• 10 Rekomendasi Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20-30 liter (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20-30 liter (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20-30 liter (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20-30 liter (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20-30 liter (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20-30 liter (Terbaru Tahun 2020)

Backpack bisa dikatakan merupakan salah satu perlengkapan wajib saat naik gunung. Jenisnya pun beragam dan dapat disesuaikan untuk kenyamanan pemakaian. Namun, banyaknya merek tas hiking terkenal mungkin membuat Anda kesulitan untuk menentukan mana yang terbaik.

Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih tas hiking berkapasitas 20-30 liter dari merek terpopuler, seperti Eiger, Cozmeed, Avtech, Consina, atau Vaude. Mulai dari produk yang durable hingga yang waterproof, Anda dapat memilih dan membandingkan sendiri mana yang cocok dengan kebutuhan dan kepribadian Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 13.025 Views
Daftar isi

Tas berkapasitas 20-30 liter cocok untuk pendakian satu malam

Tas berkapasitas 20-30 liter cocok untuk pendakian satu malam
Tas hiking tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kapasitas, mulai dari 10 sampai 100 liter. Tas gunung berkapasitas 20-30 liter yang akan kami bahas kali ini lebih cocok dan praktis digunakan jika Anda hanya akan mendaki selama satu hari atau menginap satu malam. Bagi Anda yang baru pertama kali akan naik gunung dan tidak tahu harus memilih tas ukuran berapa, kami merekomendasikan Anda untuk memilih tas yang berkapasitas 20 hingga 30 liter.

Cara memilih tas hiking terbaik dengan kapasitas 20-30 liter

Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih backpack berkapasitas 20-30 liter untuk hiking. Gunakanlah penjelasan berikut sebagai referensi untuk mendapatkan tas yang nyaman dibawa pada saat pendakian Anda.

Pilihlah yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda

Salah satu hal yang terpenting dalam memilih tas ransel hiking adalah kecocokannya dengan bentuk tubuh Anda. Pilihlah tas yang terasa pas dengan tubuh Anda. Berikut ini adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tas yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Pilihlah ukuran tas yang sesuai dengan punggung Anda

Pilihlah ukuran tas yang sesuai dengan punggung Anda
Setiap merek backpack menawarkan produk yang akan memberikan sensasi berbeda-beda pada pemakainya. Selain itu, tiap ukuran juga akan memberikan sensasi yang berbeda tergantung pada pemakainya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda periksa dahulu ukuran punggng Anda untuk disesuaikan dengan tas yang akan dipilih.
Panjang punggung dimulai dari leher hingga pinggang dan ukuran tas biasanya dibedakan dari XS hingga L berdasarkan panjang punggung. Untuk mengetahui panjang punggung Anda, berdirilah dengan tegak dan menghadaplah ke bawah, lalu ukurlah panjang tulang dari belakang leher hingga pinggul Anda. Tas ukuran XS adalah untuk panjang punggung 41 cm atau kurang, ukuran S untuk 41 sampai 46 cm, ukuran M untuk 46 sampai 51, dan ukuran L lebih besar dari itu.
Tas ransel berukuran 30 liter biasanya cocok untuk Anda yang panjang punggungnya berada pada rentang S hingga M. Akan tetapi, sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu mana tas yang cocok dengan Anda. Jangan memilih hanya berdasarkan perkiraan saja. Merek ransel hiking terkenal biasanya akan menyertakan ukurannya pada deskripsi tas, tetapi ada juga yang tidak ditulis. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengunjungi gerai merek tas tersebut.

Untuk kenyamanan, pilihlah tas hiking dengan fitur waist belt

Untuk kenyamanan, pilihlah tas hiking dengan fitur waist belt
Selain shoulder belt, sebagian besar tas hiking juga dilengkapi dengan waist harness. Waist harness, atau yang biasa juga disebut waist belt, merupakan salah satu fitur yang penting dalam pemilihan tas hiking.
Backpack berkapasitas 30 liter yang berisi berbagai macam barang tentu akan terasa kurang stabil apabila hanya ditahan dengan shouder belt saja. Jarak pendakian yang panjang juga tentu akan membuat Anda lelah. Oleh karena itu, untuk membantu meringankan beban, sebaiknya Anda memilih ransel yang dilengkapi dengan waist belt.

Cek juga merek yang menyediakan tas hiking untuk wanita

Cek juga merek yang menyediakan tas hiking untuk wanita
Selain untuk pria, ada juga tas hiking yang didesain khusus untuk wanita. Tas hiking untuk pria tentunya dirancang menyesuaikan bentuk tubuh pria sehingga sebagian besar di antaranya mungkin tidak akan pas dengan bentuk tubuh wanita. Apabila ada tas hiking yang Anda sukai, ada baiknya untuk memastikan juga apakah tersedia model untuk wanita atau tidak.

Perhatikan jumlah kantong atau partisi di dalam ransel sesuai kebutuhan pendakian

Perhatikan jumlah kantong atau partisi di dalam ransel sesuai kebutuhan pendakian
Umumnya bagian dalam ransel terbagi ke dalam beberapa ruang atau partisi. Tas dengan ruang utama yang tidak terbagi-bagi, termasuk tipe beruang tunggal. Sementara yang dibagi menjadi bagian atas dan bawah, masuk kategori beruang ganda. Keunggulan tas beruang ganda adalah Anda bisa berkemas dan mengeluarkan barang dengan lebih cepat dan mudah. Namun, sulit untuk memasukkan tenda atau sleeping bag ke dalamnya. Jadi, pertimbangkan kembali apabila Anda berniat membawa barang-barang yang besar.
Pada tas beruang tunggal, Anda bisa memasukkan barang berukuran besar dengan sekaligus. Namun, Anda akan kesulitan saat ingin mengeluarkan barang yang berada di bagian tengah atau bawah tas. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk memisahkan pemakaian tas sesuai kebutuhannya. Tas beruang tunggal jika ingin bermalam dan memasang tenda, atau tas beruang ganda untuk pendakian satu hari.

Perhatikan fitur yang dapat mendukung pendakian

Perhatikan fitur yang dapat mendukung pendakian
Beberapa tas hiking dilengkapi top lid untuk mencegah agar barang di dalam tas tidak basah saat hujan turun. Banyak ransel yang sudah dilengkapi dengan fitur antiair. Namun, ritsleting yang tidak ketat bisa mengakibatkan air hujan masuk ke dalam tas. Kita tidak pernah tahu kapan cuaca di gunung akan berubah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih ransel yang dilengkapi dengan top lid.
Selain itu, ransel dengan kapasitas sekitar 30 liter biasanya memiliki ukuran yang menutupi bagian punggung sehingga mudah tersangkut ranting pohon saat Anda mendaki gunung. Jadi, sebaiknya Anda memilih ransel yang tidak terlalu memiliki banyak belt tambahan.

Pertimbangkan juga beratnya

Pertimbangkan juga beratnya
Tas hiking pastinya akan semakin berat apabila diisi dengan barang-barang. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa berat backpack itu sendiri . Backpack dengan berbagai macam fitur seperti saku tambahan tentu sangat praktis. Akan tetapi, berhati-hatilah, karena berat tas Anda akan semakin bertambah.
Sebaliknya, apabila terlalu ringan, daya tahan dan kualitas bahannya perlu dipertanyakan. Bantalan punggung yang terlalu tipis juga bisa membuat punggung Anda sakit saat membawa tas tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih tas yang fiturnya tidak berlebihan dan beratnya pas.

10 Rekomendasi tas hiking terbaik dengan kapasitas 20-30 liter

Berikut ini adalah rekomendasi sepuluh ransel berkapasitas 20-30 liter terbaik yang telah kami pilihkan untuk menemani petualangan Anda. Produk-produk yang kami rekomendasikan kali ini adalah jenis unisex yang bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan pendakian Anda!
10
Dimensi50 cm × 29 cm × 75 cm
Kapasitas30 liter
Waist beltAda
Berat1200 gram
9
Dimensi29 cm × 26 cm × 48 cm
Kapasitas30 liter
Waist beltAda
Berat1000 gram
8
Dimensi2626 cm × 19 cm × 48 cm
Kapasitas25 liter
Waist beltTidak ada
Berat170 gram
7
Dimensi25 cm × 19 cm × 50 cm
Kapasitas23 liter
Waist beltAda
Berat1000 gram
6

ChanodugMountaineering Bag Backpack Camping Shoulder Bag 30L

Rp 588.000,00

DimensiTidak disebutkan
Kapasitas20 – 35 liter
Waist beltAda
Berat1450 gram
5

KarrimorDelta 25 Litre Rucksack

Rp 0,00

DimensiTidak disebutkan
Kapasitas25 liter
Waist beltAda
Berat2000 gram
4
Dimensi27 cm × 16 cm × 55 cm
Kapasitas30 liter
Waist beltAda
Berat1000 gram
3
Dimensi27 cm × 21 cm × 52 cm
Kapasitas24 liter
Waist beltAda
Berat500 gram
2
Dimensi35 cm × 20 cm × 60 cm
Kapasitas30 liter
Waist beltAda
BeratTidak disebutkan
1
Dimensi54 cm × 28 cm × 18 cm
Kapasitas30 liter
Waist beltAda
Berat720 gram

Tabel perbandingan produk tas hiking terbaik dengan kapasitas 20-30 liter

Gambar produk
1
Deuter Gravity Rock And Roll30 Navy Granite 1

Deuter

2
Luminox 5025 30L 1

Luminox

3
Vaude Citus 24 LW 1

Vaude

4
Avtech TOREE 30L 1

Avtech

5
Karrimor Delta 25 Litre Rucksack 1

Karrimor

6
Chanodug Mountaineering Bag Backpack Camping Shoulder Bag 30L 1

Chanodug

7
Consina Tagolu 1

Consina

8
Naturehike 25L Ultralight Foldable Backpack 1

Naturehike

9
Decathlon Quechua 30L Hiking Backpack 1

Decathlon

10
Cozmeed Daypack Tas Rinjani 1

Cozmeed

Nama produk

Gravity Rock And Roll30 Navy Granite

5025 30L

Citus 24 LW

TOREE 30L

Delta 25 Litre Rucksack

Mountaineering Bag Backpack Camping Shoulder Bag 30L

Tagolu

25L Ultralight Foldable Backpack

Quechua 30L Hiking Backpack

Daypack Tas Rinjani

Keunggulan

Tas ringan yang ideal untuk medan ekstrem!

Mendaki sambil membawa laptop? Kenapa tidak?

Desain simpel dan tangguh, tak takut lagi tersangkut ranting pohon!

Mengakses sleeping bag jadi lebih praktis dengan kompartemen khususnya

Selain model army-nya yang keren, tas ini juga fully adjustable, lho!

Mau camping atau hiking, tas ini siap menemani Anda!

Kapasitas yang pas untuk pendakian seharian

Super ringan dan foldable! Bisa juga dijadikan tas cadangan

Mendaki di medan yang berat tak lagi masalah dengan tas tahan gesekan ini!

Saatnya mendaki bersama lagu kesayangan Anda!

HargaRp 960.000,00Rp 299.000,00Rp 1.300.000,00Rp 382.000,00Rp 0,00Rp 588.000,00Rp 350.000,00Rp 204.000,00Rp 519.000,00Rp 350.000,00
Dimensi54 cm × 28 cm × 18 cm35 cm × 20 cm × 60 cm27 cm × 21 cm × 52 cm27 cm × 16 cm × 55 cmTidak disebutkanTidak disebutkan25 cm × 19 cm × 50 cm26 cm × 19 cm × 48 cm29 cm × 26 cm × 48 cm50 cm × 29 cm × 75 cm
Kapasitas30 liter30 liter24 liter30 liter25 liter20 – 35 liter23 liter25 liter30 liter30 liter
Waist beltAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaTidak adaAdaAda
Berat720 gramTidak disebutkan500 gram1000 gram2000 gram1450 gram1000 gram170 gram1000 gram1200 gram
Tautan produk

Tips supaya tas hiking Anda lebih awet

Tips supaya tas hiking Anda lebih awet
Backpack akan lebih awet apabila Anda rajin merawatnya. Perawatan paling mendasar adalah dengan mencucinya secara manual dengan tangan. Pertama, lepaskan semua bagian-bagian yang bisa dipisahkan dari tas utama Anda, seperti waist belt dan shoulder belt. Setelah itu, cucilah secara perlahan dengan menggunakan air hangat dan detergen yang tidak terlalu kuat.
Apabila terdapat noda membandel, gosoklah secara perlahan dengan menggunakan spons. Setelah selesai mencuci, keringkan dengan posisi bukaan tas menghadap ke bawah, lalu peraslah tas secara perlahan dari atas ke bawah dengan kedua tangan Anda.
Keringkanlah tas Anda di tempat dengan siklus udara yang baik. Setelah benar-benar kering, simpan di tempat yang terhindar dari kondisi lembap dan risiko berjamur. Cucilah segera setelah selesai digunakan supaya backpack Anda tetap awet.

Cara packing demi pendakian yang nyaman

Cara packing demi pendakian yang nyaman
Packing akan lebih mudah dilakukan jika Anda tahu letak yang paling pas bagi barang-barang Anda. Hal ini juga akan memudahkan Anda saat menyandang ransel. Letakkanlah sleeping bag atau pakaian ganti di bagian paling bawah. Selanjutnya, makanan dan minuman sebaiknya diletakkan di tengah.
Di bagian paling atas, sebaiknya letakkan barang yang dibutuhkan saat cuaca semakin dingin, seperti jaket atau sweter, agar mudah diambil. Benda yang lunak sebaiknya diletakkan di bagian punggung tas, kemudian tisu dan tiang tenda bisa diletakkan di bagian samping ransel.
Anda bisa meletakkan makanan ringan, peta, atau ponsel pada kantong kecil yang berada di dekat top lid atau waist belt. Jika backpack Anda tidak waterproof, gunakanlah rain cover untuk mencegah air masuk ke dalam tas. Namun, untuk berjaga-jaga, kami sarankan Anda untuk meletakkan makanan dan benda-benda kecil lainnya ke dalam kantong plastik supaya tidak basah.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan memasukkan barang berdasarkan urutan beratnya. Barang yang berat sebaiknya diletakkan di tengah untuk menjaga keseimbangan Anda saat membawanya.

Anda juga bisa mencoba ransel secondhand

Anda juga bisa mencoba ransel secondhand
Backpack dengan merek terkenal tentu harganya mahal. Ukurannya pun berbeda pada setiap merek. Terlebih lagi apabila Anda belum pernah memiliki backpack sebelumnya, mungkin Anda belum tahu feel kenyamanan yang ditawarkan oleh tiap merek. Untuk itu, hal yang terpenting adalah mencobanya terlebih dahulu.
Sayangnya, Anda tidak akan bisa mencoba packing di gerai backpack yang Anda kunjungi. Jadi, apabila sudah menemukan model backpack yang diinginkan, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli versi secondhand-nya atau mencarinya di tempat rental, lalu mencoba packing sendiri di rumah.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan naik gunung lainnya di sini!

Bila Anda sudah menemukan tas hiking favorit, tentu Anda membutuhkan perlengkapan untuk menunjang kegiatan naik gunung. Berikut, kami akan memperkenalkan tas ransel dan perlengkapan lainnya untuk menemani Anda mendaki gunung. Mari cek tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh rekomendasi tas hiking dewasa terbaik dengan kapasitas 20-30 liter. Bagaimana menurut Anda? Apakah sudah menemukan backpack yang cocok untuk Anda? Jangan lupa untuk mempertimbangkan poin-poin yang telah kami beritahukan sebelumnya.
Jangan ragu untuk memilih tas dengan model dan fitur yang sesuai dengan pribadi Anda. Selain fitur-fitur yang menarik, ada baiknya untuk mempertimbangkan juga model tas yang Anda inginkan. Semoga pendakian Anda menyenangkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki para pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Coleman, Eiger, dan Consina adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome, dari mulai tenda pop up untuk satu orang hingga tenda berkapasitas besar. Tentunya, setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya.Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tenda. Setelahnya, kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Selamat membaca! 
    Camping & hiking
    55.129 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020)
    Jam tangan mountaineering merupakan alat yang penting saat hendak mendaki gunung atau trekking. Jam tangan untuk mendaki gunung ini bisa sekaligus menjadi aksesori yang fashionable. Anda akan menemukan produk-produk yang keren dan dilengkapi berbagai fitur fungsional keluaran Casio, Garmin, Suunto, dan sebagainya.Namun, banyaknya jam tangan mountaineering yang beredar di pasaran bisa membuat Anda bingung saat memilih. Kami akan mengulas tentang cara memilih jam tangan untuk mendaki gunung serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Baca sampai selesai ya, supaya Anda bisa menemukan produk yang tepat untuk Anda!
    Camping & hiking
    44.593 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu trekking adalah barang wajib untuk melakukan kegiatan alam seperti mendaki gunung atau trekking. Beberapa produsen seperti Eiger, Karrimor, dan Keen sudah banyak memasarkan sepatu trekking untuk pria dan wanita. Bahan, desain, dan harganya pun beragam sehingga bisa membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan membahas sepatu trekking mulai dari cara memilih hingga sepuluh produk terbaiknya. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali membeli sepatu trekking, simak artikel ini sampai habis!
    Camping & hiking
    51.747 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti camping bersama keluarga, tentu Anda menginginkan akomodasi yang nyaman dan aman. Salah satu peralatan yang wajib Anda bawa adalah tenda untuk camping. Tenda yang kuat, ruangan yang cukup, dan tidak bocor saat hujan adalah hal yang perlu dicermati saat memilihnya.Produsen peralatan outdoor seperti Coleman, Decathlon, Consina, dan Eiger sudah banyak menjual tenda camping. Masing-masing tenda memiliki perbedaan desain, keunikan, serta harga jualnya. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih tenda camping beserta beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    27.568 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teropong binokular merupakan perangkat untuk melihat objek jauh agar menjadi lebih jelas. Peralatan ini dapat mendukung berbagai aktivitas, seperti saat menonton konser, mengamati burung di hutan, dan lainnya. Maka dari itu, ada berbagai jenis teropong dengan bentuk, berat, dan bidang pandang yang berbeda-beda. Jika Anda kebingungan mencari teropong binokular, artikel ini tepat untuk Anda. Kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli teropong binokular. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang tersedia di pasaran, seperti Bushnell, Nikon, dan lainnya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    21.352 Views
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda akan menjelajah alam selama lebih dari sehari, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Baik saat Anda ke gunung maupun pantai, tidur Anda akan lebih nyaman bila menggunakan sleeping bag. Ada bermacam-macam produk sleeping bag yang dijual dengan beragam jenis dan fungsi. Mulai dari Eiger, Deuter, dan Consina turut memproduksi sleeping bag.Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung dalam memilih sleeping bag. Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi sleeping bag untuk berbagai medan perjalanan. Tips menggunakannya juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    22.617 Views
  • 10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gaiters Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Selain memerlukan fisik yang tangguh, aktivitas mendaki gunung juga memerlukan peralatan yang memadai, salah satunya adalah gaiters. Perlengkapan pribadi ini berfungsi sebagai pelindung sepatu dan kaos kaki supaya tidak kotor terkena lumpur dan debu. Gaiters juga bisa melindungi sepatu dari masuknya pasir, kerikil, ranting kecil, hingga mencegah gigitan hewan.Saat ini ada banyak gaiters keluaran produsen outdoor gear ternama seperti Kalibre, AVTECH, Naturehike, dan masih banyak lagi. Melalui artikel ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara memilih gaiters serta rekomendasi gaiters dari berbagai jenama. Selamat membaca dan temukan gaiters terbaik untuk menemani petualangan Anda!
    Camping & hiking
    2.965 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori