1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup wajah
  6. >
  7. 10 Primer Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Primer Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Primer Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Akibat kulit kering, foundation jadi sulit menyatu dengan sempurna sehingga menyebabkan makeup pecah dan mudah luntur. Solusinya, gunakan base makeup atau primer yang melembapkan. Namun, apakah Anda bingung memilih karena begitu banyaknya produk primer di pasaran?

Kami akan memberikan tips memilih primer untuk kulit kering serta merekomendasikan produknya yang bagus. Ada primer merek lokal seperti Viva dan LT Pro, hingga merek internasional seperti Pixy. Temukan juga primer yang cocok untuk kulit sensitif, berjerawat, serta pori-pori besar. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry.
Diperbaharui 01-07-2023
Pakar
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak tahun 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, Ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator. Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Profil Luella Artistry
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih primer untuk kulit kering

Selain kandungan pelembap, ada beberapa komposisi lain yang perlu diperhatikan saat memilih primer untuk kulit kering. Mari memilih dengan cermat agar kulit Anda tidak makin tampak kering!

① Pilih produk dengan efek natural radiant/glowy finish atau dewy finish

Pilih produk dengan efek natural radiant/glowy finish atau dewy finish

Bagaimanapun juga, Anda pasti menginginkan hasil riasan yang mulus dan cantik dengan menggunakan primer. Karena itu, periksalah efek finishing-nya. Pastikan efek yang dihasilkan terlihat alami dan dapat menyatu sempurna dengan warna kulit Anda.


Saat memilih primer untuk kulit kering, cek apakah produk dapat menghasilkan riasan yang tampak segar di kulit. Tidak sekadar mulus, primer yang baik harus mampu menampilkan natural dewy finish yang seolah keluar dari dalam.


Untuk itu, pastikan primer bisa memberikan tampilan kulit wajah yang moist atau lembap. Biasanya, tampilan tersebut diperoleh bila primer mengandung ceramide, hyaluronic acid, atau shea butter.

 

Jika Anda ragu dengan efek finishing yang dihasilkan oleh produk primer, periksalah foto-foto produk yang ada. Anda juga bisa membaca keterangan di official website atau ulasan pengguna lainnya.

② Untuk melembapkan kulit secara optimal, gunakan produk yang tinggi kandungan pelembap

Untuk melembapkan kulit secara optimal, gunakan produk yang tinggi kandungan pelembap

Untuk kulit kering, pilihlah produk primer yang mampu melembapkan secara optimal. Biasanya, primer dengan kandungan tinggi pelembap memiliki tekstur yang lebih berat. Berhati-hatilah dengan produk yang bertekstur terlalu ringan atau cepat kering. Produk semacam ini umumnya mempunyai daya pelembap yang kurang baik dan akan mengering lebih cepat pula di kulit Anda.


Berikut ini beberapa bahan pelembap pada primer yang bagus untuk kulit kering:

  • Hyaluronic acid
  • Glycerin
  • Ceramide
  • Niacinamide
  • Panthenol
  • Rice bran oil
  • Shea butter


Akan tetapi, beberapa produk yang tinggi pelembap ini cenderung memiliki tekstur yang lengket di kulit. Jika Anda tidak menyukainya, carilah produk dengan tekstur yang sedikit lebih ringan.

③ Agar makeup tidak luntur, pastikan produk mampu bertahan lama

Agar makeup tidak luntur, pastikan produk mampu bertahan lama

Pada penghujung hari, apakah Anda khawatir kerutan di kantong mata terlihat menonjol? Atau garis senyum terlihat jelas di sekitar mulut? Atau pipi terlihat mengering (cracky)? Semua masalah ini bisa terjadi walaupun Anda sudah berias dengan sangat baik pada pagi harinya. Untuk mencegahnya, Anda dapat menerapkan tips yang akan kami uraikan di bawah ini.


  • Perhatikan jenis foundation yang digunakan. Jika foundation Anda water-based, carilah dasar makeup yang berbasis air juga. Sebaliknya, gunakan oil-based primer bila Anda akan mengaplikasikan foundation dengan bahan dasar minyak.
  • Aplikasikan skincare terlebih dahulu sebelum mengoleskan primer. Sebab, jika Anda menggunakan skincare setelah primer, hasil makeup Anda akan cepat kering.
  • Baurkan primer menggunakan jari tangan. Suhu tangan bisa membantu primer menyerap di kulit secara optimal. Setelah memilih primer yang tepat, pastikan juga Anda mengaplikasikan makeup dengan teknik yang tepat, yaitu di-tap.

Selain tips-tips di atas, pastikan Anda memilih primer yang mampu bertahan lama untuk menjaga makeup tetap on point. Beberapa pengguna lain tentu memberikan ulasan mereka di internet. Dengan membaca ulasan, Anda dapat memeriksa daya tahan dan keefektifan dari primer tersebut.

④ Utamakan produk bertekstur krim atau cair yang mudah diaplikasikan

Utamakan produk bertekstur krim atau cair yang mudah diaplikasikan

Untuk kulit kering Anda, kami merekomendasikan primer bertekstur cair dan krim yang lembut. Berhati-hatilah untuk tidak menggosok kulit yang kering karena dapat memperparah kondisinya. Produk bertekstur mousse dan gel biasanya sulit diratakan dan perlu digosok dengan kuat. Untuk mencegah iritasi, hindarilah kedua tipe tersebut.


Gesekan di kulit dapat diminimalkan jika Anda menggunakan produk bertekstur lembut dan kental seperti tipe cair atau krim. Apabila teksturnya mudah dibaurkan, Anda pun bisa lebih leluasa menerapkan primer tersebut tanpa membebani kulit.

⑤ Pertimbangkan yang dilengkapi dengan tabir surya

Pertimbangkan yang dilengkapi dengan tabir surya

Para pencinta makeup tentu menyadari bahwa krim tabir surya sering kali membuat makeup menjadi tidak merata. Tidak hanya itu, foundation yang diaplikasikan di atas sunscreen jadi tampak berminyak dan mudah luntur. Namun, tentu keinginan makeup tampak bagus bukanlah alasan bagi Anda untuk tidak menggunakan tabir surya.


Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkan primer yang telah dilengkapi SPF. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan riasan yang mulus sambil kulit tetap terlindungi dari dampak buruk sinar UV.

10 Rekomendasi primer terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk primer terbaik untuk kulit kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Luella Artistry.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Make Over

Hydration Serum

Make Over Hydration Serum 1枚目

Primer dengan manfaat serum yang dapat digunakan sehari-hari

2

PIXY Cosmetics

Make It Glow Beauty Skin Primer

PIXY Cosmetics Make It Glow Beauty Skin Primer 1枚目

Ucapkan selamat tinggal kepada cracking makeup!

3

Studio Tropik

Flawless Priming Water

Studio Tropik  Flawless Priming Water 1枚目

Produk lokal kualitas internasional, ampuh melembapkan dan memberi efek dewy yang menawan

4

Y.O.U Beauty

NoutriWear+ Makeup Stay Lock Mist

Y.O.U Beauty NoutriWear+ Makeup Stay Lock Mist 1枚目

Primer dan setting spray dalam satu produk? Ada!

5

Focallure

Glowmax Primer Brighten & Moisture Makeup Base

Focallure Glowmax Primer Brighten & Moisture Makeup Base 1枚目

Bebaskan diri Anda dari kulit kusam serta makeup yang tidak merata!

6

Luxcrime

Perfect Canvas - Hydro Blur Finish Primer

Luxcrime Perfect Canvas - Hydro Blur Finish Primer 1枚目

Pori-pori yang besar tidak tampak lagi!

7

Rembaka

LT Pro Aquaboost Primer

Rembaka LT Pro Aquaboost Primer 1枚目

Melembapkan sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar UV

8

Azarine

Let It Glow Hydraveil Primer Serum

Azarine  Let It Glow Hydraveil Primer Serum 1枚目

Formulanya ramah di kulit kering yang sensitif dan berjerawat

9

Mother of Pearl (MOP) Beauty

Anti Cakey Lock and Smooth Gripping Primer

Mother of Pearl (MOP) Beauty Anti Cakey Lock and Smooth Gripping Primer 1枚目

Primer 3-in-1, hydrating, lifting, pore minimizing!

10

Viva Cosmetics

Queen Perfect Blurring & Wrinkle Corrector

Viva Cosmetics Queen Perfect Blurring & Wrinkle Corrector 1枚目

Samarkan garis-garis halus untuk tampil lebih muda

Perincian produk
Close
No.1

Primer dengan manfaat serum yang dapat digunakan sehari-hari

Kelebihan:
  • Maksimal dalam mengunci makeup agar tahan lama
  • Memberikan efek blur pada pori-pori
  • Teksturnya ringan dan mudah diratakan

Kekurangan:

  • Botolnya terbuat dari kaca sehingga rentan pecah jika terjatuh

Walaupun namanya Hydration Serum, sebenarnya produk ini adalah primer. Dinamakan demikian karena primer dari Make Over ini memang memiliki manfaat seperti serum. Produk ini bisa menenangkan, melembapkan, serta bersifat anti-iritasi berkat kandungan Aloe vera di dalamnya. Karena itu, pilihlah produk ini jika Anda menginginkan fungsi serum dan primer dalam satu produk.

No.2

PIXY CosmeticsMake It Glow Beauty Skin Primer

Mulai dari Rp58.000,00

Ucapkan selamat tinggal kepada cracking makeup!

Kelebihan:

  • Mengandung SPF 35/PA+++ untuk melindungi kulit dari sinar UV
  • Memberikan efek glowing pada wajah
  • Mudah diratakan tanpa khawatir menggumpal

Kekurangan:

  • Mudah luntur jika terkena air atau keringat
  • Kurang maksimal dalam menyamarkan pori-pori
  • Memberikan efek whitecast yang bisa membuat wajah terlihat abu-abu, khususnya di kulit gelap

Salah satu persoalan pemilik kulit kering saat menggunakan makeup adalah riasan sering crack. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kondisi kulit yang terlalu kering dan penggunaan produk yang terlalu kental. Jika Anda kerap mengalaminya, selesaikan masalah tersebut dengan Make It Glow Skin Primer dari PIXY Cosmetics ini.


Produk ini memiliki tekstur yang mudah diratakan serta tidak akan menggumpal sehingga makeup lebih menyatu. Di samping itu, primer ini dibekali dengan moisturizing agent yang efektif, yaitu olive oil dan jojoba oil. Dengan menggunakannya sebelum makeup, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal kepada riasan yang pecah-pecah.

No.3

Studio Tropik Flawless Priming Water

Mulai dari Rp39.000,00

Produk lokal kualitas internasional, ampuh melembapkan dan memberi efek dewy yang menawan

Kelebihan:
  • Membuat makeup lebih menempel dan menyatu dengan kulit
  • Memberikan efek segar dan adem saat disemprotkan di wajah
  • Sprayer-nya halus dan menyebar ke seluruh area wajah

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, produk terasa lengket di kulit

Siapa bisa menebak jika produk ini buatan asli Indonesia? Primer ini sempat hype karena kualitasnya yang tidak kalah dengan merek luar. Glycerin yang merupakan salah satu jenis pelembap tersemat di urutan kedua dalam tabel komposisi. Jadi, Anda tidak perlu meragukan kemampuan melembapkannya.


Flawless Priming Water juga ideal untuk Anda yang ingin merawat kesehatan kulit dari dalam berkat kandungan air mawar dan Aloe vera. Tanpa kandungan alkohol, makin tak khawatir kulit kering meski digunakan setiap hari. Tinggal semprotkan pada wajah dan dapatkan efek dewy yang menawan!
No.4

Y.O.U BeautyNoutriWear+ Makeup Stay Lock Mist

Mulai dari Rp58.000,00

Primer dan setting spray dalam satu produk? Ada!

Kelebihan:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai setting spray
  • Memberikan efek cerah begitu produk disemprotkan

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa terganggu dengan aromanya
  • Partikel spray-nya agak kebesaran dan kasar saat disemprotkan di kulit

Jika primer biasanya diaplikasikan sebelum alas bedak, NoutriWear+ Makeup Stay Lock Mist ini dapat digunakan juga sebagai setting spray. Jadi, Anda bisa mendapatkan dua manfaat dalam satu produk. Bagi Anda yang ingin simpel dan tidak suka menggunakan terlalu banyak produk, primer ini patut dicoba.


Tentunya, produk ini menjaga makeup agar tahan lama dan tidak mudah bergeser. Di sisi lain, primer ini juga mampu merawat kulit Anda berkat kandungan skincare di dalamnya. Ada immortelle flower extract untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini, serta Centella asiatica dan sodium hyaluronate yang bekerja sama dalam menghidrasi wajah.

No.5

FocallureGlowmax Primer Brighten & Moisture Makeup Base

Mulai dari Rp168.000,00

Bebaskan diri Anda dari kulit kusam serta makeup yang tidak merata!

Kelebihan:

  • Teksturnya lembut dan mudah meresap di kulit
  • Memberikan efek  glowing pada wajah

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, produk kurang menyamarkan pori-pori
  • Penggunaan yang terlalu banyak bisa membuat kulit wajah tampak abu-abu, khususnya di kulit gelap

Glowmax Primer Brighten & Moisture Makeup Base dapat menjadi andalan apabila kulit Anda kering sampai terlihat kusam. Begitu produk ini diaplikasikan, kulit Anda akan langsung tampak cerah, segar, dan lembap.


Sebetulnya, hal tersebut tidak mengherankan sebab primer ini dibekali dengan kebaikan kandungan madu dan ekstrak kiwi. Berkat terhidrasinya kulit, makeup yang semula tidak merata pun kini bisa Anda blend dengan mudah.

No.6

LuxcrimePerfect Canvas - Hydro Blur Finish PrimerLXC-000016

Mulai dari Rp99.000,00

Pori-pori yang besar tidak tampak lagi!

Kelebihan:

  • Maksimal dalam menyamarkan pori-pori
  • Mudah meresap di kulit
  • Makeup jadi lebih mudah di-blend dan lebih menempel di kulit

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna merasa tidak nyaman dengan cooling sensation di awal pemakaian

Hasil makeup yang flawless sulit terwujud jika pori-pori wajah Anda tampak besar. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan primer dari Luxcrime ini sebelum mengaplikasikan alas bedak. Produk ini mampu menyamarkan pori-pori serta ketidaksempurnaan di wajah Anda.


Selain itu, primer bertekstur gel ini juga akan melembapkan serta mencerahkan kulit Anda dalam sekejap. Jika wajah lembap, makeup pun dapat menempel lebih lama di kulit.

No.7

RembakaLT Pro Aquaboost Primer

Mulai dari Rp85.000,00

Melembapkan sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar UV

Kelebihan:

  • Dilengkapi SPF 16 untuk melindungi kulit dari sinar UV
  • Teksturnya ringan dan mudah meresap di kulit
  • Membuat makeup tidak mudah bergeser

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, produk kurang maksimal dalam menyamarkan kerutan di bawah mata

Mencari primer yang juga memiliki fungsi sebagai pelembap dan sunscreen? LT Pro Aquaboost Primer adalah solusinya. Primer ini dilengkapi SPF 16 untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Sementara itu, manfaat melembapkannya didapat dari kandungan rice bran oil. Produk ini menjanjikan tampilan makeup yang flawless dan bercahaya berkat Light Scattering Pigment di dalamnya.

No.8

Azarine Let It Glow Hydraveil Primer Serum

Mulai dari Rp89.000,00

Formulanya ramah di kulit kering yang sensitif dan berjerawat

Kelebihan:

  • Bebas dari bahan-bahan yang bisa mengiritasi kulit sensitif
  • Teksturnya ringan dan mudah meresap di kulit
  • Makeup menjadi lebih menempel, tahan lama, serta memberikan efek glowing

Kekurangan:

  • Tingginya kandungan pelembap bisa membuat kulit Anda berminyak jika digunakan terlalu banyak

Pemilik kulit kering yang sensitif dan berjerawat perlu berhati-hati dalam memilih primer. Pastikan primer incaran Anda tidak mengandung bahan kimia yang dapat memicu iritasi di kulit, seperti alkohol, paraben, dan parfum. Salah satu produk rekomendasi kami adalah Let It Glow Hydraveil Primer Serum.


Primer ini kaya akan kandungan pelembap, seperti ceramide, hyaluronic acid, dan panthenol. Kombinasi bahan tersebut juga sekaligus dapat merawat skin barrier. Selain mengunci makeup agar bertahan lama, primer ini rupanya mampu menyamarkan kemerahan di wajah Anda dengan medium to high coverage.

No.9

Mother of Pearl (MOP) BeautyAnti Cakey Lock and Smooth Gripping Primer

Mulai dari Rp179.000,00

Primer 3-in-1, hydrating, lifting, pore minimizing!

Kelebihan:

  • Makeup menjadi lebih menempel dan tahan lama

Kekurangan:

  • Teksturnya lengket saat dibaurkan ke kulit, jadi harus dibiarkan beberapa saat sebelum mengaplikasikan makeup
  • Meskipun desainnya cantik, tetapi kemasannya bulky dan cukup memakan tempat

Mother of Pearl (MOP) Beauty merupakan brand kosmetik yang diluncurkan influencer lokal Tasya Rafasya. Kemasan yang unik dan cantik serta kualitas produknya sukses mencuri perhatian para beauty enthusiast. Salah satu produknya yang wajib Anda coba adalah Anti Cakey Lock and Smooth Gripping Primer.


Hydrating primer ini memiliki tiga manfaat yang baik bagi kulit Anda, yaitu melembapkan, mengencangkan, dan meminimalkan tampilan pori-pori. Gunakan sebelum memoleskan makeup, maka wajah Anda pun akan terasa sehat dan mulus sepanjang hari. Jatuhkan pilihan pada primer ini jika Anda ingin menampilkan kesan kulit wajah yang sehat.

No.10

Viva CosmeticsQueen Perfect Blurring & Wrinkle Corrector

Mulai dari Rp40.800,00

Samarkan garis-garis halus untuk tampil lebih muda

Kelebihan:

  • Ampuh dalam menyamarkan garis-garis halus di wajah
  • Mudah dibaurkan dan cepat meresap di kulit

Kekurangan:

  • Ukurannya sangat kecil, cenderung mudah habis jika digunakan terus-menerus

Gunakan primer dari Viva ini jika Anda ingin tampil lebih muda dari biasanya. Queen Perfect Blurring & Wrinkle Corretor memiliki kemampuan dalam menyamarkan garis-garis halus serta pori-pori di wajah Anda.


Selain itu, primer ini juga dilengkapi antioksidan dari vitamin E yang dipercaya mampu meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah tanda-tanda penuaan dini. Tampilannya yang translucent membuat primer ini mudah menyatu dengan semua warna kulit.

Tips mengaplikasikan primer untuk kulit kering

Selain memilih produk yang tepat, cara mengaplikasikan primer juga bisa mempengaruhi hasil akhir riasan. Jika Anda menginginkan makeup yang tahan lama dan tidak mudah luntur, lakukanlah tips yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Gunakanlah produk skincare sebelum primer!

Gunakanlah produk skincare sebelum primer!

Untuk mencegah kulit kering pada siang hari, gunakanlah skincare pada pagi hari sebelum penggunaan primer. Rutinitas skincare dan pelembap adalah kunci utama dalam mencegah kulit kering dan makeup yang luntur. Karena itu, berikan kelembapan maksimal di wajah Anda sebelum memulai proses makeup. Anda juga bisa mengunci kelembapan dengan pelembap bertekstur krim atau face oil.


Di samping itu, jika kulit Anda jenis yang sangat kering, Anda boleh saja tidak menggunakan sabun cuci muka pada pagi hari. Anda cukup mencuci muka dengan air hangat untuk membersihkan sisa serum atau produk lainnya yang dipakai sehari sebelumnya. Rawatlah kulit kering Anda secara berhati-hati agar tetap menawan sepanjang hari. 

Cara agar makeup tidak cepat luntur!

Cara agar makeup tidak cepat luntur!

Setelah menggunakan primer, tepuklah kulit wajah Anda dengan spons yang sudah dibubuhi produk face oil. Cara ini efektif untuk mencegah makeup yang cracking, terutama saat cuaca dingin atau jika Anda berada di ruangan ber-AC.


Dengan membubuhkan sedikit oil, kulit wajah akan mendapat lapisan perlindungan sekaligus mendapat kelembapan ekstra. Produk face oil yang disarankan adalah dry liquid seperti squalane atau jojoba oil (minyak jojoba). Rosehip oil dan horse oil tidak disarankan karena mudah teroksidasi.


Meski face oil bagus untuk kulit kering, pastikan Anda tidak memakainya secara berlebihan. Makin banyak penggunaan face oil di bawah dan di atas makeup, makeup justru akan lebih cepat geser. Untuk penggunaan di atas makeup, gunakan facial mist yang lebih ringan daripada face oil. Anda cukup menyemprotkannya secara langsung ke area wajah.

Baca juga rekomendasi produk skincare untuk kulit kering di sini

Selanjutnya, kami juga akan memberikan rekomendasi produk skincare terbaik untuk kulit kering. Mulai dari serum hingga sabun muka batangan telah kami bahas tuntas di bawah ini. Rawatlah kulit kering Anda menggunakan produk berkomposisi tepat supaya kelembapannya terjaga dan tetap sehat!

Kesimpulan

Apakah salah satu dari jajaran produk di atas menarik minat Anda? Pilihlah produk dengan kandungan pelembap terbaik untuk kulit kering Anda. Primer dengan tekstur yang mudah diratakan lebih direkomendasikan agar kondisi kulit kering tidak makin parah.

Anda juga disarankan memilih produk tanpa kandungan bahan iritan yang aman dipakai sehari-hari. Lalu, cobalah campurkan setetes face oil ke primer ketika wajah terasa sangat kering. Selamat datang kulit lembap!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer