10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2018)

Meski harganya cukup mahal, road bike dan sepeda hybrid saat ini justru semakin populer. Bila Anda memiliki sepeda tersebut, tentu Anda akan membutuhkan kunci sepeda untuk mengamankan sepeda Anda. Namun, seperti apa kunci sepeda berkualitas yang tepat dan aman digunakan, ya?

Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih kunci sepeda untuk road bike dan sepeda hybrid. Kami juga akan memberikan 10 rekomendasi kunci sepeda terbaik yang bagus untuk kedua jenis sepeda tersebut agar Anda bisa menemukan produk yang paling tepat. Selamat membaca dan memilih, ya!

Daftar isi

Cara mengunci road bike dan sepeda hybrid

Cara mengunci road bike dan sepeda hybrid

Agar road bike dan sepeda hybrid Anda tidak dicuri orang, Anda harus mengetahui cara menguncinya dengan benar. Anda bisa menguncinya ke objek yang tertanam ke tanah seperti tiang, pagar, dan sebagainya. Meski begitu, Anda hanya bisa melakukan hal tersebut di lokasi yang memang disediakan sebagai tempat parkir sepeda.

Kemudian, Anda harus mengunci tidak hanya ke roda, tetapi juga ke rangkanya. Hal tersebut penting karena bagian roda road bike dan sepeda hybrid cukup mudah untuk dipisahkan dari rangkanya. Bila Anda tidak mengunci hingga ke rangkanya, orang lain bisa mencuri sepeda Anda dengan cara memisahkan bagian roda dengan rangka, bukan?

Cara memilih kunci sepeda untuk road bike dan sepeda hybrid

Setelah Anda mengetahui cara yang benar dalam mengunci sepeda, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih kunci sepeda untuk road bike dan sepeda hybrid.

Kunci sepeda tipe U yang mengunci dengan kuat

Kunci sepeda tipe U umumnya dibuat dari material logam tebal sehingga sangat sulit untuk dirusak dan akan mengunci sepeda dengan kuat. Tanpa kuncinya, Anda hanya bisa membukanya secara paksa dengan menggunakan alat pemotong gembok atau alat sejenis lainnya, yang tentunya akan membutuhkan waktu cukup lama. Bila Anda menginginkan kunci sepeda yang dapat mengunci dengan kuat, kunci sepeda tipe U bisa diandalkan.

Anda juga bisa memadukan penggunaan kunci sepeda tipe U dengan kunci sepeda tipe lainnya seperti tipe rantai dan tipe kabel yang akan dijelaskan di bawah ini. Caranya, pasangkan kunci tipe U pada rangka dan roda sepeda. Kemudian, pasangkan kunci tipe rantai ke rangka sepeda, lalu Anda bisa menguncinya ke objek seperti pagar, tiang, atau pohon dekat sepeda Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa kunci tipe U berukuran kecil dan kunci tipe kabel saat hendak mengunci bagian roda dengan rangka sepeda.

Pilih ukuran yang tepat

Pilih ukuran yang tepat

Kunci sepeda tipe U sangat keras dan tidak mudah bengkok sehingga terkadang bisa terasa cukup memakan tempat untuk dibawa. Akan tetapi, bila Anda membeli produk yang ukurannya kecil, Anda tidak bisa menguncinya ke pohon atau tiang berdiameter besar. Karena itu, Anda harus memilih ukuran yang tepat bila Anda ingin mengunci sepeda Anda ke tiang, pagar, pohon, atau berbagai objek lainnya.

Bila terasa kurang aman, Anda juga bisa mengombinasikan kunci sepeda tipe U dengan kunci sepeda tipe rantai agar semakin aman dan lebih mudah dikunci.

Berhati-hatilah agar tidak menggores sepeda

Berhati-hatilah agar tidak menggores sepeda

Semakin sering Anda melepas dan mengunci sepeda Anda, semakin besar kemungkinan sepeda Anda tergores. Apalagi, kunci tipe U sangat keras sehingga sepeda Anda bisa saja tergores saat Anda hendak menguncinya. Tentu Anda tidak ingin sepeda kesayangan Anda jadi banyak goresan hanya karena sering dikunci, bukan?

Solusinya, Anda bisa membeli kunci sepeda tipe U yang sudah dilapisi dengan bahan silikon sehingga tidak akan menimbulkan goresan pada sepeda Anda.

Kunci sepeda tipe rantai yang kuat dan mudah digunakan

Meski tidak sekuat tipe U, kunci sepeda tipe rantai cukup kuat dan mudah Anda gunakan untuk mengunci sepeda ke tiang, pagar, pohon, dan sebagainya. Apalagi, bobotnya juga cukup bervariasi, mulai dari yang beratnya ratusan gram hingga mencapai 2 kg atau lebih. Dengan begitu, Anda bisa memilih kunci yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda menginginkan kunci sepeda yang cukup kuat dan mudah digunakan, tipe ini layak dipertimbangkan.

Sesuaikan bobot dan panjangnya dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan bobot dan panjangnya dengan kebutuhan Anda

Bila Anda akan menggunakan tipe ini untuk mengunci sepeda Anda ke tiang atau pagar berdiameter kecil, pilihlah yang panjangnya lebih dari 120 cm. Bila Anda ingin menguncinya ke pohon atau tiang berdiameter besar, Anda akan membutuhkan kunci yang panjang rantainya sekitar 150 cm. Meski begitu, semakin panjang ukurannya, semakin berat pula bobotnya. Karena itu, pilihlah produk yang bobot dan ukuran panjangnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kunci sepeda tipe kabel yang mudah dibawa ke mana pun

Kunci tipe ini dibuat dari kabel tebal sehingga bobotnya menjadi ringan dan mudah dibawa. Meski begitu, kelemahan dari tipe ini adalah cenderung kurang kuat mengunci dan mudah dipotong. Bila Anda menggunakan kunci tipe ini untuk mengunci sepeda Anda di luar area parkir khusus sepeda, sepeda Anda berisiko dicuri oleh orang lain.

Meski begitu, kunci tipe ini dapat dikombinasikan dengan kunci tipe lainnya. Selain itu, bila Anda menginginkan kunci sepeda yang ringan dan mudah dibawa, tipe ini layak dijadikan opsi.

Kemampuan pengamanannya semakin ditingkatkan

Kemampuan pengamanannya semakin ditingkatkan

Kini, kemampuan pengamanan kunci sepeda tipe kabel juga semakin ditingkatkan dengan penggunaan kabel yang lebih tebal dan kuat. Bahkan, ada juga produk yang sudah dilengkapi dengan alarm dan akan berbunyi ketika kabelnya terpotong.

Dengan adanya peningkatan tersebut, Anda tetap bisa memilih kunci sepeda tipe kabel untuk mengamankan sepeda Anda.

10 Rekomendasi kunci sepeda terbaik untuk road bike dan sepeda hybrid

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi kunci sepeda terbaik untuk road bike dan sepeda hybrid. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Pilihlah yang paling Anda sukai, ya!

10. Ferza Bicycle Lock

10. Ferza Bicycle Lock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Fitur standar lengkap dengan harga paling ramah di kantong

Ketika Anda menggunakan kunci sepeda tipe rantai ini untuk mengunci sepeda, produk ini tidak akan menggores sepeda Anda karena sudah dilapisi plastik. Tidak hanya itu, silinder di dalam bagian penguncinya juga dibuat dari bahan kuningan sehingga menjadi tidak cepat aus. Produk pun bisa lebih lama digunakan.

Apalagi, produk ini juga diklaim antikarat sehingga semakin fungsional untuk Anda gunakan setiap hari di segala cuaca. Mengingat harganya sangat ramah di kantong, bila Anda mencari kunci sepeda yang cukup fungsional dan berfitur standar lengkap dengan dana terbatas, produk ini adalah salah satu pilihan terbaik.

9. Kunci Sepeda Tipe Kabel dengan Lampu

9. Kunci Sepeda Tipe Kabel dengan Lampu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Dilengkapi lampu untuk kemudahan penggunaan bahkan saat gelap

Dilengkapi dengan sistem pengamanan berupa 4 digit password, produk ini tentu cukup sulit untuk dibuka secara paksa oleh orang lain. Selain itu, dengan menggunakan sistem pengamanan berupa password, Anda cukup mengingat kombinasi password-nya saja dan tidak perlu lagi membawa kunci secara terpisah.

Tidak hanya itu, produk ini juga sudah dilengkapi dengan lampu sehingga Anda bisa semakin mudah mengunci atau membuka kuncinya bahkan saat gelap! Bila Anda mencari kunci sepeda berkualitas yang mudah digunakan bahkan di area dengan pencahayaan kurang, produk ini adalah salah satu pilihan tepat.

8. BBB PowerSafe BBL-31

8. BBB PowerSafe BBL-31

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 145.000

Panjang kabel mencapai 150 cm untuk penguncian lebih menyeluruh

Bila Anda menginginkan kunci sepeda tipe kabel yang bisa mengunci lebih menyeluruh, produk ini layak dipertimbangkan. Kunci sepeda ini memiliki kabel yang panjangnya mencapai 150 cm, lho! Dengan begitu, Anda semakin dimudahkan untuk melilitkannya ke roda dan kerangka sepeda atau melingkarkannya ke batang pohon serta tiang besar.

Selain itu, kabel bajanya cukup kuat dan tidak mudah untuk dipotong. Penguncinya menggunakan bahan metal sehingga semakin efektif untuk mengamankan sepeda Anda. Tidak hanya itu, penguncinya pun sudah dilengkapi cover sehingga tidak ada lagi kunci macet karena lubangnya tertutup oleh debu dan kotoran.

7. Abus Lock-Chain Combination 1500 Web

7. Abus Lock-Chain Combination 1500 Web

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Cukup 1 klik untuk mengunci rantainya

Cukup dengan 1 klik, Anda bisa mengunci rantai produk ini bahkan tanpa menggunakan kuncinya. Bila Anda menginginkan produk yang praktis, cepat, dan mudah digunakan, kunci sepeda ini layak dijadikan pilihan. Apalagi, produk ini dibuat dengan special steel sehingga cukup kuat untuk mengamankan sepeda Anda.

Sudah dilapisi dengan kain, kemungkinan adanya goresan pada sepeda ketika Anda sedang menggunakan produk ini menjadi makin minim. Kemudian, bila Anda kurang suka dengan warna hitam, Anda bisa mencoba memilih varian warna lain yang matching dengan warna sepeda Anda, misalnya warna lime, orange, coral, merah, atau putih.

6. Decathlon 500 Bike D Lock – Blue

6. Decathlon 500 Bike D Lock - Blue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 122.000

Tipe U berbobot ringan, tetapi tetap kokoh

Bila Anda menginginkan kunci sepeda tipe U dengan bobot sangat ringan, produk ini wajib Anda miliki. Dengan bobot hanya 540 gram, produk ini begitu ringan untuk ukuran kunci tipe U berukuran sedang sehingga semakin mudah untuk Anda bawa ke mana pun. Produk ini juga cukup kuat karena dibuat dari bahan baja berkualitas.

Dengan ukuran belenggu sebesar 16,5 cm, tentu produk ini cukup ideal Anda gunakan untuk mengunci bagian rangka dengan roda sepeda Anda. Tidak hanya itu, produk ini sudah dilapisi dengan thermoplastic rubbber sehingga sepeda Anda tidak akan tergores ketika Anda menguncinya dengan produk ini.

5. Kunci Sepeda Tipe Kabel

5. Kunci Sepeda Tipe Kabel

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Mengamankan sepeda jadi praktis dan optimal dengan 5 digit password

Dengan panjang 120 cm, Anda bisa menggunakannya untuk mengunci roda dan rangka sepeda Anda. Dibuat dari kawat besi, kabel produk ini sulit dipotong. Produk ini juga praktis untuk digunakan karena Anda tidak perlu membawa kunci lagi, Anda cukup menguncinya menggunakan password yang tersedia.

Bahkan, tidak hanya 4 digit password, produk ini dilengkapi dengan 5 digit password sehingga semakin sulit dibuka orang lain dan semakin ampuh mengamankan sepeda Anda. Bila Anda mencari kunci sepeda yang praktis digunakan dan mampu mengamankan sepeda Anda dengan optimal, produk ini pilihannya.

4. Decathlon B’Twin 720 Bike U Lock

4. Decathlon B'Twin 720 Bike U Lock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 249.500

Lingkar belenggu besar untuk mengunci 2 sepeda sekaligus

Bila Anda menginginkan kunci sepeda tipe U yang dapat digunakan untuk mengunci bahkan hingga 2 sepeda sekaligus dengan aman dan kuat, produk ini layak dipertimbangkan. Dengan lingkar belenggu gembok berukuran 24 cm, Anda bisa dengan mudah mengunci sepeda Anda ke batang pohon berukuran sedang menggunakan produk ini.

Tidak hanya itu, dengan belenggu gembok sebesar itu, Anda juga tidak akan kesulitan untuk menyatukan dan mengunci rangka 2 sepeda sekaligus. Apalagi, bagian penguncinya dibuat dari ultra-strong cemented steel dan memiliki mekanisme penguncian anti-picking sehingga semakin efektif mengamankan sepeda Anda.

3. Decathlon B’Twin 900 Bike Chain Lock

3. Decathlon B'Twin 900 Bike Chain Lock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 209.500

Sulit dirusak! Tahan palu, bahkan gergaji

Menggunakan baja berkualitas yang kerasnya mencapai 65 HRC, Decathlon mengklaim bahwa rantai  pada produk ini begitu tangguh, sulit dirusak bahkan dengan menggunakan palu dan gergaji sekalipun. Bila Anda membutuhkan kunci sepeda yang dijamin sulit dirusak oleh pencuri, produk ini adalah salah satu opsi terbaik.

Kemudian, produk ini juga semakin aman untuk Anda gunakan karena lubang kuncinya sudah dirancang secara khusus sehingga sulit dicungkil. Meski begitu, ada harga yang harus dibayar atas ketangguhannya. Produk dengan panjang rantai 90 cm ini berbobot 2,3 kg sehingga terasa cukup berat untuk Anda bawa di dalam tas Anda.

2. Kunci Sepeda Tipe U 2 Mode

2. Kunci Sepeda Tipe U 2 Mode

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 265.200

Atur alarm dan panjang belenggunya sesuai kebutuhan Anda

Bila Anda menginginkan kunci sepeda yang sudah dilengkapi dengan alarm dan besar belenggu gembok yang bisa diatur secara manual, produk ini wajib untuk Anda miliki. Kunci sepeda tipe U berkualitas ini sudah dilengkapi dengan alarm yang dapat Anda aktifkan atau matikan sesuai kebutuhan Anda.

Kemudian, Anda juga bisa menyesuaikan panjang belenggunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda ingin menguncinya ke batang pohon, Anda bisa mengatur belenggunya menjadi lebih panjang. Anda juga bisa memendekkan ukuran belenggunya agar semakin pas untuk mengunci rangka dan roda sepeda Anda.

1. Yale YCL1/20/Alarm – MAXI Lock Alarm

1. Yale YCL1/20/Alarm - MAXI Lock Alarm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 714.500

Keamanan ganda berkat perpaduan kabel baja berdiameter 20 mm + alarm

Dengan diameter 20 mm, produk berkabel baja ini menjadi semakin sulit dipotong dan ampuh untuk mengamankan sepeda Anda. Ditambah dengan heavy duty cover, kabel produk ini menjadi semakin berumur panjang karena terlindungi, sekaligus minim kemungkinan menimbulkan goresan pada sepeda Anda.

Kemudian, bila Anda menginginkan kunci sepeda yang memadukan kabel tebal plus alarm kencang, tidak perlu ragu untuk memilih produk ini. Kunci sepeda keluaran Yale ini juga sudah dilengkapi dengan alarm 110 dB yang akan berbunyi kencang ketika kabelnya terpotong atau penguncinya diutak-atik.

Kesimpulan

Untuk mengamankan sepeda, Anda bisa memilih kunci sepeda tipe U yang dapat mengunci dengan sangat kuat. Anda juga bisa memilih kunci sepeda tipe rantai bila Anda menginginkan produk yang cukup kuat mengunci dan mudah untuk digunakan. Bila Anda menginginkan produk yang mudah dibawa dan ringan, Anda bisa memilih kunci sepeda tipe kabel.

Apabila dibutuhkan, Anda juga bisa mengombinasikan kunci-kunci tersebut agar sepeda Anda semakin aman. Nah, pilihlah kunci sepeda sesuai dengan kebutuhan dan lokasi tempat Anda sering memarkirkan sepeda, ya!