• 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2022)

Meski harganya cukup mahal, road bike dan sepeda hybrid justru sedang naik daun pada saat ini. Jika Anda memiliki sepeda tersebut, tentu Anda akan membutuhkan kunci sepeda. Dengan begitu, keamanan sepeda jadi terjaga saat diparkir di tempat umum. Kira-kira kunci yang bagus dan aman digunakan itu seperti apa, ya?

Untuk membantu Anda menemukan kunci sepeda terbaik, kami akan merekomendasikan kunci sepeda dari beberapa merek. Ada Polygon, ULAC, CROPS, ABUS, dan lainnya. Namun, sebelum Anda melihat kunci sepeda yang kami rekomendasikan, simak poin-poin berikut ini terlebih dahulu, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara mengunci road bike dan sepeda hybrid

Cara mengunci road bike dan sepeda hybrid
Untuk sepeda berharga mahal, seperti sepeda hybrid dan road bike, hanya mengunci rodanya saja tidak akan cukup. Jadi, mari pelajari cara mengunci sepeda hybrid dan road bike yang benar supaya sepeda Anda lebih aman.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menguncinya pada objek yang tertanam ke tanah, seperti tiang, pagar, dan sebagainya. Hal ini akan membuat sepeda lebih sulit untuk dipindahkan dan meminimalkan risiko kecurian. Namun, Anda harus memastikan bahwa lokasi tersebut memang tempat parkir sepeda (bukan sembarang tempat).

Selain itu, Anda sebaiknya mengunci rangkanya juga (tidak hanya rodanya). Hal ini penting karena roda sepeda hybrid serta road bike cukup mudah untuk dilepaskan dari rangkanya. Apabila Anda tidak mengunci hingga ke rangkanya, sepeda masih bisa tercuri dengan cara memisahkan bagian roda dan rangkanya.

Cara memilih kunci sepeda untuk road bike dan sepeda hybrid

Anda telah mengetahui cara yang benar dalam mengunci sepeda. Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memilih kunci sepeda untuk road bike dan sepeda hybrid.

Kenali beberapa jenis kunci sepeda terlebih dahulu

Ada beragam kunci sepeda yang bisa digunakan untuk road bike dan sepeda hybrid di pasaran. Banyaknya pilihan mungkin membuat Anda kebingungan dalam menentukan pilihan. Karena itu, kami akan menjelaskan beberapa jenis kunci untuk sepeda yang populer di pasaran.

Tipe U, ketahanannya maksimal

Tipe U, ketahanannya maksimal

Kunci sepeda tipe U atau U lock sangat keras dan tidak mudah bengkok. Kunci sepeda ini juga tidak bisa dibuka paksa begitu saja. Diperlukan alat pemotong gembok atau gergaji mesin sehingga waktu untuk membuka paksa kunci sepeda ini lebih lama.


Apabila Anda menginginkan kunci sepeda yang dapat mengunci dengan kuat, kunci jenis ini pastinya bisa diandalkan. Sayangnya kunci cukup memakan banyak tempat ketika dimasukkan ke tas. Hal ini sebaiknya dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli kunci sepeda tipe U.

Tipe rantai, fleksibel dan mudah digunakan

Tipe rantai, fleksibel dan mudah digunakan

Meski tak sekuat kunci sepeda tipe U, kunci sepeda tipe rantai masih tergolong cukup kuat. Selain itu, kunci tipe ini akan memudahkan Anda saat mengunci sepeda ke tiang, pagar, hingga pohon. Apalagi, bobotnya juga cukup bervariasi, mulai dari yang beratnya ratusan gram hingga lebih dari 2 kg. Kalau Anda menginginkan kunci sepeda yang cukup kuat dan mudah digunakan, tipe ini layak dipertimbangkan.

Tipe kabel, bobotnya cenderung ringan

Tipe kabel, bobotnya cenderung ringan

Kunci sepeda tipe ini biasanya dibuat dari kabel tebal sehingga bobotnya ringan dan mudah dibawa. Apabila Anda menginginkan kunci sepeda yang ringan serta mudah dibawa, tipe ini layak dijadikan opsi.


Namun, kunci sepeda tipe kabel cenderung kurang kuat serta mudah dipotong. Faktor tersebut membuat kunci sepeda jenis kabel lebih cocok dipakai untuk mengunci sepeda di area parkir khusus sepeda. Kalau Anda memakainya bukan di area parkir khusus sepeda, sepeda Anda lebih rentan dicuri. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengombinasikannya dengan kunci sepeda tipe lain.

Perhatikan cara pengunciannya

Semua kunci sepeda memiliki fungsi yang sama, tetapi cara pengunciannya berbeda-beda. Nah, kami akan menjelaskan dua cara penguncian yang banyak digunakan pada kunci sepeda.

Kunci biasa, proses pembukaannya mudah

Kunci biasa, proses pembukaannya mudah

Kunci sepeda dengan sistem penguncian manual mungkin lebih mudah digunakan. Anda hanya perlu memutarnya ke satu sisi untuk membuka dan menguncinya. Kelebihan lain dari sistem penguncian biasa adalah adanya kunci cadangan. Apabila kunci utama hilang, Anda tinggal gunakan kunci cadangan. Walaupun demikian, Anda tetap harus waspada karena kunci bisa saja dirusak. 

Kode angka, atur kode sesuai keinginan

Kode angka, atur kode sesuai keinginan

Cara memasang kunci sepeda dengan sistem penguncian kode angka sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan ujung kunci sepeda ke lubang di ujung lainnya. Kode angkanya juga biasanya dapat diatur sesuai keinginan. Alhasil, kemungkinan kunci dibuka oleh orang lain sangat kecil. Kekurangan dari kunci sepeda jenis ini adalah Anda harus selalu ingat kodenya. Jika Anda lupa, kunci mungkin akan sulit dilepaskan.

Cari tahu materialnya

Kunci atau gembok sepeda terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Karena itu, Anda sebaiknya mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap bahannya.


  • Kunci sepeda tipe U umumnya dibuat dari material logam tebal sehingga memiliki ketahanan sangat tinggi. Namun, bahan yang keras bisa menyebabkan sepeda tergores saat akan dikunci. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat membeli kunci sepeda tipe U yang sudah dilapisi silikon atau pelapis lain.

  • Anda pasti sudah tahu kalau kunci sepeda tipe rantai terbuat dari rantai besi atau baja. Bagian luar kunci sepeda ini biasanya dilapisi dengan kain nilon atau bahan yang tidak mudah robek. Dengan demikian, rantai tidak akan menggores rangka sepeda ketika dililitkan. Pelapis tersebut juga berfungsi untuk menjaga rantai supaya tidak berkarat. 

  • Kami sudah memberi tahu Anda bahwa kunci sepeda tipe kabel dibuat dari kabel. Bagian dalam kabel biasanya terbuat dari helaian serat baja yang dililitkan jadi satu. Setelah itu, serat baja tersebut dilapisi dengan plastik atau karet supaya lebih awet.

Cek juga panjang atau diameternya

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat memilih kunci pengaman sepeda adalah panjang atau diameternya. Hal ini perlu diperhatikan karena akan memengaruhi daya jangkau kunci.


  • Kunci tipe rantai dan kabel dengan panjang kurang dari 120 cm sebenarnya cukup. Jika Anda akan mengunci sepeda ke pohon atau tiang berdiameter besar, pilihlah kunci yang panjangnya sekitar 150 cm. Namun, makin panjang ukurannya, makin berat pula bobotnya (khususnya untuk kunci tipe rantai). Anda pun perlu tempat dan tenaga ekstra untuk membawanya.

  • Jika Anda berencana memakai kunci sepeda tipe U, pertimbangkan tempat di mana Anda hendak menguncinya. Kalau area yang akan digunakan memiliki diameter besar, Anda harus mencari kunci tipe U berdiameter besar juga. Anda bisa saja memilih kunci sepeda tipe U yang berukuran lebih kecil. Akan tetapi, Anda tidak bisa mengunci sepeda ke tiang yang berdiameter besar.

Pertimbangkan kunci sepeda dengan alarm untuk keamanan tambahan

Pengamanan kunci sepeda terus ditingkatkan. Selain dibuat dari bahan yang tebal dan kuat, beberapa kunci sepeda bahkan dilengkapi alarm. Fitur ini akan berbunyi ketika kunci dirusak atau kabelnya dipotong. Keamanan tambahan ini cocok untuk Anda yang menginginkan kunci sepeda antimaling.

10 Rekomendasi kunci sepeda terbaik untuk road bike dan sepeda hybrid

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kunci sepeda terbaik untuk road bike dan sepeda hybrid yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisKabel
Cara penguncianKunci manual
MaterialKabel baja
UkuranPanjang: 120 cm ・ Diameter: 1,15 cm
AlarmAda
Bobot420 gram
9
JenisTipe U
Cara penguncianKunci manual
MaterialBaja dengan lapisan silikon
UkuranPanjang: 21 cm・Diameter: 10–11 cm
AlarmTidak ada
Bobot805 gram
8
JenisRantai
Cara penguncianKunci manual
MaterialRantai baja
UkuranPanjang: 110 cm ・ Diameter (rantai): 6 mm
AlarmAda
Bobot1048 gram
7

XiaomiAreoX Fingerprint U-lock

U8

Mulai dari Rp 519.000,00

JenisTipe U
Cara penguncianSidik jari dan kunci manual
MaterialPVC, 420 stainless steel, zinc alloy
UkuranPanjang: 30 cm・Diameter: 13 cm
AlarmTidak ada
Bobot1360 gram
6
JenisTipe U
Cara penguncianKunci manual
MaterialTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
AlarmAda
Bobot600 gram
5
JenisRantai
Cara penguncianKunci manual
MaterialBaja
UkuranPanjang: 110 cm・Diameter (rantai): 4 mm
AlarmTidak ada
Bobot230 gram
4

GENIOKunci Gembok Rantai Kombinasi Angka

KK-6717

Mulai dari Rp 30.000,00

JenisRantai
Cara penguncianKode angka
MaterialRantai besi
Ukuran65 cm (panjang)
AlarmTidak ada
BobotTidak disebutkan
3

Polygon Bikes Lock Spiral with Key, Number, and Light

705916001

Mulai dari Rp 84.000,00

JenisKabel
Cara penguncianKode angka
MaterialKabel koil dengan lapisan plastik
UkuranPanjang: 120 cm・Diameter kabel: 1 cm
AlarmTidak ada
Bobot500 gram
2

TaffGUARDGembok Sepeda Kode Angka 5 Digit

SJ008

Mulai dari Rp 29.900,00

JenisKabel
Cara penguncianKode angka
MaterialKabel dengan 64 kawat besi
UkuranPanjang: 120 cm・Diameter (kabel): 1,3 cm
AlarmTidak ada
BobotTidak disebutkan
1
JenisKabel
Cara penguncianKunci manual
MaterialKabel dengan kawat baja
UkuranPanjang: 150 cm・Diameter: 1,2 cm
AlarmTidak ada
BobotTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk kunci sepeda terbaik untuk road bike dan sepeda hybrid

Gambar produk
1
Xiaomi Himo Portable Cable Lock 1

Xiaomi

2
TaffGUARD Gembok Sepeda Kode Angka 5 Digit 1

TaffGUARD

3
Polygon  Bikes Lock Spiral with Key, Number, and Light 1

Polygon

4
GENIO Kunci Gembok Rantai Kombinasi Angka 1

GENIO

5
Abus Chain Lock 1500 Web 1

Abus

6
Kalno Gembok Alarm 2in1 1

Kalno

7
Xiaomi AreoX Fingerprint U-lock 1

Xiaomi

8
CROPS Chain Locks 1

CROPS

9
Rockbros Anti-Theft U Lock 1

Rockbros

10
ULAC Bulldog 1

ULAC

Nama produk

Himo Portable Cable Lock

Gembok Sepeda Kode Angka 5 Digit

Bikes Lock Spiral with Key, Number, and Light

Kunci Gembok Rantai Kombinasi Angka

Chain Lock 1500 Web

Gembok Alarm 2in1

AreoX Fingerprint U-lock

Chain Locks

Anti-Theft U Lock

Bulldog

Keunggulan

Panjang kabel mencapai 150 cm, penguncian lebih menyeluruh

Pengamanan lebih optimal dengan 5 digit password

Dilengkapi lampu untuk kemudahan penggunaan saat gelap

Rantai yang kuat berpadu dengan kode angka, sepeda lebih aman

Cukup satu klik untuk mengunci rantainya

Sensitivitas alarmnya akan meningkat menyesuaikan keadaan

Praktis! Letakkan jari dan kunci pun langsung terbuka

Kunci sepeda dengan alarm ini memiliki level keamanan 8,5

Double lock & bahannya tebal, dapatkan perlindungan ganda

Dilengkapi speaker, bunyi alarm akan terdengar jelas

Harga mulai dariRp 170.000,00Rp 29.900,00Rp 84.000,00Rp 30.000,00Rp 198.000,00Rp 59.500,00Rp 519.000,00Rp 620.000,00Rp 185.000,00Rp 245.000,00
JenisKabelKabelKabelRantaiRantaiTipe UTipe URantaiTipe UKabel
Cara penguncianKunci manualKode angkaKode angkaKode angkaKunci manualKunci manualSidik jari dan kunci manualKunci manualKunci manualKunci manual
MaterialKabel dengan kawat bajaKabel dengan 64 kawat besiKabel koil dengan lapisan plastikRantai besiBajaTidak disebutkanPVC, 420 stainless steel, zinc alloyRantai bajaBaja dengan lapisan silikonKabel baja
UkuranPanjang: 150 cm・Diameter: 1,2 cmPanjang: 120 cm・Diameter (kabel): 1,3 cmPanjang: 120 cm・Diameter kabel: 1 cm65 cm (panjang)Panjang: 110 cm・Diameter (rantai): 4 mmTidak disebutkanPanjang: 30 cm・Diameter: 13 cmPanjang: 110 cm ・ Diameter (rantai): 6 mm Panjang: 21 cm・Diameter: 10–11 cmPanjang: 120 cm ・ Diameter: 1,15 cm
AlarmTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaAdaTidak adaAdaTidak adaAda
BobotTidak disebutkanTidak disebutkan500 gramTidak disebutkan230 gram600 gram1360 gram1048 gram805 gram420 gram
Tautan produk

Tips memadukan kunci sepeda untuk keamanan maksimal

Tips memadukan kunci sepeda untuk keamanan maksimal

Beberapa dari Anda mungkin masih merasa was-was meski sudah menggunakan kunci sepeda. Jika demikian, Anda bisa coba mengombinasikan beberapa jenis kunci sepeda. Misalnya, gembok sepeda tipe U dikombinasikan dengan kunci sepeda tipe rantai atau kabel. Cara memadukan kunci sepeda cukup mudah, lho!


  • Pasangkan kunci gembok sepeda tipe U pada rangka dan roda sepeda. Setelah itu, pasang kunci tipe rantai ke rangka sepeda dan lilitkan ke pagar, tiang, atau pohon dekat sepeda Anda. 

  • Anda bisa menggunakan beberapa kunci tipe U berukuran kecil dengan kunci tipe kabel. Kombinasikan keduanya saat hendak mengunci bagian roda dengan rangka sepeda. Dengan menggunakan metode kedua ini, bobot kunci yang harus dibawa pun makin berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kunci lainnya, seperti folding lock atau ground anchor. Kedua jenis kunci tambahan tersebut akan menjaga sepeda supaya tidak dapat digunakan meski pengaman sepeda utamanya terlepas. Anda mungkin harus membawa lebih banyak perintilan di dalam tas. Namun, hal tersebut sepertinya bukan masalah besar demi menjaga keamanan sepeda.

Baca juga rekomendasi berbagai sepeda dan perlengkapan bersepeda di sini

Bersepeda menggunakan sepeda hybrid, sepeda balap, sepeda gunung, dan sepeda lipat tentu menyenangkan. Selain kunci sepeda, penggunaan helm, lampu sepeda, plus adanya tail light memungkinkan Anda bersepeda dengan lebih aman dan nyaman. Tertarik dengan produk-produk tersebut? Ketahui lebih lanjut di sini.

Kesimpulan

Untuk mengamankan sepeda kesayangan, Anda bisa memilih kunci sepeda tipe U, kabel, atau rantai. Sebelum Anda memilih salah satunya, cari tahu juga area yang akan digunakan untuk memarkirkan sepeda. Jadi, Anda tidak akan salah membeli kunci sepeda.


Selain itu, Anda juga sebaiknya mencari tahu fitur tambahannya, contohnya alarm. Anda juga bisa mengombinasikan kunci-kunci tersebut agar keamanan sepeda Anda makin terjaga. Selesailah pembahasan mengenai kunci sepeda. Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike yang bagus, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah anak laki-laki Anda sangat aktif? Bersepeda bisa menjadi aktivitas yang seru untuk menyalurkan energinya. Tampilan sepeda yang menarik tentu membuat pengalaman bersepeda lebih menyenangkan. Terdapat produk dari banyak merek terkenal, seperti Polygon Bikes, United Bike, dan Wimcycle yang modelnya maskulin. Sesuai dengan kesukaan anak laki-laki Anda, bukan?Selain desain, tentu Anda juga perlu memperhatikan segi keamanan sepeda. Agar memudahkan Anda memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda untuk anak laki-laki. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Jadi, simak artikel ini sampai habis dan selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti Polygon, Pacific, United, Thrill, dan lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih, serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik dan murah untuk pemula. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Langsung scroll down, yuk!
    Sepeda
  • 6 Sepeda Fixie Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    6 Sepeda Fixie Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda adalah cara yang bagus untuk beraktivitas di luar rumah dan menikmati udara segar. Nah, jika Anda menyukai sepeda dengan gaya simpel, sepeda fixie adalah pilihan yang pas. Bentuknya yang ramping dan bobotnya yang ringan membuat sepeda ini banyak diminati oleh kalangan muda. Agar Anda mendapatkan produk yang tepat, Anda perlu menyimak beberapa tips yang akan kami berikan dalam artikel ini. Kami juga akan mengulas enam merek sepeda fixie terkeren, seperti sepeda fixie United dan Litus. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan helm saat bersepeda, khususnya bagi anak-anak, jarang diperhatikan. Padahal, perlu Anda ingat bahwa helm dapat melindungi kepala anak Anda dari benturan dan cidera kepala serius. Kini, banyak helm sepeda dari berbagai merek seperti Kuyou, Poligon, dan OXELO bisa Anda jumpai dengan mudah. Produk helm yang dihadirkan juga sangat menarik dengan berbagai desain dan warna. Agar Anda bisa memilih dengan tepat, kali ini kami akan mengulas mengenai helm sepeda untuk anak. Mulai dari cara memilih sampai rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi akan kami jelaskan untuk Anda. Selamat membaca! 
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori