• 10 Rekomendasi Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Face Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, memilih face toner yang tepat sangatlah penting. Di pasaran, terdapat beragam merek face toner, mulai dari yang harganya terjangkau hingga high-end brand. Setiap produk memiliki fungsi tambahan yang berbeda sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih face toner untuk kulit sensitif. Kami pun akan merekomendasikan sepuluh merek face toner yang bagus, seperti Hada Labo, Klairs, dan SK II. Simak juga komentar tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
  • Pembaharuan terakhir: 06 Agustus 2021
  • 319.057 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.


Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih face toner untuk kulit sensitif

Face toner yang tepat dapat membantu mengatasi kerusakan sistem pertahanan kulit, khususnya pada kulit sensitif. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memilih!

Pilih kandungan yang sesuai dengan kulit sensitif

Kulit sensitif terbagi dalam beberapa tipe, ada kulit sensitif kering, sensitif berminyak, hingga sensitif karena ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, saat memilih produk skincare untuk kulit sensitif, Anda harus mengetahui tipe kulit sensitif Anda. Berikut akan kami jelaskan poin-poin yang perlu dipertimbangkan saat memilih face toner untuk kulit sensitif sesuai dengan keluhan kulit Anda.

Untuk kulit sensitif kering, pilih face toner dengan bahan pelembap

Untuk kulit sensitif kering, pilih face toner dengan bahan pelembap
Kulit mengelupas, kemerahan, dan terasa perih saat menggunakan toner adalah masalah yang kerap dialami pemilik tipe kulit sensitif kering. Apabila masalah-masalah tersebut sering terjadi, kulit pun dapat berpotensi menjadi kasar. 

Sebisa mungkin, pilihlah produk dengan kandungan bahan pelembap seperti ceramide yang dapat menutrisi dan membantu mempertahankan kelembapan kulit. Ceramide dapat meningkatkan kadar air yang disimpan oleh kulit sehingga kulit menjadi tidak mudah kering. Selain itu, bahan pada face toner yang tidak kalah baiknya dengan ceramide dalam hal melembapkan kulit adalah hyaluronic acid


Sebelum membeli suatu produk, cobalah testernya dahulu dengan menggunakannya pada bagian punggung tangan. Lalu, rasakanlah sensasi produk tersebut pada kulit Anda setelah beberapa saat. Pastikan juga untuk memperhatikan kandungan lengkap dari produk tersebut pada bagian kemasannya. 

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Toner wajah yang baik akan bekerja sesuai dengan fungsi berikut ini:

  • Membersihkan sisa kotoran setelah dibersihkan dengan cleanser atau sabun wajah
  • Mengembalikan pH kulit yang mungkin berubah akibat pembersihan
  • Menghidrasi kulit wajah


Agar mampu menjalankan fungsi hidrasi kulit dengan baik, toner untuk kulit sensitif kering sebaiknya mengandung bahan pelembap (hydrating toner). Beberapa contoh bahan pelembap yang direkomendasikan adalah hyaluronic acid (bisa dalam bentuk garam sodium hyaluronate), Aloe vera, Centella asiatica, serta rose water. Bahan-bahan ini juga dapat dipadukan dengan moisturizer lain seperti ceramide atau gliserin.

Untuk kulit sensitif berminyak, pilih yang mengandung ceramide dan tidak menyumbat pori-pori kulit

Untuk kulit sensitif berminyak, pilih yang mengandung ceramide dan tidak menyumbat pori-pori kulit
Kulit sensitif berminyak terjadi akibat lapisan bagian dalam kulit yang kering. Akibatnya, kulit bereaksi dengan mengeluarkan banyak sebum ke permukaan untuk menjaga keseimbangan kadar air. Bagi pemilik kulit sensitif serta berminyak, rasa perih dan jerawat mudah muncul jika produk yang digunakan tidak sesuai jenis kulit.

Tipe kulit ini sebaiknya menggunakan face toner yang mengandung ceramide. Dengan adanya ceramide yang dapat melembapkan hingga ke lapisan dalam, kulit tidak lagi mengeluarkan sebum yang berlebihan. 


Sebagai tambahan, pilih juga face toner yang berpartikel halus. Partikel yang halus dapat meresap hingga ke bagian dalam kulit sehingga tidak meninggalkan kesan lengket dan menyumbat pori-pori. Pilihlah juga produk yang bisa menyegarkan kulit. Selain itu, hindarilah produk dengan bahan yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Anda bisa memilih produk yang bertuliskan non-comedogenic.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Kulit berminyak memerlukan toner yang mengandung astringent, yaitu bahan pengontrol produksi minyak. Kandungan ini mampu membuat pori tampak lebih kecil, mengurangi inflamasi, dan bersifat antibakteri.


Kulit berminyak sensitif bisa memilih bahan astringent alami non-alkohol seperti witch hazel, green tea, rose water, tea tree oil, dan cucumber. Kandungan tersebut dapat dipadukan dengan salicylic acid dalam konsentrasi rendah untuk membantu eksfoliasi kulit dan mengurangi produksi sebum. Campuran kandungan tersebut bisa bekerja baik terutama pada jenis kulit yang mudah berjerawat.


Toner yang terlalu mengeringkan kulit akan merangsang produksi sebum lebih banyak lagi. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, carilah toner wajah dengan tambahan bahan yang menenangkan sebagai berikut:

  • Aloe vera
  • Chamomile
  • Calendula
  • Oatmeal
  • Panthenol
  • Niacinamide
  • Allantoin  

Untuk kulit sensitif akibat ketidakseimbangan hormon, pilih produk dengan kandungan sederhana

Untuk kulit sensitif akibat ketidakseimbangan hormon, pilih produk dengan kandungan sederhana

Banyak wanita yang mengalami kondisi kulit tidak stabil secara periodik, misalnya kulit menjadi lebih sensitif dan berminyak menjelang masa menstruasi. Kulit sensitif akibat ketidakseimbangan hormon mungkin saja membuat kulit terasa perih meskipun dengan skincare yang biasa Anda pakai. 


Jika kondisi kulit sedang buruk, sebaiknya gunakan produk dengan kandungan lebih sederhana untuk menetralkan kondisi kulit. Dengan kandungan yang lebih sederhana, Anda bisa mengurangi kemungkinan kerusakan pada kulit. 


Saat kulit menjadi sensitif akibat ketidakseimbangan hormon, hindarilah bahan dengan fungsi peeling atau anti-aging, seperti retinol, untuk mengurangi risiko iritasi. Jika benar-benar ingin menggunakan face toner dengan fungsi tersebut, sebaiknya beli ukuran kecil atau testernya terlebih dahulu untuk melihat efeknya. 

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Secara umum wanita lebih berisiko mengalami kulit sensitif karena adanya fluktuasi hormonal yang mempengaruhi tingkat hidrasi kulit. Bahan toner yang bersifat soothing dan hydrating dapat mengurangi sensitivitas tersebut.

Pilih kandungan yang tidak memicu iritasi

Hal yang paling penting dalam perawatan kulit sensitif adalah menjaga lapisan terluar kulit tetap lembap. Saat fungsi lapisan tersebut menurun, Anda tidak bisa menggunakan face toner biasa. Kami menyarankan Anda menggunakan produk dengan kandungan hypoallergenic khusus untuk kulit sensitif dibandingkan produk biasa.

Hindari zat aditif seperti pewangi, pewarna, alkohol, dan surfaktan

Hindari zat aditif seperti pewangi, pewarna, alkohol, dan surfaktan
Kulit sensitif mudah mengalami peradangan meski hanya terkena stimulasi yang ringan, misalnya saat terkena rambut atau serat tertentu. Karena itu, pilih face toner yang mengandung sesedikit mungkin zat aditif, seperti pewangi, pewarna, atau alkohol. 

Lebih baik lagi, jika Anda memilih produk yang tidak mengandung mineral oil dan surfaktan. Produk paling ideal untuk kulit sensitif adalah yang kaya akan kandungan petrolatum, ceramide, dan memiliki pH rendah.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Kulit yang sensitif mengalami kerusakan pada barier kulit sehingga air mudah keluar. Di saat bersamaan, bahan kimia juga mudah terserap terlalu dalam sehingga menyebabkan timbulnya iritasi pada kulit. Karena itu, Anda dengan jenis kulit sensitif sebaiknya menghindari zat aditif yang tidak diperlukan serta bahan dengan konsentrasi yang terlalu tinggi. Contoh bahan tersebut adalah bahan pengering atau eksfolian yang kuat.

Perhatikan produk yang berlabel “bahan alami” dengan cermat

Perhatikan produk yang berlabel “bahan alami” dengan cermat

Jangan menganggap bahwa semua produk yang memiliki label “bahan alami” atau “organik” selalu aman bagi kulit sensitif Anda. Beberapa bahan alami mungkin saja dapat memicu iritasi dan tidak cocok bagi sebagian orang.


Sebagai contoh, ada beberapa kandungan minyak awalnya terasa baik, tetapi ketika terakumulasi dengan zat lainnya di kulit akan mengakibatkan iritasi. Sebelum memakai face toner yang belum pernah dipakai sebelumnya, lebih baik uji coba terlebih dahulu pada kulit lengan bagian dalam. Hal ini berguna untuk melihat ada atau tidaknya reaksi iritasi pada kulit Anda.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Mendapatkan produk skincare yang paling tepat tidak semudah membaca komposisi label dan mencocokkannya di internet. Sering kali Anda perlu mencobanya terlebih dahulu sebelum menentukan kecocokannya. Saat Anda baru mencoba suatu produk, jangan langsung mengoleskannya ke seluruh wajah. Cobalah produk pada lengan bagian dalam, kemudian secara bertahap diperkenalkan ke bagian wajah.

10 Rekomendasi face toner terbaik untuk kulit sensitif

Sekarang, kami akan merekomendasikan sepuluh face toner terbaik untuk kulit sensitif Anda. Produk-produk berikut merupakan hasil pilihan mybest dan tidak ada hubungannya dengan pakar pada artikel ini. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan temukan produk yang sesuai dengan tipe kulit sensitif Anda!

10

Wardah Nature Daily Seaweed Balancing Toner

Mulai dari Rp 20.400,00

KandunganAqua, propanediol, PEG-40 hydrogenated castor oil, glycerin, ulva lactuca extract, chamomilla recutita (matricaria) flower extract, dll
Isi150 ml
9
KandunganWater, butylene glycol, glycerin, coix seed extract, dll
Isi500 ml
8

COSRXCentella Water Alcohol-Free Toner

Mulai dari Rp 140.000,00

KandunganWater, centella asiatica leaf water, butylene glycol , 1,2-hexanediol, panthenol, allantoin, sodium hyaluronate
Isi150 ml
7

ROHTO Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Mulai dari Rp 38.000,00

KandunganAqua (water), glycerin, sodium hyaluronate, hydrolyzed hyaluronic acid, sodium acetylated hyaluronate, dll
Isi100 ml
6

The Body Shop Aloe Calming Toner

SKU102610012

Mulai dari Rp 189.000,00

KandunganAqua, pentylene glycol, glycerin, propanediol, aloe barbadensis leaf juice powder, dll
Isi250 ml
5
KandunganAloe barbadensis leaf water, aqua (water), glycerin, 1,2-hexanediol, sodium hyaluronate, snail secretion filtrate, pentylene glycol, dll
Isi200 ml
4

Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Mulai dari Rp 595.000,00

KandunganWater, pentylene glycol, arctium lappa extract/arctium lappa root extract, calendula officinalis flower extract, allantoin, dll
Isi125 ml, 250 ml, 500 ml
3

Procter & GambleSK-II Facial Treatment Clear Lotion

Mulai dari Rp 830.000,00

KandunganWater, galactomyces ferment filtrate (pitera), butylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, salicylic acid
Isi160 ml, 230 ml
2

KlairsSupple Preparation Unscented Toner

Mulai dari Rp 310.000,00

KandunganWater, butylene glycol, sodium hyaluronate, centella asiatica extract, glycyrrhiza glabra (licorice) root extract, panthenol, dll
Isi180 ml
1
KandunganWater, oryza sativa (rice) bran extract, sodium hyaluronate, tamarindus indica seed extract, honey extract, pentylene glycol, dll
Isi20 ml

Tabel perbandingan produk face toner terbaik untuk kulit sensitif

Gambar produk
1
Juara Tamarind Tea Hydrating Toner 1

Juara

2
Klairs Supple Preparation Unscented Toner 1

Klairs

3
Procter & Gamble SK-II Facial Treatment Clear Lotion 1

Procter & Gamble

4
Kiehl’s  Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner 1

Kiehl’s

5
Benton  Aloe BHA Skin Toner 1

Benton

6
The Body Shop  Aloe Calming Toner 1

The Body Shop

7
ROHTO  Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion 1

ROHTO

8
COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner 1

COSRX

9
Imju Naturie Hatomugi Skin Conditioner 1

Imju

10
Wardah  Nature Daily Seaweed Balancing Toner  1

Wardah

Nama produk

Tamarind Tea Hydrating Toner

Supple Preparation Unscented Toner

SK-II Facial Treatment Clear Lotion

Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Aloe BHA Skin Toner

Aloe Calming Toner

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Centella Water Alcohol-Free Toner

Naturie Hatomugi Skin Conditioner

Nature Daily Seaweed Balancing Toner

Keunggulan

Cegah kemerahan dan iritasi pada kulit supersensitif dengan tambahan antioksidan

No fragrance, ramah untuk kulit maupun penciuman sensitif Anda

Rasakan kulit wajah yang kenyal dan cerah seketika!

Face toner tanpa alkohol yang ampuh merawat kulit bermasalah serta kurangi minyak berlebih

Memberi kelembapan ekstra sekaligus membersihkan kulit mati dan mencegah jerawat muncul!

Formulanya sederhana, efektif menenangkan kulit yang sedang “rewel”

Perpaduan tiga jenis hyaluronic acid untuk hasilkan kulit yang lembut, mulus, dan kenyal

Redakan iritasi dan inflamasi dengan spray toner berbahan daun pegagan

Isinya superbanyak dan dapat digunakan untuk seluruh tubuh

Produk ekonomis yang halal dan mampu menjaga keseimbangan pH kulit wajah

Harga mulai dariRp 215.000,00Rp 310.000,00Rp 830.000,00Rp 595.000,00Rp 260.000,00Rp 189.000,00Rp 38.000,00Rp 140.000,00Rp 93.000,00Rp 20.400,00
KandunganWater, oryza sativa (rice) bran extract, sodium hyaluronate, tamarindus indica seed extract, honey extract, pentylene glycol, dllWater, butylene glycol, sodium hyaluronate, centella asiatica extract, glycyrrhiza glabra (licorice) root extract, panthenol, dllWater, galactomyces ferment filtrate (pitera), butylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, salicylic acidWater, pentylene glycol, arctium lappa extract/arctium lappa root extract, calendula officinalis flower extract, allantoin, dllAloe barbadensis leaf water, aqua (water), glycerin, 1,2-hexanediol, sodium hyaluronate, snail secretion filtrate, pentylene glycol, dllAqua, pentylene glycol, glycerin, propanediol, aloe barbadensis leaf juice powder, dllAqua (water), glycerin, sodium hyaluronate, hydrolyzed hyaluronic acid, sodium acetylated hyaluronate, dllWater, centella asiatica leaf water, butylene glycol , 1,2-hexanediol, panthenol, allantoin, sodium hyaluronateWater, butylene glycol, glycerin, coix seed extract, dllAqua, propanediol, PEG-40 hydrogenated castor oil, glycerin, ulva lactuca extract, chamomilla recutita (matricaria) flower extract, dll
Isi20 ml180 ml160 ml, 230 ml125 ml, 250 ml, 500 ml200 ml250 ml100 ml150 ml500 ml150 ml
Tautan produk

Tips penggunaan face toner yang efektif untuk untuk kulit sensitif

Kulit yang sensitif mungkin membuat Anda ingin melakukan perawatan yang lebih supaya kondisi kulit membaik. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam penggunaannya supaya tidak salah langkah. Berikut ini kami akan mengulas cara penggunaan face toner yang benar dan hal-hal yang perlu Anda hindari. 

Gunakanlah masker kapas dengan waktu yang singkat

Gunakanlah masker kapas dengan waktu yang singkat
Saat kulit sedang sensitif, sebaiknya jangan melakukan pijatan perawatan kulit pada wajah. Hal ini karena gesekan yang terjadi malah akan memperburuk kondisi kulit sensitif Anda. 

Sebagai gantinya, gunakanlah masker kapas yang telah dibasahi dengan face toner sesuai tipe kulit Anda. Lalu, tempelkan di wajah selama kurang lebih tiga menit. Jangan gunakan masker terlalu lama karena kapas akan menyerap kelembapan alami kulit.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Anda juga bisa meneteskan beberapa tetes toner ke kapas atau telapak tangan, lalu menepuk-nepuknya dengan ringan pada area wajah. 

Pakailah produk yang berbeda sesuai dengan kondisi bagian kulit tertentu

Pakailah produk yang berbeda sesuai dengan kondisi bagian kulit tertentu
Kondisi kulit yang sensitif belum tentu sama di seluruh bagian. Misalnya, jika kulit Anda sensitif dan berminyak di T-zone, lalu sensitif dan kering di area pipi, gunakanlah dua toner berbeda. 

Untuk bagian T-zone, pakailah face toner yang ringan, tetapi tetap melembapkan. Sementara, di area pipi dan area mulut yang kering, gunakan face toner yang memberi efek melembapkan lebih kuat. Membagi produk sesuai dengan kondisi bagian kulit tertentu lebih tepat guna dan efektif.


Saat Anda mengalami kulit sensitif, jangan hanya memilih face toner yang diklaim baik untuk kulit sensitif. Pilihlah face toner dengan kandungan yang sudah terbukti cocok di kulit Anda dari waktu ke waktu. 

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Segera hentikan penggunaan produk yang menyebabkan kulit terasa tidak nyaman. Tanda-tanda kulit tidak nyaman adalah terasa tertarik, memerah, pedih, bahkan breakout. Toner wajah yang sesuai akan mengondisikan wajah menjadi lebih baik dan mengurangi permasalahan sensitivitas.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Penanganan kulit sensitif yang utama adalah menemukan sumber pemicunya dan sebisa mungkin menghindari hal tersebut. Beberapa sumber pemicu iritasi adalah penggunaan bahan iritan atau treatment wajah yang berlebihan. Pemicu iritasi kulit lainnya adalah faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari dan angin yang berlebihan, atau suhu yang ekstrem.

Baca juga rekomendasi produk kosmetik dan perawatan wajah untuk kulit sensitif di sini

Tidak hanya face toner, Anda juga perlu memperhatikan rangkaian produk kecantikan lainnya yang tepat untuk kulit sensitif. Dengan pemilihan produk yang sesuai, Anda bisa merawat kulit dengan nyaman tanpa membebaninya. Cek tautan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk kulit sensitif Anda? Pilihlah produk dengan komposisi yang sesuai jenis kulit dan hindari kandungan yang memicu iritasi supaya kondisi kulit tidak memburuk.


Dibandingkan melakukan pijatan pada kulit, lebih baik gunakan masker kapas yang telah dibasahi dengan face toner ke wajah Anda. Kami harap artikel ini dapat membantu dan menjadi referensi Anda dalam memilih toner untuk kulit sensitif! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    992.982 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    567.785 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    753.864 Views
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
    190.187 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    294.571 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    108.285 Views
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Akhir 20-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Akhir 20-an (Terbaru Tahun 2021)
    Memasuki usia 20-an atau saat Anda mulai menginjak usia 25, kulit akan menampakkan tanda awal penuaan. Kulit perlahan akan tampak kendur, kusam, kering, dan mulai bertekstur. Inilah pertanda Anda harus mulai menggunakan essence dalam skincare routine. Essence merupakan perawatan pelengkap yang biasanya dipakai setelah penggunaan toner.Essence mengandung bahan aktif yang akan mengatasi tanda penuaan. Kali ini kami akan membahas cara memilih essence yang bagus untuk Anda. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Kami juga menyiapkan rekomendasi berbagai merk, seperti Somethinc, NPure, dan Huxley. 
    Perawatan wajah
    5.801 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori