mybest
Backpack

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Camping & hiking
  4. 10 Rekomendasi Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist]
  • 10 Rekomendasi Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 1
  • 10 Rekomendasi Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 2
  • 10 Rekomendasi Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 3
  • 10 Rekomendasi Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 4
  • 10 Rekomendasi Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist] 5

10 Rekomendasi Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist]

Tas hiking kapasitas 20–30 liter menjadi backpack yang pas untuk aktivitas outdoor, seperti camping dan trekking. Jenis tas hiking ini beragam, seperti tas ultralight yang ringan dan tas gunung kecil atau semi carrier. Ada juga tipe daypack yang bisa menjadi daily bag Anda.


Terdapat beragam merek tas hiking kapasitas 20–30 liter yang bagus dari EIGER, Bodypack, Consina, dan sebagainya. Jika Anda sedang mencari rekomendasi tas hiking terbaik, bacalah artikel kami ini hingga akhir. Pertama-tama, kami akan membagikan tips memilih yang dibuat bersama outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!

Diperbaharui 01/01/2024
Adlai Yulianus
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Tas berkapasitas 20-30 liter cocok untuk pendakian day trip atau satu malam

Tas berkapasitas 20-30 liter cocok untuk pendakian day trip atau satu malam
Tas hiking tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kapasitas, mulai dari 10 liter sampai 100 liter. Kali ini kami akan membahas tas hiking berkapasitas 20–30 liter. Kapasitasnya cocok dan praktis digunakan jika Anda hanya akan melakukan perjalanan singkat atau pendakian selama 1 hari. Ukuran tas 20–30 liter tidak terlalu besar. Berikut ukuran rata-rata produknya.

  • Ukuran tas 20 liter: 24 cm x 14 cm x 47 cm
  • Ukuran tas 25 liter: 34 cm x 21 cm x 50 cm
  • Ukuran tas 30 liter: 30 cm x 18 cm x 55 cm

 
Dengan ukuran tersebut, tas 20–30 liter bisa juga digunakan untuk aktivitas sehari-hari tergantung desainnya. Kebutuhan sekolah, bekerja, hingga traveling cocok untuk tas berkapasitas ini. Ada juga tas 30 liter dengan model semi carrier atau tas gunung kecil yang muat untuk banyak barang.

Cara memilih Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter

Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih tas berkapasitas 20–30 liter untuk hiking. Gunakan penjelasannya sebagai referensi untuk mendapatkan tas yang nyaman dibawa pada saat Anda mendaki.
1

Pilih ukuran tas yang sesuai dengan punggung Anda

Pilih ukuran tas yang sesuai dengan punggung Anda

Meski kapasitasnya sama, ukuran setiap tas bisa bervariasi. Sensasi yang diberikan tiap tas juga berbeda tergantung pemakainya. Karena itu, sebaiknya Anda periksa dahulu panjang punggung Anda untuk disesuaikan dengan tas yang akan dipilih.


Panjang punggung diukur mulai dari leher hingga pinggang. Sementara itu, ukuran tas biasanya dibedakan dari XS hingga L berdasarkan panjang punggung pemakainya.


Untuk mengetahui panjang punggung Anda, berdirilah dengan tegak dan menghadap ke bawah. Selanjutnya, ukur panjang tulang dari belakang leher hingga pinggul Anda. Berikut ukuran tas yang bisa dipertimbangkan berdasarkan panjang punggung Anda.


  • XS: panjang punggung kurang dari 41 cm
  • S: panjang punggung 41–46 cm
  • M: panjang punggung 46–51 cm
  • L: panjang punggung lebih dari 51 cm

Tas berukuran 30 liter biasanya cocok untuk Anda yang panjang punggungnya berada pada rentang ukuran S hingga M. Akan tetapi, sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu mana tas yang cocok dengan punggung Anda.

Jangan memilih tas hanya berdasarkan perkiraan. Merek terkenal biasanya akan menyertakan ukuran pada deskripsi tas, tetapi ada juga yang tidak ditulis. Jadi, tak ada salahnya jika Anda mencoba mengunjungi gerai merek tas tersebut.

2

Untuk kenyamanan, pertimbangkan tas hiking dengan waist belt dan chest belt

Untuk kenyamanan, pertimbangkan tas hiking dengan waist belt dan chest belt
Selain shoulder belt, sebagian besar tas hiking juga dilengkapi waist harness dan chest belt. Waist harness, atau waist belt, dan chest belt merupakan fitur yang penting untuk diperiksa dalam pemilihan tas hiking.

Chest belt adalah strap penyangga yang ada di bagian dada. Sementara itu, waist belt terletak di bagian pinggang. Keduanya sangat berguna karena beban tas tidak akan sepenuhnya berada di pundak, tetapi juga di punggung. Tas punggung yang biasa digunakan sehari-hari adalah pengecualian.


Tas hiking dengan volume 30 liter tentu akan terasa kurang stabil apabila hanya ditahan dengan shouder belt. Jarak pendakian yang panjang pun akan membuat Anda lelah. Untuk membantu meringankan beban, pilihlah tas yang dilengkapi waist belt dan chest belt.

Namun, ada baiknya Anda memilih tas yang tidak memiliki terlalu banyak tali dan belt tambahan. Tas dengan kapasitas sekitar 30 liter biasanya memiliki ukuran yang menutupi bagian punggung. Alhasil, tas mudah tersangkut ranting pohon saat Anda mendaki gunung.

3

Untuk hiker wanita, cari tas khusus perempuan

Untuk hiker wanita, cari tas khusus perempuan
Selain untuk pria, ada juga tas hiking yang didesain khusus untuk wanita. Tas hiking untuk pria tentunya dirancang menyesuaikan bentuk tubuh pria. Maka dari itu, sebagian besar di antaranya mungkin tidak akan pas dengan bentuk tubuh wanita. 

Apabila ada tas hiking yang Anda sukai, ada baiknya untuk memastikan apakah tersedia model untuk wanita atau tidak. Dengan tas yang didesain khusus untuk wanita, penggunaannya akan lebih pas di punggung sehingga nyaman digunakan.

4

Ketahui jumlah kompartemen yang tersedia pada tas hiking

Ketahui jumlah kompartemen yang tersedia pada tas hiking
Pada umumnya bagian dalam tas hiking terbagi ke dalam beberapa ruang atau partisi. Tas dengan ruang utama yang tidak terbagi-bagi termasuk ke tipe ruang tunggal. Sementara itu, tas yang dibagi menjadi bagian atas dan bawah masuk ke tipe ruang ganda. Berikut kami akan memerinci perbedaan keduanya untuk Anda.

  • Tas ruang tunggal

Anda bisa memasukkan barang berukuran besar sekaligus ke dalam tas ruang tunggal. Namun, Anda akan kesulitan saat ingin mengeluarkan barang yang berada di bagian tengah atau bawah tas.


  • Tas ruang ganda

Keunggulan tas ruang ganda adalah Anda bisa berkemas serta mengeluarkan barang dengan lebih cepat dan mudah. Namun, sulit untuk memasukkan tenda atau sleeping bag ke dalamnya. Jadi, pertimbangkan kembali apabila Anda berniat membawa barang-barang yang besar.


Anda bisa mempertimbangkan untuk memisahkan pemakaian tas sesuai kebutuhannya. Pilihlah tas ruang tunggal jika ingin bermalam dan memasang tenda. Sebaliknya, pilihlah tas ruang ganda untuk pendakian day trip. Tas hiking dengan kapasitas 20–30 liter biasanya bertipe ruang tunggal karena bentuknya yang tidak besar.

5

Perhatikan fitur lain yang dapat mendukung pendakian

Periksa juga fitur-fitur lain yang memudahkan Anda membawa tas saat hiking. Setidaknya ada dua poin yang perlu Anda periksa, yakni jumlah kantong dan ketersediaan rain cover.

Saku, menyimpan barang-barang saat hiking jadi lebih tertata

Saku, menyimpan barang-barang saat hiking jadi lebih tertata
Sumber: consina.com

Banyak tas punggung ukuran 20–30 liter yang dilengkapi saku tambahan di bagian luarnya. Ada saku yang tertutup, ada pula yang terbuka atau berupa jala-jala. Saku ini berfungsi untuk menyimpan perlengkapan yang kecil dan dapat cepat diambil. Saku tambahan tentu juga membuat penampilan tas lebih stylish atau trendi.


Bahkan, ada tas hiking yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti bekerja atau sekolah. Jenis tas ini biasanya memiliki tempat laptop dan organizer untuk menyimpan alat tulis, kunci, dan benda kecil lainnya.


Periksalah juga apakah tas memiliki side pocket di sebelah kiri dan kanan. Side pocket berguna untuk menyimpan botol minum, kaleng gas, atau frame tenda. Anda pun bisa memilih tas dengan front pocket dan waist belt pocket. Kedua saku tersebut akan memudahkan Anda untuk meraih barang-barang yang sering digunakan.

Top lid dan rain cover, mencegah tas rembes saat terkena air

Top lid dan rain cover, mencegah tas rembes saat terkena air
Sumber: cozmeed.com
Beberapa tas hiking dilengkapi top lid untuk mencegah agar barang di dalam tas tidak basah saat hujan turun. Banyak tas yang sudah dilengkapi fitur tahan air. Akan tetapi, ritsletingnya mungkin tidak kedap air sehingga air hujan bisa masuk ke dalam tas. Cuaca saat pendakian bisa saja berubah-ubah. Karena itu, sebaiknya Anda memilih ransel yang diberi top lid.

Agar lebih aman, pastikan juga tas hiking sudah dilengkapi rain cover. Tas dengan rain cover biasanya memiliki tempat penyimpanannya sendiri. Ukuran rain cover pun sudah disesuaikan dengan tasnya. Saat tidak digunakan, rain cover dapat tersimpan rapi tanpa mengganggu barang lain.

6

Periksa juga berat tas hiking

Periksa juga berat tas hiking

Tas hiking pastinya akan makin berat apabila diisi dengan barang-barang. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa berat tas itu sendiri. Tas dengan fitur saku tambahan tentu sangat praktis. Akan tetapi, berhati-hatilah karena berat tas Anda akan makin bertambah.


Sebaliknya, daya tahan dan kualitas bahannya perlu dipertanyakan apabila terlalu ringan. Bantalan punggung yang terlalu tipis juga bisa membuat punggung Anda sakit saat membawa tas. Karena itu, alangkah baiknya Anda memilih tas yang fiturnya tidak berlebihan dan beratnya pas.


Bahan dan fitur tas sangat berpengaruh terhadap beratnya. Anda harus lebih cermat dalam memilih tas agar sesuai dengan tipe dan lama perjalanan. Jika Anda butuh tas ultralight, periksa kapasitasnya. Bobot yang ringan belum cukup mendefinisikan tas ultralight. Anda juga perlu memeriksa rasio antara berat dan kapasitas.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 01 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Bahan
Ukuran
Kapasitas
Berat
Rain cover
Sabuk pinggang
Sabuk dada
Breathable
1

Consina

Gocta Ransel

Consina  Gocta Ransel 1

Rp319.550

Menengah

Punggung tetap adem meski trekking panjang

Ripstop 2 Tone 600D, polyester 420D

50 cm x 30 cm x 30 cm

20-40 L

1 kg

2

Cozmeed

Tas Sniper Pro 2.0

Cozmeed  Tas Sniper Pro 2.0 1

Rp599.000

Agak Mahal

Oke dibawa hiking, nyaman dipakai traveling

Cordura 1295

30 cm x 32 cm x 62 cm

30 L

0,95 kg

3

Kalibre

Daypack Corvus Art 911439000

Kalibre  Daypack Corvus Art  1

Rp475.000

Menengah

Tas hiking kasual yang bisa dipakai kuliah

Tidak diketahui

50 cm x 30 cm x 17 cm

25 L

1 kg

Tidak diketahui

4

Bodypack

Glasgow Rawk Laptop Backpack

Bodypack Glasgow Rawk Laptop Backpack 1

Rp779.000

Agak Mahal

Bukaannya lebar, mengeluarkan dan memasukkan barang jadi lebih mudah

Polyester

47 cm x 30 cm x 15 cm

23 L

0,8 kg

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Hikemore

Alter Semi Carrier

Hikemore  Alter Semi Carrier 1

Rp299.000

Menengah

Tas semi-carrier yang penyimpanan utamanya luas

Tidak diketahui

56 mm x 27 mm x 18 cm

27 L

Tidak diketahui

6

Arei Outdoorgear

Tas Ransel Pria Smassif 25 Liter X2

Arei Outdoorgear Tas Ransel Pria Smassif 25 Liter X2  1

Rp299.000

Menengah

Pilihan simpel untuk Anda yang tidak ingin ribet

Nylon

47 cm x 30 cm x 18 cm

25 L

0,6 kg

Tidak diketahui

7

EIGER

Ventrex 30

EIGER  Ventrex 30 1

Rp1.149.000

Lebih Mahal

Tas dengan fitur lengkap dan tampilan yang menarik

Polyester 150D ripstop

25 cm x 30 cm x 52 cm

30 L

Tidak diketahui

8

ELFS ACTIVE

Tas Ransel Gunung Carrier 28L

ELFS ACTIVE  Tas Ransel Gunung Carrier 28L 1

Rp245.000

Agak Murah

Fiturnya lengkap untuk Anda yang gemar jelajah alam

Parasut poly

50 cm x 36 cm x 16 cm

28 L

Tidak diketahui

9

Decathlon

Quechua NH Arpenaz 100

Decathlon  Quechua NH Arpenaz 100 1

Rp270.000

Agak Murah

Konstruksinya kukuh untuk menemani Anda berpetualang

PET, PP, PU

50 cm x 26 cm x 20 cm

30 L

0,620 kg

10

Naturehike

Tas Lipat Waterproof 22LNH17A017-B

Naturehike  Tas Lipat Waterproof 22L 1

Rp171.275

Lebih Murah

Tas 25 liter yang bisa dilipat kecil

Nilon 30D

26 cm x 20 cm x 42 cm

22 L

0,17 kg

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Consina Gocta Ransel

Gocta Ransel 1
Sumber: consina.com
Gocta Ransel 2
Sumber: shopee.co.id
Gocta Ransel 3
Sumber: shopee.co.id
Gocta Ransel 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp319.550
Menengah
Harga referensi
Rp319.550
Menengah

Punggung tetap adem meski trekking panjang

Consina Gocta Ransel direkomendasikan untuk Anda yang gemar melakukan hiking dengan jarak yang cukup jauh. Tas 30 liter ini dilengkapi dengan bantalan punggung dan pundak yang nyaman. Bagian punggungnya dibuat khusus untuk menyalurkan udara sehingga terasa lebih adem meski Anda trekking jauh.


Kemudian, ada tali sabuk di pinggang dan tali dada yang dapat diatur. Kedua tali tersebut berguna untuk mendistribusikan beban ransel ke seluruh tubuh. Dengan begitu, pergerakan Anda menjadi lebih stabil dan tas minim berguncang meski Anda bergerak cepat. Tasnya juga sudah dilengkapi rain cover agar barang bawaan lebih aman saat beraktivitas di tengah hujan.

BahanRipstop 2 Tone 600D, polyester 420D
Ukuran50 cm x 30 cm x 30 cm
Kapasitas20-40 L
Berat1 kg
Rain cover
Sabuk pinggang
Sabuk dada
Breathable
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Cozmeed Tas Sniper Pro 2.0

Harga referensi
Rp599.000
Agak Mahal

Oke dibawa hiking, nyaman dipakai traveling

Jika Anda mencari tas untuk hiking yang juga bisa dipakai traveling ke luar kota, kami merekomendasikan produk ini. Cozmeed Sniper Pro 2.0 hadir dengan banyak kompartemen, seperti kompartemen utama, saku, dan pocket. Ada pula kompartemen bawah yang bisa dipakai untuk menyimpan sepatu atau baju kotor.


Tas ini menggunakan zipper YKK yang memudahkan Anda memasukkan dan mengambil barang dari tas. Untuk kenyamanannya sendiri ada teknologi AIR COMFORT pada backsystem-nya. Berkat teknologi tersebut, sirkulasi udara di punggung jadi optimal sehingga tas nyaman dipakai untuk perjalanan dengan waktu yang panjang.

BahanCordura 1295
Ukuran30 cm x 32 cm x 62 cm
Kapasitas30 L
Berat0,95 kg
Rain cover
Sabuk pinggang
Sabuk dada
Breathable
View all
No.3

Kalibre Daypack Corvus Art 911439000

Harga referensi
Rp475.000
Menengah

Tas hiking kasual yang bisa dipakai kuliah

Kalibre Daypack Corvus Art merupakan tas dengan tampilan kasual yang menarik. Tipe tas seperti ini cocok untuk anak kuliahan yang gemar berpetualang. Tampilannya yang stylish membuat Anda tidak mati gaya saat kuliah dengan memakai tas ini.


Selain itu, tas ini sudah dilengkapi dengan kompartemen khusus untuk laptop 15 inci. Ada pula organizer untuk menyimpan perlengkapan lain, seperti pulpen, HP, kunci kendaraan, dan lainnya. Saat membelinya, Anda juga akan mendapatkan cover bag untuk menjaga barang bawaan tetap aman saat hujan.

BahanTidak diketahui
Ukuran50 cm x 30 cm x 17 cm
Kapasitas25 L
Berat1 kg
Rain cover
Sabuk pinggang
Sabuk dada
BreathableTidak diketahui
View all
No.4

BodypackGlasgow Rawk Laptop Backpack

Harga referensi
Rp779.000
Agak Mahal

Bukaannya lebar, mengeluarkan dan memasukkan barang jadi lebih mudah

Bodypack Glasgow Rawk hadir dengan saku utama yang luas dengan bukaan lebar. Tas ini cocok untuk Anda yang ingin memasukkan berbagai perlengkapan dengan mudah. Kemudian, ada beberapa saku lain yang tidak kalah penting, contohnya saku depan untuk menyimpan barang yang sering dipakai. 

Kedua saku samping tas ini dilengkapi dengan ritsleting sehingga menyimpan barang-barang lain di sakunya jadi lebih aman. Agar makin nyaman saat dipakai, ada busa di panel belakang tas. Tas ini juga mempunyai strap dada untuk menjaga kestabilan tas saat Anda membawa banyak barang. Di sisi lain, desain yang kasual membuat tas ini cocok dipakai untuk berbagai kegiatan lapangan.

BahanPolyester
Ukuran47 cm x 30 cm x 15 cm
Kapasitas23 L
Berat0,8 kg
Rain coverTidak diketahui
Sabuk pinggang
Sabuk dada
BreathableTidak diketahui
View all
No.5

Hikemore Alter Semi Carrier

Harga referensi
Rp299.000
Menengah

Tas semi-carrier yang penyimpanan utamanya luas

Hikemore mengeluarkan tas hiking 27 liter semi-carrier dengan kompartemen yang luas. Kompartemen utamanya yang luas membuat Anda bisa memasukkan banyak perlengkapan di dalamnya. Kemudian, dua saku sampingnya bisa dipakai untuk menyimpan botol minum.


Bagian punggung tas ini dilapisi busa tebal untuk kenyamanannya dipakai saat harus dibawa lama. Tasnya juga dilengkapi dengan webbing loop yang berfungsi untuk menaruh matras, carabiner, trekking pole, dan sejenisnya. Karena itu, tas ini cocok untuk kebutuhan hiking dan camping.

BahanTidak diketahui
Ukuran56 mm x 27 mm x 18 cm
Kapasitas27 L
BeratTidak diketahui
Rain cover
Sabuk pinggang
Sabuk dada
Breathable
View all
No.6

Arei OutdoorgearTas Ransel Pria Smassif 25 Liter X2

Harga referensi
Rp299.000
Menengah

Pilihan simpel untuk Anda yang tidak ingin ribet

Tas Ransel Pria Smassif 25 Liter X2 dari Arei ini direkomendasikan untuk Anda yang mencari tas hiking yang simpel dan fungsional. Tas ini tidak memiliki banyak kompartemen, hanya ada kompartemen utama, saku dalam, samping, depan, dan organizer. Sistem penyimpanan barang pun jadi lebih efisien tanpa ada ruang yang tidak dipakai. Tas 25 liter ini juga sudah dilengkapi rain cover sehingga Anda tidak perlu menyiapkan budget tambahan lagi untuk membelinya.

BahanNylon
Ukuran47 cm x 30 cm x 18 cm
Kapasitas25 L
Berat0,6 kg
Rain cover
Sabuk pinggang
Sabuk dada
BreathableTidak diketahui
View all
Harga referensi
Rp1.149.000
Lebih Mahal

Tas dengan fitur lengkap dan tampilan yang menarik

Tas Eiger Ventrex 30 menjadi pilihan untuk Anda yang tidak hanya mengutamakan fungsionalitas tas, tetapi juga tampilannya. Desain tas ini terlihat elegan dengan kesan premium. Ada tiga pilihan warna tas yang tersedia yakni cream, orange, dan biru. Anda bisa memilih tas yang pas dengan outfit jalan-jalan Anda.


Tas ini dilengkapi teknologi backsystem X-Fit yang lembut dengan sistem sirkulasi maksimal. Di bagian dalamnya terdapat kompartemen khusus untuk tempat water bladder. Selain itu, masih ada kelebihan lain untuk mendukung perjalanan Anda, seperti tali dada, tali pinggang, dan tali kompresi samping. Lengkap sekali, bukan?

BahanPolyester 150D ripstop
Ukuran25 cm x 30 cm x 52 cm
Kapasitas30 L
BeratTidak diketahui
Rain cover
Sabuk pinggang
Sabuk dada
Breathable
View all
No.8

ELFS ACTIVE Tas Ransel Gunung Carrier 28L

Harga referensi
Rp245.000
Agak Murah

Fiturnya lengkap untuk Anda yang gemar jelajah alam

Apakah Anda gemar melakukan jelajah alam, seperti trekking ke bukit atau air terjun? Jika iya, kami merekomendasikan produk ini. Tas hiking dari ELF ACTIVE ini punya fitur yang lengkap untuk kebutuhan petualangan Anda. Di bagian punggung dan tali tas ada busa dan furing sehingga punggung Anda tidak gerah.


Di bagian penyimpanan tas terdapat tali yang dikencangkan sehingga posisi barang bawaan Anda jadi lebih solid dan stabil. Kemudian, ada pengikat di bagian dada dan perut agar beban dari tas jadi merata. Tas ini juga dilengkapi dengan peluit untuk kebutuhan darurat, seperti saat Anda tersesat atau membutuhkan pertolongan.

BahanParasut poly
Ukuran50 cm x 36 cm x 16 cm
Kapasitas28 L
BeratTidak diketahui
Rain cover
Sabuk pinggang
Sabuk dada
Breathable
View all
No.9

Decathlon Quechua NH Arpenaz 100

Harga referensi
Rp270.000
Agak Murah

Konstruksinya kukuh untuk menemani Anda berpetualang

Quechua NH Arpenaz 100 dibuat dengan komponen dan rakitan yang tahan abrasi. Konstruksi tas pun jadi lebih kukuh untuk dijadikan sebagai teman menyusuri tempat-tempat baru. Ada beberapa tali kompresi yang disematkan pada tas ini untuk tempat trekking pole atau matras gulung. Kemudian, strap di bagian dada dan perutnya membuat tas lebih stabil saat Anda harus melewati trek yang terjal. Tas ini cocok dibawa saat Anda hiking ke hutan atau pergi ke pantai.

BahanPET, PP, PU
Ukuran50 cm x 26 cm x 20 cm
Kapasitas30 L
Berat0,620 kg
Rain cover
Sabuk pinggang
Sabuk dada
Breathable
View all
No.10

Naturehike Tas Lipat Waterproof 22LNH17A017-B

Harga referensi
Rp171.275
Lebih Murah

Tas 25 liter yang bisa dilipat kecil

Salah satu keunggulan yang ditawarkan tas hiking merek Naturehike ini adalah bisa dilipat menjadi kecil. Bahkan, ada kantong penyimpanan agar tas tidak membesar secara otomatis. Saat sedang tidak digunakan. Anda bisa melipatnya dan memasukkan tas ke dalam tas utama Anda.


Material tas sudah dibuat antiair sehingga barang bawaan Anda akan tetap aman saat  hujan. Tas ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari tas tambahan saat hiking. Misalnya untuk kebutuhan mendaki gunung, yaitu saat hendak summit ke puncak. Anda bisa memakai tas ini karena lebih praktis dibanding membawa tas carrier.

BahanNilon 30D
Ukuran26 cm x 20 cm x 42 cm
Kapasitas22 L
Berat0,17 kg
Rain cover
Sabuk pinggang
Sabuk dada
BreathableTidak diketahui
View all

Tips menggunakan tas hiking

Pada bagian ini, kami akan memberikan tips menggunakan tas hiking. Kami akan menjelaskan cara membersihkan dan cara packing yang benar. Simak uraiannya baik-baik agar tas Anda tetap awet, ya!

Bersihkan tas dengan baik agar lebih awet

Bersihkan tas dengan baik agar lebih awet

Tas hiking akan lebih awet apabila Anda rajin merawatnya. Perawatan paling mendasar adalah dengan mencucinya secara manual dengan tangan. Berikut cara mencuci tas yang baik dan benar. 


  • Lepaskan bagian-bagian yang bisa dipisahkan dari tas utama, seperti waist belt dan shoulder belt.
  • Cuci secara perlahan dengan air hangat dan detergen yang tidak kuat. Jika terdapat noda membandel, gosok secara perlahan menggunakan spons.
  • Keringkan dengan posisi bukaan tas menghadap ke bawah. Selanjutnya, peras tas secara perlahan dari atas ke bawah dengan kedua tangan.
  • Keringkan tas di tempat dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Setelah benar-benar kering, simpan di tempat yang terhindar dari kondisi lembap dan risiko berjamur.

Pahami cara menyusun barang sesuai prioritasnya

Pahami cara menyusun barang sesuai prioritasnya

Packing akan lebih mudah dilakukan jika Anda tahu letak yang paling pas bagi barang-barang Anda. Hal ini juga akan memudahkan Anda saat menyandang ransel. Berikut cara menyimpan barang yang benar saat Anda melakukan packing.  


  • Bagian paling bawah: Sleeping bag, pakaian ganti
  • Bagian tengah: Makanan dan minuman 
  • Bagian atas: Barang yang diambil saat suhu dingin, seperti jaket atau sweater
  • Bagian punggung: Benda yang lunak, seperti sarung tangan
  • Bagian samping: Tisu, frame tenda
  • Top lid/waist belt: Makanan ringan, peta, atau ponsel

Jika tas Anda tidak waterproof, gunakan rain cover untuk mencegah air masuk ke dalamnya. Untuk berjaga-jaga, letakkanlah makanan dan benda-benda kecil lainnya ke dalam kantong plastik supaya tidak basah.


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan memasukkan barang berdasarkan urutan beratnya. Barang yang berat sebaiknya diletakkan di tengah untuk menjaga keseimbangan Anda saat membawa tas.

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Sesuaikan tas dengan tujuan perjalanan Anda. Sama seperti sepatu dan perlengkapan utama lainnya, tas punggung sangat dominan untuk perjalanan di alam bebas. Pastinya tidak mungkin untuk menggunakan kantong jinjing selama perjalanan di alam bebas.


Pilihan terbaik menggunakan tas punggung adalah dengan warna yang terang dan mudah terlihat. Dengan demikian, tas punggung dapat menjadi penanda bagi orang lain. Warna mencolok juga bisa berfungsi saat kondisi terburuk, misalnya saat tersesat di hutan rimba. Warna mencolok tas punggung akan terlihat berbeda dengan warna pepohonan atau daun di sekitar Anda.

5 Rekomendasi Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter terbaik

No. 1: Consina Gocta Ransel

No. 2: Cozmeed Tas Sniper Pro 2.0

No. 3: Kalibre Daypack Corvus Art 911439000

No. 4: BodypackGlasgow Rawk Laptop Backpack

No. 5: Hikemore Alter Semi Carrier

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Camping & hiking
  4. 10 Rekomendasi Tas Hiking dengan Kapasitas 20–30 liter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Outdoor Activist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.