1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20–30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20–30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20–30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20–30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20–30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20–30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Tas Hiking Terbaik dengan Kapasitas 20–30 liter - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Tas hiking kapasitas 20–30 liter menjadi backpack yang pas untuk aktivitas outdoor, seperti camping dan trekking. Jenis tas hiking ini beragam, seperti tas ultralight yang ringan dan tas gunung kecil atau semi carrier. Ada juga tipe daypack yang bisa menjadi daily bag Anda.


Terdapat beragam merek tas hiking kapasitas 20–30 liter yang bagus, seperti Eiger dan Consina. Jika Anda sedang mencari rekomendasi tas hiking terbaik, bacalah artikel kami ini hingga akhir. Pertama-tama, kami akan membagikan tips cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!

Diperbaharui 09-12-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Tas berkapasitas 20-30 liter cocok untuk pendakian day trip atau satu malam

Tas berkapasitas 20-30 liter cocok untuk pendakian day trip atau satu malam
Tas hiking tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kapasitas, mulai dari 10 liter sampai 100 liter. Kali ini kami akan membahas tas hiking berkapasitas 20–30 liter. Kapasitasnya cocok dan praktis digunakan jika Anda hanya akan melakukan perjalanan singkat atau pendakian selama 1 hari. Ukuran tas 20–30 liter tidak terlalu besar. Berikut ukuran rata-rata produknya.

  • Ukuran tas 20 liter: 24 cm x 14 cm x 47 cm
  • Ukuran tas 25 liter: 34 cm x 21 cm x 50 cm
  • Ukuran tas 30 liter: 30 cm x 18 cm x 55 cm

 
Dengan ukuran tersebut, tas 20–30 liter bisa juga digunakan untuk aktivitas sehari-hari tergantung desainnya. Kebutuhan sekolah, bekerja, hingga traveling cocok untuk tas berkapasitas ini. Ada juga tas 30 liter dengan model semi carrier atau tas gunung kecil yang muat untuk banyak barang.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tas hiking terbaik dengan kapasitas 20–30 liter

Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih tas berkapasitas 20–30 liter untuk hiking. Gunakan penjelasannya sebagai referensi untuk mendapatkan tas yang nyaman dibawa pada saat Anda mendaki.

① Pilih ukuran tas yang sesuai dengan punggung Anda

Pilih ukuran tas yang sesuai dengan punggung Anda

Meski kapasitasnya sama, ukuran setiap tas bisa bervariasi. Sensasi yang diberikan tiap tas juga berbeda tergantung pemakainya. Karena itu, sebaiknya Anda periksa dahulu panjang punggung Anda untuk disesuaikan dengan tas yang akan dipilih.


Panjang punggung diukur mulai dari leher hingga pinggang. Sementara itu, ukuran tas biasanya dibedakan dari XS hingga L berdasarkan panjang punggung pemakainya.


Untuk mengetahui panjang punggung Anda, berdirilah dengan tegak dan menghadap ke bawah. Selanjutnya, ukur panjang tulang dari belakang leher hingga pinggul Anda. Berikut ukuran tas yang bisa dipertimbangkan berdasarkan panjang punggung Anda.


  • XS: panjang punggung kurang dari 41 cm
  • S: panjang punggung 41–46 cm
  • M: panjang punggung 46–51 cm
  • L: panjang punggung lebih dari 51 cm

Tas berukuran 30 liter biasanya cocok untuk Anda yang panjang punggungnya berada pada rentang ukuran S hingga M. Akan tetapi, sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu mana tas yang cocok dengan punggung Anda.

Jangan memilih tas hanya berdasarkan perkiraan. Merek terkenal biasanya akan menyertakan ukuran pada deskripsi tas, tetapi ada juga yang tidak ditulis. Jadi, tak ada salahnya jika Anda mencoba mengunjungi gerai merek tas tersebut.

② Untuk kenyamanan, pertimbangkan tas hiking dengan waist belt dan chest belt

Untuk kenyamanan, pertimbangkan tas hiking dengan waist belt dan chest belt
Selain shoulder belt, sebagian besar tas hiking juga dilengkapi waist harness dan chest belt. Waist harness, atau waist belt, dan chest belt merupakan fitur yang penting untuk diperiksa dalam pemilihan tas hiking.

Chest belt adalah strap penyangga yang ada di bagian dada. Sementara itu, waist belt terletak di bagian pinggang. Keduanya sangat berguna karena beban tas tidak akan sepenuhnya berada di pundak, tetapi juga di punggung. Tas punggung yang biasa digunakan sehari-hari adalah pengecualian.


Tas hiking dengan volume 30 liter tentu akan terasa kurang stabil apabila hanya ditahan dengan shouder belt. Jarak pendakian yang panjang pun akan membuat Anda lelah. Untuk membantu meringankan beban, pilihlah tas yang dilengkapi waist belt dan chest belt.

Namun, ada baiknya Anda memilih tas yang tidak memiliki terlalu banyak tali dan belt tambahan. Tas dengan kapasitas sekitar 30 liter biasanya memiliki ukuran yang menutupi bagian punggung. Alhasil, tas mudah tersangkut ranting pohon saat Anda mendaki gunung.

③ Untuk hiker wanita, cari tas khusus perempuan

Untuk hiker wanita, cari tas khusus perempuan
Selain untuk pria, ada juga tas hiking yang didesain khusus untuk wanita. Tas hiking untuk pria tentunya dirancang menyesuaikan bentuk tubuh pria. Maka dari itu, sebagian besar di antaranya mungkin tidak akan pas dengan bentuk tubuh wanita. 

Apabila ada tas hiking yang Anda sukai, ada baiknya untuk memastikan apakah tersedia model untuk wanita atau tidak. Dengan tas yang didesain khusus untuk wanita, penggunaannya akan lebih pas di punggung sehingga nyaman digunakan.

④ Ketahui jumlah kompartemen yang tersedia pada tas hiking

Ketahui jumlah kompartemen yang tersedia pada tas hiking
Pada umumnya bagian dalam tas hiking terbagi ke dalam beberapa ruang atau partisi. Tas dengan ruang utama yang tidak terbagi-bagi termasuk ke tipe ruang tunggal. Sementara itu, tas yang dibagi menjadi bagian atas dan bawah masuk ke tipe ruang ganda. Berikut kami akan memerinci perbedaan keduanya untuk Anda.

  • Tas ruang tunggal

Anda bisa memasukkan barang berukuran besar sekaligus ke dalam tas ruang tunggal. Namun, Anda akan kesulitan saat ingin mengeluarkan barang yang berada di bagian tengah atau bawah tas.


  • Tas ruang ganda

Keunggulan tas ruang ganda adalah Anda bisa berkemas serta mengeluarkan barang dengan lebih cepat dan mudah. Namun, sulit untuk memasukkan tenda atau sleeping bag ke dalamnya. Jadi, pertimbangkan kembali apabila Anda berniat membawa barang-barang yang besar.


Anda bisa mempertimbangkan untuk memisahkan pemakaian tas sesuai kebutuhannya. Pilihlah tas ruang tunggal jika ingin bermalam dan memasang tenda. Sebaliknya, pilihlah tas ruang ganda untuk pendakian day trip. Tas hiking dengan kapasitas 20–30 liter biasanya bertipe ruang tunggal karena bentuknya yang tidak besar.

⑤ Perhatikan fitur lain yang dapat mendukung pendakian

Periksa juga fitur-fitur lain yang memudahkan Anda membawa tas saat hiking. Setidaknya ada dua poin yang perlu Anda periksa, yakni jumlah kantong dan ketersediaan rain cover.

Saku, menyimpan barang-barang saat hiking jadi lebih tertata

Saku, menyimpan barang-barang saat hiking jadi lebih tertata
Sumber: consina.com

Banyak tas punggung ukuran 20–30 liter yang dilengkapi saku tambahan di bagian luarnya. Ada saku yang tertutup, ada pula yang terbuka atau berupa jala-jala. Saku ini berfungsi untuk menyimpan perlengkapan yang kecil dan dapat cepat diambil. Saku tambahan tentu juga membuat penampilan tas lebih stylish atau trendi.


Bahkan, ada tas hiking yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti bekerja atau sekolah. Jenis tas ini biasanya memiliki tempat laptop dan organizer untuk menyimpan alat tulis, kunci, dan benda kecil lainnya.


Periksalah juga apakah tas memiliki side pocket di sebelah kiri dan kanan. Side pocket berguna untuk menyimpan botol minum, kaleng gas, atau frame tenda. Anda pun bisa memilih tas dengan front pocket dan waist belt pocket. Kedua saku tersebut akan memudahkan Anda untuk meraih barang-barang yang sering digunakan.

Top lid dan rain cover, mencegah tas rembes saat terkena air

Top lid dan rain cover, mencegah tas rembes saat terkena air
Sumber: cozmeed.com
Beberapa tas hiking dilengkapi top lid untuk mencegah agar barang di dalam tas tidak basah saat hujan turun. Banyak tas yang sudah dilengkapi fitur tahan air. Akan tetapi, ritsletingnya mungkin tidak kedap air sehingga air hujan bisa masuk ke dalam tas. Cuaca saat pendakian bisa saja berubah-ubah. Karena itu, sebaiknya Anda memilih ransel yang diberi top lid.

Agar lebih aman, pastikan juga tas hiking sudah dilengkapi rain cover. Tas dengan rain cover biasanya memiliki tempat penyimpanannya sendiri. Ukuran rain cover pun sudah disesuaikan dengan tasnya. Saat tidak digunakan, rain cover dapat tersimpan rapi tanpa mengganggu barang lain.

⑥ Periksa juga berat tas hiking

Periksa juga berat tas hiking

Tas hiking pastinya akan makin berat apabila diisi dengan barang-barang. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa berat tas itu sendiri. Tas dengan fitur saku tambahan tentu sangat praktis. Akan tetapi, berhati-hatilah karena berat tas Anda akan makin bertambah.


Sebaliknya, daya tahan dan kualitas bahannya perlu dipertanyakan apabila terlalu ringan. Bantalan punggung yang terlalu tipis juga bisa membuat punggung Anda sakit saat membawa tas. Karena itu, alangkah baiknya Anda memilih tas yang fiturnya tidak berlebihan dan beratnya pas.


Bahan dan fitur tas sangat berpengaruh terhadap beratnya. Anda harus lebih cermat dalam memilih tas agar sesuai dengan tipe dan lama perjalanan. Jika Anda butuh tas ultralight, periksa kapasitasnya. Bobot yang ringan belum cukup mendefinisikan tas ultralight. Anda juga perlu memeriksa rasio antara berat dan kapasitas.

10 Rekomendasi tas hiking terbaik dengan kapasitas 20-30 liter

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tas hiking terbaik dengan kapasitas 20–30 liter yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Decathlon

QUECHUA Ransel Gunung Country Walking 20l

Decathlon QUECHUA Ransel Gunung Country Walking 20l 1枚目

Tas hiking dengan harga terjangkau dan banyak fitur

2

Consina

Ardennes

Consina Ardennes 1枚目

Desain simpel untuk beragam aktivitas

3

Osprey

Daylite Plus

Osprey Daylite Plus 1枚目

Konstruksinya kukuh, aman untuk digunakan setiap hari

4

Kalibre

Wyndham

Kalibre  Wyndham 1枚目

Makin maskulin dengan tas berdesain macho

5

Cozmeed

Tas Daypack Lhasa

Cozmeed Tas Daypack Lhasa 1枚目

Jahitan mantap dengan pita bayes dan penguat bartack

6

Eiger

Squad 30

Eiger Squad 30 1枚目

Dengan backsystem FitComfort, nyaman untuk perjalanan panjang!

7

Cozmeed

Sniper Pro 30

Cozmeed Sniper Pro 30 1枚目

Banyak kompartemennya, barang jadi lebih tertata

8

deuter

Futura 26 SL

deuter  Futura 26 SL 1枚目

Tas hiking dengan ukuran punggung khusus untuk wanita

9

Naturehike

Carrier 20L Dyneema

Naturehike  Carrier 20L Dyneema  1枚目

Tas ultralight yang tahan air, breathable, dan berdurabilitas tinggi

10

Mahameru

Devendra 30

Mahameru  Devendra 30 1枚目

Fiturnya komplet untuk para solo hiker

Perincian produk
Close
No.1

DecathlonQUECHUA Ransel Gunung Country Walking 20lNH100

Mulai dari Rp170.000,00

Tas hiking dengan harga terjangkau dan banyak fitur

Kelebihan:

  • Komponen tas terbuat material yang tahan abrasi


Kekurangan:

  • Material tas tidak waterproof dan tidak disediakan rain cover


Anda yang mencari tas hiking terbaik dengan harga budget-friendly bisa melirik produk ini. Tas 20 liter ini dirancang untuk dipakai saat jalan-jalan di dataran rendah, hutan, dan pantai dalam cuaca kering. Produk ini pun dilengkapi dua bantalan yang berfungsi sebagai ventilasi agar tidak gerah saat digunakan.


Komponen tas ini terbuat dari material yang tahan lama dan tahan abrasi sehingga penggunaannya lebih tahan lama. Bahannya juga tidak mudah sobek. Selain itu, warna produk ini tahan terhadap sinar UV dan pencucian sehingga tidak mudah pudar meski dipakai berkali-kali.

No.2

Desain simpel untuk beragam aktivitas

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi hidro pack compartment untuk hiking jarak jauh

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan warnanya tidak sama dengan di gambar

Consina Ardennes merupakan salah satu tas outdoor terbaik untuk beragam kebutuhan. Dengan bentuk yang simpel dan fungsional, produk ini cocok dibawa untuk sekolah, kuliah, hiking, trekking, ataupun traveling. Produk ini juga dilengkapi rain cover yang bisa digunakan saat hujan.


Selain itu, ukuran tas ini bisa dikembangkan hingga 40 liter. Saat membawa sedikit barang, ukurannya tidak terasa besar. Di sisi lain, tas tetap muat saat membawa banyak barang. Pilihan warna yang tersedia juga bervariasi untuk disesuaikan dengan warna favorit Anda.

No.3

Konstruksinya kukuh, aman untuk digunakan setiap hari

Kelebihan:

  • Ukurannya compact sehingga nyaman dibawa seharian penuh

Kekurangan:

  • Material tas tidak waterproof dan tidak disediakan rain cover


Jika Anda mencari tas hiking terbaik dengan konstruksi yang tahan lama untuk pemakaian bertahun-tahun, pertimbangkan produk ini. Osprey Daylite Plus terbuat dari poliester daur ulang yang tersertifikasi GRS dan DWR. Jadi, tak heran kalau tas 20 liter ini bebas PFC dan aman digunakan setiap hari. Tas hiking kecil ini cocok untuk banyak kegiatan, seperti mengikuti festival, city walking, hingga traveling.

No.4

Makin maskulin dengan tas berdesain macho

Kelebihan:

  • Punya banyak kompartemen
  • Bagian atas dilengkapi top lid

Kekurangan:

  • Material tas tidak waterproof dan tidak disediakan rain cover

Kalibre Wyndham menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang mencari tas hiking dengan nuansa maskulin. Produk ini memiliki warna hitam penuh dengan beberapa kompartemen yang terlihat sangat manly.


Desainnya yang macho dan stylish cocok untuk beragam aktivitas, baik hiking, traveling, maupun penggunaan sehari-hari. Tas 25 liter ini juga punya beberapa saku penyimpanan untuk mengorganisasi barang yang Anda bawa.

No.5

CozmeedTas Daypack Lhasa

Mulai dari Rp325.000,00

Jahitan mantap dengan pita bayes dan penguat bartack

Kelebihan:

  • Pita bayes dan penguat bartack membuat jahitan tidak mudah putus saat tas diangkat
  • Kombinasi mesh dan foam memastikan pundak tidak terasa sakit

Kekurangan:

  • Cukup banyak syarat untuk mencuci dan merawat tas
  • Warna tas bisa memudar jika dijemur di bawah sinar matahari terlalu lama

Terutama jika beban di dalam tas terlalu berat, tarikan yang tiba-tiba bisa merusak strap. Karena itu, produk ini menggunakan pita bayes dan penguat bartack untuk memastikan jahitannya tidak mudah rusak atau putus. Tak heran kalau produk ini merupakan salah satu tas daypack terbaik untuk digunakan hiking.


Buckle tas 25 liter ini juga bisa mengunci dengan kuat dan tidak keras. Selain itu, bahan nilon dolby membuatnya terlihat mewah sekaligus kuat dan tidak mudah basah. Ada juga material mesh yang breathable pada bodi tas untuk memastikan barang-barang di dalamnya tidak pengap saat dibawa.

No.6

Dengan backsystem FitComfort, nyaman untuk perjalanan panjang!

Kelebihan:

  • Terbuat dari material robic yang ringan dan kuat
  • Tersedia slot untuk water bladder
  • Tali di bagian dada dilengkapi peluit untuk keadaan darurat


Kekurangan:

  • Harga tas cukup tinggi, kurang cocok untuk Anda yang jarang hiking

Kenyamanan punggung saat membawa tas menjadi hal yang penting saat hiking. Untuk Anda yang mengutamakan hal ini, pilihlah Eiger Squad 30. Produk ini diberi teknologi backsystem FitComfort yang dirancang memberikan kenyamanan di punggung. Tas hiking Eiger ini juga dilengkapi kompartemen untuk menyimpan water bladder. Jadi, Anda bisa minum tanpa harus mengambil botol di samping tas.

No.7

Banyak kompartemennya, barang jadi lebih tertata

Kelebihan:

  • Punya banyak kompartemen
  • Tersedia slot untuk water bladder
  • Bagian atas dilengkapi top lid

Kekurangan:

  • Pilihan warna terbatas, hanya warna hitam

Jika Anda tipe orang yang rapi dan terorganisasi, kami merekomendasikan produk ini. Selain memiliki satu kompartemen utama yang besar, tas hiking ini masih mempunyai lima kompartemen yang lebih kecil. Dengan demikian, Anda bisa menyimpan barang bawaan sesuai ukuran dan kebutuhan penggunaannya.


Mengambil perlengkapan di kompartemen utama juga tidak ribet. Hal ini karena kompartemen tersebut tidak hanya dapat diakses dari atas, tetapi juga melalui bagian depan/tengah seperti koper. Fitur ini sangat memudahkan Anda untuk mengambil traveling gear dengan ringkas dan cepat.

No.8

Tas hiking dengan ukuran punggung khusus untuk wanita

Kelebihan:

  • Eco-friendly, terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan

Kekurangan:

  • Harga tas cukup tinggi, kurang cocok untuk Anda yang jarang hiking

Ketangguhan merek deuter sudah tidak diragukan lagi dalam berbagai perlengkapan petualangan alam bebas. Seri "SL" pada deuter Futura menunjukkan tas hiking ini dirancang khusus untuk wanita. Ukuran punggungnya lebih pendek daripada pria.


Tas hiking wanita ini dilengkapi enam belas fitur yang membuat pendakian Anda menjadi jauh lebih aman. Salah satu fitur unggulannya adalah Active Comfort Fit yang menjaga kestabilan tas dan kenyamanan punggung selama perjalanan! Anda siap mendaki gunung dengan kenyamanan maksimal?

No.9

Naturehike Carrier 20L Dyneema NH20BB206

Mulai dari Rp497.700,00

Tas ultralight yang tahan air, breathable, dan berdurabilitas tinggi

Kelebihan:

  • High UV resistance, punya perlindungan maksimal dari sinar matahari
  • Bagian punggung dari EVA cushion dan mesh yang breathable sekaligus nyaman

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi belt dan rain cover

Jika Anda mengutamakan tas hiking yang ringan, kami merekomendasikan produk ini. Naturehike Dyneema merupakan tas ultralight terbaik untuk Anda yang tidak membawa banyak barang saat hiking.


Meski dikenal sebagai tas ultralight, kekukuhannya tidak perlu Anda ragukan. Tas 20 liter ini diketahui tahan lama, tahan air, dan punya tingkat resistansi yang tinggi terhadap sinar UV. Produk ini cocok digunakan untuk hiking ringan menyusuri hutan kota, bukit, atau pantai.

No.10

Fiturnya komplet untuk para solo hiker

Kelebihan:

  • Busanya nyaman untuk mendukung naik gunung
  • Bahan tas kuat sehingga tidak mudah robek
  • Bagian atas dilengkapi top lid


Kekurangan:

  • Ritsleting mudah rusak jika membawa beban berlebihan
  • Cara packing tas cukup merepotkan untuk pemula

Umumnya tas 30 liter memiliki kapasitas yang terbatas sehingga tidak disarankan dibawa mendaki gunung seorang diri. Namun, tidak demikian dengan produk ini. Mahameru Devandra memiliki fitur yang sangat komplet sehingga memungkinkan untuk dibawa solo hiker saat mendaki.


Meski berkapasitas 30 liter, produk ini memiliki ruang utama yang besar. Ada juga bukaan depan untuk mengakses isinya tanpa harus melalui bagian atas. Dengan begitu, Anda bisa menyusun barang bawaan serapi mungkin sehingga minim space kosong. Memasukkan sleeping bag, kompor, dan lainnya ke dalam tas hiking ini terasa lebih mudah untuk yang sudah berpengalaman.

Tips menggunakan tas hiking

Pada bagian ini, kami akan memberikan tips menggunakan tas hiking. Kami akan menjelaskan cara membersihkan dan cara packing yang benar. Simak uraiannya baik-baik agar tas Anda tetap awet, ya!

Bersihkan tas dengan baik agar lebih awet

Bersihkan tas dengan baik agar lebih awet

Tas hiking akan lebih awet apabila Anda rajin merawatnya. Perawatan paling mendasar adalah dengan mencucinya secara manual dengan tangan. Berikut cara mencuci tas yang baik dan benar.


  • Lepaskan bagian-bagian yang bisa dipisahkan dari tas utama, seperti waist belt dan shoulder belt.
  • Cuci secara perlahan dengan air hangat dan detergen yang tidak kuat. Jika terdapat noda membandel, gosok secara perlahan menggunakan spons.
  • Keringkan dengan posisi bukaan tas menghadap ke bawah. Selanjutnya, peras tas secara perlahan dari atas ke bawah dengan kedua tangan.
  • Keringkan tas di tempat dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Setelah benar-benar kering, simpan di tempat yang terhindar dari kondisi lembap dan risiko berjamur.

Pahami cara menyusun barang sesuai prioritasnya

Pahami cara menyusun barang sesuai prioritasnya

Packing akan lebih mudah dilakukan jika Anda tahu letak yang paling pas bagi barang-barang Anda. Hal ini juga akan memudahkan Anda saat menyandang ransel. Berikut cara menyimpan barang yang benar saat Anda melakukan packing


  • Bagian paling bawah: sleeping bag, pakaian ganti
  • Bagian tengah: makanan dan minuman 
  • Bagian atas: barang yang diambil saat suhu dingin, seperti jaket atau sweater
  • Bagian punggung: benda yang lunak, seperti sarung tangan
  • Bagian samping: tisu, frame tenda
  • Top lid/waist belt: makanan ringan, peta, atau ponsel

Jika tas Anda tidak waterproof, gunakan rain cover untuk mencegah air masuk ke dalamnya. Untuk berjaga-jaga, letakkanlah makanan dan benda-benda kecil lainnya ke dalam kantong plastik supaya tidak basah.


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan memasukkan barang berdasarkan urutan beratnya. Barang yang berat sebaiknya diletakkan di tengah untuk menjaga keseimbangan Anda saat membawa tas.

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Sesuaikan tas dengan tujuan perjalanan Anda. Sama seperti sepatu dan perlengkapan utama lainnya, tas punggung sangat dominan untuk perjalanan di alam bebas. Pastinya tidak mungkin untuk menggunakan kantong jinjing selama perjalanan di alam bebas.


Pilihan terbaik menggunakan tas punggung adalah dengan warna yang terang dan mudah terlihat. Dengan demikian, tas punggung dapat menjadi penanda bagi orang lain. Warna mencolok juga bisa berfungsi saat kondisi terburuk, misalnya saat tersesat di hutan rimba. Warna mencolok tas punggung akan terlihat berbeda dengan warna pepohonan atau daun di sekitar Anda.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan mendaki lainnya di sini

Bila Anda sudah menemukan tas hiking favorit, tentu Anda butuh perlengkapan untuk menunjang kegiatan hiking. Berikut kami akan memperkenalkan perlengkapan lainnya untuk hiking, seperti sepatu, trekking pole, dan topi rimba. Mari cek tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah menemukan tas hiking yang sesuai dengan kebutuhan? Kami telah memberikan tips memilih serta rekomendasi tas hiking terbaik dengan kapasitas 20–30 liter yang bisa Anda pertimbangkan.

Jangan ragu untuk memilih tas dengan model dan fitur yang Anda sukai. Selain fitur-fitur yang menarik, ada baiknya juga mempertimbangkan model tas. Semoga ulasan kami ini dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat. Selamat bertualang!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer