10 Rekomendasi Smartphone Android Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Smartphone Android Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Terdapat dua tipe smartphone yang banyak digunakan, yaitu Android dan iOS. Namun, Android yang dinilai multifungsi dengan beragam jenis lebih diminati oleh orang banyak. Banyak pengguna di Indonesia mencari Android berdasarkan harga, single atau dual SIM, durasi baterai, kualitas kamera, dan smartphone Android yang dapat digunakan untuk bermain game.

Oleh karena itu, kami Akan merekomendasikan sepuluh merek smartphone Android terbaik, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Blackberry, dan Asus. Kami juga akan membagi tips cara memilih smartphone Android. Temukan smartphone Android yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda!

Daftar isi

Cara memilih smartphone Android

Pertama-tama, kami akan membahas bagaimana cara memilih smartphone Android tergantung pada cara pemakaian dan spesifikasi yang Anda inginkan. Jadi, pilihlah Android yang cocok dan sesuai untuk Anda.

Pastikan smartphone yang Anda pilih mendukung jaringan 4G ke atas!

Pastikan smartphone yang Anda pilih mendukung jaringan 4G ke atas!

Jika Anda menginginkan performa yang maksimal, kami rekomendasikan Anda untuk membeli smartphone yang telah mendukung jaringan 4G dan 4.5G. Saat ini, enam operator telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu, Smartfren, BOLT!, Tri (3), Telkomsel, XL-Axiata, dan Indosat Ooredoo telah menggunakan jaringan 4G dan 4.5G untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan internet.

Namun, tidak semua smartphone Android di Indonesia dapat mendukung jaringan 4.5G. Beberapa smartphone dari Samsung Galaxy, Oppo seri F, dan Blackberry telah mendukung jaringan 4.5G. Untuk memeriksa apakah smartphone yang akan Anda pilih mendukung jaringan 4.5G, Anda harus memeriksa apakah smartphone tersebut mempunyai fitur LTE Category 6 (LTE Cat 6) atau di atasnya (LTE Cat 7, 9 dan seterusnya). Semakin tinggi angka dari LTE Cat, maka semakin cepat koneksi internet yang akan Anda dapatkan. Periksa dahulu sebelum membeli, karena terdapat beberapa smartphone yang tidak mendukung jaringan 4G ke atas!

Periksalah macam-macam jenis slot kartu SIM!

Periksalah macam-macam jenis slot kartu SIM!

Saat ini, kebanyakan orang-orang, mungkin Anda salah satunya, mempunyai kartu SIM lebih dari satu. Entah itu untuk nomor pribadi dan atau nomor untuk pekerjaan.

Beberapa tahun terakhir, terdapat inovasi smartphone Android dengan dua slot SIM yang biasa disebut dengan dual SIM. Anda yang memiliki dua kartu SIM, tetapi tidak ingin repot-repot membawa dua smartphone, dapat mempertimbangkan Android dengan fitur dual SIM.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam fitur dual SIM adalah jenis slot SIM! Terdapat Android dual SIM dengan fitur slot SIM hybrid. Dengan demikian, pada slot SIM 2 dapat berfungsi sebagai tempat kartu SIM atau tempat kartu microSD. Apabila Anda menggunakan slot SIM 2 sebagai tempat kartu microSD, Anda hanya dapat menggunakan slot SIM 1 sebagai tempat kartu SIM. Namun, jika Anda menggunakan slot SIM 2 untuk tempat kartu SIM, tempat penyimpanan Anda hanya bergantung pada besarnya ROM Android tersebut.

Apabila Anda membutuhkan keduanya, terdapat pula smartphone Android dual SIM dengan slot microSD tersendiri. Pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu berapa banyak dan jenis slot SIM yang terdapat di dalam Android tersebut!

Periksalah RAM jika digunakan untuk bermain game

Periksalah RAM jika digunakan untuk bermain game

Bagi Anda yang suka bermain game Android, tentunya akan lebih nyaman apabila bermain game dengan RAM 3 GB atau lebih. Semakin tinggi RAM, semakin banyak program yang bisa diproses secara bersamaan. Selain itu, dengan RAM 3 GB atau lebih, Anda dapat menjalankan banyak program sekaligus yang tidak akan membuat Android Anda cepat panas dan lamban.

Akhir-akhir ini, banyak smartphone Android dengan RAM 3 GB dan model berspesifikasi tinggi dengan RAM 4 GB. Jika Anda ingin bermain game Android dengan lancar dan tanpa gangguan, kami merekomendasikan Anda untuk memilih smartphone Android dengan RAM 4 GB atau lebih.

Pilihlah juga layar dengan ukuran 5 inci atau lebih. Dengan layar resolusi tinggi dan suara yang bagus, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih memuaskan. Bagi Anda yang sering bermain game Android, jangan lupa untuk mengecek poin tersebut!

Periksalah ukuran pixel dan kapasitas ROM jika Anda suka berfoto!

Periksalah ukuran pixel dan kapasitas ROM jika Anda suka berfoto!

Untuk dapat mengambil banyak foto dan merekam video, periksalah resolusi kamera dan kapasitas penyimpanan untuk Anda dapat menyimpan foto atau video. Pilihlah resolusi kamera sebesar 8 MP atau lebih agar foto yang Anda ambil terlihat bagus. Kecepatan saat membuka aplikasi kamera juga merupakan hal yang penting. Apabila aplikasi kamera dapat siap dalam waktu satu detik, pastinya Anda yang sering menggunakan kamera akan lebih puas dengan kecepatan tersebut.

Selain itu, periksa juga jumlah ROM yang menunjukkan besarnya memori internal. Dengan memori internal 32 GB, Anda hanya dapat menyimpan foto-foto. Akan tetapi, bagi Anda yang senang merekam video dengan resolusi tinggi, ada baiknya memilih memori internal yang lebih besar seperti 64 GB, 128 GB, dan sebagainya.

Sebagai tambahan, banyak smartphone Android yang dapat ditambahkan kartu microSD secara terpisah sehingga Anda dapat menambah kapasitas penyimpanan smartphone. Namun, terdapat beberapa smartphone Android yang tidak dapat ditambahkan kartu microSD di dalamnya. Pastikan Anda teliti sebelum membeli.

Kapasitas baterai dan cara mengisi daya juga perlu diperhatikan

Kapasitas baterai dan cara mengisi daya juga perlu diperhatikan

Jika Anda sering menggunakan smartphone pada saat bepergian, pastikan Anda memeriksa kapasitas baterai Anda adalah 3000 mAh atau lebih. Apabila smartphone Android Anda memiliki kapasitas baterai di bawah 3000 mAh, Anda akan kesulitan karena baterainya akan cepat habis.

Periksa juga apakah terdapat fitur fast charging yang dapat dengan cepat mengisi daya ketika Anda kehabisan baterai. Dengan fitur fast charging, baterai smartphone Android Anda akan lebih cepat terisi dan pastinya sangat berguna ketika Anda memiliki sedikit waktu untuk mengisi daya smartphone.

Selain itu, Android yang memiliki fitur wireless charging sedang populer saat ini. Anda hanya tinggal meletakkan smartphone Android dengan fitur wireless charging di atas wireless charger tanpa harus menyambungkannya dengan kabel USB. Untuk Anda yang bermasalah dengan baterai yang cepat habis, pastikan apakah smartphone Android Anda sudah dilengkapi dengan fitur ini!

10 Rekomendasi smartphone Android terbaik

Setelah ini, kami akan merekomendasikan smartphone Android terbaik yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Periksalah spesifikasi dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Xiaomi Redmi 5

10. Xiaomi Redmi 5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.551.799

Kapasitas RAM dan ROM yang besar dengan harga terjangkau

Produk-produk produksi dari Xiaomi ini bisa dibilang termurah di kelasnya. Anda bisa mendapatkan RAM sebesar 3 GB, ROM 32 GB, dan layar sebesar 5.7 inci dengan rasio 18:9 dan harga di bawah dua juta rupiah! Dengan RAM dan ROM sebesar itu, pastinya menggunakan aplikasi sehari-hari dan bermain media sosial menjadi lebih lancar.

Slot SIM pada Xiaomi Redmi 5 ini menggunakan dual SIM nano hybrid yang pada slot SIM 2 dapat digunakan sebagai tempat kartu SIM atau kartu microSD. Selain itu, kapasitas baterainya sebesar 3300 mAh yang juga di atas rata-rata untuk smartphone seharga di bawah dua juta rupiah. Bagi Anda yang mempertimbangkan budget, tetapi menginginkan performa smartphone yang bagus, smartphone ini sangat cocok untuk Anda!

9. Asus Zenfone 4 Selfie Lite

9. Asus Zenfone 4 Selfie Lite

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.830.000

Selfie sampai puas dengan kapasitas microSD sampai 2 TB!

Apakah Anda suka selfie, tetapi khawatir dengan kapasitas memori penyimpanan yang cepat penuh karena koleksi foto Anda? Smartphone keluaran Asus ini adalah solusi dari masalah tersebut. Kapasitas memori eksternalnya dapat diperluas hingga mencapai 2 TB dengan menggunakan microSD! Sementara itu, memori internal yang mencapai 32 GB dapat digunakan untuk menyimpan bermacam-macam aplikasi pengedit foto.

Smartphone ini mempunyai RAM sebesar 3 GB yang tentunya tidak akan terasa lamban ketika menjalankan banyak aplikasi. Selain itu, resolusi kamera dari smartphone selfie ini juga dilengkapi dengan resolusi kamera yang besar, yaitu 16 MP pada kamera depan dan kamera belakang. Kamera depannya juga dilengkapi dengan flash sehingga foto selfie Anda akan tetap bagus meski minim pencahayaan. Hal ini semakin menegaskan tema yang diusung, yaitu selfie.

8. Xiaomi Mi A1

8. Xiaomi Mi A1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.299.000

Lebih update dengan ruang penyimpanan tak terbatas berkat antarmuka Android One

Pada umumnya masing-masing produsen smartphone Android memiliki antarmukanya sendiri, seperti Xiaomi dengan MiUInya. Namun, Xiaomi Mi A1 menggunakan antarmuka milik Google yaitu Android One. Kelebihan dari Android One adalah menggunakan memori lebih sedikit daripada antarmuka dari produsen lain dan juga mendapatkan pembaruan Android P pada tahun 2019.

Dengan menggunakan antarmuka Android One, smartphone ini mendapatkan ruang penyimpanan untuk foto yang tak terbatas dari Google Photos. Kamera belakangnya mengusung dual camera yang sebesar 12 MP sehingga dapat menghasilkan foto bokeh. Tentunya smartphone ini cocok bagi Anda yang mengikuti perkembangan teknologi dan tidak ingin ketinggalan pembaruan Android terbaru.

7. Vivo V9

7. Vivo V9

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.190.000

Tampilan luar dan dalam mirip smartphone iOS!

Saat melihat sekilas, Anda akan mengira bahwa produk ini adalah smartphone dengan sistem operasi iOS. Padahal, Vivo V9 ini merupakan Android yang tampilan luar dan antarmuka yang menyerupai smartphone iOS. Vivo v9 memiliki layar sebesar 6.3 inci dan aspek rasio 19:9, serta RAM 4GB dan ROM 64 GB yang pastinya mendukung banyak keperluan dan multi tasking.

Fitur unik dari Vivo V9 ini adalah Game Mode dan Game Split. Dengan Game Mode, notifikasi-notifikasi akan disenyapkan, sedangkan Game Split memudahkan Anda untuk membalas pesan pada saat bermain game. Selain itu, kamera depan dengan resolusi 24 MP dan fitur AR cute selfie akan melengkapi kebutuhan Anda dalam ber-selfie. Cocok bagi Anda yang suka bermain game dan berswafoto!

6. Huawei nova 2i

6. Huawei nova 2i

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.979.500

Efek bokeh-nya tidak hanya pada kamera belakang, tetapi juga kamera depan!

Keistimewaan Huawei Nova 2i adalah smartphone ini memiliki dual kamera pada bagian depan maupun belakang, dengan resolusi kamera belakang 16 MP dan 2 MP, serta kamera depan 13 MP dan 2 MP. Nilai plus dari teknologi dual kamera ini adalah efek bokeh yang ditimbulkan pada kameranya. Dengan efek tersebut, Anda bisa membuat foto dengan efek “romantis” pada titik cahaya yang seharusnya buram.

Smartphone ini memiliki layar dengan lebar 5.5 inci dan bezel tipis yang memiliki tampilan futuristik. Dibekali dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB, Anda dapat menjalankan banyak aplikasi dan bermain game dengan lebih lancar. Smartphone ini cocok bagi Anda yang menyukai fotografi dan bermain game di Android.

5. Samsung Galaxy J7 Pro

5. Samsung Galaxy J7 Pro

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.018.000

Fitur NFC-nya memudahkan untuk pengisian uang elektrik

Di Indonesia, smartphone dengan fitur NFC (Near Field Communication) belum terlalu banyak. Rata-rata smartphone dengan fitur NFC mempunyai harga yang cukup mahal. Namun, harga dari Samsung Galaxy J7 Pro ini dinilai terjangkau untuk kalangan menengah. Fitur NFC sangat berguna untuk mengecek jumlah saldo dan mengisi uang elektrik yang menjadi kebutuhan masyarakat zaman sekarang.

Smartphone yang juga sudah mendukung jaringan 4.5G ini memiliki varian warna yang unik. Warna pink yang dimilikinya berbeda dengan warna rose gold yang banyak digunakan oleh produsen merek lainnya. RAM 3 GB, ROM 32 GB, serta kamera depan dan belakang sebesar 13 MP tentunya semakin melengkapi performa dari smartphone ini. Pastinya smartphone ini cocok untuk Anda yang menyukai warna pink.

4. Oppo F7

4. Oppo F7

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.624.999

Kamera depan dengan megapixel terbesar, pencinta selfie wajib punya!

Sebagai produsen smartphone dengan slogan selfie expert, pastinya Oppo mengusung kamera depan dengan resolusi lebih tinggi daripada kamera belakangnya, begitu pula dengan Oppo F7 ini. Kamera depannya mempunyai resolusi sebesar 25 MP dengan sensor HDR dan fitur canggih A.I Beauty 2.0! Pastinya hasil selfie Anda akan tampak lebih jernih dengan menggunakan kamera depan smartphone ini.

Selain itu, Oppo F7 juga dilengkapi dengan slot microSD yang dapat Anda tambahkan hingga 256 GB. Tampilan layar bezel less dengan notch pada bagian atasnya mengikuti tren layar smartphone tahun 2018. Pastinya OPPO F7 sangat cocok bagi para pencinta selfie yang menyukai tren kekinian. Untuk melengkapi performanya, smartphone ini juga menggunakan LTE Cat 13 yang dapat menangkap jaringan 4.5G.

3. Samsung Galaxy A8+

3. Samsung Galaxy A8+

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 6.515.000

Alternatif Galaxy seri S yang tahan air dan debu

Samsung Galaxy A8+ memiliki kemiripan desain dengan smartphone Samsung kelas atas Galaxy seri S. Produk ini dilengkapi fitur flagship Samsung seperti Infinity Display atau bezel less IP68 yang menjadikannya tahan air dan tahan debu. Samsung Galaxy A8+ pada tahun 2018 juga telah menggunakan LTE Cat lebih tinggi yaitu LTE Cat 11 yang menjamin akses internet secara lebih cepat!

Smartphone ini menggunakan baterai sebesar 3500 mAh yang dapat bertahan seharian dengan pemakaian intensif. Smartphone ini juga sudah dilengkapi fitur fast charging pengisian baterai dari 0 persen hingga 100 persen yang hanya membutuhkan waktu 1.5 jam. Dengan RAM sebesar 6 GB yang antilelet, smartphone ini sangat cocok bagi Anda yang menggunakan smartphone harian secara intensif.

2. Blackberry KEYone

2. Blackberry KEYone

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 4.184.700

Mengetik jadi jauh lebih mudah dengan keyboard QWERTY!

Tidak seperti kebanyakan Android yang umumnya full screen, smartphone Blackberry justru menggunakan keyboard fisik yang pastinya lebih memudahkan untuk mengetik di bawah layar sebesar 4.5 inci. Selain itu keyboard ini dapat berfungsi sebagai track pad dan shortcut ke berbagai aplikasi! Menggunakan internet juga menjadi lebih cepat karena telah dilengkapi dengan LTE Cat 9 yang dapat menangkap jaringan 4.5G.

Menjalankan aplikasi apa pun akan lebih lancar dengan memori RAM sebesar 4 GB dan ruang penyimpanan ROM sebesar 64 GB. Terdapat pula slot microSD sebagai memori tambahan hingga sebesar 2 TB. Selain itu, fitur quick charging memudahkan Anda yang memiliki sedikit waktu untuk mengisi daya baterai. Blackberry KEYone dirancang bagi para pebisnis dan pastinya cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

1. Samsung Galaxy Note 8

1. Samsung Galaxy Note 8

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 10.199.000

Layar yang lebar dan pen stylus-nya memberikan kesan mewah dan elegan

Bagi Anda yang menyukai layar yang lebar dan besar, serta membutuhkan pen stylus untuk beraktivitas, Anda dapat membeli smartphone ini! Dilengkapi Layar yang lebar dengan ujung berbentuk bulat, dan dengan bezel yang tipis membuat Samsung Galaxy Note 8 terlihat mewah dan futuristik. Dengan LTE Cat 16, Samsung Galaxy Note 8 ini dapat menangkap jaringan 4.5G dan Anda dapat menggunakan internet lebih cepat.

Baterai smartphone ini berkapasitas sebesar 3300 mAh yang dapat digunakan sepanjang hari. Terdapat pula fitur fast charging dan wireless charging dengan perangkat wireless charger yang dijual terpisah. Dengan RAM sebesar 6 GB dan ROM sebesar 64 GB, pastinya smartphone ini akan sangat nyaman apabila digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi.

Kesimpulan

Dengan demikian, selesai sudah rekomendasi macam-macam smartphone Android terbaik pada kesempatan kali ini. Bagaimana? Ada yang menarik minat Anda? Mulai dari smartphone dengan spesifikasi tinggi yang cocok untuk bermain game, sampai yang harganya lebih ekonomis yang tentunya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari Anda.  Jadi, pilihlah yang paling cocok dan bermanfaat untuk Anda!