10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!

Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!

Daftar isi

Apa itu extra virgin olive oil?

Minat masyarakat terhadap minyak zaitun semakin meningkat seiring tumbuhnya kesadaran akan kesehatan. Di supermarket, saat ini telah tersedia berbagai jenis minyak zaitun dan bahkan terdapat jenis “extra virgin” dengan banyak variasi, baik dari dalam maupun luar negeri.

Akan tetapi, apakah Anda tahu bahwa di banyak supermarket terdapat extra virgin olive oil yang palsu? Kami akan menjelaskan tentang hal tersebut terlebih dahulu.

Lebih dari 60% yang beredar di pasaran Amerika dan Jepang adalah produk palsu

Mungkin kenyataan ini sedikit mengejutkan bagi Anda yang membeli produk minyak zaitun dengan berpegang hanya pada keterangan “extra virgin” yang tertera pada label. Kenyataannya, bahkan di negara maju seperti Amerika dan Jepang, kebanyakan extra virgin olive oil yang beredar hanya sekitar 10% – 40% yang merupakan produk asli.

Untuk pasar Jepang, hal ini terjadi karena adanya perbedaan standar penilaian kualitas minyak zaitun oleh asosiasi pangan dari Jepang. Akan tetapi, tentu anggapan tentang keaslian suatu produk bisa berbeda bergantung pada penilaian tiap orang akan produk asli. Jika Anda ingin tetap berpegang pada kualitas extra virgin, penting untuk terlebih dahulu memahami kriterianya.

Standar Asosiasi Minyak Zaitun Internasional

Standar Asosiasi Minyak Zaitun Internasional

Saat ini, minyak zaitun yang beredar di dunia diklasifikasikan menjadi tiga jenis utama sesuai kriteria International Olive Association (IOC), yaitu minyak zaitun murni (virgin olive oil), minyak zaitun olahan (refined olive oil), dan minyak zaitun (olive oil).

Jenis virgin olive oil dikatakan cocok untuk dikonsumsi karena pada dasarnya dibuat tanpa bahan tambahan. Sedangkan extra virgin olive oil adalah sebutan yang diakui untuk sebagian kecil minyak zaitun yang lolos semua standar ketat IOC. Minyak zaitun yang diizinkan untuk disebut sebagai extra virgin sangat langka dan jumlahnya sedikit. Produsen utama extra virgin olive oil adalah Italia dengan persentase 45%, dan Spanyol di posisi kedua dengan persentase 30%.

Cara memilih extra virgin olive oil

Ada beberapa trik dalam memilih extra virgin olive oil dengan baik. Mari kita lihat poin-poin berikut!

Pilih kemasan botol kaca untuk mencegah oksidasi

Pilih kemasan botol kaca untuk mencegah oksidasi

Extra virgin olive oil sangat sensitif sehingga mudah teroksidasi bahkan dengan cahaya lampu fluorescent sekalipun. Akhir-akhir ini semakin banyak produk yang dijual dalam kemasan wadah plastik ringan. Namun, wadah plastik ini mudah ditembus oksigen sehingga berisiko mengakibatkan minyak mengalami kerusakan. Jadi, perhatikan baik-baik kemasan botol dari produk yang Anda pilih.

Dalam memilih extra virgin olive oil yang bagus, mari pilih botol kaca berwarna gelap yang sulit ditembus cahaya dan tidak mudah dilewati oksigen. Selain itu, kualitas minyak juga akan lebih cepat terdegradasi akibat bersentuhan dengan oksigen setelah kemasannya dibuka. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih produk berukuran kecil untuk digunakan dalam waktu singkat daripada memilih produk dalam volume terlalu banyak.

Periksa informasi pada label secara saksama

Periksa informasi pada label secara saksama

Label yang ditempel pada kemasan umumnya berisi informasi mengenai negara produksi, jenis bahan baku, kadar keasaman, metode perawatan, dan lainnya. Selain itu, biasanya tertera juga tanda sertifikasi organik dan lain-lain dari negara produsen. Jadi, pemeriksaan label sangat diperlukan untuk menilai kualitas dari extra virgin olive oil yang ingin Anda beli.

Meski di supermarket terdapat banyak minyak zaitun yang dijual dengan nama dagang “extra virgin olive oil“, ada juga beberapa produk yang labelnya tidak mencantumkan keterangan negara asal penghasil, bahan baku, atau informasi lainnya sama sekali. Perhatikanlah dengan saksama karena produk-produk semacam ini kemungkinan adalah produk palsu.

Bedakan minyak yang digunakan sesuai dengan tujuan pemakaian

Bedakan minyak yang digunakan sesuai dengan tujuan pemakaian

Extra virgin olive oil memiliki ciri khas rasa yang ringan dan tidak tajam. Karakteristik ini menjadikannya sangat ideal untuk dimakan langsung, misalnya dengan dioleskan pada baguette, sebagai dressing untuk salad, atau digunakan sebagai penyedap akhir pada masakan.

Selain itu, minyak zaitun juga tahan terhadap panas. Semakin tinggi kualitas suatu produk extra virgin olive oil, semakin tinggi pula ketahanannya terhadap suhu panas. Bahkan dibandingkan dengan minyak wijen dan minyak nabati yang sering digunakan untuk menggoreng atau menumis masakan, extra virgin olive oil memiliki keunggulan lebih sulit teroksidasi meski dipanaskan dalam waktu lama sehingga tidak menghasilkan asam yang berbahaya bagi tubuh.

Namun, ketika extra virgin olive oil dipanaskan pada suhu tinggi, aroma atau kekayaan rasa yang khas pada minyak akan hilang. Karena harganya lebih mahal dibandingkan dengan minyak zaitun biasa, extra virgin olive oil lebih disarankan untuk membuat masakan ketika Anda ingin lebih menikmati rasa dan aromanya. Jadi, bedakanlah jenis minyak yang digunakan sesuai dengan jenis masakan yang dibuat.

10 Rekomendasi extra virgin olive oil terbaik

Setelah memahami poin-poin untuk memilih extra virgin olive oil, sekarang kami akan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Pilihlah produk yang paling Anda suka!

10. Rafael Salgado Glass Jars with Handle

10. Rafael Salgado Glass Jars with Handle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 14.025

Percantik meja makan Anda dengan botol kaca yang unik

Extra virgin olive oil dari Rafael Salgado memiliki tingkat keasaman rendah yang menjadikannya cocok untuk digunakan sebagai dressing pada masakan. Produk ini menggunakan zaitun dari perbukitan Cordoba atau Seville yang memiliki rasa yang lembut, tidak pahit, dan menggugah selera makan sehingga sangat cocok dicampurkan pada hidangan jika Anda sedang tidak nafsu makan.

Rafael Salgado Glass Jars with Handle memiliki kualitas yang telah teruji oleh profesional di kelasnya sehingga Anda tidak perlu meragukan produk asal Spanyol ini. Extra virgin olive oil ini juga dikemas dalam botol kaca dengan desain yang unik sehingga bisa juga mempercantik meja makan Anda.

9. Gallo My First Olive Oil

9. Gallo My First Olive Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 58.000

Bahan baku berkualitas tinggi yang aman untuk campuran MPASI

Dengan rasanya yang lembut dan tingkat keasaman maksimal hanya 0,2%, Gallo Extra Virgin Olive Oil Classico sangat cocok untuk dicampurkan ke dalam makanan bayi pendamping ASI (MPASI), seperti ikan, daging, bubur, sup, dan lainnya. Produk ini aman untuk dikonsumsi bahkan untuk bayi karena tidak mengandung perasa, pewarna, maupun bahan pengawet.

Extra virgin olive oil produksi Gallo ini telah memiliki sertifikasi keamanan pangan dan bahan bakunya juga terjamin terbuat dari zaitun berkualitas tinggi. Dengan dikemas di dalam botol kaca bewarna gelap, minyak ini terlindung dari paparan cahaya sehingga kualitasnya tetap terjaga.

8. Olitalia Extra Virgin Olive Oil

8. Olitalia Extra Virgin Olive Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 190.000

Pas untuk segala kreasi di dapur Anda

Olitalia Extra Virgin Olive Oil sangat ideal suntuk berbagai jenis hidangan, mulai dari dressing untuk salad, berbagai jenis masakan pasta, pemberi rasa hidangan dingin, bahan tambahan saus, bahkan untuk memanggang atau menggoreng. Dikemas dalam botol kaca berwarna hijau gelap, produk ini sangat tepat untuk menemani Anda berkreasi di dapur!

Produk dari Olitalia ini menawarkan kombinasi yang sempurna dengan sedikit rasa pahit, medium fruity, dan rasa yang cukup kencang sehingga digemari oleh banyak konsumen di seluruh dunia. Selain itu, sebagai produk vegan, extra virgin olive oil ini tidak mengandung sodium, kolesterol, atau bahkan mineral, dan kaya akan vitamin E yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

7. Ondoliva Selection Extra Virgin Olive Oil

7. Ondoliva Selection Extra Virgin Olive Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 79.900

Nikmati campuran tiga varietas zaitun terbaik!

Kandungan campuran rasa yang seimbang dengan sedikit sentuhan almond dan apel hijau pada Ondoliva Selection Extra Virgin Olive Oil membuatnya sangat cocok dinikmati bahkan hanya dengan mengoleskannya pada sepotong roti! Produk ini mengandung 50% Arbequina yang merupakan varietas zaitun termahal yang memiliki rasa dan aroma yang lebih pekat.

Selain itu, minyak ini juga mengandung varietas zaitun lain seperti Hojiblanca yang mampu memberikan rasa pedas yang menyenangkan, dan rasa lembut dari varietas Verdial sehingga menghasilkan extra virgin olive oil terbaik. Meski menggunakan banyak varietas zaitun, produk ini harganya cukup terjangkau, lho!

6. Mueloliva Extra Virgin Olive Oil

6. Mueloliva Extra Virgin Olive Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 140.000

Aroma yang lebih wangi untuk menambah kenikmatan hidangan

Extra virgin olive oil produksi Mueloliva hanya menggunakan zaitun pilihan berkualitas tinggi dengan aroma yang lebih wangi dibandingkan varietas lain sehingga sangat pas untuk Anda yang mementingkan aroma dalam masakan. Minyak dari Spanyol dengan tingkat keasaman rendah ini telah menjadi bagian khas dari kelezatan dan kesehatan masakan Mediteranian sejak lama.

Mueloliva Extra Virgin Olive Oil memiliki intensitas rasa medium yang lembut dan sedikit pahit, menjadikannya cocok untuk digunakan sebagai tambahan yang sempurna untuk hampir semua masakan! Anda bisa menggunakannya sebagai dressing untuk salad, tambahan rasa pada pasta atau sup, untuk menggoreng atau membuat hidangan ikan maupun daging yang dipanggang.

5. Sasso Extra Virgin Olive Oil

5. Sasso Extra Virgin Olive Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 113.000

Manjakan lidah Anda dengan rasa khas produk ini!

Bagi Anda penyuka rasa yang lembut dan manis, Sasso Extra Virgin Olive Oil yang dapat digunakan untuk hidangan mentah maupun matang ini pasti akan memanjakan lidah Anda! Diproduksi dengan metode yang diwariskan turun-temurun, extra virgin olive oil ini mampu menjaga kelezatan tiap hidangan tanpa menutupi rasanya.

Produk dari Sasso ini hanya menggunakan bahan pilihan dan dikemas dalam botol berwarna hijau gelap untuk memastikan kualitas produknya tetap terjaga. Dengan tingkat keasaman 0,5 % dan warnanya yang kuning terang keemasan, extra virgin olive oil ini merupakan pilihan yang tepat untuk melengkapi dapur maupun meja makan Anda!

4. Casa di Oliva Extra Virgin Olive Oil for Kids

4. Casa di Oliva Extra Virgin Olive Oil for Kids

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 59.000

Aman dan bergizi tinggi untuk balita

Bagi Anda yang memiliki balita berumur 2 tahun, telah selesai disusui dan telah diperkenalkan dengan makanan padat, Casa di Oliva Extra Virgin Olive Oil bisa menjadi pilihan untuk dicampurkan ke dalam makanan padatnya untuk tambahan asupan gizi. Zaitun yang digunakan dalam produk ini bebas dari penggunaan pestisida sehingga aman dikonsumsi bahkan untuk balita sekali pun.

Extra virgin olive oil dari Casa di Oliva mengandung antioksidan yang lebih tinggi tinggi, kaya akan vitamin dan mineral, serta asam lemak seperti linoleic acid, Omega 3 dan 6 sehingga sangat baik untuk pertumbuhan balita. Produk ini juga memiliki rasa fruity yang lebih kuat, menjadikannya lebih disukai dan mudah dikonsumsi oleh anak-anak.

3. Filippo Berio Extra Virgin Olive Oil

3. Filippo Berio Extra Virgin Olive Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 86.500

Rasa yang kaya dan seimbang dari buah zaitun pilihan

Filippo Berio Extra Virgin Olive Oil adalah salah satu produk extra virgin olive oil yang terbuat dari buah zaitun terbaik dan diproses dengan metode cold pressed untuk menjaga keseimbangan dan kekayaan rasanya. Produk ini tidak mengandung zat aditif maupun bahan artifisial lainnya, kaya akan rasa, serta memiliki aroma yang segar dan lembut dari zaitun.

Agar kualitas minyak tetap terjaga, disarankan untuk menggunakan extra virgin olive oil ini pada titik panas 338°F – 374°F saat memasak. Selain dapat digunakan sebagai finishing pada salad, hidangan pasta, atau sup, produk ini juga cocok untuk marinate atau menumis ikan serta sayuran.

2. Borges Extra Virgin Olive Oil (Original)

2. Borges Extra Virgin Olive Oil (Original)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 90.000

Aroma dan rasa original yang lezat sebagai penunjang diet

Borges memilih zaitun berkualitas tinggi yang dibudidayakan di bawah matahari Mediteranian sebagai bahan baku produk mereka. Mengingat bahwa hidangan khas Mediteranian sendiri dikenal sebagai salah satu masakan yang tersehat di seluruh dunia, tidak heran jika produk ini sangat populer di pasaran.

Extra virgin olive oil yang dihasilkan oleh Borges memiliki aroma dan rasa original sehingga sangat nikmat digunakan sebagai dressing pada salad, membuat saus, untuk hidangan yang ditumis atau dipanggang, dan lainnya. Produk ini juga tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, bebas gula maupun garam sehingga aman dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet.

1. Bertolli Extra Virgin Olive Oil (Original)

1. Bertolli Extra Virgin Olive Oil (Original)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 92.000

Rasakan kemewahan rasa khas Mediteranian dalam masakan Anda!

Salah satu extra virgin olive oil di pasaran yang terjamin kualitasnya adalah produk keluaran Bertolli ini! Produk ini menggunakan bahan baku zaitun organik terpilih serta memiliki label dari USDA Organics. Pemrosesannya sendiri menggunakan sistem cold-pressed untuk menjamin dan mempertahankan rasa fruity yang alami.

Extra virgin olive oil tipe original dari Bertolli ini memiliki aroma yang wangi dan cita rasa yang sempurna sehingga ideal untuk dikonsumsi langsung, misalnya sebagai dipping roti dan dressing pada salad, atau untuk tambahan pada masakan, seperti saus pasta dan bahkan untuk hidangan daging. Dengan produk ini, Anda bisa mendapatkan rasa mewah khas Mediteranian tanpa perlu terlalu banyak menambah bahan lainnya.

Kesimpulan

Extra virgin olive oil biasanya dikonsumsi untuk tujuan kesehatan. Tentunya Anda ingin memilih produk terbaik agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, bukan?

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa produk yang Anda beli merupakan produk asli, dan hindari penggunaan produk palsu karena akan sangat berpengaruh pada kesehatan. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi dalam memilih extra virgin olive oil terbaik untuk asupan harian Anda, ya!