10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik yang Cocok untuk Keperluan Belajar (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik yang Cocok untuk Keperluan Belajar (Terbaru Tahun 2018)

Pensil mekanik adalah salah satu alat tulis yang sering digunakan dalam kegiatan belajar untuk menulis atau menggambar. Walau terdapat alat tulis lain seperti pulpen atau pensil biasa, tetapi banyak yang memilih pensil mekanik karena lebih mudah digunakan. Pensil mekanik juga menawarkan berbagai macam ketebalan isi, seperti 0,3 mm hingga 1,0 mm yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih pensil mekanik untuk belajar. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari brand peralatan tulis yang sudah Anda kenal, seperti Faber-Castell dan Pilot. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih pensil mekanik yang cocok untuk keperluan belajar

Ada berbagai macam pensil mekanik dengan ketebalan yang berbeda-beda pula. Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan hal-hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih pensil mekanik yang cocok untuk belajar. Temukan pensil mekanik yang nyaman dan sesuai kebutuhan untuk digunakan belajar dalam waktu lama.

Pilihlah produk dengan ketebalan isi yang Anda butuhkan

Pilihlah produk dengan ketebalan isi yang Anda butuhkan

Ketebalan isi pensil mekanik yang banyak digunakan adalah 0,5 mm. Namun, belakangan ini muncul produk-produk pensil mekanik yang menawarkan ketebalan isi yang lebih tipis atau lebih tebal dari 0,5 mm.

Isi yang tipis, seperti 0,2 mm atau 0,3 mm, cocok digunakan saat membuat catatan atau meringkas karena menghasilkan tulisan yang lebih halus dan kecil. Ketebalan ini juga dapat Anda gunakan saat mengerjakan tugas bahasa Jepang atau bahasa Mandarin yang mengharuskan Anda menulis banyak kanji. Tangan Anda yang belum terbiasa akan kesulitan jika menggunakan pensil dengan ketebalan 0,5 mm. Oleh sebab itu, ketebalan 0,2 mm adalah yang sesuai.

Di sisi lain, saat Anda menulis dengan alfabet seperti biasa, Anda membutuhkan pensil mekanik dengan ketebalan isi 0,7 mm atau 0,9 mm. Di negara lain, orang-orang terbiasa menggunakan pensil dengan isi yang tebal. Amerika contohnya, standar ketebalan yang berlaku di sana adalah 0,9 mm. Jadi, saat Anda menggunakan pensil mekanik untuk membuat catatan dalam bahasa Inggris, pilihlah ketebalan 0,9 mm.

Sedangkan, pensil mekanik dengan ketebalan di atas 1,0 mm dapat menjadi pilihan untuk mengerjakan ujian dengan sistem membulatkan, seperti ujian nasional. Walau beberapa tahun belakangan ujian nasional sudah berbasis komputer, masih ada jenis ujian lain yang memerlukan pensil mekanik untuk mengisi kertas jawaban. Pensil jenis ini akan membantu Anda selama mengerjakan soal karena mudah digunakan. Hasilnya halus dan warna yang digoreskan pekat.

Namun, jika Anda tidak terbiasa menggunakan pensil yang isinya terlalu tebal, Anda dapat memilih ketebalan 0,9 mm. Dengan pensil yang ketebalannya lebih kecil, Anda akan lebih berhati-hati dalam membulatkan lembar jawaban dan meminimalkan risiko keluar garis.

Pilihlah produk dengan pegangan yang nyaman untuk menulis

Pilihlah produk dengan pegangan yang nyaman untuk menulis

Menggenggam pensil dalam waktu yang lama akan melelahkan dan membuat jari-jari Anda terasa pegal. Untuk meminimalkan hal tersebut, Anda membutuhkan pensil yang nyaman di genggaman. Pilihlah pensil mekanik berbahan karet atau logam yang memiliki tekstur ringan.

Bagian karet yang lembut ini tidak akan membebani jari Anda dan membuatnya lelah selama menulis. Sedangkan, bagian logamnya berpengaruh terhadap gravitasi (daya tarik ke bawah) sehingga memudahkan Anda saat menulis. Namun, jika Anda kurang menyukai sensasi kenyal dari bahan karet ini, Anda dapat mencari produk berbahan plastik.

Tahukah Anda bahwa berat pensil dan kenyamanan pegangannya dapat memengaruhi ketebalan? Pensil mekanik cocok digunakan untuk belajar karena dapat digunakan seperti Anda menggunakan pulpen. Pensil mekanik lebih ringan dibandingkan dengan pensil biasa dan tidak membebani tangan. Anda dapat mengatur ketebalan tulisan melalui tekanan yang Anda berikan saat menulis.

Jika Anda terbiasa menulis dengan penekanan, pilihlah pensil mekanik yang ringan dan ketebalannya tipis. Namun, kebanyakan wanita tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Maka, Anda bisa memilih pensil mekanik yang memiliki ketebalan lebih agar tulisan Anda mudah dibaca.

10 Rekomendasi pensil mekanik terbaik yang cocok untuk keperluan belajar

Seperti yang sudah kami janjikan sebelumnya, kami juga akan memberikan rekomendasi produk pensil mekanik terbaik yang cocok digunakan untuk belajar. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan Anda dari segi ketebalan, bentuk, dan tentu harganya.

10. Faber-Castell Eco Mech Pencil 0.5

10. Faber-Castell Eco Mech Pencil 0.5

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.700

Harga ekonomis yang cocok dengan kantong pelajar

Berbentuk segitiga, pensil mekanik ini terasa pas di genggaman. Isi pensilnya pun kuat sehingga tidak mudah patah. Jika Anda lupa membawa penghapus pensil, tidak perlu khawatir karena produk ini juga dilengkapi penghapus. Isi pensilnya sangat mudah dikeluarkan tanpa membutuhkan penekanan terlalu kuat pada tombol kliknya.

Dengan badan pensil berbahan plastik yang ringan, produk ini cocok untuk Anda yang tidak menyukai pensil mekanik yang dilapisi karet. Faber-Castell juga menawarkan empat pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai selera. Dijual dengan harga ekonomis, pensil ini tidak akan membuat uang jajan pelajar banyak berkurang.

9. Pilot Colour Eno Mechanicals Pencil

9. Pilot Colour Eno Mechanicals Pencil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.459

Berbagai varian warna cerah, wanita pasti menyukai produk ini!

Bagi Anda yang sering kali kehilangan pensil karena hilang atau tertukar dengan teman, kami menyarankan produk ini. Pensil mekanik ini memiliki delapan pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai selera. Warna-warna terang yang ditawarkannya akan membuat Anda lebih mudah mencari pensil Anda yang tercecer di meja kelas.

Tidak hanya satu, Anda dapat memilih beberapa macam warna sekaligus. Dengan ketebalan 0,7 mm, pensil mekanik ini menghasilkan tulisan yang halus dan mudah dihapus. Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat sketsa. Menemukannya pun tidak sulit karena produk ini dijual di toko buku, toko peralatan alat tulis, bahkan di minimarket. Ayo, tunggu apa lagi?!

8. Pilot Progrex Mechanical Pencil 0.7

8. Pilot Progrex Mechanical Pencil 0.7

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.000

Ketebalan 0,7 mm dengan hasil halus dan warna yang pekat

Dibuat dengan 70% plastik daur ulang, Pilot berupaya memproduksi pensil mekanik yang mengurangi dampak buruk dari pemanasan global. Produk ini memiliki ketebalan 0,7 mm yang cocok digunakan oleh Anda yang memiliki tipe tulisan bulat dan sedikit besar. Dengan tulisan yang jelas, catatan Anda jadi lebih enak dibaca.

Isi pensilnya mampu menghasilkan tulisan dengan warna yang pekat, tetapi tetap terlihat halus. Logam sebagai material utamanya akan menjaga produk agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Dirancang dengan fitur ergonomic grip yang tidak membebani jari tangan, Anda akan merasa nyaman saat mencatat materi pelajaran.

7. Pentel Techniclick Mechanical Pencil

7. Pentel Techniclick Mechanical Pencil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Menulis lebih lancar, mengerjakan tugas jadi lebih cepat selesai

Pentel sudah dikenal secara global sebagai salah satu brand peralatan tulis berkualitas. Seperti produk yang satu ini, Pentel menawarkan pensil mekanik yang berkualitas tinggi, tetapi dijual dengan harga yang ekonomis. Berbahan plastik, Anda yang tidak menyukai pensil mekanik dengan lapisan karet pasti akan menyukai produk ini.

Tombol klik untuk menurunkan isi pensil, yang umumnya ada di bagian ujung pensil, akan Anda temukan di badan pensil. Dengan demikian, Anda tidak perlu memindahkan jari ke atas saat ingin menurunkan isinya. Badan pensil yang transparan juga memudahkan Anda memantau isinya. Pas untuk Anda yang sering lupa mengisi pensil!

6. Faber-Castell Mechanical Pencil Grip Matic 1318 0.5mm Black

6. Faber-Castell Mechanical Pencil Grip Matic 1318 0.5mm Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.700

Waw! Isi pensilnya bisa keluar sendiri saat dipakai!

Slogan “Klik sekali, menulis tanpa henti” sangat tepat menggambarkan produk ini. Mengapa? Dikarenakan isi pensilnya akan keluar sendiri sedikit demi sedikit saat Anda menggunakannnya. Berbahan plastik, produk ini tentunya memiliki bobot ringan yang mudah dibawa ke mana pun di dalam kotak pensil Anda.

Faber-Castell Mechanical Pencil Grip Matic dilengkapi dengan genggaman karet yang memberi kenyamanan saat Anda menulis. Tidak hanya itu, di bagian ujung pensil terdapat penghapus yang akan keluar dengan cara diputar. Gunakan pensil ini saat Anda ingin mencatat dengan cepat semua materi penting yang disampaikan oleh guru atau dosen.

5. Zebra M-301 Mechanical Pencil

5. Zebra M-301 Mechanical Pencil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 41.000

Stainless steel barrel yang ringan, antipegal walau menulis dengan tekanan kuat

Anda mencari pensil yang nyaman saat digunakan untuk menulis dalam jangka waktu lama? Produk keluaran Zebra ini adalah pilihan yang tepat. Berbahan stainless steel barrel dengan bobot ringan, pensil mekanik ini tidak akan membuat tangan Anda cepat lelah. Hasil warnanya tidak terlalu pekat sehingga pas digunakan bagi Anda yang terbiasa menulis dengan ditekan.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan karet di bagian genggamannya sehingga tangan Anda tidak mudah tergelincir saat menulis. Cocok untuk Anda yang sering menulis dan memiliki masalah tangan berkeringat sehingga tulisan Anda lebih stabil. Tersedia dalam ketebalan 0,5 dan 0,7 mm yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

4. Tombow Mono Graph Zero

4. Tombow Mono Graph Zero

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Pensil mekanik dengan penghapus supertipis yang sangat presisi!

Saat sedang belajar menggambar, Anda mungkin melakukan kesalahan hingga menimbulkan coretan di bagian yang sulit dihapus. Jangan khawatir! Pensil mekanik ini dilengkapi dengan penghapus berdiameter 2,3 mm yang tipis dan tidak cepat habis sehingga dapat digunakan jangka panjang. Hebatnya lagi, pensil ini memiliki ketebalan 0,3 mm yang dapat menyempurnakan gambar Anda hingga ke bagian yang sulit terjangkau.

Produk ini cocok untuk Anda yang sedang mengikuti kursus menggambar atau untuk Anda yang berkuliah di jurusan seni rupa dan desain. Badan dari pensil ini terbuat dari pipa timbal yang memiliki visibilitas baik. Selain itu, pensil ini tergolong kokoh dengan pegangan logam yang tebal dan nyaman.

3. Rotring Tikky Mechanical Pencil

3. Rotring Tikky Mechanical Pencil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 52.000

Sulit mencari ketebalan yang dibutuhkan? Produk ini menyediakan beragam varian!

Pensil ini disebut-sebut sebagai salah satu pensil mekanik terbaik di dunia. Dilengkapi dengan pegangan karet, pensil ini dapat memberikan Anda kenyamanan yang luar biasa saat digunakan. Memiliki badan berbentuk segitiga, produk ini nyaman digunakan dan cocok untuk Anda yang menekuni hal-hal yang berkaitan dengan menggambar.

Biasanya, pensil mekanik ini banyak digunakan oleh kalangan mahasiswa teknik atau orang yang bekerja di bidang konstruksi. Bahan kuningan di bagian ujung pensil akan menjaga agar isi pensil keluar secara presisi dan mencegah agar tidak mudah patah. Terdapat berbagai pilihan ketebalan, Anda dapat memilih ketebalan 1,0 mm untuk mengerjakan ujian dengan sistem membulatkan.

2. Uni Mitsubishi Pencil Kuru Toga M5-450T

2. Uni Mitsubishi Pencil Kuru Toga M5-450T 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.000

Selamat tinggal isi pensil yang sering patah!

Pensil mekanik ini dilengkapi dengan mesin otomatis di dalamnya. Fungsinya untuk memutar isi pensil secara otomatis supaya membuatnya selalu runcing. Fitur ini dapat meminimalkan risiko sering patahnya isi pensil. Cocok untuk Anda yang sering mematahkan isi pensil secara tidak sengaja. Selain itu, pegangannya terbuat dari silikon yang empuk saat digunakan.

Pensil mekanik ini tersedia dengan ketebalan 0,5 mm dan juga dilengkapi dengan built-in eraser supaya Anda tidak perlu lagi membawa penghapus terpisah. Hasilnya tidak terlalu tipis, tetapi juga tidak terlalu tebal. Anda dapat menambah ketebalan dengan lebih memberi tekanan saat menulis, cocok juga untuk mengerjakan tugas menggambar konstruksi.

1. Tombow Mono Graph 0.5

1. Tombow Mono Graph 0.5

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.000

Fitur inovatif untuk mengeluarkan isi pensil hanya ada disini

Pensil mekanik yang satu ini dilengkapi dengan fitur inovatif yaitu shake-mechanism. Dengan fitur tersebut, Anda tidak perlu menekan pensil untuk mengeluarkan isinya. Cukup dengan menggoyangkan pensil maka dengan sendirinya akan memanjangkan pensilnya. Pipanya ringan dan terasa nyaman saat digunakan untuk menulis.

Pensil ini juga dilengkapi dengan fitur lock mechanism untuk mencegah isi pensilnya keluar secara berlebihan atau tanpa sengaja. Selain itu, long guide pipe sepanjang 4 mm akan menjaga agar isi pensil tidak mudah patah. Pilihan tepat bagi para pelajar sekolah atau mahasiswa yang membutuhkan pensil mekanik penuh fitur serbaguna!

Kesimpulan

Waktu belajar memang harus dibuat senyaman mungkin. Oleh sebab itu, Anda juga harus memiliki peralatan belajar yang juga membuat Anda nyaman saat menggunakannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih pensil mekanik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendukung kegiatan belajar. Selamat mencoba!