1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, memilih face toner yang tepat sangatlah penting. Di pasaran, terdapat beragam merek face toner, mulai dari yang harganya terjangkau hingga high-end brand. Setiap produk memiliki fungsi tambahan yang berbeda sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih face toner untuk kulit sensitif. Kami pun akan merekomendasikan sepuluh merek face toner yang bagus, seperti KLEVERU, Wardah, dan SOMETHINC. Simak juga komentar tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK.

Diperbaharui 08-31-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia. Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Profil dr. Putu Ayu Elvina
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih face toner untuk kulit sensitif

Face toner yang tepat dapat membantu mengatasi kerusakan sistem pertahanan kulit, khususnya pada kulit sensitif. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memilih!

① Pilih kandungan yang sesuai untuk kulit sensitif

Kulit sensitif terbagi dalam beberapa tipe, yakni kulit sensitif kering, sensitif berminyak, hingga sensitif karena ketidakseimbangan hormon. Karena itu, saat memilih produk skincare untuk kulit sensitif, Anda harus mengetahui tipe kulit sensitif Anda. Berikut ini akan kami jelaskan poin-poin yang perlu dipertimbangkan saat memilih face toner untuk kulit sensitif Anda.

Mengandung bahan pelembap: Untuk kulit sensitif kering

Mengandung bahan pelembap: Untuk kulit sensitif kering
Kulit mengelupas, kemerahan, dan terasa perih saat menggunakan toner adalah masalah yang kerap dialami pemilik tipe kulit sensitif kering. Apabila masalah-masalah tersebut sering terjadi, kulit pun dapat berpotensi menjadi kasar. Sebisa mungkin, pilihlah produk berkandungan bahan pelembap, seperti hyaluronic acid. Kandungan ini dapat menutrisi dan membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Sebelum membeli suatu produk, cobalah terlebih dahulu dengan menggunakannya pada bagian punggung tangan. Lalu, rasakanlah sensasi produk tersebut pada kulit Anda setelah beberapa saat. Pastikan juga untuk memperhatikan kandungan lengkap dari produk tersebut pada bagian kemasannya.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Toner wajah yang baik akan bekerja sesuai dengan fungsi berikut ini:

  • Membersihkan sisa kotoran setelah dibersihkan dengan cleanser atau sabun wajah
  • Mengembalikan pH kulit yang mungkin berubah akibat pembersihan
  • Menghidrasi kulit wajah


Agar mampu menjalankan fungsi hidrasi kulit dengan baik, toner untuk kulit sensitif kering sebaiknya mengandung bahan pelembap (hydrating toner). Beberapa contoh bahan pelembap yang direkomendasikan adalah hyaluronic acid (bisa dalam bentuk garam sodium hyaluronate), Aloe vera, Centella asiatica, serta rose water. Bahan-bahan ini juga dapat dipadukan dengan moisturizer lain seperti ceramide atau gliserin.

Mengandung ceramide: Untuk kulit sensitif berminyak

Mengandung ceramide: Untuk kulit sensitif berminyak
Kulit sensitif berminyak terjadi akibat lapisan bagian dalam kulit yang kering. Akibatnya, kulit bereaksi dengan mengeluarkan banyak sebum ke permukaan untuk menjaga keseimbangan kadar air. Bagi pemilik kulit tipe ini, rasa perih dan jerawat mudah muncul jika produk yang digunakan tidak sesuai jenis kulit.

Tipe kulit ini sebaiknya menggunakan face toner yang mengandung ceramide. Dengan adanya ceramide yang dapat melembapkan hingga ke lapisan dalam, kulit tidak lagi mengeluarkan sebum yang berlebihan


Sebagai tambahan, pilih juga face toner yang berpartikel halus. Partikel yang halus dapat meresap hingga ke bagian dalam kulit sehingga tidak meninggalkan kesan lengket dan menyumbat pori-pori. Pilihlah juga produk yang bisa menyegarkan kulit. Selain itu, hindarilah produk dengan bahan yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Anda bisa memilih produk yang bertuliskan non-comedogenic.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Kulit berminyak memerlukan toner yang mengandung astringent, yaitu bahan pengontrol produksi minyak. Kandungan ini mampu membuat pori tampak lebih kecil, mengurangi inflamasi, dan bersifat antibakteri.


Kulit berminyak sensitif bisa memilih bahan astringent alami non-alkohol seperti witch hazel, green tea, rose water, tea tree oil, dan cucumber. Kandungan tersebut dapat dipadukan dengan salicylic acid dalam konsentrasi rendah untuk membantu eksfoliasi kulit dan mengurangi produksi sebum. Campuran kandungan tersebut bisa bekerja baik terutama pada jenis kulit yang mudah berjerawat.


Toner yang terlalu mengeringkan kulit akan merangsang produksi sebum lebih banyak lagi. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, carilah toner wajah dengan tambahan bahan yang menenangkan sebagai berikut:

  • Aloe vera
  • Chamomile
  • Calendula
  • Oatmeal
  • Panthenol
  • Niacinamide
  • Allantoin

Produk dengan kandungan sederhana: Untuk kulit sensitif akibat ketidakseimbangan hormon

Produk dengan kandungan sederhana: Untuk kulit sensitif akibat ketidakseimbangan hormon

Banyak wanita mengalami kondisi kulit tidak stabil secara periodik, misalnya kulit menjadi lebih sensitif dan berminyak menjelang masa menstruasi. Kulit sensitif akibat ketidakseimbangan hormon mungkin saja membuat kulit terasa perih meski dengan skincare yang biasa Anda pakai.


Jika kondisi kulit sedang buruk, sebaiknya gunakan produk dengan kandungan lebih sederhana untuk menetralkan kondisi kulit. Dengan kandungan yang lebih sederhana, Anda bisa mengurangi kemungkinan kerusakan pada kulit.


Saat kulit menjadi sensitif, hindarilah bahan dengan fungsi peeling atau anti-aging, seperti retinol, untuk mengurangi risiko iritasi. Jika benar-benar ingin menggunakan face toner dengan fungsi tersebut, sebaiknya beli ukuran kecil terlebih dahulu untuk melihat efeknya.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Secara umum wanita lebih berisiko mengalami kulit sensitif karena adanya fluktuasi hormonal yang mempengaruhi tingkat hidrasi kulit. Bahan toner yang bersifat soothing dan hydrating dapat mengurangi sensitivitas tersebut.

② Pastikan kandungannya tidak memicu iritasi

Hal yang paling penting dalam perawatan kulit sensitif adalah menjaga lapisan terluar kulit tetap lembap. Saat fungsi lapisan tersebut menurun, Anda tidak bisa menggunakan face toner biasa. Kami menyarankan Anda menggunakan produk dengan kandungan hypoallergenic khusus untuk kulit sensitif dibandingkan produk biasa.

Produk yang ideal untuk kulit sensitif: Sebaiknya tanpa pewangi, alkohol, atau paraben

Produk yang ideal untuk kulit sensitif: Sebaiknya tanpa pewangi, alkohol, atau paraben
Kulit sensitif mudah mengalami peradangan meski hanya terkena stimulasi yang ringan, misalnya saat terkena rambut atau serat tertentu. Karena itu, pilih face toner yang mengandung sesedikit mungkin zat aditif, seperti pewangi, paraben, atau alkohol.

Lebih baik lagi, jika Anda memilih produk yang tidak mengandung mineral oil dan surfaktan. Produk paling ideal untuk kulit sensitif adalah yang kaya akan kandungan petrolatum, ceramide, dan memiliki pH rendah.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Kulit yang sensitif mengalami kerusakan pada barier kulit sehingga air mudah keluar. Di saat bersamaan, bahan kimia juga mudah terserap terlalu dalam sehingga menyebabkan timbulnya iritasi pada kulit. Karena itu, Anda dengan jenis kulit sensitif sebaiknya menghindari zat aditif yang tidak diperlukan serta bahan dengan konsentrasi yang terlalu tinggi. Contoh bahan tersebut adalah bahan pengering atau eksfolian yang kuat.

Produk berlabel bahan alami: Tetap perlu dilakukan uji alergi terlebih dahulu

Produk berlabel bahan alami: Tetap perlu dilakukan uji alergi terlebih dahulu

Jangan menganggap bahwa semua produk yang memiliki label “bahan alami” atau “organik” selalu aman bagi kulit sensitif Anda. Beberapa bahan alami mungkin saja dapat memicu iritasi dan tidak cocok bagi sebagian orang.


Sebagai contoh, ada beberapa kandungan minyak awalnya terasa baik. Akan tetapi, ketika terakumulasi dengan zat lainnya di kulit akan mengakibatkan iritasi. Sebelum memakai face toner yang belum pernah dipakai, lebih baik uji coba terlebih dahulu pada kulit lengan bagian dalam. Hal ini berguna untuk melihat ada atau tidaknya reaksi iritasi pada kulit Anda.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Mendapatkan produk skincare yang paling tepat tidak semudah membaca komposisi label dan mencocokkannya di internet. Sering kali Anda perlu mencobanya terlebih dahulu sebelum menentukan kecocokannya. Saat Anda baru mencoba suatu produk, jangan langsung mengoleskannya ke seluruh wajah. Cobalah produk pada lengan bagian dalam, kemudian secara bertahap diperkenalkan ke bagian wajah.

10 Rekomendasi face toner terbaik untuk kulit sensitif

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk face toner terbaik untuk kulit sensitif yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wardah

Lightening Face Toner

Wardah Lightening Face Toner 1枚目

Produk ekonomis yang halal dan mampu menjaga keseimbangan pH kulit wajah

2

Hatomugi Skin Conditioner

 Hatomugi Skin Conditioner 1枚目

Isinya superbanyak, bisa digunakan untuk waktu lama

3

Benton

Aloe BHA Skin Toner

Benton  Aloe BHA Skin Toner 1枚目

Memberi kelembapan ekstra sekaligus membersihkan kulit mati dan mencegah jerawat muncul!

4

SOMETHINC

Calm Down! PHA 3% Soothing Everyday Toner

SOMETHINC Calm Down! PHA 3% Soothing Everyday Toner 1枚目

Bisa digunakan oleh anak Anda yang mulai beranjak remaja

5

KLEVERU

Sea Buckthorn Essence Toner

KLEVERU  Sea Buckthorn Essence Toner  1枚目

Kandungan 11 bahan premium yang hadir dalam perpaduan essense dan toner

6

Dear, Klairs

Supple Preparation Unscented Toner

Dear, Klairs Supple Preparation Unscented Toner 1枚目

No fragrance, ramah untuk kulit atau penciuman sensitif Anda

7

ElshéSkin

Soothing Skin Toner

ElshéSkin  Soothing Skin Toner 1枚目

Kulit sensitif aman berkat formula anti-iritasi dan anti-inflamasi

8

COSRX

Centella Water Alcohol-Free Toner

COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner 1枚目

Redakan iritasi dan inflamasi dengan spray toner berbahan daun pegagan

9

Kiehl’s

Calendula Toner

Kiehl’s  Calendula Toner 1枚目

Face toner nonalkohol yang ampuh merawat kulit bermasalah

10

Sensatia Botanicals

Neroli Blossom Facial Toner

Sensatia Botanicals Neroli Blossom Facial Toner 1枚目

Kurangi kerusakan kulit sensitif Anda dengan kandungan kelopak mawar

Perincian produk
Close
No.1

WardahLightening Face Toner

Mulai dari Rp25.000,00

Produk ekonomis yang halal dan mampu menjaga keseimbangan pH kulit wajah

Kelebihan:

  • Mengandung formula pH balance yang dapat mengembalikan keseimbangan pH alami kulit

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan aroma parfum terasa menyengat

Wardah terkenal sebagai brand lokal dengan produk-produknya yang halal dan aman. Kali ini, Wardah mengeluarkan face toner dengan formula pH balance dan nonalkohol sehingga penggunaannya aman pada kulit sensitif. Keseimbangan pH membuat kulit tetap sehat dan terjaga kelembapannya.


Menariknya lagi, produk ini juga mengandung ekstrak lidah buaya yang baik untuk semua jenis kulit. Harganya yang terjangkau juga menjadi nilai tambah toner yang satu ini. Produk ini adalah pilihan tepat jika Anda mencari toner bebas alkohol yang mampu menjaga keseimbangan kadar pH kulit.

No.2

Hatomugi Skin Conditioner

Mulai dari Rp115.000,00

Isinya superbanyak, bisa digunakan untuk waktu lama

Kelebihan:
  • Isinya banyak, awet digunakan

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan muncul jerawat cukup besar setelah digunakan

Apakah sedang mencari toner untuk melembapkan kulit dengan isi yang superbanyak? Kalau begitu, pilih saja produk ini. Dengan isi yang melimpah, Anda pun tidak perlu sering-sering membeli toner.


Formula Hatomugi Skin Conditioner cepat meresap sampai ke lapisan dalam kulit sehingga tidak menimbulkan rasa lengket. Anda pun bisa memindahkannya ke dalam botol spray kecil untuk dijadikan face mist. Hemat dan praktis!

No.3

Benton Aloe BHA Skin Toner

Mulai dari Rp260.000,00

Memberi kelembapan ekstra sekaligus membersihkan kulit mati dan mencegah jerawat muncul!

Kelebihan:
  • Wajah terasa sejuk setelah digunakan

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengalami breakout setelah menggunakannya

Ini dia face toner yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan kulit sensitif, kering, kasar, dan kusam Anda. Selain Aloe vera yang melembapkan, toner ini juga mengandung BHA yang ampuh mengangkat sel-sel kulit mati.


Sebagai tambahan, ada kandungan snail secretion filtrate yang dapat memberikan nutrisi serta kelembapan ekstra pada kulit. Alhasil, kulit pun terasa lebih halus dan tidak mudah mengalami iritasi.

No.4

SOMETHINCCalm Down! PHA 3% Soothing Everyday Toner

Mulai dari Rp59.000,00

Bisa digunakan oleh anak Anda yang mulai beranjak remaja

Kelebihan:

  • Bisa digunakan oleh anak mulai usia 11 tahun

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen merasa kulit menjadi kering

Salah satu cara menggunakan toner adalah dengan teknik Chizu Saeki Method (CSM). Anda bisa memilih produk dari SOMETHINC ini dan mengaplikasikannya dengan metode CSM. Hebatnya lagi, di dalam produk ini juga terkandung buah cherimoya dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk melawan radikal bebas. Ditambah lagi, anak remaja Anda juga bisa ikut menggunakan produk ini, lho!

No.5

KLEVERU Sea Buckthorn Essence Toner

Mulai dari Rp155.400,00

Kandungan 11 bahan premium yang hadir dalam perpaduan essense dan toner

Kelebihan:

  • Tidak membuat kulit terasa tertarik
  • Membantu menenangkan jerawat yang meradang

Kekurangan:

  • Menyisakan sedikit rasa lengket di kulit setelah digunakan

Untuk para bumil dan busui yang sedang mencari produk dengan kandungan aman untuk kulit sensitif, produk ini layak dipertimbangkan. KLEVERU menghadirkan produk yang berbentuk perpaduan essense dan toner sehingga memudahkan saat digunakan. Menariknya lagi, produk ini mengandung sebelas bahan premium yang siap untuk melembapkan, melembutkan, dan mencerahkan kulit wajah Anda.

No.6

Dear, KlairsSupple Preparation Unscented Toner180 ml

Mulai dari Rp315.500,00

No fragrance, ramah untuk kulit atau penciuman sensitif Anda

Kelebihan:
  • Tidak mengandung parfum dan essential oil

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan setalah digunakan muncul beruntusan

Bagi Anda yang sensitif atau tidak menyukai aroma dari produk skincare, produk ini pasti pas untuk dimiliki. Berkat formula unscented alias tanpa pewangi, Anda dapat menggunakan face toner tanpa perlu terganggu dengan aromanya.


Adanya berbagai ekstrak tumbuh-tumbuhan pada produk ini mampu menenangkan semua jenis kulit tanpa menyebabkan iritasi. Dikombinasikan dengan hyaluronic acid dan Centella asiatica, toner ini pun siap menghidrasi sekaligus melembutkan kulit Anda.

No.7

ElshéSkin Soothing Skin Toner

Mulai dari Rp65.000,00

Kulit sensitif aman berkat formula anti-iritasi dan anti-inflamasi

Kelebihan:
  • Membantu mengurangi komedo

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengalami munculnya jerawat dan beruntusan

Produk lokal yang satu ini bisa Anda jadikan alternatif saat mencari face toner untuk kulit sensitif. Pasalnya, kandungan di dalam produk ini dilengkapi dengan formula anti-iritasi dan anti-inflamasi sehingga kulit sensitif pun aman. Selain itu, toner ini juga dapat membantu mengangkat sisa kotoran dan debu setelah seharian beraktivitas.

No.8

COSRXCentella Water Alcohol-Free Toner

Mulai dari Rp210.000,00

Redakan iritasi dan inflamasi dengan spray toner berbahan daun pegagan

Kelebihan:
  • Kombinasi air mineral dari Jeju dan ekstrak pegagan ampuh tenangkan kulit sensitif

Kekurangan:

  • Tidak tersedia ukuran lain


Toner dengan ekstrak daun pegagan ini didesain khusus untuk menenangkan kulit Anda yang sedang iritasi dan mengalami inflamasi. Ditambah lagi, kandungan mineral water dari pulau Jeju di Korea kaya vitamin dan mineral yang meningkatkan kondisi kesehatan kulit.


Selain itu, produk ini menggunakan sistem spray yang membuat cairan toner tersebar merata dan antitumpah. Anda bisa menggunakannya dengan kapas atau disemprot langsung ke wajah untuk memperoleh kesegaran instan.

No.9

Kiehl’s Calendula Toner

Mulai dari Rp250.000,00

Face toner nonalkohol yang ampuh merawat kulit bermasalah

Kelebihan:
  • Tersedia dalam berbagai pilihan ukuran

Kekurangan:

  • Setelah digunakan kulit terasa kering menurut beberapa konsumen


Face toner dari Kiehl’s ini mengandung ekstrak kelopak bunga calendula yang berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk menenangkan kulit Anda. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan burdock root yang mampu menjaga kelembapan kulit dan mengontrol sebum berlebih.


Dengan kandungan ekstrak herbal pilihan, produk ini juga ampuh merawat kulit Anda yang sedang bermasalah. Apabila Anda sedang mencari toner bebas alkohol untuk mengurangi minyak, merawat kulit bermasalah, sekaligus membersihkan wajah, inilah pilihannya.
No.10

Sensatia BotanicalsNeroli Blossom Facial Toner

Mulai dari Rp160.000,00

Kurangi kerusakan kulit sensitif Anda dengan kandungan kelopak mawar

Kelebihan:

  • Aroma jeruknya terasa menyegarkan dan meningkatkan semangat

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu pilihan ukuran saja

Kami merekomendasikan produk ini untuk para bumil dengan masalah kulit sensitif. Kandungan ekstrak kelopak mawar dalam produk ini dapat membantu mengurangi kerusakan kulit dan baik untuk kulit sensitif Anda. Di samping itu, terdapat juga ekstrak bunga neroli yang akan membantu pertumbuhan sel kulit menjadi lebih sehat.

Tips penggunaan face toner yang efektif untuk untuk kulit sensitif

Kulit yang sensitif mungkin membuat Anda ingin melakukan perawatan yang lebih supaya kondisi kulit membaik. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam penggunaannya supaya tidak salah langkah. Berikut ini kami akan mengulas cara penggunaan face toner yang benar dan hal-hal yang perlu Anda hindari.

Gunakanlah masker kapas dengan waktu yang singkat

Gunakanlah masker kapas dengan waktu yang singkat
Saat kulit sedang sensitif, sebaiknya jangan melakukan pijatan perawatan kulit pada wajah. Hal ini karena gesekan yang terjadi malah akan memperburuk kondisi kulit sensitif Anda.

Sebagai gantinya, gunakanlah masker kapas yang telah dibasahi dengan face toner sesuai tipe kulit Anda. Lalu, tempelkan di wajah selama kurang lebih tiga menit. Jangan gunakan masker terlalu lama karena kapas akan menyerap kelembapan alami kulit.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Anda juga bisa meneteskan beberapa tetes toner ke kapas atau telapak tangan, lalu menepuk-nepuknya dengan ringan pada area wajah.

Pakailah produk yang berbeda sesuai dengan kondisi bagian kulit tertentu

Pakailah produk yang berbeda sesuai dengan kondisi bagian kulit tertentu
Kondisi kulit yang sensitif belum tentu sama di seluruh bagian. Misalnya, jika kulit Anda sensitif dan berminyak di T-zone, lalu sensitif dan kering di area pipi, gunakanlah dua toner berbeda.

Untuk bagian T-zone, pakailah face toner yang ringan, tetapi tetap melembapkan. Sementara, di area pipi dan area mulut yang kering, gunakan face toner yang memberi efek melembapkan lebih kuat. Membagi produk sesuai dengan kondisi bagian kulit tertentu lebih tepat guna dan efektif.


Saat Anda mengalami kulit sensitif, jangan hanya memilih face toner yang diklaim baik untuk kulit sensitif. Pilihlah face toner dengan kandungan yang sudah terbukti cocok di kulit Anda dari waktu ke waktu.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Segera hentikan penggunaan produk yang menyebabkan kulit terasa tidak nyaman. Tanda-tanda kulit tidak nyaman adalah terasa tertarik, memerah, pedih, bahkan breakout. Toner wajah yang sesuai akan mengondisikan wajah menjadi lebih baik dan mengurangi permasalahan sensitivitas.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Penanganan kulit sensitif yang utama adalah menemukan sumber pemicunya dan sebisa mungkin menghindari hal tersebut. Beberapa sumber pemicu iritasi adalah penggunaan bahan iritan atau treatment wajah yang berlebihan. Pemicu iritasi kulit lainnya adalah faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari dan angin yang berlebihan, atau suhu yang ekstrem.

Baca juga rekomendasi kosmetik dan perawatan wajah untuk kulit sensitif di sini

Tidak hanya face toner, Anda juga perlu memperhatikan rangkaian produk kecantikan lainnya yang tepat untuk kulit sensitif. Dengan pemilihan produk yang sesuai, Anda bisa merawat kulit dengan nyaman tanpa membebaninya. Cek tautan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk kulit sensitif Anda? Pilihlah produk dengan komposisi yang sesuai jenis kulit dan hindari kandungan yang memicu iritasi supaya kondisi kulit tidak memburuk.


Dibandingkan melakukan pijatan pada kulit, lebih baik gunakan masker kapas yang telah dibasahi dengan face toner ke wajah Anda. Kami harap artikel ini dapat membantu dan menjadi referensi Anda dalam memilih toner untuk kulit sensitif!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer