10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Berdua (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Berdua (Terbaru Tahun 2018)

Di zaman modern ini, keberadaan kulkas memang tidak dapat dipisahkan dari keseharian manusia. Dengan adanya berbagai merek kulkas, seperti Samsung, Sharp, LG, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi, ukuran, harga serta fitur, Anda bisa saja kebingungan saat hendak membelinya.

Masih banyak hal lain yang harus dipertimbangkan agar Anda bisa menemukan kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi kulkas terbaik terutama untuk Anda yang tinggal berdua.

Daftar isi

Cara memilih kulkas untuk Anda yang tinggal berdua

Bila Anda tinggal berdua, kulkas juga harus mampu menampung kebutuhan makanan dan minuman untuk berdua. Poin-poin apa yang harus Anda perhatikan dalam memilih kulkas saat tinggal berdua? Mari simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ini!

Mengecek kapasitasnya terlebih dahulu

Saat hendak membeli kulkas, Anda harus mengetahui kapasitasnya terlebih dahulu. Bila Anda tidak mengetahui kapasitas yang dibutuhkan, Anda bisa saja memilih kulkas yang kapasitasnya terlalu kecil atau terlalu besar.

Ketahui kapasitas kulkas secara keseluruhan

Ketahui kapasitas kulkas secara keseluruhan

Secara umum kebutuhan kapasitas kulkas per 1 orang adalah 70L. Anda bisa menggunakan rumusan (70L x jumlah anggota keluarga) + 100L (bahan makanan/minuman harian) + 70L (cadangan penyimpanan), untuk menghitung kapasitas kulkas yang Anda butuhkan.

Bila Anda tinggal berdua saja, kapasitas kulkas yang dibutuhkan adalah (70L x 2) + 100L + 70L, atau bila dijumlahkan, hasilnya adalah 310L. Dengan begitu, untuk Anda yang tinggal berdua, kapasitas 310L bisa dijadikan sebagai acuan. Meski begitu, bisa saja kapasitas 310L terasa kurang mencukupi untuk Anda yang tinggal berdua karena gaya hidup setiap orang tentunya berbeda-beda.

Bagi Anda yang tinggal berdua dengan teman, kapasitas 310L akan terasa cukup. Lain halnya dengan Anda yang baru menikah dan tinggal berdua bersama pasangan Anda. Kapasitas 310L bisa terasa kurang mencukupi karena jumlah anggota keluarga Anda cepat atau lambat akan bertambah.

Apabila frekuensi belanja bahan makanan Anda sebanyak seminggu sekali, Anda bisa memanfaatkan kulkas yang kapasitasnya lebih dari 310L untuk menyimpan lebih banyak bahan makanan. Karena itu, pilihlah kulkas yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda, ya!

Ketahui kapasitas penyimpanan setiap kompartemennya

Ketahui kapasitas penyimpanan setiap kompartemennya

Anda juga harus mengetahui kapasitas penyimpanan setiap kompartemen di dalam kulkas yang hendak Anda beli. Bila kapasitas penyimpanan masing-masing kompartemennya besar, Anda akan semakin mudah untuk menyimpan barang yang Anda inginkan.

Sebagai contoh, bila Anda sering membeli makanan beku pilihlah produk yang kapasitas freezer-nya besar. Bila Anda ingin menyimpan banyak sayur atau buah, pilihlah produk yang kapasitas kompartemen penyimpanan buah/sayurnya besar. Pada intinya, pilihlah yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Kesimpulannya, bukan hanya kapasitas keseluruhan kulkas, kapasitas penyimpanan setiap kompartemen dalam kulkas juga penting untuk dipastikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli kulkas.

Mengecek ukurannya terlebih dahulu

Kulkas termasuk alat eletronik rumah tangga yang berukuran besar. Karena itu, sebelum membeli kulkas, Anda harus mengecek ukuran kulkas yang hendak Anda beli sekaligus akses keluar masuk barang di tempat tinggal Anda.

Ketahui ukuran kulkasnya

Ketahui ukuran kulkasnya

Ketika mengecek ukuran kulkas, Anda harus mengetahui ukuran panjang, lebar, dan tingginya. Setelah mengetahui ukurannya, Anda juga harus mengetahui luas area tempat di mana Anda akan meletakkan kulkas tersebut. Anda juga harus memberi jarak tambahan agar panas yang ditimbulkan mesin kulkas bisa tersalurkan tanpa mengganggu area di sekitarnya.

Anda bisa memberi jarak minimal 5 cm di sisi kiri dan kanan kulkas, serta 10 cm pada bagian atas kulkas tersebut. Ada juga kulkas yang tidak membutuhkan jarak sebesar itu untuk melepas panas. Kulkas seperti itu bisanya memiliki kapasitas diatas 400L. Umumnya, Anda bisa memastikan seluruh hal tersebut di situs resmi atau panduan/petunjuk penggunaannya.

Sesuaikan dengan akses keluar masuk barang

Sesuaikan dengan akses keluar masuk barang

Berhubung ukuran kulkas umumnya cukup besar, Anda juga harus menyesuaikannya dengan akses keluar masuk barang di tempat tinggal Anda. Meski lokasi tempat Anda ingin meletakkan kulkas cukup luas, bila akses menuju tempat tersebut tidak memadai, Anda pun akan kesulitan saat mengangkutnya masuk.

Karena itu, Anda harus mengetahui luas koridor serta dapur Anda. Selain itu, bila kulkas tersebut harus melewati pintu, pastikan tinggi dan lebar pintunya cukup memadai untuk dilewati kulkas pilihan Anda. Perlu diperhatikan juga, dibandingkan dengan peralatan rumah tangga lainnya, kulkas lebih mudah rusak bila dibawa secara horizontal sehingga Anda harus membawanya secara vertikal.

Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau rumah susun, mengangkut barang dengan melewati tangga atau lift merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Bila sudah begini, Anda juga harus memastikan bahwa kulkas pilihan Anda juga bisa dibawa melewati area tersebut, ya!

Mengecek cara membuka pintu kulkasnya

Mengecek cara membuka pintu kulkasnya

Saat ini, terdapat 3 jenis pintu yang banyak ditemukan pada produk kulkas di pasaran. Ketiga jenis tersebut adalah pintu bukaan ke kiri, pintu bukaan ke kanan, dan pintu bukaan dua arah atau biasa dikenal sebagai french type/french door.

Anda harus menyesuaikan cara membuka pintu kulkasnya dengan area tempat Anda akan meletakkan kulkas tersebut. Bila terdapat penghalang di sebelah kanan area lokasi kulkas, pilihlah kulkas dengan pintu bukaan ke kanan dan sebaliknya. Hal tersebut penting agar Anda tidak perlu repot menata ulang perabotan di ruangan tersebut hanya agar kulkas lebih mudah dibuka.

Bila area dapur Anda kecil atau Anda sering berpindah tempat tinggal, kami merekomendasikan Anda untuk memilih kulkas french door. Lebih dari itu, pilihlah kulkas yang cara membuka pintunya sesuai dengan area tempat Anda akan meletakkan kulkas tersebut, ya!

Mengecek fitur-fitur yang disediakan

Mengecek fitur-fitur yang disediakan

Saat ini, semakin banyak produsen kulkas yang melengkapi kulkas buatannya dengan berbagai fitur fungsional. Bahkan telah ada kulkas yang dilengkapi dengan fitur untuk menjaga kesegaran daging, sayuran, dan buah yang Anda simpan. Selain itu, ada juga kulkas yang sudah dilengkapi dengan fitur untuk menghilangkan bau tak sedap, membunuh bakteri, serta berbagai fitur fungsional lainnya.

Bagi Anda yang doyan minum es, kulkas dengan fitur automatic ice maker akan lebih memuaskan kebutuhan Anda. Dengan adanya fitur ini, tidak akan ada lagi keluhan kehabisan es batu saat Anda hendak membuat minuman favorit Anda.

Anda juga bisa memilih kulkas yang sudah dilengkapi fitur hemat energi sehingga konsumsi listriknya tidak berlebihan. Dengan begini, biaya listrik Anda pun tidak akan membengkak.

10 Rekomendasi kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal berdua

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal berdua. Pilihlah kulkas yang spesifikasi, fitur, dan harganya paling cocok dengan kebutuhan Anda, ya!

10. Sanken SK-350

10. Sanken SK-350

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.998.000

Tetap dingin hingga 13 jam bahkan saat listrik padam

Bila Anda tinggal di area yang sering terkena pemadaman listrik bergilir, kulkas berkapasitas 324L ini wajib dipertimbangkan. Menggunakan teknologi dinding HD dan bahan karet PVC (polivinil klorida) berkualitas, kulkas ini mampu menyimpan dingin bahkan hingga 13 jam tanpa aliran listrik. Kualitas makanan Anda pun bisa tetap terjaga.

Tidak hanya itu, dinding HD dan bahan karet PVC tersebut juga membuat kulkas ini memiliki running ratio 36% sehingga semakin hemat energi. Dengan ukuran hanya 595 x 618 x 1738 mm dan bobot 49 kg saja, Anda juga tidak akan kesulitan untuk memindahkan atau membawa kulkas ini ke lokasi yang Anda inginkan.

9. Samsung RT32 Twin Cooling Plus

9. Samsung RT32 Twin Cooling Plus

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.950.000

Atur fungsi kompartemen sesuai kebutuhan Anda dengan Smart Conversion!

Dengan kapasitas sebesar 321L, Anda bisa menyimpan makanan atau minuman di kompartemen pendingin yang berkapasitas 249L dan di freezer yang berkapasitas 72L. Samsung juga mengklaim bahwa makanan yang Anda simpan akan segar lebih lama karena kulkas ini telah menggunakan sistem pendinginan terpisah.

Bila Anda membutuhkan kulkas yang fungsi kompartemennya fleksibel, ini dia solusinya! Dengan teknologi Smart Conversion, Anda bisa memfungsikan freezer menjadi kompartemen pendingin atau sebaliknya, serta mematikan freezer atau kompartemen pendinginnya secara terpisah sesuai dengan kebutuhan, lho.

8. LG GN-C372SQCN

8. LG GN-C372SQCN

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.949.000

Teknologi LINEARcooling untuk suhu yang semakin stabil

Dilengkapi dengan teknologi LINEARcooling, fluktuasi suhu pada kulkas ini sangat rendah, yaitu hanya 0,5° C saja sehingga makanan atau minuman yang Anda simpan tidak mudah menurun kualitasnya. Fitur DoorCooling-nya juga bekerja aktif menurunkan suhu sehingga kulkas ini mampu mendinginkan hingga 35% lebih cepat.

Ditambah dengan adanya fitur Multi Air Flow, LG menjamin bahwa suhu dingin dalam kulkas berkapasitas 312L ini akan tersebar secara merata ke seluruh kompartemen penyimpanan. Bila Anda membutuhkan kulkas yang mendinginkan secara stabil dan merata agar makanan atau minuman Anda lebih awet, kulkas inilah jawabannya.

7. Electrolux EBB3200MG

7. Electrolux EBB3200MG

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.150.000

Bebas repot membersihkan bunga es dengan Adaptive Defrost System

Bila Anda tidak ingin direpotkan karena harus sering membersihkan bunga es, produk ini wajib dipertimbangkan. Adaptive Defrost System-nya memungkinkan kulkas ini melakukan defrost secara otomatis pada waktu yang Anda tentukan. Dengan begitu, Anda tidak repot lagi untuk membersihkan bunga esnya secara manual.

Tidak hanya itu, dengan adanya NutriFresh Inverter dan 360°Air Cool, suhu dinginnya akan tersebar secara merata ke seluruh makanan dan minuman yang Anda simpan. Apalagi, kulkas berkapasitas 320L ini juga sudah dilengkapi deodorizer sehingga makanan Anda akan bebas bakteri dan bau tak sedap.

6. Sharp Grand Vetro Series SJ-IG471PG-BK

6. Sharp Grand Vetro Series SJ-IG471PG-BK

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.233.000

Semakin awet, low-noise, dan hemat listrik dengan J-Tech Inverter Compressor

Dengan teknologi J-Tech Inverter Compressor, kompresor produk ini minim baik suara maupun getaran sehingga Anda tidak akan merasa terganggu. Teknologi canggih tersebut juga membuat kompresornya awet digunakan dalam jangka panjang. Apalagi, dengan kapasitas 397L, tentu Anda bisa menyimpan lebih banyak makanan dan minuman di dalamnya.

Meski berkapasitas jumbo, tagihan listrik Anda tidak akan membengkak. Kulkas ini hanya butuh daya listrik sebesar 132 watt saja untuk bekerja, cukup rendah untuk kulkas berukuran sebesar ini. Bila Anda membutuhkan kulkas mutakhir yang awet, hemat listrik, dan minim suara, produk ini tentu sangat layak untuk Anda pertimbangkan.

5. Mitsubishi MR-C41G

5. Mitsubishi MR-C41G

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.600.000

Kulkas 3 pintu dengan harga ekonomis

Dengan desain 3 pintu, Anda akan mendapati kompartemen pendingin di bagian atas, kompartemen untuk sayur dan buah di tengah, serta freezer berukuran cukup besar di bagian bawah kulkas ini. Berkapasitas sebesar 374L, Anda bisa menyimpan cukup banyak makanan/minuman untuk berdua di dalamnya.

Kulkas ini juga semakin fungsional untuk Anda gunakan dengan adanya fitur automatic ice maker, deodorizer, 3 way flexi-shelf, door alarm, dan minus ion. Dengan harga cukup ekonomis, produk ini adalah pilihan tepat bila Anda ingin membeli kulkas 3 pintu berkualitas dengan fitur lengkap, tetapi dana terbatas.

4. Hitachi New Stylish Line Glass R-VG40PGD3

4. Hitachi New Stylish Line Glass R-VG40PGD3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.750.000

Tampil menawan di dapur Anda dengan glass door

Kulkas berkapasitas 335L ini tersedia dalam 2 varian warna, yaitu gradation rose black dan glass black. Termasuk dalam seri New Stylish Line, kulkas ini menggunakan glass door sehingga tampil makin elegan di dapur Anda. Untuk Anda yang menginginkan kulkas dengan tampilan menawan, tentu produk ini layak dipertimbangkan.

Apalagi, produk ini sudah dilengkapi dengan fitur INVERTER X Dual Fan Cooling sehingga semakin cepat mendinginkan makanan atau minuman yang Anda simpan. Adanya lampu LED (light-emitting diode), rak tempered glass, dan smart vegetable compartment juga membuat produk ini semakin praktis untuk Anda gunakan.

3. Hitachi 2 Door Stylish Bottom Freezer R-BG41PGD6X

3. Hitachi 2 Door Stylish Bottom Freezer R-BG41PGD6X

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.395.000

Menampung frozen food lebih banyak dengan freezer besar

Bila Anda sering menyimpan frozen food dan membutuhkan kulkas dengan freezer berkapasitas besar, produk inilah solusinya. Dengan freezer berkapasitas 115L, Anda bisa menyimpan banyak stok makanan beku di dalamnya. Desain Easy Acces Case-nya juga semakin memudahkan Anda untuk mengambil makanan yang Anda simpan.

Bukan hanya itu, dengan adanya Hybrid Freezing Case makanan yang Anda simpan akan semakin cepat beku sehingga kualitasnya tetap terjaga. Selain itu, suhu pada kulkas berkapasitas 330L ini juga sangat mudah diatur sesuai kebutuhan Anda karena produk ini sudah dilengkapi dengan touch screen controller canggih yang begitu fungsional.

2. Electrolux EME3500MG

2. Electrolux EME3500MG

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.350.000

Dilengkapi kompartemen Flexfresh yang multifungsi

Kompartemen Flexfresh kulkas berkapasitas 364L ini dapat Anda gunakan baik untuk mendinginkan, membekukan, maupun Anda set sebagai crisper agar buah dan sayur yang Anda simpan tetap segar. Bila Anda mencari kulkas berkompartemen multifungsi yang tidak hanya sekedar menyimpan makanan, produk ini jawabannya.

Adanya fitur Flexstor dan Flexspace juga memungkinkan Anda untuk menata ulang rak-rak di dalam kompartemen. Menyimpan makanan/minuman dengan ukuran kemasan yang berbeda-beda pun tidak sulit lagi. Dilengkapi deodorizer dan 360 Aircool, kulkas ini akan mendinginkan secara merata sekaligus menghilangkan bakteri dan bau tak sedap.

1. Hitachi French Bottom Freezer R-WB48PGD2

1. Hitachi French Bottom Freezer R-WB48PGD2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.450.000

French door yang praktis bikin fitur kulkas ini makin komplit!

Dengan pintu model french door, kulkas ini mudah untuk Anda buka tutup meski diletakkan di tempat yang kurang strategis. Freezer-nya juga mudah dijangkau karena terletak di bagian bawah. Menggunakan Eco Thermo Sensor, inverter-nya bisa Anda atur agar menjadi semakin efisien dan hemat listrik dalam mendinginkan seluruh kompartemen.

Kulkas berkapasitas mencapai 405L ini juga kaya fitur yang memanjakan penggunanya, seperti touch screen controller, double-deck freezer, jumbo door pocket, door alarm, movable twist ice tray, dan tempered glass shelves. Bila Anda menginginkan kulkas french door all-in-one yang praktis, produk inilah jawabannya.

Kesimpulan

Bila ingin membeli kulkas untuk pemakaian berdua, Anda harus mengecek kapasitas keseluruhan kulkas dan kapasitas kompartemen penyimpanannya. Anda juga harus mengetahui ukuran kulkas serta akses keluar masuk barang di tempat tinggal Anda.

Ketika memilih kulkas, sesuaikan cara membuka pintunya dengan luas area tempat Anda meletakkan kulkas tersebut. Yang tidak kalah penting, sebaiknya Anda memilih kulkas yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur fungsional. Pastikan semua aspeknya sesuai dengan gaya hidup Anda berdua, ya!