10 Rekomendasi Stand Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Stand Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Untuk Anda para pengguna laptop, stand laptop adalah alat yang sangat fungsional. Apalagi zaman sekarang ini, banyak stand laptop yang telah dilengkapi dengan cooling pad, bahkan ada pula yang dapat digunakan layaknya meja komputer.

Namun, Anda bisa saja kebingungan saat hendak membelinya karena terdapat banyak produk stand laptop beredar di pasaran. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi stand laptop terbaik agar Anda semakin mudah menemukan produk yang Anda inginkan.

Daftar isi

Cara memilih stand laptop

Sebelum menyuguhkan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan terlebih dahulu hal-hal yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli stand laptop. Pertama, Anda harus menyesuaikan ukurannya dengan ukuran laptop yang Anda miliki. Karena itu, pastikan kembali ukuran laptop Anda, ya!

Kemudian, Anda juga harus mengetahui tinggi dan tingkat kemiringan stand laptop tersebut. Bila tinggi dan tingkat kemiringan stand laptop tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, tubuh Anda akan tetap terasa pegal dan lelah.

Bila Anda memiliki keyboard dan mouse eksternal, Anda juga bisa memilih stand laptop yang bisa dikombinasikan dengan kedua peralatan tersebut. Apalagi, sekalipun Anda saat ini belum memiliki keyboard dan mouse eksternal, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari Anda akan membeli kedua barang tersebut, bukan? Kemudian, Anda juga harus memastikan bahwa stand laptop yang Anda beli cukup mudah untuk Anda bawa ke mana pun.

Sesuaikan ukurannya dengan ukuran laptop Anda

Sesuaikan ukurannya dengan ukuran laptop Anda

Anda bisa memilih stand laptop sesuai dengan ukuran layar laptop Anda. Semakin kecil ukuran stand laptop, semakin ringan dan mudah pula produk tersebut untuk Anda bawa, begitu juga sebaliknya.

Berdasarkan ukurannya, secara umum terdapat 3 tipe stand laptop, yakni ukuran A4 (14 – 15,6 inci), ukuran B5 (11,6 – 14 inci), dan ukuran mobile (≤ 11,6 inci). Dengan memperhatikan ukuran laptop dan stand laptop yang hendak Anda beli, salah ukuran stand laptop atau ketidaknyamanan saat menggunakan stand laptop tentu dapat dihindari.

Sebenarnya, Anda tidak harus menyamakan merek stand laptop dengan merek laptop Anda. Namun, bila laptop Anda adalah MacBook, Anda bisa lebih tenang apabila langsung membeli stand laptop khusus untuk MacBook karena ukurannya pasti sesuai.

Pastikan tingkat kemiringan dan ketinggiannya bisa diubah sesuai kebutuhan

Pastikan tingkat kemiringan dan ketinggiannya bisa diubah sesuai kebutuhan

Bila Anda membeli stand laptop yang tingkat kemiringan dan ketinggiannya tidak bisa diubah, Anda bisa saja kesulitan untuk melihat keyboard dan layar laptop Anda dengan jelas. Tidak hanya itu, stand laptop yang pengaturannya kurang fleksibel juga akan membuat leher, bahu, dan punggung Anda cepat lelah bahkan pegal-pegal bila Anda menggunakannya terus-menerus.

Karena itu, stand laptop yang tingkat kemiringan dan ketinggiannya bisa diubah-ubah lebih direkomendasikan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan konfigurasi pengaturan sesuka hati dan menemukan posisi yang paling nyaman untuk Anda. Tidak hanya itu, bila ketinggiannya bisa diubah tentu laptop Anda akan memperoleh area ventilasi tambahan sehingga semakin tidak cepat panas.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa mekanisme pengaturan kemiringan dan ketinggiannya cukup mudah dilakukan, ya!

Pastikan kompabilitasnya dengan keyboard eksternal

Pastikan kompabilitasnya dengan keyboard eksternal

Saat ini, ada juga stand laptop yang dapat digunakan selayaknya meja komputer. Dengan stand yang cukup tinggi atau saat stand disetel dengan kemiringan ekstrem untuk meletakkan laptop, kemungkinan Anda akan membutuhkan keyboard eksternal untuk mengetik. Kalau sudah begitu, keyboard eksternal tentu akan Anda letakkan di bawah stand laptop Anda.

Agar lebih aman, Anda perlu memilih stand laptop yang sudah dilengkapi dengan karet atau penyangga sehingga laptop tidak tergelincir ke bawah dan menimpa keyboard eksternal Anda ketika digunakan. Bila Anda belum terbiasa, bagian penyangga tersebut mungkin akan terasa mengganggu saat Anda mengetik pada keyboard laptop Anda. Meski begitu, bila Anda lebih sering bekerja dengan menggunakan keyboard eksternal, stand laptop dengan fitur alas karet atau penyangga akan lebih praktis.

Pastikan produk tersebut mudah dibawa

Pastikan produk tersebut mudah dibawa

Bila Anda termasuk orang dengan tingkat mobilitas tinggi, Anda bisa memilih produk yang ringan dan mudah dibawa. Anda juga bisa memilih stand laptop yang tipis atau bisa dilipat agar ukurannya makin compact dan tidak menghambat mobilitas Anda.

10 Rekomendasi stand laptop terbaik

Apakah Anda telah memahami cara memilih stand laptop agar manfaat yang diperoleh tidak mengecewakan Anda? Nah, sekarang Anda bisa memilih produk yang paling Anda sukai dari 10 rekomendasi stand laptop terbaik dibawah ini. Selamat membaca!

10. Wood Style Portable Laptop Stand

10. Wood Style Portable Laptop Stand

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 72.500

Desain kayunya unik, dengan ukuran yang compact

Ketika Anda melipatnya, stand laptop yang satu ini berubah menjadi sangat tipis. Apalagi, dengan dimensi hanya 23 x 25,7 cm, produk ini menjadi sangat compact, ringan, dan mudah untuk Anda bawa. Meski ukurannya begitu mini, produk ini cukup kuat digunakan untuk laptop berukuran 11 hingga 17 inci.

Produk ini juga terlihat semakin unik dengan desain kayu yang vintage. Adanya lambang Apple juga membuat produk ini cocok digunakan untuk MacBook. Bila Anda menginginkan stand laptop berukuran compact dengan desain kayu unik yang serasi untuk berbagai warna laptop, produk ini adalah salah satu opsi tepat.

9. Autec EZ Laptop Riser

9. Autec EZ Laptop Riser

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 69.000

Stand laptop fungsional dengan harga bersahabat

Anda bisa menggunakan produk ini untuk laptop berukuran 12 hingga 17 inci. Adanya rubber pad pada produk ini juga akan membuat laptop Anda semakin stabil saat Anda letakkan di atasnya. Selain itu, Anda pun bisa dengan mudah memasukkannya ke tas Anda karena produk ini dapat Anda lipat hingga rata.

Kemudian, Anda bisa mengubah sudut kemiringan dan ketinggiannya sebanyak 3 level, yakni sudut 15°,  25°, dan 35° sesuai posisi duduk Anda agar leher tidak cepat pegal. Mengingat harganya sangat bersahabat, produk ini sangat cocok bila Anda membutuhkan stand laptop yang cukup fungsional dengan dana terbatas.

8. Stand Laptop Kayu

8. Stand Laptop Kayu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Bisa difungsikan sebagai bracket laptop juga, lho!

Dibuat menggunakan kayu pilihan, produk ini cukup kuat sekaligus ringan. Apalagi, produk ini juga tidak sulit untuk dilepas pasang sehingga Anda akan semakin mudah membawanya. Saat digunakan, produk ini akan membuat laptop Anda lebih tinggi 8 cm di bagian depan dan 14 cm di bagian belakangnya.

Kemudian, produk ini juga sudah didesain secara khusus sehingga bagian tengahnya bisa Anda gunakan sebagai bracket laptop ketika Anda memasangnya secara vertikal. Bila Anda menginginkan stand laptop yang dapat difungsikan juga sebagai bracket laptop, tentu produk ini adalah salah satu opsi terbaik.

7. Macstuff Aluminium Laptop Stand

7. Macstuff Aluminium Laptop Stand

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Anda pemilik MacBook? Pilih produk ini saja

Bila Anda mencari stand laptop untuk MacBook Anda, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Anda bisa mengubah sudutnya hingga 18°agar Anda semakin nyaman bekerja. Dibuat menggunakan bahan aluminium alloy, produk ini juga cukup awet untuk Anda gunakan dalam jangka panjang.

Kemudian, dengan adanya rubber feet MacBook Anda pun akan tetap stabil ketika Anda meletakkannya di atas stand laptop ini. Selain itu, dengan desain open wedge, bagian bawah MacBook Anda akan memperoleh ventilasi yang cukup sehingga panasnya bisa keluar sempurna dan terjadinya overheat bisa dicegah.

6. Cooler Master Notepal Ergostand

6. Cooler Master Notepal Ergostand

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 78.000

Kipasnya dingin, tanpa timbulkan suara berisik

Anda bisa mengatur ketinggiannya hingga 5 level sesuai kebutuhan dan menggunakanya untuk laptop berukuran 9 hingga 17 inci. Kemudian, selain dilengkapi dengan 4 port USB dan 2 rear cable clips, produk ini juga dilengkapi kipas pendingin berukuran 14 cm yang akan mendinginkan secara optimal.

Tidak hanya itu, kipas pendingin produk ini juga beroperasi dengan sangat hening sehingga tidak akan mengganggu konsentrasi Anda saat bekerja. Bila Anda menginginkan stand laptop yang kipasnya tidak hanya mampu mendinginkan, tetapi juga hening saat sedang digunakan, produk ini adalah pilihan terbaik.

5. Digital Bodyguard DTBG Adjustable Laptop Stand

5. Digital Bodyguard DTBG Adjustable Laptop Stand

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 309.000

Cocok dikombinasikan dengan webcam, lho!

Anda akan menemukan hidden file folder pada ujung sebelah kiri atas produk ini. Ketika slot di bagian tersebut Anda lepas, Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan memory card atau untuk memasang webcam. Bila Anda terbiasa menggunakan webcam ketika bekerja, produk ini layak dipertimbangkan.

Kemudian, produk ini juga sudah menyediakan 4 port USB sehingga Anda dapat menyambungkannya ke printer, keyboard, atau mouse eksternal. Selain itu, Anda juga bisa mengubah ketinggian sekaligus sudutnya hingga 7 posisi berbeda dan menggunakannya untuk laptop yang berukuran 14 hingga 19 inci.

4. Nexstand K2 – Laptop Stand

4. Nexstand K2 - Laptop Stand

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 243.000

Menggenggam erat laptop Anda dengan Arc Grips

Bila Anda mencari stand laptop yang mampu menggenggam erat laptop sehingga laptop Anda tidak mudah jatuh, produk ini wajib Anda miliki. Arc Grips pada produk ini secara otomatis menyesuaikan ukurannya dengan bobot dan ketebalan laptop sehingga mampu menggenggam laptop Anda dengan erat.

Bahkan, Nexstand menyatakan bahwa dengan adanya Arc Grips, laptop Anda tidak akan jatuh sekalipun Anda memiringkan produk ini hingga 60°. Produk ini pun semakin praktis Anda gunakan karena ketinggiannya bisa diubah hingga 8 posisi. Selain itu, bobotnya juga sangat ringan, hanya 220 gram saja, lho!

3. Deepcool M-Desk F1 Monitor Stand

3. Deepcool M-Desk F1 Monitor Stand

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 275.000

Desain ramping dan sleek yang menawan

Penggunaan warna putih sebagai warna dominan plus desain minimalis membuat produk ini terlihat sangat sleek. Apalagi, ketika dilipat stand laptop ini menjadi sangat ramping, hanya 24 mm saja! Bila Anda menginginkan stand laptop yang desainnya ramping dengan tampilan sleek, produk ini adalah pilihan terbaik.

Apalagi, produk ini juga cukup fungsional karena Anda bisa mengubah ketinggiannya menjadi 8 cm atau 12 cm serta kompatibel dengan segala merek laptop. Produk ini juga sudah dilengkapi dengan port audio dan 4 port USB sehingga cocok Anda kombinasikan dengan keyboard dan mouse eksternal.

2. Stand Laptop E Table

2. Stand Laptop E Table

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 130.000

Perpaduan space luas plus cooling fan

Ketika Anda menggunakan produk ini, laptop Anda tidak akan kepanasan karena stand laptop ini sudah dilengkapi dengan cooling fan. Kemudian, produk ini juga mudah dilipat dan dibawa kemana pun Anda mau. Dibuat menggunakan material berkualitas, produk ini juga cukup awet untuk Anda gunakan.

Uniknya lagi, stand laptop ini juga dilengkapi dengan space tambahan yang dapat Anda gunakan untuk mouse dan meletakkan minuman atau camilan untuk menemani Anda bekerja. Bila Anda menginginkan stand laptop yang tidak hanya memanjakan laptop, tetapi juga penggunanya, produk ini adalah pilihan tepat.

1. Stand Laptop Multifungsi T8

1. Stand Laptop Multifungsi T8

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 268.000

Pengaturan ketinggian dan kemiringan yang sangat fleksibel

Bila Anda mencari stand laptop yang ketinggian dan kemiringannya bisa diubah sesuka hati, produk inilah jawabannya. Pengaturan ketinggiannya sangat fleksibel, Anda bisa menggunakannya di atas meja kerja Anda atau bahkan menjadikannya meja laptop tersendiri dengan ketinggian mencapai ±60 cm.

Apalagi, Anda bisa dengan mudah menemukan sudut kemiringan yang Anda mau karena Anda bisa mengubah sudut kemiringan produk ini hingga 360°, sangat fleksibel, bukan? Stand laptop ini juga semakin fungsional untuk Anda gunakan dengan adanya kipas pendingin dan space tambahan untuk mouse.

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan stand laptop agar Anda semakin nyaman bekerja menggunakan laptop Anda. Pilihlah produk yang ukurannya sesuai dengan ukuran laptop Anda. Meskipun tidak harus dibuat oleh produsen yang sama, bila Anda menggunakan MacBook, akan lebih baik bila Anda memilih stand laptop khusus MacBook.

Selain itu, Anda juga bisa memilih produk yang dapat diatur ketinggian dan tingkat kemiringannya, atau produk yang dilengkapi port USB. Bila Anda sering bepergian dengan membawa laptop, produk yang ringan dan mudah dibawa tentu akan lebih praktis.