10 Rekomendasi Selai Aprikot Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Selai Aprikot Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Selai aprikot memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang memikat sehingga penggemarnya cukup banyak. Selai aprikot juga dapat meningkatkan cita rasa makanan seperti roti panggang, yoghurt, atau daging. Meski semua produk tampak sama, tingkat rasa manis dan kalorinya tentu berbeda-beda.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih selai aprikot beserta poin-poin yang harus Anda perhatikan saat membelinya. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi selai aprikot terbaik untuk Anda. Penasaran? Yuk, disimak!

Daftar isi

Cara memilih selai aprikot

Untuk dapat menemukan selai aprikot yang sesuai dengan selera Anda, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih selai aprikot. Setelah mengetahui cara memilihnya, tentu Anda dapat dengan mudah menemukan produk favorit Anda.

Pilih ukuran yang dapat dikonsumsi dalam waktu 1–2 minggu

Pilih ukuran yang dapat dikonsumsi dalam waktu 1-2 minggu

Sebelum kemasan selai aprikot dibuka, selai ini dapat disimpan dalam waktu lama. Namun, setelah Anda membukanya, selai aprikot mudah berjamur dan terkontaminasi oleh bahan lain meski Anda sudah menaruhnya di dalam kulkas. Maka dari itu, pilihlah ukuran selai yang dapat digunakan dalam waktu 1–2 minggu. Jika selai aprikot Anda mulai berair atau Anda merasa bau dan warnanya telah berubah, sebaiknya jangan dikonsumsi lagi dan segera dibuang.

Perkirakan kemanisan selai dengan melihat kadar gulanya

Perkirakan kemanisan selai dengan melihat kadar gulanya

Rasa selai aprikot berbeda-beda tergantung pada tingkat kemanisannya. Meskipun selai aprikot tersebut berasal dari brand yang sama, belum tentu memiliki rasa yang sama pula. Berhati-hatilah dalam memilih, jangan sampai Anda memilih selai aprikot yang terlalu asam atau terlalu manis bagi Anda. Untuk memilih produk dengan tingkat kemanisan sesuai keinginan Anda, periksalah kadar gula dalam satu kemasannya.

Ada 3 tingkatan kandungan gula yang dapat Anda ketahui, yakni 65% ke atas yang merupakan kadar gula tertinggi, 55-65% yang merupakan kadar gula sedang, kemudian kadar gula antara 40-55% yang termasuk rendah. Ada pula produk selai aprikot bebas gula. Jadi, perhatikanlah kadar gula yang tertera pada label dan gunakan sebagai acuan saat memilih selai aprikot agar Anda mendapatkan tingkat kemanisan yang Anda inginkan.

Sayangnya, tidak semua selai menuliskan kadar gula dalam produknya. Untuk selai aprikot seperti ini, periksalah kandungan bahan selai tersebut. Kandungan di dalam selai diurutkan sesuai banyaknya bahan tersebut digunakan dalam pembuatan selai. Jika gula ditulis lebih awal, dapat dipastikan bahwa kadar kemanisan selai tersebut cukup kuat.

Periksa seberapa banyak kandungan aprikot di dalamnya

Periksa seberapa banyak kandungan aprikot di dalamnya

Pastinya Anda ingin mendapatkan selai aprikot dengan kandungan aprikot yang cukup banyak di dalamnya. Pada beberapa produk memang dituliskan banyaknya aprikot yang digunakan, tetapi sayangnya lebih banyak lagi produk yang tidak menuliskan secara detail berapa banyak aprikot yang digunakan. Nah, sama seperti kadar gula, Anda dapat melihatnya melalui kandungan bahan-bahan pada label.

Daftar bahan-bahan yang digunakan di dalam selai ditulis berdasarkan urutan banyaknya bahan tersebut digunakan. Jika aprikot dituliskan paling awal, Anda dapat berasumsi selai tersebut menggunakan banyak aprikot. Meskipun Anda tidak mengetahui informasi ini secara detail, paling tidak informasi ini dapat membantu Anda dalam memeriksa kandungan aprikot dan tingkat kemanisannya.

Dengan melihat bahan-bahan selai, Anda juga dapat melihat kandungan zat aditif di dalamnya. Jika Anda memilih selai aprikot yang aman untuk dikonsumsi anak Anda, pilihlah selai aprikot yang tidak mengandung zat aditif seperti pengawet, pewarna, dan pemanis buatan.

Jangan lupa periksa juga tanggal kedaluwarsanya!

Jangan lupa periksa juga tanggal kedaluwarsanya!

Tanggal kedaluwarsa sering kali terlewat saat Anda memilih makanan. Karena itu, pastikan Anda memeriksa tanggal kedaluwarsa selai aprikot, terutama bila Anda ingin menyimpannya dalam waktu lama atau menghadiahkannya bagi orang lain. Pilihlah selai aprikot dengan tanggal kedaluwarsa yang masih lama, ya.

Namun, ada juga produk yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Waktu kedaluwarsa selai ditentukan oleh kombinasi jenis wadah dan kandungan gula. Untuk itu, Anda harus memeriksa kandungan gula dan jenis wadahnya. Selai akan lebih tahan lama jika kandungan gula di dalamnya cukup tinggi. Wadah yang terbuat dari kaca juga akan menjaga selai aprikot Anda lebih tahan lama jika dibandingkan dengan selai berwadah plastik atau pouch.

10 Rekomendasi selai aprikot terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi selai aprikot terbaik untuk Anda. Pilihlah yang Anda suka, ya!

10. Morin Apricot Jam

10. Morin Apricot Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.300

Harga ekonomis dan tetap bergizi tinggi

Anda pasti sudah akrab dengan brand Morin, si jodohnya roti ini. Kini, Morin juga mengeluarkan seri selai buah aprikot yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, dan kalium yang baik untuk tubuh. Wah, kandungan nutrisi ini pastinya pas untuk sarapan Anda dan si kecil setiap hari, ya.

Produk selai dengan bobot 170 gram ini juga sangat pas untuk Anda yang baru ingin mencoba selai aprikot. Tak hanya itu, harga satu botol selai ini pun tergolong sangat ekonomis, lho! Yuk, nikmati rasa selai aprikot yummy dari Morin untuk sarapan sehat Anda dan anak Anda setiap harinya!

9. Smucker’s Apricot Preserves

9. Smucker's Apricot Preserves

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Bahan alami untuk selai penambah cita rasa

Merek Smucker’s mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Smucker’s sendiri merupakan perusahaan yang sudah berkecimpung selama lebih dari 100 tahun dalam industri makanan. Smucker’s juga memiliki produk selai buah, salah satunya selai aprikot yang tidak menggunakan pengawet buatan ini.

Selai aprikot ini cocok untuk Anda buat menjadi saus daging ayam atau sapi karena dapat memberikan cita rasa berbeda. Tentunya rasa khas buah aprikot akan menambah kenikmatan daging yang dipanggang. Selain itu, selai ini juga cocok dinikmati bersama jus sayuran untuk menambah cita rasa dan nutrisi.

8. Beerenberg Apricot Jam

8. Beerenberg Apricot Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Cita rasa autentik dari aprikot Australia

Dipilih dari aprikot berkualitas yang telah matang, terciptalah selai aprikot keluaran Beerenberg ini. Cita rasa manis dan asam dari aprikot membuat produk asli Australia ini memiliki rasa yang autentik. Tak hanya rasa, desain botol selai yang ramping dan tidak terlalu tinggi ini juga akan memudahkan Anda menikmati selai sampai habis.

Ditambah kandungan aprikotnya yang mencapai 51% dari keseluruhan bahan pembuat selai membuat produk ini semakin cocok untuk Anda gunakan membuat kue, parfait, atau olesan roti panggang kesukaan Anda. Teksturnya juga lembut sehingga anak Anda akan mudah memakannya tanpa rasa serat di leher.

7. Mrs Bridges Apricot & Peach Preserve

7. Mrs Bridges Apricot & Peach Preserve

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.900

Bebas gluten, aman untuk Anda yang alergi!

Di tengah cuaca yang terik, Anda pastinya membutuhkan sesuatu yang menyegarkan. Perpaduan aprikot dan buah persik merupakan kombinasi yang dapat menyegarkan hari Anda. Anda bisa menambahkan selai ini ke dalam teh favorit Anda untuk membuat hari Anda akan semakin bersemangat.

Jika Anda memiliki alergi terhadap gluten, kemungkinan agak sulit mencari makanan kemasan yang bebas gluten. Namun, selai aprikot yang satu ini bebas gluten sehingga aman untuk Anda yang memiliki alergi terhadap gluten. Selain itu, selai ini juga cocok untuk Anda yang vegetarian.

6. Bonne Maman Apricot Preserve

6. Bonne Maman Apricot Preserve

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.900

Desain yang simpel, tetapi tidak dengan rasanya!

Desainnya yang simpel justru menjadi daya tarik produk satu ini. Kemudian, isi aprikotnya yang banyak akan membuat tekstur selai ini kental dan memiliki kombinasi manis dan asam yang terasa pas di mulut. Tekstur selai ini sangat cocok jika Anda jadikan sebagai saus saat membuat kue seperti cupcake.

Selain kandungan aprikotnya yang melimpah, selai ini juga menambahkan konsentrat lemon untuk memberikan vitamin C ekstra bagi tubuh Anda. Lalu, jika selai ini sudah habis, Anda dapat memanfaatkan botol selai yang cantik ini menjadi tempat penyimpanan lainnya untuk mempercantik dekorasi rumah Anda.

5. Hero Apricot Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 62.900

Buat rutinitas sarapan Anda terasa mewah seperti di hotel

Selai aprikot dari Hero menggunakan aprikot berkualitas dari Eropa dalam jumlah mencapai 50%. Banyak hotel-hotel terkenal di seluruh dunia memakainya dalam dapur mereka. Karena itu, cita rasanya tidak perlu Anda ragukan lagi dan pastinya cocok untuk membuat sarapan Anda terasa mewah bak berada di hotel.

Selai aprikot ini juga memiliki keseimbangan rasa asam dan manis yang sempurna. Ukuran pulp aprikot yang kecil serta tingkat kekentalan yang pas membuatnya dapat menempel dengan sempurna ketika Anda gunakan untuk menghias kue kering, dijadikan olesan roti, saus pancake, atau berbagai makanan lainnya.

4. ST. DALFOUR Apricot Jam

4. ST. DALFOUR Apricot Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Nikmati selai enak yang bebas gula ini!

Anda sedang berencana untuk mengurangi gula? Selai aprikot yang satu ini sangat pas untuk Anda. Selai aprikot keluaran St. Dalfour tidak menggunakan gula sama sekali, justru menggunakan konsentrat grape juice sebagai pengganti gula yang akan meningkatkan rasa dari selai aprikot ini.

Bentuk dari botol selai ini juga terbilang unik. Berbeda dari botol selai lainnya, botol selai ini memanjang ke atas yang membuatnya terlihat ramping dan elegan. Namun, mungkin Anda jadi harus menyediakan sendok yang cukup panjang untuk mengambil isinya saat tinggal tersisa sedikit.

3. Dalmatia Organic Apricot Spread

3. Dalmatia Organic Apricot Spread

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 108.000

Aprikot organik tanpa GMO yang aman bagi tubuh Anda

Bila Anda menyukai selai aprikot dan merupakan seorang pencinta produk organik, Anda pasti tertarik dengan produk satu ini. Produk ini dibuat dari aprikot organik sehingga akan membuat Anda semakin tenang saat memakannya bersama roti atau olahan daging favorit Anda.

Untuk melengkapi rasa aman Anda, produk ini sudah terverifikasi tidak mengandung GMO (Genetically Modified Organism). Teksturnya yang kental membuat Anda dapat menyajikannya bersama roti atau Anda jadikan sebagai isian nastar. Pasti sangat menyenangkan menikmati nastar berisi aprikot lezat sembari meminum teh di sore hari.

2. Stute Foods No Sugar Added Apricot Jam

2. Stute Foods No Sugar Added Apricot Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 87.000

Tidak perlu khawatir gula darah Anda akan melonjak lagi, deh!

Bila Anda ingin menjaga kadar gula dalam darah atau memiliki rekan maupun kerabat yang menderita diabetes, tentunya asupan makanan harus dijaga dengan sangat ketat. Dengan produk keluaran Stute ini, Anda tetap dapat menikmati selai aprikot tanpa harus takut kadar gula Anda akan melonjak drastis.

Selain bebas gula, aprikot dari Stute ini juga tidak menggunakan bahan pengawet, pewarna buatan, serta 30% lebih rendah kalori daripada produk selai sejenis. Kandungan aprikotnya yang sebesar 45% juga masih akan membuat aroma dan rasanya cukup kuat untuk Anda nikmati setiap hari.

1. D’Arbo Naturrein Rose Apricot Jam

1. D'Arbo Naturrein Rose Apricot Jam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Manis alami yang disukai anak-anak dan orang dewasa

Untuk Anda yang sedang mencari selai aprikot dengan rasa manis yang pas, selai aprikot dari d’Arbo ini dapat menjadi pilihan Anda. Selai aprikot ini memiliki 70% kandungan buah aprikot yang membuat rasa aprikotnya semakin terasa. Hal itu pulalah yang membuat selai ini memiliki rasa manis alami.

Di dalam selai ini juga terdapat potongan buah aprikot yang membuat saat-saat memakannya bersama yoghurt atau es krim akan terasa semakin menyenangkan. Produk ini pun tidak mengandung pengawet sehingga aman baik untuk anak-anak maupun Anda yang mungkin memiliki alergi terhadap pengawet tertentu.

Kesimpulan

Mudah bukan memilih selai aprikot? Meskipun Anda tidak dapat mencoba langsung selai tersebut sebelum membelinya, Anda dapat memperkirakan rasa selai tersebut dari bahan-bahan selai yang tertera. Anda harus jeli dalam memperhatikan hal-hal tersebut.

Apakah Anda sudah menemukan selai aprikot yang sesuai dengan selera Anda? Apakah Anda menyukai selai yang manis atau cenderung asam? Wah, tentunya jangan sampai salah memilih ya. Selamat menikmati selai aprikot favorit Anda!