mybest
Minyak

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik [Ditinjau oleh Chef]
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 1
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 2
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 3
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 4
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik  [Ditinjau oleh Chef] 5

10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik [Ditinjau oleh Chef]

Extra virgin olive oil (EVOO) merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat EVOO lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.

Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Jadi, mari disimak!

Diperbaharui 04/10/2023
Laire Siwi Mentari
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 10 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum dan telah menerbitkan buku berjudul "Kelana Lidah Jawa", sebuah bunga rampai fiksi sejarah kuliner yang diterbitkan oleh Ambarrukmo.

Profil Laire Siwi Mentari
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu extra virgin olive oil?

Apa itu extra virgin olive oil?

Minat masyarakat terhadap extra virgin olive oil (EVOO) makin meningkat seiring dengan tumbuhnya kesadaran akan kesehatan. Namun, Anda mungkin belum mengetahui perbedaan antara EVOO,virgin olive oil, dan olive oil (minyak zaitun biasa). Nah, agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskannya dengan lebih detail. Mari disimak.


  • EVOO

EVOO adalah minyak yang diekstrak dengan metode cold-pressed tanpa pelarut atau proses pemurnian. Karena itu, EVOO dianggap sebagai minyak zaitun dengan kualitas paling tinggi. Karakteristik EVOO lainnya adalah memiliki kandungan oleic acid tidak lebih dari 0,8%. Menurut International Olive Council (IOC), makin rendah kadar oleic acid, makin bagus pula kualitas minyak zaitunnya.


Namun, karena tidak tahan panas, jenis ini sebaiknya digunakan sebagai salad dressing. Dengan demikian, kandungan vitamin dan kalsium di dalamnya tetap terjaga. Selain sebagai dressing, Anda juga bisa menggunakannya untuk campuran dipping-sauce, finishing saat plating, atau apa pun yang pengaplikasiannya tidak melalui proses memasak.


  • Virgin oilve oil

Virgin olive oil adalah minyak zaitun dengan kualitas satu tingkat di bawah EVOO dengan kandungan oleic acid sebanyak 1,5%. Minyak ini diproduksi dengan cara yang sama seperti EVOO dan dapat digunakan untuk menumis masakan.


  • Olive oil
Produk berlabel pure olive oil atau hanya olive oil adalah minyak zaitun yang dimurnikan (refined olive oil). Minyak ini diperoleh dari pemurnian virgin olive oil dan mengandung oleic acid tidak lebih dari 1%. Meski persentase asamnya lebih rendah dari virgin olive oil, kandungan nutrisi olive oil banyak hilang dalam proses pemurnian. Namun, Anda dapat menggunakannya untuk menggoreng karena memiliki smoke point yang tinggi.

Sebagai informasi, kebanyakan EVOO yang beredar di Indonesia saat ini merupakan produk impor. Negara produsen utama EVOO adalah Italia dengan persentase 45%, lalu disusul Spanyol dengan persentase 30%.

Manfaat extra virgin olive oil

EVOO dipercaya mengandung lebih dari tiga puluh jenis antioksidan. Kandungan ini dikenal juga sebagai polifenol minyak zaitun. Kandungan tersebut menjadikan EVOO kaya akan manfaat kesehatan. Informasi selengkapnya akan kami berikan di bawah ini.

Untuk kecantikan: Mengatasi kulit dan rambut yang kering

Untuk kecantikan: Mengatasi kulit dan rambut yang kering

Bisa dikatakan bahwa EVOO kaya akan bahan kecantikan dan kesehatan. Sebagai contoh, EVOO mengandung beberapa bahan yang baik untuk melembapkan kulit dan rambut, seperti squalene dan oleic acid. Untuk penggunaan pada rambut, Anda bisa mengoleskan EVOO pada ujung rambut yang rusak. Namun, sebaiknya hindari penggunaan hingga kulit kepala. 


Di samping itu, EVOO memiliki karakteristik mudah meresap saat diaplikasikan langsung ke kulit atau rambut. Tidak heran bila minyak jenis ini sering digunakan sebagai bahan kosmetik. Jika rambut atau kulit Anda terasa kering, sangat disarankan untuk mengoleskan minyak ini. 


EVOO juga dapat dimasukkan ke dalam menu diet. Anda mungkin tidak menyadari bahwa terlalu banyak makan atau minum justru membuat Anda mudah lapar. Hal tersebut tentu merusak pola makan Anda. Lebih lanjut, pola makan yang tidak tepat dapat memberi efek buruk pada kecantikan. Nah, keberadaan EVOO dalam menu makanan bisa menjadi penyelamat diet Anda.

Untuk kesehatan: Menjaga kondisi tubuh

Untuk kesehatan: Menjaga kondisi tubuh

Selain memiliki efek kecantikan, EVOO juga mempunyai banyak manfaat kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan yang dimilikinya. Selain kalsium, EVOO kaya akan kalium, natrium, vitamin E, dan vitamin K. Dengan kandungan tersebut, tak heran jika EVOO banyak digunakan untuk tujuan kesehatan.


Berikut ini beberapa kegunaan EVOO untuk kesehatan:

  • Membantu mengontrol tekanan darah.
  • Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.
  • Menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah.
  • Mengatasi sembelit.
  • Menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih extra virgin olive oil

Sekarang saatnya kami menjelaskan beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli EVOO. Karena tidak semua minyak zaitun bisa disebut extra virgin olive oil, Anda harus lebih jeli saat memilih. Jadi, mari kita lihat poin-poinnya di bawah ini!
1

Pilih kemasan botol kaca untuk mencegah oksidasi

Pilih kemasan botol kaca untuk mencegah oksidasi
EVOO sangat mudah teroksidasi oleh udara dan cahaya. Karena itu, dibandingkan botol plastik, pilihlah produk yang dikemas dalam botol kaca. Utamakan botol yang berwarna gelap. Botol seperti ini sulit ditembus cahaya serta tidak mudah dilewati oksigen. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan EVOO yang kualitasnya lebih terjaga.

Di samping itu, kualitas minyak juga akan menurun akibat bersentuhan dengan oksigen setelah kemasannya dibuka. Oleh karena itu, pilihlah produk yang ukuran kemasannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari produk berukuran besar jika Anda tidak terlalu sering menggunakan EVOO karena minyak akan rusak jika tak segera dihabiskan.


Sebagai informasi, saat ini produsen EVOO hampir semua telah memproduksi EVOO dengan kemasan botol kaca berwarna gelap. Kemasan ini digunakan terutama untuk penggunaan rumahan.


Namun, ada beberapa merek EVOO yang memproduksi dalam kemasan besar untuk penggunaan di restoran atau hotel. Untuk produk ini, kemasan yang digunakan biasanya adalah botol plastik. Jika Anda membeli produk seperti itu, sebaiknya tetap pindahkan sebagian kecil ke dalam botol kaca gelap agar lebih efisien.

2

Cek keasliannya dengan memastikan keberadaan logo sertifikasi

Cek keasliannya dengan memastikan keberadaan logo sertifikasi

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tidak semua minyak zaitun bisa disebut sebagai extra virgin. Cara termudah untuk mengecek keaslian EVOO adalah memastikan keberadaan logo sertifikasi dari organisasi terkemuka.


Umumnya, EVOO yang dipasarkan ke seluruh penjuru dunia mengusung logo IOC sebagai jaminan keaslian. Adanya logo IOC pada kemasan menandakan produk EVOO tersebut telah lolos pemeriksaan sehingga konsumen tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.


Selain IOC, masih ada lembaga lain yang mengeluarkan logo sertifikasi untuk menjamin keaslian EVOO. Contohnya adalah California Olive Oil Council (COOC) dan North American Olive Oil Association (NAOOA). Di Indonesia sendiri ada BPOM dan LPPOM MUI yang berwenang memberikan sertifikasi yang berkaitan dengan keamanan serta kehalalan produk.


Meski standar pengujiannya berbeda-beda, bisa dipastikan produk-produk berlogo sertifikasi tersebut lebih terjamin kualitasnya. Jadi, sebisa mungkin pilihlah EVOO yang memiliki logo sertifikasi.

3

Periksa informasi pada label secara saksama

Periksa informasi pada label secara saksama
Karena jenis olive oil ada banyak dan kebutuhan Anda juga berbeda-beda, memeriksa informasi label adalah hal yang penting. Hal ini terutama bagi konsumen yang sangat memperhatikan kesehatan. Label yang ditempel pada kemasan botol EVOO umumnya berisi informasi mengenai produk yang Anda beli.

Anda bisa menemukan info asal negara, jenis bahan baku, kadar keasaman, cara penyimpanan, dan lainnya. Selain itu, biasanya tertera juga tanda sertifikasinya. Pemeriksaan label sangat diperlukan untuk mengetahui kualitas dari EVOO yang ingin Anda beli.


Sayangnya, tidak semua produk mencantumkan keterangan produk secara detail. Jika Anda menemukan produk seperti itu, Anda sebaiknya berhati-hati. Ada kemungkinan produk tersebut adalah produk palsu. Bahkan, produk yang dijual dengan nama “extra virgin olive oil“ pun perlu Anda perhatikan dengan teliti.


Sebisa mungkin, Anda juga harus menemukan keterangan tanggal pengemasan minyak, tanggal panen, hingga batch date. Jadi, jangan hanya terpaku pada tanggal kedaluwarsa minyak. Pasalnya, EVOO justru sebaiknya digunakan 18 bulan setelah dipanen. Jika suatu produk hanya mencantumkan tanggal kedaluwarsa, sebaiknya Anda berhati-hati.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Extra Virgin Olive Oil Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Extra Virgin Olive Oil terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 04 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Kemasan
Berat bersih
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
1

Borges

Extra Virgin Olive Oil

Borges  Extra Virgin Olive Oil  1

Mulai dari Rp59.900,00

Menengah

Bebas gula dan garam, cocok sebagai penunjang diet sehat

Extra virgin olive oil coupage

Botol

125 ml, 250 ml, 500 ml, 750 ml, 1.000 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Bertolli

Extra Virgin Rich Taste Olive Oil

Bertolli  Extra Virgin Rich Taste Olive Oil 1

Mulai dari Rp72.200,00

Menengah

Teksturnya kental dan pekat, pas dijadikan bumbu untuk pasta

100% minyak zaitun extra virgin

Botol

250 ml, 500 ml, 1.000 ml, 2.000 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Tropicana Slim

Extra Virgin Olive Oil

Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil 1

Mulai dari Rp105.600,00

Agak Mahal

Minyak zaitun yang bisa digunakan untuk menumis

100% pure extra virgin olive oil

Botol

500 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

4

Casa di Oliva

Extra Virgin Olive Oil for Kids

Casa di Oliva  Extra Virgin Olive Oil for Kids 1

Mulai dari Rp84.500,00

Menengah

Diproses secara khusus untuk memenuhi nutrisi anak

Tidak diketahui

Botol

250 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Yummy Bites

Kiddy Extra Virgin Olive Oil

Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil 1

Mulai dari Rp71.000,00

Menengah

Minyak zaitun untuk anak dengan nutrisi yang tetap terjaga

Minyak zaitun extra virgin 100%

Botol

250 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6

Filippo Berio

Extra Virgin Olive Oil

Filippo Berio  Extra Virgin Olive Oil 1

Mulai dari Rp72.500,00

Menengah

Jaga kesehatan jantung Anda dengan mengonsumsi produk ini

100% minyak zaitun extra virgin

Botol, kaleng

250 ml, 500 ml, 750 ml, 1.000 ml, 1.500 ml, 3.000 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Beorganik

Extra Virgin Olive Oil

Beorganik  Extra Virgin Olive Oil  1

Mulai dari Rp37.000,00

Agak Murah

Tersedia kemasan spray 100 ml yang praktis dan ekonomis

Tidak diketahui

Botol

100 ml, 250 ml, 500 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

Rafael Salgado

Extra Virgin Olive Oil Glass Jars with Handle

Rafael Salgado  Extra Virgin Olive Oil Glass Jars with Handle 1

Mulai dari Rp16.800,00

Lebih Murah

Tersedia dalam beragam ukuran, mudah dipilih sesuai kebutuhan

Tidak diketahui

Botol, kaleng

20 ml, 90 ml, 175 ml, 200 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml, 5.000 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

COBRAM ESTATE USA

CLASSIC 100% CALIFORNIA EXTRA VIRGIN OLIVE OIL

COBRAM ESTATE USA  CLASSIC 100% CALIFORNIA EXTRA VIRGIN OLIVE OIL 1

Mulai dari Rp98.000,00

Menengah

Menghadirkan rasa klasik dan autentik minyak zaitun

Tidak diketahui

Botol

375 ml, 750 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

Pietro Coricelli

Extra Virgin Olive Oil

Pietro Coricelli Extra Virgin Olive Oil 1

Mulai dari Rp217.300,00

Lebih Mahal

Perawatan alami untuk rambut yang lebih sehat dan berkilau

100% ekstra virgin olive oil

Botol, kaleng

250 ml, 500 ml, 1.000 ml. 5.000 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Borges Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil  1
Sumber: worldwide.borges.es
Harga referensi
Mulai dari Rp59.900,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp59.900,00
Menengah

Bebas gula dan garam, cocok sebagai penunjang diet sehat

Borges memilih zaitun berkualitas tinggi hasil budi daya di bawah matahari Mediteranian sebagai bahan baku produknya. Karena itu, produk ini memiliki aroma dan rasa original yang sangat nikmat saat digunakan ke dalam hidangan.

Anda bisa menggunakannya sebagai dressing pada salad serta membuat saus. Hidangan yang dipanggang juga bisa diolah dengan minyak ini. Selain itu, produk ini tidak mengandung gula dan garam. Alhasil, EVOO ini cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang berdiet.

Komposisi utamaExtra virgin olive oil coupage
KemasanBotol
Berat bersih125 ml, 250 ml, 500 ml, 750 ml, 1.000 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Bertolli Extra Virgin Rich Taste Olive Oil

Harga referensi
Mulai dari Rp72.200,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp72.200,00
Menengah

Teksturnya kental dan pekat, pas dijadikan bumbu untuk pasta

Sesuai namanya, Bertolli Extra Virgin Rich Taste Olive Oil menawarkan rasa yang sangat kaya saat dicampur ke masakan. Hanya dengan sedikit tetesan minyak ini, hidangan Anda akan mendapatkan rasa mewah khas Mediteranian.

Jika Anda tidak ingin menggunakan banyak minyak dan bumbu dalam masakan, produk ini bisa menjadi solusi! Pasalnya, produk ini memiliki tekstur yang kental dan pekat sehingga cocok untuk melengkapi hidangan pasta Anda. Hebatnya lagi, extra virgin olive oil dari Bertolli ini merupakan produk pertama yang mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Komposisi utama100% minyak zaitun extra virgin
KemasanBotol
Berat bersih250 ml, 500 ml, 1.000 ml, 2.000 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.3

Tropicana SlimExtra Virgin Olive Oil

Harga referensi
Mulai dari Rp105.600,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp105.600,00
Agak Mahal

Minyak zaitun yang bisa digunakan untuk menumis

Anda yang gemar memasak pasti akan cocok dengan produk ini. Pasalnya, Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil bisa digunakan untuk menumis, bahkan memanggang makanan. Selain membuat rasa makanan lebih nikmat, kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuhnya baik untuk kesehatan Anda.


Anda tak usah khawatir soal rasa. Penggunaan buah zaitun terbaik menjadikan produk ini memiliki rasa dan aroma yang kaya serta lembut khas zaitun. Coba saja!

Komposisi utama100% pure extra virgin olive oil
KemasanBotol
Berat bersih500 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.4

Casa di Oliva Extra Virgin Olive Oil for Kids

Extra Virgin Olive Oil for Kids 1
Sumber: shopee.co.id
Extra Virgin Olive Oil for Kids 2
Sumber: shopee.co.id
Extra Virgin Olive Oil for Kids 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp84.500,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp84.500,00
Menengah

Diproses secara khusus untuk memenuhi nutrisi anak

Produk ini diproses secara khusus agar cocok untuk konsumsi oleh anak-anak sehingga Anda dapat memberikan nutrisi terbaik kepada mereka. Diproduksi oleh Kozmopolitan Gida San di Turki, olive oil ini kaya akan nutrisi penting. Kandungan antioksidan, vitamin A, D, E, dan K, sangat berperan dalam perkembangan otak dan sel saraf. 


Selain itu, minyak zaitun Casa Di Oliva Kids merangsang pertumbuhan tulang, membantu penyerapan kalsium, dan mineralisasi tulang. Produk ini memiliki rasa buah yang disukai anak-anak, menjadikannya pilihan yang lezat dan bergizi untuk si kecil.

Komposisi utamaTidak diketahui
KemasanBotol
Berat bersih250 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.5

Yummy BitesKiddy Extra Virgin Olive Oil

Harga referensi
Mulai dari Rp71.000,00
Menengah

Minyak zaitun untuk anak dengan nutrisi yang tetap terjaga

Minyak zaitun atau olive oil memang kaya manfaat. Nah, minyak zaitun dari Yummy Bites berasal dari Spanyol. Proses pembuatannya menggunakan metode cold pressed sehingga nutrisinya tetap terjaga. Bagi Anda yang senang memasak, produk ini bisa Anda pilih.


Lalu, minyak zaitun ini memiliki tingkat keasaman yang rendah, hanya sebesar 0,2% saja. Rasa dan aromanya tergolong netral sehingga tidak akan memengaruhi rasa makanan si kecil. Namun, gunakan minyak zaitun ini untuk memasak dengan suhu sedang dan tidak terlalu lama, ya.

Komposisi utamaMinyak zaitun extra virgin 100%
KemasanBotol
Berat bersih250 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.6

Filippo Berio Extra Virgin Olive Oil

Harga referensi
Mulai dari Rp72.500,00
Menengah

Jaga kesehatan jantung Anda dengan mengonsumsi produk ini

Filippo Berio merupakan brand ternama yang memproduksi EVOO berkualitas menggunakan buah zaitun pilihan asal Italia. Anda tidak perlu takut saat mengonsumsinya karena produk ini dibuat tanpa tambahan zat aditif seperti pewarna atau pengawet.


Jika Anda adalah orang yang sangat peduli dengan kesehatan jangka panjang, sebaiknya jangan lewatkan produk ini. Produk ini akan membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung dan diabetes. Konsumsilah secara rutin agar kadar kolesterol dan gula darah Anda tetap terkendali.

Komposisi utama100% minyak zaitun extra virgin
KemasanBotol, kaleng
Berat bersih250 ml, 500 ml, 750 ml, 1.000 ml, 1.500 ml, 3.000 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.7

Beorganik Extra Virgin Olive Oil

Harga referensi
Mulai dari Rp37.000,00
Agak Murah

Tersedia kemasan spray 100 ml yang praktis dan ekonomis

Beorganik Extra Virgin Olive Oil bisa jadi pilihan terbaik untuk menambahkan cita rasa dan kualitas pada masakan Anda. Minyak zaitun extra virgin ini dihasilkan melalui metode cold pressed yang menjaga rasa dan aroma buah zaitun yang khas. 


Dengan kualitas terbaiknya, produk ini tidak dicampur dengan bahan lain sehingga Anda dapat menikmati keaslian rasa zaitun. Tersedia kemasan spray praktis 100 ml, produk ini kian ekonomis dan mudah digunakan dalam berbagai resep masakan Anda. 

Komposisi utamaTidak diketahui
KemasanBotol
Berat bersih100 ml, 250 ml, 500 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.8

Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil Glass Jars with Handle

Harga referensi
Mulai dari Rp16.800,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp16.800,00
Lebih Murah

Tersedia dalam beragam ukuran, mudah dipilih sesuai kebutuhan

Rafael Salgado menawarkan extra virgin olive oil dengan ukuran kemasan paling beragam. Jadi, Anda bisa dengan mudah membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba EVOO, kami sarankan untuk memilih produk dalam kemasan terkecil. 

Selain ukurannya beragam, botol kemasan extra virgin olive oil ini terlihat sangat unik dan cantik. Dengan begitu, produk ini bisa digunakan sebagai pajangan untuk memperindah dapur atau meja makan Anda.

Komposisi utamaTidak diketahui
KemasanBotol, kaleng
Berat bersih20 ml, 90 ml, 175 ml, 200 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml, 5.000 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.9

COBRAM ESTATE USA CLASSIC 100% CALIFORNIA EXTRA VIRGIN OLIVE OIL

Harga referensi
Mulai dari Rp98.000,00
Menengah

Menghadirkan rasa klasik dan autentik minyak zaitun

Minyak ini dihasilkan dari perasan pertama buah zaitun segar, menjadikannya kaya akan nutrisi dan cita rasa yang autentik. Cobram Estate, penanam zaitun yang mendapat penghargaan terbanyak di Australia, menjamin Anda mendapatkan produk berkualitas tinggi.


Kelebihan lainnya adalah penggunaan EVOO yang dapat membantu menurunkan gula darah dan kolesterol jahat, serta mengurangi risiko penyakit jantung. Anda dapat menggunakannya dalam berbagai cara, mulai dari menumis, saus salad, hingga sebagai olesan pada makanan panggang atau roti. Cobram Estate Classic Extra Virgin Olive Oil menghadirkan rasa klasik yang membuat masakan Anda semakin lezat dan sehat.

Komposisi utamaTidak diketahui
KemasanBotol
Berat bersih375 ml, 750 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all
No.10

Pietro CoricelliExtra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil 1
Sumber: shopee.co.id
Extra Virgin Olive Oil 2
Sumber: shopee.co.id
Extra Virgin Olive Oil 3
Sumber: shopee.co.id
Extra Virgin Olive Oil 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp217.300,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp217.300,00
Lebih Mahal

Perawatan alami untuk rambut yang lebih sehat dan berkilau

Rasa dari extra virgin olive oil keluaran Pietro Coricelli ini sedikit pekat, tetapi tidak meninggalkan kesan berminyak ketika ditelan. Teksturnya pun tidak terlalu lengket sehingga nyaman untuk digunakan pada wajah atau rambut.


Jika Anda sedang mencari produk perawatan alami untuk rambut, jatuhkan saja pilihan Anda pada produk ini. Anda dapat menggunakannya untuk merawat rambut kering dan bercabang atau untuk melembapkan rambut. Dengan penggunaan rutin, rambut akan tampak berkilau dan tentunya lebih sehat. 

Komposisi utama100% ekstra virgin olive oil
KemasanBotol, kaleng
Berat bersih250 ml, 500 ml, 1.000 ml. 5.000 ml
Porsi penyajianTidak diketahui
Jenis masakanTidak diketahui
Mengandung santanTidak diketahui
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halalTidak diketahui
KaloriTidak diketahui
Daya tahanTidak diketahui
Jumlah proteinTidak diketahui
Tipe bumbuTidak diketahui
View all

Pertanyaan umum seputar extra virgin olive oil

Pertanyaan umum seputar extra virgin olive oil

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami akan membahas pertanyaan populer seputar EVOO. Jika Anda masih penasaran dengan EVOO, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah extra virgin olive oil cocok digunakan untuk menggoreng?

EVOO tidak cocok untuk menggoreng. Dari sisi kesehatan, jika diolah dengan panas, kandungan baik yang terdapat dalam EVOO akan berkurang. Dari sisi rasa, ketika terkena panas, rasa murni zaitun akan menguap dan tidak lagi menjadi gurih.


Selain itu, harga EVOO cukup mahal, sedangkan Anda membutuhkan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng. Jadi, menggunakan EVOO untuk menggoreng tentu tidak ekonomis. Apalagi, bahan makanan yang digoreng tersebut membuat minyak tidak dapat digunakan lagi setelah selesai menggoreng, misalnya ikan.

Tips membedakan jenis minyak zaitun

Tips membedakan jenis minyak zaitun

Meski terlihat hampir mirip, sebenarnya minyak zaitun biasa dan EVOO sangat berbeda. Anda dapat membedakannya dari tampilan, aroma, dan rasanya. EVOO berwarna hijau keemasan dan umumnya berwarna lebih pekat dibandingkan jenis olive oil lainnya.


Makin pekat warnanya, makin kuat pula cita rasa zaitunnya. Hal ini menandakan terdapat kandungan mineral alami di dalamnya. Makin banyak proses pengolahan yang dilalui minyak zaitun, makin terang pula warnanya. Jadi, jika konsumen menginginkan olive oil paling murni, pilihlah EVOO yang memiliki warna paling pekat.


Selain itu, EVOOmemiliki ciri khas rasa yang ringan dan tidak tajamEVOO juga memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap panas. Namun, ketika dipanaskan pada suhu tinggi, aroma atau kekayaan rasa yang khas pada EVOO akan hilang. EVOO juga dipasarkan dengan harga yang lebih tinggi daripada minyak zaitun biasa.

Extra virgin olive oil dapat diminum secara langsung

Extra virgin olive oil dapat diminum secara langsung

EVOO diproduksi hanya melalui proses cold-pressed dan tidak diolah dengan bahan kimia atau oleh suhu tertentu. Karena itu, EVOO dapat diminum atau dikonsumsi secara langsung tanpa proses memasak.


Namun, jangan sampai berlebihan meminumnya, ya! Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 2-3 sendok atau sekitar 30-40 cc per hari. Jika Anda tidak suka mengonsumsinya secara langsung, silakan mencampurkannya ke dalam jus atau minuman lainnya.

Menu makanan dengan extra virgin olive oil

Menu makanan dengan extra virgin olive oil

Umumnya, EVOO digunakan pada berbagai masakan Eropa seperti pasta, ajillo, salad, carpaccio, dan lainnya. Namun, tak hanya masakan Eropa, menu masakan Asia pun kini banyak diberi finishing EVOO. Selain karena pertimbangan kesehatan, EVOO juga dapat memberi aroma dan rasa yang lebih gurih dan harum. Rasa asli dari zaitun membuat hidangan makin menggugah selera.


EVOO juga cocok dipadukan ke dalam masakan Indonesia, lho. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Olahan tahu
Pernahkah Anda mengolah tahu dengan extra virgin olive oil? Ya, aroma dan rasa dari extra virgin olive oil membuat hidangan sederhana seperti tahu menjadi lebih lezat. Bahkan, perpaduan extra virgin olive oil dengan tahu sering ditawarkan sebagai hidangan pembuka di restoran Prancis, lho.

  • Olahan mi

Siapa yang tidak menyukai mi? Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Nah, saat merebus mi, Anda bisa menambahkan extra virgin olive oil. Dijamin, rasanya makin enak. Dengan menambahkan EVOO, menu yang nikmat pun bisa didapat dalam waktu singkat. Cobalah!

5 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil terbaik

No. 1: Borges Extra Virgin Olive Oil

No. 2: Bertolli Extra Virgin Rich Taste Olive Oil

No. 3: Tropicana SlimExtra Virgin Olive Oil

No. 4: Casa di Oliva Extra Virgin Olive Oil for Kids

No. 5: Yummy BitesKiddy Extra Virgin Olive Oil

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik [Ditinjau oleh Chef]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.