• 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)

Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.

Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
  • Pembaharuan terakhir: 08 September 2021
  • 163.188 Views
Daftar isi

Apa penyebab mata lelah?

Apa penyebab mata lelah?
Mata lelah disebabkan oleh ketegangan otot di sekitar mata akibat terlalu fokus melihat sesuatu. Bekerja dengan komputer yang mengharuskan Anda menatap layar dalam waktu lama dapat memicu terjadinya mata lelah. 

Pekerjaan tangan yang mendetail juga akan membuat mata Anda cepat lelah karena dipaksa untuk fokus terus-menerus. Selain itu, mata lelah juga bisa disebabkan oleh terganggunya saraf otonom atau presbiopia (kondisi menurunnya daya penglihatan).


Jika Anda mengalami mata lelah, Anda akan merasakan iritasi, hiperemia (mata merah), penglihatan buram, mata kering, dan lain-lain. Jangan sepelekan gejala-gejala tersebut karena dapat menimbulkan masalah lain jika kondisinya mulai parah. 


Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus lebih sering mengistirahatkan mata. Cobalah untuk tidak melihat layar komputer atau gadget Anda selama beberapa saat, serta berkedip lebih sering untuk membasahi mata Anda. Cara lainnya, Anda bisa menggunakan obat tetes mata sebagai pertolongan pertama untuk mata lelah agar cepat membaik.

Cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah

Secara garis besar, terdapat empat poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih obat tetes mata untuk mata lelah. Bacalah dengan teliti agar Anda dapat menemukan obat tetes mata yang paling efektif!

Pilihlah kandungan sesuai gejala mata lelah Anda

Beberapa bahan yang terkandung di dalam obat tetes mata di bawah ini ampuh untuk meredakan gejala-gejala mata lelah. Jadi, pilih dan sesuaikanlah kandungan obat tetes mata dengan gejala mata lelah yang Anda alami.  

Bahan vasoconstrictor: atasi mata merah saat diperlukan

Bahan vasoconstrictor: atasi mata merah saat diperlukan
Bahan yang efektif untuk meredakan mata merah salah satunya adalah vasoconstrictor. Bahan tersebut dapat menekan kemerahan di area mata dengan merangsang pembuluh darah. Itu sebabnya obat tetes mata dengan kandungan bahan ini banyak digunakan oleh orang yang mengalami mata merah atau hiperemia.

Namun, mengurangi mata merah bukan berarti mengatasi mata lelah Anda. Mata merah Anda dapat mereda sesaat setelah penggunaan obat tetes mata ini. Akan tetapi, setelah efeknya menghilang, mata merah Anda mungkin akan kembali lagi, bahkan bertambah parah. Karena itu, gunakanlah obat tetes mata berkandungan bahan vasoconstrictor hanya pada saat diperlukan saja.

Bahan neostigmine methylsulfate: atasi mata yang sulit fokus

Bahan neostigmine methylsulfate: atasi mata yang sulit fokus
Jika gejala mata lelah yang Anda alami adalah sulit fokus, gunakan obat tetes mata yang mengandung neostigmine methylsulfate. Bahan tersebut dapat mengembalikan fokus mata Anda dengan meningkatkan fungsi otot siliaris. Selain itu, bahan tersebut juga membantu otot mata yang tegang menjadi rileks. Jadi, produk dengan kandungan bahan ini direkomendasikan agar mata Anda dapat kembali fokus. 

Bahan sodium kondroitin sulfat: atasi mata kering

Bahan sodium kondroitin sulfat: atasi mata kering

Anda dapat meringankan gejala mata lelah dengan membuatnya tetap lembap. Untuk itu, Anda disarankan untuk memilih obat tetes mata yang mengandung bahan yang dapat melembapkan mata seperti sodium kondroitin sulfat. Bahan tersebut efektif memulihkan kondisi kornea mata dan mempertahankan kelembapan mata, serta memberi asupan vitamin A. 


Di samping itu, bahan seperti sodium klorida atau potasium klorida juga direkomendasikan karena komponen air mata pun terdiri dari bahan ini. 

Bahan anti-inflamasi dan sejenisnya: atasi mata tegang dan menutrisi mata

Bahan anti-inflamasi dan sejenisnya: atasi mata tegang dan menutrisi mata
Bahan anti-inflamasi yang mampu mengurangi iritasi mata sekaligus menutrisi mata juga efektif untuk mengatasi mata lelah. Contohnya, obat tetes mata yang mengandung nicotium glycyrrhizinate, epsilon-aminocaproic acid, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut mampu menekan peradangan dan mengurangi mata merah.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih obat tetes mata yang memiliki bahan yang dapat menutrisi mata. Misalnya, taurin, vitamin B6, vitamin B12, dan sebagainya yang biasa ditemukan juga di minuman berenergi. Bahan-bahan ini memiliki efek meningkatkan fungsi mata dan saraf sehingga mata yang lelah akan kembali segar.

Apakah dapat dipakai bersamaan dengan lensa kontak?

Apakah dapat dipakai bersamaan dengan lensa kontak?
Pengguna lensa kontak harus berhati-hati saat ingin menggunakan obat tetes mata. Hal ini disebabkan kandungan di dalam obat tetes mata, terutama bahan pengawet, dapat berakibat buruk untuk lensa kontak.

Karena itu, pastikan kembali apakah obat tetes mata yang hendak Anda gunakan aman untuk digunakan bersamaan dengan lensa kontak. Jangan sampai salah memilih! Berhati-hatilah agar penggunaan obat tetes mata tidak memengaruhi baik lensa kontak maupun mata Anda.

Periksalah kenyamanannya saat digunakan

Periksalah kenyamanannya saat digunakan
Apakah Anda termasuk orang yang memperhatikan kenyamanan saat menggunakan obat tetes mata? Terdapat berbagai produk obat tetes mata untuk mata lelah yang dijual di pasaran. Misalnya, ada jenis yang memberikan sensasi dingin saat diteteskan. Sensasi dingin dari obat tetes mata pun memiliki beberapa tingkatan mulai dari mild hingga strong

Apabila Anda ingin mata terasa lebih segar, Anda dapat menggunakan produk yang memberikan sensasi dingin. Namun, apabila Anda tidak nyaman dengan sensasi dingin tersebut, pilihlah produk yang tidak memberikan sensasi dingin. Hal ini penting untuk diperhatikan karena Anda mungkin akan menggunakannya cukup sering sehingga pilihlah yang paling nyaman dipakai.

10 Rekomendasi obat tetes mata untuk mata lelah

Berikut ini adalah sepuluh rekomendasi obat tetes mata untuk mata lelah. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi mata Anda!

Kandungan bahanCarboxymethylcellulose sodium, sodium chloride, boric acid, sodium borate decahydrate, potassium chloride, calcium chloride, magnesium chloride, purified water, PURITE® (stabilized oxychloro complex), dll
Aman untuk lensa kontak
Sensasi dinginTidak disebutkan

Johnson & Johnson VisionBlink Contacts Lubricating Eye Drops

Mulai dari Rp 84.200,00

Kandungan bahanPurified water, sodium hyaluronate, sodium chloride, potassium chloride, dll
Aman untuk lensa kontak
Sensasi dinginTidak disebutkan
Kandungan bahanNafazolin HCl 0,012%, asam borat, natrium borat, dinatrium edetat, polisorbat 80, benzalkonium klorida 0,005%, klorobutanol dan menthol
Aman untuk lensa kontak×
Sensasi dingin
Kandungan bahanPurified sodium hyaluronate 0,1%
Aman untuk lensa kontak×
Sensasi dinginTidak disebutkan
Kandungan bahanTetrahidrozolin HCl 0,05%, benzalkonium klorida 0,01%
Aman untuk lensa kontakTidak disebutkan
Sensasi dinginTidak disebutkan

Combiphar Insto Regular Tetrahydrozoline HCl

Mulai dari Rp 19.500,00

Kandungan bahanTetrahydrozoline HCl 0.05%, benzalkonium Cl 0.01%
Aman untuk lensa kontakTidak disebutkan
Sensasi dinginTidak disebutkan

Alcon Tears Naturale Free Lubricant Eye Drops

Mulai dari Rp 42.000,00

Kandungan bahanDextran 0,1%, hydroxy methylcellulosa 0,3%
Aman untuk lensa kontakTidak disebutkan
Sensasi dinginTidak disebutkan

RohtoAqua Tired Eye Relief Gentle & Moisturizing

Mulai dari Rp 58.750,00

Kandungan bahanHypromellose 0.2%, tetrahydrozoline HCl 0.05%, zinc sulfate 0.25%
Aman untuk lensa kontak
Sensasi dingin×
Kandungan bahanTetrahydrozoline hydrochloride, glycyrrhizinate dipotassium, chlorpheniramine maleate, panthenol, potassium L-aspartate, dll
Aman untuk lensa kontak×
Sensasi dinginTidak disebutkan
Kandungan bahanVitamin B6, taurine, potassium L-aspartate, neostigmine methyl sulfate, epsilon-aminocaproic acid, tetrahydrozoline hydrochloride, chlorpheniramine maleate
Aman untuk lensa kontak×
Sensasi dingin

Tabel perbandingan produk obat tetes mata untuk mata lelah

Gambar produk
Santen  Sante FX V+ 1

Santen

Lion Smile Whitéye 1

Lion

Rohto Aqua Tired Eye Relief Gentle & Moisturizing 1

Rohto

Alcon  Tears Naturale Free Lubricant Eye Drops 1

Alcon

Combiphar  Insto Regular Tetrahydrozoline HCl 1

Combiphar

Visine Original  (Tetrahidrozolin HCl) 1

Visine Original

Santen  Hialid 0.1 Ophthalmic Solution 1

Santen

Rohto Cool Nafazolin HCl 0,012% 1

Rohto

Johnson & Johnson Vision Blink Contacts Lubricating Eye Drops 1

Johnson & Johnson Vision

Refresh Contacts Lens Comfort Drops 1

Refresh

Nama produk

Sante FX V+

Smile Whitéye

Aqua Tired Eye Relief Gentle & Moisturizing

Tears Naturale Free Lubricant Eye Drops

Insto Regular Tetrahydrozoline HCl

(Tetrahidrozolin HCl)

Hialid 0.1 Ophthalmic Solution

Cool Nafazolin HCl 0,012%

Blink Contacts Lubricating Eye Drops

Contacts Lens Comfort Drops

Keunggulan

Menutrisi mata Anda dengan tujuh kandungan aktif sekaligus

Meredakan mata lelah sekaligus menjaga sklera tetap putih sehat

Formulanya terasa begitu mild, nyaman di mata Anda

Kemasannya praktis untuk Anda bawa ke mana-mana

Lebih steril untuk mata Anda berkat kandungan antibakterinya

Mata merah? Cukup redakan dalam waktu 60 detik saja!

Efektif melembapkan mata kering dengan sekali tetes

Atasi mata merah dengan sensasi cool menyegarkan

Nyaman dipakai bagaikan air mata asli

Segarkan mata lelah akibat penggunaan lensa kontak

Harga mulai dariRp 130.000,00Rp 195.000,00Rp 58.750,00Rp 42.000,00Rp 19.500,00Rp 14.000,00Rp 75.000,00Rp 14.000,00Rp 84.200,00Rp 65.000,00
Kandungan bahanVitamin B6, taurine, potassium L-aspartate, neostigmine methyl sulfate, epsilon-aminocaproic acid, tetrahydrozoline hydrochloride, chlorpheniramine maleateTetrahydrozoline hydrochloride, glycyrrhizinate dipotassium, chlorpheniramine maleate, panthenol, potassium L-aspartate, dllHypromellose 0.2%, tetrahydrozoline HCl 0.05%, zinc sulfate 0.25%Dextran 0,1%, hydroxy methylcellulosa 0,3%Tetrahydrozoline HCl 0.05%, benzalkonium Cl 0.01%Tetrahidrozolin HCl 0,05%, benzalkonium klorida 0,01%Purified sodium hyaluronate 0,1%Nafazolin HCl 0,012%, asam borat, natrium borat, dinatrium edetat, polisorbat 80, benzalkonium klorida 0,005%, klorobutanol dan mentholPurified water, sodium hyaluronate, sodium chloride, potassium chloride, dllCarboxymethylcellulose sodium, sodium chloride, boric acid, sodium borate decahydrate, potassium chloride, calcium chloride, magnesium chloride, purified water, PURITE® (stabilized oxychloro complex), dll
Aman untuk lensa kontak××Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan××
Sensasi dinginTidak disebutkan×Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Hal yang harus diperhatikan saat memakai obat tetes mata

Hal yang harus diperhatikan saat memakai obat tetes mata
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memakai obat tetes mata adalah mencuci tangan dengan sabun. Kemudian, pastikan ujung dari obat tetes mata tidak mengenai tangan atau bulu mata Anda. Tutup obat tetes mata pun harus Anda letakkan di tempat yang bersih sehingga bakteri tidak menempel. Dengan cara-cara demikian, obat tetes mata Anda akan tetap steril dan terhindar dari pertumbuhan bakteri.

Selanjutnya, Anda perlu mengaplikasikan beberapa tetes ke mata Anda, tetapi ingat untuk tidak meneteskannya terlalu banyak. Pemakaian yang berlebihan dapat membuat mata Anda iritasi. Karena itu, perhatikanlah baik-baik dosis dan anjuran pemakaian yang tertera di kemasan.


Setelah diteteskan, pejamkan mata Anda sejenak. Anda juga bisa menekan dengan lembut bagian dalam mata dengan jari untuk mencegah obat tetes mata mengalir keluar lagi. Lalu, apabila Anda berencana untuk menggunakan dua jenis obat tetes mata berbeda, ingatlah untuk memberikan jeda waktu sekitar lima menit. Hal ini berguna agar hasilnya lebih efektif. Jika digunakan secara tepat, mata lelah Anda pun akan lebih cepat teratasi!

Baca juga rekomendasi obat tetes mata lainnya di sini!

Selain obat tetes mata untuk mata lelah, mungkin Anda juga sedang mencari obat tetes mata lainnya yang sesuai dengan kondisi mata Anda. Untuk itu, kami juga menyiapkan artikel mengenai obat tetes mata untuk mata kering dan untuk mata gatal. Penasaran bagaimana cara memilih serta apa saja produk rekomendasi pilihan kami? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca juga rekomendasi suplemen lutein untuk kesehatan mata di sini!

Selain mengobati mata lelah, kesehatan mata secara utuh juga perlu dijaga. Untuk itu, kami merekomendasikan Anda mengonsumsi suplemen untuk mata. Kami juga sudah menyiapkan artikel mengenai suplemen lutein terbaik untuk kesehatan mata yang bisa Anda jadikan referensi. Silakan baca informasi selengkapnya dari artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kali ini kami telah merekomendasikan produk obat tetes mata untuk membantu mengatasi mata lelah. Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kondisi mata?


Pilihlah obat tetes mata yang sesuai dengan gejala mata lelah yang Anda alami. Jangan sepelekan gejala mata lelah karena akan berakibat buruk jika tidak segera diobati. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memilih obat tetes mata yang paling tepat untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    552.399 Views
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek, antara lain Rhinos Junior, Proris, serta Purekids. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    81.952 Views
  • 10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Cairan pembersih luka adalah cairan untuk mensterilkan serta membersihkan kotoran dari area luka. Cairan ini penting karena dapat membantu pemulihan luka Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk cairan pembersih luka di pasaran. Namun, beberapa di antaranya justru bisa membuat luka Anda makin parah, lho!Agar Anda mendapatkan cairan pembersih luka yang bagus dan aman, simak cara memilihnya di bawah ini. Kami juga akan membahas sepuluh cairan pembersih luka dari berbagai merek, seperti Hansaplast, Betadine, Killbac, dan lainnya. Tentunya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Obat-obatan
    9.729 Views
  • 10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Penghilang Panu - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun tidak berbahaya, adanya panu di badan pastinya membuat Anda kurang percaya diri. Lebih parah lagi jika panunya terletak di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah atau leher. Stigma sebagai orang yang jorok dan tidak memedulikan kebersihan bisa saja melekat pada Anda.Kami akan membahas tentang obat yang bagus dan ampuh menghilangkan panu. Kami juga merekomendasikan produk pilihan dari berbagai merk, seperti Kalpanax, Daktarin, dan sebagainya. Kami akan membahas hal-hal yang menyebabkan panu tumbuh di kulit serta cara mencegahnya. Simak juga komentar dari dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah, SpKK.
    Obat-obatan
    44.878 Views
  • 10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Denging suara nyamuk yang beterbangan bisa mengganggu tidur. Apalagi ditambah gigitannya yang menyebabkan bentol dan gatal. Tak hanya itu, nyamuk juga bisa menjadi sumber penyakit seperti malaria atau demam berdarah. Salah satu cara untuk mengusir nyamuk pergi adalah dengan memakai losion antinyamuk.Ada banyak losion antinyamuk yang memiliki keunggulannya masing-masing, sebut saja Soffel, Autan, atau Caladine. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih losion antinyamuk serta merekomendasikan beberapa produk terbaik. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk menemukan losion antinyamuk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Obat-obatan
    45.351 Views
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.
    Obat-obatan
    192.777 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori