mybest
Case & pelindung

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Stand Laptop Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Stand Laptop Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Stand Laptop Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Stand Laptop Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Stand Laptop Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Stand Laptop Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Stand Laptop Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024)

Stand laptop atau sering disebut meja laptop adalah alat fungsional yang portable dan membantu menjaga posisi duduk tetap baik. Jadi, tubuh Anda tidak akan lekas pegal. Saat ini banyak stand laptop yang telah dilengkapi dengan sistem pendingin. Ada pula produk yang bentuknya compact.

Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi produk stand laptop yang bagus. Produk merek Deepcool dan Nexstand juga ada dalam rekomendasi kami. Yuk, dimulai! Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
Diperbaharui 08/09/2023
Faynilla
Pakar
Gaming content creator
Faynilla

Fay adalah seorang content creator di bidang gaming gear. Ia gemar me-review produk gaming gear kemudian mengunggahnya pada TikTok “Faynillaa” dan YouTube channel “Low Tech”. Ia mulai terjun menjadi content creator di YouTube tahun 2019 dan TikTok tahun 2020. Fay pernah memenangkan lomba review yang diadakan oleh brand “Digital Alliance” sebanyak dua kali. Selain itu, Fay juga menjuarai lomba modding keyboard yang diadakan oleh brand “Fantech” dan lomba pamer setup oleh “Enter Computer”.

Profil Faynilla
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Keuntungan memakai stand laptop

Keuntungan memakai stand laptop
Banyak orang yang tertarik untuk membeli stand laptop. Namun, adakah manfaat khusus yang didapatkan dari penggunaan produk tersebut? Sebelum menyuguhkan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda, kami akan jelaskan terlebih dahulu keuntungan menggunakan stand laptop.

  • Meminimalkan rasa pegal di tubuh, misalnya sakit pinggang serta pundak dan leher terasa kaku akibat pemakaian laptop terus-menerus. Dengan adanya stand laptop, Anda dapat menyetel sudut kemiringan laptop agar posisi tubuh menjadi benar. Posisi yang baik dan rileks akan membuat tubuh tidak lekas lelah.

  • Mencegah laptop overheat (panas berlebih). Dengan stand laptop, Anda dapat memberi ruang di bagian bawah laptop untuk sirkulasi udara sehingga performanya tetap optimal. Hal ini tentu akan sangat berguna terutama saat cuaca sedang panas.

  • Stand laptop membuat posisi tubuh Anda lebih nyaman saat mengetik.

  • Dengan menggunakan stand laptop, posisi kamera laptop bisa sejajar dengan wajah. Jadi, saat Anda harus melakukan rapat secara online, wajah Anda akan terlihat dengan jelas

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih stand laptop

Di bagian ini, kami akan menjelaskan beberapa poin ringkas dalam memilih stand laptop. Jadikan poin berikut sebagai pedoman dalam memilih produk yang sesuai untuk Anda.
1

Kenali material yang digunakan

Kenali material yang digunakan

Ada tiga material yang lazim digunakan untuk membuat stand laptop. Masing-masing material memiliki keunggulan tersendiri.


  • Kayu, tampilannya artistik. Serat kayu dan desain minimalis membuat stand laptop kayu terlihat memesona. Tidak hanya itu, kayu yang digunakan pun umumnya tebal sehingga memiliki ketahanan yang baik. Sayangnya, stand laptop kayu biasanya tidak bisa dilipat sehingga tidak bisa dibawa ke mana-mana. Selain itu, sudut kemiringannya tidak dapat di-adjust.

  • Plastik, harganya ekonomis. Selain ramah kantong, stand laptop plastik juga mudah dirawat. Anda hanya perlu mengelapnya dengan air saat kotor. Namun, stand berbahan plastik tidak dapat menopang laptop yang berat karena bahannya kurang kokoh.

  • Aluminium, ringan dan memiliki ketahanan mumpuni. Selain tahan karat, stand laptop aluminium juga tidak mudah patah sehingga siap digunakan untuk jangka panjang. Menariknya lagi, bahan ini bisa mengurangi panas dari laptop. Anda juga bisa mengatur ketinggiannya.
2

Sesuaikan ukurannya dengan laptop Anda

Sesuaikan ukurannya dengan laptop Anda
Hal terpenting dalam memilih stand laptop adalah memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran laptop Anda. Umumnya, ada tiga ukuran stand laptop, yakni A4 (14-15,6 inci), B5 (11,6-14 inci), dan mobile (kurang dari 11,6 inci). Ukuran stand yang tepat pastinya akan menambah kenyamanan Anda saat menggunakan laptop.
3

Periksa bisa tidaknya kemiringan dan ketinggian stand diubah

Periksa bisa tidaknya kemiringan dan ketinggian stand diubah
Stand laptop yang tingkat kemiringan dan ketinggiannya tidak dapat disetel membuat posisi duduk tidak nyaman. Hal ini berpotensi menyebabkan tubuh cepat lelah dan pegal, bahkan bisa membuat kepala Anda pusing. Oleh karena itu, kami sarankan Anda memilih stand laptop yang kemiringan dan ketinggiannya bisa diubah.

Tentu akan sulit membayangkan tingkat kemiringan stand jika hanya melihat dari gambar saja. Namun, jika Anda memilih produk yang kemiringannya dapat diatur secara manual, Anda akan makin mudah menggunakannya


Di dalam kategori stand laptop yang adjustable, terdapat produk yang bisa disetel hanya dengan menekan satu tombol saja. Anda dapat memilih produk demikian bila Anda mengutamakan kemudahan.

4

Cek kompatibilitasnya dengan keyboard eksternal

Cek kompatibilitasnya dengan keyboard eksternal
Di antara berbagai model stand laptop, ada produk yang dapat digunakan selayaknya PC (personal computer). Produk seperti ini memungkinkan Anda untuk meletakkan keyboard eksternal di bawah stand. Hampir semua ukuran keyboard, bahkan yang besar sekalipun, dapat masuk di sela stand tersebut. 

Stand model ini umumnya didesain cukup tinggi atau memiliki sudut kemiringan tinggi. Berkat kedua hal tersebut, mata Anda dapat memandang layar laptop dengan nyaman sehingga punggung tidak lagi terlalu pegal.
5

Pastikan produk tersebut mudah dibawa

Pastikan produk tersebut mudah dibawa
Tidak seperti PC, laptop memang didesain compact dan ringan agar Anda dapat membawanya dengan mudah. Untuk itu, Anda juga harus memilih stand laptop yang ringan dan mudah dibawa ke mana pun.

Anda dapat memilih stand laptop yang tipis atau bisa dilipat agar ukurannya makin compact dan tidak menghambat mobilitas. Produk berbahan aluminium atau plastik cocok untuk dipilih karena ringan dan bisa dilipat. Jadi, Anda dapat membawanya dalam tas tanpa ada kesulitan berarti.


6

Periksa juga kelengkapan metode pendinginnya

Periksa juga kelengkapan metode pendinginnya
Panas memang merupakan musuh terbesar laptop. Saat suhu laptop menjadi panas, performa laptop tidak lagi bisa optimal. Laptop terkadang juga akan menutup program dan mati secara otomatis (shutdown) apabila terlalu panas (overheat).

Agar terhindar dari hal tersebut, Anda membutuhkan stand laptop dengan sistem pendingin. Umumnya, stand model ini terbuat dari bahan aluminium yang tidak memerangkap panas. Salah satu model yang mudah ditemukan adalah cooling pad yaitu stand laptop dan pendingin dalam satu produk.


Bisa juga stand-nya berbentuk jaring sebagai ventilasi untuk sirkulasi udara atau memiliki kipas pendingin. Pilihlah jenis yang Anda sukai di samping mempertimbangkan desain dan kenyamanan penggunaannya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Stand Laptop Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Stand Laptop terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 26 Januari 2023).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

INBEX

Laptop Stands Foldable 8-Level Height

INBEX Laptop Stands Foldable 8-Level Height 1

Mulai dari Rp339.000,00

Agak Mahal

Ada delapan level pengaturan ketinggian, super compact pula!

2

Coretech

Laptop Table Fold

Coretech Laptop Table Fold 1

Mulai dari Rp362.500,00

Agak Mahal

Lipat dan kencangkan kakinya sesuka Anda dengan mudah!

3

Ergostand

Cooling Pad Big Fan

Ergostand  Cooling Pad Big Fan 1

Mulai dari Rp74.900,00

Agak Murah

Kipas besarnya embuskan hawa dingin dengan hening

4

Stand Laptop Kayu Knockdown

 Stand Laptop Kayu Knockdown 1

Mulai dari Rp77.500,00

Agak Murah

Difungsikan menyimpan laptop bisa, dibongkar pasang pun mudah

5

ICE COOREL

Cooling Pad Laptop 6 FanK6

ICE COOREL Cooling Pad Laptop 6 Fan 1

Mulai dari Rp250.000,00

Menengah

Siap jadi stand laptop gaming dengan enam kipas

6

NEXSTAND

K2 Portable and Adjustable Laptop Stand

NEXSTAND K2 Portable and Adjustable Laptop Stand 1

Mulai dari Rp165.000,00

Agak Murah

Genggam erat laptop Anda dengan Arc Grips

7

Deepcool

M-Desk Monitor StandF1

Deepcool M-Desk Monitor Stand 1

Mulai dari Rp304.000,00

Agak Mahal

Fungsionalitasnya tinggi, ramping dan sleek pula!

8

DTBG

Adjustable Laptop Stand

DTBG Adjustable Laptop Stand 1

Mulai dari Rp399.000,00

Agak Mahal

Simpan memory card atau webcam di hidden file folder

9

Stand Laptop Multifungsi T8

 Stand Laptop Multifungsi 1

Mulai dari Rp295.000,00

Agak Mahal

Pengaturan ketinggian dan kemiringannya fleksibel

10

Autec

EZ Laptop Riser

Autec EZ Laptop Riser 1

Mulai dari Rp83.000,00

Agak Murah

Ekonomis dan ada tiga opsi pengaturan sudut

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

INBEXLaptop Stands Foldable 8-Level Height

Laptop Stands Foldable 8-Level Height 1
Sumber: shopee.co.id
Laptop Stands Foldable 8-Level Height 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp339.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp339.000,00
Agak Mahal

Ada delapan level pengaturan ketinggian, super compact pula!

Dirancang khusus, ketinggian produk ini dapat Anda ubah dalam delapan level. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk bekerja menggunakan laptop dengan lebih nyaman. Tidak cukup sampai di situ, produk ini juga dapat dilipat menjadi sangat compact


Anda yang mengutamakan portabilitas plus fleksibilitas pengaturan ketinggian wajib mempertimbangkan produk ini. Jika Anda kerap menggunakan laptop di kafe atau di luar rumah, produk ini cocok untuk Anda. Bahkan, stand laptop ini sudah dilengkapi silikon antiselip sehingga tidak mudah bergeser saat dipakai.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

CoretechLaptop Table Fold

Laptop Table Fold 1
Sumber: shopee.co.id
Laptop Table Fold 2
Sumber: shopee.co.id
Laptop Table Fold 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp362.500,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp362.500,00
Agak Mahal

Lipat dan kencangkan kakinya sesuka Anda dengan mudah!

Mungkin Anda pernah membayangkan betapa asyiknya bila Anda memiliki laptop stand yang kakinya bebas diatur sesuai kebutuhan. Nah, produk buatan Coretech ini hadir untuk menjawab keinginan Anda. Kaki laptop stand ini menggunakan mekanisme lipat sehingga Anda bebas mengubah bentuk dan sudutnya sesuai keperluan. 


Tenang saja, engsel kakinya dilengkapi pengunci yang mudah diputar sehingga Anda tidak akan kesulitan mengendurkan atau mengencangkan kakinya. Di samping itu, terdapat space untuk meletakkan mouse sehingga area untuk laptop tetap luas. Plus, produk ini sudah dilengkapi cooling fan sehingga Anda tak perlu mengkhawatirkan soal suhu laptop.

No.3

Ergostand Cooling Pad Big Fan

Cooling Pad Big Fan 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp74.900,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp74.900,00
Agak Murah

Kipas besarnya embuskan hawa dingin dengan hening

Dengan produk ini, Anda bisa mengatur kemiringan hingga lima tingkatan untuk kenyamanan penggunaan laptop. Selain itu, stand laptop ini juga dilengkapi dengan dua port USB. Dengan demikian, Anda dapat mengisi daya gadget lainnya sembari menggunakan laptop.

Produk ini juga dilengkapi dengan kipas berukuran besar yang dapat mendinginkan laptop secara optimal. Kipas tersebut juga akan berputar dengan hening sehingga tidak mengganggu konsentrasi Anda. Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang bekerja mengandalkan laptop dan tidak ingin laptop lekas rusak akibat overheat.
No.4

Stand Laptop Kayu Knockdown

Stand Laptop Kayu Knockdown 1
Sumber: shopee.co.id
Stand Laptop Kayu Knockdown 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp77.500,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp77.500,00
Agak Murah

Difungsikan menyimpan laptop bisa, dibongkar pasang pun mudah

Stand laptop berbahan kayu ini tidak hanya ringan, tetapi juga portabel karena mudah untuk dibongkar pasang. Saat diletakkan secara horizontal, pengaitnya akan menopang laptop agar tidak tergelincir. Sementara itu, celah di bagian bawahnya bisa digunakan untuk meletakkan keyboard eksternal.

Bila Anda menginginkan stand yang juga dapat difungsikan sebagai tempat menyimpan laptop, produk ini adalah salah satu opsi terbaiknya. Hal ini disebabkan stand bisa diletakkan secara vertikal pada celah di bagian tengahnya. Anda pun dapat menyimpan laptop dalam posisi tegak lurus.
No.5

ICE COORELCooling Pad Laptop 6 FanK6

Cooling Pad Laptop 6 Fan 1
Sumber: shopee.co.id
Cooling Pad Laptop 6 Fan 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp250.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp250.000,00
Menengah

Siap jadi stand laptop gaming dengan enam kipas

Untuk menjadikan sesi gaming berlangsung seru tanpa takut laptop gaming Anda overheat, gunakanlah produk ini. Adanya enam kipas diklaim menjadikan produk ini kian optimal dalam mendinginkan laptop. Menariknya, stand laptop ini dilengkapi LCD untuk mengetahui kecepatan fan saat digunakan.


Selain itu, adanya enam level pengaturan kecepatan putaran kipas juga membuat tatakan laptop ini makin cepat menurunkan panas. Bahkan, Anda dapat mengecas HP di produk ini karena tersedia 2 port USB. Plug and play dan dibuat dari plastik berkualitas, produk ini makin menarik untuk dimiliki, bukan?

No.6

NEXSTANDK2 Portable and Adjustable Laptop Stand

K2 Portable and Adjustable Laptop Stand 1
Sumber: nexstand.eu
Harga referensi
Mulai dari Rp165.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp165.000,00
Agak Murah

Genggam erat laptop Anda dengan Arc Grips

Apakah Anda sedang mencari stand laptop yang mampu menggenggam erat laptop agar tidak mudah jatuh? Jika jawabannya ya, produk ini wajib dimiliki. Fitur Arc Grips-nya secara otomatis menyesuaikan ukuran stand dengan bobot dan ketebalan laptop sehingga mampu menggenggam laptop dengan erat.

Adanya Arc Grips diklaim membuat laptop tidak akan jatuh walaupun Anda memiringkan produk ini hingga tingkatan yang ekstrem. Produk ini juga praktis untuk Anda bawa dan gunakan karena hanya berbobot 234 gram serta dapat dibongkar pasang.
No.7

DeepcoolM-Desk Monitor StandF1

M-Desk Monitor Stand 1
Sumber: deepcool.com
M-Desk Monitor Stand 2
Sumber: deepcool.com
M-Desk Monitor Stand 3
Sumber: deepcool.com
M-Desk Monitor Stand 4
Sumber: deepcool.com
Harga referensi
Mulai dari Rp304.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp304.000,00
Agak Mahal

Fungsionalitasnya tinggi, ramping dan sleek pula!

Warna dominan putih plus desain yang minimalis membuat produk ini terlihat sleek. Terlebih, ketika dilipat stand laptop ini menjadi sangat ramping, hanya 2 cm saja! Bila Anda menginginkan stand laptop dengan desain slim dan tampilan sleek, produk ini adalah pilihan terbaik.

Teknologi yang terintegrasi juga terbilang lengkap, tidak hanya empat USB ports, tetapi juga audio stereo jacks. Jadi, Anda tidak perlu khawatir laptop tidak memiliki cukup port USB atau tidak memiliki lubang audio stereo. Selain itu, Anda tentunya dapat menaruh keyboard eksternal pada bagian bawah stand ini.
No.8

DTBGAdjustable Laptop Stand

Adjustable Laptop Stand 1
Sumber: shopee.co.id
Adjustable Laptop Stand 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp399.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp399.000,00
Agak Mahal

Simpan memory card atau webcam di hidden file folder

Produk yang satu ini dilengkapi dengan hidden file folder di ujung sebelah kiri atas. Ketika slot di bagian tersebut dilepas, Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan memory card atau untuk memasang webcam. Teruntuk Anda yang suka menggunakan webcam saat bekerja, produk ini layak dipertimbangkan.

Produk ini juga sudah menyediakan empat port USB. Anda dapat menyambungkannya ke printer, keyboard, atau mouse eksternal. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur sudut ketinggian hingga tujuh posisi berbeda. Pastinya makin nyaman dan fungsional, bukan?
No.9

Stand Laptop Multifungsi T8

Stand Laptop Multifungsi 1
Sumber: shopee.co.id
Stand Laptop Multifungsi 2
Sumber: shopee.co.id
Stand Laptop Multifungsi 3
Sumber: shopee.co.id
Stand Laptop Multifungsi 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp295.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp295.000,00
Agak Mahal

Pengaturan ketinggian dan kemiringannya fleksibel

Pengaturan ketinggian dari dudukan laptop satu ini sangat fleksibel. Anda bisa menggunakannya di atas meja kerja atau menjadikannya sebagai meja laptop. Tidak hanya itu, produk ini juga memungkinkan Anda menemukan sudut kemiringan sesuai dengan keinginan. 

Stand laptop ini juga makin fungsional karena telah dilengkapi dengan kipas pendingin serta space tambahan untuk mouse. Keyboard eksternal Anda pun bisa Anda selipkan dengan mudah di bawahnya. Sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang mencari stand laptop dengan ketinggian dan kemiringan yang bisa diatur sesuka hati.
No.10

AutecEZ Laptop Riser

EZ Laptop Riser 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp83.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp83.000,00
Agak Murah

Ekonomis dan ada tiga opsi pengaturan sudut

Autec EZ Laptop Riser cocok digunakan untuk laptop yang berukuran hingga 17 inci. Adanya rubber pad di permukaan stand akan membuat laptop makin stabil saat berada di atasnya. Berhubung penyangga laptop ini dapat dilipat hingga rata, Anda pun bisa dengan mudah memasukkannya ke dalam tas.

Sudut kemiringan stand laptop ini bisa disetel sebanyak tiga tingkat sesuai dengan kenyamanan posisi duduk Anda. Kelebihan tersebut tidak serta-merta membuat harga produk melambung. Sebaliknya, produk ini cocok bila Anda membutuhkan produk fungsional tanpa harus mengeluarkan banyak dana.

Baca juga rekomendasi aksesori laptop lainnya di sini

Selain stand laptop, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli aksesori lainnya. Microphone, ransel, bahkan cooling pad layak untuk Anda miliki. Ingin tahu lebih lanjut? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Anda dapat menggunakan stand laptop agar makin nyaman dalam bekerja. Namun, pastikan Anda memilih produk yang ukurannya sesuai dengan laptop Anda. Selain itu, utamakan produk yang dapat diatur ketinggian dan kemiringannya, serta yang dilengkapi port USB. 

Bagi Anda yang sering bepergian dengan membawa laptop, pertimbangkan produk yang portabel agar tidak menghambat mobilitas. Yuk, jaga postur tubuh dan stamina tetap fit baik saat bekerja maupun main game dengan memakai stand laptop!

5 Rekomendasi Stand Laptop terbaik

No. 1: INBEXLaptop Stands Foldable 8-Level Height

No. 2: CoretechLaptop Table Fold

No. 3: Ergostand Cooling Pad Big Fan

No. 4: Stand Laptop Kayu Knockdown

No. 5: ICE COORELCooling Pad Laptop 6 FanK6

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Stand Laptop Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.