10 Rekomendasi Stand Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Stand Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Stand laptop adalah alat fungsional yang menjaga posisi duduk tetap baik sehingga tubuh tidak lekas pegal. Zaman sekarang, banyak stand laptop yang telah dilengkapi dengan sistem pendingin. Ada pula yang berbentuk portabel dan compact.

Banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda kebingungan saat hendak memilihnya. Agar keputusan mantap saat membeli, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi produk stand laptop terbaik, seperti Deepcool dan Nexstand. Temukanlah stand laptop yang sesuai keinginan Anda!

Daftar isi

Keuntungan memakai stand laptop

Keuntungan memakai stand laptop

Banyak orang yang tertarik untuk membeli stand laptop. Namun, adakah manfaat khusus yang didapatkan dari penggunaan produk tersebut? Sebelum menyuguhkan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda, kami akan jelaskan terlebih dahulu keuntungan menggunakan stand laptop.

Keuntungan paling utama adalah untuk meminimalisir rasa pegal di tubuh, seperti sakit pinggang serta pundak dan leher terasa kaku akibat pemakaian laptop secara terus-menerus. Dengan adanya stand laptop, Anda dapat menyetel sudut kemiringan laptop agar posisi tubuh menjadi benar. Posisi yang baik dan rileks akan membuat tubuh tidak lekas lelah.

Keuntungan lainnya adalah untuk mencegah laptop overheat (panas berlebih). Dengan stand laptop, Anda dapat memberi ruang di bagian bawah laptop untuk sirkulasi udara sehingga performanya tetap optimal.

Cara memilih stand laptop

Di bagian ini kami akan menjelaskan beberapa poin ringkas dalam memilih stand laptop. Jadikan poin berikut sebagai pedoman dalam memilih produk yang sesuai untuk Anda.

Pilih ukuran stand yang sesuai dengan ukuran laptop

Pilih ukuran stand yang sesuai dengan ukuran laptop

Hal terpenting dalam memilih stand laptop adalah memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran laptop Anda. Secara umum, ada tiga jenis ukuran stand laptop, yakni A4 (14-15,6 inci), B5 (11,6-14 inci), dan mobile (kurang dari 11,6 inci). Ukuran stand yang tepat pastinya akan menambah kenyamanan Anda saat menggunakan laptop.

Anda tidak harus menyamakan stand dengan merek laptop. Namun, bila Anda menggunakan laptop merek Apple MacBook, kami sarankan Anda untuk membeli stand yang khusus dibuat untuk merek tersebut. Jadi, laptop MacBook Anda bisa pas diletakkan dan lebih aman digunakan.

Pilih stand yang kemiringan dan ketinggiannya dapat diatur

Pilih stand yang kemiringan dan ketinggiannya dapat diatur

Stand laptop yang tingkat kemiringan dan ketinggiannya tidak dapat disetel membuat posisi duduk tidak nyaman. Hal ini berpotensi menyebabkan tubuh cepat lelah dan pegal, bahkan bisa membuat kepala Anda pusing. Karena itu, kami sarankan Anda memilih stand laptop yang kemiringan dan ketinggiannya bisa diubah.

Tentu akan sulit membayangkan tingkat kemiringan stand jika hanya melihat dari gambar saja. Namun, jika Anda memilih produk yang kemiringannya dapat diatur secara manual, Anda akan semakin mudah menggunakannya. Di dalam kategori stand laptop yang adjustable, terdapat produk yang bisa disetel hanya dengan menekan satu tombol saja. Anda dapat memilih produk demikian bila Anda mengutamakan kemudahan.

Pilih stand yang kompatibel dengan keyboard eksternal

Pilih stand yang kompatibel dengan keyboard eksternal

Di antara salah satu model stand laptop, ada yang dapat digunakan selayaknya PC (personal computer). Model ini memungkinkan Anda untuk meletakkan keyboard eksternal di bawah stand. Hampir semua ukuran keyboard, bahkan yang besar sekalipun dapat masuk di sela stand tersebut. Membawa keyboard eksternal berukuran besar pun tidak akan jadi masalah lagi.

Stand model ini umumnya didesain cukup tinggi atau memiliki sudut kemiringan tinggi. Dengan dua hal tersebut, mata dapat nyaman memandang layar laptop sehingga punggung tidak lagi terlalu pegal.

Pastikan produk tersebut mudah dibawa

Pastikan produk tersebut mudah dibawa

Tidak seperti PC, laptop memang didesain compact dan ringan agar Anda dapat membawanya dengan mudah. Untuk itu, Anda juga harus memilih stand laptop yang ringan dan mudah untuk dibawa ke mana pun.

Anda dapat memilih stand laptop yang tipis atau bisa dilipat agar ukurannya makin compact sehingga tidak menghambat mobilitas. Anda pun bisa membawanya dalam tas tanpa ada kesulitan berarti.

Periksa juga kelengkapan metode pendinginnya 

Periksa juga kelengkapan metode pendinginnya 

Panas memang merupakan musuh terbesar laptop. Saat suhu laptop menjadi panas, maka performa laptop tidak lagi bisa optimal. Laptop terkadang juga akan menutup program dan mati secara otomatis (shutdown) apabila terlalu panas (overheat).

Agar terhindar dari hal tersebut, Anda membutuhkan stand laptop dengan sistem pendingin. Umumnya stand model ini terbuat dari bahan aluminium yang tidak memerangkap panas, berbentuk jaring sebagai ventilasi untuk sirkulasi udara, atau memiliki kipas pendingin. Pilihlah jenis yang Anda sukai di samping mempertimbangkan desain dan kenyamanan penggunaannya.

10 Rekomendasi stand laptop terbaik

Apakah Anda telah memahami cara memilih stand laptop yang kami jelaskan di bagian atas? Nah, di bagian ini, Anda bisa memilih produk favorit dan sesuai dengan ukuran laptop. Selamat memilih!

10. Wood Style Portable Laptop Stand

10. Wood Style Portable Laptop Stand

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 73.500

Desain kayu unik dengan ukuran yang compact

Ketika Anda melipatnya, stand laptop yang satu ini berubah menjadi sangat tipis. Dengan dimensi 23 cm × 25,7 cm, produk ini sangat compact, ringan, dan portabel. Meski ukurannya begitu mini, produk ini cukup kuat digunakan untuk laptop berukuran 11 hingga 17 inci.

Produk ini juga terlihat unik dengan desain kayu yang vintage. Adanya lambang Apple membuat produk ini makin cocok dipasangkan dengan MacBook. Sangat pas bila Anda mencari stand laptop berbentuk kayu unik yang serasi dengan MacBook atau laptop Anda lainnya!

Ukuran atau merek laptop MacBook, 11-17 inci
Pengaturan kemiringan ✔︎
Pengaturan ketinggian ×
Dapat dilipat ✔︎
Metode pendinginan Alas stand berlubang sehingga sirkulasi udara maksimal

9. Autec EZ Laptop Riser

9. Autec EZ Laptop Riser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 64.900

Produk fungsional dengan tiga mode pengaturan sudut kemiringan

Autec EZ Laptop Riser cocok digunakan untuk laptop yang berukuran hingga 17 inci. Adanya rubber pad di permukaan stand akan membuat laptop semakin stabil saat berada di atasnya. Berhubung stand ini dapat dilipat hingga rata, Anda pun bisa dengan mudah memasukkannya ke dalam tas.

Sudut kemiringan stand laptop ini bisa disetel sebanyak tiga tingkat sesuai dengan kenyamanan posisi duduk Anda. Kelebihan tersebut tidak serta-merta membuat harga produk melambung. Sebaliknya, produk ini cocok bila Anda membutuhkan produk fungsional tanpa harus mengeluarkan banyak dana.

Ukuran atau merek laptop 12-17 inci
Pengaturan kemiringan ✔︎ (3 tingkat pengaturan: 15º, 25º, dan 35º)
Pengaturan ketinggian ✔︎
Dapat dilipat ✔︎
Metode pendinginan ×

8. Stand Laptop Kayu Knockdown

8. Stand Laptop Kayu Knockdown

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 95.000

Stand bongkar pasang yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan laptop

Stand laptop berbahan kayu ini tidak hanya ringan, tetapi juga portabel karena mudah untuk dibongkar pasang. Saat diletakkan secara horizontal, pengaitnya akan menopang laptop agar tidak tergelincir. Sementara itu, celah di bagian bawahnya bisa digunakan untuk meletakkan keyboard eksternal.

Bila Anda menginginkan stand yang juga dapat difungsikan sebagai tempat menyimpan laptop, produk ini adalah salah satu opsi terbaiknya. Hal ini disebabkan stand bisa diletakkan secara vertikal pada celah di bagian tengahnya. Anda pun dapat menyimpan laptop dalam posisi tegak lurus.

Ukuran atau merek laptop Berbagai laptop secara umum
Pengaturan kemiringan ×
Pengaturan ketinggian ×
Dapat dilipat ✔︎ (Dapat dibongkar pasang)
Metode pendinginan Tanpa alas, sirkulasi udara lebih maksimal

7. Aluminium Laptop Stand

7. Aluminium Laptop Stand

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 269.990

Anda pemilik Apple MacBook? Pilih produk ini saja!

Jika Anda mencari stand laptop khusus untuk MacBook Anda, produk ini wajib dimasukkan dalam daftar belanja. Sudutnya dapat diatur sehingga membuat Anda semakin nyaman bekerja. Terbuat dari bahan aluminium alloy, produk ini akan awet Anda gunakan dalam jangka waktu lama.

Fitur rubber feet yang terdapat di stand laptop membuat MacBook tetap stabil saat Anda letakkan di atasnya. Selain itu, desain open wedge di bagian bawah stand memungkinkan hawa panas dari laptop bisa keluar dengan sempurna. Dengan demikian, kondisi overheat pun bisa dicegah.

Ukuran atau merek laptop MacBook, 11-15 inci
Pengaturan kemiringan ×
Pengaturan ketinggian ×
Dapat dilipat ×
Metode pendinginan Terbuat dari bahan aluminium

6. ErgoStand Cooling Pad

6. ErgoStand Cooling Pad

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.000

Kipas besarnya menghembuskan hawa dingin dengan hening

Anda bisa mengatur kemiringan produk hingga lima tingkatan untuk kenyamanan penggunaan laptop. Selain itu, stand laptop juga dilengkapi dengan dua port USB. Dengan demikian, Anda pun dapat mengisi daya gadget Anda lainnya sambil menggunakan laptop.

Produk ini juga dilengkapi dengan kipas berukuran besar yang dapat mendinginkan laptop secara optimal. Kipas tersebut juga akan berputar dengan hening sehingga tidak mengganggu konsentrasi Anda. Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang bekerja mengandalkan laptop dan tidak ingin laptop lekas rusak akibat overheat.

Ukuran atau merek laptop 9-17 inci
Pengaturan kemiringan ✔︎ (3-5 tingkat pengaturan)
Pengaturan ketinggian ✔︎
Dapat dilipat ✔︎
Metode pendinginan Alas berlubang dan terdapat kipas

5. DTBG Adjustable Laptop Stand

5. DTBG Adjustable Laptop Stand

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 309.000

Cocok dikombinasikan dengan webcam, lho!

Produk yang satu ini dilengkapi dengan hidden file folder di ujung sebelah kiri atas. Ketika slot di bagian tersebut dilepas, Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan memory card atau untuk memasang webcam. Teruntuk Anda yang suka menggunakan webcam saat bekerja, produk ini layak dipertimbangkan.

Produk ini juga sudah menyediakan 4 port USB sehingga Anda dapat menyambungkannya ke printer, keyboard, atau mouse eksternal. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur sudut ketinggian hingga tujuh posisi berbeda. Pastinya semakin nyaman dan fungsional, bukan?

Ukuran atau merek laptop 14-19 inci
Pengaturan kemiringan ✔︎ (7 tingkat pengaturan)
Pengaturan ketinggian ✔︎
Dapat dilipat ×
Metode pendinginan ×

4. Nexstand K2 Laptop Stand

4. Nexstand K2 Laptop Stand

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 163.400

Fitur Arc Grip-nya genggam erat laptop Anda, tidak perlu khawatir jatuh lagi

Apakah Anda sedang mencari stand laptop yang mampu menggenggam erat laptop agar tidak mudah jatuh? Jika jawabannya ya, produk ini wajib dimiliki. Fitur Arc Grips-nya secara otomatis menyesuaikan ukuran stand dengan bobot dan ketebalan laptop sehingga mampu menggenggam laptop dengan erat.

Nexstand mengeklaim bahwa dengan adanya fitur ini, laptop tidak akan jatuh sekalipun Anda memiringkan produk ini hingga tingkatan yang ekstrem. Produk ini pun praktis untuk Anda bawa dan gunakan karena hanya berbobot 234 gram serta dapat dibongkar pasang.

Ukuran atau merek laptop Berbagai laptop mulai dari ukuran 10 inci
Pengaturan kemiringan ✔︎
Pengaturan ketinggian ✔︎ (8 tingkat pengaturan)
Dapat dilipat ✔︎ (Dapat dibongkar pasang)
Metode pendinginan Tanpa alas, sirkulasi udara lebih maksimal

3. Deepcool M-Desk F1 Monitor Stand

3. Deepcool M-Desk F1 Monitor Stand

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 281.000

Ramping dan sleek sekaligus tetap sangat fungsional!

Warna dominan putih plus desain yang minimalis membuat produk ini terlihat sleek. Apalagi, ketika dilipat stand laptop ini menjadi sangat ramping, hanya 2 cm saja! Bila Anda menginginkan stand laptop dengan desain slim dan tampilan sleek, produk ini adalah pilihan terbaik.

Teknologi yang terintegrasi juga terbilang lengkap, tidak hanya empat USB ports, tetapi juga audio stereo jacks. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau-kalau laptop tidak memiliki cukup port USB atau tidak memiliki lubang audio stereo. Selain itu, Anda pun dapat menaruh keyboard eksternal pada bagian bawah stand ini.

Ukuran atau merek laptop Berbagai laptop secara umum
Pengaturan kemiringan ×
Pengaturan ketinggian ✔︎ (2 tingkat pengaturan)
Dapat dilipat ✔︎
Metode pendinginan ×

2. Meja Laptop Lipat E-Table

2. Meja Laptop Lipat E-Table

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Perpaduan cooling fan plus space luas

Produk rekomendasi kami satu ini telah dilengkapi dengan dua kipas pendingin untuk mencegah laptop Anda overheat. Bobotnya pun tidak sampai 2 kg sehingga terasa ringan saat membawanya. Agar semakin praktis saat dibawa, lipat produk ini menjadi dua bagian.

Permukaan stand yang luas menyisakan banyak tempat untuk meletakkan barang lainnya, seperti mouse, minuman, atau camilan. Bekerja pun akan semakin menyenangkan. Tentunya sangat cocok untuk Anda yang menginginkan stand laptop nyaman untuk memanjakan Anda sebagai penggunanya!

Ukuran atau merek laptop Berbagai laptop secara umum
Pengaturan kemiringan ✔︎
Pengaturan ketinggian ✔︎
Dapat dilipat ✔︎
Metode pendinginan Kipas

1. Stand Laptop Multifungsi T8

1. Stand Laptop Multifungsi T8

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 300.000

Pengaturan ketinggian dan kemiringan yang fleksibel

Pengaturan ketinggian dari produk satu ini sangat fleksibel sehingga Anda bisa menggunakannya di atas meja kerja atau menjadikannya sebagai meja laptop. Karena itu, produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang mencari stand laptop dengan ketinggian dan kemiringan yang bisa diatur sesuka hati.

Tidak hanya itu, produk ini juga memungkinkan Anda menemukan sudut kemiringan sesuai dengan keinginan, bahkan hingga 360°. Stand laptop ini juga semakin fungsional karena telah dilengkapi dengan kipas pendingin serta space tambahan untuk mouse. Keyboard eksternal Anda pun bisa Anda selipkan dengan mudah di bawahnya.

Ukuran atau merek laptop Berbagai laptop secara umum
Pengaturan kemiringan ✔︎
Pengaturan ketinggian ✔︎
Dapat dilipat ✔︎
Metode pendinginan Bahan aluminium, terdapat kipas

Baca juga rekomendasi aksesori laptop lainnya di sini!

Selain stand laptop yang telah kami bahas dalam artikel ini, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli aksesori lainnya agar penggunaan laptop bisa semakin efektif. Ingin tahu lebih lanjut? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Anda dapat menggunakan stand laptop agar semakin nyaman dalam bekerja. Pilihlah produk yang ukurannya sesuai dengan laptop Anda. Meski tidak harus dibuat oleh produsen yang sama, usahakan untuk memilih stand yang hanya khusus dibuat untuk merek laptop Anda.

Anda bisa memilih produk yang dapat diatur ketinggian dan kemiringannya, atau produk yang dilengkapi port USB. Bagi Anda yang sering bepergian dengan membawa laptop, pilihlah produk yang portabel sehingga tidak menghambat mobilitas.