• 10 Extra Virgin Olive Oil Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Extra Virgin Olive Oil Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Extra Virgin Olive Oil Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Extra Virgin Olive Oil Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Extra Virgin Olive Oil Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Extra Virgin Olive Oil Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Extra virgin olive oil (EVOO) merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat EVOO lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.

Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Jadi, mari disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.

Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Apa itu extra virgin olive oil?

Apa itu extra virgin olive oil?

Minat masyarakat terhadap extra virgin olive oil (EVOO) makin meningkat seiring dengan tumbuhnya kesadaran akan kesehatan. Namun, Anda mungkin belum mengetahui perbedaan antara EVOO,virgin olive oil, dan olive oil (minyak zaitun biasa). Nah, agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskannya dengan lebih detail. Mari disimak.


  • EVOO

EVOO adalah minyak yang diekstrak dengan metode cold-pressed tanpa pelarut atau proses pemurnian. Karena itu, EVOO dianggap sebagai minyak zaitun dengan kualitas paling tinggi. Karakteristik EVOO lainnya adalah memiliki kandungan oleic acid tidak lebih dari 0,8%. Menurut International Olive Council (IOC), makin rendah kadar oleic acid, makin bagus pula kualitas minyak zaitunnya.


Namun, karena tidak tahan panas, jenis ini sebaiknya digunakan sebagai salad dressing. Dengan demikian, kandungan vitamin dan kalsium di dalamnya tetap terjaga. Selain sebagai dressing, Anda juga bisa menggunakannya untuk campuran dipping-sauce, finishing saat plating, atau apa pun yang pengaplikasiannya tidak melalui proses memasak.


  • Virgin oilve oil

Virgin olive oil adalah minyak zaitun dengan kualitas satu tingkat di bawah EVOO dengan kandungan oleic acid sebanyak 1,5%. Minyak ini diproduksi dengan cara yang sama seperti EVOO dan dapat digunakan untuk menumis masakan.


  • Olive oil
Produk berlabel pure olive oil atau hanya olive oil adalah minyak zaitun yang dimurnikan (refined olive oil). Minyak ini diperoleh dari pemurnian virgin olive oil dan mengandung oleic acid tidak lebih dari 1%. Meski persentase asamnya lebih rendah dari virgin olive oil, kandungan nutrisi olive oil banyak hilang dalam proses pemurnian. Namun, Anda dapat menggunakannya untuk menggoreng karena memiliki smoke point yang tinggi.

Sebagai informasi, kebanyakan EVOO yang beredar di Indonesia saat ini merupakan produk impor. Negara produsen utama EVOO adalah Italia dengan persentase 45%, lalu disusul Spanyol dengan persentase 30%.

Manfaat extra virgin olive oil

EVOO dipercaya mengandung lebih dari tiga puluh jenis antioksidan. Kandungan ini dikenal juga sebagai polifenol minyak zaitun. Kandungan tersebut menjadikan EVOO kaya akan manfaat kesehatan. Informasi selengkapnya akan kami berikan di bawah ini.

Untuk kecantikan: Mengatasi kulit dan rambut yang kering

Untuk kecantikan: Mengatasi kulit dan rambut yang kering

Bisa dikatakan bahwa EVOO kaya akan bahan kecantikan dan kesehatan. Sebagai contoh, EVOO mengandung beberapa bahan yang baik untuk melembapkan kulit dan rambut, seperti squalene dan oleic acid. Untuk penggunaan pada rambut, Anda bisa mengoleskan EVOO pada ujung rambut yang rusak. Namun, sebaiknya hindari penggunaan hingga kulit kepala. 


Di samping itu, EVOO memiliki karakteristik mudah meresap saat diaplikasikan langsung ke kulit atau rambut. Tidak heran bila minyak jenis ini sering digunakan sebagai bahan kosmetik. Jika rambut atau kulit Anda terasa kering, sangat disarankan untuk mengoleskan minyak ini. 


EVOO juga dapat dimasukkan ke dalam menu diet. Anda mungkin tidak menyadari bahwa terlalu banyak makan atau minum justru membuat Anda mudah lapar. Hal tersebut tentu merusak pola makan Anda. Lebih lanjut, pola makan yang tidak tepat dapat memberi efek buruk pada kecantikan. Nah, keberadaan EVOO dalam menu makanan bisa menjadi penyelamat diet Anda.

Untuk kesehatan: Menjaga kondisi tubuh

Untuk kesehatan: Menjaga kondisi tubuh

Selain memiliki efek kecantikan, EVOO juga mempunyai banyak manfaat kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan yang dimilikinya. Selain kalsium, EVOO kaya akan kalium, natrium, vitamin E, dan vitamin K. Dengan kandungan tersebut, tak heran jika EVOO banyak digunakan untuk tujuan kesehatan.


Berikut ini beberapa kegunaan EVOO untuk kesehatan:

  • Membantu mengontrol tekanan darah
  • Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung
  • Menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah
  • Mengatasi sembelit
  • Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih extra virgin olive oil

Sekarang saatnya kami menjelaskan beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli EVOO. Karena tidak semua minyak zaitun bisa disebut extra virgin olive oil, Anda harus lebih jeli saat memilih. Jadi, mari kita lihat poin-poinnya di bawah ini!

Pilih kemasan botol kaca untuk mencegah oksidasi

Pilih kemasan botol kaca untuk mencegah oksidasi
EVOO sangat mudah teroksidasi oleh udara dan cahaya. Karena itu, dibandingkan botol plastik, pilihlah produk yang dikemas dalam botol kaca. Utamakan botol yang berwarna gelap. Botol seperti ini sulit ditembus cahaya serta tidak mudah dilewati oksigen. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan EVOO yang kualitasnya lebih terjaga.

Di samping itu, kualitas minyak juga akan menurun akibat bersentuhan dengan oksigen setelah kemasannya dibuka. Oleh karena itu, pilihlah produk yang ukuran kemasannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari produk berukuran besar jika Anda tidak terlalu sering menggunakan EVOO karena minyak akan rusak jika tak segera dihabiskan.


Sebagai informasi, saat ini produsen EVOO hampir semua telah memproduksi EVOO dengan kemasan botol kaca berwarna gelap. Kemasan ini digunakan terutama untuk penggunaan rumahan.


Namun, ada beberapa merek EVOO yang memproduksi dalam kemasan besar untuk penggunaan di restoran atau hotel. Untuk produk ini, kemasan yang digunakan biasanya adalah botol plastik. Jika Anda membeli produk seperti itu, sebaiknya tetap pindahkan sebagian kecil ke dalam botol kaca gelap agar lebih efisien.

Cek keasliannya dengan memastikan keberadaan logo sertifikasi

Cek keasliannya dengan memastikan keberadaan logo sertifikasi

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tidak semua minyak zaitun bisa disebut sebagai extra virgin. Cara termudah untuk mengecek keaslian EVOO adalah memastikan keberadaan logo sertifikasi dari organisasi terkemuka.


Umumnya, EVOO yang dipasarkan ke seluruh penjuru dunia mengusung logo IOC sebagai jaminan keaslian. Adanya logo IOC pada kemasan menandakan produk EVOO tersebut telah lolos pemeriksaan sehingga konsumen tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.


Selain IOC, masih ada lembaga lain yang mengeluarkan logo sertifikasi untuk menjamin keaslian EVOO. Contohnya adalah California Olive Oil Council (COOC) dan North American Olive Oil Association (NAOOA). Di Indonesia sendiri ada BPOM dan LPPOM MUI yang berwenang memberikan sertifikasi yang berkaitan dengan keamanan serta kehalalan produk.


Meski standar pengujiannya berbeda-beda, bisa dipastikan produk-produk berlogo sertifikasi tersebut lebih terjamin kualitasnya. Jadi, sebisa mungkin pilihlah EVOO yang memiliki logo sertifikasi.

Periksa informasi pada label secara saksama

Periksa informasi pada label secara saksama
Karena jenis olive oil ada banyak dan kebutuhan Anda juga berbeda-beda, memeriksa informasi label adalah hal yang penting. Hal ini terutama bagi konsumen yang sangat memperhatikan kesehatan. Label yang ditempel pada kemasan botol EVOO umumnya berisi informasi mengenai produk yang Anda beli.

Anda bisa menemukan info asal negara, jenis bahan baku, kadar keasaman, cara penyimpanan, dan lainnya. Selain itu, biasanya tertera juga tanda sertifikasinya. Pemeriksaan label sangat diperlukan untuk mengetahui kualitas dari EVOO yang ingin Anda beli.


Sayangnya, tidak semua produk mencantumkan keterangan produk secara detail. Jika Anda menemukan produk seperti itu, Anda sebaiknya berhati-hati. Ada kemungkinan produk tersebut adalah produk palsu. Bahkan, produk yang dijual dengan nama “extra virgin olive oil“ pun perlu Anda perhatikan dengan teliti.


Sebisa mungkin, Anda juga harus menemukan keterangan tanggal pengemasan minyak, tanggal panen, hingga batch date. Jadi, jangan hanya terpaku pada tanggal kedaluwarsa minyak. Pasalnya, EVOO justru sebaiknya digunakan 18 bulan setelah dipanen. Jika suatu produk hanya mencantumkan tanggal kedaluwarsa, sebaiknya Anda berhati-hati.

10 Rekomendasi extra virgin olive oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk extra virgin olive oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

Gambar produk
1
Bertolli  Extra Virgin Rich Taste Olive Oil 1

Bertolli

2
Borges  Extra Virgin Olive Oil (Original) 1

Borges

3
Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil 1

Tropicana Slim

4
Rafael Salgado  Extra Virgin Olive Oil Glass Jars with Handle 1

Rafael Salgado

5
Pietro Coricelli Extra Virgin Olive Oil 1

Pietro Coricelli

6
Filippo Berio  Extra Virgin Olive Oil 1

Filippo Berio

7
Gallo  My First Olive Oil 1

Gallo

8
Tamba Sanjiwani Minyak Zaitun Extra Virgin 1

Tamba Sanjiwani

9
Colavita Extra Virgin Olive Oil 1

Colavita

10
Palest In Extra Virgin Oil 1

Palest In

Nama produk

Extra Virgin Rich Taste Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil (Original)

Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil Glass Jars with Handle

Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil

My First Olive Oil

Minyak Zaitun Extra Virgin

Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Oil

Keunggulan

Teksturnya kental dan pekat, pas dijadikan bumbu untuk pasta

Bebas gula dan garam, cocok sebagai penunjang diet sehat

Minyak zaitun yang bisa digunakan untuk menumis

Tersedia dalam beragam ukuran, mudah dipilih sesuai kebutuhan

Perawatan alami untuk rambut yang lebih sehat dan berkilau

Jaga kesehatan jantung Anda dengan mengonsumsi produk ini

Melengkapi nutrisi MPASI bayi Anda

Solusi cerdas untuk meningkatkan rasa hidangan

Perpaduan rasa yang seimbang untuk berbagai olahan makanan

Bantu atasi sembelit pada ibu hamil

Harga mulai dariRp 55.200,00Rp 34.000,00Rp 103.000,00Rp 16.800,00Rp 47.500,00Rp 66.700,00Rp 87.200,00Rp 96.800,00Rp 99.900,00Rp 70.000,00
Negara produsenItaliaSpanyolSpanyolSpanyolItaliaItaliaPortugalTidak disebutkanItaliaPalestina
Ukuran250 ml, 500 ml, 1.000 ml, 2.000 ml 125 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml500 ml20 ml, 40ml, 90 ml, 175 ml, 250 ml, 500 ml, 1000 ml250 ml, 500 ml, 1000 ml200 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml250 ml500 ml, 1000 ml250 ml, 500 ml250 ml
SertifikasiBPOM, MUIBPOM, MUIBPOM, LPPOM MUI, BPOMBPOM, FSSAIBPOMBPOMBPOMBPOMBPOM
Tautan produk
10

Palest InExtra Virgin Oil

Mulai dari Rp 70.000,00

Negara produsenPalestina
Ukuran250 ml
SertifikasiBPOM
9
Negara produsenItalia
Ukuran250 ml, 500 ml
SertifikasiBPOM
8

Tamba SanjiwaniMinyak Zaitun Extra Virgin

Mulai dari Rp 96.800,00

Negara produsenTidak disebutkan
Ukuran500 ml, 1000 ml
SertifikasiBPOM
7
Negara produsenPortugal
Ukuran250 ml
SertifikasiBPOM
6
Negara produsenItalia
Ukuran200 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml
SertifikasiBPOM
5

Pietro CoricelliExtra Virgin Olive Oil

Mulai dari Rp 47.500,00

Negara produsenItalia
Ukuran250 ml, 500 ml, 1000 ml
SertifikasiBPOM, FSSAI
4

Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil Glass Jars with Handle

Mulai dari Rp 16.800,00

Negara produsenSpanyol
Ukuran20 ml, 40ml, 90 ml, 175 ml, 250 ml, 500 ml, 1000 ml
SertifikasiBPOM
3

Tropicana SlimExtra Virgin Olive Oil

Mulai dari Rp 103.000,00

Negara produsenSpanyol
Ukuran500 ml
SertifikasiBPOM, LPPOM MUI,
2
Negara produsenSpanyol
Ukuran125 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml
SertifikasiBPOM, MUI
1

Bertolli Extra Virgin Rich Taste Olive Oil

Mulai dari Rp 55.200,00

Negara produsenItalia
Ukuran250 ml, 500 ml, 1.000 ml, 2.000 ml
SertifikasiBPOM, MUI

Pertanyaan umum seputar extra virgin olive oil

Pertanyaan umum seputar extra virgin olive oil

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami akan membahas pertanyaan populer seputar EVOO. Jika Anda masih penasaran dengan EVOO, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah extra virgin olive oil cocok digunakan untuk menggoreng?

EVOO tidak cocok untuk menggoreng. Dari sisi kesehatan, jika diolah dengan panas, kandungan baik yang terdapat dalam EVOO akan berkurang. Dari sisi rasa, ketika terkena panas, rasa murni zaitun akan menguap dan tidak lagi menjadi gurih.


Selain itu, harga EVOO cukup mahal, sedangkan Anda membutuhkan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng. Jadi, menggunakan EVOO untuk menggoreng tentu tidak ekonomis. Apalagi, bahan makanan yang digoreng tersebut membuat minyak tidak dapat digunakan lagi setelah selesai menggoreng, misalnya ikan.

Tips membedakan jenis minyak zaitun

Tips membedakan jenis minyak zaitun

Meski terlihat hampir mirip, sebenarnya minyak zaitun biasa dan EVOO sangat berbeda. Anda dapat membedakannya dari tampilan, aroma, dan rasanya. EVOO berwarna hijau keemasan dan umumnya berwarna lebih pekat dibandingkan jenis olive oil lainnya.


Makin pekat warnanya, makin kuat pula cita rasa zaitunnya. Hal ini menandakan terdapat kandungan mineral alami di dalamnya. Makin banyak proses pengolahan yang dilalui minyak zaitun, makin terang pula warnanya. Jadi, jika konsumen menginginkan olive oil paling murni, pilihlah EVOO yang memiliki warna paling pekat.


Selain itu, EVOOmemiliki ciri khas rasa yang ringan dan tidak tajamEVOO juga memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap panas. Namun, ketika dipanaskan pada suhu tinggi, aroma atau kekayaan rasa yang khas pada EVOO akan hilang. EVOO juga dipasarkan dengan harga yang lebih tinggi daripada minyak zaitun biasa.

Extra virgin olive oil dapat diminum secara langsung

Extra virgin olive oil dapat diminum secara langsung

EVOO diproduksi hanya melalui proses cold-pressed dan tidak diolah dengan bahan kimia atau oleh suhu tertentu. Karena itu, EVOO dapat diminum atau dikonsumsi secara langsung tanpa proses memasak.


Namun, jangan sampai berlebihan meminumnya, ya! Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 2-3 sendok atau sekitar 30-40 cc per hari. Jika Anda tidak suka mengonsumsinya secara langsung, silakan mencampurkannya ke dalam jus atau minuman lainnya.

Menu makanan dengan extra virgin olive oil

Menu makanan dengan extra virgin olive oil

Umumnya, EVOO digunakan pada berbagai masakan Eropa seperti pasta, ajillo, salad, carpaccio, dan lainnya. Namun, tak hanya masakan Eropa, menu masakan Asia pun kini banyak diberi finishing EVOO. Selain karena pertimbangan kesehatan, EVOO juga dapat memberi aroma dan rasa yang lebih gurih dan harum. Rasa asli dari zaitun membuat hidangan makin menggugah selera.


EVOO juga cocok dipadukan ke dalam masakan Indonesia, lho. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Olahan tahu
Pernahkah Anda mengolah tahu dengan extra virgin olive oil? Ya, aroma dan rasa dari extra virgin olive oil membuat hidangan sederhana seperti tahu menjadi lebih lezat. Bahkan, perpaduan extra virgin olive oil dengan tahu sering ditawarkan sebagai hidangan pembuka di restoran Prancis, lho.

  • Olahan mi

Siapa yang tidak menyukai mi? Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Nah, saat merebus mi, Anda bisa menambahkan extra virgin olive oil. Dijamin, rasanya makin enak. Dengan menambahkan EVOO, menu yang nikmat pun bisa didapat dalam waktu singkat. Cobalah!

Baca juga rekomendasi minyak untuk memasak lainnya di sini

Selain extra virgin olive oil, masih ada minyak lain yang dapat membuat masakan terasa lebih nikmat. Minyak alpukat, minyak wijen, dan minyak kelapa adalah beberapa contohnya. Selain nikmat, minyak-minyak tersebut juga kaya akan manfaat kesehatan. Jika Anda penasaran, segera kunjungi artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

EVOO biasanya dikonsumsi untuk tujuan kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih produk terbaik agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Saat memilih, jangan lupa untuk memastikan bahwa produk pilihan Anda merupakan produk asli.

Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi dalam memilih extra virgin olive oil terbaik untuk asupan harian Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Menyantap bakso kuah yang hangat atau bakso goreng yang renyah mungkin jadi kenikmatan tersendiri. Jika Anda tiba-tiba ingin menikmati bakso Kota Cak Man atau bakso Solo Samrat, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh. Berkat tepung bakso, Anda dapat membuat bakso kenyal sendiri di rumah.Banyak merek tepung yang bagus untuk membuat bakso di pasaran, misalnya tepung bakso MamaSuka, Sasa, dan Saguku. Tidak perlu bingung memilihnya karena kami akan mengulasnya satu per satu di sini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Disimak, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Filma, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing.Guna mendapatkan produk yang tepat, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merek Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merek di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Unsalted Butter Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Unsalted Butter Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Unsalted butter merupakan mentega yang tidak ditambahkan garam sehingga rasanya lebih tawar. Unsalted butter banyak digunakan untuk memasak, baking, atau sebagai lemak tambahan saat memberikan MPASI bayi. Namun, apakah Anda yakin sudah memilih unsalted butter yang tepat?Kali ini, kami akan membagikan tips memilih unsalted butter yang bagus beserta rekomendasi produk terbaiknya. Merek unsalted butter favorit banyak orang, seperti Anchor, Lurpak, dan Elle & Vire juga akan kami review. Baca artikel ini dan temukan produk yang tepat! Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori