• 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kunci Sepeda Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2020)

Meski harganya cukup mahal, road bike dan sepeda hybrid saat ini justru semakin populer. Bila Anda memiliki sepeda tersebut, tentu Anda akan membutuhkan kunci sepeda untuk mengamankan sepeda Anda. Namun, seperti apa kunci sepeda berkualitas yang tepat dan aman digunakan, ya?

Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kunci sepeda untuk road bike dan sepeda hybrid. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah menemukan produk yang tepat. Anda akan menemukan beragam kunci sepeda keluaran Yale, B’Twin, BBB, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, simak selengkapnya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 4.405 Views
Daftar isi

Cara mengunci road bike dan sepeda hybrid

Cara mengunci road bike dan sepeda hybrid
Untuk sepeda berharga mahal seperti sepeda hybrid dan road bike, hanya mengunci rodanya saja tidak akan cukup. Jadi, mari pelajari cara mengunci sepeda yang benar agar sepeda Anda lebih aman.
Pertama, Anda bisa menguncinya ke objek yang tertanam ke tanah seperti tiang, pagar, dan sebagainya. Dengan begitu, sepeda akan lebih sulit untuk dipindahkan dan meminimalisir risiko kecurian. Meski begitu, Anda harus memastikan bahwa lokasi tersebut memang merupakan tempat parkir sepeda dan bukan di sembarang tempat.
Kemudian, Anda harus mengunci tidak hanya ke roda, tetapi juga ke rangkanya. Hal tersebut penting karena bagian roda road bike dan sepeda hybrid cukup mudah untuk dipisahkan dari rangkanya. Bila Anda tidak mengunci hingga ke rangkanya, orang lain bisa mencuri sepeda Anda dengan cara memisahkan bagian roda dengan rangka, bukan?

Cara memilih kunci sepeda untuk road bike dan sepeda hybrid

Kini Anda telah mengetahui cara yang benar dalam mengunci sepeda. Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memilih kunci sepeda untuk road bike dan sepeda hybrid.

Pilih kunci sepeda tipe U bila mengutamakan ketahanan maksimal

Kunci sepeda tipe U umumnya dibuat dari material logam tebal sehingga memiliki ketahanan sangat tinggi. Tanpa kunci, Anda hanya bisa membukanya secara paksa menggunakan alat pemotong gembok atau gergaji mesin. Tentu waktu yang dibutuhkan untuk membuka paksanya pun akan cukup lama. Pastinya sangat bisa diandalkan bila Anda menginginkan kunci sepeda yang dapat mengunci dengan kuat.
Anda juga bisa memadukan penggunaan kunci tipe U dengan kunci sepeda tipe rantai dan kabel yang akan kami jelaskan selanjutnya. Caranya, pasangkan kunci tipe U pada rangka dan roda sepeda serta dilanjutkan dengan memasang kunci tipe rantai ke rangka sepeda. Lalu, Anda bisa menguncinya ke pagar, tiang, atau pohon dekat sepeda Anda. Cara kedua, gunakan beberapa kunci tipe U berukuran kecil dengan kunci tipe kabel. Kombinasikan keduanya saat hendak mengunci bagian roda dengan rangka sepeda. Dengan menggunakan metode kedua ini, bobot kunci yang harus dibawa pun semakin berkurang.

Pilih ukuran kunci yang tepat sesuai dengan tempat pengunciannya

Pilih ukuran kunci yang tepat sesuai dengan tempat pengunciannya
Kunci sepeda tipe U sangat keras dan tidak mudah bengkok sehingga terkadang cukup memakan tempat untuk dibawa. Bila Anda membeli produk berukuran kecil, Anda tidak bisa menguncinya ke pohon atau tiang berdiameter besar. Jadi, jika Anda hendak menggunakan kunci sepeda tipe ini, pertimbangkanlah tempat di mana Anda hendak menguncinya.
Bila terasa kurang aman, Anda juga bisa mengombinasikan kunci sepeda tipe U dengan kunci sepeda tipe rantai. Sepeda Anda pun akan semakin aman dan lebih mudah dikunci.

Pilih bahan kunci yang tidak menggores sepeda

Pilih bahan kunci yang tidak menggores sepeda
Semakin sering Anda melepas dan mengunci sepeda, semakin besar kemungkinan sepeda Anda tergores. Apalagi, kunci tipe U sangat keras sehingga sepeda Anda bisa saja tergores saat akan dikunci. Tentu Anda tidak ingin sepeda kesayangan Anda jadi banyak goresan hanya karena sering dikunci, bukan?
Solusinya, Anda bisa membeli kunci sepeda tipe U yang sudah dilapisi dengan bahan silikon. Adanya lapisan silikon atau bahan sejenis membuat kunci tipe U ini tidak akan menimbulkan goresan pada sepeda Anda.

Pilih kunci sepeda tipe rantai bila ingin yang fleksibel dan mudah digunakan

Meski tidak sekuat tipe U, kunci sepeda tipe rantai masih tergolong cukup kuat. Kunci tipe ini pun mudah Anda gunakan untuk mengunci sepeda ke tiang, pagar, pohon, dan sebagainya. Apalagi, bobotnya juga cukup bervariasi, mulai dari yang beratnya ratusan gram hingga lebih dari 2 kg. Jika Anda menginginkan kunci sepeda yang cukup kuat dan mudah digunakan, tipe ini layak dipertimbangkan.

Pertimbangkan bobot dan panjang kunci dengan kebutuhan Anda

Pertimbangkan bobot dan panjang kunci dengan kebutuhan Anda
Memilih kunci tipe rantai dengan panjang 120 cm saja sebetulnya sudah lebih dari cukup. Namun, bila Anda ingin menguncinya ke pohon atau tiang berdiameter besar, pilihlah produk yang panjangnya sekitar 150 cm. Meski begitu, semakin panjang ukurannya, semakin berat pula bobotnya. Tentu produk berbobot lebih berat akan lebih sulit untuk dibawa. Untuk itu, pilihlah produk yang bobot dan ukuran panjangnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih kunci sepeda tipe kabel bila ingin yang portabel

Kunci tipe ini dibuat dari kabel tebal sehingga bobotnya menjadi ringan dan mudah dibawa. Namun, tipe ini cenderung kurang kuat dalam mengunci dan mudah dipotong. Faktor tersebut membuat produk ini lebih cocok Anda gunakan untuk mengunci sepeda di area parkir khusus sepeda. Bila Anda menggunakannya bukan di area parkir khusus sepeda, sepeda Anda lebih rentan dicuri.
Meski begitu, kunci tipe ini dapat dikombinasikan dengan kunci tipe lainnya. Selain itu, bila Anda menginginkan kunci sepeda yang ringan dan mudah dibawa, tipe ini layak dijadikan opsi.

Pertimbangkan kemampuan pengamanannya selain portabilitasnya

Pertimbangkan kemampuan pengamanannya selain portabilitasnya
Kini, kemampuan pengamanan produk tipe kabel juga semakin ditingkatkan dengan penggunaan kabel yang lebih tebal dan kuat. Bahkan, ada juga produk yang sudah dilengkapi dengan alarm dan akan berbunyi ketika kabelnya terpotong. Dengan adanya peningkatan tersebut, Anda tetap bisa memilih kunci sepeda tipe kabel untuk mengamankan sepeda Anda.

10 Rekomendasi kunci sepeda terbaik untuk road bike dan sepeda hybrid

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kunci sepeda terbaik untuk road bike dan sepeda hybrid. Pilihlah yang paling Anda sukai, ya!
Bobot± 0,2 kg
UkuranPanjang : 60 cm dan 80 cm
BobotTidak disebutkan
UkuranPanjang : 120 cm
BobotTidak disebutkan
UkuranPanjang : 150 cm
Bobot0,23 kg, 0,27 kg, dan 0,36 kg
UkuranPanjang : 60 cm dan 110 cm
Bobot0,5 kg
UkuranPanjang : 20 cm
Bobot0,4 kg
UkuranPanjang : 120 cm, lebar : 2,5-3,5 cm
Bobot1,4 kg
UkuranLingkar belenggu gembok : 24 cm

3. Decathlon B’Twin 900 Bike Chain Lock

Rp 264.000,00

Bobot2,3 kg
UkuranPanjang : 90 cm
Bobot0,51 kg
Ukuran20 cm × 5 cm
Bobot1 kg
UkuranPanjang : 85 cm

Baca juga rekomendasi berbagai sepeda dan perlengkapan bersepeda di sini

Bersepeda menggunakan sepeda hybrid, sepeda balap, sepeda gunung, dan sepeda lipat tentu menyenangkan. Selain kunci sepeda, penggunaan helm, cycling cap, sepatu, plus adanya pompa ban dan tail light memungkinkan Anda bersepeda dengan lebih aman dan nyaman. Tertarik dengan produk-produk tersebut? Ketahui lebih lanjut di sini.

Kesimpulan

Untuk mengamankan sepeda kesayangan, Anda bisa memilih kunci sepeda tipe U, tipe kabel, atau tipe rantai. Berhubung masing-masing tipe memiliki keunggulan tersendiri, Anda bisa memilih produk yang paling sesuai dengan preferensi Anda.
Apabila dibutuhkan, Anda juga bisa mengombinasikan kunci-kunci tersebut agar sepeda Anda semakin aman. Nah, pilihlah kunci sepeda sesuai dengan kebutuhan dan tempat Anda sering memarkirkan sepeda. Selamat bersepeda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu trekking adalah barang wajib untuk melakukan kegiatan alam seperti mendaki gunung atau trekking. Beberapa produsen seperti Eiger, Karrimor, dan Keen sudah banyak memasarkan sepatu trekking untuk pria dan wanita. Bahan, desain, dan harganya pun beragam sehingga bisa membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan membahas sepatu trekking mulai dari cara memilih hingga sepuluh produk terbaiknya. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali membeli sepatu trekking, simak artikel ini sampai habis!
    Outdoor & sports
    23.067 Views
  • 10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lutut adalah bagian tubuh yang penting dalam menopang badan Anda. Jika lutut cedera, beraktivitas pun akan terasa sangat menyulitkan. Untuk menghindari cedera lutut ataupun membantu penyembuhannya, dibutuhkan penyokong lutut atau knee supporter. Knee supporter juga biasa digunakan untuk manula yang terkena artritis.Menggunakan knee supporter yang sesuai akan membuat Anda lebih nyaman dalam beraktivitas. Kali ini kami akan membahas berbagai tips dalam memilih knee supporter yang tepat. Setelahnya, kami akan memberikan rekomendasi knee supporter terbaik keluaran LP Support, Mueller Sports Medicine, dan sebagainya. Yuk, disimak!
    Outdoor & sports
    8.655 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu merupakan perlengkapan paling penting dalam olahraga lari maupun jogging. Akhir-akhir ini, kita sering menjumpai orang-orang yang memakai sepatu lari yang trendi. Banyak produsen seperti Adidas, Asics, dan Nike mengeluarkan sepatu lari dengan kualitas terbaik, dilengkapi keunikan dan keunggulan dari masing-masing merek.Semakin banyak variasi produk, mungkin membuat Anda yang masih pemula bingung saat memilih. Kali ini kami akan membahas tips memilih sepatu lari dan memperkenalkan sepuluh produk sepatu lari terbaik untuk Anda. Silakan menyimak ulasannya dan temukan sepatu lari yang cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    46.821 Views
  • 10 Rekomendasi Sport Wristband Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sport Wristband Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu aksesoris dalam dunia olahraga adalah sport wristband. Awalnya sport wristband hanyalah asesoris pada atlet ataupun penggemar olahraga yang berfungsi sebagai gelang untuk menyerap keringat dan fashion trend. Seiring berkembangnya era digital, kini sport wristband dijual dengan berbagai macam fungsi seperti memonitor detak jantung, jumlah langkah kaki, kalori yang terbakar, dan kedalaman tidur penggunanya.Sport wristband atau disebut juga fitness tracker kini sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang gaya hidup sehat. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas lebih detail tentang sport wristband bersama gadget otaku dari Jepang, Mr Yasuo Kaboshima. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi sport wristband terbaik untuk Anda.
    Outdoor & sports
    4.606 Views
  • 10 Rekomendasi Running Watch (Jam Tangan) Terbaik yang Dilengkapi dengan GPS (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Running Watch (Jam Tangan) Terbaik yang Dilengkapi dengan GPS (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini semakin banyak orang yang melakukan olahraga lari, baik demi kesehatan maupun kecantikan. Karenanya, minat terhadap running watch yang dilengkapi GPS juga meningkat. Dengan GPS, kita bisa mengetahui jarak lari yang kita tempuh di smartphone kita.Saat ini sudah banyak model dan jenis running watch dengan GPS, sehingga terkadang membuat kita bingung dalam memilih. Di sini kami akan memberikan tips untuk memilih dan juga merekomendasikan running watch terbaik untuk Anda. Nah, ayo temukan running watch dengan GPS yang paling cocok untuk Anda.
    Outdoor & sports
    21.455 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang suka fitness, pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Bila Anda bermaksud memilih berdasarkan mereknya saja, Anda mungkin akan kebingungan dengan banyaknya line up merek-merek terkenal seperti Adidas, Nike, Puma, Reebok, Inov-8, dan lain-lain.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih sepatu fitness yang bisa dijadikan referensi baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness terbaik. Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai habis, ya!
    Outdoor & sports
    7.808 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Bermain sepatu roda dapat membuat Anda meluncur bebas. Kini, kegiatan tersebut makin digandrungi banyak kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Namun, terdapat banyak sekali jenis sepatu roda di pasaran, mulai dari merek Powerslide, Cougar, LYNX, dan lain-lain. Manakah yang terbaik?Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan rekomendasi sepatu roda terbaik yang telah kami pilih berdasarkan harga, kenyamanan, dan kemudahan cara pakai. Panduan memilih sepatu roda juga akan dijabarkan dengan detail sehingga pemula pun dapat menemukan produk yang sesuai. Mari temukan sepatu roda yang cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    6.423 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori