• 10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Alat Cek Gula Darah Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal yang sangat penting. Selain mengecek kadar gula darah di fasilitas kesehatan, Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan alat pengecek gula darah di rumah. 


Nah, melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih alat cek gula darah terbaik. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi alat cek gula darah dari merek yang bagus, seperti EasyTouch, Sinocare, dan Nesco. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Silakan disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.


Saat ini dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Apa itu alat cek gula darah?

Apa itu alat cek gula darah?

Alat cek gula darah atau disebut glucometer merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur kadar gula di dalam darah. Cara kerjanya, darah diambil dari ujung jari dengan menggunakan jarum yang disebut lancet. Lalu, kadar gula darah akan dideteksi oleh sensor yang ada pada strip alat tes gula darah.


Seperti yang sudah diketahui, alat cek gula darah umumnya terdiri dari dua bagian, yaitu detektor dan strip enzimatik. Strip enzimatik berisi enzim yang dikeringkan, nantinya direhidrasi dengan darah pasien sehingga menimbulkan reaksi yang dapat dideteksi oleh detektor. 


Saat strip dimasukkan ke dalam detektor atau glucometer, gula dalam darah akan segera bereaksi. Nah, perlu Anda ketahui juga, jarum dan strip ini bersifat sekali pakai. Jadi, Anda harus segera membuangnya setelah digunakan. Di samping itu, tidak semua strip bisa digunakan untuk glukometer selain strip bawaannya.


Dengan alat cek gula darah, Anda dapat memeriksa dan mengontrol kadar gula darah agar selalu dalam batas normal. Oleh sebab itu, alat ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes dan ibu hamil dengan hiperglikemia. Seseorang disebut hiperglikemia bila kadar gula darahnya tinggi karena insulin terlalu sedikit atau tubuh tidak dapat menggunakannya.


Di samping kadar gula yang tinggi, penderita diabetes juga perlu awas terhadap risiko hipoglikemia (kadar gula darah rendah). Biasanya, risiko hipoglikemia muncul setelah konsumsi obat antidiabetes oral atau insulin. Karena itu, memiliki glucometer pribadi di rumah menjadi sangat penting

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih alat cek gula darah

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, pengecekan gula darah sangat penting dilakukan untuk mewaspadai hiperglikemia. Nah, sebelum kami memberikan rekomendasi produk terbaik, kami ingin membagikan tips memilih alat cek gula darah terlebih dahulu. Simak sampai tuntas, ya!

Ketahui cara penggunaannya

Ketahui cara penggunaannya

Umumnya, penggunaan alat cek gula darah memerlukan sampel darah yang diambil dengan cara menusuk ujung jari menggunakan lancet. Selain banyak pembuluh darah kapiler, aliran darah pada ujung jari mengalir lebih baik sehingga berpotensi menunjukkan hasil yang akurat. 


Namun, meski tidak terlalu sakit, terdapat beberapa orang yang hematophobia atau phobia saat melihat darah. Nah, bagi Anda yang takut dengan darah, Anda bisa memilih alat tes gula darah yang tidak menggunakan jarum atau lancet

Cara kerja alat ini pun biasanya sangat simpel. Anda hanya perlu menempelkan sensor pada bagian belakang lengan. Kemudian, lakukan pemindaian menggunakan alat tes gula darah yang disertakan dalam paket sensor. Sayangnya, harga alat tes gula darah jenis ini cukup mahal sehingga Anda harus menyiapkan budget yang tinggi. 

Periksa kemudahan penggunaan beserta fungsinya

Periksa kemudahan penggunaan beserta fungsinya

Anda mungkin kesulitan memeriksa gula darah saat sedang bekerja atau bepergian. Oleh karena itu, untuk Anda yang bekerja, pilihlah alat yang memiliki waktu pengukuran singkat. Beberapa alat hanya butuh waktu lima detik saja dari mulai pemeriksaan hingga terlihat hasilnya


Di pasaran sendiri, tersedia juga alat tes gula darah yang memiliki banyak fungsi. Sebagai contoh, dalam satu alat glucometer, Anda bisa memeriksa kadar gula darah, kolestrol, dan asam urat. Ada pula glucometer yang memiliki empat hingga enam fungsi sekaligus. 


Namun, makin banyak fungsinya, makin repot pula pengoperasiannya, khususnya bagi para lansia yang tidak familier dengan peralatan canggih. Di sisi lain, glucometer yang memiliki banyak fungsi akan dilengkapi dengan beberapa jenis chip dan strip. Berbeda dengan alat yang memiliki satu fungsi, yaitu untuk mengecek kadar gula darah saja. 

Ketahui volume sampel darah yang dibutuhkan

Ketahui volume sampel darah yang dibutuhkan

Saat Anda ingin mengecek kadar gula darah, Anda harus mengambil sampel darah pada bagian ujung jari. Banyak sedikitnya sampel darah yang diambil biasanya juga memengaruhi hasil pemeriksaan. Namun, setiap alat cek gula darah sudah memiliki standar volume sampel darah yang harus diambil. 


Umumnya, Anda harus menuangkan sebanyak 0,4 hingga 2 mikroliter darah di dalam strip alat cek gula darah. Makin banyak sampel darah yang dibutuhkan, makin kuat pula tekanan yang harus Anda lakukan. Hal ini mungkin saja membuat Anda takut karena bagian ujung jari merasa sakit. Jadi, bila Anda takut dengan hal tersebut, memilih alat cek gula darah yang membutuhkan sedikit sampel darah dapat dijadikan opsi. 

Cek kapasitas penyimpanan datanya

Cek kapasitas penyimpanan datanya

Penyandang diabetes harus mengontrol kadar gula darah dengan ketat sehingga perlu melakukan pengecekan beberapa kali dalam sehari. Bila kondisinya demikian, Anda perlu memilih alat dengan kapasitas penyimpanan data yang memadai. Jadi, Anda dapat melihat kembali hasil pemeriksaan dan mencatatnya kemudian. 


Umumnya, glucometer dapat merekam hasil pemeriksaan dalam rentang waktu 7 sampai 90 hari. Dalam rentang waktu tersebut, rata-rata alat tes gula darah mampu merekam sebanyak 100–500 data. Bahkan, ada juga alat tes gula darah yang dapat melakukan perekaman hingga 5.000 data. Dengan adanya rekaman data tes gula darah tersebut, Anda bisa mengevaluasi kadar gula darah dan gaya hidup Anda.

Cek dimensi layarnya

Cek dimensi layarnya

Jika angka yang tertera pada layar terlihat jelas dan besar, kecil kemungkinan Anda keliru dalam memantau kadar gula darah. Untuk itu, pilihlah alat dengan layar yang mudah dilihat sehingga Anda dapat mengetahui kadar gula darah secara pasti.


Lebih baik lagi bila Anda memilih alat dengan layar yang dapat berubah warna sesuai kadar gula darah. Sebagai contoh, layar akan berubah warna menjadi merah bila Anda hiperglikemia atau hipoglikemia. Fitur tersebut pastinya akan membuat Anda lebih mudah memantau fluktuasi kadar gula darah.


Perlu diperhatikan, beberapa alat cek gula darah eror ketika digunakan jika pasien jarang melakukan kontrol, jarang minum obat, dan banyak keluhan. Akibatnya, alat tersebut mungkin mendeteksi kadar gula darah sangat tinggi (>500 mg/dL). Kemampuan deteksi setiap alat bervariasi, maka Anda perlu memperhatikannya saat membeli alat cek gula darah.

10 Rekomendasi alat cek gula darah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alat cek gula darah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima Dimalouw.

10

The FreeStyle LibreReader & Sensor

Mulai dari Rp 2.245.000,00

Volume sampelTidak dibutuhkan
Area pengambilan sampel darahDaerah belakang lengan bagian atas (menggunakan sensor)
Kemudahan pemakaianTanpa chip, tanpa kode
Tanpa jarum
Penyimpanan dataData hasil pemeriksaan selama 90 hari
Waktu pengecekan1 detik
9

Ascensia Diabetes Care Contour Plus Meter

Mulai dari Rp 376.200,00

Volume sampelTidak disebutkan
Area pengambilan sampel darahUjung jari
Kemudahan pemakaianTanpa kode
Tanpa jarumx
Penyimpanan dataData hasil pemeriksaan selama 7, 14, dan 30 hari
Waktu pengecekan5 detik
8
Volume sampel0,5 mikroliter
Area pengambilan sampel darahUjung jari
Kemudahan pemakaianTanpa chip
Tanpa jarumx
Penyimpanan data5.000 data hasil pemeriksaan
Waktu pengecekan5 detik
7
Volume sampel0,5 mikroliter
Area pengambilan sampel darahUjung jari
Kemudahan pemakaianTanpa kalibrasi, tanpa kode
Tanpa jarumx
Penyimpanan data1.000 data hasil pemeriksaan
Waktu pengecekan5 detik
6

Accupro Indonesia4 in 1 Multi Monitoring Meter

Mulai dari Rp 400.000,00

Volume sampelTidak disebutkan
Area pengambilan sampel darahUjung jari
Kemudahan pemakaianTanpa chip
Tanpa jarumx
Penyimpanan data100 data hasil pemeriksaan gula darah, 100 data hasil pemeriksaan kolesterol, 100 data hasil pemeriksaan asam urat, 100 data hasil pemeriksaan hemoglobin
Waktu pengecekan5 detik
5
Volume sampel1–2 mikroliter
Area pengambilan sampel darahUjung jari
Kemudahan pemakaianTanpa kode, tanpa chip
Tanpa jarumx
Penyimpanan data500 data hasil pemeriksaan, 90 hari
Waktu pengecekan5 detik
4

BenecheckPrime Multi-Monitoring System 3-in-1

Mulai dari Rp 850.000,00

Volume sampel0,7 mikroliter
Area pengambilan sampel darahUjung jari
Kemudahan pemakaianTanpa kode
Tanpa jarumx
Penyimpanan dataTidak disebutkan
Waktu pengecekan5 detik
3
Volume sampel0,4 mikroliter
Area pengambilan sampel darahUjung jari
Kemudahan pemakaianTidak disebutkan
Tanpa jarumx
Penyimpanan data460 data hasil pemeriksaan
Waktu pengecekan10 detik
2
Volume sampel0,6 mikroliter
Area pengambilan sampel darahUjung jari
Kemudahan pemakaianTanpa kode
Tanpa jarumx
Penyimpanan data200 data hasil pemeriksaan selama 7, 14, 28 hari
Waktu pengecekan10 detik
1
Volume sampelTidak disebutkan
Area pengambilan sampel darahUjung jari
Kemudahan pemakaianTidak disebutkan
Tanpa jarumx
Penyimpanan data200 data hasil pemeriksaan gula darah, 50 data hasil pemeriksaan kolesterol, 50 data hasil pemeriksaan asam urat
Waktu pengecekan10 detik

Tabel perbandingan produk alat cek gula darah terbaik

Gambar produk
1
EasyTouch GCU 1

EasyTouch

2
Sinocare Safe Accu 1

Sinocare

3
Nesco Alkes Multicheck GCU 1

Nesco Alkes

4
Benecheck Prime Multi-Monitoring System 3-in-1 1

Benecheck

5
Roche Accu-Check Active Blood Glucose Meter 1

Roche

6
Accupro Indonesia 4 in 1 Multi Monitoring Meter 1

Accupro Indonesia

7
ForaCare Suisse AG FORA 6 Plus 1

ForaCare Suisse AG

8
Elvasense VOICE 1

Elvasense

9
Ascensia Diabetes Care  Contour Plus Meter 1

Ascensia Diabetes Care

10
The FreeStyle Libre Reader & Sensor 1

The FreeStyle Libre

Nama produk

GCU

Safe Accu

Multicheck GCU

Prime Multi-Monitoring System 3-in-1

Accu-Check Active Blood Glucose Meter

4 in 1 Multi Monitoring Meter

FORA 6 Plus

VOICE

Contour Plus Meter

Reader & Sensor

Keunggulan

Cek gula darah, asam urat, dan kolesterol sekaligus

Harganya terjangkau, pengoperasiannya pun simpel

Sampel darah lebih sedikit, kian minim rasa sakit

Simpel dan higienis untuk pemeriksaan 3-in-1

Waktu pengecekan instan, hasilnya pun kilat!

Tampilan elegan dan modern berkat layar LED

Pantau kadar gula darah dan keton sekaligus

Dilengkapi panduan suara, hasil pemeriksaan pun jelas

Hemat biaya strip berkat fitur Second-Chance Sampling

Cek gula darah tanpa sakit berkat aplikator sensor

Harga mulai dariRp 183.000,00Rp 89.800,00Rp 179.500,00Rp 850.000,00Rp 280.000,00Rp 400.000,00Rp 275.000,00Rp 235.000,00Rp 376.200,00Rp 2.245.000,00
Volume sampelTidak disebutkan0,6 mikroliter0,4 mikroliter0,7 mikroliter1–2 mikroliterTidak disebutkan0,5 mikroliter0,5 mikroliterTidak disebutkanTidak dibutuhkan
Area pengambilan sampel darahUjung jariUjung jariUjung jariUjung jariUjung jariUjung jariUjung jariUjung jariUjung jariDaerah belakang lengan bagian atas (menggunakan sensor)
Kemudahan pemakaianTidak disebutkanTanpa kodeTidak disebutkanTanpa kodeTanpa kode, tanpa chipTanpa chipTanpa kalibrasi, tanpa kodeTanpa chipTanpa kodeTanpa chip, tanpa kode
Tanpa jarumxxxxxxxxx
Penyimpanan data200 data hasil pemeriksaan gula darah, 50 data hasil pemeriksaan kolesterol, 50 data hasil pemeriksaan asam urat200 data hasil pemeriksaan selama 7, 14, 28 hari460 data hasil pemeriksaanTidak disebutkan500 data hasil pemeriksaan, 90 hari100 data hasil pemeriksaan gula darah, 100 data hasil pemeriksaan kolesterol, 100 data hasil pemeriksaan asam urat, 100 data hasil pemeriksaan hemoglobin1.000 data hasil pemeriksaan5.000 data hasil pemeriksaanData hasil pemeriksaan selama 7, 14, dan 30 hariData hasil pemeriksaan selama 90 hari
Waktu pengecekan10 detik10 detik10 detik5 detik5 detik5 detik5 detik5 detik5 detik1 detik
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar alat cek gula darah

Pertanyaan umum seputar alat cek gula darah

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan mengulas pertanyaan umum seputar alat cek gula darah. Apabila Anda menggunakan alat cek gula darah, simak jawaban terkait cara perawatan glucometer di bawah ini.

Cara perawatan alat cek gula darah dan penyimpanan strip enzimatik

Ketahui cara perawatan alat detektor dan strip enzimatiknya.

 

  • Alat detektor tidak boleh basah atau lembap. Jika basah, segera keringkan. 
  • Strip enzimatik tidak boleh terpapar suhu ekstrem, misalnya terlalu dingin atau panas. 
  • Strip juga tidak boleh terkena matahari langsung karena paparan sinar matahari dapat merusak protein pada strip.

Baca juga rekomendasi alat cek kesehatan lainnya di sini

Apabila Anda ingin memantau kesehatan secara optimal di rumah, dibutuhkan alat lain selain alat cek gula darah. Beberapa alat yang mungkin Anda butuhkan antara lain tensimeter, termometer, dan pulse oximeter. Anda tertarik untuk memilikinya? Silakan simak rekomendasi di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Tuntas sudah pembahasan kami mengenai alat cek gula darah. Kami juga sudah mengulas beberapa rekomendasi alat cek gula darah 3-in-1 yang bagus. 


Alat yang tidak terlalu menimbulkan rasa sakit sebaiknya dipilih apabila pemeriksaan gula darah dilakukan setiap hari. Selain itu, Anda dapat memilih alat cek gula darah berdasarkan kemudahan penggunaan. Dengan tips dan rekomendasi di atas, kami harap Anda menemukan produk yang tepat. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui bobot tubuh. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang cara memilih timbangan badan digital. Kami juga akan memberi rekomendasi timbangan badan digital yang bagus dan akurat, seperti merek OneMed, GEA, Krisbow, dan Omron. Selamat menemukan timbangan digital terbaik!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Duckbill Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu model masker yang paling banyak dicari saat ini ialah masker duckbill. Masker yang bentuknya menyerupai paruh bebek ini memiliki potongan yang pas di wajah dengan desain yang stylish. Masker ini tersedia dalam beragam pilihan, misalnya masker duckbill hitam, putih, warna-warni, hingga untuk anak-anak dan wanita berhijab.Khusus untuk Anda, kami akan memberikan tips memilih masker duckbill beserta rekomendasi produknya. Selain Sensi, kami juga akan membagikan merek masker duckbill yang bagus, seperti Alkindo, Mouson, dan Careion. Silakan baca review lengkapnya di bawah, ya!
    Alat medis
  • 10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Masker telah menjadi starter pack new normal bagi semua orang. Di antara banyaknya pilihan, masker KF94 adalah salah satu jenis masker yang banyak disukai. Selain karena bentuknya fashionable, model masker Korea ini juga memiliki tingkat filtrasi setinggi 94%. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih masker KF94, baik untuk orang dewasa, wanita berhijab, maupun anak-anak. Anda juga bisa menemukan rekomendasi merek masker KF94 yang bagus, seperti Pokana, Boson, dan Trustmed. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr Afriyani Khusna. Yuk, simak informasinya!
    Alat medis
  • 10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Nebulizer Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Mengonsumsi obat minum tidak selalu dapat menjadi solusi untuk masalah pernapasan. Terkadang, Anda membutuhkan bantuan alat nebulizer. Nebulizer adalah alat yang berfungsi menghantarkan obat dengan cepat ke paru-paru. Ada beberapa tipe nebulizer dari merek populer, seperti Philips, Omron, dan OneMed sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kesesuaian dengan penyakit, harga, sampai kebisingan yang ditimbulkan. Kami akan menunjukkan cara memilih nebulizer yang bagus dan tepat untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Mari simak selengkapnya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Massage Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Massage Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi orang yang sibuk dan tak punya banyak waktu, massage gun adalah benda yang layak untuk dimiliki. Mempunyai bentuk yang tergolong compact, massage gun lebih mudah untuk dibawa-bawa. Berbagai merek, seperti FeiyuTech, Speeds, dan Nagoya Electronics pun berlomba-lomba menjual massage gun terbaiknya. Ada berbagai macam jenis, ukuran, dan model yang ditawarkan.Mungkin Anda akan kebingungan saat menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan mengulas tentang cara memilih dan merekomendasi massage gun yang bagus. Silakan Anda jadikan sebagai referensi dan semoga Anda dapat menemukan massage gun yang cocok!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Kalung Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kalung Kesehatan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kalung kesehatan adalah kalung yang mengandung material tertentu dan diklaim bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Gelombang elektromagnetik yang terpancar dari kalung tersebut dipercaya dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, kalung kesehatan juga bisa dijadikan terapi alternatif untuk membuang racun dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.Kalung kesehatan dari batu germanium, gwisamunsok, tourmaline banyak diminati orang. Bila Anda sedang mencari kalung kesehatan, artikel ini adalah artikel yang tepat. Kami akan membahas kalung kesehatan yang bagus dari berbagai merk, seperti MSI, KK Liforce, Ginsamyong, dan Azhikra. Bacalah ulasan kami dan dapatkan produk terbaik!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Epilator Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Epilator Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Epilator adalah alat untuk menghilangkan bulu. Anda tidak usah repot pergi ke salon kecantikan dan membayar mahal demi menghilangkan bulu yang tidak diinginkan. Epilator yang beredar di pasaran memiliki berbagai model dan merk, seperti Braun, Philips, Lescolton, dan lain sebagainya.Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang dapat membantu Anda menemukan epilator terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan ulasan sepuluh rekomendasi alat epilator yang bagus. Review alat IPL hair removal, misalnya keluaran Xiaomi pun bisa segera Anda baca. Mari simak artikel berikut!
    Alat medis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori