indonesia. Kebanyakan backpack yang dijual di Indonesia adalah unisex yang lebih luas pasarnya.

Manfaatkan fitur kantong atau partisi di dalam ransel sesuai kebutuhan pendakian

Manfaatkan fitur kantong atau partisi di dalam ransel sesuai kebutuhan pendakian

Umumnya bagian dalam ransel terbagi ke dalam beberapa ruang atau partisi. Apabila ruang utama di dalam tas tidak terbagi-bagi, maka termasuk tas beruang tunggal. Apabila ruangan tas dibagi atas dan bawah, maka termasuk tas beruang ganda. Keunggulan tas beruang ganda adalah Anda bisa berkemas dan mengeluarkan barang lebih cepat dan mudah. Namun, Anda jadi tidak bisa memasukkan tenda atau sleeping bag ke dalamnya. Jadi, pertimbangkan kembali apabila Anda berniat untuk membawa barang-barang yang besar.

Untuk tas beruang tunggal, Anda harus memasukkan barang satu per satu. Hal ini akan membuat Anda kesulitan saat ingin mengeluarkan barang yang berada di tengah atau bawah tas. Untuk itu, sebaiknya Anda memakai tas beruang tunggal jika ingin bermalam dan memasang tenda, kemudian memakai tas beruang ganda untuk pendakian satu hari.

Pastikan tas hiking memiliki fitur yang mendukung pendakian Anda

Pastikan tas hiking memiliki fitur yang mendukung pendakian Anda

Beberapa tas hiking dilengkapi top lid untuk mencegah barang di dalam tas basah saat hujan turun. Banyak ransel yang sudah dilengkapi dengan fitur antiair, tetapi karena ritsletingnya tidak ketat, maka saat hujan airnya akan masuk ke dalam tas. Kita tidak pernah tahu kapan cuaca di gunung akan berubah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih ransel yang dilengkapi dengan top lid.

Selain itu, apabila Anda membawa ransel yang berukuran 30 liter atau yang cukup besar saat mendaki gunung, ranting-ranting pohon biasanya akan mengenai ransel Anda. Jadi, sebaiknya Anda memilih ransel yang tidak terlalu memiliki banyak belt tambahan.

Selain fitur, pertimbangkan juga berat ransel hiking Anda

Selain fitur, pertimbangkan juga berat ransel hiking Anda

Jangan lupa untuk memeriksa berat backpack itu sendiri, karena akan semakin berat apabila diisi dengan barang-barang lain. Backpack dengan berbagai macam fitur seperti saku tambahan tentu sangat praktis. Akan tetapi, berhati-hatilah, karena berat tas Anda akan semakin bertambah.

Namun sebaliknya, apabila terlalu ringan, daya tahan dan kualitas bahannya perlu dipertanyakan. Bantalan punggung yang terlalu tipis juga bisa membuat punggung Anda sakit saat membawa tas tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih tas yang fiturnya tidak berlebihan dan beratnya pas.

10 Rekomendasi tas hiking terbaik dengan kapasitas 20-30 liter

Berikut ini adalah sepuluh ransel berkapasitas 20-30 liter rekomendasi dari kami yang cocok untuk petualangan Anda. Silakan memilih sesuai dengan kebutuhan pendakian Anda!

10. Cozmeed Tas Daypack Cozmeed Rinjani Hijau

10. Cozmeed Tas Daypack Cozmeed Rinjani Hijau

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 375.000

Saatnya mendaki bersama lagu kesayangan Anda!

Bagi Anda yang suka mendaki gunung sambil mendengarkan musik, ransel dari Cozmeed ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Anda karena dilengkapi dengan lubang headset. Tersedia juga rain cover sebagai pengganti fitur top lid yang belum ada di dalam tas ini.

Dengan ukuran 29 cm x 75 cm x 50 cm, tas ini mampu menampung barang bawaan Anda sampai 30 liter. Tidak ada waist belt? Jangan khawatir, dengan backsystem variflax, sirkulasi udara di punggung Anda akan tetap terjaga dan tetap terasa nyaman meskipun membawa beban berat.

9. Quechua NH100 30-L Hiking Backpack – Black/Grey

9. Quechua NH100 30-L Hiking Backpack - Black/Grey

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 235.000

Ransel Anda rentan rusak di medan yang berat? Siapa takut!

Apakah Anda membutuhkan tas hiking yang awet dan tahan dari gesekan? Cobalah tas dari Quechua yang telah teruji tahan terhadap gesekan dan antisobek. Bahkan ada garansi abrasion resistance atau ketahanan terhadap goresan selama 10 tahun. Anda tak perlu khawatir tas Anda rusak pada saat pendakian.

Komposisi kain utamanya adalah 100% poliester (PES) yang berlapis sehingga warna tidak mudah luntur akibat sinar UV atau pencucian. Selain itu, bahan ini juga menawarkan fitur waterproof. Meskipun dilengkapi dengan top lid, sayangnya tas ini tidak dilengkapi dengan waist belt yang Anda butuhkan.

8. Get Dailygear Papandayan Silver

8. Get Dailygear Papandayan Silver

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 284.900

Musim hujan tidak jadi penghalang karena seluruh bagian tasnya dirancang tahan air!

Backpack stylish berukuran 48 cm x 30 cm x 18 cm ini mampu menampung barang bawaan Anda sampai 40 liter, sedikit lebih besar dari tas berkapasitas 30 liter. Salah satu kekurangannya adalah tidak dilengkapi dengan waist belt. Akan tetapi, tali tasnya dilapisi dengan busa yang empuk sehingga akan membuat punggung dan pundak Anda lebih nyaman.

Tas hiking ini sudah dilengkapi dengan top lid dan bahan tas yang menggunakan 300 dynir dilengkapi dengan inner lining torin water repellent. Tidak hanya di luar, bagian dasar tasnya pun dirancang antiair. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila hujan turun secara tiba-tiba. Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang ingin mendaki gunung pada saat musim hujan.

7. Consina Tagolu

7. Consina Tagolu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 330.000

Kapasitas tidak terlalu besar yang pas untuk pendakian seharian!

Tas ini memiliki banyak fitur, seperti dua main compartement, strenum strap, front elastic cord, side pocket, dan organizer. Selain itu, kombinasi antara air circulation back system dan waist belt menjadikan tas ini sangat bersahabat bagi punggung Anda.

Backpack berukuran 50 cm x 25 cm x 30 cm ini mampu menampung kapasitas sampai 23 liter. Ukuran tersebut pas bagi Anda yang ingin mendaki gunung selama seharian. Selain itu, meskipun belum dilengkapi dengan top lid, Anda akan mendapatkan rain cover yang akan membuat Anda tidak perlu merasa khawatir apabila hujan turun saat Anda sedang mendaki.

6. Chanodug Hiking Backpack FX-8102

6. Chanodug Hiking Backpack FX-8102

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 498.000

Mau camping atau hiking, bisa!

Bagi Anda yang ingin camping, tidak ada salahnya mencoba tas Chanodug FX-8102. Tas ini ideal untuk membawa barang antara 20 liter sampai 35 liter. Backpack ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur, seperti waist belt, c-aglet system, aglet adjustment system, air comfort system, dan juga rain proof system.

Tas ini memakai bahan kain nilon yang tahan air dan juga dilengkapi dengan rain cover. Selain itu, backpack ini juga dilengkapi fitur yang jarang terdapat pada tas hiking lainnya yaitu survival whistle. Peluit ini dapat Anda gunakan untuk memberi sinyal pada rekan Anda atau pendaki lainnya dalam keadaan darurat.

5. Eiger 1989 Patrol Rucksack 35L – Blue

5. Eiger 1989 Patrol Rucksack 35L - Blue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 619.000

Tas biru denim yang kece abis, penyuka warna denim wajib punya!

Bagi Anda penggemar warna biru denim, tas hiking Eiger Patrol Rucksack ini wajib Anda miliki. Perpaduan warna biru denim dan tali berwarna cokelat ini akan membuat Anda semakin stylish saat mendaki gunung. Tas ini juga dilengkapi dengan pita kait untuk Anda menggantungkan aksesori. Tidak hanya pria, wanita pun cocok mengenakan ransel ini!

Tas berdimensi 60 cm x 34 cm x 24 cm ini mampu menampung barang bawaan Anda sampai 35 liter. Terdapat kompartemen utama dan saku depan yang luas untuk menyimpan barang bawaan Anda dengan aman dan rapi. Selain itu, terdapat juga beberapa saku organizer, dua saku samping, dan saku atas sebagai tempat penyimpanan tambahan. Anda juga akan mendapatkan garansi resmi dari EIGER. Masih ragu untuk membelinya?

4. AVTECH TOREE 30L

4. AVTECH TOREE 30L

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 426.200

Mengakses sleeping bag menjadi jauh lebih praktis dengan kompartemen khususnya

Tas hiking Avtech Toree cocok untuk Anda yang ingin camping di atas gunung. Tas berdimensi 27 cm x 16 cm x 55 cm ini sangat pas digunakan untuk membawa barang bawaan seberat 10-30 liter. Anda dapat memasukkan tenda di dalam satu ruang kompartemen tas yang besar. Keunggulannya adalah tersedianya kompartemen khusus sleeping bag yang memudahkan penyimpanan sleeping bag yang Anda bawa.

Perpaduan antara top lid dan bahan tas yang terbuat dari nilon membuat Anda tidak perlu merasa khawatir apabila tas ini terkena air saat Anda menjajaki lahan basah. Barang bawaan Anda tidak akan cepat basah meskipun tas ini tidak dilengkapi dengan rain cover. Selain itu, desainnya yang sederhana cocok bagi Anda penyuka gaya minimalis.

3. Vaude Brenta 40

3. Vaude Brenta 40

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 1.665.000

Desain simpel dan tangguh, tak takut lagi tersangkut ranting pohon!

Ingin tas hiking yang simpel, tetapi keren? Anda bisa mencoba Vaude Brenta 40. Tas hiking yang memiliki kapasitas 30 liter sampai 40 liter ini dilengkapi dengan aeroflex suspension system yang mampu menjaga sirkulasi udara di area punggung Anda. Talinya yang empuk juga akan memanjakan pundak Anda meskipun membawa beban yang cukup berat.

Desainnya yang simpel tentu akan memudahkan Anda saat menyusuri daerah dengan banyak tumbuhan, seperti daerah pedalaman hutan. Hal ini dapat mengurangi risiko tas yang tersangkut ranting pepohonan dan sobek. Namun, sayangnya Anda harus merogoh kantong lebih dalam untuk bisa bertualang bersama tas keren ini karena harganya lebih mahal dibandingkan dengan tas yang lainnya.

2. Luminox 5025-30L Black

2. Luminox 5025-30L Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 329.000

Mendaki sambil membawa laptop? Kenapa tidak?

Ingin mendaki gunung bersama gadget kesayangan Anda? Ransel Luminox ini bisa menjadi pilihan Anda. Terdapat ruang untuk tempat laptop di bagian dalam dan kantong untuk tempat earphone yang bisa Anda akses dengan cepat. Meskipun tidak dilengkapi dengan top lid, perpaduan bahan polyurethane yang waterproof dan fitur rain cover akan menjamin gadget kesayangan Anda terlindung dari air hujan.

Selain itu, busa dengan air system-nya akan meningkatkan sirkulasi udara di punggung Anda sehingga mengurangi rasa gerah. Fitur waist belt-nya juga akan meringankan pundak Anda saat membawa beban seberat 30 liter. Masih ada lagi, emergency whistle yang tersedia juga akan membantu Anda dalam keadaan darurat.

1. Eiger 1989 Migrate Rucksack – Maroon 35L

1. Eiger 1989 Migrate Rucksack - Maroon 35L

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 675.000

Ragam fiturnya membuat Anda semakin keren baik di alam bebas maupun di kota!

Tas hiking ini memiliki perpaduan warna merah maroon dan hijau olive yang keren. Tas ini sudah dilengkapi dengan fitur top lid, rain cover, serta hip belt, shoulder strap, dan back system berbantalan empuk. Anda dapat membawa barang tanpa perlu merasa takut pundak Anda cepat lelah. Tidak perlu khawatir pula berhujan-hujan ria dengan tas ini karena berbahan polyester ripstop yang memiliki daya tahan yang kuat.

Tersedia juga sleeve khusus untuk dokumen yang juga bisa digunakan untuk menyimpan laptop berukuran 14″. Kompartemen utama yang luas bisa Anda gunakan untuk menyimpan tenda, buku, atau barang-barang yang lain. Untuk tampilan yang casual, Anda dapat menyembunyikan hip belt jika tidak digunakan. Backpack ini cocok untuk dijadikan sebagai teman beraktivitas sehari-hari sekaligus rekan petualangan Anda.

Tips supaya tas hiking Anda lebih awet

Tips supaya tas hiking Anda lebih awet

Backpack Anda akan lebih awet apabila Anda rajin merawatnya. Perawatan paling mendasar adalah dengan mencucinya memakai tangan. Pertama, lepaskan semua bagian-bagian yang bisa dipisahkan dari tas utama Anda, seperti waist belt dan shoulder belt. Setelah itu, cucilah secara perlahan dengan menggunakan air hangat dan detergen yang tidak terlalu kuat.

Apabila terdapat noda membandel, gosoklah secara perlahan dengan menggunakan spons. Setelah selesai mencuci, keringkan dengan posisi bukaan tas menghadap ke bawah, lalu peraslah tas secara perlahan dari atas ke bawah dengan kedua tangan Anda.

Keringkanlah di dalam ruangan dengan siklus udara yang baik. Jika ruangan lembap, ada kemungkinan jamur akan tumbuh di dalam tas Anda. Cucilah segera setelah selesai digunakan supaya backpack Anda tetap awet.

Cara packing demi pendakian yang nyaman

Cara packing demi pendakian yang nyaman

Packing akan lebih mudah dilakukan jika Anda tahu letak strategis bagi barang-barang Anda. Letakkanlah sleeping bag atau pakaian ganti di bagian paling bawah ransel. Selanjutnya, makanan dan minuman sebaiknya diletakkan di tengah. Bagian paling atas, sebaiknya barang yang mudah diambil, seperti jaket atau sweter. Benda yang lunak sebaiknya diletakkan di bagian punggung tas, kemudian tisu dan tiang tenda bisa diletakkan di bagian samping ransel.

Anda bisa meletakkan makanan ringan, peta, atau ponsel pada kantong kecil yang berada di dekat top lid atau waist belt. Jika backpack Anda tidak waterproof, Anda bisa memakai rain cover untuk mencegah air masuk ke dalam tas. Namun, untuk berjaga-jaga, kami sarankan Anda untuk meletakkan makanan dan benda-benda kecil lainnya ke dalam kantong plastik supaya tidak basah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan memasukkan barang berdasarkan urutan beratnya. Barang yang berat sebaiknya diletakkan di tengah untuk menjaga keseimbangan Anda saat membawanya.

Anda juga bisa mencoba ransel hiking second

Anda juga bisa membeli ransel hiking second

Backpack dengan merek terkenal tentu harganya mahal. Ukurannya pun berbeda pada setiap merek. Terlebih lagi apabila Anda belum pernah memiliki backpack sebelumnya, mungkin Anda belum tahu feel kenyamanan yang ditawarkan oleh tiap merek. Untuk itu, hal yang terpenting adalah mencobanya terlebih dahulu.

Sayangnya, Anda tidak akan bisa mencoba packing di gerai backpack yang Anda kunjungi. Jadi, apabila sudah menemukan model backpack yang diinginkan, Anda bisa membeli versi second-nya atau mencarinya di tempat rental, lalu mencoba packing sendiri di rumah.

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh rekomendasi tas hiking dewasa terbaik tahun ini. Bagaimana menurut Anda? Apakah sudah menemukan backpack yang cocok untuk Anda? Jangan lupa untuk mempertimbangkan poin-poin yang telah kami beritahukan sebelumnya.

Selain fitur-fitur yang menarik, Anda tentu mempertimbangkan juga model tas yang Anda inginkan. Karena itu jangan ragu untuk memilih tas dengan model dan fitur yang sesuai dengan pribadi Anda. Semoga pendakian Anda menyenangkan!