•  10 Rekomendasi Kulkas Bottom Freezer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  •  10 Rekomendasi Kulkas Bottom Freezer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  •  10 Rekomendasi Kulkas Bottom Freezer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  •  10 Rekomendasi Kulkas Bottom Freezer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  •  10 Rekomendasi Kulkas Bottom Freezer Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kulkas Bottom Freezer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Di zaman modern ini, keberadaan kulkas memang tidak dapat dipisahkan dari keseharian. Menyimpan bahan makanan untuk seminggu ke depan bukan hal yang rumit lagi. Namun, adanya berbagai kulkas berkualitas, seperti merek Samsung, SHARP, LG, dan Hitachi, mungkin bisa membuat Anda bingung memilih.

Agar Anda makin mudah menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi kulkas bottom freezer yang bagus untuk dipilih. Selamat membaca dan memilih kulkas bottom freezer!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 April 2022
Daftar isi

Keunggulan dan kekurangan kulkas bottom freezer

Kulkas bottom freezer merupakan jenis kulkas yang letak freezer-nya ada di bagian paling bawah. Sementara itu, tempat menyimpan makanan, buah, dan sayuran yang nonbeku ada di bagian atas. Umumnya, ukuran freezer pada kulkas jenis ini cenderung besar. Untuk mengetahui apa saja keunggulan dan kekurangan kulkas bottom freezer, simak penjelasan yang kami rangkum berikut ini ya!


Sebagai kulkas yang tergolong inovasi baru, keunggulan kulkas bottom freezer adalah sebagai berikut:


  • Memudahkan akses saat mengambil makanan. Dengan posisi freezer yang ada di bagian bawah, Anda tidak perlu membungkuk untuk mengambil berbagai bahan makanan segar. 

  • Sejajar dengan penglihatan. Kulkas bottom freezer didesain agar bagian fridge sesuai dengan penglihatan. Jadi Anda tidak perlu kesulitan untuk melihat bahan makanan segar yang berada di bagian pojok.

Adapun kekurangan kulkas bottom freezer adalah pengguna perlu membiasakan diri dengan letak freezer yang ada di bagian bawah. Selain itu, harga kulkas bottom freezer juga umumnya lebih tinggi dibanding dengan jenis kulkas top freezer. Karena tergolong baru, model dan variasi kulkas bottom freezer pun masih terbatas.

Cara memilih kulkas bottom freezer

Apabila Anda tinggal berdua, kulkas juga harus mampu menampung kebutuhan makanan dan minuman untuk berdua. Poin-poin apa yang harus Anda perhatikan dalam memilih kulkas saat tinggal berdua? Mari simak selengkapnya.

Pilih produk dengan mempertimbangkan kapasitasnya

Saat hendak membeli kulkas, Anda harus mengetahui kapasitasnya terlebih dahulu. Jika Anda tidak mengetahui kapasitas yang dibutuhkan, Anda mungkin memilih kulkas yang kapasitasnya terlalu kecil atau malah terlalu besar.

Kapasitas total kulkas, untuk mengetahui keseluruhan daya tampungnya

Secara umum, kebutuhan kapasitas kulkas per satu orang adalah 70 liter. Gunakanlah rumusan (70 liter x jumlah anggota keluarga) + 100 liter (bahan makanan/minuman harian) + 70 liter (cadangan penyimpanan). Rumus ini digunakan untuk menghitung kapasitas kulkas yang dibutuhkan. 

Pada umumnya, kulkas jenis bottom freezer dua pintu memiliki kapasitas di atas 270 liter. Dengan kapasitas 270 liter berarti cukup untuk Anda yang tinggal bertiga atau empat orang dalam satu rumah. Untuk Anda yang tinggal dengan keluarga besar, lebih baik pilih bottom freezer tiga atau empat pintu. Kulkas jenis ini memiliki kapasitas yang lebih besar, yakni di atas 300 liter.


Pastikan Anda memilih kulkas dengan kapasitas sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda, ya! Jangan sampai Anda mengisi kulkas melebihi kapasitas. Hal tersebut akan membuat pendinginan tidak merata dan membuat bahan makanan rusak  sebelum waktunya.

Kapasitas tiap kompartemen, untuk memastikan kebutuhan penyimpanan

Anda juga harus mengetahui kapasitas penyimpanan setiap kompartemen di dalam kulkas yang hendak Anda beli. Jika kapasitas penyimpanan tiap-tiap kompartemennya besar, Anda akan makin mudah menyimpan barang yang diinginkan

Sebagai contoh, bila Anda sering membeli makanan beku, pilihlah produk yang kapasitas freezer-nya besar. Sebaliknya, jika Anda menyimpan banyak sayur atau buah, kulkas dengan kapasitas kompartemen penyimpanan yang besar akan cocok.

Pastikan ukuran kulkas sudah tepat

Kulkas termasuk alat elektronik rumah tangga yang berukuran besar. Karena itu, sebelum membeli kulkas pastikan terlebih dahulu ukurannya sekaligus akses keluar masuk barang di tempat tinggal Anda.

Dimensi kulkas, untuk mengetahui luas area ruangan yang diperlukan

Dimensi kulkas, untuk mengetahui luas area ruangan yang diperlukan
Ketika mengecek dimensi kulkas, Anda harus mengetahui ukuran panjang, lebar, dan tingginya. Setelah mengetahui ukurannya, periksa juga luas area yang disediakan untuk menempatkan kulkas tersebut. Penting juga untuk memberi jarak tambahan agar panas yang dihasilkan mesin kulkas bisa tersalurkan dengan baik.

Anda bisa memberi jarak minimal 5 cm di kedua sisi kulkas serta 10 cm pada bagian atas kulkas. Namun, ada juga kulkas yang tidak membutuhkan jarak sebesar itu untuk melepas panas. Anda bisa memastikan seluruh hal tersebut di situs resmi atau panduan/petunjuk penggunaannya.

Akses keluar masuk, untuk memastikan kulkas dapat dibawa melewatinya

Akses keluar masuk, untuk memastikan kulkas dapat dibawa melewatinya
Berhubung ukuran kulkas umumnya cukup besar, Anda juga harus menyesuaikannya dengan akses keluar masuk barang di tempat tinggal Anda. Meski area penempatan kulkas cukup luas, bila akses menuju tempat tersebut tidak memadai tentu sulit untuk mengangkutnya masuk.

Pastikan Anda mengecek luas koridor serta dapur Anda. Selain itu, jika kulkas harus melewati pintu, pastikan tinggi dan lebar pintunya mencukupi untuk dilewati kulkas pilihan Anda. Perlu diperhatikan, kulkas merupakan peralatan elektronik yang mudah rusak bila dibawa sambil direbahkan. Jadi, Anda harus membawanya dalam kondisi tegak.


Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau rumah susun, mengangkut barang melewati tangga atau lift tidak bisa dihindari. Jika sudah begini, Anda juga harus memastikan bahwa kulkas pilihan Anda bisa dibawa melewati area tersebut.

Perhatikan arah bukaan pintu kulkas

Perhatikan arah bukaan pintu kulkas
Saat ini, terdapat dua jenis pintu yang banyak ditemukan pada produk kulkas di pasaran. Kedua jenis tersebut adalah pintu bukaan ke kanan dan bukaan dua arah. Kulkas dengan bukaan dua arah biasa disebut juga French door.

Anda harus menyesuaikan cara membuka pintu kulkasnya dengan area tempat kulkas tersebut diletakkan. Jika terdapat penghalang di sebelah kiri area kulkas, pilihlah kulkas dengan pintu bukaan ke kanan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menata ulang perabotan di ruangan tersebut hanya agar kulkas lebih mudah dibuka. 


Nah, apabila area dapur Anda kecil atau terdapat banyak orang yang lalu-lalang, kulkas French door tepat diperhitungkan. Pilihlah cara membuka pintu kulkas yang paling sesuai, ya!

Periksa fitur tambahan yang dimiliki kulkas

Periksa fitur tambahan yang dimiliki kulkas
Saat ini, makin banyak produsen kulkas yang melengkapi kulkas buatannya dengan berbagai fitur fungsional. Bahkan, ada kulkas yang dilengkapi fitur untuk menjaga kesegaran daging, sayuran, dan buah yang Anda simpan. Anda juga akan menemukan kulkas yang dilengkapi fitur untuk membunuh bakteri, no frost, dan sebagainya.

Bagi Anda yang doyan minum es, kulkas dengan fitur pembuat es otomatis akan lebih memuaskan kebutuhan Anda. Dengan adanya fitur ini, tidak akan ada lagi keluhan kehabisan es batu saat hendak membuat minuman favorit. Berhubung kulkas akan diisi dengan beragam makanan, ada pula fitur untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas.


Anda juga bisa memilih kulkas yang sudah dilengkapi fitur hemat energi sehingga konsumsi listriknya tidak berlebihan. Dengan begitu, biaya listrik Anda pun tidak akan membengkak.

10 Rekomendasi kulkas bottom freezer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kulkas bottom freezer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Hitachi2 Door Bottom Freezer

R-B50PGD6

Mulai dari Rp 10.912.850,00

Kapasitas total415 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananFridge 308 liter, freezer 107 liter
Dimensi68 cm x 79,7 cm x 179,5 cm
Fitur tambahanTempered glass shelves, touch screen controller, inverter control, eco thermo sensor, door alarm, nano titanium filter
Cara membuka pintuBukaan ke kanan, ditarik ke depan
9

Panasonic2-Door Bottom Freezer Refrigerator

NR-BV320QS1D

Mulai dari Rp 7.319.000,00

Kapasitas total322 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananFreezer 104 liter, fridge 218 liter
Dimensi60,1 cm x 65,6 cm x 164,5 cm
Fitur tambahanPrimeFresh+, ECONAVI INVERTER, Ag clean
Cara membuka pintuBukaan ke kanan
8

LGKulkas 2 Pintu Gross Bottom Freezer

GC-B369NQRM

Mulai dari Rp 6.798.000,00

Kapasitas total305 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananTidak disebutkan
Dimensi59,5 cm x 67 cm x 172 cm
Fitur tambahanLinearCooling™, DoorCooling+™, Multi Air Flow, Moist Balance Crisper™, Moist Balance Crisper™, Smart Diagnosis™
Cara membuka pintuBukaan ke kanan
7

HitachiStylish Bottom Freezer 2 Door

R-BG41PGD6X

Mulai dari Rp 7.250.000,00

Kapasitas total330 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananFreezer 115 liter dan fridge 215 liter
Dimensi59,5 cm × 65 cm × 190 cm
Fitur tambahanElegant bottle and wine shelf, adjustable door pocket, dan sebagainya
Cara membuka pintuBukaan ke kanan
6

HitachiFrench Bottom Freezer

R-WB49PGD9 GBK

Mulai dari Rp 9.650.000,00

Kapasitas total405 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananFreezer 107 liter dan fridge 298 liter
Dimensi68 cm × 79,7 cm × 178 cm
Fitur tambahanJumbo door pocket, movable twist ice tray, quick freezing, eco thermo sensor, dan sebagainya
Cara membuka pintuBukaan 2 arah, ditarik ke depan
5

HitachiStylish Bottom Freezer 2 Door

R-B33PGD8

Mulai dari Rp 7.034.000,00

Kapasitas total275 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananFreezer 92 liter
Dimensi56 cm x 65,5 cm x 160 cm
Fitur tambahanDual sensing control (eco thermo sensor), rear temp control, dial nano titanium filter, spot cooling function, fresh select
Cara membuka pintuBukaan ke kanan
4

SHARPKulkas 4 pintu side by side

SJ-IF50PM-DS

Mulai dari Rp 8.819.000,00

Kapasitas total472 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananTidak disebutkan
Dimensi70 cm x 79,5 cm x 180 cm
Fitur tambahanInverter technology, Plasmacluster Ion, LED touch control panel, Plasmacluster LED lamp indicator, LED lamp, tempered glass tray, black glass door
Cara membuka pintuBukaan 2 arah
3

ElectroluxKulkas UltimateTaste

EBB3702K-A

Mulai dari Rp 8.599.000,00

Kapasitas total335 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananTidak disebutkan
Dimensi59,8 cm x 64,7 cm x 175,6 cm
Fitur tambahanTasteSeal, TasteLockAuto, EvenTemp
Cara membuka pintuBukaan ke kanan
2

SamsungKulkas 2 Pintu dengan Optimal Fresh Zone

RB30N4050B1/SE

Mulai dari Rp 7.868.000,00

Kapasitas total315 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananFreezer 97 liter dan fridge 218 liter
Dimensi59,5 cm x 66,3 cm x 170 cm
Fitur tambahanDigital converter, all-around cooling, power deodorizer
Cara membuka pintuBukaan ke kanan
1

AQUAKulkas 2 Pintu Freezer Bawah

AQR-320RBG(BK)

Mulai dari Rp 9.499.000,00

Kapasitas total292 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananTidak disebutkan
Dimensi 59, 8 cm x 68,1cm x 165 cm
Fitur tambahan360°Air flow system, digital temperature control, glass door, DEO FRESH & HCS, twin inverter
Cara membuka pintuBukaan ke kanan

Tabel perbandingan produk kulkas bottom freezer terbaik

Gambar produk
1
AQUA Kulkas 2 Pintu Freezer Bawah 1

AQUA

2
Samsung Kulkas 2 Pintu dengan Optimal Fresh Zone 1

Samsung

3
Electrolux Kulkas UltimateTaste 1

Electrolux

4
SHARP Kulkas 4 pintu side by side 1

SHARP

5
Hitachi Stylish Bottom Freezer 2 Door 1

Hitachi

Hitachi French Bottom Freezer 1

Hitachi

7
Hitachi Stylish Bottom Freezer 2 Door 1

Hitachi

8
LG Kulkas 2 Pintu Gross Bottom Freezer 1

LG

9
Panasonic 2-Door Bottom Freezer Refrigerator 1

Panasonic

10
Hitachi 2 Door Bottom Freezer 1

Hitachi

Nama produk

Kulkas 2 Pintu Freezer Bawah

Kulkas 2 Pintu dengan Optimal Fresh Zone

Kulkas UltimateTaste

Kulkas 4 pintu side by side

Stylish Bottom Freezer 2 Door

French Bottom Freezer

Stylish Bottom Freezer 2 Door

Kulkas 2 Pintu Gross Bottom Freezer

2-Door Bottom Freezer Refrigerator

2 Door Bottom Freezer

Keunggulan

Magic room-nya bisa untuk mendinginkan makanan atau minuman secara kilat

Power deodorizer-nya membuat udara di dalam kulkas tetap bersih

TasteLockAuto-nya menjaga sayuran tetap segar selama 7 hari

Bebas jamur dan bakteri berkat Plasmacluser Ion

Dual sensing control-nya menjaga suhunya tetap ideal

Menggunakan French door yang praktis dan fleksibel

Freezer-nya jumbo, muat frozen food lebih banyak!

Suhu dingin merata untuk kesegaran yang lebih lama

Fitur PrimeFresh+ menjaga makanan Anda tetap segar

Dilengkapi pengatur suhu di tiap kompartemen

Harga mulai dariRp 9.499.000,00Rp 7.868.000,00Rp 8.599.000,00Rp 8.819.000,00Rp 7.034.000,00Rp 9.650.000,00Rp 7.250.000,00Rp 6.798.000,00Rp 7.319.000,00Rp 10.912.850,00
Kapasitas total292 liter315 liter335 liter472 liter275 liter405 liter330 liter305 liter322 liter415 liter
Kapasitas tiap kompartemen penyimpananTidak disebutkanFreezer 97 liter dan fridge 218 literTidak disebutkanTidak disebutkanFreezer 92 literFreezer 107 liter dan fridge 298 literFreezer 115 liter dan fridge 215 literTidak disebutkanFreezer 104 liter, fridge 218 literFridge 308 liter, freezer 107 liter
Dimensi 59, 8 cm x 68,1cm x 165 cm59,5 cm x 66,3 cm x 170 cm59,8 cm x 64,7 cm x 175,6 cm70 cm x 79,5 cm x 180 cm56 cm x 65,5 cm x 160 cm68 cm × 79,7 cm × 178 cm59,5 cm × 65 cm × 190 cm59,5 cm x 67 cm x 172 cm 60,1 cm x 65,6 cm x 164,5 cm68 cm x 79,7 cm x 179,5 cm
Fitur tambahan360°Air flow system, digital temperature control, glass door, DEO FRESH & HCS, twin inverterDigital converter, all-around cooling, power deodorizerTasteSeal, TasteLockAuto, EvenTempInverter technology, Plasmacluster Ion, LED touch control panel, Plasmacluster LED lamp indicator, LED lamp, tempered glass tray, black glass doorDual sensing control (eco thermo sensor), rear temp control, dial nano titanium filter, spot cooling function, fresh selectJumbo door pocket, movable twist ice tray, quick freezing, eco thermo sensor, dan sebagainyaElegant bottle and wine shelf, adjustable door pocket, dan sebagainyaLinearCooling™, DoorCooling+™, Multi Air Flow, Moist Balance Crisper™, Moist Balance Crisper™, Smart Diagnosis™PrimeFresh+, ECONAVI INVERTER, Ag cleanTempered glass shelves, touch screen controller, inverter control, eco thermo sensor, door alarm, nano titanium filter
Cara membuka pintuBukaan ke kananBukaan ke kananBukaan ke kananBukaan 2 arahBukaan ke kananBukaan 2 arah, ditarik ke depanBukaan ke kananBukaan ke kananBukaan ke kanan Bukaan ke kanan, ditarik ke depan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai jenis kulkas di sini

Menyesuaikan kapasitas dan ukuran kulkas penting untuk dilakukan agar Anda bisa menggunakannya secara efisien. Di pasaran, Anda akan menemukan beragam ukuran dan kapasitas kulkas, mulai dari kulkas mini hingga kulkas berkapasitas besar. Agar lebih jelas, silakan simak artikel berikut ini.

Kesimpulan

Saat ingin membeli kulkas bottom freezer, Anda harus mengecek kapasitas keseluruhan kulkas dan kapasitas kompartemen penyimpanannya. Anda juga harus mengetahui ukuran kulkas serta akses keluar masuk barang di tempat tinggal Anda.


Sebaiknya Anda juga menyesuaikan cara membuka pintunya dengan luas tempat Anda meletakkan kulkas tersebut. Selain itu, adanya berbagai fitur fungsional tambahan pada kulkas akan semakin memudahkan kehidupan Anda. Pastikan Anda mengecek seluruhnya sebelum memutuskan membeli produk ini, ya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker wajib dimiliki orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi. Namun, benda yang sering dikenal sebagai magic com ini tidak hanya bisa digunakan untuk menanak. Rice cooker juga cocok untuk menghangatkan, mengukus, dan memasak beragam makanan.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk rice cooker terbaik dari berbagai merek, seperti Yong Ma dan Miyako. Sebelum itu, kami akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang bagus untuk kebutuhan Anda. Dari yang mini, low carbo, sampai yang pintar, seperti Philips HD4515, semuanya ada. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker mini banyak dicari oleh keluarga kecil maupun orang yang tinggal sendiri. Ukuran yang kecil menjadi daya tariknya. Fungsi rice cooker mini pun tak hanya untuk menanak. Ada juga produk multifungsi yang dapat digunakan untuk mengukus dan memasak berbagai lauk.Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih rice cooker mini terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dalam berbagai fungsi, kapasitas, serta harga. Beberapa merek ternama, seperti Miyako, Philips, dan Mito, ada dalam rekomendasi produk kami. Rice cooker mini berkapasitas 1 liter tentunya ada. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Micom Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Micom Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker micom atau microcomputer adalah penanak nasi yang memiliki sistem pemanas listrik di bawah dudukan inner pot-nya. Tidak hanya dapat menjalankan fungsi sebagai rice cooker biasa, rice cooker micom juga memiliki banyak fungsi lainnya. Terdapat berbagai merek rice cooker terkenal, seperti Zojirushi, Tefal, Hitachi, dan sebagainya yang mengeluarkan produk rice cooker micom. Agar Anda tidak bingung memilih produk rice cooker micom yang bagus, kami akan memberikan tips cara memilihnya. Selain itu, ada juga sepuluh rekomendasi produk rice cooker micom terbaik versi kami. Jadi, simak sampai habis ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Jadi, penggunaan listriknya perlu diperhitungkan. Anda tak perlu khawatir, sekarang sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan. Dengan menggunakan kulkas low watt, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas watt kecil, simaklah tips ini. Kami akan memberikan rekomendasi kulkas hemat listrik yang bagus dari beberapa merek, seperti LG, Toshiba, Sharp, dan lainnya. Anda pun akan menemukan kulkas terbaik dari berbagai model, baik kulkas hemat listrik 1 pintu maupun 2 pintu. Yuk, simak selengkapnya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika berbicara soal kulkas, tentunya merek Samsung tak boleh dilupakan. Merek asal Korea Selatan ini sejak dahulu memproduksi kulkas dengan kualitas yang bagus, awet, serta memiliki teknologi termutakhir. Jenisnya pun beragam, mulai dari kulkas 1 pintu hingga 4 pintu serta kulkas Samsung side by side.Apabila Anda berencana membeli kulkas Samsung, silakan baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengupas spesifikasi kulkas Samsung secara lengkap dan menjelaskan cara memilihnya. Review kulkas Samsung RT19, RT20, BESPOKE, FamilyHub, serta model kulkas Samsung 2 pintu terbaru yang bagus ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dispenser adalah peralatan dapur yang sangat berguna untuk menyediakan air panas dan air dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah alias bottom loading dispenser yang lebih praktis pemasangan galon airnya pun ada di pasaran.Kami pun akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti Sanken, Denpoo, Miyako, Polytron, Arashi, dan SHARP. Jika Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah, baca artikelnya sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Blender Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blender Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk menjalankan gaya hidup sehat, Anda memerlukan asupan yang sehat dari bahan alami seperti jus atau smoothies. Minuman sehat tersebut dapat Anda buat dengan mudah di mana saja bila memiliki blender portable atau portable juicer. Hal itu karena blender portable beroperasi dengan baterai dan bisa dibawa ke mana-mana.Kali ini, kami telah merangkum tips memilih blender portable yang bagus. Selanjutnya, kami juga akan mengulas rekomendasi blender portable dari berbagai merek, seperti Vitamer, nutribullet, Welcook, dan Deerma. Yuk, baca artikel ini sampai selesai dan temukan blender portable terbaik versi Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Blender Cosmos Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blender Cosmos Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti pernah mendengar nama Cosmos. Merek Cosmos memproduksi beragam alat elektronik yang bagus, seperti rice cooker, mixer, hingga blender. Namun, di artikel kali ini kami akan fokus membahas produk blendernya. Blender produksi Cosmos sangat beragam. Ada blender yang terbuat dari plastik dan kaca. Selain itu, ukurannya pun bervariasi mulai dari 570 ml hingga 2 liter.Blenz, Trinity, dan On The Go merupakan beberapa seri blender produksi Cosmos. Tiap-tiap blender tersebut memiliki keunggulan yang berbeda. Sebelum memilih blender Cosmos, Anda sebaiknya menyimak poin-poin cara memilih blender Cosmos terlebih dahulu.
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Cosmos Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Cosmos Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda sedang mencari rice cooker atau magic com yang bagus, tetapi dananya terbatas? Cobalah pertimbangkan produk-produk dari merek Cosmos. Sebagai produk lokal, rice cooker Cosmos mampu bersaing dengan merek internasional ataupun lokal lainnya dari segi kualitas dan harga. Dengan bujet mulai 200-an ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkannya.  Pada artikel ini, kami akan membahas tips memilih magic com Cosmos yang tepat untuk kebutuhan Anda. Kami juga akan akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Mau yang berkapasitas 1 liter, 2 liter, atau 20 liter? Di Cosmos, semuanya ada!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Sanken Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Sanken Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kecanggihan fungsi yang ada pada rice cooker memang bermanfaat, tetapi belum tentu semua bisa menggunakannya apabila cara pengaktifannya merepotkan. Ingin mencari rice cooker dengan fungsi tepat guna dan mudah digunakan? Rice cooker merek Sanken bisa dipertimbangkan. Rice cooker Sanken memiliki desain yang simpel sehingga mudah digunakan oleh semua orang.Tambahan lagi, dari segi harga, rice cooker Sanken termasuk ekonomis di kelasnya. Agar Anda makin mudah menentukan pilihan, kami akan memberikan tips memilih rice cooker Sanken yang bagus. Simak juga review seri-seri terbaik rice cooker Sanken, seperti SJ-1999M, SJ-2500, dan SJ-150.
    Elektronik dapur
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker wajib dimiliki orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi. Namun, benda yang sering dikenal sebagai magic com ini tidak hanya bisa digunakan untuk menanak. Rice cooker juga cocok untuk menghangatkan, mengukus, dan memasak beragam makanan.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk rice cooker terbaik dari berbagai merek, seperti Yong Ma dan Miyako. Sebelum itu, kami akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang bagus untuk kebutuhan Anda. Dari yang mini, low carbo, sampai yang pintar, seperti Philips HD4515, semuanya ada. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kompor listrik menjadi satu perlengkapan dapur populer karena dinilai lebih praktis dengan ukurannya yang kecil. Keuntungan lainnya, ada kompor listrik jenis portable yang bisa dibawa-bawa dengan mudah. Kemudian, ada juga jenis kompor yang mudah dibersihkan sehingga tidak merepotkan Anda.Banyaknya jenis kompor listrik ini mungkin akan membingungkan Anda. Karena itu, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kompor listrik. Kami juga mengulas beberapa rekomendasi produk, seperti Maspion, IDEALIFE, Oxone, dan lainnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak model kulkas, kulkas satu pintu tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, kulkas satu pintu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki model lain. Ukuran kecil serta daya listrik yang cenderung lebih rendah adalah salah satu contohnya. Ada banyak merek kulkas satu pintu yang bagus di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan AQUA. Untuk Anda yang kini tengah mencari kulkas satu pintu, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan mengulas kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik dan tanpa bunga es. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi pun makin canggih dan peralatan memasak juga bertambah dari segi variasi. Kini, Anda dapat menemukan berbagai jenis kompor di pasaran. Selain kompor gas, ada juga kompor induksi yang dapat menjadi pilihan alternatif untuk memasak makanan. Ada beberapa pilihan merek kompor induksi yang bagus dan tepercaya, seperti Han River, IDEALIFE, Midea, dan masih banyak lagi. Anda ingin mengetahui rekomendasi kompor induksi terbaik beserta review-nya? Simak terlebih dahulu penjelasan beserta beberapa pilihan mereknya di bawah ini!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dispenser adalah peralatan dapur yang sangat berguna untuk menyediakan air panas dan air dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah alias bottom loading dispenser yang lebih praktis pemasangan galon airnya pun ada di pasaran.Kami pun akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti Sanken, Denpoo, Miyako, Polytron, Arashi, dan SHARP. Jika Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah, baca artikelnya sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rice cooker mini banyak dicari oleh keluarga kecil maupun orang yang tinggal sendiri. Ukuran yang kecil menjadi daya tariknya. Fungsi rice cooker mini pun tak hanya untuk menanak. Ada juga produk multifungsi yang dapat digunakan untuk mengukus dan memasak berbagai lauk.Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih rice cooker mini terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dalam berbagai fungsi, kapasitas, serta harga. Beberapa merek ternama, seperti Miyako, Philips, dan Mito, ada dalam rekomendasi produk kami. Rice cooker mini berkapasitas 1 liter tentunya ada. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori