10 Rekomendasi Jam Meja Terbaik Berbahan Kayu (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Jam Meja Terbaik Berbahan Kayu (Terbaru Tahun 2018)

Setiap orang kemungkinan besar mempunyai jam di rumahnya, baik itu jam dinding maupun jam yang diletakkan di meja. Jam meja ini biasanya bisa juga dijadikan bagian dari interior untuk mempercantik ruangan. Di antara banyaknya pilihan jam meja yang tersedia di pasaran, memilih produk yang berbahan kayu akan memberikan aksen tersendiri.

Dalam artikel kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk jam meja yang terbuat dari kayu sekaligus membahas keunggulannya masing-masing dari sisi fungsi, merek, maupun desain. Namun, terlebih dahulu simaklah penjelasan kami mengenai bagaimana cara memilih jam meja kayu yang tepat!

Daftar isi

Cara memilih jam meja berbahan kayu

Sebuah jam tidak hanya berfungsi sebagai alat penunjuk waktu, tetapi bisa juga memberikan kesenangan dan kepuasan pemakaian dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Hal tersebut bisa dirasakan misalnya dari merek, desain, atau ciri khas yang dimilikinya.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu mengenai tipe dan keunggulan dari masing-masing produk sebelum membelinya agar Anda bisa merasa puas dan nyaman saat menggunakannya. Pertama, kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli jam meja kayu.

Perhatikan fungsi tambahan yang tersedia

Perhatikan fungsi tambahan yang tersedia

Jika berbicara soal fungsi, tentunya lebih direkomendasikan untuk memilih produk dari produsen yang sudah terpercaya. Kemudahan pengaturan alarm, akurasi pengukuran suhu dan kelembapan, atau fitur-fitur lainnya, terutama bisa berbeda tergantung pada produsennya. Jadi, pastikan untuk mengecek keterangan detail dari produk yang ingin Anda beli.

Selain menampilkan hari dan tanggal, yang cukup umum tersedia pada jam meja, ada juga produk yang bisa menyimpan data hari peringatan atau perayaan tertentu sehingga populer bagi mereka yang sering lupa dengan hari-hari penting. Ada juga jenis jam yang menampilkan perkiraan cuaca dan lingkungan (perhatian terhadap sengatan panas, influenza, dan lainnya).

Selain itu, ada juga jam meja yang dilengkapi fitur yang tidak biasa, seperti sensor suara, dan lainnya. Misalnya ada jam meja yang baru menampilkan waktu dan informasi lain di layarnya jika mendeteksi suara yang melebih batas tertentu yang telah diatur. Dengan begitu, pemakaian energi juga lebih hemat dan akan sangat membantu bagi Anda yang tidak menyukai adanya cahaya ketika sedang tidur. Fitur apa pun itu, pasti akan lebih menyenangkan jika ada tambahan fungsi tertentu dari produk yang Anda pilih!

Perhatikan desain, fitur, dan layanan yang ditawarkan berbagai merek terpercaya

Perhatikan desain, fitur, dan layanan yang ditawarkan berbagai merek terpercaya

Saat ini sudah ada berbagai merek jam yang tersedia di pasaran. Banyak produsen dari dalam maupun luar negeri yang memproduksi jam dengan fungsi sangat baik dan menyediakan pelayanan setelah pembelian. Banyak pula produsen yang sudah memiliki sejarah pembuatan jam sejak lama dan memiliki desain yang indah.

Sebut saja merek SEIKO yang merupakan salah satu merek populer di Indonesia untuk produk jam. SEIKO didirikan pada tahun 1881 sebagai toko jam tangan Hattori dan juga merupakan pembuat jam pertama di Jepang yang mengomersilkan jam tangan. SEIKO adalah produsen terkenal hingga ke luar negeri dengan kualitas produk yang terpercaya, tidak hanya untuk jam tangan, tetapi juga jam dinding maupun jam meja.

Pilih yang serasi dengan interior ruangan Anda

Pilih yang serasi dengan interior ruangan Anda

Selain mempertimbangkan fungsi dan berbagai fitur yang tersedia, penting juga untuk mengutamakan desain dalam memilih jam meja. Terutama karena jam meja berbahan kayu juga berfungsi sebagai pelengkap interior. Produk-produk yang terbuat dari kayu biasanya memiliki desain yang modis dan keren. Jadi, pastikan Anda memilih produk yang desainnya menarik.

Ketika ingin menikmati jam meja sebagai interior, perhatikan dengan baik terkait keserasian desain jam dengan ruangan di mana Anda akan meletakkannya. Sebuah ruangan biasanya berisi berbagai warna, seperti warna pada furnitur, dinding dan pintu, atau bagian lainnya. Pertama-tama, tentukan warna utama ruangan tersebut dan pilih sekitar 2-3 sub warna agar ruangan Anda terlihat lebih modis dan rapi. Ketika Anda membeli aksesori ruangan, sesuaikanlah warnanya dengan warna-warna tersebut.

Meskipun penting untuk mengutamakan desain saat membeli aksesori ruangan, jika warnanya tidak cocok dan terlalu mencolok, hal tersebut bisa menjadi pemborosan! Sebaliknya, jika warnanya pas dengan ruangan Anda, keindahan desainnya pun akan semakin terlihat.

Untuk suvenir atau hadiah, pilih yang cocok dengan selera penerima

Untuk suvenir atau hadiah, pilih yang cocok dengan selera penerima

Jam meja merupakan barang yang cocok dijadikan suvenir atau hadiah. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih produk yang tepat adalah memperhatikan keseimbangan antara desain dan fiturnya secara keseluruhan. Hadiah jam ini bisa diberikan kepada orang-orang terdekat Anda sebagai hadiah ulang tahun, pekerjaan baru, rumah baru, hadiah pensiun, dan sebagainya. Pertimbangkanlah produk seperti apa yang cocok dengan selera penerima serta tujuan Anda memberikan hadiah.

Memilih jam dengan ukiran nama atau dimasukkan pesan khusus juga bisa menjadi salah satu hadiah istimewa. Penerima hadiah juga pasti akan sangat senang jika Anda memilih produk dengan merek yang ternama. Meskipun sebagian besar produk jam memiliki garansi, jangan lupa untuk memastikan hal ini saat Anda ingin memberikannya sebagai hadiah.

10 Rekomendasi jam meja terbaik berbahan kayu

Sekarang kami akan memberikan rekomendasi produk jam meja terbaik yang terbuat dari bahan kayu. Semoga Anda menemukan jam meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jam meja kayu juga sangat cocok dan menyenangkan jika dihadiahkan untuk orang-orang spesial Anda.

10. Jam Meja Biola Kayu Jati

10. Jam Meja Biola Kayu Jati 

Lihat Produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Desain jam model biola untuk menambah koleksi unik Anda!

Jam meja yang merupakan kerajinan dari Jogja ini terbuat dari kayu jati dengan tinggi 45 cm. Didesain dengan bentuk miniatur biola menjadikan jam meja yang satu ini terlihat klasik dan akan menambah kesan tersendiri pada interior ruangan Anda, serta cocok juga dijadikan sebagai suvenir atau hadiah.

Selain berfungsi sebagai jam, pada bodi jamnya juga ditambahkan tempat untuk menaruh bolpoin sehingga sangat cocok diletakkan di meja kerja Anda. Di samping itu, bagi Anda yang memiliki kegemaran mengoleksi jam dengan desain yang tidak biasa, jam meja dengan desain unik ini bisa menjadi pilihan yang tepat!

9. Jam Dinding Meja Kayu Unik

9. Jam Dinding Meja Kayu Unik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 108.500

Detak jarum jam yang halus untuk kenyamanan Anda!

Untuk Anda yang mencari jam meja berbahan kayu dengan unik dan modern, produk handmade yang satu ini bisa menjadi pilihan. Selain desain unik buatan tangan, jam meja yang satu ini menggunakan kayu MDF (medium density fiberboard) sebagai bahan dasarnya untuk mendapatkan permukaan yang lebih halus dan tahan lama.

Keunggulan lainnya adalah jam meja ini dibekali dengan mesin yang tidak menimbulkan suara ketika jarum jam bergerak, sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan ketenangan ketika bekerja atau beristirahat di ruang tempat Anda meletakkannya. Dengan diameter 30 cm yang tergolong sedang,  jam ini bisa diletakkan di meja untuk melengkapi interior rumah Anda. 

8. Jam Meja Kayu Alarm dengan Lampu Malam

8. Jam Meja Kayu Alarm dengan Lampu Malam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 187.000

Dilengkapi fitur lampu malam agar angka jam tetap terlihat dalam gelap

Jam meja yang satu ini dilengkapi dengan fitur lampu malam agar angka pada jam tetap bisa terlihat dalam gelap sekalipun ketika lampu di kamar dimatikan. Fitur ini tentunya sangat penting agar Anda bisa tidur dengan nyaman tanpa terganggu cahaya dari luar, dan bisa langsung melihat jam dengan mudah ketika terbangun.

Produk yang terbuat dari bahan kayu alami ini dilengkapi dengan fungsi alarm yang menyala secara bertahap untuk membantu Anda bangun tidur tepat waktu dan tetap merasa segar di pagi hari. Dengan desain bundar yang klasik dan minimalis, jam ini cocok juga diletakkan di ruang tamu maupun di meja kantor untuk menambah nuansa tersendiri pada interior ruangan Anda.

7. Jam Meja Kayu Mercusuar

7. Jam Meja Kayu Mercusuar

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 179.000

Hadirkan suasana laut dan pantai di ruangan Anda!

Bagi Anda yang mencari jam meja dengan tema laut, atau yang ingin memberikan hadiah unik untuk orang terdekat yang menyukai laut atau pantai, produk yang satu ini bisa menjadi pilihan! Jam meja ini didesain dengan menonjolkan kombinasi warna biru dan putih yang akan menampilkan aksen tersendiri pada interior ruangan Anda.

Selain itu, materialnya juga terbuat dari bahan kayu yang kuat dan tahan lama. Ukurannya yang berdiameter 10,5 cm dengan model miniatur jangkar dan mercusuar akan menampilkan kesan imut dan lucu serta menambah keserasian, terutama pada ruangan yang bertema laut dan pantai.

6. LED Digital Wood Clock JK-808

6. LED Digital Wood Clock JK-808

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Desain kubus minimalis dengan tampilan jam digital menggunakan LED

Model jam kubus yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai desain sederhana dan minimalis, tetapi tetap memberikan kesan elegan. Jam meja ini dibekali dengan tampilan angka digital yang menggunakan LED sehingga memudahkan Anda melihat jam bahkan ketika diletakkan di ruangan yang gelap.

Dengan berbagai pilihan warna yang tersedia, Anda bisa memilih salah satu yang paling serasi dengan interior ruangan Anda agar warnanya tidak terlihat mencolok. Ukuran jam ini sendiri tergolong sedang sehingga cocok diletakkan di ruangan mana saja di rumah maupun di meja kerja Anda di kantor.

5. Karlsson Alarm Clock Classic Bell XL KA5710BK

5. Karlsson Alarm Clock Classic Bell XL KA5710BK

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 419.000

Untuk Anda yang menyukai desain klasik jam beker!

Produk jam meja yang satu ini memiliki bentuk seperti jam beker zaman dahulu dengan dua lonceng di bagian kiri dan kanannya. Meskipun bagian lonceng pada produk dari Karlsson ini terbuat dari kayu, jam ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai desain klasik dan sederhana.

Dengan tinggi berukuran 14 cm, jam meja ini sangat cocok diletakkan di salah satu meja kamar Anda. Di samping itu, bahan kayu berwarna alami yang dikombinasikan dengan warna hitam pada bagian dalamnya membuat jarum maupun angka pada jam ini terlihat lebih kontras untuk kemudahan melihat waktu.

4. SEIKO QXE053-B

4. SEIKO QXE053-B

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Desain dan warna yang klasik untuk kesan elegan pada ruangan Anda

Sebagai brand yang sudah sangat terkenal, SEIKO mengeluarkan beberapa seri jam meja yang terbuat dari bahan kayu, salah satunya seri QXE053-B yang memiliki desain dan warna yang klasik ini. Dengan terbuat dari bahan kayu MDF yang mulus dengan dilapisi warna coklat yang mengilap, produk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menambah kesan elegan pada interior ruangan.

Untuk beberapa keperluan pengingat waktu agar tidak terlambat untuk acara tertentu, jam meja ini akan sangat membantu karena juga dilengkapi dengan fungsi alarm. Dengan merek yang sudah sangat terpercaya kualitasnya, jam meja ini bisa juga dijadikan hadiah, misalnya untuk orang yang lebih tua yang Anda hormati.

3. Deco 79 85254 Iron and Wood Square Table Clock

3. Deco 79 85254 Iron and Wood Square Table Clock

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 979.000

Perpaduan material kayu dan besi yang unik

Dengan bentuk persegi dan ukuran sedang berdimensi 8 x 18 x 18 cm, jam meja keluaran Decor 79 yang satu ini sangat cocok diletakkan di meja atau sebagai pajangan di rak. Warna coklat muda matte pada produk ini memberikan kesan yang lembut sehingga cocok untuk Anda yang menyukai interior yang simpel dan natural.

Bagian penyangganya sendiri didesain unik karena menggunakan bahan besi. Untuk penunjuk waktunya, bagian dalam jam didesain berwarna putih dengan tulisan angka romawi berwarna hitam yang akan memudahkan Anda melihat waktu sekaligus menambah kesan vintage jam ini.

2. SEIKO QXE017B

2. SEIKO QXE017B

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 781.500

Kesan mewah dan elegan untuk menghiasi ruangan Anda

Jam meja dengan desain klasik tentu akan terlihat menawan jika menghiasi ruangan di rumah Anda. Salah satu contohnya adalah produk dari SEIKO yang satu ini. Desainnya yang elegan dengan perpaduan warna cokelat dan keemasan, menjadikan produk ini tepat untuk melengkapi interior dan memberikan kesan mewah pada ruangan Anda.

Selain itu, jam meja yang terbuat dari bahan utama kayu berkualitas ini juga dilengkapi dengan tambahan ukiran unik di bagian bawah jam yang menambah aksen tersendiri. Dengan bentuk klasik yang menggunakan angka romawi untuk penunjuk jamnya, produk ini tetap dibekali fitur alarm untuk pengingat waktu.

1. Leeron Wooden LED Clock

1. Leeron Jam Alarm Digital LED Kayu 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.596.000

Jam pintar dengan desain modern

Jam pintar dengan fungsi beragam dapat Anda nikmati pada produk yang satu ini! Didesain modern dengan perpaduan bodi dari bahan kayu, display jam digital, dan berbagai fitur canggih lainnya, menjadikan produk ini sangat tepat untuk Anda yang mementingkan kepraktisan. Selain sebagai penunjuk waktu, jam ini juga bisa memberikan informasi suhu ruangan maupun hari dan tanggal.

Jam meja ini dilengkapi alarm dengan tiga jenis bunyi yang bisa Anda pilih sesuai suasana hati. Selain itu, produk ini juga dibekali dengan fitur kontrol suara di mana Anda cukup mengeluarkan perintah suara, misalnya dengan menepukkan tangan, agar display LED-nya menyala. Selain menggunakan baterai sebagai sumber dayanya, Anda juga bisa mengisi ulang daya jam ini dengan kabel USB.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah Anda menemukan jam meja yang Anda sukai dari produk-produk yang kami rekomendasikan di atas? Saat memilih jam meja berbahan kayu, perhatikan dengan baik desain, fungsi, maupun kualitas barang, dan sesuaikan dengan kebutuhan pemakaian Anda. Sebagai barang yang digunakan setiap hari dan selalu terlihat karena diletakkan di meja atau dipajang di rak, tentunya Anda tidak mau salah dalam memilih jam meja yang akan Anda beli, bukan?