• 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.

Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 18 Oktober 2021
Daftar isi

Apa itu extra virgin olive oil?

Apa itu extra virgin olive oil?

Minat masyarakat terhadap extra virgin olive oil (EVOO) kini makin meningkat seiring tumbuhnya kesadaran akan kesehatan. Namun, beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui perbedaan antara extra virgin olive oil dengan minyak zaitun biasa. Nah, untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan lebih detail mengenai karakteristik extra virgin olive oil.


Extra virgin olive oil merupakan minyak yang diekstrak dengan metode cold-pressed tanpa pelarut atau proses pemurnian. Karena itu, extra virgin olive oil dianggap sebagai minyak zaitun murni dengan kualitas paling tinggi.


Karakteristik extra virgin olive oil lainnya adalah kandungan asam oleat yang rendah yakni tidak lebih dari 0,8%. Menurut International Olive Council (IOC), makin rendah kadar asam oleat dari minyak zaitun, maka makin bagus jenisnya.


Sayangnya, tidak banyak produk minyak zaitun yang diizinkan untuk disebut sebagai extra virgin. Hal ini dikarenakan standar yang ketat dari IOC demi menjaga mutu extra virgin olive oil. Kebanyakan extra virgin olive oil yang beredar di Indonesia saat ini merupakan produk impor. Negara produsen utama extra virgin olive oil adalah Italia dengan persentase 45%, lalu disusul Spanyol dengan persentase 30%.

Manfaat extra virgin olive oil untuk kesehatan

Extra virgin olive oil dipercaya mengandung lebih dari tiga puluh jenis antioksidan. Kandungan ini dikenal juga sebagai polifenol minyak zaitun. Berkat kandungan tersebut, extra virgin olive oil tentu kaya akan manfaat kesehatan. Informasi selengkapnya akan kami ulas di bawah ini.

Untuk kecantikan: Mengatasi kulit dan rambut yang kering

Untuk kecantikan: Mengatasi kulit dan rambut yang kering

Bisa dikatakan bahwa extra virgin olive oil kaya akan bahan kecantikan dan kesehatan. Anda bisa menemukan oleuropeinhydroxytyrosol, squalene, hingga asam oleat di dalamnya.


Di samping itu, extra virgin olive oil memiliki karakteristik mudah meresap saat diaplikasikan langsung ke kulit atau rambut. Tidak heran bila minyak jenis ini sering digunakan sebagai bahan kosmetik. Jika rambut atau kulit Anda terasa kering, sangat disarankan untuk mengoleskan minyak ini. 


Extra virgin olive oil juga dapat dimasukkan ke dalam menu diet. Anda mungkin tidak menyadari bahwa terlalu banyak makan atau minum justru membuat Anda mudah lapar. Hal tersebut tentu merusak pola makan Anda. Lebih lanjut, pola makan yang tidak tepat dapat memberi efek buruk pada kecantikan. Nah, keberadaan extra virgin olive oil dalam menu makanan bisa menjadi penyelamat diet Anda.

Untuk kesehatan: Menjaga kondisi tubuh

Untuk kesehatan: Menjaga kondisi tubuh

Selain memiliki efek kecantikan, extra virgin olive oil juga mengandung manfaat kesehatan yang tinggi. Bahkan, ada atlet olahraga yang suka dipijat menggunakan minyak zaitun bermutu tinggi. Cara tersebut diyakini mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan mereka. Dengan khasiat yang dimiliki, tak membingungkan jika extra virgin olive oil banyak diburu oleh para pencinta kesehatan.

Cara memilih extra virgin olive oil

Sekarang saatnya kami menjelaskan beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli extra virgin olive oil. Karena tidak semua minyak zaitun bisa disebut extra virgin olive oil, Anda harus lebih jeli saat memilih. Jadi, mari kita lihat poin-poinnya di bawah ini!

Pilih kemasan botol kaca untuk mencegah oksidasi

Pilih kemasan botol kaca untuk mencegah oksidasi
Extra virgin olive oil sangat mudah teroksidasi. Bahkan, cahaya lampu fluorescent pun bisa merusaknya. Kini makin banyak produk yang dijual dalam kemasan wadah plastik ringan, padahal wadah plastik mudah ditembus oksigen. Hal tersebut tentu berisiko mengakibatkan minyak mengalami kerusakan. Jadi, perhatikan baik-baik kemasan produk yang Anda pilih.

Kami menyarankan Anda memilih produk yang dikemas dalam botol kaca berwarna gelap. Botol seperti ini sulit ditembus cahaya, serta tidak mudah dilewati oksigen. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan extra virgin olive oil yang kualitasnya lebih terjaga.


Setelah kemasannya dibuka, kualitas minyak juga akan menurun akibat bersentuhan dengan oksigen. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah produk yang ukuran kemasannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan yang ukurannya terlalu besar karena akan mudah rusak jika tak segera dihabiskan.

Cek keasliannya dengan memastikan keberadaan logo sertifikasi

Cek keasliannya dengan memastikan keberadaan logo sertifikasi

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tidak semua minyak zaitun bisa disebut sebagai extra virgin. Saat ini, International Olive Council (IOC) membagi minyak zaitun dalam tiga kategori. Ada minyak zaitun murni (virgin olive oil), minyak zaitun olahan (refined olive oil), dan minyak zaitun (olive oil).


Cara termudah untuk mengecek keaslian extra virgin olive oil adalah memastikan keberadaan logo sertifikasi dari organisasi terkemuka. Umumnya, EVOO yang dipasarkan ke seluruh penjuru dunia mengusung logo IOC sebagai jaminan keaslian.


Selain IOC, masih ada lembaga lain yang mengeluarkan logo sertifikasi untuk menjamin keaslian extra virgin olive oil. Contohnya, California Olive Oil Council (COOC) yang dikenal memiliki standar lebih tinggi dibandingkan IOC. Selain itu, ada pula North American Olive Oil Association (NAOOA) yang menguji kualitas minyak zaitun di laboratorium independen.


Meski standar pengujiannya berbeda-beda, bisa dipastikan produk-produk berlogo sertifikasi tersebut lebih terjamin keasliannya. Jadi, sebisa mungkin pilihlah extra virgin olive oil yang memiliki logo sertifikasi.

Periksa informasi pada label secara saksama

Periksa informasi pada label secara saksama
Label yang ditempel pada kemasan botol EVOO umumnya berisi informasi mengenai produk yang Anda beli. Anda bisa menemukan info asal negara, jenis bahan baku, kadar keasaman, metode perawatan, dan lainnya. Selain itu, biasanya tertera juga tanda sertifikasi organiknya. Pemeriksaan label sangat diperlukan untuk mengetahui kualitas dari extra virgin olive oil yang ingin Anda beli.

Sayangnya, tidak semua produk mencantumkan keterangan produk secara detail. Jika Anda menemukan produk seperti itu, Anda sebaiknya berhati-hati. Ada kemungkinan produk tersebut adalah produk palsu. Bahkan, produk yang dijual dengan nama “extra virgin olive oil“ pun perlu Anda perhatikan dengan teliti.


Sebisa mungkin, Anda juga harus menemukan keterangan tanggal pengemasan minyak, tanggal panen, hingga batch date. Jadi, jangan hanya berpaku pada tanggal kedaluwarsa minyak. Pasalnya, extra virgin olive oil justru sebaiknya digunakan delapan belas bulan setelah dipanen. Jika suatu produk hanya mencantumkan tanggal kedaluwarsa, sebaiknya Anda berhati-hati.

10 Rekomendasi extra virgin olive oil terbaik

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk extra virgin olive oil terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Pilihlah produk yang paling disuka dan sesuai dengan kebutuhan Anda!

1

California Olive RanchArbequina Extra Virgin Olive Oil

Mulai dari Rp 528.000,00

Negara produsenAmerika
Ukuran500 ml
SertifikasiCOOC
2

Bertolli Extra Virgin Rich Taste Olive Oil

Mulai dari Rp 44.800,00

Negara produsenItalia
Ukuran250 ml, 500 ml, 1.000 ml, 2.000 ml
SertifikasiMUI
3
Negara produsenSpanyol
Ukuran250 ml, 500 ml, 1.000 ml
SertifikasiIOC, USDA Organic, JAS
4
Negara produsenItalia
Ukuran250 ml, 500 ml, 1.000 ml
SertifikasiNAOOA
5
Negara produsenItalia
Ukuran250 ml, 500 ml
SertifikasiNAOOA
6
Negara produsenPotugal
Ukuran250 ml
SertifikasiEcocert
7
Negara produsenSpanyol
Ukuran250 ml, 1.000 ml
SertifikasiTidak disebutkan
8

OndolivaSelection Extra Virgin Olive Oil

Mulai dari Rp 122.000,00

Negara produsenSpanyol
Ukuran250 ml, 500 ml, 1.000 ml
SertifikasiTidak disebutkan
9
Negara produsenItalia
Ukuran250 ml, 500 ml, 1.000 ml
SertifikasiIFS, HFCE
10
Negara produsenSpanyol
Ukuran20 ml, 40ml, 90 ml, 250 ml, 500 ml
SertifikasiIFANCA

Tabel perbandingan produk extra virgin olive oil terbaik

Gambar produk
1
California Olive Ranch Arbequina Extra Virgin Olive Oil 1

California Olive Ranch

2
Bertolli  Extra Virgin Rich Taste Olive Oil 1

Bertolli

3
Borges  Extra Virgin Olive Oil (Original) 1

Borges

4
Filippo Berio  Extra Virgin Olive Oil 1

Filippo Berio

5
Colavita Extra Virgin Olive Oil 1

Colavita

6
Gallo  My First Olive Oil 1

Gallo

7
Mueloliva  Extra Virgin Olive Oil 1

Mueloliva

8
Ondoliva Selection Extra Virgin Olive Oil 1

Ondoliva

9
Olitalia  Extra Virgin Olive Oil 1

Olitalia

10
Rafael Salgado  Glass Jars with Handle 1

Rafael Salgado

Nama produk

Arbequina Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Rich Taste Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil (Original)

Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil

My First Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil

Selection Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil

Glass Jars with Handle

Keunggulan

Jaminan kualitas terbaik!

Hasilkan rasa mewah pada masakan hanya dengan beberapa tetes

Aroma dan rasa original yang lezat sebagai penunjang diet

Jadikan gorengan terasa lebih sehat

Perpaduan rasa yang seimbang untuk berbagai olahan makanan

Melengkapi nutrisi MPASI untuk bayi Anda

Aromanya lebih wangi. Makanan jadi tambah nikmat!

Nikmati campuran tiga varietas zaitun terbaik!

Solusi cerdas untuk meningkatkan rasa hidangan

Ukuran kemasan paling beragam sesuai kebutuhan

Harga mulai dariRp 528.000,00Rp 44.800,00Rp 62.500,00Rp 56.000,00Rp 98.500,00Rp 58.000,00Rp 88.000,00Rp 122.000,00Rp 110.000,00Rp 13.100,00
Negara produsenAmerikaItaliaSpanyolItaliaItaliaPotugalSpanyolSpanyolItaliaSpanyol
Ukuran500 ml250 ml, 500 ml, 1.000 ml, 2.000 ml 250 ml, 500 ml, 1.000 ml250 ml, 500 ml, 1.000 ml250 ml, 500 ml250 ml250 ml, 1.000 ml250 ml, 500 ml, 1.000 ml250 ml, 500 ml, 1.000 ml20 ml, 40ml, 90 ml, 250 ml, 500 ml
SertifikasiCOOCMUIIOC, USDA Organic, JASNAOOANAOOAEcocertTidak disebutkanTidak disebutkanIFS, HFCEIFANCA
Tautan produk

Tips membedakan jenis minyak zaitun

Tips membedakan jenis minyak zaitun

Meski terlihat hampir mirip, sebenarnya minyak zaitun biasa dan extra virgin olive oil sangat berbeda. Anda dapat membedakannya dari tampilan, aroma, hingga rasanya.


Extra virgin olive oil memiliki ciri khas rasa yang ringan dan tidak tajam. Oleh sebab itu, minyak jenis ini sangat ideal untuk dimakan langsung. Anda bisa mengoleskannya pada baguette, serta menjadikannya sebagai dressing untuk salad atau penyedap akhir pada masakan.


Selain itu, extra virgin olive oil juga tahan terhadap panas. Makin tinggi kualitas suatu produk, makin tinggi pula ketahanannya terhadap suhu panas. Anda bisa membandingkannya dengan minyak wijen dan minyak nabati yang sering digunakan untuk menggoreng atau menumis masakan. Akan terlihat bahwa extra virgin olive oil lebih sulit teroksidasi meski dipanaskan dalam waktu lama. Oleh karenanya, minyak ini tidak menghasilkan asam yang berbahaya bagi tubuh.


Namun, ketika dipanaskan pada suhu tinggi, aroma atau kekayaan rasa yang khas pada EVOO akan hilang. Extra virgin olive oil juga dipasarkan dengan harga yang lebih mahal daripada minyak zaitun biasa.

Extra virgin olive oil dapat diminum secara langsung

Extra virgin olive oil dapat diminum secara langsung

Tidak seperti minyak nabati atau minyak wijen, extra virgin olive oil dapat diminum secara langsung. Namun, jangan sampai berlebihan meminumnya, ya! Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 2-3 sendok atau sekitar 30-40 cc per hari. Jika Anda tidak suka mengonsumsinya secara langsung, silakan mencampurkannya ke dalam jus atau minuman lainnya.

Menu makanan dengan extra virgin olive oil

Menu makanan dengan extra virgin olive oil

Umumnya, extra virgin olive oil digunakan pada berbagai masakan Eropa seperti pasta, ajillo, salad, carpaccio, dan lainnya. Namun, ternyata tidak hanya itu. Extra virgin olive oil juga cocok dipadukan ke dalam masakan Indonesia. Berikut adalah beberapa contohnya:


  • Olahan tahu
Sadarkah Anda bahwa ternyata extra virgin olive oil dapat diolah dengan tahu? Ya, aroma dan rasa dari extra virgin olive oil membuat hidangan sederhana seperti tahu menjadi lebih lezat. Bahkan, perpaduan extra virgin olive oil dengan tahu sering ditawarkan sebagai hidangan pembuka di restoran Prancis, lho.

  • Olahan mi

Siapa yang tidak menyukai mi? Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Nah, saat merebus mi, Anda bisa menambahkan extra virgin olive oil. Dijamin, rasanya makin enak. Menu makan nikmat pun bisa didapat dalam waktu singkat. Cobalah!

Baca juga rekomendasi minyak untuk memasak lainnya di sini

Selain extra virgin olive oil, masih ada minyak lain yang terasa nikmat untuk digunakan saat memasak. Minyak alpukat, minyak wijen, dan minyak kelapa adalah beberapa contohnya. Selain nikmat, minyak-minyak tersebut juga kaya akan manfaat kesehatan. Jika Anda penasaran, segera kunjungi artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Extra virgin olive oil biasanya dikonsumsi untuk tujuan kesehatan. Oleh karena itu, tentu Anda harus memilih produk terbaik agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Saat memilih, jangan lupa untuk memastikan bahwa produk pilihan Anda merupakan produk asli. Hindari penggunaan produk palsu karena akan sangat berpengaruh pada kesehatan.

Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi dalam memilih extra virgin olive oil terbaik untuk asupan harian Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Mustard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Mustard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Penggemar salad, fast food, atau steak, pasti familier dengan mustard. Sebenarnya, mustard merujuk pada biji sawi yang menjadi bumbu rempah khas Eropa. Rasanya agak pedas dan menyengat di lidah. Kemudian, mustard diolah dengan bumbu lainnya, seperti cuka, garam, dan kunyit untuk menghasilkan saus mustard yang lezat.Untuk Anda yang sedang mencari mustard enak untuk segala macam makanan, ini adalah artikel yang tepat. Kami akan mengulas rekomendasi mustard dari berbagai merek, seperti MamaSuka, French's, Remia, dan sebagainya. Namun, sebelumnya ketahui dahulu apa bedanya mustard dan mayones. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori