10 Rekomendasi Lampu Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Lampu Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Lampu tidur berguna untuk membuat suasana menjelang tidur Anda semakin tenang. Berbagai desain lampu tidur yang cantik dan unik, mulai dari yang diletakkan di meja, ditempelkan di dinding, hingga diletakkan di lantai, ada untuk menunjang kenyamanan tidur Anda.

Jadi, kali ini kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih lampu tidur. Dengan banyaknya desain menarik, perbedaan warna lampu, fungsi peredupan, dan faktor keamanan yang ada pada produk, pilihlah produk lampu tidur terbaik untuk Anda. Setelah itu, milikilah tidur nyenyak berkualitas setiap harinya!

Daftar isi

Cara memilih lampu tidur

Lampu tidur seperti apa yang harus dimiliki agar Anda dapat menikmati penghujung hari dengan nyaman sebelum tidur? Mari simak poin-poinnya!

Pilih bentuk yang cocok dengan interior kamar Anda

Sebagai lampu yang digunakan untuk menunjang lampu utama, terdapat 3 tipe lampu tidur yang dapat Anda temukan di pasaran. Ketiga tipe itu adalah tipe lampu meja, tipe lampu lantai, dan tipe lampu tempel yang dipasang di dinding. Mari lihat penjelasan masing-masing tipe berikut.

Pertama-tama, pilihlah lampu tidur yang cocok dengan interior, suasana pencahayaan kamar, dan posisi peletakkannya dalam kamar tidur Anda.

Tipe lampu meja, cocok untuk Anda yang menggunakan lampu tidur pertama kali

Tipe lampu meja, cocok untuk Anda yang menggunakan lampu tidur pertama kali

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan lampu tidur sebelumnya, kami merekomendasikan tipe ini untuk Anda coba. Selain sangat mudah diletakkan di atas meja, desainnya pun beragam dan harganya cukup terjangkau. Sumber tenaganya pun bervariasi, mulai dari sambungan USB, stopkontak, baterai, dan sebagainya. Kemudian, terdapat produk yang menyematkan fitur pemutar musik hingga yang dapat mengeluarkan aroma tertentu.

Kemudian, ada juga tipe lampu seperti lentera yang penutup lampunya dapat Anda ganti saat Anda ingin menyesuaikan terang-redupnya cahaya dengan suasana kamar Anda. Jadi, jenis lampu seperti ini sangat berguna saat Anda hendak menyesuaikan cahaya dengan suasana dan atmosfer kamar Anda.

Tipe lampu lantai, memberikan kesan fashionable pada kamar Anda

Tipe lampu lantai, memberikan kesan fashionable pada kamar Anda

Tipe lampu lantai ini populer di kalangan orang yang ingin membuat kamar tidur terlihat fashionable. Anda dapat meletakkannya di sudut ruangan atau di sisi dinding dan melingkupi ruangan dengan cahaya lembutnya.

Ada beragam desain dan material yang digunakan. Kemudian, banyak produk yang dibuat berdesain cantik untuk menunjang interior kamar sehingga Anda dapat memilih lampu yang sesuai dengan nuansa kamar Anda. Namun, berhubung Anda akan meletakkannya jauh dari tempat tidur, mungkin Anda akan lebih sulit untuk mematikan dan menyalakan lampunya setiap kali Anda inginkan. Jadi, periksalah dahulu mengenai tombol dayanya sebelum membeli.

Tipe lampu tempel, cocok untuk mengubah kesan dalam kamar

Tipe lampu tempel, cocok untuk mengubah kesan dalam kamar

Bagi Anda yang merasa kurang cocok dengan 2 tipe sebelumnya, cobalah untuk mengubah kesan dengan memilih tipe lampu dinding.

Banyak orang tidak memilih tipe lampu tempel karena berpikir bahwa mereka harus melubangi dinding rumahnya dan membutuhkan cara pemasangan tertentu. Padahal faktanya, kini sudah banyak dijual lampu berbobot ringan yang dapat ditempel dengan tape berperekat atau dengan push pins. Ada juga lampu praktis yang tidak membutuhkan kabel, hanya perlu diisi dayanya saja sebelum digunakan. Jadi, temukanlah yang Anda sukai.

Di sisi lain, bila Anda meletakkannya di tempat tinggi, tentu akan lebih sulit untuk merawat dan membersihkannya. Jadi, pertimbangkanlah lokasi pemasangannya baik-baik terlebih dahulu.

Pilih berdasarkan warna lampu dan fungsi pengaturan lainnya

Sebagai alat yang berguna untuk menerangi, tentu saja warna cahaya lampu yang dihasilkan merupakan suatu hal penting yang harus diperhatikan. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Periksa ukuran dan bukaan penutup lampu

Periksa ukuran dan bukaan penutup lampu

Bila terdapat penutup pada lampu, cahaya yang dihasilkan akan berbeda tergantung bentuk penutup dan bukaan bawahnya. Semakin kecil penutup, semakin luas pula cahaya yang dikeluarkan sehingga keseluruhan ruangan akan menjadi terang. Namun, untuk lampu yang bagian bawah penutupnya terbuka, cahaya akan menyinari bagian bawahnya dengan terang seperti lampu sorot sekaligus memberikan kesan redup pada sekelilingnya.

Jika cahayanya terlalu terang, tentu akan mengganggu tidur. Maka, pilihlah lampu tidur yang sinarnya lembut dan tidak terlalu terang pada bagian posisi kepala. Sebisa mungkin, periksalah cahaya lampu terlebih dahulu di toko, sedangkan bagi Anda yang membeli secara online, carilah info dari review pengguna sebelum membelinya.

Periksa warna sumber cahaya

Periksa warna sumber cahaya

Secara umum, warna lampu yang dipancarkan oleh lampu bohlam dan LED dibagi menjadi 3 jenis, yaitu daylight, cool white, dan warm white.

Warna lampu daylight cocok digunakan saat Anda ingin meningkatkan konsentrasi karena warnanya terang dan cerah. Untuk cool white, cocok digunakan di hampir semua ruangan yang sering Anda gunakan, seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Kemudian, warm white dengan cahaya yang teduh, cocok untuk dipakai di ruangan yang tenang dan membutuhkan pencahayaan yang hangat.

Di kamar tidur, lampu warm white sangat disarankan untuk Anda gunakan. Namun, bila Anda memilih lampu berwarna daylight atau cool white pun, suasana pencahayaan dapat berubah tergantung bahan dan warna penutup lampu. Karena itu, silakan pilih yang sesuai dengan ruangan Anda. Jika warna pada lampu dirasa tidak cocok, Anda dapat membeli bohlam atau LED dengan warna berbeda dan menukarnya. Bahkan, kini terdapat lampu LED yang dapat berubah-ubah warna.

Periksa ada/tidaknya fungsi pengatur kecerahan

Periksa ada/tidaknya fungsi pengatur kecerahan

Cahaya yang terlalu terang akan menyebabkan produksi hormon melatonin–hormon yang berguna untuk membuat tidur menjadi nyenyak–menjadi berkurang.

Dengan meredupkan cahaya secara perlahan sebelum tidur, Anda dapat membiasakan tubuh Anda untuk melepas ketegangan secara perlahan pula. Karena itu, lampu tidur yang memiliki fungsi pengatur kecerahan sangat disarankan untuk Anda. Bila ada banyak tahap pengaturan, tentu akan sangat nyaman karena Anda dapat menyesuaikannya sebagai lampu baca atau lampu tidur.

Periksa sudut cahaya dan pengaturan posisi lampu

Periksa sudut cahaya dan pengaturan posisi lampu

Lampu tidur tipe arm lamp merupakan jenis yang nyaman digunakan karena Anda dapat menyesuaikan tinggi dan sudut cahaya lampunya. Anda dapat bebas mengatur ketika ingin menggunakan penerangan sebagai lampu baca atau meredupkan cahaya ketika mata lelah. Kemudian, saat Anda tidur bersama orang lain, Anda dapat mengatur arah cahayanya agar tidak mengganggu tidur orang tersebut.

Pilih berdasarkan ukuran lampu yang sesuai

Pilih berdasarkan ukuran lampu yang sesuai

Saat memilih lampu tidur, pertimbangkan juga ukurannya karena setiap ukuran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lampu berukuran kecil yang diletakkan di meja sebelah kasur sangat cocok untuk digunakan membaca. Namun, ukurannya yang kecil menyebabkan lampu ini ringan sehingga mudah jatuh bila tersenggol. Karena itu, sediakanlah tempat yang cukup untuk meletakkan lampu di meja sebelah kasur Anda. Sebab, bisa jadi Anda turut meletakkan jam alarm atau smartphone Anda dan tanpa sengaja menyenggol lampu saat hendak mengambil benda-benda tersebut.

Lampu yang besar dan tinggi seperti lampu lantai memiliki jangkauan pencahayaan yang lebih luas. Bila Anda dapat menciptakan bayangan dengan mengombinasikannya bersama sebuah lampu meja atau tipe lampu lain, Anda dapat membuat kamar Anda terasa lebih artistik. Namun, karena penutup lampu ada di posisi yang tinggi, tentu agak sulit saat membersihkannya. Lampu yang besar juga berat dan akan cukup sulit untuk dipindahkan. Jadi, pertimbangkanlah sebelum memutuskan membelinya.

Pilih berdasarkan faktor keamanannya

Pilih berdasarkan faktor keamanannya

Saat memilih lampu tidur, keamanan adalah salah satu hal utama yang harus Anda perhatikan. Pilihlah lampu yang dapat mati secara otomatis saat terjatuh atau pilih lampu dengan bohlam yang memiliki fungsi temperature control dan fungsi untuk menekan kenaikan suhu. Dengan begitu, risiko kebakaran akan diminimalisir. Jadi, pilihlah produk berdasarkan pertimbangan keamanannya juga.

10 Rekomendasi lampu tidur terbaik

Kini saatnya kami memberikan 10 rekomendasi produk lampu tidur terbaik pilihan kami. Silakan pilih produk favorit Anda dan buat suasana kamar tidur Anda semakin menyenangkan!

10. Lampu Tidur Model Jamur

10. Lampu Tidur Model Jamur

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.048

Ciptakan suasana romantis dengan lampu hias berbentuk jamur

Buat suasana ruangan Anda menjadi lebih hidup dengan lampu berbentuk jamur unik ini. Cahaya yang dihasilkan merupakan sinar redup yang nyaman sehingga akan menciptakan suasana tenang sebelum tidur. Dengan begitu, Anda dapat menikmati tidur yang berkualitas tanpa perlu khawatir akan terganggu oleh sinar lampu yang terlampau terang.

Bentuk jamur dan hiasan daun sintetisnya dapat memberikan nuansa alami pada kamar Anda. Warna lampunya pun dapat berubah-ubah secara perlahan sehingga akan menimbulkan kesan romantis di kamar Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari lampu tidur berbentuk unik dengan berbagai paduan warna yang indah.

9. Lampu Tidur LED Sensor Cahaya

9. Lampu Tidur LED Sensor Cahaya

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 44.900

Hemat tempat, hemat energi!

Lampu tidur ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang tidak dapat tidur tanpa pencahayaan, tetapi tidak ingin biaya listrik membengkak karena menyalakan lampu semalaman. Bentuknya yang kecil dan fleksibel juga membuat Anda tidak memerlukan banyak tempat. Selain itu, Anda hanya perlu memasang steker lampu pada soket listrik saja untuk menyalakannya.

Sensor cahaya yang disematkan akan membuat produk ini akan menyala saat ruangan gelap dan akan mati secara otomatis saat ruangan terang. Kemudian, konsumsi dayanya pun sangat hemat, hanya 0,5 watt saja. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi biaya listrik akan membengkak dan nikmatilah tidur berkualitas dengan lampu bersensor cahaya ini.

8. Retro LED Lamp

6. Retro LED Lamp

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 130.000

Lampu bergaya retro dengan fitur masa kini

Bila Anda penggemar barang vintage, pasti Anda akan menyukai produk satu ini. Lampu ini memiliki tampilan mirip lampu minyak teplok di zaman dahulu. Namun, Anda tidak perlu lagi mencari minyak untuk menghidupkannya karena lampu ini adalah lampu modern yang menggunakan lampu LED sebagai sumber cahayanya.

Kemudian, lampu ini sudah dilengkapi dengan sensor tiup untuk menyalakan dan mematikan lampunya. Tidak perlu khawatir soal baterai sebab Anda dapat mengisi ulang dayanya menggunakan USB charger. Lampu ini juga mampu dinyalakan selama 12 jam, membuatnya cocok untuk Anda jadikan lampu cadangan saat mati lampu atau sekadar menemani camping.

7. Green Wall Lampu Meja

7. Green Wall Lampu Meja

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 790.000

Hadirkan suasana hangat kayu di kamar tidur Anda

Adanya nuansa alam yang didapat dari perabot kayu memang akan selalu membuat ruangan terasa lebih hangat. Untuk itu, kami merekomendasikan lampu ini untuk Anda yang ingin mendapatkan nuansa natural kekayuan di kamar tidur Anda. Bahan rotannya akan menambah kesan minimalis sekaligus alami di kamar Anda.

Lampu ini sendiri dapat digunakan sebagai lampu meja atau lampu lantai, tergantung preferensi dan keinginan Anda saja. Desain anyamannya yang cantik juga menjadikan lampu ini terlihat sangat unik dan menarik perhatian. Dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang, lampu ini sangat pas untuk menemani tidur malam Anda.

6. IKEA SMILA MÅNE Wall Lamp

6. IKEA SMILA MÅNE Wall Lamp

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Desain playful plus material yang aman untuk meriahkan kamar anak

Anak-anak menyukai desain yang playful dan menarik untuk lampu kamar tidur mereka. Karena itu, lampu berbentuk bulan sabit cocok untuk Anda letakkan di kamar anak Anda. Produk ini juga diklaim aman karena tahan terhadap panas dan tidak bisa dialiri listrik sehingga aman bahkan saat dipegang oleh anak Anda.

Sebaiknya Anda menggunakan bohlam yang warnanya redup untuk menyesuaikan dengan bentuk dan warna dari lampu. Dengan begitu, cahayanya tidak akan membuat mata anak Anda silau saat tidur. Bila Anda ingin menghadirkan lampu tidur ini dengan jumlah yang banyak, pilihlah bohlam dengan daya yang kecil.

5. IKEA NOT 2-in-1 Floor Lamp

5. IKEA NOT 2-in-1 Floor Lamp

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 269.900

Tidak hanya satu, tetapi dua fungsi lampu sekaligus!

Membaca adalah kegiatan yang sering dilakukan menjelang tidur. Karena itu, memilih lampu tidur yang juga memiliki fungsi sebagai lampu baca merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki kebiasaan tersebut. Produk 2-in-1 dari IKEA ini tentunya akan sangat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lampu ini terdiri dari 2 buah lampu, yaitu lampu sorot yang menghadap ke atas sebagai lampu ruangan dan lampu yang mengarah ke bawah sebagai lampu baca. Desain simpelnya akan cocok untuk Anda yang memiliki kamar berdesain minimalis. Selain itu, bentuknya yang ramping juga akan memudahkan Anda untuk memindahkannya.

4. Lampu Tidur Bentuk Kucing

4. Lampu Tidur Bentuk Kucing

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 171.507

Sesuaikan mood dengan 7 varian warna lampu berbentuk kucing yang imut!

Lampu tidur berbentuk kucing ini terbuat dari bahan silikon yang bertekstur bouncy seperti karet. Di dalamnya terdapat 7 varian warna yang dapat Anda ubah sesuai dengan mood Anda. Cocok untuk Anda yang menginginkan suasana rileks sebelum tidur karena warna lampu yang dimiliki adalah warna-warna yang hangat.

Anda dapat mengoperasikan lampu ini dengan 2 cara, yaitu melalui tombol on/off atau menepuk lembut kepala si kucing. Selain itu, lampu imut ini menggunakan baterai yang dapat diisi ulang sehingga Anda tidak perlu repot sering mengganti baterai. Lampu ini juga sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana karena tidak menggunakan kabel.

3. Xiaomi Yeelight Bedside Lamp

3. Xiaomi Yeelight Bedside Lamp

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 740.000

Lampu tidur masa kini dengan teknologi wireless controler

Kini, telah hadir lampu dengan fitur kendali jarak jauh. Bila Anda memiliki akun Mi, Anda dapat menggunakan smartphone Anda untuk mengendalikan lampu ini melalui bluetooth. Jadi, tidak ada lagi alasan malas berjalan untuk sekadar mengatur lampu tidur Anda! Semua fungsi pengaturan lampu bisa dilakukan dengan gadget Anda.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki Mi band, produk ini terintegrasi dengan Mi band yang membuat lampu akan otomatis mati jika Mi band mendeteksi Anda sudah tertidur. Meski seluruh badan lampu terbuat dari plastik, tetapi tidak membuat lampu ini terlihat murahan, lho. Bobot yang cukup berat juga dapat mencegah lampu akan mudah jatuh jika tersenggol.

2. IKEA HOLMÖ Floor Lamp

2. IKEA HOLMÖ Floor Lamp

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 138.500

Floor lamp dengan desain ala Jepang untuk tampilan kamar yang luar biasa

IKEA HOLMO Floor Lamp ini cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan kamar terlihat luar biasa hanya dengan kehadiran sebuah lampu. Pendar lembut cahaya lampu ini juga dapat menciptakan kesan hangat yang akan membantu mood Anda menjadi lebih rileks. Sederhana, tetapi multifungsi, bukan?

Produk ini mudah untuk dirakit sendiri karena telah disediakan manual yang dapat Anda pelajari. Anda dapat mengoperasikan lampu melalui foot switch yang tersedia. Jadi, bagi Anda yang mencari lampu tidur tipe floor lamp dengan desain ala lampu Jepang yang menarik perhatian, produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda!

1. IKEA HOVNÄS Desk Lamp

1. IKEA HOVNÄS Desk Lamp

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.499.000

Atur kecerahannya hanya dengan sentuhan lembut jari Anda!

Bila Anda mencari desain lampu tidur yang tidak biasa, Anda bisa memasukkan produk pilihan kami ini ke dalam bucket list Anda. Produk ini menggunakan lampu LED sebagai pengganti bohlam dan tidak memiliki penutup lampu lagi. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir sinarnya terlalu terang sebab Anda dapat mengatur kecerahan lampu sesuai keinginan Anda.

Anda hanya perlu menyentuh dengan lembut bagian dasar dari lampu ini untuk mendapatkan kecerahan yang Anda mau. LED lampu meja ini menggunakan lampu berwarna warm white yang tidak akan menyakiti mata Anda. Ditambah bahannya yang terbuat dari gabungan baja, aluminium, dan krom, produk ini wajib ada di dalam kamar tidur Anda!

Kesimpulan

Kami telah mengenalkan cara memilih lampu tidur berdasarkan bentuk, pengaturan cahaya, keamanan, dan berbagai poin lainnya. Kami juga telah memberikan rekomendasi produk terbaik dengan berbagai desain cantik yang dapat Anda gunakan sebagai dekorasi interior kamar Anda.

Pilihlah lampu tidur yang dapat membuat ruangan Anda menjadi lebih nyaman. Kembalikan kesegaran tubuh Anda dari kelelahan beraktivitas dengan tidur yang berkualitas dan sambut pagi dengan segar!