• 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik yang Cocok untuk Keperluan Belajar (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik yang Cocok untuk Keperluan Belajar (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik yang Cocok untuk Keperluan Belajar (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik yang Cocok untuk Keperluan Belajar (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik yang Cocok untuk Keperluan Belajar (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik yang Cocok untuk Keperluan Belajar (Terbaru Tahun 2020)

Pensil mekanik adalah salah satu alat tulis yang sering digunakan dalam kegiatan belajar untuk menulis atau menggambar. Walau terdapat alat tulis lain seperti pulpen atau pensil biasa, tetapi banyak yang memilih pensil mekanik karena lebih mudah digunakan. Pensil mekanik juga menawarkan berbagai macam ketebalan isi, seperti 0,3 mm hingga 1,0 mm yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih pensil mekanik untuk belajar. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari brand peralatan tulis yang sudah Anda kenal, seperti Faber-Castell dan Pilot. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 26 Mei 2020
  • 6.070 Views
Daftar isi

Cara memilih pensil mekanik yang cocok untuk keperluan belajar

Ada berbagai macam pensil mekanik dengan ketebalan yang berbeda-beda pula. Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan hal-hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih pensil mekanik yang cocok untuk belajar. Temukan pensil mekanik yang nyaman dan sesuai kebutuhan untuk digunakan belajar dalam waktu lama.

Pilihlah produk dengan ketebalan isi yang Anda butuhkan

Pilihlah produk dengan ketebalan isi yang Anda butuhkan
Ketebalan isi pensil mekanik yang banyak digunakan adalah 0,5 mm. Namun, belakangan ini muncul produk-produk pensil mekanik yang menawarkan ketebalan isi yang lebih tipis atau lebih tebal dari 0,5 mm.
Isi yang tipis, seperti 0,2 mm atau 0,3 mm, cocok digunakan saat membuat catatan atau meringkas karena menghasilkan tulisan yang lebih halus dan kecil. Ketebalan ini juga dapat Anda gunakan saat mengerjakan tugas bahasa Jepang atau bahasa Mandarin yang mengharuskan Anda menulis banyak kanji. Tangan Anda yang belum terbiasa akan kesulitan jika menggunakan pensil dengan ketebalan 0,5 mm. Oleh sebab itu, ketebalan 0,2 mm adalah yang sesuai.
Di sisi lain, saat Anda menulis dengan alfabet seperti biasa, Anda membutuhkan pensil mekanik dengan ketebalan isi 0,7 mm atau 0,9 mm. Di negara lain, orang-orang terbiasa menggunakan pensil dengan isi yang tebal. Amerika contohnya, standar ketebalan yang berlaku di sana adalah 0,9 mm. Jadi, saat Anda menggunakan pensil mekanik untuk membuat catatan dalam bahasa Inggris, pilihlah ketebalan 0,9 mm.
Sedangkan, pensil mekanik dengan ketebalan di atas 1,0 mm dapat menjadi pilihan untuk mengerjakan ujian dengan sistem membulatkan, seperti ujian nasional. Walau beberapa tahun belakangan ujian nasional sudah berbasis komputer, masih ada jenis ujian lain yang memerlukan pensil mekanik untuk mengisi kertas jawaban. Pensil jenis ini akan membantu Anda selama mengerjakan soal karena mudah digunakan. Hasilnya halus dan warna yang digoreskan pekat.
Namun, jika Anda tidak terbiasa menggunakan pensil yang isinya terlalu tebal, Anda dapat memilih ketebalan 0,9 mm. Dengan pensil yang ketebalannya lebih kecil, Anda akan lebih berhati-hati dalam membulatkan lembar jawaban dan meminimalkan risiko keluar garis.

Pilihlah produk dengan pegangan yang nyaman untuk menulis

Pilihlah produk dengan pegangan yang nyaman untuk menulis
Menggenggam pensil dalam waktu yang lama akan melelahkan dan membuat jari-jari Anda terasa pegal. Untuk meminimalkan hal tersebut, Anda membutuhkan pensil yang nyaman di genggaman. Pilihlah pensil mekanik berbahan karet atau logam yang memiliki tekstur ringan.
Bagian karet yang lembut ini tidak akan membebani jari Anda dan membuatnya lelah selama menulis. Sedangkan, bagian logamnya berpengaruh terhadap gravitasi (daya tarik ke bawah) sehingga memudahkan Anda saat menulis. Namun, jika Anda kurang menyukai sensasi kenyal dari bahan karet ini, Anda dapat mencari produk berbahan plastik.
Tahukah Anda bahwa berat pensil dan kenyamanan pegangannya dapat memengaruhi ketebalan? Pensil mekanik cocok digunakan untuk belajar karena dapat digunakan seperti Anda menggunakan pulpen. Pensil mekanik lebih ringan dibandingkan dengan pensil biasa dan tidak membebani tangan. Anda dapat mengatur ketebalan tulisan melalui tekanan yang Anda berikan saat menulis.
Jika Anda terbiasa menulis dengan penekanan, pilihlah pensil mekanik yang ringan dan ketebalannya tipis. Namun, kebanyakan wanita tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Maka, Anda bisa memilih pensil mekanik yang memiliki ketebalan lebih agar tulisan Anda mudah dibaca.

10 Rekomendasi pensil mekanik terbaik yang cocok untuk keperluan belajar

Seperti yang sudah kami janjikan sebelumnya, kami juga akan memberikan rekomendasi produk pensil mekanik terbaik yang cocok digunakan untuk belajar. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan Anda dari segi ketebalan, bentuk, dan tentu harganya.
10
9
8
7
6

Faber-Castell Mechanical Pencil Grip Matic 0.5mm Black

1318

Rp 17.500,00

5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk pensil mekanik terbaik yang cocok untuk keperluan belajar

Gambar produk
1
Tombow Mono Graph 0.5 1

Tombow

2
Uni Mitsubishi  Pencil Kuru Toga M5-450T 1

Uni Mitsubishi

3
Rotring Tikky Mechanical Pencil 1

Rotring

4
Tombow  Mono Graph Zero 1

Tombow

5
Zebra M-301 Mechanical Pencil 1

Zebra

6
Faber-Castell  Mechanical Pencil Grip Matic 0.5mm Black 1

Faber-Castell

7
Pentel Techniclick Mechanical Pencil 1

Pentel

8
Pilot  Progrex Mechanical Pencil 0.7 1

Pilot

9
Pilot Colour Eno Mechanicals Pencil 1

Pilot

10
Faber-Castell Eco Mech Pencil 0.5 1

Faber-Castell

Nama produk

Mono Graph 0.5

Pencil Kuru Toga M5-450T

Tikky Mechanical Pencil

Mono Graph Zero

M-301 Mechanical Pencil

Mechanical Pencil Grip Matic 0.5mm Black

Techniclick Mechanical Pencil

Progrex Mechanical Pencil 0.7

Colour Eno Mechanicals Pencil

Eco Mech Pencil 0.5

KeunggulanFitur inovatif untuk mengel...Selamat tinggal isi pensil ...Sulit mencari ketebalan yan...Pensil mekanik dengan pengh...Stainless steel barrel yang...Waw! Isi pensilnya bisa kel...Menulis lebih lancar, menge...Ketebalan 0,7 mm dengan has...Berbagai varian warna cerah...Harga ekonomis yang cocok d...
HargaRp 50.200,00Rp 96.000,00Rp 50.000,00Rp 75.000,00Rp 26.800,00Rp 17.500,00Rp 17.600,00Rp 10.600,00Rp 17.100,00Rp 7.700,00
Tautan produk

Kesimpulan

Waktu belajar memang harus dibuat senyaman mungkin. Oleh sebab itu, Anda juga harus memiliki peralatan belajar yang juga membuat Anda nyaman saat menggunakannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih pensil mekanik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendukung kegiatan belajar. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    149.843 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    194.280 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    43.709 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!
    Kebutuhan rumah tangga
    32.694 Views
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat dapur yang sering digunakan saat memasak adalah pisau dapur. Ada beberapa jenis pisau seperti pisau santoku, pisau daging, pisau sashimi, dan pisau petty. Beberapa merek terkenal yang menjual pisau dapur adalah Jamie Oliver, Scanpan, dan Victorinox. Bahannya pun beragam, mulai dari stainless steel, keramik, hingga pisau dari baja.Banyaknya variasi produk membuat Anda bingung dalam memilih pisau dapur. Oleh karena itu, kami akan membahas dengan detail tentang pisau dapur mulai dari jenisnya, bahan pembuatnya, hingga cara merawatnya. Selain itu, kami akan merekomendasikan juga produk pisau dapur terbaik untuk Anda. Ayo baca sampai habis!
    Kebutuhan rumah tangga
    22.613 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, semakin banyak muncul variasi deterjen, baik dari segi aroma maupun kandungan yang dinilai aman untuk kulit sensitif, bahkan kulit bayi. Banyaknya varian deterjen tentunya membuat bingung dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan lain sebagainya. Selain itu, kami juga menyertakan tips cara memilih dan cara penggunaan deterjen yang benar agar hasil cuci lebih memuaskan.
    Kebutuhan rumah tangga
    34.453 Views
  • 10 Rekomendasi Gantungan Dasi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gantungan Dasi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda memiliki beberapa helai dasi, memanfaatkan gantungan khusus bisa membuatnya tertata rapi dan semakin mudah dicari. Saat ini, sudah banyak produk gantungan dasi beredar di pasaran dengan keistimewaannya masing-masing. Hal tersebut bisa saja membuat Anda bingung ketika hendak memilih gantungan dasi atau rak dasi terbaik.Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih gantungan dasi serta memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Anda akan menemukan berbagai gantungan dasi berkualitas, seperti produk buatan merek IKEA dan bermacam gantungan dasi lainnya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    323 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori