1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Mouse Pad Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Mouse Pad Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Mouse Pad Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Mouse Pad Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Mouse Pad Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Mouse Pad Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Mouse Pad Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023)

Mouse pad turut memengaruhi kenyamanan Anda saat memakai mouse. Produknya akan mengoptimalkan fungsi mouse saat Anda bekerja atau bermain game di PC ataupun laptop. Bahkan, tersedia mouse pad yang dapat mengurangi rasa pegal saat Anda berlama-lama mengoperasikan mouse.

Tipe mouse pad beragam dari bahan, ukuran, dan ketebalannya. Karena itu, kami akan memperkenalkan cara memilih mouse pad yang bagus. Temukan juga rekomendasi mouse pad terbaik dari merek Fantech, Logitech, Armageddon, dan lainnya. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi saat memilih mouse pad. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
Diperbaharui 08-22-2022
Faynilla
Pakar
Gaming content creator
Faynilla

Fay adalah seorang content creator di bidang gaming gear. Ia gemar me-review produk gaming gear kemudian mengunggahnya pada TikTok “Faynillaa” dan YouTube channel “Low Tech”. Ia mulai terjun menjadi content creator di YouTube tahun 2019 dan TikTok tahun 2020. Fay pernah memenangkan lomba review yang diadakan oleh brand “Digital Alliance” sebanyak dua kali. Selain itu, Fay juga menjuarai lomba modding keyboard yang diadakan oleh brand “Fantech” dan lomba pamer setup oleh “Enter Computer”.

Profil Faynilla
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mouse pad

Mouse pad yang tepat tidak hanya bergantung pada tipe mouse yang Anda gunakan. Ada faktor lain yang bisa Anda pertimbangkan seperti tujuan penggunaan dan tingkat kenyamanannya. Yuk, simak cara memilih mouse pad terbaik di bawah ini!

① Sesuaikan dengan tipe mouse Anda

Tipe mouse beragam dari optical, laser, dan trackball. Nah, Anda perlu menyesuaikan permukaan mouse pad dengan tipe mouse yang Anda gunakan. Kami akan menjelaskan tipe mouse pad yang sesuai dengan metode kerja masing-masing mouse.

Tipe tidak rata, cocok untuk optical mouse

Tipe tidak rata, cocok untuk optical mouse
Optical mouse adalah tipe yang memancarkan sinar LED merah sebagai sensor. Mouse pad dengan permukaan tidak rata bekerja dengan baik untuk tipe ini. Bila permukaannya terlalu halus, sensitivitas mouse akan berkurang. Bahkan, mouse bisa tidak bereaksi pada permukaan glossy atau yang warnanya senada dengan sinar LED.

Sebaliknya, mouse dengan sinar LED biru dapat membaca gerakan lebih akurat. Tipe ini memiliki jarak gelombang lebih pendek sehingga bisa digunakan di berbagai permukaan selain permukaan glossy. Dalam hal ini, mungkin Anda tidak membutuhkan mouse pad. Akan tetapi, bukan berarti kinerja mouse tidak bisa ditingkatkan. Anda bisa membuatnya lebih nyaman dengan mouse pad yang antilicin dan dapat mengurangi rasa lelah.

Tipe halus, cocok untuk laser mouse

Tipe halus, cocok untuk laser mouse

Laser mouse adalah tipe yang mendeteksi jarak dengan memantulkan laser. Jika dilengkapi sensor Track on Glass (TOG), tipe ini mampu mendeteksi cahaya dengan sensitivitas lebih tinggi. Oleh sebab itu, mouse dapat dioperasikan di atas kaca atau pada mouse pad dengan permukaan glossy.


Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan mouse pad yang glossy pada dasarnya hanya efektif untuk pekerjaan dasar, misalnya scroll dokumen. Jika Anda ingin mouse berjalan lancar saat gaming, Anda disarankan menggunakan mouse pad berbahan cloth atau semacamnya.

Tipe elastis, cocok untuk trackball mouse

Tipe elastis, cocok untuk trackball mouse
Tipe trackball memiliki bola di dasar badan mouse sebagai pendeteksi gerakan. Tipe ini tidak bekerja optimal pada permukaan kaca atau logam karena akan mudah tergelincir. Kami merekomendasikan mouse pad yang elastis untuk membantu bolanya berputar.

Mouse pad yang dilengkapi fungsi pembersih bahkan bisa menyerap debu-debu pada bola. Mengoperasikan mouse makin nyaman karena bola akan berputar tanpa hambatan.


Anda bisa membaca artikel menarik di bawah ini jika ingin tahu lebih banyak mengenai trackball mouse. Temukan juga rekomendasi produk trackball mouse terbaik pilihan kami.

② Utamakan mouse pad yang dilengkapi sandaran supaya tangan tidak pegal

Utamakan mouse pad yang dilengkapi sandaran supaya tangan tidak pegal

Mengoperasikan mouse dalam waktu yang lama akan menimbulkan rasa pegal. Bila Anda kerap mengalaminya, gunakan mouse pad dengan sandaran pergelangan tangan. Fungsi tersebut akan membagi beban dan mendukung posisi tangan yang nyaman. 


Menggunakan bahan uretan, gel, dan silikon yang lembut, sandaran dapat menjaga postur natural tangan saat menggenggam mouse. Tenaga yang terkuras juga lebih sedikit saat menekan tombol dan menggeser mouse berkat sandaran tersebut. Dengan begitu, tangan Anda tidak cepat pegal saat menggunakan mouse dalam waktu lama. Sayangnya, saat Anda terburu-buru, keberadaan sandaran bisa dirasa mengganggu.

③ Pertimbangkan mouse pad dengan alas antilicin

Pertimbangkan mouse pad dengan alas antilicin

Anda sering dibuat frustasi dengan mouse pad yang mudah bergeser? Cobalah mouse pad yang alasnya berbahan silikon atau karet. Bahan tersebut menempel baik pada meja sehingga mouse pad tidak akan bergeser saat Anda mengoperasikan mouse.


Alas mouse pad ini cocok digunakan di meja kayu yang halus. Mouse pad ini juga masih bisa dipindah-pindahkan karena sifatnya hanya menempel, tidak merekat. Bahkan, alas mouse pad ini juga masih aman dibersihkan dengan lap basah.

④ Gunakan tipe datar dan keras apabila Anda menginginkan pergerakan mouse yang licin

Gunakan tipe datar dan keras apabila Anda menginginkan pergerakan mouse yang licin

Anda mementingkan pergerakan mouse yang licin? Pilihlah mouse pad berpermukaan halus, tetapi berbahan keras seperti plastik, kaca, atau logam. Mouse tidak akan mudah berhenti sehingga Anda bisa menggerakkannya dengan cepat.


Optical dan laser mouse tidak berfungsi baik saat banyak debu menempel pada lensa yang menjadi sumber cahayanya. Sementara itu, debu tidak mudah menempel pada mouse pad dengan permukaan keras. Membersihkannya pun mudah, cukup disapu dengan tangan.

⑤ Cobalah tipe cloth agar pengalaman bermain game makin maksimal

Cobalah tipe cloth agar pengalaman bermain game makin maksimal

Kami merekomendasikan mouse pad tipe cloth untuk Anda yang membutuhkan pergerakan mouse yang licin sekaligus mudah ditahan. Meskipun licin, mouse tetap bisa berhenti dengan mudah, lho. Tipe ini memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa. Biasanya, gamer menggunakan mouse pad ini untuk memainkan first-person shooter game yang membutuhkan banyak pergerakan pada mouse.


Sebagai tambahan informaasi, saat ini ada bahan terbaru yang juga disukai yaitu bahan cordura. Bahan ini banyak direkomendasikan untuk mereka yang bermain first-person shooter game karena lebih licin dibandingkan cloth.


Anda bisa mencari tahu lebih banyak mengenai mouse pad untuk gaming dengan membaca artikel berikut ini. Anda juga bisa menemukan rekomendasi produk mouse pad gaming terbaik, lho. Klik tautannya di bawah ini, ya!

⑥ Pakailah tipe desk mat untuk keperluan desain dan CAD

Pakailah tipe desk mat untuk keperluan desain dan CAD

Tipe desk mat direkomendasikan bagi Anda yang menggunakan mouse untuk keperluan desain dan CAD. Tipe ini meningkatkan efektivitas pada pengoperasian mouse yang membutuhkan area luas.


Penting sekali menjaga pergerakan kursor tetap halus, khususnya pada AutoCAD. Anda tidak dapat bekerja maksimal bila menggunakan mouse pad kecil. Dengan tipe desk mat, Anda jadi bebas menggerakkan kursor secara halus ke berbagai arah.

⑦ Pilihlah tipe compact dan antinoda agar mudah dibawa-bawa

Pilihlah tipe compact dan antinoda agar mudah dibawa-bawa

Bila Anda ingin membawa pergi laptop bersamaan dengan mouse pad, pilihlah yang ukurannya compact. Mouse pad yang compact dapat disatukan dalam tas dengan laptop. Selain itu, tipe ini berfungsi dengan baik pada meja kecil di kafe.


Sebagai tambahan, perhatikan bahannya karena mouse pad akan cepat kotor saat dibawa-bawa. Kulit sintetis dan plastik umumnya tidak mudah menyerap air. Karena itu, mouse pad dengan bahan ini akan lebih mudah dibersihkan.


Namun, mouse pad berbahan kulit sintetis pun terbagi 2 yaitu bahan PU (polyurethane) dan PVC (polyvinyl chloride). Bahan PU memiliki tekstur yang lebih berpori dan mudah meninggalkan bekas noda. Sementara itu, bahan PVC lebih kuat dan tahan lama, serta tak mudah bernoda. Perhatikan juga mengenai hal tersebut, ya.

10 Rekomendasi mouse pad terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh mouse pad terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Faynilla.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Armaggeddon

Gaming Mousemat High Non-Slip Base Mouse Pad

Armaggeddon  Gaming Mousemat High Non-Slip Base Mouse Pad 1枚目

Desainnya keren, ukurannya juga compact untuk dibawa bepergian!

2

Feragatha

Korean Abstract Scenery Mousepad

Feragatha Korean Abstract Scenery Mousepad 1枚目

Kualitasnya baik dengan desain cantik, cocok untuk penyuka estetika

3

Robot

Ergonomic Wrist Rest Mousepad

Robot Ergonomic Wrist Rest Mousepad 1枚目

Bantalnya membuat tangan lebih nyaman saat mengoperasikan mouse

4

Hayylife

Mouse Pad Waterproof Leather

Hayylife Mouse Pad Waterproof Leather  1枚目

Tipe desk mat berbahan kulit sintetis yang modis

5

Rokeet

Mouse Pad Silikon

Rokeet  Mouse Pad Silikon 1枚目

Bergambar karakter lucu, dilengkapi sandaran berbahan gel yang nyaman!

6

CLIPtec

Speed-Pad Mouse Pad

CLIPtec Speed-Pad Mouse Pad 1枚目

Struktur permukaannya dirancang khusus untuk semua tipe mouse!

7

Logitech

G240 Cloth Gaming Mouse Pad

Logitech G240 Cloth Gaming Mouse Pad 1枚目

Mouse pad gaming yang tidak bergeser meskipun dipakai intens

8

Orico

Mini Aluminum Mouse Pad

Orico Mini Aluminum Mouse Pad 1枚目

Tampil elegan dengan mouse pad metal yang menawan

9

Aukey

Mouse Pad

Aukey Mouse Pad 1枚目

Dipakai untuk pekerjaan sehari-hari, desain, dan main game? Bisa!

10

Fantech

SVEN Mousepad Gaming

Fantech SVEN Mousepad Gaming 1枚目

Pas untuk dijadikan partner game tipe FPS

Perincian produk
Close
No.1

Armaggeddon Gaming Mousemat High Non-Slip Base Mouse Pad

Mulai dari Rp99.000,00

Desainnya keren, ukurannya juga compact untuk dibawa bepergian!

Mouse pad berdesain keren dari Armageddon ini menjadi salah satu produk terlaris yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Armageddon sendiri terkenal memiliki reputasi baik dalam menyediakan aksesori untuk PC gaming, termasuk mouse pad.


Mouse pad ini memiliki alas karet antiselip yang tidak mudah geser saat Anda pakai. Sementara itu, permukaannya dari kain berserat nilon sehingga terasa halus dan licin. Jenis mouse pad ini sangat pas dipakai untuk bermain game yang membutuhkan pergerakan mouse secara cepat. Selain itu, ukurannya yang compact membuat mouse pad ini cocok dibawa bepergian. 

No.2

FeragathaKorean Abstract Scenery Mousepad

Mulai dari Rp28.000,00

Kualitasnya baik dengan desain cantik, cocok untuk penyuka estetika

Kebanyakan mouse pad fokus pada fungsinya, tetapi tidak terlalu fokus pada desainnya. Bila Anda mencari mouse pad dengan kualitas baik ditambah memiliki desain menarik, cek produk dari Feragatha ini. Permukaannya diklaim lembut dan sudah dilengkapi alas karet antiselip.


Produk ini berbeda dari kebanyakan mouse pad bergambar yang hanya mencetak desain dari pihak lain. Hal ini karena desainnya juga dibuat secara eksklusif oleh Feragatha. Masukkan produk ini ke keranjang belanja jika Anda menyukai estetika!

No.3

RobotErgonomic Wrist Rest MousepadRP02

Mulai dari Rp25.000,00

Bantalnya membuat tangan lebih nyaman saat mengoperasikan mouse

Mengoperasikan mouse akan makin nyaman dengan mouse pad yang satu ini. Robot RP02 ini dilengkapi bantal dengan tinggi 3 cm yang berfungsi sebagai sandaran pergelangan tangan. Anda tidak perlu khawatir merasa pegal-pegal saat menggunakan mouse dalam waktu yang lama.


Meski harganya ekonomis, mouse pad ini memiliki fitur yang tidak sedikit. Selain dilengkapi sandaran, alasnya sudah menggunakan karet antiselip. Hal yang perlu dicatat, pastikan mouse pad tidak terlipat karena akan meninggalkan bekas kerutan.

No.4

HayylifeMouse Pad Waterproof Leather

Mulai dari Rp100.000,00

Tipe desk mat berbahan kulit sintetis yang modis

Ingin tampil modis dengan mouse pad? Pertimbangkan produk mouse pad tipe desk mat yang satu ini. Bahan kulit sintetis membuat mouse pad ini memberikan kesan modis. Selain itu, ada banyak pilihan warna yang bisa Anda mix-and-match dengan warna mouse atau laptop.


Mouse pad ini juga diklaim tahan lama dengan bahan antiair dan mudah dibersihkan. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan pengikat seperti belt sehingga membuatnya lebih ringkas saat dibawa ke mana saja. Anda hanya tinggal menggulung dan memasangkan pengikatnya.

No.5

Rokeet Mouse Pad Silikon

Mulai dari Rp84.000,00

Bergambar karakter lucu, dilengkapi sandaran berbahan gel yang nyaman!

Jangan tertipu dengan penampakan produk ini yang lucu dan menggemaskan. Ini adalah mouse pad yang sangat bisa diandalkan. Mouse pad ini dilengkapi sandaran yang nyaman. Sandarannya menggunakan bahan silicone gel yang membuat pergelangan tangan Anda seolah memiliki bantal untuk beristirahat. 


Produk dari Rokeet ini dibuat dengan material pilihan untuk penggunaan jangka panjang. Permukaanya dilapisi kain katun, sedangkan alasnya terbuat dari bahan karet antiselip. Masukkan mouse pad ini ke daftar belanja bila Anda merasa pegal saat mengoperasikan mouse tanpa sandaran!

No.6

CLIPtecSpeed-Pad Mouse PadRZY238

Mulai dari Rp28.000,00

Struktur permukaannya dirancang khusus untuk semua tipe mouse!

Perpaduan bahan karet dengan PVC (polyvinyl chloride) membuat produk ini menjadi kuat dan antistatic. Produk ini juga diproduksi secara khusus sehingga struktur permukaannya bersifat high density. Dengan struktur seperti itu, gerakan mouse Anda diklaim akan menjadi makin lancar dan halus.


Selain itu, mouse pad dengan berbagai pilihan warna ini sudah dirancang untuk berfungsi baik dengan berbagai tipe mouse. Baik Anda memiliki trackball, optical, maupun laser mouse, semuanya cocok. Bila Anda butuh mouse pad yang cocok dengan segala tipe mouse, produk inilah solusinya.

No.7

LogitechG240 Cloth Gaming Mouse Pad

Mulai dari Rp259.000,00

Mouse pad gaming yang tidak bergeser meskipun dipakai intens

Logitech memang sudah terkenal dengan produk gaming-nya, tidak terkecuali di produk mouse pad. Logitech G240 ini tidak akan bergeser walaupun Anda banyak menggerakkan dan menekan tombol mouse saat bermain game.


Pengalaman bermain game makin maksimal saat Anda menggunakan mouse Logitech seri G. Mouse pad ini didesain untuk mengoptimalkan sensor optik dari mouse tersebut. Jadi, mungkin Anda tidak merasakan pengalaman serupa bila menggunakan mouse lain.

No.8

OricoMini Aluminum Mouse PadAMP2218

Mulai dari Rp98.000,00

Tampil elegan dengan mouse pad metal yang menawan

Bila ingin tampilan PC atau laptop Anda lebih elegan, mouse pad metal ini bisa menjadi jawaban. Memiliki desain minimalis dan ultrathin, berat produk ini hanya 0,29 kg. Anda juga bisa membawanya ke mana-mana karena mouse pad ini terbuat dari aluminium yang tahan air, noda, dan debu. 


Permukaannya yang halus membuat mouse dapat bergerak dengan mudah dan cenderung licin. Mouse pad yang memiliki permukaan glossy seperti ini biasanya disarankan untuk pengguna laser mouse. Namun, bagi Anda pengguna optical mouse, jangan ragu! Permukaan produk ini juga dirancang untuk bisa membaca sensor optik lebih akurat. Selain itu, alasnya antiselip karena terbuat dari silikon.

No.9

AukeyMouse PadKM-P2 - 500878

Mulai dari Rp349.000,00

Dipakai untuk pekerjaan sehari-hari, desain, dan main game? Bisa!

Gaming mouse pad pada umumnya mantap untuk bermain game, tetapi tidak setara nyamannya untuk keperluan lain. Nah, selain untuk bermain game, produk ini diklaim memberikan pengalaman maksimal dalam pekerjaan sehari-hari dan keperluan desain. Produk dari Aukey ini tetap menjaga akurasi mouse saat banyak digerakkan.


Selain tepat digunakan untuk PC, mouse pad ini juga bisa dipakai untuk laptop, lho. Dengan ukuran 80 cm x 30 cm, laptop pun bisa diletakkan di atasnya bersebelahan dengan mouse. Bahkan, masih ada ruang tersisa untuk meletakkan peripheral lainnya.

No.10

FantechSVEN Mousepad GamingMP80

Mulai dari Rp119.000,00

Pas untuk dijadikan partner game tipe FPS

Jika Anda mencari mouse pad untuk game FPS, mouse pad control edition dari Fantech ini bisa menjadi solusinya. Mouse pad ini mendukung pergerakan mouse yang presisi. Hal ini disebabkan desain permukaannya yang lebih bertekstur dan memiliki kontur. Aksi membidik atau menembak menggunakan mouse akan sangat terbantu jika Anda beralaskan mouse pad ini.


Selain itu, mouse pad ini mampu berfungsi sebagai desk mat karena memiliki panjang 80 cm dan lebar 30 cm. Dengan performa dan ukurannya, mouse pad ini sempurna untuk gaming dan menunjang pekerjaan sehari-hari di depan PC.

Baca juga rekomendasi peripheral PC lainnya di sini

Selain mouse pad, peripheral lainnya bisa membuat aktivitas Anda di depan PC atau laptop makin optimal. Peripheral ini contohnya adalah mouse dan keyboard yang memang didesain untuk beragam tujuan penggunaan. Nah, kami telah menyiapkan artikel menarik di bawah ini. Silakan klik tautannya untuk membaca!

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan cara memilih mouse pad terbaik disertai rekomendasinya. Bagaimana, sudahkah menemukan mouse pad yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Mouse pad yang tepat akan memaksimalkan pengalaman bermain game, bahkan mengobati rasa lelah karena menggunakan mouse lama-lama. 


Untuk itu, pilihlah mouse pad yang tepat agar Anda makin optimal dalam mengoperasikan PC atau laptop. Nah, semoga poin-poin yang telah kami uraikan di atas bisa Anda jadikan bahan pertimbangan untuk memilih.

5 Rekomendasi Mouse Pad terbaik

No. 1Armaggeddon Gaming Mousemat High Non-Slip Base Mouse Pad

No. 2FeragathaKorean Abstract Scenery Mousepad

No. 3RobotErgonomic Wrist Rest MousepadRP02

No. 4HayylifeMouse Pad Waterproof Leather

No. 5Rokeet Mouse Pad Silikon

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer