1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Pensil Mekanik Terbaik untuk Menggambar - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pensil Mekanik Terbaik untuk Menggambar - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pensil Mekanik Terbaik untuk Menggambar - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pensil Mekanik Terbaik untuk Menggambar - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pensil Mekanik Terbaik untuk Menggambar - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pensil Mekanik Terbaik untuk Menggambar - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pensil Mekanik Terbaik untuk Menggambar - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2023)

Pensil mekanik adalah alat tulis yang sering digunakan untuk menggambar. Pulpen atau pensil kayu memang populer, tetapi pensil mekanik tak kalah mudah untuk digunakan. Selain itu, produknya tersedia dalam berbagai ketebalan isi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda.


Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pensil mekanik yang bagus untuk menggambar. Kami juga akan berbagi rekomendasi pensil mekanik terbaik dari berbagai merek, seperti Faber-CastellPentel, dan Pilot. Yang berdiameter 0,3 mm, 0,5 mm, sampai 1 mm ke atas, semuanya ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh illustrator kami, Karina Doniho. Yuk, disimak!

Diperbaharui 12-12-2022
Pakar
Watercolorist, illustrator, & abstract artist
Karina Doniho

Karina Doniho adalah seorang artist yang melukis dan menggambar dengan fusion style antara manga dan abstract. Artist yang dikenal dengan nama Karinpyong ini aktif berkarya dalam berbagai proyek freelancing sejak SMA. Ia sudah lulus kuliah Fine Arts Major (Seni Rupa) dengan beasiswa di Jepang. Karina pernah di-featured oleh Instagram official untuk Jepang, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Ia juga terlibat untuk mengilustrasikan salah satu cover chapter di buku official Steve Aoki yang berjudul "Blue: The Color of Noise". Ia juga terpilih menjadi salah satu 100 artists yang mendesain project MASK WEAR TOKYO.

Profil Karina Doniho
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pensil mekanik untuk menggambar

Sebelum masuk ke rekomendasi produk, kami akan menjelaskan lebih dahulu hal-hal penting dalam memilih pensil mekanis untuk Anda. Simak pemaparannya di bawah ini.

① Sesuaikan diameter pensil mekanik dengan tujuan menggambar

Sesuaikan diameter pensil mekanik dengan tujuan menggambar

Ketebalan isi pensil mekanis cukup bervariasi, mulai dari 0,2 mm hingga 2,0 mm. Untuk menggambar, sangat direkomendasikan memilih pensil dengan ketebalan 0,3 mm, 0,5 mm, dan 0,7 mm. Baik pensil dengan diameter tipis maupun tebal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda!


  • Gunakan pensil berdiameter inti 0,3 mm untuk menggambar garis tipis yang detail, seperti helai rambut atau serabut. Meskipun lebih detail, kelemahan dari isi pensil ini adalah mudah patah. Jadi, sebaiknya jangan menekan pensil ini kuat-kuat. 

  • Pensil berdiameter inti 0,5 mm cocok untuk menggambar line art dan garis biasa. Pensil ini tidak mudah patah meski ditekan dengan kuat sehingga tidak mengganggu konsentrasi Anda ketika menggambar. Selain itu, pensil berinti tebal akan membuat gambar Anda lebih jelas dan tegas.

  • Pensil dengan ketebalan 0,7 mm sangat direkomendasikan bila Anda ingin membuat sketsa gambar. Inti dari pensil ini tebal dan kuat ketika digunakan menggambar dalam waktu yang lama. Karena itu, pensil ini pas bagi Anda yang menggambar dengan tekanan yang kuat.


Anda juga bisa menyesuaikan diameter pensil dengan ukuran kertas yang digunakan. Selain itu, style gambar Anda turut menentukan. Orang yang suka membuat garis tipis membutuhkan diameter pensil yang berbeda dengan orang yang tarikan garisnya besar dan tebal. Hal lain yang turut berpengaruh adalah cara Anda menggenggam pensil mekanis. Jadi, perhatikan juga aspek tersebut, ya.


Bila Anda mencari pensil mekanis ukuran 0,3 mm atau yang versatile, kami juga sudah mengulas dan menyiapkan rekomendasi produknya. Silakan dibaca di tautan berikut!

② Pertimbangkan tingkat kekerasan isi pensil mekanik

Setiap isi pensil memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda. Tingkat kekerasan isi pensil bahkan dapat memengaruhi ketebalan warna yang dihasilkan. Sebelum membeli pensil mekanis, ketahuilah karakteristik setiap tingkat kekerasan pensil di bawah ini.

Pensil yang lembut, memberikan garis yang lebih hitam

Pensil yang lembut, memberikan garis yang lebih hitam

Pensil yang lembut biasanya sering digunakan untuk menggambar sketsa dan mengarsir karikatur karena warnanya pekat. Isi pensil tipe ini memiliki komposisi grafit yang lebih banyak daripada tanah liat. Oleh karenanya, warna yang dihasilkan sangat pekat dan tebal untuk menggambar. 


Isi pensil ini biasanya diberi kode B atau F. Isi pensil dengan kode B lebih lunak dan pekat dibandingkan dengan isi pensil kode F. Selain itu, makin tinggi angka di depan kode B atau F, makin pekat warna yang dihasilkan. Untuk Anda yang suka memberikan depth atau kontras yang lebih kuat, direkomendasikan untuk mencoba isi pensil 4B atau 6B.

Pensil yang keras, tarikan garis lebih tipis

Pensil yang keras, tarikan garis lebih tipis

Pensil yang keras biasanya lebih sering digunakan untuk menggambar arsitektur yang detail dan memerlukan ketelitian. Warna isi pensil ini cenderung abu-abu dan tipis. Hal ini karena komposisi tanah liatnya lebih banyak daripada grafitnya. 


Isi pensil ini biasanya memiliki kode H atau HB. Jika Anda ingin produk dengan warna yang pekat, pertimbangkanlah pensil dengan kode HB. Namun, bila Anda ingin yang lebih tipis, pilihlah pensil berkode H. Seperti pensil lunak, makin tinggi angka di depan kode H, makin pekat warnanya


Saat menggambar sketsa dasar, isi pensil H, HB, atau 2H sangat baik digunakan untuk base sketch sebelum tahap sketch jadi. Isi pensil tersebut juga cocok untuk mengarsir tipis area gambar dengan tarikan goresan abu-abu.

③ Pilih jenis pensil mekanik kesukaan Anda

Pilih jenis pensil mekanik kesukaan Anda

Berdasarkan mekanismenya, secara garis besar pensil mekanis terbagi menjadi tiga, yaitu tipe tekan, putar, dan shake. Mari simak perbedaannya masing-masing sembari memutuskan tipe favorit Anda.


  • Tipe tekan atau sering juga disebut tipe knock merupakan tipe yang paling populer saat ini. Anda cukup menekan tombol pada bagian atas atau samping pensil untuk mengeluarkan isinya. Penggunaannya sangat mudah dan praktis karena bisa dilakukan dengan satu tangan.


  • Tipe putar banyak ditemukan pada pensil mekanis jenis lama. Meski kini tidak sepopuler tipe knock, tipe ini masih dicari oleh sebagian orang karena mudah diganti isinya. Sayangnya tipe ini sudah sulit ditemui di online shop.


  • Tipe shake memungkinkan Anda mengeluarkan isi pensil cukup dengan menggoyangkan badan pensil. Dengan mekanisme seperti ini, Anda tidak perlu repot menekan atau memutar pensil untuk mengeluarkan isinya.

④ Perhatikan bobot pensil mekanik

Perhatikan bobot pensil mekanik

Bobot pensil mekanis adalah salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli. Bobot pensil mekanis dipengaruhi oleh bahan dan bentuknya. Namun, cara menggenggam Anda juga turut memengaruhi rasa berat atau tidaknya suatu pensil. Karena itu, akan lebih baik jika Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.


Berikut adalah penjelasan yang bisa Anda jadikan sebagai panduan ketika memilih pensil mekanis:

  • Pensil mekanis yang berat

Pensil ini memiliki kestabilan yang tinggi sehingga memungkinkan Anda untuk menggambar dengan gerakan kecil. Jika dipegang dalam posisi tegak, pensil yang berat akan bertumpu di bagian ujung. Jadi, Anda bisa menggambar dengan sedikit tenaga. Meski begitu, pensil mekanis yang berat dapat melelahkan Anda ketika digunakan dalam waktu yang lama.


  • Pensil mekanis yang ringan

Di sisi lain, pensil mekanis yang ringan dapat digerakkan dengan cepat. Ujungnya mudah dipindahkan sehingga sangat disarankan saat Anda ingin menggambar cepat. Karena ringan, produknya lebih cocok digunakan oleh orang yang memegang pensil dengan tidak terlalu kuat.


Sebagai tambahan informasi, bentuk pensil mekanis dan ukuran panjangnya turut memengaruhi kenyamanan penggunaan. Jadi, pertimbangkan juga mengenai hal itu.

⑤ Cek ada tidaknya fungsi tambahan lain

Cek ada tidaknya fungsi tambahan lain

Untuk kemudahan Anda, perhatikanlah ada tidaknya fungsi tambahan pada pensil mekanis yang Anda incar. Sebagai contoh, fungsi lock bisa menahan isi pensil keluar secara berlebihan dan mencegahnya tersumbat.


Frekuensi untuk mengeluarkan atau mengganti isi pensil mekanis bisa dikatakan cukup sering. Karena itu, jika ada fungsi tambahan yang membantu, Anda dapat menggambar tanpa stres.


Selain fitur lock, ada juga produk yang secara otomatis meraut isi pensil dan menjaga isinya agar tidak mudah patah. Fitur pegangan lunak dengan silikon atau pegangan ergonomis juga dapat Anda pilih untuk kenyamanan menggambar.

10 Rekomendasi pensil mekanik terbaik untuk menggambar

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pensil mekanis terbaik untuk menggambar yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Karina Doniho.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pilot

Colour Eno Mechanical Pencil

Pilot Colour Eno Mechanical Pencil 1枚目

Tersedia varian warna cerah, menggambar sketsa makin jelas

2

uni-ball

Kuru Toga Mechanical Pencil

uni-ball Kuru Toga Mechanical Pencil  1枚目

Lengkap dengan isi pensil yang kuat dilapisi Nano Diamond

3

rOtring

Tikky Mechanical Pencil

rOtring Tikky Mechanical Pencil 1枚目

Mudah disesuaikan dengan kebutuhan berkat beragam varian warna bodi dan diameter inti

4

Tombow

MONO Graph

Tombow MONO Graph 1枚目

Shake mechanism membuat isi pensil keluar hanya dengan goyangan ke atas dan bawah

5

Pentel

Graphgear 500 Mechanical Drafting Pencil

Pentel Graphgear 500 Mechanical Drafting Pencil 1枚目

Ringan dan presisi, cocok untuk drafting arsitektural

6

Zebra

M-301 Mechanical Pencil

Zebra M-301 Mechanical Pencil 1枚目

Bodinya kuat dan tahan lama, Anda pun tidak perlu sering mengganti pensil

7

uni-ball

Kuru Toga Pipe Slide

uni-ball Kuru Toga Pipe Slide 1枚目

Dengan sliding lead sleeve yang melindungi isi pensil

8

Tombow

MONO Graph Zero

Tombow  MONO Graph Zero 1枚目

Penghapus tipisnya berpresisi tinggi, pas untuk kebutuhan profesional!

9

Faber-Castell

Mechanical Pencil Grip 2011

Faber-Castell Mechanical Pencil Grip 2011 1枚目

Antiselip dengan titik-titik emboss di pegangannya

10

Faber-Castell

E-Motion Pure Black Twist Pencil

Faber-Castell E-Motion Pure Black Twist Pencil 1枚目

Ukuran diameter intinya besar, cocok untuk sketsa karikatur

Perincian produk
Close
No.1

PilotColour Eno Mechanical Pencil

Mulai dari Rp21.000,00

Tersedia varian warna cerah, menggambar sketsa makin jelas

Produk ini merupakan salah satu pensil mekanis terbaik untuk Anda yang sering membuat sketsa ilustrasi menggunakan warna lain. Pensil mekanis Pilot ini memiliki delapan pilihan warna isi pensil khusus yang dapat Anda pilih sesuai selera. 


Warna-warna terang yang ditawarkannya akan membuat sketsa Anda di kertas makin terlihat. Dengan isi pensil mekanis 2B, sketsa gambar Anda mudah dihapus dan dibentuk berkali-kali. Selain itu, warna produknya terang sehingga mudah dicari ketika pensil Anda tercecer. 

No.2

uni-ballKuru Toga Mechanical Pencil M5-450T

Mulai dari Rp40.000,00

Lengkap dengan isi pensil yang kuat dilapisi Nano Diamond

Biasanya isi pensil mekanis mudah patah ketika digunakan. Namun, isi produk uni-ball ini mengandung Nano Diamond sehingga meminimalkan risiko sering patah. Menggambar tentu lebih stabil dan lebih aman dengan pensil mekanis 0,5 mm ini.

Pensil mekanis ini tentunya bisa dipertimbangkan agar gambar Anda dapat selesai dengan tepat. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan built-in eraser yang sangat praktis. Produk ini cocok bila Anda ingin pensil mekanis yang tidak mudah patah ketika digunakan dengan cepat.

No.3

rOtringTikky Mechanical Pencil1904694

Mulai dari Rp55.000,00

Mudah disesuaikan dengan kebutuhan berkat beragam varian warna bodi dan diameter inti

Produk rOtring ini menawarkan banyak varian warna bodi dan diameter inti yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dilengkapi dengan pegangan karet, pensil mekanis ini dapat memberikan Anda kenyamanan saat digunakan. 

Bahan kuningan di ujungnya menjaga agar isi pensil keluar secara presisi dan mencegah agar tidak mudah patah. Produk ini tentu sangat cocok digunakan jika Anda ingin menggambar dengan ketebalan khusus untuk proyek seni Anda. 

No.4

TombowMONO GraphDPA-132

Mulai dari Rp44.000,00

Shake mechanism membuat isi pensil keluar hanya dengan goyangan ke atas dan bawah

Pensil mekanis 0,3 mm hingga 0,5 mm ini menggunakan shake mechanism yang memudahkan Anda mengeluarkan isinya. Anda hanya perlu menggoyangkannya ke atas dan bawah. Produk ini juga dilengkapi fungsi shake lock untuk mencegah isinya keluar secara berlebihan atau tanpa sengaja. 

Selain itu, lead sleeve sepanjang 4 mm akan menjaga isi pensil ini agar tidak mudah patah. Oleh karenanya, produk ini sangat cocok digunakan bila Anda ingin pensil mekanis yang kuat dan mudah dikeluarkan isinya. 

No.5

PentelGraphgear 500 Mechanical Drafting Pencil

Mulai dari Rp90.000,00

Ringan dan presisi, cocok untuk drafting arsitektural

Pensil mekanis untuk menggambar pada umumnya digunakan oleh desainer fashion atau arsitek yang memerlukan presisi tinggi. Salah satu produk yang digemari oleh arsitek adalah pensil mekanis Pentel ini. Pentel Graphgear 500 memiliki desain yang praktis dan bobot yang ringan ketika digunakan dalam waktu yang lama. 


Meski bobot produknya ringan, bagian tumpuan pegangannya sedikit berat sehingga memudahkan Anda membuat goresan yang mantap. Selain itu, pensil mekanis 0,3 mm hingga 0,9 mm ini sangat akurat digunakan untuk menggambar. Produk ini memiliki indikator kekerasan isi pensil sehingga dapat disesuaikan dengan preferensi Anda. Tentunya produk Pentel ini cocok bagi arsitek dan fashion designer. 

No.6

ZebraM-301 Mechanical Pencil54011

Mulai dari Rp38.300,00

Bodinya kuat dan tahan lama, Anda pun tidak perlu sering mengganti pensil

Anda butuh rekomendasi pensil mekanis untuk menggambar yang bodinya kuat dan awet? Pensil mekanis 0,5 mm hingga 0,7 mm ini adalah pilihan yang tepat. Dengan bodi yang terbuat dari stainless steel, Anda dapat menggunakan produk Zebra ini dalam jangka waktu yang lama. Jadi, Anda tidak perlu sering gonta-ganti pensil.
No.7

uni-ballKuru Toga Pipe SlideM5-452

Mulai dari Rp103.000,00

Dengan sliding lead sleeve yang melindungi isi pensil

Ketika isi pensil mekanis sudah terpakai, Anda harus menekan kembali tombol di atas agar isinya keluar. Tentu ada kemungkinan isi pensil patah ketika Anda menekannya. Namun, tidak begitu dengan produk ini. Kuru Toga Pipe Slide memiliki sliding lead sleeve yang dapat bergeser ketika isi pensil hampir habis. 


Jadi, Anda tidak perlu menekan tombol ketika isi pensilnya habis sehingga mengurangi risiko patah. Seperti Kuru Toga biasa, pensil ini juga dapat meraut dengan sendirinya. Produk ini tentu sangat cocok bagi ilustrator anime dan manga agar dapat bekerja lebih efisien dan cepat. Terlebih, bentuknya tidak berlebihan sehingga terasa nyaman.

No.8

Tombow MONO Graph ZeroDPA-162A

Mulai dari Rp93.200,00

Penghapus tipisnya berpresisi tinggi, pas untuk kebutuhan profesional!

Saat sedang menggambar, Anda mungkin melakukan kesalahan hingga menimbulkan coretan di bagian yang sulit dihapus. Produk Tombow ini hadir untuk menolong Anda karena dilengkapi penghapus tipis berdiameter 2,3 mm. Karena itu, pensil ini dapat menyempurnakan gambar Anda hingga ke bagian yang sulit dijangkau.

Produk ini termasuk salah satu pensil mekanis terbaik untuk kebutuhan profesional, lho. Anda yang berkuliah di jurusan desain juga bisa memanfaatkannya. Selain itu, pensil mekanis 0,5 mm ini tergolong kokoh dengan pegangan dari logam yang tebal. Sebagai informasi, refill untuk penghapus tipis produk ini juga dijual di pasaran.
No.9

Faber-CastellMechanical Pencil Grip 2011131211

Mulai dari Rp192.000,00

Antiselip dengan titik-titik emboss di pegangannya

Faber-Castell Grip 2011 merupakan salah satu pensil mekanis untuk menggambar. Pensil ini terkenal karena memenangkan penghargaan desain. Produk ini memiliki desain segitiga yang ergonomis. Dengan begitu, menggambar jadi terasa lebih alami seperti menggunakan pensil kayu. 


Di bagian pegangannya pun terdapat titik-titik timbul yang terbuat dari karet. Titik-titik ini dapat memberikan cengkeraman yang lebih kuat dan kokoh ketika Anda menggambar. Tentunya pensil mekanis Faber-Castell ini cocok bagi Anda yang suka menggambar dengan aliran realis. 

No.10

Faber-CastellE-Motion Pure Black Twist Pencil 138690

Mulai dari Rp1.765.900,00

Ukuran diameter intinya besar, cocok untuk sketsa karikatur

Bila Anda butuh rekomendasi pensil mekanis yang tebal dan pekat, produk ini dapat dipertimbangkan. Walaupun harga produk ini tergolong tinggi, goresannya sangat lancar dan hasilnya tersaturasi dengan baik. Dengan bentuk yang menyerupai pulpen, cara mengeluarkan isi pensil ini unik, yaitu dengan diputar.


Ukuran diameter intinya juga besar sehingga bagus untuk mengarsir. Terlebih, dengan bentuk pensil yang menggelembung di tengah, Anda akan lebih mudah menekan goresan. Hasilnya pun akan lebih pekat. Pensil mekanis Faber-Castell ini cocok bagi seniman karikatur atau monokromatis.

Baca juga rekomendasi produk alat menggambar lainnya di sini

Selain pensil mekanis, masih banyak produk lain yang dapat melengkapi kegiatan menggambar Anda. Rekomendasi produknya sudah kami siapkan untuk Anda, seperti isi pensil mekanis, penggaris, dan penghapus. Yuk, simak di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh pensil mekanis terbaik untuk menggambar yang bisa Anda temukan di online shop. Sudahkah Anda menemukan produk yang dibutuhkan? Silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan, ya.


Kegiatan menggambar memang perlu dilakukan senyaman mungkin. Karena itu, Anda sebaiknya memilih pensil mekanis yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan pensil mekanis terbaik untuk menggambar!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer